Konflik Sosial - Definisi, Faktor Penyebab dan Teori Konflik

Keadaan masyarakat yang beraneka ragam dapat memicu terjadinya konflik. Konflik dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan yang dibawa oleh individu pada saat berinteraksi seperti perbedaan ciri fisik, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan dan lain sebagainya. Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan konflik sosial? Berikut penjelasan lebih jelas mengenai konflik sosial. 
 

DEFINISI KONFLIK SOSIAL 

Konflik sosial yang terjadi di masyarakat sangat beragam, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Konflik berasal dari Bahasa Latin, yaitu configure yang artinya saling memukul. Beberapa pendapat ahli tentang definisi konflik sosial antara lain:

a. Soerjono Soekanto
Konflik adalah suatu proses sosial individu atau kelompok manusia berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan yang disertai ancaman dan/atau kekerasan.

b. Robert M.Z. Lawang
Konflik adalah perjuangan untuk memperoleh nilai, status, dan kekuasaan di mana tujuan mereka tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi juga untuk menundukkan saingannya.

c. Berstein
Konflik adalah suatu pertentangan atau perbedaan yang tidak dapat dicegah. Konflik ini dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif saat melakukan interaksi dengan orang lain.

d. Ensiklopedia Nasional Indonesia
Menguraikan bahwa konflik muncul karena adamya benturan antara dua unsur dalam masyarakat yang mengharuskan salah satunya berakhir. 
 
Dalam konflik sosial terdapat beberapa pandangan yang dikemukakan oleh para tokoh. Pandangan tersebut berusaha mengidentifikasi konflik sosial. Beberapa pandangan mengenai konflik sosial yang dikutip dari Haryanto (2011) dapat kalian baca pada penjelasan selanjutnya.

a. Robbin
Robbin memandang konflik menjadi tiga bagian. Ketiga bagian tersebut antara lain:

1) Pandangan Tradisional
Pandangan ini menjelaskan bahwa konflik merupakan hal yang buruk, bersifat negatif, merugikan, dan harus dihindari. Konflik ini merupakan hasil disfungsional akibat komunikasi yang kurang baik dan kurang keterbukaan antara individu dalam masyarakat.

2) Pandangan Hubungan Manusia
Pandangan ini menyatakan bahwa konflik dianggap sebagai suatu peristiwa yang wajar terjadi dalam kelompok atau organisasi di masyarakat. Dalam kelompok atau organisasi pasti terjadi perbedaan yang dapat memicu terjadinya konflik. Oleh karena itu konflik harus dijadikan motivasi untuk melakukan perubahan dalam suatu kelompok atau organisasi.

3) Pandangan Interaksionis
Pandangan ini cenderung mendorong munculnya konflik dalam kelompok atau organisasi. Menurut pandangan ini, konflik perlu dipertahankan untuk menumbuhkan sikap kritis, kreatif, dan semangat dalam sebuah kelompok atau organisasi. 
 
b. Stoner dan Freeman
Stoner dan Freeman memberikan dua pandangan mengenai konflik sosial yaitu:

1) Pandangan Tradisional
Pandangan ini menganggap bahwa konflik dapat dihindari dengan cara meminimalisasikan munculnya konflik dalam sebuah kelompok atau organisasi. 

2) Pandangan Modern
Pandangan ini menjelaskan bahwa konflik tidak dapat dihindari. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti strustur organisasi, perbedaan tujuan, perbedaan persepsi, nilai-nilai, dan sebagainya. 
 
c. Myers
Menurut Myers pandangan terhadap konflik sosial dibagi menjadi dua, yaitu: 

1) Pandangan Tradisional
Pandangan ini menganggap konflik sebagai sesuatu yang buruk dan harus dihindari. Dalam pandangan ini menghindari adanya konflik karena dinilai sebagai faktor penyebab pecahnya suatu kelompok atau organisasi. 

2) Pandangan Kontemporer
Pandangan ini menganggap konflik merupakan suatu yang tidak dapat dihindari sebagai konsekuensi adanya interaksi manusia.

FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL

Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:  
a. Adanya perbedaan antarindividu 
b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda. 
c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok. 

TEORI-TEORI KONFLIK SOSIAL

Teori Konflik Menurut Lewis A. Coser 
Menurut Coser, konflik yang terjadi di masyarakat dikarenakan adanya kelompok lapisan bawah yang semakin mempertanyakan legitimasi dari keberadaan distribusi sumber-sumber langka (Ranjabar, 2013). Coser menilai bahwa konflik tidak selalu bersifat negatif, namun konflik dapat mempererat dan menjalin kerukunan dalam suatu kelompok. Suatu kelompok dapat berlangsung lama atau cepat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Dikutip dari Ranjabar (2013), ada tiga faktor yang mempengaruhi lama tidaknya suatu konflik di masyarakat, yaitu:
a. Luas sempitnya tujuan konflik 
b. Adanya pengetahuan maupun kekalahan dalam konflik 
c. Adanya peranan pemimpin dalam memahami biaya konflik dan persuasi pengikutnya. 
 
Konflik dapat menjaga hubungan antarkelompok dan memperkuat kembali identitas kelompok. Adapun manfaat konflik menurut Coser adalah:
a. Konflik dapat menjadi media untuk berkomunikasi. 
b. Konflik dapat memperkuat solidaritas kelompok. 
c. Konflik dengan kelompok lain dapat menghasilkan solidaritas di dalam kelompok tersebut dan solidaritas tersebut dapat mengantarkan kepada aliansi dengan kelompok lain. 
d. Konflik menyebabkan anggota masyarakat yang terisolasi menjadi berperan aktif.

Coser mengelompokkan konflik sosial menjadi dua macam, yaitu konflik realistis dan konflik non-realistis.

a. Konflik Realistis
Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), konflik realistis ialah konflik yang berasal dari kekecewaan individu atau kelompok atas tuntutan maupun perkiraan-perkiraan keuntungan yang terjadi dalam hubungan sosial. Contoh konflik realistis, misalnya para karyawan yang melakukan pemogokan kerja melawan manajemen perusahaan sebagai aksi menuntut kenaikan gaji.

b. Konflik Non-Realistik
Konflik non-realistis merupakan konflik yang bukan berasal dari tujuan-tujuan saingan yang bertentangan, melainkan dari kebutuhan untuk meredakan ketegangan (Haryanta, 2012). Sebagai contoh konflik non-realistis ialah pada masyarakat buta huruf ada ilmu gaib yang digunakan untuk melakukan pembalasan. 
 
Teori Konflik Menurut Karl Marx
Karl Marx memiliki pandangan tentang konflik sosial sebagai pertentangan kelas. Masyarakat yang berada dalam konflik dikuasai oleh kelompok dominan. Adanya pihak yang lebih dominan muncul pihak yang berkuasa dengan pihak yang dikuasai. Kedua pihak tersebut memiliki kepentingan yang berbeda atau bertentangan sehingga dapat menimbulkan konflik.

Fakta-fakta menurut pandangan teori Karl Marx (Ranjabar, 2013) antara lain: 
a. Adanya struktur kelas dalam masyarakat 
b. Adanya kepentingan ekonomi yang saling bertentangan di antara orang-orang yang berada dalam kelas yang berbeda. 
c. Adanya pengaruh yang besar dilihat dari kelas ekonomi terhadap gaya hidup seseorang. 
d. Adanya berbagai pengaruh dari konflik kelas dalam menimbulkan perubahan struktur sosial.

Karl Marx dikutip dari Haryanto (2011), menguraikan tentang adanya kelas objektif. Kelas ini dapat dibagi atas kepentingan manifes dan kepentingan laten. Oleh karena itu, setiap sistem sosial harus dikoordinasi dan mengandung kepentingan laten yang sama. Kelompok tersebut biasa dikenal dengan istilah kelompok semu. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kelompok semu adalah kelompok yang terdiri atas orang-orang yang sifatnya sementara, tanpa struktur, ikatan, kesadaran, dan aturan. Kelompok semu ini terdiri atas kelompok yang menguasai dan kelompok yang dikuasai. 
 
Teori Konflik Menurut Ralf Dahrendorf
Bagaimana pendapat Dahrendorf mengenai konflik sosial? Pada awalnya, Dahrendorf melihat teori konflik sebagai teori parsial yang digunakan untuk menganalisis fenomena sosial. Dahrendorf melihat masyarakat memiliki dua sisi yang berbeda, yaitu konflik dan kerja sama. Berdasarkan pemikiran tersebut, Dahrendorf menyempurnakan dan menganalisis dengan fungsionalisme struktural, agar mendapat teori konflik yang lebih baik.

Dehrendorf menggunakan teori perjuangan kelas Marxian untuk membangun teori kelas dan pertentangan kelas dalam masyarakat industri kontemporer. Perjuangan kelas dalam masyarakat moderen berada pada pengendalian kekuasaan. Dehrendorf mengkomunikasikan pemikiran fungsional mengenai struktur dan fungsi masyarakat dengan teori konflik antarkelas sosial. Dehrendorf tidak memandang masyarakat sebagai sebuah hal yang statis, namun dapat berubah oleh adanya konflik di masyarakat. 
 

RANGKUMAN

Konflik dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan yang dibawa oleh individu pada saat berinteraksi seperti perbedaan ciri fisik, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan dan lain sebagainya. Konflik berasal dari Bahasa Latin, yaitu configure yang artinya saling memukul.

Berikut beberapa ahli yang mendefinisikan tentang konflik.
a. Soerjono Soekanto 
b. Robert M.Z. Lawang 
c. Berstein

Dalam konflik sosial terdapat beberapa pandangan yang dikemukakan oleh para tokoh. Pandangan tersebut berusaha mengidentifikasi konflik sosial. Adapun pandangan tentang konflik sosial yang dikutip dari Haryanto (2011) adalah sebagai berikut:
a. Robbin. Robbin memandang konflik menjadi tiga bagian, yaitu: 
1) Pandangan Tradisional. Pandangan ini menjelaskan bahwa konflik merupakan hal yang buruk, bersifat negatif, merugikan, dan harus dihindari.  
2) Pandangan Hubungan Manusia. Pandangan ini menyatakan bahwa konflik dianggap sebagai suatu peristiwa yang wajar terjadi dalam kelompok atau organisasi di masyarakat. 
3) Pandangan Interaksionis. Pandangan ini cenderung mendorong munculnya konflik dalam kelompok atau organisasi. 
 
b. Stoner dan Freeman. Stoner dan Freeman membagi pandangan konflik menjadi sebagai berikut: 
1) Pandangan Tradisional.  Pandangan ini menganggap bahwa konflik dapat dihindari dengan cara meminimalisasikan munculnya konflik dalam sebuah kelompok atau organisasi. 
2) Pandangan Modern. Pandangan ini menjelaskan bahwa konflik tidak dapat dihindari. 
 
c. Myers. Menurut Myers, pandangan terhadap konflik dapat dibagi menjadi dua. Kedua pandangan tersebut adalah sebagai berikut: 
1) Pandangan Tradisional. Pandangan ini menganggap konflik sebagai sesuatu yang buruk dan harus dihindari.  
2) Pandangan Kontemporer. Pandangan ini menganggap konflik merupakan suatu yang tidak dapat dihindari sebagai konsekuensi adanya interaksi manusia. 
 
Secara umum, konflik sosial dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut: 
a. Adanya perbedaan antarindividu 
b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda. 
c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok. 
 
Menurut Coser, konflik yang terjadi di masyarakat dikarenakan adanya kelompok lapisan bawah yang semakin mempertanyakan legitimasi dari keberadaan distribusi sumber-sumber langka (Ranjabar,2013).

Tiga faktor yang mempengaruhi lama tidaknya suatu konflik di masyarakat, yaitu sebagai berikut:
a. Luas sempitnya tujuan konflik sosial 
b. Adanya pengetahuan maupun kekalahan dalam konflik 
c. Adanya peranan pemimpin dalam memahami biaya terjadinya konflik dan persuasi pengikutnya. 
 
Konflik dapat menjaga hubungan antarkelompok dan memperkuat Kembali identitas kelompok. Adapun manfaat konflik menurut Coser, adalah sebagai berikut:
a. Konflik dapat menjadi media untuk berkomunikasi. 
b. Konflik dapat memperkuat solidaritas kelompok. 
c. Konflik dengan kelompok lain dapat menghasilkan solidaritas di dalam kelompok tersebut dan solidaritas tersebut dapat mengantarkan kepada aliansi dengan kelompok lain. 
d. Konflik dapat menyebabkan anggota masyarakat yang terisolasi menjadi berperan aktif.

Coser mengelompokkan konflik sosial menjadi dua macam, yaitu konflik realistis dan konflik non-realistis.
a. Konflik Realistis 
b. Konflik Non-Realistik

Karl Marx memiliki pandangan tentang konflik sosial sebagai pertentangan kelas. Masyarakat yang berada dalam konflik dikuasai oleh kelompok dominan.

Dalam teori Karl Marx dikutip dari Ranjabar (2013) terdapat beberapa fakta sebagai berikut:
a. Adanya struktur kelas dalam masyarakat 
b. Adanya kepentingan ekonomi yang saling bertentangan di antara orang-orang yang berada dalam kelas yang berbeda. 
c. Adanya pengaruh yang besar dilihat dari kelas ekonomi terhadap gaya hidup seseorang. 
d. Adanya berbagai pengaruh dari konflik kelas dalam menimbulkan perubahan struktur sosial.

Dahrendorf melihat teori konflik sebagai teori parsial yang digunakan untuk menganalisis fenomena sosial. Dahrendorf melihat masyarakat memiliki dua sisi yang berbeda, yaitu konflik dan kerja sama. Dehrendorf menggunakan teori perjuangan kelas Marxian untuk membangun teori kelas dan pertentangan kelas dalam masyarakat industri kontemporer. Perjuangan kelas dalam masyarakat modern berada pada pengendalian kekuasaan.

Referensi: Irin Veronica Sepang, S. Pd., M. Pd. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Konflik Sosial - Definisi, Faktor Penyebab dan Teori Konflik Konflik Sosial - Definisi, Faktor Penyebab dan Teori Konflik Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Januari 05, 2022 Rating: 5

110 komentar:

  1. Nama:Desi Fitriayani
    No:10
    Kls:XI Mipa 1
    a. Adanya perbedaan antarindividu

    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk
    pribadi yang berbeda-beda.

    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmansyah
      Kelas : XI IPS 1
      No Absen : 3

      Faktor Penyebab Konflik Sosial

      1.Perbedaan antara individu-individu.

      Perbedaan pendirian dan perasaan mungkin akan melahirkan bentrokan antara mereka, terutama perbedaan pendirian dan perasasaan. Sehingga, hal ini lantas menjadi faktor penyebab konflik yang signifikan.

      2.Perbedaan kebudayaan

      Perbedaan kepribadian dari orang perorangan tergantung pula dari pola-pola kebudayaan yang menjadi latar belakang pembentukan serta perkembangan kepribadian, yang sedikit banyak akan mempengaruhi kepribadian seseorang dalam kebudayaan tersebut.
      Perbedaan kepentingan. Perbedaan

      3.Perbedaan kepentingan

      Perbedaan kepentingan antara individu maupun kelompok merupakan sumber lain dari pertentangan baik kepentingan ekonomi, politik, dan sebagainya.

      4.Perubahan sosial.

      Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat untuk sementara waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang dapat menyebabkan munculnya golongan-golongan yang berbeda pendiriannya.

      Hapus
    2. Nama : Isti'ana Widawati
      No : 20
      Kelas: XI MIPA 4

      a. Adanya perbedaan antar individu
      b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda beda
      c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

      Hapus
    3. NAMA :SITA RAHMAWATI
      KELAS: XI MIPA 4
      NO ABS : 34


      FAKTOR FAKTOR PENYEBAB KONFLIK

      Jawaban :
      1. Adanya perbedaan antar individu
      2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
      3. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

      Hapus
  2. Nama: SYAKIRA lUVITA SARI
    Kelas: Xl MIPA 01
    No:29




    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL
    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  3. Nama : Anisa Putri Jaya Wardani
    Nomer : 04
    Kelas : XI Mipa 1

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL

    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi faktor, diantaranya: beberapa
    A. Adanya perbedaan antarindividu B. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan pribadi yang berbeda-beda.
    C. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok sehingga membentuk

    BalasHapus
  4. Ummi Nur Khasanah11 Januari 2022 07.53

    Nama : Ummi Nur Khasanah
    Kelas :XI MIPA 1
    No Absen :32

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL

    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi faktor, diantaranya:
    A. Adanya perbedaan antarindividu B. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan pribadi yang berbeda-beda.
    C. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok sehingga membentuk

    BalasHapus
  5. Nama: MARDYYATUZZULFA
    Kelas: XI-MIPA 1
    No: 22
    1.adanya perbedaan antar individu
    2.adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3.adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  6. Dewi Sayekti Sutrisni11 Januari 2022 10.51

    Nama : Dewi Sayekti Sutrisni
    Kelas : X1 MIPA 2
    No.absen: 11
    Faktor penyebab terjadinya konflik sosial

    1. Adanya perbedaan antar individu
    2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  7. Nama :Ardiyana nur mukaromah
    Kelas :XI mipa 2
    No:06
    Faktor penyebab terjadinya konflik sosial?

    Jawaban :
    1. Adanya perbedaan antar individu
    2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  8. Nama:Dinda Fathira Anindita
    No :12
    Kelas :XI MIPA 2

    JAWABAN:
    1.Adanya perbedaan antar individu
    2.Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3.Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  9. NAMA :KHOIRUN NISA IZZATI
    NO :20
    KELAS :XI MIPA 1

    Sebutkan Faktor-Faktor Penyebab Konflik!
    Jawab=
    1.Adanya perbedaan antarindividu
    2.Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    3.Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  10. NAMA:RIFDAH ROSYIIDAH HAFIZHAH
    NO ABSEN:26
    KELAS:XI IPS 1
    Sebutkan faktor penyebab terjadinya konflik sosial
    1.Adanya perbedaan antar individu
    2.Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda
    3.adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  11. Nama: Delphina Ayu Zahrawati
    No:9
    Kelas: XI MIPA 3

    FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK
    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  12. Nama: Lisa Eka Rahmawati
    No : 23
    Kelas : XI MIPA 3

    ~ Faktor Penyebab Terjadinya Konflik Sosial

    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  13. Nama:Miftha Rosyida Ilmawati
    No:24
    Kelas:XI MIPA 3

    FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK
    1.Adanya perbedaan antar individu.
    2.Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda.
    3.Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  14. Nama: Nadia Laili Cahyaningtyas
    Kelas: XI MIPA 3
    No: 25

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL,
    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    A. Adanya perbedaan antar individu
    B. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    C. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dan kelompok.

    BalasHapus
  15. Nama : Krisma Pur Winnata
    Kls : XI MIPA 3
    NO: 22

    Jawab
    1. Adanya perbedaan antar individu
    2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3. Adanya perbedaan kepentingan antar individu degan kelompok

    BalasHapus
  16. Nama: Clarisa Titania Pangestika
    Kelas: XI MIPA 3
    Absen :8

    Sebutkan Faktor-Faktor penyebab konflik!

    Jawaban:
    Faktor - Faktor Penyebab Terjadinya Konflik:
    a. Adanya perbedaan antarindividu.
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk. pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan. kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  17. Nama:Devi Aulia Mutiara Nabila
    Kelas: XI MIPA 3
    No:10

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL,
    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    A. Adanya perbedaan antar individu
    B. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    C. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dan kelompok.

    BalasHapus
  18. NAMA:DYAH NAWANG WULAN
    KELAS:XI MIPA 4
    NO:12

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL

    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  19. Nama : Mia Oktaviana
    Kelas: XI IPS 1
    NO. : 18


    FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA KONFLIK:
    =>Adanya perbedaan antarindividu
    => Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    => Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  20. Nama: Kofifah Amanda Putri
    Absen: 22
    Kelas: XI MIPA 2


    Faktor-faktor terjadinya konflik:
    A. Adanya perbedaan antarindividu
    B. Adanya perbedaan latar belakang budaya sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    C. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  21. Shela Putri Nabila12 Januari 2022 18.12


    Nama : Shela Putri Nabila
    Kelas : XI MIPA 1
    NO : 27


    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:

    a. Adanya perbedaan antarindividu b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk

    pribadi yang berbeda-beda. c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shela Putri Nabila12 Januari 2022 18.14

      Nama : Shela Putri Nabila
      Kelas : XI MIPA 1
      NO : 27




      Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:

      a. Adanya perbedaan antarindividu b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
      c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

      Hapus
  22. ARNITA FITRIYANTI
    XI IPS 1
    NO ABSEN 7


    Faktor-faktor penyebab konflik :
    1. Adanya perbedaan antarindividu
    2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    3. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  23. KIARA MAWAR SARON13 Januari 2022 04.50

    FAKTOR FAKTOR PENYEBAB
    TERJADINYA KONFLIK SOSIAL

    1. Perbedaan antara individu-individu. Perbeda an pendirian dan perasaan akan melahirkan bentrokan antara individu-individu, terutama perbedaan pendirian dan perasasaan. Sehingga, hal ini lantas menjadi faktor penyebab konflik yang signifikan.  

    2. Perbedaan kebudayaan. Perbedaan kepribadian dari orang perorangan tergantung pula dari pola-pola kebudayaan yang menjadi latar belakang pembentukan serta perkembangan kepribadian, yang sedikit banyak akan mempengaruhi kepribadian seseorang dalam kebudayaan tersebut.  

    3.Perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan antara individu maupun kelompok merupakan sumber lain dari pertentangan baik kepentingan ekonomi, politik, dan sebagainya.

    4.Perubahan sosial. Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat untuk sementara waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang dapat menyebabkan munculnya golongan-golongan yang berbeda pendiriannya. 


    Nama: Kiara mawar saron
    Kelas: xi ips 1
    no absen: 17

    BalasHapus
  24. Nama : Nachwa Dewi Sekar Arij
    Kelas : XI IPS 1

    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, diantaranya :
    a. Adanya perbedaan antar individu
    b. Adanya perbedaan latar kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda beda
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  25. NAZAI RHODIATUL ANNISA13 Januari 2022 06.46

    Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Konflik Sosial
    1. Perbedaan Individu. Perbedaan Individu ini bisa berupa perbedaan dalam perasaan, bisa juga dalam pendirian maupun perbedaan pendapat.
    2. Perbedaan Kebudayaan.
    3. Perbedaan Kepentingan.
    4. Perubahan Nilai-nilai yang terlalu cepat.


    Nama : Nazai Rhodiatul Annisa
    Kelas : Xl ips 1
    No absen : 22

    BalasHapus
  26. Nama: Tania Kartika
    Kelas: XI IPS 1

    Faktor penyebab konflik:
    a.Perbedaan antar individu
    b. Perbedaan latar belakang kebudayaan
    c.Perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  27. Nama : Roficho Tullailiyah
    Kelas : XI ips 1
    No absen : 27

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL

    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  28. Nama : Oktavia Dwi Astuti
    Kelas: Xl IPS 1
    No : 24



    Faktor penyebab konflik sosial:

    1.Adanya perbedaan individu
    2.Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3.Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  29. Nama : Naufal Abiyyin
    Kelas : XI IPS 1
    No : 21
    Faktor penyebab konflik sosial: l.Adanya perbedaan individu
    2.Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3.Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  30. Nama:Nito Yudha Nugraha
    Kelas:XI Ips 1
    No:23

    Faktor penyebab konflik sosial
    1.adanya perbedaan individu
    2.adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3.adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  31. Nama: Setyo Aji Wibowo
    No: 29
    Kls: XI IPS 1

    Faktor penyebab konflik sosial:
    1. Adanya perbedaan individu
    2.adanya perbedaan layar belakang kebudayaan
    3. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  32. ALFARIZI DIMAS SAPUTRA13 Januari 2022 08.28

    Penyebab terjadinya konflik yaitu sebagai berikut:
    1. Adanya perbedaan antarindividu.
    2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk kepribadian yang berbeda-beda.
    3. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan individu.


    Nama : ALFARIZI DIMAS SAPUTRA
    Kelas : XI IPS 1
    No : 04

    BalasHapus
  33. Adi Putro Rahtomo13 Januari 2022 08.30

    FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA KONFLIK:
    1. Adanya perbedaan antarindividu
    2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    3. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  34. Nama:Evania Ivo Nadiroh
    No. :13
    Kelas: XI IPS 2



    Faktor penyebab konflik
    * adanya perbedaan antarindividu
    * adanya perberdaan latar belakang kebudayaan
    * adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  35. Penyebab terjadinya konflik
    1. adanya perbedaan antarindividu
    2. adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda berbeda
    3. adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  36. Nama: Putri Kurnianingsih
    No:23
    Kelas: XI IPS 2

    Faktor penyebab terjadinya konflik antara lain:
    1. Adanya perbedaan antarindividu.
    2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan.
    3. Adanya perbedaan kepentingan antarindividu dengan kelompok.

    BalasHapus
  37. Nama: Della Sekar Melati
    No: 9
    Kelas: XI MIPA 2

    faktor terjadinya konflik:
    a. adanya perbedaan antar individu
    b. adanya perbedaan latar belakang budaya sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    c. adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  38. Nama : Zaky Ammar An Naufal
    No : 35
    Kelas: XI MIPA 1

    Faktor Penyebab Terjadinya Konflik

    1. Perbedaan Pendirian dan Keyakinan
    2. Perbedaan Kebudayaan
    3. Perbedaan Kepentingan

    BalasHapus
  39. Nama: Yahya Yulia Putra
    No:32
    Kls:XI Mipa 3
    a. Adanya perbedaan antarindividu

    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk
    pribadi yang berbeda-beda.

    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  40. Nama : Nana Resky Aprilliana
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 23



    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya: a. Adanya perbedaan antarindividu b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda beda.

    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  41. Nama : Sifa Aryunia Putri
    No : 33
    Kelas : XI MIPA 2

    faktor terjadinya konflik :
    1. Adanya perbedaan antar individu
    2. Adanya perbedaan latar belakang budaya sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    3. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  42. Nama:Natassya Laili Fatikha A.
    Kelas: XI MIPA 2
    No:27

    Faktor terjadinya konflik

    1.adanya perbedaan antar individu
    2.adanya perbedaan latar belakang budaya sehingga membentuk pribadi yang berbeda beda
    3.adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  43. Nama : Jevita Selfiana
    Kelas : XI MIPA 2
    No.absen: 21


    Faktor-faktor terjadinya konflik

    1. Adanya perbedaan antar individu
    2. Adanya perbedaan latar belakang budaya sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    3. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  44. Nama : Muhammad Abdul Aziz
    Kelas: XI MIPA 2
    Nomer: 25

    Faktor-faktor terjadinya konflik

    - Adanya perbedaan antarindividu
    - Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    - Akan perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  45. Nama : Supra Wibowo
    No : 34
    Kelas : XI MIPA 2

    1.Sebutkan faktor-faktor penyebab konflik
    Jawaban:
    a. Adanya perbedaan antar individu.
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  46. Nama : Faroja Mutia Sari
    No:16
    Kelas: XI MIPA 1


    *adanya perbedaan antar individu.
    *adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    *adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  47. Diazvika Ayu Yudhistiana17 Januari 2022 21.37

    Nama : Diazvika Ayu Yudhistiana
    No : 12
    Kelas : XI MIPA 1

    Faktor Penyebab Terjadinya Konflik Sosial
    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa
    faktor, diantaranya:
    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang
    berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  48. Nama: Tri Nur Hayat Tuti
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 31

    Penyebab Terjadinya Konflik Sosial
    - Adanya perbedaan antar individu
    - Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    - Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  49. Nama : Fauziah Martshafa Ayu
    No./Kelas : 16/XI mipa 2

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL
    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  50. Nama:Else Duwi Lestari
    No:14
    Kelas:XI MIPA1
    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL

    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi faktor, diantaranya: beberapa
    A. Adanya perbedaan antarindividu B. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan pribadi yang berbeda-beda.
    C. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok sehingga membentuk

    BalasHapus
  51. Muhammad Rifaldy Raditya Reymon18 Januari 2022 09.42

    Nama: Mhammad Rifaldy Raditya Reymon
    No:26
    Kelas:XI MIPA 2
    - Adanya perbedaan antarindividu
    - Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    - Akan perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  52. Nama: ALDO FEBRIYAN
    Kls :XI MIPA 2
    NO :03

    - Adanya perbedaan antarindividu
    - Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    - Akan perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  53. Annisah Fitriyana18 Januari 2022 10.44

    Annisah Fitriyana
    05/XI mipa 2

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL Penyebab terjadinya konflik sosial dalam

    masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya: a. Adanya perbedaan antarindividu b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi

    yang berbeda-beda. c. Adanya perbedaan kepentingan antara

    individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  54. Nama. : EILITA YUYUN TRI CAHYANI
    No. : 13
    Kelas. : XI MIPA 2

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL Penyebab terjadinya konflik sosial dalam

    masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus


  55. Nama: Gema Kumala
    No./Kelas: 18/XI mipa 2

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL Penyebab terjadinya konflik sosial dalam

    masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang
    kebudayaan sehingga membentuk
    pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan
    antara individu dengan
    kelompok.

    BalasHapus
  56. Nama : Jevita Selfiana
    Kelas : XI MIPA 2
    No.absen : 21

    Faktor terjadinya konflik

    1. Adanya perbedaan antar individu
    2. Adanya perbedaan latar belakang budaya sehingga membentuk pribadi yang berbeda - beda
    3. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dan kelompok

    BalasHapus
  57. Nama : Letifa purwaningtyas
    kelas : XI IPA 2
    No: 23


    •Adanya perbedaan antar individu
    •Adanya perbedaan latar belakang
    kebudayaan sehingga membentuk
    pribadi yang berbeda beda
    •Akan perbedaan kepentingan antara
    individu dengan kelempok

    BalasHapus
  58. ENNOU HAPPY FINIARIE18 Januari 2022 10.48

    Nama : Ennou Happy Finiarie
    No. : 14
    Kelas : XI MIPA 2

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL

    A. Adanya perbedaan antarindividu
    B. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi
    yang berbeda-beda
    C. Adanya perbedaan kepentingan antara
    individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  59. Nama :NIKEN OCTAVIA
    kelas : XI IPA 2
    No:28


    •Adanya perbedaan antar individu
    •Adanya perbedaan latar belakang
    kebudayaan sehingga membentuk
    pribadi yang berbeda beda
    •Akan perbedaan kepentingan antara
    individu dengan kelempok

    BalasHapus
  60. Nama : Jevita Selfiana
    Kelas : XI MIPA 2
    No. Absen : 21

    Faktor penyebab terjadinya konflik
    1. Adanya perbedaan antar individu
    2. Adanya perbedaan latar belakang budaya sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    3. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  61. Nama :Rahma Nisaul Khusna
    Kelas: XI MIPA 2
    Nomer: 32

    Faktor-faktor terjadinya konflik

    - Adanya perbedaan antarindividu
    - Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    - Akan perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  62. Nama:Eva miftakhul jannah
    Kelas:Xl Ips 1
    No:13
    Faktor-faktor terjadinya konflik
    -Adanya perbedaan antarindividu
    -Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    -Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  63. Nama : Tinton Jaya Kurniawan
    No : 35
    Kelas : XI MIPA 2

    Faktor faktor terjadinya konflik
    - Adanya perbedaan antarindividu
    - Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    - Akan perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  64. Nama: Auliya Qaida Hadiningsih
    Kelas:XI MIPA 2
    No.Absen:07

    Secara umum, konflik sosial dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut:
    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  65. NAMA: RIRIN RANA BILA
    KELAS : XI MIPA 3
    NO : 30

    SEBUTKAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KONFLIK??
    JAWAB:

    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    a. Adanya perbedaan antar individu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    c. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok.

    BalasHapus

  66. Nama:Alfi Sukma Ramadhani
    No :03
    Kelas:XIMIPA3

    a. Adanya perbedaan antar individu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda beda
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus

  67. Nama : Fahma Hidhayatul Yunia
    Kelas : XI MIPA 3
    No.absen: 16



    a. Adanya perbedaan antar individu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda beda
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  68. Nama : Sinta Intan Kusuma
    Kelas : XI IPA 3
    No. Absen : 31
    Sebutkan faktor-faktor penyebab konflik?
    Jawaban :
    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya :
    ‌Adanya perbedaan antarindividu.
    ‌Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    ‌Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Sinta Intan Kusuma
      Kelas : XI IPA 3
      No. Absen : 31
      Sebutkan faktor-faktor penyebab konflik?
      Jawaban :
      Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya :
      ‌A. Adanya perbedaan antarindividu.
      ‌B. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
      C. ‌Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

      Hapus
  69. Nama : Naufal Abiyyin
    No : 21
    Kelas : XI IPS 1

    FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KONFLIK:
    1. Adanya perbedaan antar individu 2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  70. Nama : Faraneta Tarlena Vera
    No : 14
    Kelas : XI IPS 1


    Faktor penyebab terjadinya konflik sosial
    1. Adanya perbedaan antara individu
    2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda
    3. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  71. Nama : Asy Syfa Zahra Sausa
    Kelas : XI IPS 1
    No : 8

    Secara umum, konflik sosial dapat disebabkan hal-hal berikut :

    a) Adanya perbedaan antarindividu
    b) Adamya perbedaan latar belakang kebudayaan
    sehingga membentuk pribadi yang berbeda-
    beda
    c) Adanya perbedaan kepentingan antara
    individu dengan kelompok.


    BalasHapus
  72. NAMA : AVRILIA BETRIK AGMAONA
    KELAS: XI IPS 1
    NO. : 09

    JAWABAN : PENYEBAB TERJADI NYA KONFLIK SOSIAL DALAM MASYARAKAT DI LATAR BELAKANGGI BEBERAPA FAKTOR , DIANTARANYA :

    A. ADANYA PERBEDAAN ANTARINDIVIDU.
    B. ADANYA PERBEDAAN LATAR BELAKANG KEBUDAYAAN SEHINGGA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERBEDA BEDA.
    C.ADANYA PERBEDAAN KEPENTINGAN ANTAR INDIVIDU DENGAN KELOMPOK.

    BalasHapus
  73. Nama:fiya Sri lestari
    Kelas:XI Ips1
    No:15
    terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    a adanya perbedaanAntarindividu.
    b adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    C adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan Kelompok

    BalasHapus
  74. Nama : Amanda Amelia Soraya
    Kelas : XI IPS 1
    NO.absn : 5

    Soal : sebutkan faktor faktor penyebab konflik!.
    Jawaban : 1.adanya perbedaan individu
    2.adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda
    3.adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  75. Nama:Dira Bakti
    No:12
    Kelas:XI IPS 1

    Sebutkan faktor-faktor penyebab konflik?

    Jawaban :
    Faktor penyebab terjadinya konflik antara lain
    a.Adanya perbedaan individu
    b.Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    c.Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  76. Nova Dwi Prasetyo20 Januari 2022 09.47

    Nama :Nova Dwi Prasetyo
    Nomer: 22
    Kelas : XI Ips 2

    Faktor penyebab terjadinya konflik sosial antara lain:
    A. Adanya perbedaan antarindividu
    B. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    C. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  77. Nama: Imelda Rahmawati
    Kelas: X1 MIPA 2
    No:19
    Sebutkan faktor-faktor penyebab konflik!
    Secara umum, konflik sosial dapat disebabkan oleh beberapa hal:

    A. Adanya Perbedaan antarindividu
    B. Adanya Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda beda
    C. Adanya Perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  78. FRISCA APRIANISYAH IZZATY26 Januari 2022 11.03

    NAMA FRISCA APRIANISYAH IZZATY
    KELAS XI MIPA 4
    ABSEN 17

    Sebutkan faktor faktor penyebab konflik

    Jawab:
    1. Adanya perbedaan antar individu
    2. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk kepribadian yg berbeda beda
    3. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  79. Nama Derta putri f
    Kelas xl ipa 4
    Absen 9
    Jawaban
    Perbedaan Antar Individu.
    Perbedaan Antar Kebudayaan.
    Perbedaan Kepentingan.
    Perbedaan Etnis.
    Perbedaan Ras.
    Perbedaan Agama.

    BalasHapus
  80. Nama derta putri f
    Kelas xl ipa 4
    No 9
    Jawaban
    Perbedaan Antar Individu.
    Perbedaan Antar Kebudayaan.
    Perbedaan Kepentingan.
    Perbedaan Etnis.
    Perbedaan Ras.
    Perbedaan Agama.

    BalasHapus
  81. Nama : Reva Asti Ananta
    Kelas : XI IPA 4
    No : 30
    Jawaban

    1.karena adanya perbedaan pendapat antara individu
    2.perbedaan latar belakang
    3.adanya perbedaan lingkungan sehingga membuat pribadi yang berbeda

    BalasHapus
  82. Nama: Landhung Budi Wardono
    Absen: 21
    Kelas: XI MIPA 1

    A)Adanya perbedaan pendapat antar individu
    B) perbedaan latar belakang
    C)adanya perbedaan lingkungan sehingga membuat pribadi yang berbeda

    BalasHapus
  83. Nama:Rayhanda galih syah putra
    No:24
    Kelas:XI IPS2

    Faktor Penyebab Konflik

    1.Perbedaan individu, yang meliputi 2.perbedaan pendirian kemudian perasaan.
    3.Perbedaan latar belakang kebudayaan 4.sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda.
    5.Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.
    6.Perubahan-perubahan nilai yang ekspres dan mendadak dalam penduduk.
    7.Kurangnya keharmonisan dalam hal interaksi sosial.

    BalasHapus
  84. Nama:Risma nur Inayah
    Kelas:XI IPS 2
    No:25

    1.perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi pribadi yang berbeda
    2.perbedaan kepentingan Antara individu atau kelompok
    3.perubahan perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat

    BalasHapus
  85. Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    a. Adanya perbedaan antarindividu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  86. Nama: Muhammad Luthfi Ridwan
    Kelas:XI IPS2
    No :18
    Faktor"penyebab konflik
    -Adanya perbedaan antar individu
    -Adanya perbedaan latar belakang budaya sehingga membentuk pribadi yg berbeda-beda
    -Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  87. Nama : Ela Tri Oktara
    Kelas : XI IPA 3
    No :14

    1.karena adanya perbedaan pendapat antara individu
    2.perbedaan latar belakang
    3.adanya perbedaan lingkungan sehingga membuat pribadi yang berbeda

    BalasHapus
  88. Nama:Djil Jian Khusnul Khotimah
    Kelas: XI MIPA 3
    No:13
    1.karena adanya perbedaan pendapat antara individu
    2.perbedaan latar belakang
    3.adanya perbedaan lingkungan sehingga membuat pribadi yang berbeda

    BalasHapus
  89. Nama : ADISTI CITRA RAHMAWATI
    Kelas : XI MIPA 3
    No. : 1

    Faktor

    penyebab terjadinya

    konflik

    sosial antara lain:

    A. Adanya perbedaan antarindividu B. Adanya perbedaan latar belakang

    kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda

    C. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  90. Nama : Desi Lutfiana .W.
    No. : 10
    Kelas: XI MIPA 2
    - adanya perbedaan antarindividu.
    - adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    - adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  91. Nama: Romeo Gionino
    No. : 26
    Kls : XI IPS 2

    1.Karena adanya perbedaan antar individu
    2.adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3.adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  92. NAMA: ELSA APRILIA MAHARANI
    KLS:XI MIPA 4
    NO:13

    JWB
    -Perbedaan antar individu
    -perbedaan antar kebudayaan
    -perbedaan kepentingan
    -perbedaan etnis
    -perbedaan ras
    -perbedaan agama

    BalasHapus
  93. Nama : Ahmad Nur Mujahid
    Kelas : XI IPA 3


    No. Absen: 2

    Sebutkan faktor-faktor penyebab konflik?

    Jawaban:

    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:

    -Adanya perbedaan antarindividu.
    -Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    -Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  94. Nama : Muhammad Surya sejati
    Kelas:XI IPS 2
    No. :18

    Sebutkan faktor-faktor penyebab konflik?

    Jawaban:
    -Adanya perbedaan pendapat antar individu.
    -Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    -Adanya perbedaan Kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  95. Nama : Letifa purwaningtyas
    kelas: XI MIPA 2
    No : 23

    Sebutkan faktor faktor penyebab konflik!

    Jawab:

    •Adanya perbedaan pendapat antar
    individu
    • Adanya perbedaan latar belakang
    sehingga membentuk pribadi yang
    berbeda beda
    • Adanya perbedaan kepentingan
    antara individu dengan kelompok

    BalasHapus

  96. Nama: Auliya Qaida Hadiningsih
    No :07
    Kelas :XI MIPA 2

    JAWABAN:
    1.Adanya perbedaan antar individu
    2.Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
    3.Adanya perbedaan kepentingan antar individu dengan kelompok

    BalasHapus
  97. Nama :Valentino Dwi Priatama
    No :36
    Kelas:XI MIPA 4

    Faktor Penyebab Konflik:
    •Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian kemudian perasaan.
    •Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda.
    •Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.
    •Perubahan-perubahan nilai yang ekspres dan mendadak dalam penduduk.

    BalasHapus
  98. Nama:alfi sukma ramadhani
    Kelas:XIMiPA3
    No:3

    FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SOSIAL,
    Penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat dilatarbelakangi beberapa faktor, diantaranya:
    A. Adanya perbedaan antar individu
    B. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda.
    C. Adanya perbedaan kepentingan antar individu dan kelompok.

    BalasHapus
  99. Nama:Djil Jian Khusnul Khotimah
    Kelas:XI MIPA 3
    No:13

    Faktor penyebab konflik:
    •perbedaan individu yg meliputi perbedaan pendidikan kemudian perasaan
    •perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yg berbeda
    •perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok
    •perubahan-perubahan nilai yang ekspres dan mendadak dalam penduduk.

    BalasHapus
  100. NAMA:MUHAMMAD KAFAABILLAH
    KELAS:XI IPS 1
    NO:19


    Sebutkan faktor-faktor penyebab konflik?

    Jawaban :
    Faktor penyebab terjadinya konflik antara lain
    a.Adanya perbedaan individu
    b.Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    c.Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok

    BalasHapus
  101. Nama: Adisti Citra Rahmawati
    Kelas : XI MIPA 3
    No.absn : 1


    Adanya perbedaan

    antar

    individu

    latar

    belakang kebudayaan sehingga C.

    b. Adanya perbedaan

    membentuk pribadi yang

    berbeda beda

    Adanya perbedaan

    kepentingan antara individu

    dengan kelompok

    BalasHapus
  102. Nama : nia asturi a
    No : 26
    Kepas : xi mipa 4

    -jawab-

    -Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian kemudian perasaan
    -Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda
    -Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok
    -Perubahan-perubahan nilai yang ekspres dan mendadak dalam penduduk

    BalasHapus
  103. Nama : Nokhaita
    Kelas : XI MIPA 3
    No : 26

    Sebutkan faktor-faktor penyebab konflik?
    Jawab :
    Faktor penyebab terjadinya konflik antara lain :
    a. Adanya perbedaan individu
    b. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda-beda
    c. Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  104. Nama : Chesa Amanda Setya Putri
    No : 09
    Kelas : XI IPS 2


    FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK
    1.Adanya perbedaan antar individu.
    2.Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda.
    3.Adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok.

    BalasHapus
  105. Nama : Andika Tama
    No: 04
    Kelas : X1 1PA 3
    Faktor - faktor Penyebab konflik
    Perbedaan pendirian dan keyakinan orang
    Perbedaan kebudayaan
    Perbedaan kepentingan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.