Integrasi Sosial, Integrasi Bangsa, Integrasi Nasional

Konflik maupun kekerasan yang terjadi di masyarakat merupakan suatu fenomena sosial yang tidak dapat dihindari. Adanya konflik di masyarakat dapat menimbulkan perpecahan, sehingga perlu adanya integrasi sosial untuk mengatasi permasalahan tersebut. Nah..apa integrasi sosial itu? Ayo pelajari materi berikut! 
 

INTEGRASI SOSIAL

Kata integrasi berasal dari bahasa Inggris, integration yang artinya pembaruan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Istilah pembaruan tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.

Beberapa definisi mengenai integrasi dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut.
Paul B. Horton
Integrasi, yaitu proses pengembangan masyarakat dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.

Banton
Integrasi didefinisikan sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memiliki makna penting pada perbedaan ras tersebut. Hak dan kewajiban yang terkait dalam ras seseorang hanya terbatas pada bidang tertentu saja dan tidak ada sangkut pautnya dengan bidang pekerjaan atau status yang diraih dengan usaha. Dalam hal ini hanya berkaitan dengan perbedaan fisiknya (ciri-ciri badaniah) saja.

Maurice Duverge
Integrasi adalah interpendensi (kesalingtergantungan) yang lebih rapat antara bagian-bagian dari organisme hidup atau antara anggota-anggota di dalam masyarakat. Jadi, di dalam integrasi tercipta suatu penyatuan hubungan antara individu-individu sebagai anggota dari suatu kelompok dalam masyarakat yang harmonis.

Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli sebagai berikut. 
Soerjono Soekanto
Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan/atau kekerasan.

Baton
Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

Gilin
Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.

Integrasi sosial pada dasarnya muncul karena adanya kerjasama yang baik di antara sesama anggota masyarakat itu sendiri. Integrasi masyarakat akan terwujud apabila masing-masing individu yang berada di dalam suatu kelompok masyarakat dapat mengendalikan prasangka yang ada di tengah masyarakat itu sendiri sehingga tidak terjadi konflik. Integrasi sosial dapat terwujud dalam bentuk solidaritas sosial serta rasa kebersamaan antarhubungan masyarakat secara harmonis dalam melakukan Kerjasama dengan kelompok yang mempunyai sifat, sikap, dan watak yang berbeda. 
 

INTEGRASI BANGSA

Dalam kehidupan suatu bangsa, kita harus menyadari adanya keanekaragaman yang dilandasi oleh rasa persatuan dan kesatuan tanah air, bahasa, dan cita-cita. Keanekaragaman tersebut dapat menjadi kebanggaan bangsa karena memberikan warna dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya keanekaragaman akan menciptakan suasana harmonis dengan anggota masyarakat. Sikap harmonis dalam masyarakat dapat dilakukan melalui proses integrasi bangsa. Bangsa diartikan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakteristik. Bangsa terbentuk karena adanya rasa ingin Bersatu, seperti munculnya integrasi bangsa. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), integrasi bangsa diartikan sebagai penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam suatu wilayah pembentukan suatu identitas nasional. 

INTEGRASI NASIONAL

Integrasi nasional dapat diartikan sebagai proses mempersatukan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga tercipta keserasian dan keselarasan secara nasional. Coba kalian perhatikan wilayah Indonesia seperti pada gambar di bawah! Apa yang dapat kamu gambarkan tentang Indonesia? Indonesia merupakan negara yang memiliki budaya dan wilayah yang luas. 

Adanya berbagai budaya dan wilayah membuat Indonesia menjadi negara yang beragam. Keberagaman yang ada di Indonesia jika tidak dikelola dengan baik dapat memicu terjadinya konflik, sehingga perlu adanya integrasi untuk mengendalikan permasalahan tersebut.

Menurut Ahmadi (2009), terdapat tiga masalah yang harus dikaji untuk mencapai integrasi nasional. Ketiga masalah tersebut adalah sebagai berikut.
a. Pembauran bangsa.
b. Kerukunan antarumat beragama dan kepercayaan yang dianutnya.
c. Perubahan nilai-nilai.

Indonesia terdiri atas berbagai suku, agama, budaya, sistem sosial, dan lain sebagainya. Keberagaman Indonesia berada dalam suatu semboyan Bhineka Tunggal Ika. Melalui semboyan tersebut, terjadi proses integrasi nasional dimana perbedaan yang ada dipersatukan sehingga tercipta keselarasan. Persatuan dari kemajemukan yang ada di Indonesia inilah yang menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa lainnya. Adanya perbedaan yang beragam tersebut menjadi identitas bangsa Indonesia yang terwujud dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Integrasi nasional sebagai upaya penyatuan kelompok sosial dalam kesatuan wilayah Indonesia juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktorfaktor pendorong integrasi nasional adalah sebagai berikut (Ranjabar, 2013).
a. Adanya perasaan senasip dan sepenanggungan. 
b. Munculnya rasa cinta tanah air. 
c. Adanya rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara. 
d. Berkembangnya budaya gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. 
e. Adanya simbol kenegaraan dalam bentuk Garuda Pancasila, dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. 
f. Adanya keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia.

Di Indonesia terdapat enam agama resmi yaitu, Islam, Kristen Katolik, Kristen, Hindu, Budha, Konghuchu. Adanya perbedaan agama yang dianut masyarakat dapat memicu munculnya konflik yang menimbulkan perpecahan. Namun, melalui sikap toleransi yang dikembangkan oleh para pemeluk agama dapat menciptakan suatu integrasi nasional. Hal ini dapat menghindari perpecahan dalam negara.

INTEGRASI BUDAYA

Setiap negara memiliki budaya masing-masing. Budaya tersebut menjadi ciri khas dari suatu bangsa seperti bangsa kita. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah memiliki keberagaman budaya, misalnya budaya Sumatera, budaya Jawa, budaya Kalimantan, dan sebagainya. Adanya keberagaman budaya tersebut perlu adanya integras budaya.

Tahukah kalian apa integrasi budaya itu? Integrasi budaya merupakan perpaduan unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga menghasilkan keserasian fungsinya dalam kehidupan masyarakat. Unsur-unsur kebudayaan tersebut dapat berupa bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup, sistem religi, serta kesenian.  
Integrasi kebudayaan dapat terjadi dengan memenuhi beberapa syarat berikut. 
a. Adanya proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang berbeda 
b. adanya pola hubungan yang serasi akibat adanya proses penyesuaian unsur budaya. 
c. Adanya unsur-unsur budaya yang berbeda. 
 

RANGKUMAN

Kata integrasi berasal dari bahasa Inggris, integration yang artinya pembaruan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Istilah pembaruan tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu.

Beberapa definisi mengenai integrasi dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut: 
a. Paul B. Horton. Integrasi, yaitu proses pengembangan masyrakat dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara Bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.

b. Banton. Integrasi didefinisikan sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memiliki makna penting pada perbedaan ras tersebut. Hak dan kewajiban yang terkait dalam ras seseorang hanya terbatas pada bidang tertentu saja dan tidak ada sangkut pautnya dengan bidang pekerjaan atau status yang diraih dengan usaha.

c. Maurice Duverge. Integrasi adalah interpendensi (kesalingtergantungan) yang lebih rapat antarabagian-bagian dari organisme hidup atau antara anggota-anggota di dalam masyarakat.

Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli sebagai berikut: 
a. Soerjono Soekanto. Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan/atau kekerasan. 
b. Baton. Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.
c. Gilin. Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.

Integrasi sosial dapat terwujud dalam bentuk solidaritas sosial serta rasa kebersamaan antarhubungan masyarakat secara harmonis dalam melakukan Kerjasama dengan kelompok yang mempunyai sifat, sikap, dan watak yang berbeda.

Bangsa diartikan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakteristik. Bangsa terbentuk karena adanya rasa ingin Bersatu, seperti munculnya integrasi bangsa. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), integrasi bangsa diartikan sebagai penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam suatu wilayah pembentukan suatu identitas nasional.

Integrasi nasional dapat diartikan sebagai proses mempersatukan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga tercipta keserasian dan keselarasan secara nasional. Adanya berbagai budaya dan wilayah membuat Indonesia menjadi negara yang beragam. Keberagaman yang ada di Indonesia jika tidak dikelola dengan baik dapat memicu terjadinya konflik, sehingga perlu adanya integrasi untuk mengendalikan permasalahn tersebut.

Menurut Ahmadi (2009), terdapat tiga masalah yang harus dikaji untuk mencapai integrasi nasional. Ketiga masalah tersebut adalah sebagai berikut:
a. Pembauran bangsa 
b. Kerukunan antarumat beragama dan kepercayaan yang dianutnya 
c. Perubahan nilai-nilai

Indonesia terdiri atas berbagai suku, agama, budaya, sistem sosial, dan lain sebagainya. Keberagaman Indonesia berada dalam suatu semboyan Bhineka Tunggal Ika. Melalui semboyan tersebut, terjadi proses integrasi nasional dimana perbedaan yang ada dipersatukan sehingga tercipta keselarasan.

Integrasi nasional sebagai upaya penyatuan kelompok sosial dalam kesatuan wilayah Indonesia juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor pendorong integrasi nasional adalah sebagai berikut (Ranjabar, 2013):
a. Adanya perasaan senasip dan sepenanggungan 
b. Munculnya rasa cinta tanah air 
c. Adanya rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara 
d. Berkembangnya budaya gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia 
e. Adanya simbol kenegaraan dalam bentuk Garuda Pancasila, dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. 
f. Adanya keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia

Di Indonesia terdapat enam agama resmi yaitu, Islam, Kristen Katolik, Kristen, Hindu, Budha, Konghuchu. Adanya perbedaan agama yang dianut masyarakat dapat memicu munculnya konflik yang menimbulkan perpecahan. Namun, melalui sikap toleransi yang dikembangkan oleh para pemeluk agama dapat menciptakan suatu integrasi nasional. Hal ini dapat menghindari perpecahan dalam negara.
Integrasi budaya merupakan perpaduan unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga menghasilkan keserasian fungsinya dalam kehidupan masyarakat. Unsur-unsur kebudayaan tersebut dapat berupa bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup, sistem religi, serta kesenian.

Integrasi kebudayaan dapat terjadi dengan memenuhi beberapa syarat berikut: 
a. Adanya proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang berbeda 
b. adanya pola hubungan yang serasi akibat adanya proses penyesuaian unsur budaya 
c. Adanya unsur-unsur budaya yang berbeda.

Referensi: Irin Veronica Sepang, S. Pd., M. Pd. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Integrasi Sosial, Integrasi Bangsa, Integrasi Nasional Integrasi Sosial, Integrasi Bangsa, Integrasi Nasional Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Maret 23, 2022 Rating: 5

36 komentar:

  1. Nama: Annas Rafidah Mufiz
    no:6/XI C

    Apa yang dimaksud dengan integrasi sosial?

    INTEGRASI SOSIAL

    Kata integrasi berasal dari bahasa Inggris, integration yang artinya pembaruan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Istilah pembaruan tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.

    BalasHapus
  2. Nama:Fauziyyah Zulfaa Aidah
    No:20
    Kelas:XI.A

    integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.
    Beberapa definisi mengenai integrasi dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut:

    a. Paul B. Horton. Integrasi, yaitu proses pengembangan masyrakat dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara Bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.
    b. Banton. Integrasi didefinisikan sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memiliki makna penting pada perbedaan ras tersebut.
    c. Maurice Duverge. Integrasi adalah interpendensi (kesalingtergantungan) yang lebih rapat antarabagian-bagian dari organisme hidup atau antara anggota-anggota di dalam masyarakat.
    d. Soerjono Soekanto. Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan/atau kekerasan.
    e. Gilin. Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.
    f. Baton. Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    BalasHapus
  3. Aisyah Kusuma Dewi
    XI/01

    Jelaskan yang dimaksud dengan integrasi sosial !

    Integrasi sosial adalah proses penyatuan berbagai kelompok atau individu dalam masyarakat untuk menciptakan kesatuan sosial yang kuat. Integrasi sosial mendorong kerja sama, saling bertoleransi, dan memiliki rasa solidaritas antar anggota masyarakat. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti pembangunan kepercayaan, pemahaman, dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang berbeda dalam masyarakat. Dengan terciptanya integrasi sosial yang kuat, masyarakat bisa hidup secara harmonis dan damai, serta meningkatkan kesejahteraan bersama.

    BalasHapus
  4. Nama: Ananda Della Dwi Novitasari
    Nomor: 04
    Kelas: XI C
    Integrasi sosial adalah proses di mana individu-individu atau kelompok-kelompok dalam masyarakat saling berinteraksi, beradaptasi, dan membentuk hubungan yang harmonis, sehingga menciptakan kesatuan dan solidaritas dalam masyarakat. Ini melibatkan penerimaan terhadap perbedaan, saling pengertian, dan kerjasama antara berbagai elemen dalam masyarakat. Integrasi sosial mendorong kerja sama, saling bertoleransi, dan memiliki rasa solidaritas antar anggota masyarakat. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti pembangunan kepercayaan, pemahaman, dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang berbeda dalam masyarakat. Dengan terciptanya integrasi sosial yang kuat, masyarakat bisa hidup secara harmonis dan damai, serta meningkatkan kesejahteraan bersama.

    BalasHapus
  5. Nama: Kayla Nazwa Aurani
    Kelas: XID
    No: 13


    Jelaskan yg dimaksud integrasi sosial!

    Integrasi sosial merujuk pada proses atau kondisi di mana individu-individu atau kelompok-kelompok dalam masyarakat saling berinteraksi dan bersatu untuk menciptakan hubungan yang harmonis dan saling mendukung. Integrasi sosial melibatkan kesadaran akan keberagaman, toleransi, kerjasama, dan saling menghormati antara individu atau kelompok-kelompok yang berbeda dalam masyarakat.

    Integrasi sosial juga mencakup upaya untuk mengurangi ketimpangan sosial, diskriminasi, konflik, dan ketegangan antara kelompok-kelompok yang berbeda. Dengan integrasi sosial yang kuat, masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang inklusif, adil, dan damai di mana setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berpartisipasi dalam kehidupan sosial.

    Integrasi sosial memainkan peran penting dalam memperkuat solidaritas sosial, memperkuat keberagaman, dan mempromosikan perdamaian serta stabilitas dalam masyarakat. Dengan demikian, integrasi sosial merupakan aspek penting dalam membangun masyarakat yang berkelanjutan dan harmonis.

    BalasHapus
  6. Nama=Erinda Naila
    No=18
    Kls=XI C

    INTEGRASI SOSIAL

    Kata integrasi berasal dari bahasa Inggris, integration yang artinya pembaruan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Istilah pembaruan tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.

    BalasHapus
  7. Nama : Alya Putri Setyobudi
    No : 04
    Kelas : XID

    integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.
    Beberapa definisi mengenai integrasi dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut:

    Menurut Paul B. Horton. Integrasi, yaitu proses pengembangan masyrakat dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara Bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.
    Menurut Maurice Duverge. Integrasi adalah interpendensi (kesalingtergantungan) yang lebih rapat antarabagian-bagian dari organisme hidup atau antara anggota-anggota di dalam masyarakat.
    Menurut Soerjono Soekanto. Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan/atau kekerasan.
    Menurut Gilin. Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.
    Menurut Baton. Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    BalasHapus
  8. Nama : Tri Mariyani
    Kelas : XI D
    Abs : 35
    Integrasi sosial pada dasarnya muncul karena adanya kerjasama yang baik di antara sesama anggota masyarakat itu sendiri dan dapat terwujud dalam bentuk solidaritas sosial serta rasa kebersamaan antarhubungan masyarakat secara harmonis dalam melakukan kerjasama dengan kelompok yang mempunyai sifat, sikap dan watak yang berbeda.

    Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli sebagai berikut :
    a. Soejono Soekanto, integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individu / kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan yang disertai dengan suatu ancaman dan kekerasan.
    b. Baton, integrasi sosial adalah sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.
    c. Gilin, integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya dan perilaku.

    BalasHapus
  9. Novita Putri Ningrum25 Maret 2024 pukul 12.29

    Nama : Novita Putri Ningrum
    Kelas : XI D
    No :20


    SOAL :
    Jelaskan apa yang di maksud integrasi sosial?

    JAWABAN:
    Kata integrasi berasal dari bahasa Inggris, integration yang artinya pembaruan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Istilah pembaruan tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.

    Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli sebagai berikut.

    1. Soer jono Soekanto : Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan/atau kekerasan.

    2. Baton : Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    3. Gilin : Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.

    BalasHapus
  10. Nama : Putri Sholekhah
    Kelas : Xl-D
    No : 24
    Jelaskan yang dimaksud dengan intergrasi sosial!

    Integrasi sosial adalah proses di mana individu atau kelompok individu memasuki dan menjadi bagian dari suatu sistem sosial yang lebih besar. Ini melibatkan penyesuaian norma, nilai-nilai, perilaku, dan harapan dari sistem yang lebih luas tersebut. Integrasi sosial mencakup dua aspek utama: inklusi dan identitas sosial. Inklusi mengacu pada proses menerima individu atau kelompok ke dalam sistem sosial, sementara identitas sosial mengacu pada bagaimana individu atau kelompok mengidentifikasi diri mereka sebagai bagian dari sistem tersebut. Integrasi sosial penting untuk menjaga perdamaian dan kohesi sosial dalam masyarakat yang sederhana hingga yang kompleks.

    BalasHapus
  11. Ririn Anggar wati25 Maret 2024 pukul 12.30

    Nama : Ririn Anggar Wati
    Kelas : XI D
    No :30


    SOAL :
    Jelaskan apa yang di maksud integrasi sosial?

    JAWABAN:
    Kata integrasi berasal dari bahasa Inggris, integration yang artinya pembaruan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Istilah pembaruan tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.

    Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli sebagai berikut.

    1. Soer jono Soekanto : Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan/atau kekerasan.

    2. Baton : Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    3. Gilin : Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.

    BalasHapus
  12. Agita Khoirina Satiti25 Maret 2024 pukul 12.40

    Nama : Agita Khoirina Satiti
    Absen : 2
    Kelas : XI D

    Jelaskan yang dimaksud dengan integrasi sosial!
    Integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.
    Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli
    1. Soerjono Soekanto: Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individu atau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman atau kekerasan.
    2. Baton : Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.
    3. Gilin : Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.

    BalasHapus
  13. Nama : Pingky Aulia Dewi
    No Absen : 23
    Kelas : XI D

    Jelaskan apa yang dimaksud integrasi?
    =Integrasi sosial pada dasarnya muncul karena adanya kerjasama yang baik di antara sesama anggota masyarakat itu sendiri dan dapat terwujud dalam bentuk solidaritas sosial serta rasa kebersamaan antarhubungan masyarakat secara harmonis dalam melakukan kerjasama dengan kelompok yang mempunyai sifat, sikap dan watak yang berbeda.

    Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli sebagai berikut:

    a. Soejono Soekanto, integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individu / kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan yang disertai dengan suatu ancaman dan kekerasan.

    b. Baton, integrasi sosial adalah sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.
    c. Gilin, integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya dan perilaku.

    BalasHapus
  14. Nama : Ratna Dwi Yunitasari
    Kelas : XI D
    No : 26

    Integrasi sosial pada dasarnya muncul karena adanya kerjasama yang baik di antara sesama anggota masyarakat itu sendiri dan dapat terwujud dalam bentuk solidaritas sosial serta rasa kebersamaan antarhubungan masyarakat secara harmonis dalam melakukan kerjasama dengan kelompok yang mempunyai sifat, sikap dan watak yang berbeda.
    Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli sebagai berikut:
    a. Soejono Soekanto, integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individu / kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan yang disertai dengan suatu ancaman dan kekerasan.
    b. Baton, integrasi sosial adalah sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.
    c. Gilin, integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya dan perilaku.

    BalasHapus
  15. Nama:Anggun trias nurjanah
    Kelas:XI D
    No absen:06

    Integrasi sosial pada dasarnya muncul karena adanya kerjasama yang baik di antara sesama anggota masyarakat itu sendiri dan dapat terwujud dalam bentuk solidaritas sosial serta rasa kebersamaan antarhubungan masyarakat secara harmonis dalam melakukan kerjasama dengan kelompok yang mempunyai sifat, sikap dan watak yang berbeda.

    Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli sebagai berikut:

    a. Soejono Soekanto, integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individu / kelompok berusaha memenuhi untuk tujuan melawan yang disertai dengan suatu ancaman dan kekerasan.

    b. Baton, integrasi sosial adalah sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    c. Gilin, integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya dan perilaku.

    BalasHapus
  16. Nama: Kayla Nur
    Absen: 14
    Kelas : XI D


    Jelaskan yang dimaksud dengan intergrasi sosial!

    Integrasi sosial adalah proses di mana individu atau kelompok individu memasuki dan menjadi bagian dari suatu sistem sosial yang lebih besar. Ini melibatkan penyesuaian norma, nilai-nilai, perilaku, dan harapan dari sistem yang lebih luas tersebut. Integrasi sosial mencakup dua aspek utama: inklusi dan identitas sosial. Inklusi mengacu pada proses menerima individu atau kelompok ke dalam sistem sosial, sementara identitas sosial mengacu pada bagaimana individu atau mengidentifikasi kelompok diri mereka sebagai bagian dari sistem tersebut. Integrasi sosial penting untuk menjaga perdamaian dan kohesi sosial dalam masyarakat yang sederhana kompleks. hingga yang kompleks.

    BalasHapus
  17. Nama:Mella Lusita Wulan Ningrum
    No:19
    Kelas:XlD

    Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat, sehingga dapat menjadi satu kesatuan.

    BalasHapus
  18. Adelia Bunga Salsabella25 Maret 2024 pukul 13.39

    Nama : Adelia Bunga Salsabella
    No : 01
    Kelas : XI D

    Jelaskan yang dimaksud dengan integrasi sosial!

    Integrasi sosial adalah proses penyatuan berbagai kelompok atau individu dalam masyarakat untuk menciptakan kesatuan sosial yang kuat. Integrasi sosial mendorong kerja sama,saling bertoleransi, dan memiliki rasa solidaritas antar anggota masyarakat. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti pembangunan kepercayaan,pemahaman, dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang berbeda dalam masyarakat. Dengan terciptanya integrasi sosial yang kuat, masyarakat bisa hidup secara harmonis dan damai, serta meningkatkan kesejahteraan bersama.

    BalasHapus
  19. Nama : Sindi Wulandari
    No : 33
    Kls : XID

    Integrasi sosial pada dasarnya muncul karena adanya kerjasama yang baik di antara sesama anggota masyarakat itu sendiri dan dapat terwujud dalam bentuk solidaritas sosial serta rasa kebersamaan antarhubungan masyarakat secara harmonis dalam melakukan kerjasama dengan kelompok yang mempunyai sifat, sikap dan watak yang berbeda.

    Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli sebagai berikut:

    a. Soejono Soekanto, integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individu / kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan yang disertai dengan suatu ancaman dan kekerasan.

    b. Baton, integrasi sosial adalah sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.
    c. Gilin, integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya dan perilaku.

    BalasHapus
  20. Nama: Citra Anggraini
    Nomor: 13
    Kelas: XI C
    Integrasi sosial adalah proses di mana individu-individu atau kelompok- kelompok dalam masyarakat saling berinteraksi, beradaptasi, dan membentuk hubungan yang harmonis, sehingga menciptakan kesatuan dan solidaritas dalam masyarakat. Ini melibatkan penerimaan terhadap perbedaan, saling pengertian, dan kerjasama antara berbagai elemen dalam masyarakat. Integrasi sosial mendorong kerja sama, saling bertoleransi, dan memiliki rasa solidaritas antar anggota masyarakat. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti pembangunan kepercayaan, pemahaman, dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang berbeda dalam masyarakat. Dengan terciptanya integrasi sosial yang kuat, masyarakat bisa hidup secara harmonis dan damai, serta meningkatkan kesejahteraan bersama.

    BalasHapus
  21. Nama : Lucky Dermawan
    No: 24
    Kelas : XI E

    Jelaskan yang dimaksud dengan integrasi sosial!

    Integrasi sosial adalah proses penyatuan berbagai kelompok atau individu dalam masyarakat untuk menciptakan kesatuan sosial yang kuat. Integrasi sosial mendorong kerja sama, saling bertoleransi, dan memiliki rasa solidaritas antar anggota masyarakat. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti pembangunan

    kepercayaan, pemahaman, dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang berbeda dalam masyarakat. Dengan terciptanya integrasi sosial yang kuat, masyarakat bisa hidup secara harmonis dan damai, serta meningkatkan kesejahteraan bersama.

    BalasHapus
  22. Rachelina Agustin26 Maret 2024 pukul 21.05

    Nama: Rachelina Agustin
    Absen: 25
    Kelas: XI D

    Jelaskan yang dimaksud dengan integrasi sosial! Integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.

    Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli

    1. Soerjono Soekanto: Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individu atau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman atau kekerasan.

    2. Baton: Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    3. Gilin: Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan emosional, budaya, dan perilaku. fisik,

    BalasHapus
  23. Nama:sinta oktavia rahmawati
    Kelas:XIB
    Absen:25

    Integrasi sosial adalah proses di mana individu-individu atau kelompok- kelompok dalam masyarakat saling berinteraksi, beradaptasi, dan membentuk hubungan yang harmonis, sehingga menciptakan kesatuan dan solidaritas dalam masyarakat. Ini penerimaan terhadap melibatkan perbedaan, saling pengertian, dan kerjasama antara berbagai elemen dalam masyarakat. Integrasi sosial mendorong kerja sama, saling bertoleransi, dan memiliki rasa solidaritas antar anggota masyarakat. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti pembangunan kepercayaan, pemahaman, dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang berbeda dalam masyarakat. Dengan terciptanya integrasi sosial yang kuat, masyarakat bisa hidup secara harmonis dan damai, serta meningkatkan bersama. kesejahteraan

    BalasHapus
  24. Nama: Indri Risnawati Dewi
    No: 29
    Kelas: XIA

    INTEGRASI SOSIAL
    kata integrasi berasal dari bahasa Inggris, integration yang artinya pembaruan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. istilah pembaruan tersebut mengandung arti masuk ke dalam,menyesuaikan,menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dalam kamus sosiologi (Haryanta,2012). Integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan yang serasi.

    Beberapa definisi mengenai integrasi dikemukakan oleh para ahli:
    • Paul B. Hortono
    integrasi yaitu proses pengembangan masyarakat di mana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.
    • Banton
    integrasi didefinisikan sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat tetapi tidak memiliki makna penting pada perbedaan ras tersebut.
    • Maurice Duverge
    integrasi adalah interdependensi atau ke saling ketergantungan yang lebih rapat antara anggota-anggota di dalam masyarakat.
    • Soerjono Soekanto
    integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individual kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan satu ancaman dan kekerasan.
    • Gilin
    integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik emosional budaya dan perilaku.

    BalasHapus
  25. Nama : Amanda Divania Nariswari
    No : 4
    Kelas : XI-A

    integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.

    Beberapa definisi mengenai integrasi dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut:
    - Menurut Paul B. Horton. Integrasi, yaitu proses pengembangan masyrakat dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara Bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.
    - Menurut Maurice Duverge. Integrasi adalah interpendensi (kesalingtergantungan) yang lebih rapat antarabagian-bagian dari organisme hidup atau antara anggota-anggota di dalam masyarakat.
    - Menurut Soerjono Soekanto. Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan/atau kekerasan.
    - Menurut Gilin. Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.
    - Menurut Baton. Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    BalasHapus
  26. Integrasi sosial pada dasarnya muncul karena adanya kerjasama yang baik di antara sesama anggota masyarakat itu sendiri dan dapat terwujud dalam bentuk solidaritas sosial serta rasa kebersamaan antarhubungan masyarakat secara harmonis dalam melakukan kerjasama dengan kelompok yang mempunyai sifat, sikap dan watak yang berbeda.

    Adapun beberapa definisi mengenai integrasi sosial menurut para ahli sebagai berikut:

    a. Soejono Soekanto, integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individu / kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan yang disertai dengan suatu ancaman dan kekerasan.

    b. Baton, integrasi sosial adalah sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    c. Gilin, integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik,emosional,budaya dan perilaku.

    BalasHapus
  27. Nama : Desty eka pratiwi
    No : 15
    Kelas : XI C

    INTEGRASI SOSIAL
    Kata integrasi berasal dari bahasa Inggris, integration yang artinya pembaruan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Istilah pembaruan tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.

    BalasHapus
  28. Nama: Takia Putri Ramadhani
    No : 27
    Apa yang dimaksud integrasi sosial?
    Jawab:
    Merupakan proses penyesuaian diantara unsur unsur yang berbeda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.

    BalasHapus
  29. Nama: Bintang Andara putra
    Kelas:XI E
    NO.ABSEN:9

    .Jelaskan yang dimaksud dengan integrasi sosial!

    Integrasi sosial adalah proses penyatuan. berbagai kelompok atau individu dalam masyarakat untuk menciptakan kesatuan sosial yang kuat. Integrasi sosial mendorong kerja sama, saling bertoleransi, dan memiliki rasa solidaritas antar anggota masyarakat. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti pembangunan kepercayaan, pemahaman, dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang berbeda dalam masyarakat. Dengan terciptanya integrasi sosial yang kuat, masyarakat bisa hidup. secara harmonis dan damal, serta meningkatkan kesejahteraan bersama.

    BalasHapus
  30. Nama:Sherly Destiana
    No:25
    Kelas:XI-B
    integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi.

    Beberapa definisi mengenai integrasi dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut:

    a. Paul B. Horton. Integrasi, yaitu proses pengembangan masyrakat dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara Bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.

    b. Banton. Integrasi didefinisikan sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memiliki makna penting pada perbedaan ras tersebut.

    C. Maurice Duverge. Integrasi adalah interpendensi (kesalingtergantungan) yang lebih rapat antarabagian-bagian dari organisme hidup atau antara anggota-anggota di dalam masyarakat.

    d. Soerjono Soekanto. Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan/atau kekerasan.

    e. Gilin. Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.

    f. Baton. Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    BalasHapus
  31. Nama : aryaputri syafira maharani
    No: 01
    Kelas : XIB

    integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi. Beberapa definisi mengenai integrasi dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut:
    a. Paul B. Horton. Integrasi, yaitu proses pengembangan masyrakat dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara Bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.
    b. Banton. Integrasi didefinisikan sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memiliki makna penting pada perbedaan ras tersebut.
    c. Maurice Duverge. Integrasi adalah interpendensi (kesalingtergantungan) yang lebih rapat antarabagian-bagian dari organisme hidup atau antara anggota- anggota di dalam masyarakat.
    d. Soerjono Soekanto. Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan/atau kekerasan.
    e. Gilin. Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.
    f. Baton. Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    BalasHapus
  32. Nama:Elwiyar Maia Alifa
    Kelas:XI D
    No. Absen:08

    Integrasi sosial merupakan proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang berbeda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi

    BalasHapus
  33. Nama: Angella Citra Ramadhani
    No: 05
    Kelas: XI C

    Jelaskan yang dimaksud dengan integrasi sosial!

    INTEGRASI SOSIAL Kata integrasi berasal dari bahasa Inggris, integration yang artinya pembaruan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Istilah pembaruan tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara berbeda-beda unsur-unsur yang sehingga kesatuan membentuk suatu masyarakat yang serasi.

    BalasHapus
  34. Nama: Febrina Oceanda
    No: 09
    Kelas: XID

    integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi. Beberapa definisi mengenai integrasi dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut:

    a. Paul B. Horton. Integrasi, yaitu proses pengembangan masyrakat dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara Bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.

    b. Banton. Integrasi didefinisikan sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memiliki makna penting pada perbedaan ras tersebut.

    c. Maurice Duverge. Integrasi adalah interpendensi (kesalingtergantungan) yang lebih rapat antarabagian-bagian dari organisme hidup atau antara anggota-anggota di dalam masyarakat.

    d. Soerjono Soekanto. Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan/atau kekerasan.

    e. Gilin. Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.

    f. Baton. Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    BalasHapus
  35. Nama : Fira Ariska
    Kelas : XI.E
    No : 17

    Jelaskan yang dimaksud dengan integritas sosial!

    Integrasi sosial sosial merupakan merupakan penyesuaian diantara unsur-unsur yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi. Beberapa definisi mengenai integrasi dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut :
    a. Paul B. Horton, Integrasi, yaitu proses pengembangan masyrakat dimana segenap kelompok kelompok ras dan etnik mampu berperan secara bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.
    b. Banton, Integrasi didefinisikan sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memiliki makna penting pada perbedaan ras tersebut.
    c. Maurice Duverge, Integrasi adalah interpendensi (kesalingtergantungan) yang lebih rapat antara bagian-bagian dari organisme hidup atau antara anggota-anggota di dalam masyarakat.
    d. Soerjono Soekanto, Integrasi sosial adalah sebuah proses sosial individua tau kelompok untuk berusaha memenuhi tujuan melawan lawan yang disertai dengan suatu ancaman dan atau kekerasan.
    e. Gilin, Integrasi sosial adalah suatu bagian dari proses sosial yang terjadi karena suatu perbedaan fisik, emosional, budaya, dan perilaku.
    f. Baton, Integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai sebuah pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras.

    BalasHapus
  36. Nama: adimas Ramadani Saputra
    Kelas: XlE
    No:2
    Integrasi sosial adalah proses di mana individu-individu atau kelompok- kelompok dalam masyarakat saling berinteraksi, beradaptasi, dan membentuk hubungan yang harmonis, sehingga menciptakan kesatuan dan solidaritas dalam masyarakat. Ini penerimaan terhadap melibatkan perbedaan, saling pengertian, dan kerjasama antara berbagai elemen dalam masyarakat. Integrasi sosial mendorong kerja sama, saling bertoleransi, dan memiliki rasa solidaritas antar anggota masyarakat. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti pembangunan kepercayaan, pemahaman, dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang berbeda dalam masyarakat. Dengan terciptanya integrasi sosial yang kuat, masyarakat bisa harmonis dan meningkatkan kesejahteraan hidup secara damai, serta bersama

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.