Klasifikasi Konflik Sosial

Macam-macam konflik sosial dapat diklasifikasikan atas dasar pendapat beberapa ahlil dan kriteria tertentu. Tahukah kalian mengenai berbagai macam konflik sosial yang ada dalam masyarakat? Untuk menambah pemahamanmu, ayo pelajari materi berikut! 
 

MENURUT RANJABAR (2013) 

Menurut Ranjabar (2013), konflik sosial yang ada di masyarakat terbagi menjadi dua, yaitu:

a. Konflik Individual
Konflik dalam individu ini bisa diartikan sebagai konflik yang terjadi dalam mental atau diri seseorang karena suatu hal. Hal ini bisa berupa pilihan yang berbeda dengan kata hati. Pada umumnya konflik individu lebih bersifat informal, tersembunyi, melakukan tindakan negatif, melakukan sabotase, dan lain sebagainya. Contohnya seseorang yang menyesal bekerja sebagai kriminal untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Dalam diri orang tersebut, ia mengalami konflik antara nilai moral diri dengan tekanan ekonomi yang harus dipenuhi.

b. Konflik Kolektif
Konflik kolektif merupakan suatu konflik yang melibatkan banyak orang, serta memiliki tujuan dan kepentingan yang sama. Pada umumnya, konflik ini memiliki dorongan yang lebih kuat bila dibandingkan dengan konflik individu. Individu yang berada dalam suatu konflik biasanya memiliki solidaritas dan kebersamaan yang kuat. Konflik ini memiliki jumlah anggota banyak dan memiliki tingkat emosi yang sangat tinggi dan sifatnya sangat rumit bila dibandingkan dengan konflik individu.

MENURUT RALP DAHRENDORF

Ralp Dehrendorf membedakan konflik sosial ke dalam bentuk: 
a. Konflik Peran. Konflik peran merupakan suatu kondisi dimana seseorang mendapati kenyataan yang berlawanan dengan perannya dalam kehidupan nyata. Misalnya, peran seorang pekerja yang dituntut untuk mengerjakan sesuatu yang bukan tanggung jawabnya. 
b. Konflik Kelompok Sosial. Konflik antara kelompok sosial terjadi karena adanya perbedaan kepentingan dalam upayanya mencukupi kebutuhan kelompok tersebut. Contoh konflik antar kelompok sosial adalah konflik antara kelompok propemerintah dan kelompok yang tidak terorganisir. 
c. Konflik antarkelompok yang terorganisir dan kelompok yang tidak terorganisir. Konflik ini biasanya terjadi saat unjuk rasa. Dimana polisi sebagai kelompok yang terorganisir.
d. Konflik antarsatuan nasional. Konflik ini disebut juga konflik antarkepentingan organisasi. Misalnya politik tingkat RT, RW, Desa, hingga tingkat nasional. 
e. Konflik antaragama. Konflik ini sering terjadi pada zaman dahulu saat kondep toleransi belum diindahkan. 
 

MENURUT H. KUSNADI DAN BAMBANG WAHYUDI

Dikutip dari Ranjabar (2013), macam-macam konflik dapat diklasifikasikan dalam beberapa aspek, yaitu:

1. Konflik Berdasarkan Tujuan Organisasi.
Konflik sosial dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan organisasi. Tahukah kalian macam-macam konflik sosial menurut hubungan dengan tujuan organisasi? 
 
a. Konflik Fungsional
Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Konflik ini sangat dibutuhkan dsalam organisasi. Dalam konflik inidapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik. Contoh konflik fungsional, misalnya ada sebuah kasus di mana seorang manajer perusahaan menghadapi masalah tentang pengalokasian dana untuk meningkatkan penjualan produk.

b. Konflik Disfungsional
Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2010), disfungsional merupakan suatu kegiatan atau organisasi yang memiliki disfungsi ketika beberapa dampak dapat menghambat organisasi sosial lainnya. Jika suatu kegiatan atau organisasi sosial mengalami disfungsional, tidak dipungkiri juga dapat menimbulkan konflik. Konflik disfungsional merupakan konflik yang menghambat tercapainya suatu organisasi dan bersifat destruktif (merusak). Konflik disfungsional tidak dapat dihindari karena keberadaan konflik ini pasti ada dalam setiap organisasi atau masyarakat. Konflik disfungsional dapat merugikan semua pihak, individu, kelompok, dan organisasi.
  
2. Konflik Berdasarkan Posisi Pelaku yang Berkonflik
Konflik sosial yang ada di masyarakat sangat beragam, salah satunya dapat diklasifikasikan menurut hubungan dengan posisi pelaku yang berkonflik. Adapun macam konflik sosial tersebut adalah sebagai berikut:

a. Konflik Vertikal
Konflik vertikal adalah konflik antar satu pihak dengan pihak dalam suatu struktur organisasi yang mempunyai derajat kedudukan yang tidak sama. Berikut contoh dari konflik vertikal. 
(a) Konflik antara atasan dengan bawahan dalam suatu instansi. (b) Konflik antara buruh dengan majikan dalam suatu perusahaan.

b. Konflik Horizontal
Konflik horizontal adalah konflik sosial yang terjadi di dalam masyarakat antara dua pihak atau lebih yang mempunyai kedudukan sederajat. Contohnya antara lain: (a) Konflik antara suku yang satu dengan suku yang lain dalam suatu negara. (b) Konflik antara umat agama yang satu dengan umat agama lainnya. (c) Konflik antara parpol yang satu dengan parpol yang lain.

Menurut Ranjabar (2013), konflik horizontal dapat dipicu oleh beberapa hal berikut: 
1) Adanya kecemburuan yang bersumber pada ketimpangan ekonomi antarkaum pendatang dengan penduduk lokal. 
2) Adanya sikap saling mengklaim terhadap sumber dana yang semakin terbatas. 
3) Adanya dorongan emosional kesukuan karena ikatan norma tradisional. 
4) Munculnya sikap yang berlebihan antarpemeluk agama. 
5) Mudah dipengaruhi oleh provokator kerusuhan.

c. Konflik Diagonal
Menurut Ranjabar (2013) konflik dibedakan menjadi tiga, yaitu konflik vertical, konflik horizontal, dan konflik diagonal. Dalam suatu organisasi terjadi ketidakadilan sumber daya sehingga menimbulkan-pertentangan atau konflik yang ekstrim. Pertentangan itulah yang dinamakan konflik diagonal. Sebagai contohnya kasus konflik antara pemerintah dan warga sekitar karena adanya perilaku yang tidak adil atas alokasi sumber daya ekonomi oleh pemerintah pusat.             

3. Konflik Berdasarkan Sifat Pelaku yang Berkonflik
Konflik berdasarkan sifat pelaku dapat dibedakan menjadi dua, yaitu konflik terbuka dan konflik tertutup (Ranjabar 2013).

a. Konflik Terbuka
Konflik terbuka merupakan konflik yang diketahui oleh semua pihak atau masyarakat dalam suatu negara. Kalian pasti pernah mendengar berita tentang konflik Israel dan Palestina. Bagaimana tanggapan kalian mengenai konflik tersebut? Konflik Israel dan Palestina merupakan contoh konflik terbuka. Hal ini dikarenakan konflik tersebut diketahui oleh semua pihak, termasuk Indonesia. Bahkan, masyarakat Indonesia melakukan penggalangan dana untuk membantu korban konflik tersebut. Selain konflik Israel, kalian juga bisa mengamati contoh konflik lainnya yang sifatnya terbuka di lingkungan sekitarmu. 
b. Konflik Tertutup. Konflik tertutup merupakan kebalikan dari konflik terbuka. Dalam konflik terbuka diketahui oleh semua pihak, sedangkan konflik tertutup hanya diketahui oleh pihak yang terlibat dalam konflik tersebut. Dalam konflik tertutup, pihak yang tidak terllibat konflik tidak tahu jika terjadi konflik. Sebagai contohnya konflik intern sekolah sehingga pihak luar tidak tahu adanya konflik. 

4. Konflik Berdasarkan Waktu 
Konflik sosial berdasarkan waktu dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

a. Konflik Sesaat (Konflik Spontan)
Konflik sesaat dapat terjadi dalam waktu yang singkat atau sesaat saja karena adanya kesalahpahaman antara pihak yang berkonflik. Konflik sesaat dapat berakhir pada saat adanya penjelasan antara pihak yang berkonflik. Sebagai contohnya konflik antara dua peserta didik yang berbeda argumen saat berdiskusi. Saat itu, mereka memegang teguh argumen masing-masing sehingga dapat menimbulkan konflik. Namun, konflik tersebut hanya terjadi pada saat diskusi saja. Setelah selesai diskusi, mereka tetap berteman dan tidak terjadi konflik lagi.

b. Konflik Berkelanjutan
Konflik berkelanjutan terjadi dalam waktu yang lama dan sulit untuk diselesaikan. Dalam penyelesaian konflik ini harus melalui berbagai proses dan tahapan yang rumit. Apabila konflik ini sudah selesai, tidak menutup kemungkinan dapat muncul Kembali konflik sebagai kelanjutan dari konflik dari konflik yang terdahulu. Salah satu contoh konflik berkelanjutan ialan konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan. Selain konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan, kamu juga dapat menyebutkan contoh lainnya yang ada di lingkungan sekitarmu.

5. Konflik Berdasarkan Pengendalian
Konflik sosial juga dapat dibedakan berdasarkan pengendaliannya. Tahukah kalian apa saja konflik yang dimaksud?

a. Konflik Terkendali
Menurut Ranjabar (2013), konflik terkendali merupakan suatu konflik di mana para pihak yang terlibat dapat dengan mudah mengendalikan konflik sehingga kjonflik tidak meluas dan cepat selesai. Sebagai contoh, konflik yang terjadi saat rapat OSIS.  Pada rapat tersebut terjadi beberapa pendapat untuk mengembangkan organisasi tersebut, sehingga terjadi perbedaan pendapat yang berujung pada konflik. Namun, adanya ketua OSIS dapat meredam konflik tersebut dengan memberikan solusi yang bijak. Oleh karena itu, konflik dalam rapat OSIS dapat dikendalikan dengan baik.

b. Konflik Tidak Terkendali
Konflik tidak terkendali merupakan konflik di mana pihak yang terlibat tidak dapat mengendalikan konflik tersebut sehingga akibatnya dapat meluas. Konflik yang tidak terkendali dapat menyebabkan munculnya kekerasan. Contoh konflik tidak terkendali, seperti tawuran, demonstrasi yang berakhir ricuh, dan lain sebagainya.

5. Konflik Berdasarkan Sistematika Konflik
a. Konflik Nonsistematis
Konflik nonsistematis memiliki sifat yang acak, dimana terjadi secara spontanitas dan tidak ada tujuan yang dicapai. Dalam konflik ini pihak yang berkonflik tidak melakukan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Salah satu contoh konflik nonsistematis ialah tawuran pelajar.

b. Konflik Sistematis
Konflik sistematis merupakan kebalikan dari konflik nonsistematis, di mana konflik tersebut telah direncanakan secara sistematis dan memiliki tujuan yang ingin dicapai. Dalam konflik ini, pihak yang berkonflik melakukan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dilakukan dengan cermat, hati-hati, dan sistematis. Setiap tingkah laku dari salah satu pihak dianalisis secara cermat dan hati-hati agar memperoleh keuntungan bagi pihak lainnya.

Cermati gambar di bawah! Apa yang dapat kamu pahami setelah melihat gambar tersebut? Gambar di bawah merupakan zaman penjajahan di Indonesia. Sebelum kemerdekaan, bangsa Indonesia telah dijajah oleh bangsa Barat, seperti Spanyol, Jepang, dan Belanda. Berbagai taktik digunakan oleh bangsa Barat untuk mengeksploitasi sumber daya di Indonesia. Penjajahan bangsa Barat di Indonesia merupakan salah satu konflik sistematis.

RANGKUMAN 

Konflik yang terjadi di masyarakat sangat beragam bentuknya. Menurut Ranjabar (2013), konflik sosial yang ada di masyarakat terbagi menjadi dua bentuk, yaitu:
a. Konflik Individual. Konflik dalam individu ini bisa diartikan sebagai konflik yang terjadi dalam mental atau diri seseorang karena suatu hal. Hal ini bisa berupa pilihan yang berbeda dengan kata hati. 
b. Konflik Kolektif. Konflik kolektif merupakan suatu konflik yang melibatkan banyak orang, serta memiliki tujuan dan kepentingan yang sama.  
                       
Menurut Ralp Dehrendorf, konflik dibedakan menjadi beberapa bentuk yaitu: 
a. Konflik Peran. Konflik peran merupakan suatu kondisi dimana seseorang mendapati kenyataan yang berlawanan dengan perannya dalam kehidupan nyata.  
b. Konflik Kelompok Sosial. Konflik antara kelompok sosial terjadi karena adanya perbedaan kepentingan dalam upayanya mencukupi kebutuhan kelompok tersebut. Contoh konflik antar kelompok.
c. Konflik antarkelompok yang terorganisir dan kelompok yang tidak terorganisir. Konflik ini biasanya terjadi saat unjuk rasa. Dimana polisi sebagai kelompok yang terorganisir.
d. Konflik antarsatuan nasional. Konflik ini disebut juga konflik antarkepentingan organisasi.  
e. Konflik antaragama. Konflik ini sering terjadi pada zaman dahulu saat kondep toleransi belum diindahkan.

Menurut H. Kusnadi dan Bambang Wahyudi yang dikutip dari Ranjabar (2013), macam-macam konflik dapat diklasifikasikan dalam beberapa aspek. Konflik sosial dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan organisasi. Tahukah kalian macam-macam konflik sosial menurut hubungan dengan tujuan organisasi? 
a. Konflik Fungsional. Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif.  
b. Konflik Disfungsional. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2010), disfungsional merupakan suatu kegiatan atau organisasi yang memiliki disfungsi Ketika beberapa dampak dapat menghambat organisasi sosial lainnya. Konflik disfungsional merupakan konflik yang menghambat tercapainya suatu organisasi dan bersifat destruktif (merusak).

Konflik sosial yang ada di masyarakat sangat beragam, salah satunya dapat diklasifikasikan menurut hubungan dengan posisi pelaku yang berkonflik. Adapun macam konflik sosial tersebut adalah:
a. Konflik Vertikal. Konflik vertikal adalah konflik antar satu pihak dengan pihak dalam suatu struktur organisasi yang mempunyai derajat kedudukan yang tidak sama.  
b. Konflik Horizontal. Konflik horizontal adalah konflik sosial yang terjadi di dalam masyarakat antara dua pihak atau lebih yang mempunyai kedudukan sederajat. 

Menurut Ranjabar (2013) konflik dibedakan menjadi tiga, yaitu konflik vertical, konflik horizontal, dan konflik diagonal. Dalam suatu organisasi terjadi ketidakadilan sumber daya sehingga menimbulkan pertentangan atau konflik yang ekstrim. Pertentangan itulah yang dinamakan konflik diagonal. Sebagai contohnya kasus konflik antara pemerintah dan warga sekitar karena adanya perilaku yang tidak adil atas alokasi sumber daya ekonomi oleh pemerintah pusat. 
 
Konflik berdasarkan sifat pelaku dapat dibedakan menjadi dua, yaitu konflik terbuka dan konflik tertutup (Ranjabar 2013).
a. Konflik Terbuka. Konflik terbuka merupakan konflik yang diketahui oleh semua pihak atau masyarakat dalam suatu negara.
b. Konflik Tertutup. Dalam konflik terbuka diketahui oleh semua pihak, sedangkan konflik tertutup hanya diketahui oleh pihak yang terlibat dalam konflik tersebut.  
Konflik sosial berdasarkan waktu dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut: 
a. Konflik Sesaat (Konflik Spontan). Konflik sesaat dapat terjadi dalam waktu yang singkat atau sesaat saja karena adanya kesalahpahaman antara pihak yang berkonflik.  
b. Konflik Berkelanjutan. Konflik berkelanjutan terjadi dalam waktu yang lama dan sulit untuk diselesaikan. 
 
Konflik sosial berdasarkan pengendaliannya antara lain:  
a. Konflik Terkendali. Menurut Ranjabar (2013), konflik terkendali merupakan suatu konflik di mana para pihak yang terlibat dapat dengan mudah mengendalikan konflik sehingga kjonflik tidak meluas dan cepat selesai.  
b. Konflik Tidak Terkendali. Konflik tidak terkendali merupakan konflik di mana pihak yang terlibat tidak dapat mengendalikan konflik tersebut sehingga akibatnya dapat meluas. Konflik yang tidak terkendali dapat menyebabkan munculnya kekerasan.  
c. Konflik Nonsistematis. Konflik nonsistematis memiliki sifat yang acak, dimana terjadi secara spontanitas dan tidak ada tujuan yang dicapai. Dalam konflik ini pihak yang berkonflik tidak melakukan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.  
d. Konflik Sistematis. Konflik sistematis merupakan kebalikan dari konflik nonsistematis, di mana konflik tersebut telah direncanakan secara sistematis dan memiliki tujuan yang ingin dicapai.

Referensi: Irin Veronica Sepang, S. Pd., M. Pd. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Klasifikasi Konflik Sosial Klasifikasi Konflik Sosial Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Januari 19, 2022 Rating: 5

148 komentar:

  1. Nama : Zaky Ammar An Naufal
    No : 35
    Kelas: XI MIPA 1

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM SEBUAH ORGANISASI?

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  2. NAMA :KHOIRUN NISA IZZATI
    NO :20
    KELAS :XI MIPA 1

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik.

    BalasHapus
  3. NAMA :KHOIRUN NISA IZZATI
    NO :20
    KELAS :XI MIPA 1

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab :
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  4. NAMA: DELPHINA AYU ZAHRAWATI
    NO:09
    KELAS:XI MIPA 3

    jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi,bersifat konstruktif dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  5. Dewi Sayekti Sutrisni24 Januari 2022 12.40

    Nama : Dewi Sayekti Sutrisni
    No.absen : 11
    Kelas : X1 IPA 2
    JELASKAN MENGAPA DIPERLUKAN KONFLIK FUNGSIONAL DALAM SUATU ORGANISASI?

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi,bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok jika dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  6. Nama :Clarisa Titania Pangestika
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :8

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  7. Nama: Dewi dianingsih
    Kls:xl MIPA 3
    No:11
    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?
    Jawab:karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  8. Nama : Jevita Selfiana
    Kelas : XI MIPA 2
    No. Absen : 21

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    Jawab : karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok jika dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  9. Nama: SYAKIRA lUVITA SARI
    No:29
    Kelas: Xl MIPA 01



    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    Jawaban:Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  10. Nama : NANA RESKY APRILLIANA
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 23



    Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Konflik ini sangat dibutuhkan dsalam organisasi. Dalam konflik inidapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  11. Nama:Desi Fitriayani
    No:10
    Kls:XI Mipa 1

    Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Konflik ini sangat dibutuhkan dsalam organisasi. Dalam konflik inidapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  12. Nama :Anisa Putri Jaya Wardani
    Kelas : XI MIPA 1
    Absen :04

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawaban:
    Karena mampu mendukung Tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  13. Ummi Nur Khasanah25 Januari 2022 07.27

    Nama :Ummi Nur Khasanah
    Kelas :XI MIPA 1
    No.absen :32

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    jawaban:
    karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  14. Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    Jawab : karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dapat meningkatkan jika dikendalikan dengan baik. dan kinerja kelompok dikelola

    BalasHapus
  15. Shela Putri Nabila25 Januari 2022 07.29

    Nama : Shela Putri Nabila
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 27




    jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shela Putri Nabila25 Januari 2022 07.35

      karena mampu mendukung tujuan kelompok, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok bila dikendalikan dengan baik.

      Hapus
  16. Nama : Damar Galih Abdurrahman
    kelas: XI IPA 1
    NO : 9

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi? Jawab : karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dapat meningkatkan jika dikendalikan dengan baik. dan kinerja kelompok dikelola dan Balas

    BalasHapus
  17. Nama : arditya aganta ramadani
    Kelas : XI IPA 1
    NO : 5

    Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan Oraganisasi dan bersifat konstruktif. Konflik ini sangat sangat dibutuhkan dsalam organisasi Dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  18. GALIH SETIA PURBANINGRUM25 Januari 2022 07.38

    Nama : Galih Setia Purbaningrum
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 18

    Karena mampu mendukung tujuan kelompok, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok bila dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  19. Nama: Natassya Laili Fatikha A.
    Kelas: XI MIPA 2
    No:27

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi
    Jawab: karena mampu mendukung tujuan organisasi,bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok jika dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  20. Nama : letifa purwaningtyas
    kelas : XI MIPA 2
    No : 23

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    jawab :
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi , bersifat konstruktif dan dapar meningkatkan kinerja kelompok jika dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  21. ENNOU HAPPY FINIARIE25 Januari 2022 11.11

    Nama : Ennou Happy Finiarie
    No. : 14
    Kelas : XI MIPA 2

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  22. Nama : Adhe Arifin
    Kelas : XI MIPA 2
    No. : 01


    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmamsyah
      Kelas : XI IPS 1
      No Absen : 3

      jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

      Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

      Hapus
  23. : Gema Kumala
    Kelas. : XI MIPA 2
    No. : 18

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?
    JAWABAN:
    karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  24. Nova Dwi Prasetyo25 Januari 2022 11.56

    Nama:Nova Dwi Prasetyo
    No:22
    Kelas:XI ips 2

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi? Jawaban: Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  25. Yahya Yulia Putra25 Januari 2022 13.15

    Nama : Yahya Yulia Putra
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :32

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  26. Nama : Rizka Rahmawardani
    Kelas : XI MIPA 4
    Absen : 32

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Jawab: Karena, mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  27. NAMA:RIRIN RANA BILA
    KELAS:XI MIPA 3
    NO :30

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM SEBUAH ORGANISASI??
    JWB:

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  28. Nama : Lisa Eka Rahmawati
    No : 23
    Kelas : XI MIPA 3

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan dan memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  29. FRISCA APRIANISYAH IZZATY26 Januari 2022 10.30

    NAMA FRISCA APRIANISYAH IZZATY
    KELAS XI MIPA 4
    ABSEN 17

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM ORGANISASI?

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  30. NAMA: ARDANARI SASABELA
    NO :5
    KELAS:XI MIPA 4

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM ORGANISASI

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  31. NAMA : ESA NUR SABILLA
    KELAS : XI MIPA 4
    NO : 14

    karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  32. Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan dan memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  33. Nama: Rizka Rahmawardani
    Kelas: XI MIPA 4
    No: 36

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    Karena, mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  34. NAMA: Khofifah Indriyani
    NO.ABS: 21
    KELAS: XI MIPA 4


    Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Konflik ini sangat dibutuhkan dsalam organisasi. Dalam konflik inidapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik. Contoh konflik fungsional, misalnya ada sebuah kasus di mana seorang manajer perusahaan menghadapi masalah tentang pengalokasian dana untuk meningkatkan penjualan produk.

    BalasHapus
  35. Nama:Kurnia Arnit Sambodho
    No absen:22
    Kelas:XI MIPA 4

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  36. NAMA : SITA RAHMAWATI
    KELAS : XI MIPA 4
    NO ABS : 34

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    Jawab :
    karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dapat meningkatkan jika dikendalikan dengan baik dan kinerja kelompok dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  37. Nama : Farida Bella Rahmawati
    Kelas : XI MIPA 4
    NO. : 15

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan dan memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  38. Nama: DIANA FEBRIAN INTIAS
    Kelas: XI MIPA 4
    NO : 11

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM ORGANISASI?

    jwb:
    karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  39. Nama : Isti'ana Widawati
    No : 20
    Kls : XI MIPA 4

    karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  40. Nama : nia asturi andalani
    No: 26
    Kelas : XI mipa 4
    -soal-
    Jelaskan mengapa konflik funsional dibutuhkan dalam organisasi?

    -jawab-
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apa bila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  41. NAMA: INEZ NOVILIA PURWATI
    kelas: XI MIPA 4
    No.absn: 19

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM ORGANISASI?

    karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  42. Nama : RIZKY MUHAMMAD
    NO :33
    KELAS:XI IPA 4





    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM ORGANISASI?

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  43. NAMA : ARIN FAUZAN AZARIA
    NO : 06
    KELAS : XI MIPA 4

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab :
    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  44. Nama: Angger Luthfian Budi
    Kelas: XI MIPA 4
    Absen: 4

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM SEBUAH ORGANISASI?

    Karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  45. Nama: Rifani Gita Cahyani
    No: 31
    Kelas: XI MIPA 4

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  46. Nama : Novita Naya Ramadhani.
    Kelas : XI Mipa 4.
    No Abs : 27.

    Jelaskan Mengapa Konflik Fungsional Dibutuhkan Dalam Organisasi?.

    Karena Konflik sosial mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  47. NAMA:NAJWA HANIFAH WIDYAKANTI
    KELAS:XI MIPA 4
    NO:25

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Karena mampu Mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  48. Aisyah Alfiaturrohmah26 Januari 2022 11.11

    Nama: AISYAH ALFIATURROHMAH
    Kelas: XI MIPA 4
    No. :02

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok. Adapun konflik dianggap fungsional apabila dampak yang dihasilkan baik terhadap kinerja kelompok bukan berdampak pada kinerja individu. Jika konflik tersebut berdampak baik bagi kinerja kelompok walaupun kurang memuaskan bagi individu maka konflik tersebut dikatakan sebagai konflik fungsional.

    BalasHapus
  49. NAMA:Harun Naufal Faiz
    NO:18
    KELAS:XI MIPA 4

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  50. Nama: Devina Manda Aprilia
    No. : 10
    XI mipa4



    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan dan memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  51. Nama: Valentino Dwi Priatama
    No : 36
    Kelas: XI MIPA 4

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    =Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  52. Nama derta putri f
    kelas xl ipa 4
    No 9
    Jawaban
    Manajemen konflik akan memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk dapat mengevaluasi sistem dan mengembangkan kompetensi. ... Konflik yang konstruktif akan membantu perusahaan dalam mengidentifikasi apakah sistem yang sudah dilakukan berjalan efektif atau memerlukan perbaikan dibeberapa hal.

    BalasHapus
  53. Nama:ALVI NUR HIDAYAH
    No:3
    Kelas:XI Mipa 4

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Jawab:
    Karena,mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  54. NAMA:DYAH NAWANG WULAN
    KELAS:XI MIPA 4
    NO:12

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok. Adapun konflik dianggap fungsional apabila dampak yang dihasilkan baik terhadap kinerja kelompok bukan berdampak pada kinerja individu. Jika konflik tersebut berdampak baik bagi kinerja kelompok walaupun kurang memuaskan bagi individu maka konflik tersebut dikatakan sebagai konflik fungsional.

    BalasHapus
  55. Nama:Afifah Rahmawati
    Kelas:XI MIPA4
    No:1

    jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    karena mampu mendukung tujuan organisasi,bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  56. Nama : Dahlia Indah Damayanti
    Kelas : XI MIPA 4
    Nomer absen : 8

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  57. NAMA : LUNA ANDIEN MAHARANI
    KELAS : XI MIPA 4
    NO : 23

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK DIBUTUHKAN DALAM SEBUAH ORGANISASI?

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok jika dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  58. Nama:Puput Tya aryani
    Kelas: XI MIPA 4
    Absen:29

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL
    DIBUTUHKAN DALAM SEBUAH ORGANISASI


    Karena mampu mendukung tujuan organisasi,bersifat konstruktif dapat meningkatkan jika dikendalikan dengan baik.dan kinerja kelompok dikelola.

    BalasHapus
  59. Nama Muhamad noval juanda
    No 24
    Kelas XI MIPA 4
    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM SEBUAH ORGANISASI??
    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  60. Nama:Ferry ananda abdullah
    No:16
    Kelas:XI IPA 4
    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  61. NAMA : AVRILIA BETRIK AGMAONA
    KELAS: XI IPS 1
    NO : 09

    KONFLIK FUNGSIONAL MERUPAKAN KONFLIK YANG MENDUKUNG TERCAPAINYA TUJUAN ORGANISASI DAN BERSIFAT
    KONSTRUKTIF.KONFLIK INI SANGAT DI BUTUHKAN DALAM ORGANISASI. DALAM KONFLIK INI DAPAT MEMPERBAIKI KINERJA KELOMPOK APA BILA DIKELOLA DAN KENDALIKAN DENGAN BAIK.CONTOH KONFLIK FUNGSIONAL : MISALNYA ADA SEBUAH KASUS DIMANA SEORANG MANAJER PERUSAHAAN MENGHADAPI MASALAH TENTANG PENGALOKASIAN DANA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK .

    BalasHapus
  62. Nama : Candra Dwi Cahyono
    Kelas : XI IPS 1
    No : 10

    Konflik fungsional sangat dibutuhkan di dalam organisasi, karena konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apa bila dikelola dan di kendalikan dengan baik. contoh nya seperte saat ada sebuah kasus dimana seorang manajer perusahaan menghadapi masalah tentang pengalokasian dana untuk meningkatkan penjualan produk.

    BalasHapus
  63. nama:Rifdah rosyiidah hafizhah
    No absen:26
    Kelas:Xl Ips 1
    jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  64. Nama : Mia Oktaviana
    Kelas: XI IPS 1
    NO. : 18


    Karena konflik ini dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif.Selain itu konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik. Contoh konflik fungsional, misalnya ada sebuah kasus di mana seorang manajer perusahaan menghadapi masalah tentang pengalokasian dana untuk meningkatkan penjualan produk.

    BalasHapus
  65. ARNITA FITRIYANTI
    XI IPS 1
    NO ABSEN 7


    Karena konflik funsional ini merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  66. Nama : Oktavia Dwi Astuti
    Kelas : Xl IPS 1
    No : 24


    Karena konflik fungsional ini dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  67. Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi? Jawab:karena mampu mendukung tujuan organisasi,bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    nama: kiara mawar saron
    kelas: XI IPS 1
    NO ABSEN: 17

    BalasHapus
  68. KIARA MAWAR SARON27 Januari 2022 06.59

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi? Jawab:karena mampu mendukung tujuan organisasi,bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  69. Nama : Nachwa Dewi Sekar Arij
    Kelas : XI 1 IPS


    Konflik fungsional sangat dibutuhkan dalam organisasi. Dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  70. Karena konflik dapat mewujudkan tujuan suatu organisasi dan dapat memupuk kinerja kelompok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Tania Kartika Bazighoh
      Kelas : XI IPS 1
      NO. :30

      Karena konflik dapat mewujudkan tujuan organisasi dan dapat memupuk kinerja kelompok

      Hapus
  71. Jelaskan mengapa konflik fungsional di butuhkan dalam sebuah organisasi?


    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.14


    Nama : NAZAI RHODIATUL ANNISA
    kelas : XI IPS 1
    NO : 22

    BalasHapus
  72. Nama : Faraneta Tarlena Vera
    No : 14
    Kelas : XI IPS 1

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?


    Karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  73. Nama:Nito Yudha Nugraha
    No:23
    Kelas:XI IPS 1

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  74. Nama : Naufal Abiyyin
    Kelas : XI IPS 1
    No : 21

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Karena Dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik. Contoh konflik fungsional, misalnya ada sebuah kasus di mana seorang manajer perusahaan menghadapi masalah tentang pengalokasian dana untuk meningkatkan penjualan produk.

    BalasHapus
  75. Nama: Setyo Aji Wibowo
    No: 29
    Kls: XI IPS 1
    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi??



    Karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  76. Nama :Amanda Amelia Soraya
    Kelas : XI IPS 1
    No.absn : 05
    Pertanyaan: jelaskan mengapa konflik fungsional di butuhkan dalam sebuah organisasi!

    Jawab: konflik fungsional sangat dibutuhkan dalam organisasi. Dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  77. Nama: Adi Putro R
    Kelas: XI IPS 1
    No. :02

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok. Adapun konflik dianggap fungsional apabila dampak yang dihasilkan baik terhadap kinerja kelompok bukan berdampak pada kinerja individu. Jika konflik tersebut berdampak baik bagi kinerja kelompok walaupun kurang memuaskan bagi individu maka konflik tersebut dikatakan sebagai konflik fungsional.

    BalasHapus
  78. Nama : Asy Syfa Zahra Sausa
    No : 8
    Kelas : XI IPS 1

    Mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Karena, konflik fungsional mampu mendukung pemcapaian tujuan organisasi, serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pemcapaian tujuan kelompok.


    BalasHapus
  79. Nama:Dira Bakti
    No:12
    Kelas:XI IPS 1

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi

    Konflik fungsional sangat dibutuhkan di dalam organisasi karena, konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan di kendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  80. Nama : Roficho Tullailiyah
    Kelas : XI IPS 1
    No absen : 27

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi? Jawab:karena mampu mendukung tujuan organisasi,bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  81. ALFARIZI DIMAS SAPUTRA27 Januari 2022 08.00

    Nama :ALFARIZI DIMAS SAPUTRA
    No :04
    Kelas:XI IPS 1


    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung mencapai tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal memperbaiki kinerja organisasi.

    BalasHapus
  82. Nama:fiya SRI LESTARI
    Kelas:XI IPS 1
    Nomer:15
    Jelaskan mengapa konflik fungsional di butuhkan dalam sebuah organisasi?

    Jawab: karena konflik fungsional Sangat dibutuhkan dalam organisasi dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  83. Nama: Yayang Gayung
    No: 32
    Kls: XI IPS 1

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?


    Karena konflik fungsional sangat dibutuhkan dalam organisasi dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  84. Nama : Eva miftakhul jannah
    Kelas : Xl ips 1
    No: 13

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Konflik fungsional sangat dibutuhkan didalam organisasi karena,konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  85. Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok. Adapun konflik dianggap fungsional apabila dampak yang dihasilkan baik terhadap kinerja kelompok bukan berdampak pada kinerja individu. Jika konflik tersebut berdampak baik bagi kinerja kelompok walaupun kurang memuaskan bagi individu maka konflik tersebut dikatakan sebagai konflik fungsional.

    absen:31
    nama:tri setyo n
    kelas:xi ips 1

    BalasHapus
  86. Nama : Raul Adi Permana
    Kelas : XI IPS 1
    No : 25



    Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Konflik ini sangat dibutuhkan dsalam organisasi. Dalam konflik inidapat memperbaiki kinerja kelompok.

    BalasHapus
  87. Nama: Abi Kurniawan
    No: 01
    Kls: XI IPS 1

    Konflik fungsional dibutuhkan dalma organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung mencapai tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal memperbaiki kinerja organisasi

    BalasHapus
  88. Nama : Evania Ivo Nadiroh
    No. : 13
    Kelas : XI IPS 2



    Jelaskan mengapa konflik fungsional di butuhkan dalam sebuah organisasi?

    jawaban: Karena konflik fungsional mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruksi juga dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan.

    BalasHapus
  89. Nama: Putri Kurnianingsih
    No: 23

    Kelas: XI IPS 2

    Konflik fungsional sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi karena konflik fungsional mendukung tercapainya tujuan organisasi yang bersifat konstruksi,dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  90. Nama:Aprillia Aura Vitasari
    No:05
    Kls:XI IPS 2

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi.
    Jawab: Karena konflik fungsional mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat kontruksi juga dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan

    BalasHapus
  91. Nama : Chesa amanda setya putri
    No : 09
    Kelas : XI IPS 2


    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi.
    Jawab: Karena konflik fungsional mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat kontruksi juga dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan

    BalasHapus
  92. Annisah Fitriyana27 Januari 2022 19.00

    Nama: Annisah Fitriyana

    No:5

    Kelas: XI MIPA 02

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    Jawaban:Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  93. Nama:Ahmad Nur Mujahid
    No:2
    Kelas: XI MIPA3

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM SEBUAH ORGANISASI?

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu. dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  94. Nama:Miftha Rosyida Ilmawati
    No:24
    Kelas:XI Mipa 3

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan sebuah organisasi?
    Jawab:karena mampu mendukung tujuan organisasi,bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  95. Nama : Nadia Laili Cahyaningtyas
    No : 25
    Kelas : XI MIPA 3

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok karena mampu mendukung tujuan kelompok, bersifat konstuktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok bila dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  96. NAMA Alvyana Ajira Putri
    KELAS XI MIPA 1
    ABSEN 03

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM ORGANISASI?

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  97. Nama: Tri Nur Hayat Tuti
    Kelas: XI IPA 1
    Absen: 31

    JELASKAN MENGAPA KONFLIK FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM ORGANISASI?

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  98. NAMA : FAROJA MUTIA SARI
    NO:16
    KELAS:XI MIPA 1

    Karena dapat mendukung pencapaian tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  99. Nama : Arfie Prasticia Agitha
    kelas : XI MIPA 3
    absen : 6

    Konflik fungsional merupakan

    konflik yang
    mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Konflik ini sangat dibutuhkan dsalam organisasi. Dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  100. Nama:Diazvika Ayu Yudhistiana
    No:12
    Kelas:XI MIPA 1

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Karena Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan
    organisasi dan bersifat konstruktif. Konflik ini sangat dibutuhkan dsalam organisasi.
    Dalam konflik inidapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan
    dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  101. Nama : Sinta Intan Kusuma
    Kelas : XI IPA 3
    No. Absen : 31

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    = Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  102. Nama : Tinton Jaya Kurniawan
    No : 35
    Kelas : XI MIPA 2

    karena mampu mendukung tujuan konstruktif dan dapat organisasi, bersifat meningkatkan kinerja kelompok jika dikelola dengan baik. dan dikendalikan

    BalasHapus
  103. Intan addawiyah1 Februari 2022 13.14

    NAMA : INTAN ADDAWIYAH
    NO :20
    KELAS :XI MIPA 2

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik.

    BalasHapus
  104. Pramasheila Puteri Fajriati1 Februari 2022 13.20

    NAMA :PRAMASHEILA PUTERI FAJRIATI
    NO :31
    KELAS :XI MIPA 2

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Jawab:

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik.

    BalasHapus
  105. Nama:Prima Radhita
    No:28
    Kelas:XI MIPA 3

    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila di kelola dengan baik.

    BalasHapus
  106. Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Jawab : karena mampu mendukung tujuan organisasi Dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik

    BalasHapus
  107. Nama:Alfi Sukma Ramadhani
    Kelas:XIMIPA3
    NO :3
    Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Konflik ini sangat dibutuhkan dsalam organisasi. Dalam konflik inidapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  108. Nama:alfi sukma ramadhani
    Kelas:ximipa3
    No :3

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Jawab : karena mampu mendukung tujuan organisasi Dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik

    BalasHapus
  109. Nama: Fahma Hidhayatul Yunia
    Kelas :XI MIPA 3
    No : 16

    karena mampu mendukung tujuan organisasi Dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik

    BalasHapus
  110. Nama:aprilia ziti zakiyah
    Kelas:XI IPS 1
    no. : 06

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik

    BalasHapus
  111. Nama : Auliya Qaida Hadiningsih
    Kelas : XI MIPA 2
    Absen : 07

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawaban:
    Karena mampu mendukung Tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  112. Nama: Landhung Budi Wardono
    Absen: 21
    Kelas: XI MIPA 1

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila di kelola dan di kendalikan dengan baik

    BalasHapus
  113. Nama : Supra Wibowo
    No : 34
    Kelas : XI MIPA 2

    •Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi ?
    Jawaban :
    •Karena konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  114. Nama:Ardiyana nur mukaromah
    Kelas XI mipa 2
    No 06

    Jelaskan mengapa konflik fungsional di butuhkan dalam sebuah organisasi? Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.14

    BalasHapus
  115. Nama:Risma nur Inayah
    Kelas:XI IPS 2
    No:25

    Jelaskan mengapa konflik fungsional di butuhkan dalam organisasi?

    •Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  116. Nama: Rayhanda galih syah putra
    No:24
    Kelas: XI IPS2

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  117. Nama : Neiva Farren Daviansyah
    Kelas: XI IPS 2
    NO : 21


    jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?


    - konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  118. Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  119. Nama:Andika Tama
    Kelas:X1 MIPA 3
    NO :04

    Jelaskan mengapa konflik fungsional di butuhkan dalam organisasi?

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus




  120. nama


    nama:devi aulia mutiara nabila
    kelas:XI Mipa 3
    no.10

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  121. NAMA : Ela Tri Oktara
    NO :14
    KELAS :XI MIPA 3

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab :
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  122. Nama:Djil Jian Khusnul Khotimah
    Kelas:XI MIPA 3
    No:13

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  123. Nama : Desi Lutfiana W
    No. : 10
    Kelas. : XI MIPA 2

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab : Konflik fungsional sangat dibutuhkan dalam organisasi, karena konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  124. Nama : ADISTI CITRA RAHMAWATI
    Kelas : XI MIPA 3
    No. : 1

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi? Jawab: Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki

    kinerja kelompok apabila dikelola

    dengan baik.

    BalasHapus
  125. jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    jawab: karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik.

    BalasHapus
  126. Nama :Aldo Febriyan
    Kls : XI mipa 2
    No: 03



    a. Konflik Fungsional
    Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Konflik ini sangat dibutuhkan dsalam organisasi. Dalam konflik inidapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik. Contoh konflik fungsional, misalnya ada sebuah kasus di mana seorang manajer perusahaan menghadapi masalah tentang pengalokasian dana untuk meningkatkan penjualan produk.

    b. Konflik Disfungsional
    Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2010), disfungsional merupakan suatu kegiatan atau organisasi yang memiliki disfungsi ketika beberapa dampak dapat menghambat organisasi sosial lainnya. Jika suatu kegiatan atau organisasi sosial mengalami disfungsional, tidak dipungkiri juga dapat menimbulkan konflik. Konflik disfungsional merupakan konflik yang menghambat tercapainya suatu organisasi dan bersifat destruktif (merusak). Konflik disfungsional tidak dapat dihindari karena keberadaan konflik ini pasti ada dalam setiap organisasi atau masyarakat. Konflik disfungsional dapat merugikan semua pihak, individu, kelompok, dan organisasi

    BalasHapus
  127. Nama : Fauziah Martshafa Ayu
    No/Kelas : 16/XI IPA 2

    Konflik ini sangat dibutuhkan dsalam organisasi. Dalam konflik inidapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelolah dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  128. Nama : Fiqih Ma'arif Ruwanda
    No : 17
    Kelas : XI MIPA 2

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    :Karena konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  129. Nama: Della Sekar Melati
    No: 9
    Kelas: XI Mipa 2

    konflik ini sangat dibutuhkan dalam organisasi. Dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  130. Nama : EILITA YUYUN TRI CAHYANI
    No. : 13
    Kelas :XI MIPA 2

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    karena konflik fungsional mampu
    mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  131. ENNOU HAPPY FINIARIE15 Februari 2022 11.10

    Nama : Ennou Happy Finiarie
    No. : 14
    Kelas: XI MIPA 2

    jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  132. Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi? Jawaban: Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  133. Nama: Romeo Gionino
    No. : 26
    Kls : XI IPS 2

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  134. NAMA:ELSA APRILIA MAHARANI
    KLS:XI MIPA 4
    NO:13

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jwb:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik.

    BalasHapus
  135. NAMA : TIARA SETIANI
    KELAS: XI MIPA 1
    NO. : 30


    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Jawab :

    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  136. Nama : Muhammad Surya Sejati
    Kelas:XI IPS
    NO. :18

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Jawaban: Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kenerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  137. Nama: Imelda Rahmawati
    Kelas: Xl MIPA 2
    No: 19

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?

    Konflik fungsional merupakan konflik yang mendukung tercapainya tujuan organisasi dan bersifat konstruktif. Dalam konflik ini dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik

    BalasHapus
  138. NAMA : Auliya Qaida Hadiningsih
    NO :07
    KELAS :XI MIPA 2

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik.

    BalasHapus
  139. Nama:Alfi sukma ramadhani
    Kelas:ximipa3
    No:3

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik.

    BalasHapus
  140. Nama:Djil Jian Khusnul Khotimah
    Kelas:XI MIPA 3
    No:13

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab:
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi dan dapat memperbaiki kinerja kelompok apabila dikelola dengan baik.

    BalasHapus
  141. NAMA:MUHAMMAD KAFAABILLAH
    KELAS:XI IPS 1
    NO:19



    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?
    JAWABAN:
    karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok

    BalasHapus
  142. Nama : Adisti Citra Rahmawati
    Kelas : XI MIPA 3
    No. Absen :1


    JELASKAN

    MENGAPA

    KONFLIK

    FUNGSIONAL DIBUTUHKAN DALAM SEBUAH ORGANISASI?

    Konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus
  143. Nama : Nokhaita
    Kelas : XI MIPA 3
    No : 26

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam sebuah organisasi?
    Jawab :
    Karena mampu mendukung tujuan organisasi, bersifat konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja kelompok apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.

    BalasHapus
  144. Nama: Else Duwi Lestari
    No:13
    Kls:XI MIPA1

    Jelaskan konflik mengapa dibutuhkan fungsional sebuah organisasi? dalam Jawab: Karena mampu mendukung tujuan organisasi kinerja apabila dikelola dengan baik. dapat kelompok dan memperbaiki

    BalasHapus
  145. Nama : Sifa aryunia putri
    Kelas : XI MIPA 2
    No : 33

    Jelaskan mengapa konflik fungsional dibutuhkan dalam organisasi?

    Jawaban:
    karena konflik fungsional mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi serta dapat membantu dalam hal perbaikan kinerja organisasi maupun kelompok tanpa merintangi pencapaian tujuan kelompok.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.