Apa Sih Rumah Belajar Itu?

Sudahkah bapak ibu Guru memanfaatkan portal Rumah Belajar dalam proses pembelajaran berbasis TIK di sekolah? Atau mungkin bapak ibu belum tau, apa sih rumah belajar itu? Rumah belajar adalah portal belajar daring yang diprioritaskan bagi Guru dan Siswa, baik tingkat SD, SMP, SMA, SMK bahkan SLB di seluruh Indonesia. Portal ini dikembangkan oleh Pustekkom yang merupakan salah satu unit kerja di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam portal rumah belajar tersedia berbagai macam fitur menarik yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pembelajaran secara interaktif dan kolaboratif.

Sumber Belajar. Pada fitur ini tersedia beragam media pembelajaran audio visual yang interaktif. Disajikan secara komprehensif mulai dari kompetensi, materi tekstual, simulasi, latihan hingga evaluasi. Fitur sumber belajar ini bisa diakses secara online maupun offline.

Buku Sekolah Elektronik (BSE). Fitur Buku Sekolah Elektronik ini merupakan alternatif rujukan belajar bagi para siswa yang tidak dapat membeli buku fisik. Atau sebagai tambahan referensi acuan belajar selain dari buku yang telah dimiliki. Buku Sekolah Elektronik ini berstandar nasional, berkualitas dan tentunya sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia.

Bank Soal. Pada fitur bank soal tersedia ribuan jenis soal latihan, ulangan, maupun ujian secara online. Guru dapat membuat soal untuk dikerjakan oleh para siswanya. Sedangkan siswa dapat melatih dan mengukur kemampuan sejauh mana pemahaman materi pelajaran yang telah dipelajari. Hasilnya pun dapat diketahui secara realtime.

Laboratorium Maya. Mau bereksperimen tanpa perlu ke laboratorium? Laboratorium maya solusinya. Kita bisa melakukan eksperimen ilmiah tanpa perlu datang ke laboratorium. Laboratorium maya merupakan sebuah laboratorium online yang menyediakan materi-materi sains berupa video animasi. Sangat efektif untuk menghubungkan antara konsep teoritis dan praktis.

Peta Budaya. Fitur Peta Budaya menyajikan kebhinekaan budaya nusantara dari 33 provinsi di Indonesia. Mengeksplorasi beragam kebudayaan Indonesia mulai dari tradisi, identitas suku, bahasa daerah, pakaian adat, musik dan tari tradisional, arsitektur tradisional hingga kuliner nusantara.

Wahana Jelajah Angkasa. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengeksplorasi apa saja yang terdapat di luar angkasa. Mulai rasi bintang, satelit, hingga pembelajaran tentang aposthography. Fitur ini dapat tersedia atas kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Microsoft melalui Partners in Learning Program. Wahana Jelajah Angkasa ini merupakan sebuah laboratorium mini untuk mengamati jagad raya melalui gambar-gambar yang diambil dari repository organisasi penjelajahan luar angkasa Amerika Serikat (NASA).

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Fitur ini diprioritaskan bagi Guru guna meningkatkan kompetensi diri dan profesionalisme. Melalui berbagai jenis pelatihan berjenjang secara online, diharapkan Guru dapat selalu memperbarui pengetahuan dan kompetensinya.

Kelas Maya. Kelas Maya merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang memfasilitasi terjadinya pembelajaran virtual antara siswa dan Guru. Kapan saja dan di mana saja. Dengan Kelas Maya, Guru dan siswa tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu untuk berinteraksi.


Portal Rumah Belajar juga menyediakan beberapa fitur pendukung seperti: Karya Komunitas, Karya Guru, dan Karya Bahasa & Sastra. Menariknya lagi, portal rumah belajar tidak hanya dapat diakses melalui komputer tapi juga bisa melalui gawai. Silahkan unduh aplikasinya melalui laman PlayStore. Selain portal Rumah Belajar, Pustekkom juga memiliki beragam program layanan pembelajaran seperti TV Edukasi, Jardiknas, Ensiklomedia, Mobile Edukasi, Radio Edukasi, Video On Demand, dan Suara Edukasi.

Layanan rumah belajar hadir untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran elektronik bagi sekolah, Guru dan siswa mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat. Selain menyediakan varian konten pembelajaran yang interaktif dan inovatif, hadirnya portal rumah belajar juga sebagai solusi pemerataan akses pendidikan di Indonesia. Jadi, kunjungi portal Rumah Belajar sekarang juga dan manfaatkan fiturnya seluas-luasnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.