Proses Integrasi Sosial

Integrasi sosial melalui beberapa proses atau tahapan yang harus dilalui yaitu, akomodasi, kerja sama, koordinasi, dan asimilasi. Untuk lebih jelasnya, ayo kita pelajari pembahasan berikut. 
 

AKOMODASI

Akomodasi merupakan salah satu proses integrasi sosial. Apa definisi akomodasi itu? Definisi akomodasi yang dikemukakan oleh para ahli adalah sebagai berikut.

a. Soerjono Soekanto
Akomodasi memiliki dua arti, yaitu menunjuk suatu keadaan dan menunjuk suatu proses. Akomodasi yang menunjuk pada suatu keadaan berarti adanya keseimbangan dalam interaksi antara individu atau kelompok sosial yang berkaitan dengan nilai dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Sementara itu, akomodasi yang menunjuk suatu proses diartikan sebagai usaha manusia untuk meredakan pertentangan dalam mencapai kestabilan (Soekanto, 2012).

b. J. Dwi Norwako dan Bagong Suyanto
Akomodasi merupakan suatu proses kea rah tercapainya kesepakatan sementara yang dapat diterima oleh kedua belah pihak yang bersengketa (Narwako, 2010).

c. Gilin dan Gilin
Akomodasi merupakan suatu pengertian yang digunakan oleh para sosiolog untuk menggambarkan suatu proses dalam hubungan sosial (Soekanto, 2012).

Akomodasi sering terjadi di masyarakat, karena individu atau kelompok tidak mau melakukan Kerjasama. Adanya akomodasi diharapkan dapat menyelesaikan pertentangan atau konflik tanpa menghancurkan pihak lawan. Akomodasi tersebut akan meredakan konflik dan mengganti proses sosial yang sifatnya disosiatif dengan interaksi yang lebih bersifat damai.

Menurut Haryanto (2011), beberapa tujuan akomodasi adalah sebagai berikut: 
a. Untuk mengurangi pertentangan yang terjadi pada individu maupun kelompok.
b. Sebagai tempat untuk meleburkan antara kelompok-kelompok yang terpisah.
c. Digunakan untuk meningkatkan Kerjasama antar individu maupun kelompok.
d. Untuk mencegah munculnya pertentangan dalam masyarakat.

Adanya akomodasi dalam masyarakat multikultural seperti masyarakat Indonesia, dapat menciptakan masyarakat masyarakat yang hidup secara damai tanpa menimbulkan perpecahan. Selain itu, masyarakat juga dapat bekerjasama dengan kelompok-kelompok sosial lainnya. Hal ini dikarenakan diantara kelompok sosial yang berbeda dapat saling menyesuaikan diri antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan demikian akan medorong lahirnya integrasi dalam masyarakat.

KERJA SAMA

Selain melakukan akomodasi, proses integrasi sosial juga dalam bentuk kerja sama. Istilah kerja sama tentunya sudah tidak asing bagi kalian. Apa saja contoh kerja sama yang ada di lingkungan sekitarmu? Untuk menjawabnya, ayo pelajari uraian berikut. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kerja sama merupakan bentuk integrasi yang terjalin antara individua tau kelompok yang berusaha untuk mencapai tujuan Bersama. Kerja sama berawal dari kesamaan orientasi dan kesadaran dari setiap anggota masyarakat.

Menurut Charles H. Cooley dikutip dari Soekanto (2012), kerja sama muncul apabila seseorang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama. Selain itu, pada saat bersamaan mereka memiliki pengetahuan dan pengendalian terhadap diri sendiri untuk memenuhi kepentingan-kepentingan tersebut.

Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat. Kelompok sosial yang berbeda tersebut melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai bersama. 

KOORDINASI

Dalam masyarakat majemuk sering terjadi kerja sama antar individu maupun kelompok sosial. Kerja sama yang dilakukan oleh masyarakat majemuk tersebut harus dikoordinasi agar lebih terarah dan dapat mencapai tujuan bersama. Koordinasi menurut Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), merupakan pengaturan secara sentral untuk mencapai integrasi dengan mempersatukan individu maupun kelompok agar tercapai keseimbangan dan keselarasan dalam hubungan di masyarakat.

Dalam organisasi masyarakat, koordinasi merupakan faktor yang dominan. Tanpa adanya koordinasi, suatu organisasi tidak dapat berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan dalam kelompok terdiri atas orang-orang dengan sifat dan kepribadian yang berbeda. Proses koordinasi mencakup berbagai aspek kemasyarakatan, seperti aspek ekonomi, politik, sosial budaya, pendidikan, dan lain sebagainya. 

ASIMILASI 

Asimilasi merupakan sebuah proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha dalam mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara individu maupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Proses asimilasi tidak akan terjadi apabila antar individu atau kelompok tidak tumbuh sikap toleransi dan saling berempati. Menurut Narwako (2010), proses-proses asimilasi akan tumbuh apabila. 
a. adanya perbedaan kebudayaan antara kelompok manusia yang berada pada waktu dan tempat yang sama; 
b. adanya pergaulan secara intensif dalam jangka waktu yang lama; 
c. adanya penyesuaian kebudayaan di antara kelompok-kelompok tersebut.

Sementara itu menurut Soekanto (2012), ada beberapa faktor yang dapat mempermudah terjadinya asimilasi di masyarakat, antara lain:
a. toleransi; 
b. adanya kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi; 
c. sikap menghargai orang asing dan kebudayaannya; 
d. sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat; 
e. adanya persamaan dalam usur-unsur kebudayaan; 
f. adanya perkawinan campur (amalgamasi) 
g. adanya musuh bersama dari luar.

Selain adanya faktor yang mendorong asimilasi, ada pula beberapa faktor yang menghambat terjadinya asimilasi. Menurut Narwako (2010), menyebutkan faktor-faktor penghambat asimilasi adalah sebagai berikut. 
a. Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan kelompok lain dalam masyarakat
b. Terisolasinya kebudayaan oleh kelompok sosial.
c. Adanya rasa takit terhadap kebudayaan lain. 
d. Perasaan in-group yang kuat. 
e. Adanya diskriminasi antara kelompok yang berkuasa dengan kelompok minoritas. 
f. Adanya perbedaan kepentingan yang dapat menimbulkan pertentangan antarkelompok.

Asimilasi sebagai proses sosial yang ditandai oleh semakin berkurangnya perbedaan antar individu dan antar-kelompok. Melalui asimilasi, kelompok sosial yang berbeda dalam masyarakat majemuk saling berinteraksi secara intensif dalam waktu yang lama. Hal ini yang menyebabkan kelompok sosial tersebut berubah dan saling menyesuaikan diri. Dengan demikian integrasi dalam masyarakat akan tercipta.

RANGKUMAN 

Akomodasi merupakan salah satu proses integrasi sosial. Definisi akomodasi yang dikemukakan oleh para ahli adalah sebagai berikut:
a. Soerjono Soekanto. Akomodasi memiliki dua arti, yaitu menunjuk suatu keadaan dan menunjuk suatu proses. Akomodasi yang menunjuk pada suatu keadaan berarti adanya keseimbangan dalam interaksi antara individua tau kelompok sosial yang berkaitan dengan nilai dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Sementara itu, akomodasi yang menunjuk suatu proses diartikan sebagai usaha manusia untuk meredakan pertentangan dalam mencapai kestabilan (Soekanto, 2012).

b. J. Dwi Norwako dan Bagong Suyanto. Akomodasi merupakan suatu proses kea rah tercapainya kesepakatan sementara yang dapat diterima oleh kedua belah pihak yang bersengketa (Narwako, 2010).

c. Gilin dan Gilin. Akomodasi merupakan suatu pengertian yang digunakan oleh para sosiolog untuk menggambarkan suatu proses dalam hubungan sosial (Soekanto, 2012). 
Menurut Haryanto (2011), beberapa tujuan akomodasi adalah sebagai berikut: 
a. Untuk mengurangi pertentangan yang terjadi pada individu maupun kelompok. 
b. Sebagai tempat untuk meleburkan antara kelompok-kelompok yang terpisah. 
c. Digunakan untuk meningkatkan Kerjasama antar individu maupun kelompok. 
d. Untuk mencegah munculnya pertentangan dalam masyarakat.

Adanya akomodasi dalam masyarakat multikultural seperti masyarakat Indonesia, dapat menciptakan masyarakat masyarakat yang hidup secara damai tanpa menimbulkan perpecahan. Selain melakukan akomodasi, proses integrasi sosial juga dalam bentuk kerja sama. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kerja sama merupakan bentuk integrasi yang terjalin antara individua tau kelompok yang berusaha untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Charles H. Cooley dikutip dari Soekanto (2012), kerja sama muncul apabila seseorang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama. Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. 

Dalam masyarakat majemuk sering terjadi kerja sama antar individu maupun kelompok sosial. Kerja sama yang dilakukan oleh masyarakat majemuk tersebut harus dikoordinasi agar lebih terarah dan dapat mencapai tujuan bersama.

Koordinasi menurut Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), merupakan pengaturan secara sentral untuk mencapai integrasi dengan mempersatukan individu maupun kelompok agar tercapai keseimbangan dan keselarasan dalam hubungan di masyarakat. Proses koordinasi mencakup berbagai aspek kemasyarakatan, seperti aspek ekonomi, politik, sosial budaya, Pendidikan, dan lain sebagainya.

Asimilasi merupakan sebuah proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha dalam mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara individu maupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Proses asimilasi tidak akan terjadi apabila antar individu atau kelompok tidak tumbuh sikap toleransi dan saling berempati. Menurut Narwako (2010), prosesproses asimilasi akan tumbuh apabila. 
a. adanya perbedaan kebudayaan antara kelompok manusia yang berada pada waktu dan tempat yang sama; 
b. adanya pergaulan secara intensif dalam jangka waktu yang lama; 
c. adanya penyesuaian kebudayaan di antara kelompok-kelompok tersebut. 
Sementara itu menurut Soekanto (2012), ada beberapa faktor yang dapat mempermudah terjadinya asimilasi di masyarakat, antara lain:
a. toleransi; 
b. adanya kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi; 
c. sikap menghargai orang asing dan kebudayaannya; 
d. sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat; 
e. adanya persamaan dalam usur-unsur kebudayaan; 
f. adanya perkawinan campur (amalgamasi);
g. adanya musuh bersama dari luar.

Selain adanya faktor yang mendorong asimilasi, ada pula beberapa faktor yang menghambat terjadinya asimilasi. Menurut Narwako (2010), menyebutkan faktor-faktor penghambat asimilasi adalah sebagai berikut. 
a. Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan kelompok lain dalam masyarakat.
b. Terisolasinya kebudayaan oleh kelompok sosial. 
c. Adanya rasa takit terhadap kebudayaan lain. 
d. perasaan in-group yang kuat. 
e. Adanya diskriminasi antara kelompok yang berkuasa dengan kelompok minoritas. 
f. Adanya perbedaan kepentingan yang dapat menimbulkan pertentangan antarkelompok.

Referensi: Irin Veronica Sepang, S. Pd., M. Pd. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Proses Integrasi Sosial Proses Integrasi Sosial Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on April 13, 2022 Rating: 5

71 komentar:

  1. Nama:Desi Fitriayani
    No:9
    Kls:XI Mipa 1

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmamsyah
      Kelas : XI IPS 1
      No Absen : 3

      -Kerja bakti membersihkan lingkungan setempat

      -Gotong royong membangun balai desa

      -Musyawarah untuk mengambil keputusan bagi kepentingan bersama

      -berrsama-sama menghias lingkungan jelang perayaan 17 Agustus

      Hapus
  2. Nama : Dewi Sayekti Sutrisni
    No.absen: 11
    Kelas: X1 IPA 2

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  3. Nama:Dinda Fathira Anindita
    No:12
    Kelas:XI MIPA 2
    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  4. Nama :Ardiyana nur mukaromah
    Kelas :XI mipa 2
    No:06

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat !


    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.




    BalasHapus
  5. NAMA : KHOIRUN NISA IZZATI
    NO : 20
    KELAS: XI MIPA 1

    Sebutkan Contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!
    Jawab:KERUKUNAN, GOTONG-ROYONG, TOLONG-MENOLONG, RONDA MALAM(SISKAMLING), BAKTI SOSIAL DLL.

    BalasHapus
  6. TIARA SETIANI18 April 2022 15.40

    NAMA : TIARA SETIANI
    KELAS : XI MIPA 1
    NO. : 30

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat!
    Jawab:

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  7. Nama : Fauziah Martshafa Ayu
    No/Kelas : 16/XI IPA 2

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  8. ENNOU HAPPY FINIARIE18 April 2022 19.02

    Nama : Ennou Happy Finiarie
    No       : 14
    Kelas : XI MIPA 2

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  9. Nama : EILITA YUYUN TRI CAHYANI
    Kelas. : XI MIPA 2
    No. : 13


    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  10. Nama : Clarisa Titania Pangestika
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen : 8

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!
    Jawaban:
    Bentuk-bentuk kerjasama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  11. NAMA: RIRIN RANA BILA
    KELAS: XI MIPA 3
    NO: 29

    •SEBUTKAN CONTOH BENTUK-BENTUK KERJASAMA YANG ADA DALAM MASYARAKAT??

    JAWAB:
    Bentuk-bentuk kerjasama dapat dijumpai dalam kelompok masyarakat, seperti kerukunan, gotong-royong, tolong menolong, dan lain sebagainya. Kerjasama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  12. Nama : Amanda Amelia Soraya
    Kelas : XI IPS 1
    No. :05



    Soal : sebutkan contoh bentuk bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat?

    Jawab : bentuk bentuk kerjasama dapat di jumpai dalam kelompok masyarakat,seperti kerukunan, gotong royong,tolong menolong,dan lain sebagainya

    BalasHapus
  13. Nama : Nadia Laili Cahyaningtyas
    No : 25
    Kelas : XI MIPA 3

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  14. Nama: Setyo Aji Wibowo
    No: 29
    Kls: XI IPS 1


    Bentuk-bentuk kerja yang ada dalam masyarakat!

    1. Membersihkan ruang kelas dengan membentuk regu piket.

    2. Kerja sama dalam tugas kelompok.

    3. Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah.

    4. Berdiskusi bersama teman untuk memecahkan suatu masalah.

    5. Mematuhi peraturan tata tertib sekolah juga termasuk bentuk kerja sama agar tercipta lingkungan yang tertib.

    6. Mendengarkan guru saat menjelaskan materi pelajaran, agar tercipta suasana yang damai dan fokus.

    7. Saling membantu teman jika ada kesulitan dalam mengerjakan soal.

    8. Bekerja sama menjaga nama baik sekolah dengan tidak mengikuti tawuran, bentrokan, dan lain sebagainya.

    9. Bekerja sama mengharumkan nama sekolah dengan mencetak prestasi, dan lain sebagainya.

    10. Mengerjakan tugas tepat waktu. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama antara guru dan murid agar pembelajaran berlangsung dengan lancar.

    BalasHapus
  15. NAZAI RHODIATUL ANNISA19 April 2022 09.34

    NAMA : NAZAI RHODIATUL ANNISA
    NO. : 22
    KELAS : XI IPS 1

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat?

    JAWAB : 1.) Kerja bakti membersihkan lingkungan setempat.
    2.) Gotong royong membangun balai desa misalnya
    Musyawarah untuk mengambil keputusan bagi kepentingan bersama.
    3.) Bersama-sama menghias lingkungan jelang perayaan 17 Agustus.
    4.) Ikut berpartisipasi membantu warga yang mengadakan hajatan

    BalasHapus
  16. Nama:Nito Yudha Nugraha
    No:23
    Kelas:XI IPS 1

    1. Membersihkan ruang kelas dengan membentuk regu piket.

    2. Kerja sama dalam tugas kelompok.

    3. Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah.

    4. Berdiskusi bersama teman untuk memecahkan suatu masalah.

    5. Mematuhi peraturan tata tertib sekolah juga termasuk bentuk kerja sama agar tercipta lingkungan yang tertib.

    6. Mendengarkan guru saat menjelaskan materi pelajaran, agar tercipta suasana yang damai dan fokus.

    7. Saling membantu teman jika ada kesulitan dalam mengerjakan soal.

    8. Bekerja sama menjaga nama baik sekolah dengan tidak mengikuti tawuran, bentrokan, dan lain sebagainya.

    9. Bekerja sama mengharumkan nama sekolah dengan mencetak prestasi, dan lain sebagainya.

    10. Mengerjakan tugas tepat waktu. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama antara guru dan murid agar pembelajaran berlangsung dengan lancar.

    BalasHapus
  17. Nama:Dira Bakti
    No:12
    Kelas:XI IPS 1
    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan,gotong royong, tolong menolong dll . Kerjasama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial.hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan,dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat

    BalasHapus
  18. Nama : Arnita Fitriyanti
    Kelas : XI IPS 1
    No. Absen : 7


    •>Contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat

    1)kerukunan
    2)gotong royong
    3)tolong menolong
    4)kerja bakti
    5)musyawarah
    6)Ikut berapatisipasi warga yang mengadakan hajatan
    7)siskamling (ronda malam)
    8)bakti sosial
    9)membuat koperasi

    BalasHapus
  19. Nama: EVA MIFTAKHUL JANNAH
    Kelas: Xl IPS 1
    No:13

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong,tolong-menolong,dan lain sebagainya.kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial.hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan dan tidak memaksakan kehendak yang dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  20. Nama : Adhe Arifin
    Kelas : XI MIPA 2
    No. : 01

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  21. NAMA : Auliya Qaida Hadiningsih
    KELAS : XI MIPA 2
    NO. : 07

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat!
    Jawab:

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  22. Nama : Gema Kumala
    Kelas : XI MIPA 2
    No. : 18

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  23. NAMA : Niken Octavia
    KELAS : XI MIPA 2
    NO. : 28

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat!
    Jawab:

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  24. Nama:Marsella Nur Apriliana
    No:24
    Kelas:Xl Mipa 2


    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat

    Jawab:

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  25. Annisah Fitriyana19 April 2022 10.08

    Nama : Annisah Fitriyana
    Kelas : XI MIPA 2
    Absen : 5

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  26. Nama : Letifa purwaningtyas
    Kelas : XI MIPA 3
    No : 23


    Sebutkan contoh bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat


    jawab :
    Bentuk bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat ,seperti kerukunan , gotonh royong ,tolong menolong . Kerjasama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat , multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri , melengkapi , membutuhkan dan tidak memaksakan kehendak yang dapat memicu timbulnya suatu konflik didalam masyarakat

    BalasHapus
  27. Nama: Della Sekar M
    No: 9
    Kelas: XI Mipa 2

    sebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat!

    jawab:Bentuk bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat ,seperti kerukunan , gotonh royong ,tolong menolong . Kerjasama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat , multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri , melengkapi , membutuhkan dan tidak memaksakan kehendak yang dapat memicu timbulnya suatu konflik didalam masyarakat

    BalasHapus
  28. Nama : MUHAMMAD SURYA SEJATI
    Kelas:XI IPS 2
    No. :18

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat!
    JAWAB:
    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat,seperti kerukunan,gotong royong,tolong menolong dan lain sebagainya.kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial.hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yg berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi,membutuhkan dan tidak memaksa timbulnya suatu konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  29. Nama : Tania Kartika Bazighoh
    Kelas: XI IPS 1
    No : 30

    Bentuk bentuk kerja sama yang dapat dijumpai dalam masyarakat yakni kerukunan, gotong royong, tolong menolong, kerja bakti,

    BalasHapus
  30. Nama : Nachwa Dewi Sekar Arij
    Kelas : XI IPS 1

    Bentuk bentuk kerja sama yang dapat dijumpai dalam masyarakat yakni kerukunan, gotong royong, tolong menolong, kerja bakti.

    BalasHapus
  31. Nama : Naufal Abiyyin
    No : 21
    Kelas : XI IPS 1

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat!

    Jawab:

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  32. ALFARIZI DIMAS SAPUTRA20 April 2022 08.13

    Nama :ALFARIZI DIMAS SAPUTRA
    No :4
    Kelas:XI IPS 1


    Bentuk-bentuk kerja sama dapat kelompok dan dijumpai masyarakat, seperti kerukunan, gotong dalam royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin kelompok masyarakat yang besar dalam integrasi antar sosial dalam sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling diri,melengkapi, menyesuaikan membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  33. Nama: Adi Putro R
    No : 2
    Kls : XI IPS 1


    Bentuk-bentuk kerja yang ada dalam masyarakat!

    1. Membersihkan ruang kelas dengan membentuk regu piket.

    2. Kerja sama dalam tugas kelompok.

    3. Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah.

    4. Berdiskusi bersama teman untuk memecahkan suatu masalah.

    5. Mematuhi peraturan tata tertib sekolah juga termasuk bentuk kerja sama agar tercipta lingkungan yang tertib.

    6. Mendengarkan guru saat menjelaskan materi pelajaran, agar tercipta suasana yang damai dan fokus.

    7. Saling membantu teman jika ada kesulitan dalam mengerjakan soal.

    8. Bekerja sama menjaga nama baik sekolah dengan tidak mengikuti tawuran, bentrokan, dan lain sebagainya.

    9. Bekerja sama mengharumkan nama sekolah dengan mencetak prestasi, dan lain sebagainya.

    10. Mengerjakan tugas tepat waktu. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama antara guru dan murid agar pembelajaran berlangsung dengan lancar.

    BalasHapus
  34. Nama:Rifdah rosyiidah Hafizhah
    Kelas:Xl IPS 1
    No absen:26

    Jawab:bentuk bentuk kerjasama dapat di jumpai dalam kelompok masyarakat seperti kerukunan, gotong royong,tolong menolong,kerja bakti

    BalasHapus
  35. Nama : Faraneta Tarlena Vera
    No : 14
    Kelas : XI IPS 1



    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat?

    JAWAB : 1.) Kerja bakti membersihkan lingkungan setempat.
    2.) Gotong royong membangun balai desa misalnya
    Musyawarah untuk mengambil keputusan bagi kepentingan bersama.
    3.) Bersama-sama menghias lingkungan jelang perayaan 17 Agustus.
    4.) Ikut berpartisipasi membantu warga yang mengadakan hajatan

    BalasHapus
  36. Nama: AVRILIA BETRIK AGMAONA
    Kelas:XI IPS 1
    No:09


    Jawaban

    1.bakti membersihkan lingkungan setempat.

    2.Gotong royong membangun balai desa misalnya Musyawarah keputusan untuk bagi mengambil kepentingan bersama.

    3.Bersama-sama menghias lingkungan jelang perayaan 17Agustus.

    4.Ikut berpartisipasi membantu warga yang mengadakan hajatan

    BalasHapus
  37. Nama:Else Duwi Lestari
    No:13
    Kelas:XI MIPA 1

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat


    Jawab: Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan kerukunan, masyarakat, seperti gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, ini membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  38. Fiqhi Faya Lutfiyani20 April 2022 09.38

    Nama: Fiqhi Faya Lutfiyani
    Kelas: XI MIPA 1
    No absen: 15

    Bentuk Kerjasama di dalam Masyarakat Indonesia Lebih Dikenal dengan Nama Gotong Royong

    Gotong royong merupakan adat istiadat tolong-menolong antar masyarakat Indonesia di dalam berbagai aktivitas sosial antar masyarakat. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk menuntaskan pekerjaan, tetapi juga untuk mempererat hubungan masyarakat.

    Jenis Gotong Royong
    Bentuk Kerjasama di dalam Masyarakat Indonesia dan Penjelasannya:

    Bentuk Kerjasama di dalam Masyarakat Indonesia Lebih Dikenal dengan Nama Gotong Royong,
    Gotong royong terdiri dari beberapa jenis, antara lain:

    Kerja bakti: kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar dari kotoran.

    Belajar bersama: para pelajar dan mahasiswa bergotong royong untuk memecahkan suatu materi yang sulit agar mampu mengaplikasikan suatu ilmu sebaik mungkin.

    Musyawarah: upaya menyelesaikan masalah dan mencapai mufakat yang menguntungkan semua pihak, lewat diskusi yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih.

    Tanggap bencana: respons masyarakat untuk saling membantu ketika terjadi suatu musibah pada masyarakat lainnya.

    Panen raya: tak hanya di dalam musibah, di dalam panen raya, masyarakat juga perlu bergotong royong untuk memetik hasil panen besar yang terjadi maksimal 2 kali di dalam 1 tahun ini.

    BalasHapus
  39. Tri Nur Hayat Tuti20 April 2022 09.48

    Nama: Tri Nur Hayat Tuti
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 31

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  40. NAMA : ARIN FAUZAN AZARIA
    NO : 06
    KELAS : XI MIPA 4

    Sebutkan contoh-contoh bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    Bentuk-bentuk kerjasama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong,tolong menolong dan sebagainya.kerja sama yg terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dal integrasi sosial.Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan,dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat

    BalasHapus
  41. Nama: Angger Luthfian Budi
    Kelas: XI MIPA 4
    Absen: 4

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dsb. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  42. Shela Putri Nabila20 April 2022 10.00

    Nama : Shela Putri Nabila
    Kelas : XI IPA 1
    No : 27


    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  43. Nama : Isti'ana W
    Kelas : XI MIPA 4
    No : 20

    Bentuk bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong, dll

    BalasHapus
  44. Nama: Novita Naya Ramadhani
    Kelas: XI MIPA 4
    No Abs : 27


    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!
    Jawaban:
    Bentuk-bentuk kerjasama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  45. Nama : OLIFIANA AYU RAHMAWATI
    No : 28
    Kelas : XI MIPA 4

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  46. Nama: Alvyana Ajira Putri
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 2

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  47. Nama : Tinton Jaya Kurniawan
    No : 35
    Kelas : XI IPA 2

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  48. Nama: Yola Aulia Wanergi
    No: 36
    Kelas: XI MIPA 2

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat!

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok & masyarakat seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong, dsb.
    Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh besar dalam integrasi sosial.
    Dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, tidak memaksakan kehendak yang dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  49. Nama : Erlina Supartini
    No : 15
    Kelas : XI IPA 3

    JAWABAN

    Bentuk-bentuk kerja sama dalam kelompok dapat dijumpai dalam kelompok masyarakat, seperti kerukunan,gotong royong,tolong menolong dan lain sebagainya.kerja sama yg terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultur memiliki pengaruh besar dalam integritas sosial.
    Dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling melengkapi, menyesuaikan diri, membutuhkan,tidak memaksakan kehendak,yg dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat

    BalasHapus
  50. NAMA : ZAKY AMMAR AN NAUFAL
    NO : 35
    KELAS: XI MIPA 1

    Jawaban

    Bentuk-bentuk kerja sama dalam kelompok dapat dijumpai dalam kelompok masyarakat, seperti kerukunan, gotongroyong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultur memiliki pengaruh besar dalam integritas sosial. Dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling melengkapi, menyesuaikan diri, membutuhkan, tidak memaksa kehendak, yang dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  51. Yahya Yulia Putra25 April 2022 05.06

    Nama=Yahya Yulia Putra
    No=32
    Kelas=XI IPA 3


    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat


    Jawab:
    Bentuk-bentuk kerjasama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat,seperti kerukunan ,gotong royong,tolong menolong ,dll.kerjasama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial.Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri,melengkapi,membutuhkan,dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  52. FRISCA APRIANISYAH IZZATY25 April 2022 08.04

    Nama FRISCA APRIANISYAH IZZATY
    Kelas XI MIPA 4
    No absen 17

    Bentuk bentuk kerja sama dalam kelompok dapat dijumpai dalam kelompok masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultur memiliki pengaruh besar dalam integrasi sosial. Dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling melengkapi, menyesuaikan diri, membutuhkan, tidak memaksa kehendak yang dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  53. Nama Afifah Rahmawati
    Kelas XI MIPA 4
    No absen 01

    Bentuk bentuk kerja sama dalam kelompok dapat dijumpai dalam kelompok masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultur memiliki pengaruh besar dalam integrasi sosial. Dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling melengkapi, menyesuaikan diri, membutuhkan, tidak memaksa kehendak yang dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  54. Nama:Alvi nur hidayah
    Kelas:XI MIPA 4
    No absen:3

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat

    Jawab:
    Bentuk bentuk kerja sama dalam kelompok dapat dijumpai dalam kelompok masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultur memiliki pengaruh besar dalam integrasi sosial. Dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling melengkapi, menyesuaikan diri, membutuhkan, tidak memaksa kehendak yang dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  55. Nama : Faroja Mutia Sari
    No : 14
    Kelas : XI MIPA 1

    bentuk kerja sama dalam masyarakat
    -kerukunan
    -gotong royong
    -tolong menolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diazvika Ayu Yudhistiana26 April 2022 23.08

      Nama : Diazvika Ayu Yudhistiana
      No : 11
      Kelas : XI MIPA 1

      Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat
      Jawab :
      Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan,gotong royong,tolong-menolong,bakti sosial,dan lain sebagainya

      Hapus
  56. GALIH SETIA PURBANINGRUM25 April 2022 08.42

    Nama : Galih Setia Purbaningrum
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 18

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  57. Nama : Nana Resky Aprilliana
    Kelas : XI MIPA 1



    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  58. Nama: suryanti anggraini
    Kelas:XI MIPA 4
    No:35

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat seperti kerukunan,gotong royong, tolong menolong dan lain sebagainya.kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat yang besar dalam integrasi sosial.Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan,dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  59. Nama: Imelda Rahmawati
    Kelas: XI MIPA 2
    No:19
    Sebutkan contoh bentuk bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    Bentuk-bentuk kerjasama dapat dijumpai dalam Kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan,gotong royong,tolong menolong,dan lain sebagainya.
    Kerjasama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial.Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan,dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat

    BalasHapus
  60. Nama : Desi Lutfiana W
    No. :10
    Kelas. : XI MIPA 2

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat

    bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat antara lain ,gotong-royong, tolong-menolong,dan lain sebagainya

    BalasHapus
  61. Nama : Sinta Intan Kusuma
    Kelas : XI IPA 3
    No. Absen : 30

    Sebutkan bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!
    = Bentuk-bentuk kerjasama dapat dijumpai dalam kelompok masyarakat, seperti kerukunan, gotong-royong, tolong menolong, dan lain sebagainya. Kerjasama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  62. Nama : Nokhaita
    Kelas : XI MIPA 3
    No : 26

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat?

    jawab :
    Bentuk-bentuk kerjasama dapat dijumpai dalam kelompok masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong, dan lain sebagainya. Kerjasama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  63. KIARA MAWAR SARON26 April 2022 08.09

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat!

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, menolong, dan lain sebagainya. Kerja gotong royong, tolong- menolong dan sebagainya.kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.


    nama:kiara mawar saron
    no:17
    kelas:XI IPS 1

    BalasHapus
  64. Nama: Dahlia Indah Damayanti
    No: 8
    Kelas: 11 MIPA 4

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat!

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  65. Nama : Andika Tama
    No: 4
    Kelas : X1 M1PA 3
    sebutkan contoh bentuk bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat

    Bentuk bentuk kerjasama dapat di jumpai dalam kelompok dan masyarakat seperti kerukunan gotong royong l, tolong menolong, dan lain sebagainya

    BalasHapus
  66. Nama: Adisti Citra Rahmawati
    Kelas XI MIPA 3

    Absen: 1

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat! Jawaban:

    Bentuk-bentuk

    kerjasama dapat

    dijumpai dalam kelompok dan

    masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial masyarakat yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  67. Nama : Delphina Ayu Zahrawati
    No : 9
    Kelas: XI MIPA 3

    sebutkan contoh bentuk - bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    Jawaban:
    Bentuk - bentuk kerjasama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong - royong, tolong menolong,dan lain sebagainya.kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial masyarakat yang besar dalam integrasi sosial.Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan, melengkapi, membutuhkan,dan tidak memaksa timbulnya konflik dalam masyarakat.

    BalasHapus
  68. Nama : Candra Dwi Cahyono (10) XI IPS 1

    Kerja bakti membersihkan lingkungan setempat.
    Gotong royong membangun balai desa misalnya.
    Musyawarah untuk mengambil keputusan bagi kepentingan bersama.
    Bersama-sama menghias lingkungan jelang perayaan 17 Agustus.
    Ikut berpartisipasi membantu warga yang mengadakan hajatan.

    BalasHapus
  69. Nama : Asy Syfa Zahra Sausa
    No : 8
    Kelas : XI Ips1

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    Jawab:
    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat. Kelompok sosial yang berbeda tersebut melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai bersama.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.