Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda

Seorang sosiolog berkebangsaan Amerika Serikat, George Ritzer, pada tahun 1975 menuliskan sebuah buku yang berjudul Sosiology: A Multiple Paradigm Science. Berdasarkan pemikiran Ritzer dalam buku tersebut dijelaskan bahwa sosiologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki dan menggunakan berbagai paradigma (kerangka atau cara berpikir) yang melahirkan banyak perspektif dan teori untuk menganalisis berbagai kajian sosiologi dalam rangka membantu memahami kehidupan sosial. Melalui berbagai teori tersebut kalian dapat memilih teori yang sesuai untuk menjelaskan minat kajian yang ingin dipelajari. Hal ini tentu berdampak pada perbedaan pandangan yang beragam. Contohnya tugas kalian sebelumnya yang mengkaji masyarakat berdasarkan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural.

Selanjutnya, Ritzer (1975) membagi tiga paradigma utama yang berasal dari berbagai gagasan para sosiolog, filsuf dan ilmuwan sosial sebagai berikut:

1. Paradigma Fakta Sosial
Paradigma fakta sosial dipengaruhi oleh para sosiolog seperti Emile Durkheim, Karl Marx, Talcott Parsons dan masih banyak lagi. Menurut paradigma ini, fokus kajian sosiologi adalah fakta sosial, baik dalam bentuk bendawi (ragawi, material) maupun tidak berbenda (non-material) seperti ide ataupun gagasan. Berdasarkan paradigma ini norma, aturan, pemerintahan, peran sosial, status sosial, kelas sosial merupakan fakta sosial. Berbagai teori sosiologi lahir dari paradigma ini seperti teori fungsionalisme struktural, teori konflik, teori sistem dan teori sosiologi makro. Salah satu contoh pendekatan dengan paradigma fakta sosial adalah perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial.

2. Paradigma Definisi Sosial
Paradigma definisi sosial dipengaruhi oleh para sosiolog seperti Max Weber, George Herbert Mead, Herbert Blumer dan masih banyak lagi. Beberapa teori utama yang lahir dari paradigma ini adalah interaksionisme simbolik, tindakan sosial dan fenomenologi. Paradigma definisi sosial menurut Max Weber, berusaha memahami dan menafsirkan mengapa individu melakukan tindakan sosial dan makna dari tindakan tersebut. Selanjutnya interaksionisme simbolik adalah teori yang dikembangkan oleh George Herbert Mead pada tahun 1863-1931. Teori interaksionisme simbolik menjelaskan tentang makna dan simbol dalam interaksi sosial yang dilekatkan individu pada lingkungannya. Dalam melakukan tindakan sosial, individu memiliki berbagai motif yang dilakukan berdasarkan keyakinan individu sebagai bagian dari pemaknaan individu atas situasi dan kondisi suatu masyarakat. Sebagai contoh, kalian memakai pakaian, jaket, sepatu, atau aksesoris lainnya yang menunjukkan suatu merek tertentu ketika bermain dengan teman. Hal ini menunjukkan bahwa kalian memiliki motivasi tertentu ketika memakai barang bermerek, misalnya bermaksud menunjukkan simbol, status sosial, dan selalu mengikuti tren yang kekinian.

Fenomenologi sebagai salah satu teori dalam paradigma ini menjelaskan bagaimana individu membangun makna dan konsep ketika individu berhubungan dengan individu lain. Berdasarkan teori ini, individu memaknai pengalamannya dan mencoba memahami dunia berdasarkan pengalamannya.

Teori ini banyak dikembangkan oleh para sosiolog seperti Edmund Husserl, Alfred Schutz dan Peter. L Berger dan masih banyak lagi. Sebagai salah satu metode penelitian, fenomenologi bertujuan untuk mendapatkan data berdasarkan pengalaman-pengalaman individu dalam kehidupan sehari-harinya. Sebagai contoh penerapan fenomenologi dalam menganalisis gejala sosial adalah; kalian melakukan penelitian tentang adanya pengalaman kelompok minoritas yang mendapatkan diskriminasi sosial. Bagaimana bentuk diskriminasi sosial yang mereka alami? Kalian akan menggali sebanyak mungkin informasi dari pengalaman kelompok minoritas ketika berada dalam suatu kelompok sosial yang berbeda dengan mereka. Pengalaman-pengalaman mereka akan menjadi data penting bagi penelitian kalian. 

Penekanan utama dari paradigma definisi sosial adalah individu sebagai subjek dan memahami dari sudut pandang subjek. Bagi penganut paradigma definisi sosial, subjek masih punya kesempatan untuk berkreasi dan otonom. Individu tidak dipandang sebagai subjek yang selalu dikontrol sepenuhnya oleh norma dan aturan sosial. Hal inilah yang membedakan dengan paradigma fakta sosial yang selalu menekankan norma dan aturan sosial yang dianggap mampu menguasai individu ketika hidup bermasyarakat.

3. Paradigma Perilaku Sosial
Berbeda dari dua paradigma sebelumnya, paradigma perilaku sosial menekankan kajiannya pada proses individu dalam melakukan hubungan sosial di lingkungannya. Cara individu beradaptasi dalam proses interaksi sehingga memengaruhi perilaku sosial menjadi penekanan pada paradigma ini. Paradigma perilaku sosial dipengaruhi oleh sosiolog B. F Skiner, George Hoffman dan masih banyak lagi. Terdapat dua teori yang berpengaruh pada paradigma ini yaitu teori perilaku sosiologi dan teori exchange (pertukaran).

Menurut Skiner, manusia bergerak dan berperilaku sebagai reaksi atas rangsangan dari lingkungannya. Rangsangan akan memengaruhi perilaku individu. Sebagai contoh, dalam teori perilaku sosiologi, seorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan pengakuan sosial atas prestasi akademiknya. Sistem reward (penghargaan), hukuman (punishment) dan konsekuensi sosial memengaruhi perilaku sosial individu. Berdasarkan paradigma ini, individu bukan manusia yang bebas. Individu berperilaku tertentu disebabkan menyesuaikan dan merespon lingkungan sosialnya.

Nah, dari ketiga paradigma tersebut, selain menunjukkan sosiologi sebagai ilmu yang memiliki berbagai paradigma dan teori, juga menunjukkan sosiologi sebagai ilmu yang empiris, teoritis, non etis dan kumulatif. Dapatkah kalian mencari contoh lain dari berbagai gejala sosial yang kalian temukan dan melakukan analisa menggunakan ketiga paradigma tersebut? Manfaat dari berbagai teori akan membantu menjelaskan berbagai gejala sosial di masyarakat secara komprehensif. Selain itu teori-teori yang ada akan semakin memperkaya pengetahuan kita. Miskonsepsi yang seringkali muncul ketika belajar ilmu-ilmu sosial adalah teori untuk dihapal, hal ini adalah kekeliruan. Teori untuk dipahami dan digunakan sebagai pisau analisis untuk menjelaskan berbagai gejala sosial.

Referensi: Sari Oktafiana, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on September 12, 2022 Rating: 5

33 komentar:

  1. Nama. :Rois Salsabila
    Kelas :X-2
    No abs:30

    BalasHapus
  2. Farizqi Khumaera Azizah
    kelas:X2
    NO:12

    Paradigma fakta sosial
    Contoh:pemberlakuan pembatasan yang dilakukan pemerintah untuk dapat diterapkan dan dilaksanakan oleh masyarakatnya.
    Paradigma Definisi sosial
    Contoh:fanatisme beragama, menjadi karyawan.
    Paradigma perilaku sosial
    Contoh:seseorang menolak pemberlakuan kebijakan PPKM karena usahanya sepi

    BalasHapus
  3. Nama :Eva widyanungrum
    No: 11
    Kelas: x-2

    contoh kasus dari
    3 pradigma sosiologi:
    1)fakta sosial
    contoh: perilaku individu di bentuk dan di kendalikan oleh berbagai normadan aturan sosial,misalnya
    ->kegiatan keagamaan
    ->kewajiban peserta didik mematuhi peraturan

    2)definisi sosial
    contoh: menjadi karyawan untuk penguasa
    ->hukuman untuk pelaku korupsi di penjara atau di hukum mati
    ->membiarkan kritik atas kebijakan pemerintah

    3)perilaku sosial
    contoh: seorang pengajar belajar dengan giat demi mendapat pengakuan sosial atas prestasi akademiknya

    BalasHapus
  4. Nama :Fitri aulia
    No :15
    Kelas :x2
    Contoh kasus dari tiga paratigma sosiologi
    1.contoh fakta sosial :Misalnya norma-norma hukum dalam suatu negara, seperti halnya norma pendidikan, norma lalu lintas, dan atau norma agama yang ada dalam setiap agama. Norma-norma itu yang dapat dilakukan oleh masyarakat, secara nyata dapat disimak dan ditangkap atau dapat kita obeservasi
    2 .contoh definisi sosial :Contoh paradigma definisi sosial adalah saat seseorang melakukan suatu aktivitas, maka aktivitas tersebut memiliki sebuah tujuan, dimana tujuan ini mampu menciptakan dan membentuk sebuah realitas sosial tersendiri. Contoh paradigma perilaku sosial adalah makhluk yang bertindak sesuai dengan kepentingannya sendiri.
    3. Contoh perilaku sosial :Contoh paradigma perilaku sosial adalah makhluk yang bertindak sesuai dengan kepentingannya sendiri. Sehingga pada pokok kajian sosiologi berdasarkan paradigma perilaku sosial adalah memahami kepentingan-kepentingan pada manusia. Mendalami keyakinan dan kebebasan pada manusia dipandang semata-mata sebagai mitos.

    BalasHapus
  5. Nama: ADIMAS RAMADANI SAPUTRA
    No:3
    Kelas:x-3
    1. Contoh kasus dari tiga paradigma
    sosiologi
    Fakta Sosial, contoh nilai dan
    norma Sosial yang berlaku di
    masyarakat.
    Seperti
    kebijakan PPKM Darurat pada
    adanya
    masa pandemi Covid-19.
    - Definisi Sosial, contoh: Tindakan
    sosial sebagai respon dari adanya
    fakta sosial. Seperti
    pro
    kontra
    masyarakat
    terhadaap
    pemberlakuaan kebijakan
    PPKM
    Darurat pada masa pandemi covid-
    19
    -Perilaku Sosial, contoh perilaku
    terhadap
    kebijakan
    seseorang
    PPKM Darurat yang dipengaruhi
    oleh kondisi psikologisnya. Seperti
    menolak
    seseorang
    yang
    pemberlakuan kebijakan tersebut
    karena usaha nya menjadi sepi dan
    sebagainya
    Batas

    BalasHapus
  6. Dheniz amelliya anggraeny
    X2/09
    1.paradigma fakta sosial
    Contoh: pemberlakuan pembatasan yang di lakukan pemerintah untuk dapat di terapkan dan di laksanakan oleh masyarakat nya
    2.paradigma definisi sosial
    Contoh : panatisme beragama, menjadi karyawan
    3.paradigma perilaku sosial
    Contoh: seseorang yang menolak pemberlakuan kebijakan ppkm tersebut karena usahanya menjadi sepi

    BalasHapus
  7. 1.Paridigma fakta sosial
    Contoh :pemberlakuan pembatasan yang di lakukan pemerintahan untuk dapat diterapkan dan dilaksanakan oleh masyarakat
    2.Paradigma definisi sosial
    Contoh:penatisme beragam,menjadi karyawan
    3.Paradigma perilaku sosial
    Contoh: seseorang yang menolak pemberlakuan kebijakan PPKM tersebut karena usahanya menjadi sepi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Pika Silvia Septiani
      Kelas:X2
      Nomer absen:26

      Hapus
  8. Nama: Pika Silvia Septiani
    Kelas:X2
    No:26

    1.Paradigma fakta sosial
    =Pemberlakuan pembatasan yang dilakukan pemerintah untuk dapat diterapkan dan dilaksanakan oleh masyarakat.
    2.Paradigma definisi sosial
    =Panatisme beragam,manjadi karyawan.
    3.Paradigma perilaku sosial
    =Seseorang yang menolak pemberlakuan kebijakan PPKM tersebut karena usahanya menjadi sepi.

    BalasHapus
  9. Nama: Yasinta Annur Latif Manik Wahyuni
    No/Kelas: 34/X1

    Contoh Kasus Dari 3 Pradigma Sosial:
    1. Pradigma Fakta Sosial
    -Kita sehari-hari berkomunikasi (berbicara) menggunakan bahasa indonesia karena kita tinggal di negara Indonesia.
    - Alina datang sekolah memakai seragam sesuai jadwal hari karena dia mematuhi aturan sekolah.

    2. Pradigma Definisi Sosial
    -Anisa memakai baju, sepatu, aksesoris yang bagus saat bermain dengan temannya dengan maksud ia menunjukkan mengikuti trend masa kini.

    3.Pradigma Perilaku Sosial
    -Asyifa belajar dengan tekun setiap hari agar dia mendapat gelar anak terpintar dikelasnya
    -Pak Eko sebagai bupati bekerja dengan jujur tanpa korupsi karena tidak mau mendapat hukuman sosial dari masyarakat dan hukuman dari kepolisian

    BalasHapus
  10. Nama : Aprilia Devi Lestari
    Kelas : X1
    No. : 05
    1.Paradigma Fakta Sosial
    contoh : pendekatan dengan paradigma fakta sosial adalah perilaku individu dibentuk dan di kendalikan oleh berbagai norma & aturan sosial.
    2.Paradigma Definisi Sosial
    contoh : 1.Menjadi karyawan / pengusaha 2. Hukuman untuk perilaku korupsi dipenjara / dihukum mati
    3.Paradigma Perilaku Sosial
    contoh : seorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan pengakuan sosial atas prestasi akademiknya

    BalasHapus
  11. Nama:adhek ayu lativah
    No/Kelas: 1/X1

    Contoh Kasus Dari 3 Pradigma Sosial:
    1. Pradigma Fakta Sosial
    -Kita sehari-hari berkomunikasi (berbicara) menggunakan bahasa indonesia karena kita tinggal di negara Indonesia.
    - Alina datang sekolah memakai seragam sesuai jadwal hari karena dia mematuhi aturan sekolah.

    2. Pradigma Definisi Sosial
    -Anisa memakai baju, sepatu, aksesoris yang bagus saat bermain dengan temannya dengan maksud ia menunjukkan mengikuti trend masa kini.

    3.Pradigma Perilaku Sosial
    -Asyifa belajar dengan tekun setiap hari agar dia mendapat gelar anak terpintar dikelasnya
    -Pak Eko sebagai bupati bekerja dengan jujur tanpa korupsi karena tidak mau mendapat hukuman sosial dari masyarakat dan hukuman dari kepolisian

    BalasHapus
  12. Nama : Nina Indika
    Kelas : X1
    No. : 23
    1.Paradigma Fakta Sosial
    contoh : pendekatan dengan paradigma fakta sosial adalah perilaku individu dibentuk dan di kendalikan oleh berbagai norma & aturan sosial.
    2.Paradigma Definisi Sosial
    contoh : 1.Menjadi karyawan / pengusaha 2. Hukuman untuk perilaku korupsi dipenjara / dihukum mati
    3.Paradigma Perilaku Sosial
    contoh : seorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan pengakuan sosial atas prestasi akademiknya

    BalasHapus
  13. Nama:Azmi Nuriani
    Absen:3
    Kelas:X4
    Ritzer (1975) membagi tiga paradigma utama yang berasal dari berbagai gagasan para sosiolog,filsuf dan ilmuwan sosial sebagai berikut:
    1.paradigma fakta sosial dipengaruhi oleh para sosiolog seperti Emile durkheim,Karl Marx,Talcott parsons dan masih banyak lagi,menurut paradigma ini,fokus kajian sosiolog adalah fakta sosial,baik dalam bentuk bendawi(ragawi, material) maupun tidak berbenda(non-material)seperti ide ataupun gagasan.
    Contoh:pendekatan dengan paradigma fakta sosial adalah perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial.
    2.paradigma definisi sosial
    Paradigma definisi sosial dipengaruhi oleh para sosiolog seperti max Weber,George Herbert mead,Herbert blumer dan masih banyak lagi paradigma definisi sosial.paradigma definisi sosial menurut Max Weber,berusaha memahami dan menafsirkan mengapa individu melakukan tindakan sosial dan makna dari tindakan tersebut.
    Contoh:menjadi karyawan atau pengusaha, memberikan kritik atas kebijakan pemerintah.
    3.paradigma perilaku sosial
    berbeda dari dua paradigma sebelumnya,paradigma perilaku sosial menekankan kajiannya pada proses individu dalam melakukan hubungan sosial di lingkungannya.
    Paradigma perilaku sosial dipengaruhi oleh sosiolog B.F skiner, George Hoffman dan masih banyak lagi.
    Contoh:makhluk yang bertindak sesuai dengan kepentingannya sendiri.

    BalasHapus
  14. Nama: Yoga Kurniawan
    No :35
    Kelas : X1


    Contoh kasus dari tiga paradigma
    sosiologi
    1.Fakta Sosial, contoh nilai dan
    norma Sosial yang berlaku di
    masyarakat.
    Seperti
    kebijakan PPKM Darurat pada
    adanya
    masa pandemi Covid-19.
    2.Definisi Sosial, contoh: Tindakan
    sosial sebagai respon dari adanya
    fakta sosial. Seperti
    pro
    kontra
    masyarakat
    terhadaap
    pemberlakuaan kebijakan
    PPKM
    Darurat pada masa pandemi covid-
    19
    3.erilaku Sosial, contoh perilaku
    terhadap
    kebijakan
    seseorang
    PPKM Darurat yang dipengaruhi
    oleh kondisi psikologisnya. Seperti
    menolak
    seseorang
    yang
    pemberlakuan kebijakan tersebut
    karena usaha nya menjadi sepi dan
    sebagainya

    BalasHapus
  15. Nama: Yasinta Mutiara Salwa
    no : 36
    kelas : X4

    Contoh kasus dari tiga paradigma sosiologi
    1.Fakta sosial
    contoh : perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial. Misalnya
    •kegiatan keagamaan
    •kewajiban peserta didik mematuhi peraturan.
    2. Definisi sosial
    Contoh:
    •menjadi karyawan atau pengusaha
    •hukuman untuk pelaku korupsi dipenjara atau dihukum mati
    •memberikan kritik atas kebijakan pemerintah.
    3. Perilaku sosial
    Contoh :
    seorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan pengakuan sosial atas prestasi akademiknya.

    BalasHapus
  16. NAMA: ANA NOVA HARTANTI
    KELAS: X4
    NO. URUT: 02
    Jelaskan contoh kasus dari tiga paradigma sosial yang terdapat di masyarakat?

    •fakta sosial: perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial,contoh: dalam wabah virus Covid-19, masyarakat seharusnya mentaati dan melaksanakan semua himbauan, instruksi pemerintah. 
    •definisi sosial: Fanatisme Beragama.
    Menjadi Karyawan atau Penguasaha.
    Hukuman untuk Pelaku Korupsi Apakah Hanya Dipenjara ataupun Perlu untuk di Hukum Mati.
    Memberikan Kritik atas Kebijakan Pemerintah.
    •perilaku sosial: paradigma perilaku sosial adalah makhluk yang bertindak sesuai dengan kepentingannya sendiri.contoh: Ketua OSIS melakukan perundingan dengan pembina OSIS terkait kegiatan lomba yang akan dilaksanakan di sekolah dalam rangka perayaan HUT RI.

    BalasHapus
  17. 1. Paradigma Fakta Sosial
    Salah satu pendekatan dengan paradigma fakta sosial adalah perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial.
    -Contoh kasus : Dalam wabah virus covid-19 masyarakat dihimbau untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga kebersihan dan lain sebagainya.

    2. Paradigma Definisi Sosial
    Penekanan utama dari paradigma definisi sosial adalah individu sebagai subjek dan memahami dari sudut pandang subjek.
    -Contoh kasus : Dalam kasus korupsi apakah hukuman pelaku hanya dipenjara atau perlu untuk dihukum mati.

    3. Paradigma Perilaku Sosial
    Paradigma perilaku sosial menekankan kajiannya pada proses individu dalam melakukan hubungan sosial di lingkungannya.
    -Contoh kasus : Perilaku seseorang terhadap kebijakan PPKM Darurat yang dipengaruhi oleh kondisi psikologisnya. Seperti seseorang yang menolak pemberlakuan kebijakan tersebut karena usaha nya menjadi sepi dan sebagainya.

    BalasHapus
  18. Nama: Nirina Wulan Agustina
    No : 25
    Kelas : X - 4

    Contoh dari tiga kasus paradigma sosiologi yaitu sebagai berikut:
    1.Fakta Sosial
    Adalah perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial. Misalnya : Pengendara yang harus menaati peraturan -
    peraturan dalam berkendara.
    2. Definisi Sosial
    Adalah individu sebagai subjek dan memahami dari sudut pandang subjek. Misalnya : berangkat lebih pagi karena ingin memamerkan sesuatu.
    3. Perilaku Sosial
    Adalah manusia bergerak dan berperilaku sebagai reaksi atas rangsangan dari lingkungan. Misalnya : pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik.

    BalasHapus
  19. Nama : silvani Zakira
    Kelas : X1
    Absen : 30
    Jelaskan contoh kasus dari tiga paradigma sosial yang terdapat di masyarakat?

    •fakta sosial: perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial,contoh: dalam wabah virus Covid-19, masyarakat seharusnya mentaati dan melaksanakan semua himbauan, instruksi pemerintah.
    •definisi sosial: Fanatisme Beragama.
    Menjadi Karyawan atau Penguasaha.
    Hukuman untuk Pelaku Korupsi Apakah Hanya Dipenjara ataupun Perlu untuk di Hukum Mati.
    Memberikan Kritik atas Kebijakan Pemerintah.
    •perilaku sosial: paradigma perilaku sosial adalah makhluk yang bertindak sesuai dengan kepentingannya sendiri.contoh: Ketua OSIS melakukan perundingan dengan pembina OSIS terkait kegiatan lomba yang akan dilaksanakan di sekolah dalam rangka perayaan HUT RI.

    BalasHapus
  20. Nama : Kayla Indirashya Zahrani
    Kelas : X1
    Absen : 17

    jelaskan contoh kasus dari 3 paradigma sosiologi yang terdapat di masyarakat
    •fakta sosial : nilai dan norma sosial yang berlaku di masyarakat . Seperti adanya kebijakan ppkn darurat pada masa pandemi covid-19
    •Fakta sosial : Tindakan sosial sebagai respon dari adanya fakta sosial seperti pro kontra masyarakat terhadap pemberlakuan kebijakan ppkm darurat pada masa pandemi covid -19
    •Perilaku sosial : perilaku seseorang terhadap kebijakan ppkm darurat yang dipengaruhi oleh kondisi psikologisnya seperti seseorang yang menolak pemberlakuan kebijakan tersebut karena usaha menjadi sepi dan sebagainya.

    BalasHapus
  21. Nama : Nayla Nur Hidayah
    No. : 24
    Kelas : X - 3


    1. Contoh kasus dari Paradigma Fakta Sosial :
    Wati berangkat ke sekolah pagi - pagi karena dia seorang murid SMA Teladan.
    2. Contoh kasus dari Paradigma Definisi Sosial :
    Watu berangkat ke sekolah pagi - pagi karena tak sabar ingin memamerkan tas baru pada teman - teman sekelas dan mendapat pujian.

    3. Contoh kasus dari Paradigma Perilaku Sosial :
    Wati berangkat ke sekolah pagi - pagi agar ia memenangkan hadiah lomba siswa terajin di sekolahnya.

    BalasHapus
  22. Nama = Sausan Baby Jho Lestari
    Absen = 30
    Kelas = X3

    1. Contoh kasus Paradigma Fakta Sosial:
    Wati berangkat ke sekolah pagi-pagi karena dia seorang murid SMA Teladan.

    2. Contoh kasus Paradigma Definisi Sosial:
    Wati berangkat ke sekolah pagi-pagi karena tak sabar ingin memamerkan tas baru pada teman sekelas dan mendapat pujian.

    3. Contoh kasus Paradigma Perilaku Sosial:
    Wati berangkat ke sekolah pagi-pagi agar ia memenangkan hadiah lomba siswa terajin di sekolahnya.

    BalasHapus
  23. Nama : SalsaBilla Yulia Diah Puspita
    Kelas : X4
    No : 30
    Jelaskan contoh kasus dari 3 paradigma sosiologi:
    1. Paradigma Fakta Sosial
    contoh : perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial.
    2. Paradigma Definisi Sosial
    contoh : memakai pakaian , jaket , sepatu , atau aksesoris lainnya.
    3. Paradigma Perilaku Sosial.
    contoh : seorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan pengakuan sosial atas prestasi akademiknya.

    BalasHapus
  24. Nama: Abiyya Sofia Ecca
    Kelas: X4
    No: 01
    Contoh kasus dari 3 paradigma sosiologi:
    1.paradigma fakta sosial
    Contoh: perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai normadan aturan sosial
    2.paradigma defisni sosial
    Contoh: memakai pakaian,jaket sepatu,atau aksesoris lainnya
    3. Paradigma perilaku sosial
    Contoh: seseorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan pengakuan sosial atas prestasi akademiknya

    BalasHapus
  25. Nama: Angelina Eka Desmaningrum
    kelas:X3
    no absen:03
    Contoh kasus dari paradigma sosiologi
    1.Paradigma Fakta sosial
    Contoh:
    -nilai dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Seperti adanya kebijakan PPKM Darurat pada masa pandemi Covid-19.
    2.paradigma definisi sosial
    Contoh:
    -Tindakan sosial sebagai respon dari adanya fakta sosial. Seperti pro kontra masyarakat terhadap pemberlakuan kebijakan PPKM Darurat pada masa pandemi covid-19.
    3.Paradigma perilaku sosial
    contoh:
    -perilaku seseorang terhadap kebijakan PPKM Darurat yang dipengaruhi oleh kondisi psikologisnya. Seperti seseorang yang menolak pemberlakuan kebijakan tersebut karena usaha nya menjadi sepi dan sebagainya.

    BalasHapus
  26. Nama:Tania Oktafia Marselina
    Kls:x4
    No.33

    Jelaskan contoh dari tiga paradigma sosiologi
    1.fakta sosial
    Contoh: perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial.misalnya
    -kegiatan keagamaan
    -kewajiban peserta didik mematuhi peraturan
    2 Definisi sosial
    Contoh:
    -menjadi karyawan atau pengusaha
    -hukuman untuk pelaku korupsi di penjara atau dihukum mati
    -memberi kritik atas kebijakan pemerintah
    3. Perilaku sosial
    Contoh: seorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan pengakuan sosial atas prestasi akademik

    BalasHapus
  27. Nama: Tri Mariyani
    No/kelas: 31/X1
    Jelaskan contoh kasus dari tiga paradigma sosiologi yang terdapat dimasyarakat.
    1. Paradigma fakta sosial
    contoh: pendekatan dengan paradigma fakta sosial adalah perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial.
    2. Paradigma definisi sosial
    contoh - menjadi karyawan/pengusaha
    - hukuman untuk pelaku korupsi dipenjara/dihukum mati.
    3. Paradigma perilaku sosial
    contoh: seorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan pengakuan sosial atas prestasi akademiknya.

    BalasHapus
  28. nama:cindi aprian bakdania permata sari
    kelas:X4
    absen:5
    jelaskan contoh dari tiga pradigma sosiologi:
    1.fakta sosial
    contoh: perilaku individu di bentuk dan di kendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial. misalnya
    -kegiatan keagamaan
    -kewajiban peserta didik mematuhi peraturan
    2.definsi sosial
    contoh:
    -menjadi karyawanatau pengusaha
    -hukuman untuk pelaku korupsi di penjara atau di hukum mati
    -memberi kritik atas kebijakan pemerintah
    3.perilaku sosial
    contoh:seorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan pengakuan sosial atas prestasi akademik

    BalasHapus
  29. Nama:Karina Anggraita
    Kelas: X2
    No.absen: 17

    Contoh kasus dari tiga paradigma sosiologi
    1.Fakta sosial
    Contoh:perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial misalnya
    1.kegiatan keagamaan
    2. kewajiban peserta didik

    2.Devinisi sosial
    Contoh:
    1. menjadi karyawan atau pengusaha,
    2. Hukuman untuk pelaku korupsi dipenjara atau dihukum mati 3.memberikan kritik atas kebijakan pemerintah

    3.Perilaku sosial
    Contoh:
    seorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaik dan mendapatkan pengakuan sosial atas presentasi akademiknya.

    BalasHapus
  30. Nama: Naisya Pepriani
    Kelas: X4
    No absen: 24

    Jelaskan contoh kasus dari 3 paradigma sosial:

    1. Paradigma fakta sosial
    Contoh: perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai norma dan aturan sosial
    2. Paradigma definisi sosial
    Contoh: memakai pakaian, jaket, sepatu, atau aksesoris lainya
    3. Paradigma perilaku sosial
    Contoh: sesorang pelajar belajar dengan giat demi mendapatkan nilai terbaikk dan mendapatkan pengakuan sosial atas prestasi akademiknya

    BalasHapus
  31. Jelaskan contoh kasus dari tiga paradigma sosiologi yang terdapat di masyarakat

    -Fakta sosial,contoh : nilai norma sosial uang berlaku di masyarakat seperti adanya kebijakan ppkm darurat pada masa pandemi covid 19
    -Definisi sosial,contoh : tindakan sosial sebagai respon dari adanya fakta sosial seperti pro kontra masyarakat terhadap pembenakan kebijakan ppkm darurat pada masa pandemi covid 19
    -Perilaku sosial, contoh : perilaku seseorang terhadap kebijakan PPKN darurat yang dipengaruhi oleh kondisi psikologisnya seperti seseorang yang menolak pemberlakuan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.