Penelitian Sosial - Metode Penelitian, Sumber Penelitian, Etika Penelitian

Setelah kalian mengenal berbagai teori dari para sosiolog, tentu kalian akan bertanya bagaimana cara melakukan penelitian sosial. Sebagai ilmu yang empiris, temuan dan pendapat kalian harus berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian yang menerapkan metode ilmiah. Sebagai ilmu yang kumulatif, sosiologi harus selalu melakukan penelitian sosial. Mengapa belajar sosiologi harus melakukan penelitian sosial?

Penelitian sosial yang dilakukan para sosiolog bertujuan mengumpulkan data dan menemukan fakta baru untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Apabila kalian membaca lagi berbagi paradigma di atas, sebenarnya metode penelitian yang dilakukan para sosiolog bermacam-macam. Tetapi hal mendasar yang harus dilakukan oleh sosiolog adalah memiliki minat, ketertarikan, imajinasi dan rasa ingin tahu sehingga terdorong untuk melakukan penelitian.

Secara umum, tahapan dari penelitian sosial adalah membuat rumusan masalah terlebih dahulu berupa pertanyan-pertanyaan penelitian. Pertanyaan penelitian akan memandu kalian untuk fokus pada apa yang akan kalian teliti. Tetapi sebelum merumuskan masalah hendaknya kalian membaca berbagai buku dan hasil penelitian sebelumnya yang terkait dengan topik penelitian kalian. Rumusan masalah yang baik adalah yang mempertanyakan bagaimana dan mengapa bukan hanya tentang apa. Karena dengan kata tanya bagaimana dan mengapa, kalian akan dapat memperoleh temuan baru dan fakta baru sehingga mampu menjelaskan suatu topik yang kalian teliti.

Sebagai contoh, kalian tertarik membuat penelitian tentang grup musik Indie dan minat remaja. Contoh pertanyaan yang dapat kalian buat yaitu “Mengapa remaja tertarik dengan grup musik indie? Bagaimana grup musik indie dapat menarik minat remaja?” Setelah kalian memiliki minat dan ketertarikan untuk melakukan penelitian, lalu tahapan berikutnya adalah mencari informasi terkait dengan topik penelitian kalian dari berbagai buku, literatur dari dunia maya, hasil dan riset sebelumnya. Tahap berikutnya kalian harus memiliki pertanyaan penelitian dan melanjutkan dengan menentukan metode penelitian apa yang hendak digunakan.

METODE PENELITIAN 
Pendekatan dan cara untuk melakukan penelitian sosial secara umum terbagi menjadi tiga metode yaitu penelitian kuantitatif, kualitatif dan campuran dari kedua metode kuantitatif dan kualitatif (mixed methods). Ketiga metode tersebut akan dijelaskan lebih detail sebagai berikut.

a. Metode Penelitian Kuantitatif
John W. Creswell dalam bukunya yang berjudul Desain Riset: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (2017:4-5), menjelaskan bahwa penelitian metode kuantitatif adalah metode penelitian yang menguji teori tertentu dan mencari data penelitian dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Berbagai variabel itu diukur secara matematis dan statistik sehingga data yang berbentuk angka-angka dianalisis berdasarkan prosedur statistika. Kalian dapat melakukan metode penelitian kuantitatif melalui penelitian survei dengan menggunakan angket atau kuesioner.

b. Metode Penelitian Kualitatif 
Metode ini mengeksplorasi dan memahami makna, simbol, motivasi, pengalaman individu yang menjadi subyek penelitian. Metode penelitian kualitatif mengutamakan kualitas data. Bentuk data dari metode kualitatif adalah pernyataan, pendapat, serta gambaran (deskripsi) dari subyek penelitian. Teknik pengumpulan data pada metode kualitatif diperoleh melalui pengamatan (observasi) dan wawancara dengan subyek penelitian. Berbagai pendekatan dalam metode penelitian kualitatif di antaranya metode etnografi, studi kasus, fenomenologi, penelitian sejarah, dan lain-lain. Apa sajakah metode-metode ini? Kalian dapat mencarinya dari berbagai buku tentang penelitian sosial.

c. Metode Penelitian Campuran
Setiap penelitian bertujuan untuk mendapatkan data yang valid, terpercaya dan objektif, Metode penelitian campuran (mixed methods) adalah campuran antara metode kuantitatif dan metode kualitatif. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data dan temuan yang komprehensif karena masing-masing metode penelitian memiliki kelemahan dan kelebihan. Biasanya peneliti menggunakan metode penelitian campuran untuk menguatkan datadatanya, baik yang berupa angka maupun pernyataan subyek penelitian.

Teknik pengumpulan data dari metode campuran adalah dengan penelitian survei, melakukan pengamatan (observasi), dan wawancara. Analisis data dari metode ini juga menggabungkan kedua metode penelitian tersebut.

SUMBER PENELITIAN
Sumber penelitian adalah rujukan yang berupa data dan informasi yang terdiri atas data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah informasi yang didapat dari hasil wawancara, pengamatan, dan survei yang diperoleh secara langsung dari subyek penelitian. Sedangkan data sekunder, biasanya disebut sebagai data pendukung yang diperoleh dari berbagai sumber, misalnya data statistik, informasi, atau data dari penelitian sebelumnya, dokumen, foto, video, laporan, dan bentuk-bentuk lainnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah data sekunder adalah memastikan kesahihan data, yaitu diperoleh dari sumber yang terpercaya. Sumber informasi yang berbeda dapat menentukan validitas data dan menghasilkan data yang berbeda-beda.

ETIKA PENELITIAN
Ketika kalian melakuan penelitian, terdapat etika yaitu aturan yang seharusnya dilakukan selama proses kegiatan hingga pelaporan penelitian. Etika penelitian meliputi: integritas bahwa penelitian yang kalian lakukan bukan hasil plagiasi (menjiplak) karya orang lain serta mencantumkan berbagai sumber informasi baik dari buku, internet, jurnal, laporan penelitian sebelumnya, dan lain-lain.

Hal yang penting dilakukan selama kegiatan penelitian adalah memperhatikan hak subyek penelitian. Ketika melakukan pengumpulan data, kalian wajib menyediakan surat kesediaan (informed consent) subyek penelitian untuk terlibat dalam penelitian. Peneliti tidak boleh memaksa subyek penelitian apabila tidak bersedia untuk terlibat dalam penelitian. Selama proses pengumpulan data, baik dengan wawancara maupun observasi, peneliti harus menjaga perilaku santun dan menghormati pendapat atau pandangan subyek penelitian. Hal lain yang harus dijaga adalah menjaga kerahasiaan identitas subyek penelitian ketika menuliskan hasil wawancara di laporan penelitian. Beberapa kesepakatan harus dibuat dengan subyek penelitian, misalnya menjaga kerahasiaan identitas, melakukan perjanjian dengan subyek penelitian tentang kesediaan dan waktu untuk wawancara. Informasi tentang penelitian, seperti apa yang hendak diteliti atau tujuan penelitian, sebaiknya disampaikan kepada subyek penelitian sebagai bentuk transparansi.

Di samping itu, terkait dengan etika dan integritas penelitian, seorang peneliti tidak boleh memanipulasi data penelitian. Apabila data yang diperoleh tidak sesuai harapan atau hipotesis peneliti, maka data tidak boleh direkayasa. Dalam melakukan uji coba hipotesis, seringkali data tidak sesuai temuan di lapangan. Dalam hal ini, kalian sebagai peneliti dapat mengevaluasi dan merefleksikan kembali proses pengumpulan data kalian maupun teori dan perspektif yang digunakan.

Bias penelitian, yaitu pandangan yang hanya mewakili kepentingan diri peneliti dan kelompok, adalah hal yang harus dihindari dalam penelitian. Sedapat mungkin, peneliti harus objektif dalam melakukan penelitian. Walaupun hal ini kadang terjadi, hal yang dapat kalian lakukan untuk menghindari bias penelitian adalah dengan melakukan penarikan diri (selalu sadar akan posisi sebagai peneliti).

Referensi: Sari Oktafiana, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Penelitian Sosial - Metode Penelitian, Sumber Penelitian, Etika Penelitian Penelitian Sosial - Metode Penelitian, Sumber Penelitian, Etika Penelitian Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Oktober 03, 2022 Rating: 5

27 komentar:

  1. Nama: Naisya Pepriani
    Kelas: X4
    No.absen: 24

    Jelaskan apa saja etika dalam penelitian?
    Jawab:
    Etika penelitian meliputi : integritas bahwa penelitian yang kalian lakukan bukan hasil plagiasi ( menjiplak ) karya orang lain serta mencantumkan berbagai sumber informasi baik dari buku, internet, jurnal, laporan penelitian sebelumnya, dan lain².
    Tambahan:
    Penerapan etika penelitian: kejujuran, keterbukaan, penghargaan hak asasi manusia, tanggung jawab dan lain².

    BalasHapus
  2. Franes Laudy Tiya
    Nama: Franes Laudy Tiya
    Kelas:X1
    No. Absen:13

    Etika dalam pengertian sebagai berikut:
    1). Penelitian bukan hasil plagiasi
    2). Meminta izin terlebih dahulu dengan membuat surat yang menyatakan kesediaan untuk terlibat dalam penelitian.penelitian tidak boleh memaksa apabila calon subyek penelitian tidak bersedia.
    3).Menjaga sopan santun selama melakukan pengumpulan data penelitian.
    4). Menjaga kerahasiaan identitas subyek penelitian
    5).peneliti tidak boleh memanipulasi data penelitian.
    6).sedapat mungkin, penelitian harus objektif dalam melakukan penelitian

    BalasHapus
  3. Nama:Nina Indika
    No.Absen: 23
    Kelas: X1

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk, benar atau salah dalam kegiatan penelitian.
    - Peneliti tidak dapat memaksa seseorang untuk terlibat dalam penelitian. Seperti meminta kepala desa mengharuskan warganya berkumpul di suatu tempat untuk diwawancarai. contoh lain, meminta kepala perusahan mewajibkan karyawannya untuk mengisi daftar pertanyaan.
    - Penelitian lain yang seharusnya tidak boleh dilanggar oleh peneliti adalah mendorong subyek agar mau ikut serta dengan memberi keterangan yang keliru. Misalnya mengatasnamakan perusahaan atau lembaga dalam mengisi daftar pertanyaan, padahal sebenarnya merupakan proyek pribadi belaka yang tidak ada hubungan sama sekali dengan pihak perusahaan.
    - Dalam menyajikan data peneliti harus jujur. temuan yang negatif perlu disajikan dengan temuan yang positif. Hiipotesis dibuat sebelum penelitian diawali, bukan setelah hasil penelitian diketahui.

    BalasHapus
  4. Nama:Mella Lusita Wulan Ningrum
    No:21
    Kls:X1

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk, benar atau salah dalam kegiatan penelitian. menghormati harkat dan martabat manusia, menghormati privasi dan kerahasiaan subjek penelitian, keadilan dan memperhitungkan manfaat serta dampak yang ditimbulkan.

    BalasHapus
  5. Nama: Apriyana Kharisma Dewi
    No. 5
    Kelas : X3
    Etika penelitian meliputi: integritas bahwa penelitian yang kalian lakukan bukan hasil plagiasi (menjiplak) karya orang lain serta mencantumkan berbagai sumber informasi baik dari buku, internet, jurnal, laporan penelitian sebelumnya, dan lain-lain.

    BalasHapus
  6. Nama : Vika Nur Hayati
    Kelas : X2
    No : 36

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk, benar atau salah dalam kegiatan penelitian. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian. Namun terkadang dalam pencarian dan pemanfaatan ilmu tersebut melanggar dari aturan etika.

    BalasHapus
  7. Nama : Sendy irfansyah
    Kelas : x1
    No : 29

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik,buruk,benar atau salah dalam kegiatan penelitian.salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian.namum terkadang dalam pencarian dan pemanfaatan ilmu tersebut melanggar dari aturan etika.

    BalasHapus
  8. Nama=Pika Silvia Septiani
    Kelas=X2
    Nomer Absen=26
    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik,buruk atau salah dalam kegiatan penelitian.Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian.Namun terkadang dalam pencarian dan pemanfaatan ilmu tersebut melanggar/aturan etika

    BalasHapus
  9. Nama:Melisa Dewi Suciati
    Kelas:X.2
    No:22

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk, benar atau salah dalam kegiatan penelitian. salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian.

    BalasHapus
  10. Nama:Mutiara Dinda p
    Kelas:X.2
    No:24

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk, benar atau salah dalam kegiatan penelitian. salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian.

    BalasHapus
  11. Nama:Fauziyyah Zulfaa Aidah
    Kelas:X2
    No.abs:13
    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik,buruk atau salah dalam kegiatan penelitian.salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian.namun terkadang dalam prncarian dan pemanfaatan ilmu tersebut melanggar/aturan etika

    BalasHapus
  12. Nama: Junia Puspita ayu
    Kelas: X4
    No: 17

    Jelaskan apa saja etika dalam penelitian?

    Etika yaitu aturan yg seharusnga dilakukan selana kegiatan pelaporan hibgga proses penelitian. Etika penelitian meliputi
    1.integrasi bahwa penelitian yg kalian lakukan bukan hasil plagiasi(menjiplak) karya orang lain serta mencantumkan berbagai sumber informasi baik dari buku, internet, jurnal, laporan penelitian sebelumnya dan lain lain

    BalasHapus
  13. Nama:Ulfah filiyani
    Kelas:X.2
    No:34

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk, benar atau salah dalam kegiatan penelitian. salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian.

    BalasHapus
  14. Nama:ERINDA NAILA YUSTIASARI
    Kelas:X.2
    No:10

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk, benar atau salah dalam kegiatan penelitian. salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian.

    BalasHapus
  15. Nama: Retno Wulandari
    No: 29
    Kelas:X2

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk, benar atau salah dalam kegiatan penelitian. salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian.

    BalasHapus
  16. NAMA: Khanaya Fanita R
    No.:18
    KELAS:X2

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk, benar atau salah dalam kegiatan penelitian. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian.

    BalasHapus
  17. Dheniz amelliya anggraeny18 Oktober 2022 07.50

    Nama: Dheniz amelliya anggraeny
    Kelas:x2
    No absen:09
    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk,benar atau salah dalam kegiatan penelitian. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian.

    BalasHapus
  18. Nama =Qonita Rezki Amaliah
    Kelas=X2
    No absen =28
    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik,buruk atau salah dalam kegiatan penelitian. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui pemelitian.Namun terkadang dalam pencarian dan pemanfaatan ilmu tersebut melanggar/aturan etika

    BalasHapus
  19. Nama:Adelia Pastika
    No: 2
    Kelas:X2
    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik,buruk,benar atau salah dalam kegiatan penelitian. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian

    BalasHapus
  20. Nama : Sabilatul Urb Sania
    No Absen : 29
    Kelas : X4
    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik ,buruk, dan benar atau salah dalam kegiatan penelitian. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan adalah melalui penelitian

    BalasHapus
  21. Nama: Febriana nur arifah
    Kls: X 4
    Absen: 11
    Etika adalah aturan yang seharusnya dilakukan selama proses kegiatan hingga pelaporan penelitian etika meliputi integritas bahwa penelitian yang akan dilakukan bukan hasil plagiasi atau menjiplak karya orang lain serta mencantumkan berbagai sumber informasi baik dari buku internet jurnal laporan penelitian dan lain-lain

    BalasHapus
  22. Nama:Galih putra utama
    No:14
    Kls:X4

    •Mengatur perbuatan manusia, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya
    •Membentengi manusia dari upaya melanggar disiplin/aturan yang berlaku
    •Memotivasi manusia untuk melakukan perbuatan yang benar/baik dan menghindar dari perbuatan yang salah/buruk
    •Menumbuhkan kesadaran kepada manusia akan makna perbuatannya dan konsekwensi / akibat dari apa yang telah diperbuatnya
    •Meneguhkan hak dan kewajiban seseorang dalam pergaulan sosialnya

    BalasHapus
  23. Nama: Annisa Syifa Turrohmah
    Kelas:X1
    NO : 04

    Etika penelitian meliputi: integritas bahwa penelitian yang kalian lakukan bukan hasil plagiasi atau (menjiplak) karya orang lain serta mencantumkan berbagai sumber informasi baik dari buku,internet,jurnal,laporan penelitian sebelumnya,dan lain- lain

    BalasHapus
  24. Nama: Sabrina Citra Aulia
    Kelas: X2
    Nomer:31

    Etika penelitian meliputi: integritas bahwa penelitian yang kalian lakukan bukan hasil plagiasi atau (menjiplak) karya orang lain serta mencantumkan berbagai sumber informasi baik dari buku,internet,jurnal,laporan penelitian sebelumnya,dan lain- lain

    BalasHapus
  25. Nama: Lailla fauzah irmalia
    Kelas:X2
    No :20
    Etika penelitian meliputi: integritas bahwa penelitian yang kalian lakukan bukan hasil plagiasi atau (menjiplak) karya orang lain serta mencantumkan berbagai sumber informasi baik dari buku,internet,jurnal,laporan penelitian sebelumnya,dan lain- lain

    BalasHapus
  26. Nama:Cindy Rizki Yanawati
    Kelas:X3
    No:12
    Etika penelitian meliputi: integritas bahwa penelitian yang kalian lakukan bukan hasil plagiasi (menjiplak) karya orang lain serta mencantumkan berbagai sumber informasi baik dari buku, internet, jurnal, laporan penelitian sebelumnya, dan lain-lain.

    BalasHapus
  27. NAMA = AULIA ATHIFAH.
    NO. = 06.
    KELAS = X3.

    Etika penelitian adalah sudut pandang atau ketentuan baik, buruk, benar atau salah dalam kegiatan penelitian. menghormati harkat dan martabat manusia, menghormati privasi dan kerahasiaan subjek penelitian, keadilan dan memperhitungkan manfaat serta dampak yang ditimbulkan.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.