Masyarakat Dalam Perspektif Teori Konflik dan Teori Fungsionalisme Struktural

Revolusi industri benar-benar mengubah tatanan sosial, yang awalnya cara hidup masyarakat dianggap tradisional menjadi modern. Pekerjaan yang pada awalnya dikerjakan oleh tenaga manusia digantikan oleh mesin. Beberapa perubahan sosial yang terjadi akibat revolusi industri adalah perubahan teknologi karena penemuan mesin-mesin, perubahan tata kerja, perubahan budaya, perubahan politik, pengangguran, kemiskinan dan masih banyak lagi. Berbagai masalah sosial timbul, dan hal inilah yang melahirkan dan menjadikan sosiologi berkembang sebagai ilmu pengetahuan.


Salah satu sosiolog, yaitu Emile Durkheim (1859-1917), melakukan penelitian tentang bunuh diri. Melalui karyanya Suicide (1897), Durkheim menjelaskan latar belakang mengapa individu melakukan bunuh diri. Bagaimana masyarakat dan tatanan sosial berkontribusi sehingga menyebabkan seseorang melakukan bunuh diri, merupakan kegelisahan dari Durkheim. Dalam penelitiannya, Durkheim membagi empat tipe bunuh diri yaitu egoistik, anomik, altruistik, dan fatalistik. Dengan menggunakan berbagai sumber belajar lainnya, kalian dapat menjelaskan maksud dari Durkheim tentang empat tipe bunuh diri termasuk menggunakan tipe-tipe bunuh diri untuk menjelaskan berbagai masalah tentang hal itu. Selama karir Durkheim menjadi sosiolog telah banyak penelitian-penelitian yang dia lakukan untuk menjelaskan berbagai masalah dan gejala sosial masyarakat pada masa hidupnya.

Sosiolog klasik lainnya yang sangat terkenal yaitu Karl Marx (1818-1883) yang lahir di Jerman dan hidup di berbagai negara Eropa. Karl Marx melahirkan beberapa pemikiran dalam ilmu sosial, yang menjelaskan tentang konflik sosial, kelas sosial, agama, ideologi dan ekonomi suatu masyarakat. Beberapa pandangannya tentang konflik di masyarakat adalah konflik melekat dalam masyarakat, selalu terjadi pertentangan dan ketegangan antara kelas pekerja (buruh) dengan pengusaha. Teori konflik dari Karl Marx menjelaskan bahwa kekayaan dan kekuasaan yang tidak terdistribusi secara merata dapat menyebabkan konflik sosial. Pemikiran Karl Marx banyak melahirkan sosiolog dan ilmuwan sosial hingga masa sekarang. Mereka mengembangkan teori Karl Marx dan menyesuaikannya dengan perubahan suatu masyarakat. Para sosiolog dan ilmuwan sosial  yang dipengaruhi oleh pemikiran Karl Marx ini disebut sebagai Marxian.

Sosiolog dari Jerman yaitu Max Weber (1818-1883) dengan teorinya “Verstehen” yang berarti untuk memahami, digunakan untuk menganalisa dan menafsirkan mengapa individu melakukan tindakan sosial. Menurut Max Weber, sosiologi adalah ilmu yang berupaya untuk memahami tindakan sosial. Melalui Verstehen, kalian dapat melakukan penelitian mengapa individu melakukan suatu tindakan yang berdampak bagi orang lain. Sebagai contoh, gejala seorang pelajar yang membolos sekolah, kalian dapat melakukan penelitian, mengapa teman kalian membolos? Apa motivasi dan alasan yang membuat teman kalian melakukan tindakan bolos sekolah. Dengan Verstehen, kalian dapat menggunakan teori ini untuk menjelaskan beberapa gejala sosial.

Beberapa karya lain dari Max Weber yang terkenal yaitu The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism (1904) menjelaskan tentang keterkaitan antara ajaran di agama Kristen Protestan (terutama aliran Kalvinisme) yang memberikan semangat bagi pemeluknya untuk bekerja keras mencapai kesejahteraan. Semangat bekerja yang timbul dari ajaran (etika) agama Kristen Protestan dianggap memengaruhi perkembangan kapitalisme yang berkembang pesat di Eropa Barat.

Selain berkembang di Eropa, sosiologi juga berkembang pesat di Amerika Serikat seiring revolusi industri yang terjadi di masyarakat Amerika. Salah satu sosiolog Amerika Serikat yang terkenal adalah Talcott Parsons (1902-1979). Salah satu teori yang sangat terkenal dari Talcott Parsons adalah fungsionalisme struktural. Berdasarkan teori ini, masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan, memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan. Pandangan Talcott Parsons mengenai fungsionalisme struktural dipengaruhi oleh cara kerja organisme biologis. Bagi penganut teori fungsionalisme struktural, apabila terdapat konflik, ketegangan sosial maka berfungsi untuk menjaga keseimbangan. Untuk menjaga agar bagian-bagian masyarakat tetap berfungsi dan keseimbangan terjaga maka menurut teori ini, membutuhkan adanya kontrol sosial, sosialisasi, adaptasi, kepemimpinan, reproduksi aturan, pelapisan sosial dan keluarga. Sebagai contoh, menurut teori ini, adanya tindakan kriminal akan memfungsikan peran polisi sebagai penjaga ketertiban sosial. Contoh yang lain, untuk menjaga keseimbangan masyarakat, pelapisan sosial seperti keberadaan kelas bawah, menengah maupun atas, berfungsi untuk menjaga peran masing-masing. Contoh pada sektor industri, pengusaha membutuhkan buruh untuk mengerjakan berbagai pekerjaan di perusahaannya.

Referensi: Sari Oktafiana, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Masyarakat Dalam Perspektif Teori Konflik dan Teori Fungsionalisme Struktural Masyarakat Dalam Perspektif Teori Konflik dan Teori Fungsionalisme Struktural Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Agustus 08, 2022 Rating: 5

117 komentar:

  1. Nama : Sisi Citra Anggo
    No : 33
    Kelas : x 3
    Dampak positif revolusi industri
    Mempercepat pertumbuhan ekonomi. Berkembangnya sistem transportasi. Peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam segi produksi dan distribusi produk. Barang melimpah dan berharga murah.

    BalasHapus
  2. Nama :Sausan Baby Jho Lestari
    No : 31
    Kelas : X3

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsional struktural dalam memandang masyarakat

    Teori konflik
    Beberapa pandangan tentang konflik dimasyarakat adalah konflik melekat dalam masyarakat, selalu terjadi pertentangan dan ketegangan antara kelas pekerja (buruh) dengan pengusaha. Teori konflik dari Karl Marx menjelaskan bahwa kekayaan dan kekuasaan yang tidak terdistribusi secara merata dapat menyebabkan konflik sosial. Pemikiran Karl Marx banyak melahirkan sosiolog dan ilmuwan sosial hingga masa sekarang. Mereka mengembangkan teori Karl Marx dan menyesuaikannya dengan perubahan suatu masyarakat. Para sosiolog dan ilmuwan sosial yang dipengaruhi oleh pemikiran Karl Marx ini disebut sebagai Marxian.
    Teori fungsional struktural
    Berdasarkan teori ini, masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan, memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan. Pandangan Talcott Parsons mengenai fungsionalisme struktural dipengaruhi oleh cara kerja organisme biologis. Bagi penganut teori fungsionalisme struktural, apabila terdapat konflik, ketegangan sosial maka berfungsi untuk menjaga keseimbangan. Untuk menjaga agar bagian-bagian masyarakat tetap berfungsi dan keseimbangan terjaga maka menurut teori ini, membutuhkan adanya kontrol sosial, sosialisasi, adaptasi, kepemimpinan. reproduksi aturan, pelapisan sosial. dan keluarga. Sebagai contoh, masyarakat, pelapisan sosial seperti keberadaan kelas bawah, menengah maupun atas, berfungsi untuk menjaga peran masing masing. Contoh pada sektor industri, pengusaha membutuhkan buruh untuk mengerjakan menurut teori ini, adanya tindakan kriminal akan memfungsikan peran polisi sebagai penjaga ketertiban sosial. Contoh yang lain, untuk menjaga keseimbangan berbagai pekerjaan di perusahaannya.

    BalasHapus
  3. Nama:Farizqi Khumaera Azizah
    Kelas:X2
    Absen:12

    Perbedaan teori konflik dan teori Fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat.

    Teori fungsionalisme struktual masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus .Sedangkan teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada di antara kelas sosial yang berbeda

    BalasHapus
  4. Nama : Salsabilah Firdaus
    Kelas : X3
    No : 30
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat.

    Teori fungsionalisme struktual masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus .Sedangkan teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada di antara kelas sosial yang berbeda.

    BalasHapus
  5. Nama: Apriyana Kharisma Dewi
    No. 5
    Kelas: X3

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme dalam memandang masyarakat.

    Teori konflik
    Teori yang menandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial dan yang berbeda.

    Teori fungsionalisme
    Dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian-bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus.

    BalasHapus
  6. Nama: Angelina eka desmaningrum
    No: 03
    Kelas: X3
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat.
    Jawab:
    Teori fungsionalisme struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari sebagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus.
    sedangkan teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda

    BalasHapus
  7. Nama : jolin Okta Meliana
    Kelas : X3
    No : 20

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    Teori konflik
    Teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial dan yang berbeda.

    Teori fungsionalisme
    Dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian-bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus.

    BalasHapus
  8. Nama : Indah Saputri
    No : 18
    Kelas : X³

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat.

    Teori fungsionalisme struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus. Sedangkan teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda

    BalasHapus
  9. Nama : Erik Rina Asih
    No : 09
    Kelas : X4

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat.

    Jawab :

    Teori konflik adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada di antara kelas sosial yang berbeda & melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan.

    Teori fungsionalisme adalah teori struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus & struktural menganggap stratifikasi sosial atau hierarki sebagai sebuah keniscayaan.

    BalasHapus
  10. Nama: ABIYYA SOFIA ECCA
    No: 01
    Kelas: X4
    Teori konflik melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan. Masing-masing kelompok atau kelas memiliki kepentingan yang berbeda. Perbedaan kepentingan ini ada karena beberapa sebab, pertama, manusia memiliki pandangan subjektif terhadap dunia. Kedua, hubungan sosial adalah hubungan saling memengaruhi atau orang mempunyai efek pengaruh terhadap orang lain. Ketiga, efek pengaruh tersebut merupakan potensi konflik interpersonal. Dengan demikian stratifikasi sosial berisi relasi yang sifatnya konfliktual.
    Teori fungsionalisme struktural menganggap stratifikasi sosial atau hierarki sebagai sebuah keniscayaan. Setiap masyarakat bekerja dalam sebuah sistem yang terstratifikasi dan semuanya berfungsi sesuai kebutuhan sistem sosial. Singkatnya, stratifikasi merupakan kebutuhan dari sebuah sistem. digarisbawahi bahwa stratifikasi bukan tentang seseorang yang menempati ’jabatan’ tertentu, tapi tentang posisi sosial dalam sebuah sistem. Semua organ bekerja memenuhi kebutuhan fungsional bagi tubuh. Jika salah satu posisi sosial tidak berfungsi, sistem sosial akan kacau.

    BalasHapus
  11. Nama: Salsabilla Yulia Diah Puspita
    No : 30
    Kelas : x4
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    Pada teori konflik memiliki fokus pada ketidaksetaraan sosial. Pada teori fungsional memiliki fokus terhadap semua aspek masyarakat dan seluruh elemen masyarakat

    BalasHapus
  12. nama : aulia diva pualam sakti
    kelas : X3
    absen : 7

    Fungsionalisme dan teori konflik adalah dua perspektif yang digunakan dalam Sosiologi di mana beberapa perbedaan dapat diidentifikasi.Perbedaan utama antara teori fungsionalisme dan konflik adalah, Dalam fungsionalisme, masyarakat dipahami sebagai sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang memiliki fungsi tertentu. Di sisi lain, file Teori konflik memahami masyarakat melalui konflik sosial yang muncul akibat ketimpangan yang berlaku di antara kelas sosial yang berbeda.
    Fungsionalisme: Dalam fungsionalisme, masyarakat dipahami sebagai suatu sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang memiliki fungsi tertentu.

    Teori Konflik: Teori konflik memahami masyarakat melalui konflik sosial yang muncul akibat ketimpangan yang terjadi di antara berbagai kelas sosial.

    BalasHapus
  13. Nama : Takia Putri Ramadhani
    Kelas : x4
    No : 32
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat?
    Jawaban:
    Teori konflik adalah teori yang memandang bahwa perubahan sosial tidak terjadi menempuh proses penyesuaian nilai-nilai yang membawa perubahan, tapi terjadi dampak hal telah tersedia konflik yang menghasilkan kompromi-kompromi yang beda dengan kondisi semula.
    Teori fungsionalisme adalah teori struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus.
    Perbedaannya adalah
    Pada teori fungsionalisme masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari sebagian berbeda mempunyai fungsi khusus.
    Sedangkan
    Teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda.

    BalasHapus
  14. Nama : Aprilia Devi Lestari
    Kelas : X 1
    No. : 05
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktual dalam memandang masyarakat
    -Teori Konflik
    Memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda.
    -Teori Fungsionalisme struktual
    Masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari subbagian yang mempunyai fungsi khusus.

    BalasHapus
  15. nama: ANA NOVA HARTANTI
    kelas: x4
    no. urut:02
    jelaskan perbedaan teori konflik dan teori fungsional struktural dalam memandang masyarakat?
    Teori konflik adalah teori yang memandang bahwa perubahan sosial tidak terjadi melalui proses penyesuaian nilai-nilai yang membawa perubahan, tetapi terjadi akibat adanya konflik yang menghasilkan kompromi-kompromi yang berbeda dengan kondisi semula.
    teori fungsional Berdasarkan teori ini, masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan, memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan. Pandangan Talcott Parsons mengenai fungsionalisme struktural dipengaruhi oleh cara kerja organisme biologis. Bagi penganut teori fungsionalisme struktural, apabila terdapat konflik, ketegangan sosial maka berfungsi untuk menjaga keseimbangan. Untuk menjaga agar bagian-bagian masyarakat tetap berfungsi dan keseimbangan terjaga maka menurut teori ini, membutuhkan adanya kontrol sosial, sosialisasi, adaptasi, kepemimpinan, reproduksi aturan, pelapisan sosial dan keluarga. Sebagai contoh, menurut teori ini, adanya tindakan kriminal akan memfungsikan peran polisi sebagai penjaga ketertiban sosial. 

    BalasHapus
  16. Nama: Lyra vantika j.s
    No: 22
    Kelas: XR
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme masyarakat.

    Jawab:

    Teori konflik adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda & melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan.

    Teori fungsionalisme adalah teori struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus & struktural menganggap stratifikasi sosial atau hierarki sebagai sebuah keniscayaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Lyra vantika j.s
      No: 22
      Kelas:X4
      Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme masyarakat.

      Jawab:

      Teori konflik adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda & melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan.

      Teori fungsionalisme adalah teori struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus & struktural menganggap stratifikasi sosial atau hierarki sebagai sebuah keniscayaan.

      Hapus
  17. Nama :Lintang Raras Anindita
    No : 20
    Kelas : X4

    "Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat".

    Jawab :
    Teori konflik adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada di antara kelas sosial yang berbeda & melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan.

    Teori fungsionalisme adalah teori struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus & struktural menganggap stratifikasi sosial atau hierarki sebagai sebuah keniscayaan.

    BalasHapus
  18. Nama : Naisya Pepriani
    Kelas : X4
    No.absen: 24

    Jawab:
    Teori konflik melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan. Masing-masing kelompok atau kelas memiliki kepentingan yang berbeda. Perbedaan kepentingan ini ada karena beberapa sebab, pertama, manusia memiliki pandangan subjektif terhadap dunia. Kedua, hubungan sosial adalah hubungan saling memengaruhi atau orang mempunyai efek pengaruh terhadap orang lain. Ketiga, efek pengaruh tersebut merupakan potensi konflik interpersonal. Dengan demikian stratifikasi sosial berisi relasi yang sifatnya konfliktual. Teori fungsionalisme struktural menganggap stratifikasi sosial atau hierarki sebagai sebuah keniscayaan. Setiap masyarakat bekerja dalam sebuah sistem yang terstratifikasi dan semuanya berfungsi sesuai kebutuhan sistem sosial. Singkatnya, stratifikasi merupakan kebutuhan dari sebuah sistem. Perlu digarisbawahi bahwa stratifikasi bukan tentang seseorang yang menempati ’jabatan’ tertentu, tapi tentang posisi sosial dalam sebuah sistem. Setiap posisi bisa diibaratkan organ tubuh, maka ada jantung, hati, ginjal, dan sebagainya. Semua organ bekerja memenuhi kebutuhan fungsional bagi tubuh. Jika salah satu posisi sosial tidak berfungsi, sistem sosial akan kacau. Masyarakat mengalami disorganisasi.

    BalasHapus
  19. Nama:Kevin Aditya Pratama
    No:18
    Kslas:X4

    Perbedaan teori konflik dan teori struktural dalam fungsionalisme memandang masyarakat Teori konflik Teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial dan yang berbeda . Teori fungsionalisme Dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus .

    BalasHapus
  20. Nama : Fiorentina Aulia Rahmadani
    No : 12
    Kelas : X4

    Jelaskan perbedaan teori konflik dan teori fungsional struktural dalam memandang masyarakat?

    Jawab:
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsional struktural dalam memandang masyarakat yaitu:
    -Teori Konflik
    Teori konflik dari Karl Marx menjelaskan bahwa kekayaan dan kekuasaan yang tidak terdistribusi secara merata dapat menyebabkan konflik sosial. Beberapa pandangannya mengenai konflik di masyarakat adalah Konflik melekat dalam masyarakat, selalu terjadi pertentangan dan ketegangan antara kelas pekerja (buruh) dengan pengusaha.

    -Teori Fungsional Struktural
    Sedangkan teori fungsional struktural ialah salah satu teori yang sangat terkenal dari Talcott Parsons. Berdasarkan teori ini, masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan, memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan. Pandangan Talcott Parsons mengenai fungsional struktural dipengaruhi oleh cara kerja organisme biologis. Bagi penganut teori fungsional struktural, apabila terdapat konflik, ketegangan sosial maka berfungsi untuk menjaga keseimbangan.

    BalasHapus
  21. Nama : Yasinta Annur Latif Manik Wahyuni
    Kelas/No : X1/34

    Perbedaan Teori Konflik dan Teori Fungsionalisme Struktural dalam Memandang Masyarakat

    Dalam teori konflik, perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, terutama masyarakat industri, menyebabkan munculnya kesenjangan antarkelas sosial. Pada masyarakat industri, terdapat kelas atas (borjuis/pemilik modal) dan kelas bawah (proletar/buruh). Kelas atas dengan kekuasaan yang dimilikinya, berusaha memperoleh kekayaan atau sumber daya yang lebih banyak. Sehingga, bagi kelas bawah yang tidak memiliki kekuasaan atau sumber daya, perubahan sosial dianggap sebagai penyebab kesenjangan sosial di masyarakat.

    Sedangkan, dalam teori fungsionalisme struktural, perubahan sosial terjadi karena setiap unsur di masyarakat tidak menjalankan fungsinya dengan tepat sehingga memunculkan konflik yang dapat mengganggu keharmonisan masyarakat.

    BalasHapus
  22. Nama: Salsabila Nur Hasanah
    No: 28
    Kelas: X1

    Fungsionalisme: Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian.

    Teori Konflik: Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan.

    BalasHapus
  23. NAMA=ERINDA NAILA YUSTIASARI
    NO=10
    KLS=X2
    DAMPAK POSITIF REVOLUSI INDUSTRI MEMPERCEPAT PERTUMBUHAN EKONOMI BERKEMBANGNYA SISTEM TRANSPOTASI PENINGKATAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI DALAM SEGI PRODUKSI DAN DISTRIBUSI PRODUK BARANG MELIMPAH DAN BERHARGA MURAH

    BalasHapus
  24. Nama: Melisa Dewi Suciati
    No : 22
    Kelas : X2
    Fungsionalisme: Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian. Teori Konflik: Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan. Pendekatan: Fungsionalisme: Fungsionalisme menggunakan pendekatan makro.

    BalasHapus
  25. Nama : Karina Anggraita
    Kelas : X2
    No Absen : 17

    Teori konflik adalah teori yang memandang bahwa perubahan sosial tidak terjadi melalui proses penyesuaian nilai-nilai yang membawa perubahan, tetapi terjadi akibat adanya konflik yang menghasilkan kompromi-kompromi yang berbeda dengan kondisi semula.teori fungsional Berdasarkan teori ini, masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan, memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan. Pandangan Talcott Parsons mengenai fungsionalisme struktural dipengaruhi oleh cara kerja organisme biologis. Bagi penganut teori fungsionalisme struktural, apabila terdapat konflik, ketegangan sosial maka berfungsi untuk menjaga keseimbangan. Untuk menjaga agar bagian-bagian masyarakat tetap berfungsi dan keseimbangan terjaga maka menurut teori ini, membutuhkan adanya kontrol sosial, sosialisasi, adaptasi, kepemimpinan, reproduksi aturan, pelapisan sosial dan keluarga. Sebagai contoh, menurut teori ini, adanya tindakan kriminal akan memfungsikan peran polisi sebagai penjaga ketertiban sosial.

    BalasHapus
  26. NAMA=KHANAYA FANITA RAHMAWATI
    NO=18
    KLS=X2
    DAMPAK POSITIF REVOLUSI INDUSTRI MEMPERCEPAT PERTUMBUHAN EKONOMI BERKEMBANGNYA SISTEM TRANSPOTASI PENINGKATAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI DALAM SEGI PRODUKSI DAN DISTRIBUSI PRODUK BARANG MELIMPAH DAN BERHARGA MURAH

    BalasHapus
  27. Nama=Fauziyyah zulfaa aidah
    No=13
    Kls=x2
    Dampak positif resolusi industri
    Mempercepat pertumbuhan ekonomi berkembangnya sistem transpotasi
    Peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam segi produksi dan distiribusi ptoduk barang melimpahdan berharhaga murah

    BalasHapus
  28. Nama : Mutiara Dinda Prayitno
    No. :24
    Kelas :X 2
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsinasionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    Pada teori konflik memiliki fokus pada ketidaksetaraan sosial.pada fungsional memiliki fokus terhadap semua aspek masyarakat dan seluruh elemen masyarakat

    BalasHapus
  29. Nama : lailla fauzah irmali
    No. :20
    Kelas :X 2
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsinasionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    Pada teori konflik memiliki fokus pada ketidaksetaraan sosial.pada fungsional memiliki fokus terhadap semua aspek masyarakat dan seluruh elemen masyarakat

    BalasHapus
  30. Nama:Sabrina Citra Aulia
    Nomer:31
    Kelas: X2

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme dalam memandang masyarakat.

    Teori konflik
    Teori yang menandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial dan yang berbeda.

    Teori fungsionalisme
    Dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian-bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus.

    BalasHapus
  31. Nama:Galih putra utama
    No:14
    Kls:X4

    Perbedaan teori konflik dan teori struktural dalam fungsionalisme memandang masyarakat Teori konflik Teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial dan yang berbeda . Teori fungsionalisme Dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus .

    BalasHapus
  32. Nama : Aprista Maullana Putri
    No : 06
    Kelas : X1
    Perbedaan Teori Konflik dan Teori Fungsionalisme Struktural dalam Memandang Masyarakat

    Teori Konflik: Teori konflik adalah teori yang menyatakan ada konflik abadi di masyarakat karena distribusi sumber daya yang tidak merata.

    Teori Fungsionalisme: Teori fungsionalisme adalah teori yang menyatakan semua aspek masyarakat melayani fungsi dan diperlukan untuk kelangsungan hidup masyarakat itu.

    BalasHapus
  33. nama : Cindy Rizki Yanawati
    kelas : X3
    absen : 12

    Fungsionalisme dan teori konflik adalah dua perspektif yang digunakan dalam Sosiologi di mana beberapa perbedaan dapat diidentifikasi.Perbedaan utama antara teori fungsionalisme dan konflik adalah, Dalam fungsionalisme, masyarakat dipahami sebagai sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang memiliki fungsi tertentu. Di sisi lain, file Teori konflik memahami masyarakat melalui konflik sosial yang muncul akibat ketimpangan yang berlaku di antara kelas sosial yang berbeda.
    Fungsionalisme: Dalam fungsionalisme, masyarakat dipahami sebagai suatu sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang memiliki fungsi tertentu.

    Teori Konflik: Teori konflik memahami masyarakat melalui konflik sosial yang muncul akibat ketimpangan yang terjadi di antara berbagai kelas sosial.

    BalasHapus
  34. Nama: Diana Rahmawati
    No:14
    Kelaz:X3

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat
    Jawab:
    •Teori konflik
    Pendekatan teori konflik terutama tentang konflik kelas abadi dalam masyarakat karena distribusi sumber daya yang tidak merata. Kepribadian perintis teori ini adalah Karl Marx yang menekankan sebab dan akibat dari konflik antara kaum borjuis dan kaum proletar.
    •Teori fungsionalisme
    Teori fungsionalisme (juga dikenal sebagai Teori Fungsionalisme Struktural ) adalah teori yang menyatakan semua aspek masyarakat tergantung dan mereka melayani suatu fungsi. Dengan demikian, mereka diperlukan untuk kelangsungan hidup masyarakat itu

    BalasHapus
  35. Nama :Chika Agustin Amauri
    No : X 3
    Kelas : 11

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    Teori fungsionalisme struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus. Sedangkan teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda

    BalasHapus
  36. Nama : Nayla Nur Hidayah
    No : 25
    Kelas : X - 3

    Teori fungsionalisme struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus. Sedangkan teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda

    BalasHapus
  37. Nama: Cheren putri Mahanani
    No. 10
    Kelas: X3
    Karakteristik Fungsionalisme dan Teori Konflik:
    Fungsionalisme: Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian. Teori Konflik: Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan. Pendekatan: Fungsionalisme: Fungsionalisme menggunakan pendekatan makro

    BalasHapus
  38. Nama: Salsa Sulistyaningsih
    No: 29
    Kelas: x3

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    Teori fungsionalisme struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus. Sedangkan teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda

    BalasHapus
  39. Nama : Desty Eka Pratiwi
    No absen : 13
    Kelas : X 3

    Perbedaan kepentingan ini ada karena beberapa sebab, pertama, manusia memiliki pandangan subjektif terhadap dunia. Kedua, hubungan sosial adalah hubungan saling memengaruhi atau orang mempunyai efek pengaruh terhadap orang lain. Ketiga, efek pengaruh tersebut merupakan potensi konflik interpersonal.

    BalasHapus
  40. Nama: Luluk Fahdila
    Kelas: X3
    No: 22


    Dalam fungsionalisme, masyarakat dipahami sebagai suatu sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang memiliki fungsi tertentu. Teori Konflik: Teori konflik memahami masyarakat melalui konflik sosial yang muncul akibat ketimpangan yang terjadi di antara berbagai kelas sosial.

    BalasHapus
  41. Nama: Zhafran Abidin
    Kelas:X3
    No absen:36
    Umumnya, revolusi industri lebih banyak membawa kemajuan industri di daerah perkotaan. Akibatnya, terjadi ketimpangan perekonomian, gaya hidup, bahkan pembangunan. Dampaknya, semakin banyak orang berbondong-bondong pergi ke kota untuk mengadu nasib.

    BalasHapus
  42. Nama: Cinta Fajar D.M
    No: 06
    Kelas: X4
    Jawab:
    Teori konflik adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda dan melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan.

    Teori Fungsionalisme adalah teori struktur masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian benda yang mempunyai fungsi khusus & struktural menganggap stratifikasi sosial atau hierarki sebagai sebuah keniscayaan.

    BalasHapus
  43. Nama: Pika Silvia Septiani
    Kelas:X2
    No Absen:26

    •Fungsionalisme: masyarakat dipandang sebagai satu sistem yang terdiri dar berbagai bagian
    •Teori konflik: masyarakat dipandang sebagai perjuangan Anatar kelas yang berbeda karena ketidak setaraan
    •Pendekatan Fungsionalisme:menggunakan pendekatan marko

    BalasHapus
  44. nama:Tira Fitama
    kelas: X2
    no:33
    perbedaan teori konflik dan Teori Fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat
    Teori Fungsionalisme: Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian. Teori Konflik: Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan. Pendekatan: Fungsionalisme: Fungsionalisme menggunakan pendekatan makro.

    BalasHapus
  45. Nama: Fira Ariska
    Kelas:X2
    No:14

    Perbedaan teori konflik dan teori struktural dalam fungsionalisme memandang masyarakat Teori konflik Teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial dan yang berbeda Teori fungsionalisme Dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus .

    BalasHapus
  46. Nama:Vika Nur Hayati
    Kelas:X2
    No absen:36

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsinasionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    Pada teori konflik memiliki fokus pada ketidaksetaraan sosial.pada fungsional memiliki fokus terhadap semua aspek masyarakat dan seluruh elemen masyarakat

    BalasHapus
  47. Nama: Retno Wulandari
    No: 29
    Kelas: X2


    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktual dalam memandang masyarakat

    Jawab:

    Teori Fungsionalisme -> masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian.
    Teori Konflik -> masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan.

    BalasHapus
  48. Nama: Clarista Aurelia N
    No:08
    Kelas: X2

    Dampak positif resolusi industri Mempercepat pertumbuhan
    ekonomi berkembangnyasistem transpotasi
    Peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam segi produksi dan distiribusi ptoduk barang melimpahdan berharhaga murah

    BalasHapus
  49. Nama: Putri Purnamasari
    No:27
    Kelas: X2

    Dampak positif resolusi industri Mempercepat pertumbuhan
    ekonomi berkembangnyasistem transpotasi
    Peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam segi produksi dan distiribusi ptoduk barang melimpahdan berharhaga murah

    BalasHapus
  50. Nama : Gilang Bagus Ananda
    No : 16
    Kelas : X2
    Apa perbedaan teori konflik dan teori fungsional struktural dalam memandang masyarakat


    Fungsionalisme: Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian. Teori Konflik: Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan. Pendekatan: Fungsionalisme: Fungsionalisme menggunakan pendekatan makro.

    BalasHapus
  51. Nama: Dheniz amelliya anggraeny
    Kelas:X2
    No absen:09
    •fungsionalisme: masyarakat dipandang sebagai satu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    •teori konflik: masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidak setaraan
    •pendekatan fungsionalisme: menggunakan pendekatan marko

    BalasHapus
  52. Abi bagas swara30 Agustus 2022 08.16

    Nama : abi bagas swara
    No : 01
    Kelas : x2

    Perbedaan teori konflik dan teori struktural dalam fungsionalisme memandang masyarakat

    Jawab :

    Teori konflik Teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial dan yang berbeda Teori fungsionalisme Dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus .

    BalasHapus
  53. Nama : Alifah Nawang Wulan
    Kelas : X2
    Absen :04

    Fungsionalisme : masyarakat dipandang sebagai satu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    Teori konflik : masyarakat dipandang sebagai perjuangan antarkelas yang berbeda karena ketidak setaraan
    Pendekatan
    Fungsionalisme: menggunakan pendekatan marko

    BalasHapus
  54. Nama :Vega Arian Dini
    Kelas. : X2
    Absen:35
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    Teori konflik adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda dan melihat relasi sosial.

    Teori fungsionalisme masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian.

    BalasHapus
  55. Nama: Adelia Pastika
    Kelas:X2
    No absen:2
    •fungsionalisme: masyarakat dipandang sebagai satu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    •teori konflik: masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidak setaraan
    •pendekatan fungsionalisme: menggunakan pendekatan marko

    BalasHapus
  56. Nama: Qonita Rezki Amaliah
    Kelas: X2
    No : 28

    Perbedaan Teori konflik dan Teori
    Struktural dalam fungsionalisme
    Memandang masyarakat teori konflik teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial dan yang berbeda teori fungsionalisme dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian-bagian berbeda yang mempunyai fungsi kusus

    BalasHapus
  57. Nama: Adimas Ramadani Saputra
    Kelas:X-2
    No:3


    Perbedaan teori konflik dan teori struktural dalam fungsionalisme memandang masyarakat

    Jawab:
    Teori konflik Teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial dan yang berbeda Teori fungsionalisme Dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus .

    BalasHapus
  58. Nama : Rois Salsabila
    Kelas. :X-2
    No abs:30
    •Fungsionalisme:. Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang teridiri dari berbagai bagian
    •Teori konflik:. Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan
    •pendekatan fungsionalisme: menggunakan pendekatan makro

    BalasHapus
  59. Nama: Pika Silvia Septiani
    Kelas:X2
    No Absen:26

    Fungsionalisme: Masyarakat dipandang sebagai satu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    Teori Konflik: masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidak setaraan
    Pendekatan Fungsionalisme: menggunakan pendekatan marko

    BalasHapus
  60. Nama : Kusnul Khotimah
    Kelas :X2
    No :19
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam mamandang masyarakat
    Teori fungsionalisme : masyarakat di pandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    Teori konflik : masyarakat di pandang sebagau perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan pendekatan fungsionalisme menggunakan makro

    BalasHapus


  61. Anonim
    Nama : Adhek ayu lativah
    Kelas : X 1
    No. : 01
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktual dalam memandang masyarakat
    -Teori Konflik
    Memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda.
    -Teori Fungsionalisme struktual
    Masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari subbagian yang mempunyai fungsi khusus.

    BalasHapus
  62. Nama : Wisnu Adji Santoso
    Kelas : X1
    No. : 33

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam mamandang masyarakat
    Teori fungsionalisme : masyarakat di pandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    Teori konflik : masyarakat di pandang sebagau perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan pendekatan fungsionalisme menggunakan makro

    BalasHapus
  63. Nama : silvani Zakira
    Kelas: X 1
    Absen :30

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam mamandang masyarakat
    Teori fungsionalisme : masyarakat di pandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    Teori konflik : masyarakat di pandang sebagau perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan pendekatan fungsionalisme menggunakan makro

    BalasHapus
  64. Nama : Tri Mariyani
    kelas : X1
    no : 31
    Jadi perbedaannya :
    - Teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda.
    -Teori fungsionalisme struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari sebagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus.

    BalasHapus
  65. Nama : Zahra Heksa Nova
    Kelas : X1
    No : 36
    perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    teori konflik : teori konflik adalah teori yang menyatakan ada konflik abadi di masyarakat karena distribusi suber daya yang tidak merata

    teori fungsionalisme : teori fungsionalisme adalah teori yang menyatakan semua aspek masyarakat melayani fungsi dan diperlukan untuk kelangsungan hidup masyarakat itu

    BalasHapus
  66. Nama:Fanreza Choky Adi Pratama
    Kelas :X1
    No :12

    Teori Konfik
    masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidak setaraan
    Teori Fungsionalisme
    masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    pendekatan fungsionalisme menggunakan makro

    BalasHapus
  67. Nama : Sendy irfansyah
    Kelas : x1
    No Absen : 29

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat
    Teori fungsionalisme : masyarakat di pandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    Teori konflik: masyarakat di pandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidak setaraan pendekatan fungsionalisme menggunakan masyarakat

    BalasHapus
  68. Nama : Annisa Syifa Turrohmah
    Kelas :X1
    No : 04

    Teori konflik : menurut kari Maxx,teori konflik kekayaan dan kekuasaan yang tidak terdistribusikan secara merata dapat menyebabkan konflik sosial
    Teori fungsionalisme struktural : menurut takott parsons (1902-1979) teori fungsionalisme struktural adalah, masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan, memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan

    BalasHapus
  69. Nama:Mella Lusita Wulan Ningrum
    Kls:X1
    No:21
    Dampak positif revolusi idustri mempercepat tumbuhan ekonomi.berkembangnya sistem transportasi.peningkatan efektifitas dan efesiensi dalam segi produksi dan distribusi produk.barang melimpah dan berharga murah

    BalasHapus
  70. Nama : Yoga Kurniawan
    Kelas : X1
    No : 35
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme
    •Teori fungsionalisme : masyarakat di pandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian.
    •Teori konflik : masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan pendekatan fungsionalisme menggunakan makro

    BalasHapus
  71. nama : Salma Aulia
    kelas : X1
    absen : 27

    Fungsionalisme dan teori konflik adalah dua perspektif yang digunakan dalam Sosiologi di mana beberapa perbedaan dapat diidentifikasi.Perbedaan utama antara teori fungsionalisme dan konflik adalah, Dalam fungsionalisme, masyarakat dipahami sebagai sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang memiliki fungsi tertentu. Di sisi lain, file Teori konflik memahami masyarakat melalui konflik sosial yang muncul akibat ketimpangan yang berlaku di antara kelas sosial yang berbeda.
    Fungsionalisme: Dalam fungsionalisme, masyarakat dipahami sebagai suatu sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang memiliki fungsi tertentu.

    Teori Konflik: Teori konflik memahami masyarakat melalui konflik sosial yang muncul akibat ketimpangan yang terjadi di antara berbagai kelas sosial.

    BalasHapus
  72. Nama: Arista Denta Pratama
    Kelas: X1
    No.abs:07

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat
    -Teori konflik
    Memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda.
    -Teori fungsionalisme struktural
    Masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari subbagian yang mempunyai fungsi khusus.

    BalasHapus
  73. Geovani Yudha Pratama30 Agustus 2022 09.14

    Nama: Geovani Yudha Pratama
    No:14
    Kelas:X1


    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam mamandang masyarakat
    Teori fungsionalisme : masyarakat di pandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    Teori konflik : masyarakat di pandang sebagau perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan pendekatan fungsionalisme menggunakan makro

    BalasHapus
  74. Nama:Khidir Adhi Ainul hayat
    Kelas:X1
    No:20
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam mamandang masyarakat
    Teori fungsionalisme : masyarakat di pandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    Teori konflik : masyarakat di pandang sebagau perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan pendekatan fungsionalisme menggunakan makro

    BalasHapus
  75. Nama: Fahrizal Septian Ramadhan
    Kls:X1
    No:11
    Fungsi nasionalisme: Masyarakat dipandang sebagai sutu sistem yang terdiri dari sebagai bagian
    Teori konflik: masyarakat dipandang sebagai pejuang antar kelas yang berbeda karna ketidak setaraan
    Pendekatan
    Fungsi nasionalisme: menggunakan pendekatan makro

    BalasHapus
  76. Nama:Nova triatma wijaya
    Kelas:x1
    No:24
    Fungsionalisme: masyarakat dipandang sebagai satu sistem yg terdiri dari sebagai bagian
    Teori konflik:masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yg berbeda karena ketidak setaraan
    Pendekatan.
    Fungsionallisme:menggunakan pendekatan makro

    BalasHapus
  77. Nama : Melina putri izzatun Hasanah
    Kelas : X1
    No : 20

    •> perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktur dalam memandang masyarakat

    •> Teori fungsionalisme : masyarakat di pandang sebagai suatu sistem yang terjadi berbagai bagian

    •> Teori konflik : masyarakat di pandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidak setaraan pendekatan fungsionalisme menggunakan makro

    BalasHapus
  78. Nama : Cristina Noviyanti
    Absen :09
    Kelas :X1
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat
    Teori Fungsionalisme: masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian
    Teori Konflik: masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidak sejahterakan pendekatan fungsionalisme menggunakan makro

    BalasHapus
  79. Nama : Kayla indirashya zahrani
    Kelas : X1
    Absen : 17

    Teori Konflik : masyarakat dipandang secara konflik sosial yang ada disebabkan oleh ketimbabgan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda

    Teori fungsional : masyarakat dipandang sebagai sistem yang berbeda dari subjek bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus

    BalasHapus
  80. Nama: Franes Laudy Tiya
    Kelas: X1
    No: 13
    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktur dalam memandang masyarakat

    Fungsionalisme: masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian

    Teori konflik: Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena tidak setara

    BalasHapus
  81. Nama : Kesya Centifolia Eka Dewanti
    Kelas : X 1
    No.Absen : 18

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme adalah

    Teori KONFLIK adalah memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimbangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda.

    Teori FUNGSIONALISME adalah struktual masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari sub bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus.

    BalasHapus
  82. Nama: Anggun Trias Nurjanah
    Kelas:X1
    No:03

    * Teori fungsionalisme : masyarakat dipandang sesuai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian.
    * Teori konflik: masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan pendekatan fungsionalisme menggunakan makro.




    BalasHapus
  83. Nama: Nina Indika
    No: 23
    Kelas: X1

    Fungsionalisme: Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian.

    Teori Konflik: Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan.

    BalasHapus
  84. Nama:Rahma Fitriana Hermawati
    Kelas:X1
    No.abs:26

    Jawaban:
    Teori konflik adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimpangan yang ada di antara kelas sosial yang berbeda & melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan.

    Teori fungsionalisme struktual masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari sebagaian yang mempunyai fungsi khusus.

    BalasHapus
  85. nama : Kanaya ajeng alfariani
    kelas : X 1
    no : 16

    perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    teori konflik : teori konflik adalah teori yang menyatakan ada konflik abadi di masyarakat karena distribusi suber daya yang tidak merata

    teori fungsionalisme : teori fungsionalisme adalah teori yang menyatakan semua aspek masyarakat melayani fungsi dan diperlukan untuk kelangsungan hidup masyarakat itu

    BalasHapus
  86. Nama: Franes Laudy Tiya
    Kelas:X1
    No:13

    Fungsionalisme: Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian

    Teori konflik: Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan.

    BalasHapus
  87. Nama :Devita Lidiana
    No absen :10
    Kelas :X1

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    Teori konflik adalah :teori yang menyatakan ada konflik abadi masyarakat karena distribusi sumber daya yang tidak merata.

    Teori fungsionalisme :teori yang menyatakan semua aspek masyarakat melayani fungsi dan diperlukan untuk kelangsungan hidup masyarakat itu.

    BalasHapus
  88. NAMA : AURA SAHWA ASA A
    NO : 22
    KELAS : X-1

    JAWABAN :
    perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme dalam memandang masyarakat yaitu :

    • teori konflik dalam memandang masyarakat yaitu
    yang memahami masyarakat melalui berbagai konflik sosial.
    Beberapa pandangannya tentang konflik dimasyarakat adalah konflik melekat dalam masyarakat, selalu jadi pertentangan dan ketegangan antara kelas pekerja (buruh) dengan pengusaha.

    • berdasarkan teori fungsionalisme ini, masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan, memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan. keseimbangan tersebut untuk menjaga agar bagian bagian masyarakat tetap berfungsi. pandangan Talcott Parsons mengenai fungsionalisme struktural dipengaruhi oleh cara kerja organisme biologis. apabila terdapat konflik ketegangan sosial maka itu lah yang berfungi untuk menjaga keseimbangan.

    BalasHapus
  89. Nama : Aulia Nara Mukti
    No : 08
    Kelas : X1

    *Teori Konflik
    beberapa pandangannya tentang konflik dalam masyarakat, selalu terjadi pertentangan dan ketegangan antara kelas pekerja(buruh) dengan pengusaha. teori konflik dari karl marx menjelaskan bahwa kekayaan dan kekuasaan yang tidak terdistribusi secara merata dapat menyebabkan konflik
    *Teori Fungsionalisme struktural
    Salah satu teori yang sangat terkenal dari talcott parsons adalah fungsionalisme struktural. berdasarkan teori ini masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membetuk keseimbangan.

    BalasHapus
  90. Nama : Hasna Anggun Selviyana
    No : 15
    Kelas: X4
    Jawab:

    Teori konflik adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda dan melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan.


    Teori Fungsionalisme adalah teori struktur masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian benda yang mempunyai fungsi khusus & struktural menganggap stratifikasi sosial atau hierarki sebagai sebuah keniscayaan

    BalasHapus
  91. nama:cindi aprian Bakdania permata sari
    kelas :X4
    fungsionalisme:dalam fungsionalisme masayarakat di pahami sebagai suatu sistem yg terdiri dari subagian beberbda yg memiliki fungsi tertentu. teori konflik memahami masyarakat melalui konflik sosial yg muncul akibat ketimpangan yg terjadi di antar berbagai kelas sosial. masyarakat di pandang sebagai perjuangan antar kelas yg berbeda atau ketidak setaraan

    BalasHapus
  92. Nama:Engine Azahara Yudias Viorarita
    No:08
    Kelas:X4

    Teori fungsionalisme struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari sebagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus. Sedangkan teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada diantar kelas sosial yang berbeda

    BalasHapus
  93. Nama: Koyimah Nur Sholekhah
    no.abs: 19
    kelas: X 4
    perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme dalam memandang masyarakat yaitu :

    • teori konflik dalam memandang masyarakat yaitu
    yang memahami masyarakat melalui berbagai konflik sosial.
    Beberapa pandangannya tentang konflik dimasyarakat adalah konflik melekat dalam masyarakat, selalu jadi pertentangan dan ketegangan antara kelas pekerja (buruh) dengan pengusaha.

    • berdasarkan teori fungsionalisme ini, masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan, memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan. keseimbangan tersebut untuk menjaga agar bagian bagian masyarakat tetap berfungsi. pandangan Talcott Parsons mengenai fungsionalisme struktural dipengaruhi oleh cara kerja organisme biologis. apabila terdapat konflik ketegangan sosial maka itu lah yang berfungi untuk menjaga keseimbangan.

    BalasHapus
  94. Nama:Maretha wahyuningrum
    No:23
    Kls:X4

    Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme setruktural dalam memandang masyarakat

    Teori konflik
    Teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang di sebabkan ketimpangan yang ada di antar kelas sosial dan yang berbeda

    Teori fungsionalisme
    Dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian-bagian berbeda yang mempunyai fungsi kusus

    BalasHapus
  95. Nama : Rizki Tito Pratama
    No : 28
    Kelas : X1
    *Teori konflik
    Beberapa pandangan tentang konflik dalam masyarakat, selalu terjadi pertentangan dan ketegangan antara kelas kerja(buruh) dengan pengusaha. Teori konflik dari Karl Marx menjelaskan bahwa kekayaan dan kekuasaan yang terdistribusi secara merata dapat menyebabkan konflik.
    *Teori fungsionalisme struktural
    Salah satu teori yang sangat terkenal dari talcott parsons adalah fungsionalisme struktural, berdasarkan teori ini masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan memliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan.

    BalasHapus
  96. Nama : Frestia Septian Salsabilla
    Kelas : X4
    Absen :13
    Jawaban :

    Fungsionalisme: Dalam fungsionalisme, masyarakat dipahami sebagai suatu sistem yang terdiri dari sub bagian berbeda yang memiliki fungsi tertentu.


    Teori Konflik: Teori konflik memahami masyarakat melalui konflik sosial yang muncul akibat ketimpangan yang terjadi di antara berbagai kelas sosial.

    BalasHapus
  97. Nama: Tania Oktafia Marselina
    No:33
    Kls:x4

    Fungsionalisme: Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian.

    Teori Konflik: Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan.

    BalasHapus
  98. Nama: junia Puspita ayu
    Kelas: X4.
    No: 17
    Perbedaan teori konflik dan fungsionalisme dalam masyarakat
    *teori konflik pandangan nya tentang konflik dalam masyarakat, selalu mengandung pertentangan dan terjadi ketegangan antar kelas pekerja buruh dengan pengusaha
    *teori fungsionalisme struktural
    Salah satu teori yg sangat terkenal daei talcont parsons adalah fungsionalisme struktural terdiri dari berbagai bagian yg saling berhubungan memiliki fungsi sistem dari suatu masyarakat

    BalasHapus
  99. Nama : Sabilatul Urb Sania
    No: 29
    kelas: X4
    Fungsionalisme dalam fungsionalisme masyarakt di pahami sebagai suatu sistem yang terdiri dari sebagian berbeda yang memiliki fungsi tersebut.

    BalasHapus
  100. Nama:Nurlita dwi artanti
    Kelas:X4
    No:26

    Teori konflik
    Teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada disebabkan ketimbangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda
    Teori fungsional
    Teori fungsional masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari sub bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus.

    BalasHapus
  101. Nama: febriana nur arifah
    Kls: X 4
    Abaen: 11


    #Perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktutal dalam memandang masyarakat

    ~Teori konflik adalah teori yang menyatakan ada konflik abadi di masyarakat karena distribusi sumber daya yng tidak merata. teori yang memandang bahwa perubahan sosial tidak terjadi melalui proses penyesuaian nilai-nilai yang membawa perubahan, tetapi terjadi akibat adanya konflik yang menghasilkan kompromi-kompromi yang berbeda dengan kondisi semula.


    ~Teori fungsionalisme adalah teori yang menyatakan semua aspek masyarakat melayani fungsi dan Teori ini berfokus kepada peran struktur sosial dalam menentukan dan mempertahankan kohesi sosial atau tatanan sosial.

    BalasHapus
  102. Nama: Tegar Wahyu Andika
    No:34
    Kelas:x4

    Teori fungsionalisme struktural masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari subbagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus.sedangkan teori konflik memandang masyarakat secara konflik sosial yang ada diantar kelas sosial yang berbeda

    BalasHapus
  103. Nama : Clara bella dama putri
    No : 07
    Kelas : X4
    Jawab:

    Teori konflik adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda dan melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan.


    Teori Fungsionalisme adalah teori struktur masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian - bagian benda yang mempunyai fungsi khusus & struktural menganggap stratifikasi sosial atau hierarki sebagai sebuah keniscayaan

    BalasHapus
  104. Nama : Rizki Tito Pratama
    No : 28
    Kelas : X4

    Teori konflik
    Beberapa pandangan tentang konflik dalam masyarakat, selalu terjadi pertentangan dan ketegangan antara kelas kerja(buruh) dengan pengusaha. Teori konflik dari Karl Marx menjelaskan bahwa kekayaan dan kekuasaan yang terdistribusi secara merata dapat menyebabkan konflik.
    *Teori fungsionalisme struktural
    Salah satu teori yang sangat terkenal dari talcott parsons adalah fungsionalisme struktural, berdasarkan teori ini masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan memliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan.

    BalasHapus
  105. Nama : Nirina Wulan A
    No : 25
    Kelas : X4

    Teori Konflik adalah teori yang menjelaskan bahwa kekayaan dan kekuasaan yang tidak terdestribusi secara merata dapat menyebabkan konflik sosial.

    Sedangkan Teori Fungsional adalah teori masyarakat yang terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan, memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan.

    BalasHapus
  106. Nama : Fajar Jaya Mulia
    Kelas : X4
    No. : 10

    Jawaban:
    Teori konflik adalah teori yang mendang masyarakat secara konflik sosial yang di sebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda dan melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertantamgan kepentingan

    Teori fungsionalisme adalah teori struktur masyarakat dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian bagian badan yang mempunyai fungsi khusus dan struktural menganggap stratifikasi sosial atau hieraki sebagi sebuah keniscayaan

    BalasHapus
  107. HON JIU CKY

    NAMA :Hon Jiu cky
    KLS:X4
    NO:16

    Fungsianolisme:. Masyarakat
    Dipandang sebagai Suatu sistem
    Yang terdiri dari sebagai bagian

    Teori konflik:. Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidak setaraan.

    BalasHapus
  108. Nama : wisnu dani fadillah
    Kelas : X 4
    No absen : 35
    Jawab :
    Fungsionalisme adalah fungsionalisme masyarakat dipahami sebagai suatu sistem yg terdiri dari sub sebagian berbeda yg memiliki fungsi tertentu

    Teori konflik : teori konflik memahami masyarakat melalui konflik sosial yg muncul akibat ketimbangan yg terjadi di diantara sebagai kelas sosial

    BalasHapus
  109. Nama:Azmi Nuriani
    No absen:3
    Kelas:X4

    Teori konflik
    Karl Marx melahirkan beberapa pemikiran dalam ilmu sosial,yang menjelaskan tentang konflik sosial,kelas sosial,agama,ideologi dan ekonomi suatu masyarakat.beberapa pandangan tentang konflik dimasyarakat adalah konflik melekat dalam masyarakat,selalu terjadi pertentangan dan ketegangan antara kelas pekerja (buruh) dengan pengusaha.teori konflik dari Karl Marx menjelaskan bahwa kekayaan dan kekuasaan yang tidak terdistribusi secara merata dapat menyebabkan konflik sosial.

    Teori fungsionalisme struktural
    Salah satu teori yang sangat terkenal dari Talcott parsons adalah fungsionalisme struktural.berdasarkan teori ini, masyarakat terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan, memiliki fungsi dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga membentuk keseimbangan.pandangan Talcott parsons mengenai struktural dipengaruhi oleh cara kerja organisme biologis.

    BalasHapus
  110. Nama : Lukas Cristian
    No : 21
    Kelas : X4

    Fungsionalisme : Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian

    Teori konflik : Masyarakat dipanfang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan

    BalasHapus
  111. Nama : Oktavia Widya Wati
    No : 27
    Kelas : X4
    Jawab:


    Teori konflik adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik secara sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial yang berbeda dan melihat relasi sosial dalam sebuah sistem sosial sebagai pertentangan kepentingan.


    Teori fungsionalisme adalah teori struktur masyarakat dipandang sebagai sistem yang mempunyai fungsi khusus dan struktural menganggap stratifikasi sosial atau hierarki sebagai sebuah keniscayaan

    BalasHapus
  112. Nama : Yasinta Mutiara Salwa
    Kelas : X4
    No : 32
    teori konflik menggarisbawahi hal berbagai kelompok dalam masyarakat memiliki kepentingan berbeda yang dapat mengarah pada konflik.
    fungsionalisme memandang masyarakat sebagai suatu sistem yang di ciptakan dari berbagai bagian.

    BalasHapus
  113. Nama: Kayla Nazwa Aurani
    Kelas: X3
    No: 21

    Fungsionalisme: Masyarakat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari berbagai bagian.

    Teori Konflik: Masyarakat dipandang sebagai perjuangan antar kelas yang berbeda karena ketidaksetaraan.

    BalasHapus
  114. nama : ulfah filiyani
    Kelas : X2
    no: 34

    perbedaan teori konflik dan teori fungsionalisme struktural dalam memandang masyarakat

    pada teori konflik memiliki fokus pada ketidaksetaraan sosial pada fungsional memiliki fokus terhadap semua aspek masyarakat dan seluruh elemen masyarakat

    BalasHapus
  115. Nama : Angella Citra Ramadhani
    Kelas :X3

    ●Teori konflik
    Adalah teori yang memandang masyarakat secara konflik sosial yang disebabkan ketimpangan yang ada diantara kelas sosial dan yang berbeda

    ●Teori fungsionalisme
    Dipandang sebagai sistem yang terdiri dari bagian-bagian berbeda yang mempunyai fungsi khusus

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.