Konflik Sosial - Dampak Positif dan Negatif

Konflik yang ada di masyarakat dapat memberikan dampak bagi warga masyarakat.  Apa saja dampak konflik sosial bagi masyarakat? Supaya kalian mengerti tentang dampak konflik, ayo baca dengan seksama semua materinya.

DAMPAK POSITIF 

Konflik sosial yang kalian temui di lingkungan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Menurut Harskamp (2005), dijelaskan bahwa konflik yang ada di masyarakat dianggap sebagai perjuangan dari nilai-nilai atau status, kekuasaan, dan sumber daya yang dapat memenuhi fungsi-fungsi positif, antara lain:
a. Konflik dapat mendamaikan kelompok-kelompok yang saling bersaing 
b. Mengarahkan pihak-pihak yang sedang berjuang untuk mengekspresikan identitas mereka sendiri. 
b. Mengurangi ketidakpastian dengan menjaga batas-batas kelompok. 
c. Mendorong suatu kelompok untuk mencari nilai-nilai dasar. 
 
Darwin, Freud, dan Mark yang dikutip dari Pruitt (2011), menguraikan fungsi positif dari adanya konflik adalah sebagai berikut:

a. Memfasilitasi Tercapainya Rekonsiliasi dari Berbagai Kepentingan
Konflik yang terjadi di masyarakat tidak selalu berakhir dengan kemenangan di salah satu pihak yang sedang berkonflik. Namun, konflik dapat berakhir dengan kesepakatan yang menguntungkan dan memberikan manfaat kolektif kepada dua belah pihak yang berkonflik. Sebagai contohnya, masalah antara Mesir dan Israel, konflik antara pihak penjual dan pihak produksi, dan lain sebagainya.

b. Sebagai Tempat Awal Terjadinya Perubahan Sosial
Individu yang menganggap situasi yang dihadapi tidak adil dan menganggap bahwa kebijakan yang berlaku saat ini tidak sesuai biasanya akan mengalami pertentangan dengan aturan yang berlaku sebelumnya. Individu tersebut akan me;lakukan perubahan sosial.

c. Konflik Dapat Mempererat Persatuan Kelompok
Menurut Coser dikutip dari Pruitt (2011) menujelaskan bahwa solidaritas kelompok akan menurun jika tidak ada kapasitas perubahan sosial dan rekonsiliasi atas kepentingan individu yang berbeda. Oleh karena itu, adanya konflik dapat mendorong rasa solidaritas suatu kelompok.

Secara umum dampak positif dari adanya konflik di masyarakat antara lain: 
a. Konflik dapat membantu menghidupkan kembali norma-norma lama dan menciptakan norma baru. 
b. Konflik merupakan jalan untuk mengurangi ketergantungan antarindividu dan kelompok. 
c. Konflik meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok yang sedang mengalami konflik dengan kelompok lain. Konflik memunculkan sebuah kompromi baru apabila pihak yang berkonflik berada dalam kekuatan seimbang. 
d. Konflik dapat memperjelas aspek-aspek kehidupan yang belum jelas atau masih belum tuntas ditelaah. 
e. Konflik memungkinkan adanya penyesuaian kembali norma-norma, nilai-nilai, serta  
f. hubungan-hubungan sosial dalam kelompok bersangkutan dengan kebutuhan individu atau kelompok. 
g. Konflik dapat berfungsi sebagai sarana untuk mencapai keseimbangan antara kekuatan-kekuatan yang ada di dalam masyarakat. 
 

DAMPAK NEGATIF

Konflik sosial selain memiliki dampak positif juga ada dampak negatif. Adapun dampak negatif adanya konflik sosial adalah:

a. Perpecahan
Adanya konflik sosial di masyarakat dapat menimbulkan perpecahan di lingkungan masyarakat. Sebagai contohnya, konflik antarkelompok dalam pembagian hasil. Salah satu individu memperoleh hasil yang lebih besar dibandingkan individu lainnya sehingga muncul konflik. Konflik dalam kelompok tersebut dapat mempengaruhi kerukunan dan kenyamanan anggota kelompok, bahkan menimbulkan perpecahan antaranggota kelompok. Konflik tersebut muncul karena adanya ketidakadilan dalam pembagian hasil.

b. Permusuhan
Permusuhan dapat terjadi jika konflik tidak dapat diselesaikan dengan baik. Konflik tersebut dapat terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Begitu juga dengan permusuhan dapat terjadi pada individu satu dengan individu yang lain. Sebagai contohnya, konflik antarkelompok dalam memperebutkan tanah. Konflik sengketa tanah seperti pada gambar di bawah, dapat menimbulkan permusuhan antarkelompok. Hal ini dikarenakan, antarkelompok saling memperjuangkan hak untuk memperoleh tanah mereka. Oleh karena itu perlu ada pihak ketiga untuk memberi solusi dan mendamaikan konflik tersebut.

c. Kekerasan
Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok, dimana secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.

d. Perubahan Kepribadian
Perubahan kepribadian dalam diri seseorang dapat terjadi akibat adanya konflik. Hal ini dikarenakan adanya gangguan dalam hubungan sosial maupun adanya rasa kekecewaan dalam diri seseorang. Oleh karena itu, individu yang mengalami tekanan secara psikologis dapat melakukan perubahan kepribadiannya. Sebagai contohnya, seorang anak yang kedua orangtuanya bercerai.

e. Jatuhnya Korban
Konflik sosial yang terjadi di masyarakat dapat menjatuhkan korban. Jatuhnya korban dapat berupa harta benda, berbagai sarana dan prasarana, bahkan nyawa seseorang. Konflik yang ada di masyarakat sangat beragam, seperti konflik terbuka, konflik individual, konflik tertutup, dan sebagainya, yang sudah kalian pelajari pada kegiatankegiatan pembelajaran sebelumnya Seperti yang telah diuraikan pada pertemuan sebelumnya, pihak-pihak yang berkonflik akan melakukan berbagai cara untuk saling mengalahkan. Bahkan, suatu individua tau kelompok dapat melukai dan menyerang pihak lawan dengan menggunakan tindakan kekerasan. Supaya kalian mengerti tentang perbedaan konflik dan kekerasan, ayo baca dengan seksama semua materinya.
 

KEKERASAN SEBAGAI DAMPAK KONFLIK SOSIAL 

Definisi Kekerasan 

Kekerasan berasal dari Bahasa Inggris, yaitu violence yang artinya kekuasaan atau berkuasa. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat. Pada umumnya, kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain, seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, dan sebagainya. Pada dasarnya, kekerasan diartikan sebagai perilaku, baik disengaja atau tidak disengaja yang ditunjukkan untuk melukai atau mencederai orang lain, baik serangan fisik, mental, maupun sosial. Tindakan kekerasan tersebut tentu bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Macam-macam Kekerasan 

Dalam kehidupan masyarakat, sering dijumpai adanya Tindakan kekerasan. Tindakan kekerasan sepertinya telah melekat dalam kehidupan masyarakat. Tahukah kalian macam-macam kekerasan yang ada di masyarakat? Adapun macam-macam kekerasan adalah sebagai berikut:
 

Perbedaan antara Kekerasan dan Konflik Sosial 

Dilihat dari bentuknya, kekerasan dapat dibedakan menjadi:

1) Kekerasan Fisik
Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan Kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa. Sebagai contohnya, penganiayaan, pemukulan, pembunuhan, dan sebagainya.

2) Kekerasan Struktural
Kekerasan struktural dilakukan oleh individu atau kelompok dengan menggunakan sistem, hukum, ekonomi, dan tata kebiasaan yang ada di masyarakat. Kekerasan yang sifatnya struktural sulit untuk dikenali karena menimbulkan ketimpangan-ketimpangan pada sumber daya, Pendidikan, pendapatan, kepandaian, keadilan, serta wewenang untuk mengambil keputusan. Adapun pihak yang bertanggung jawab atas adanya kekerasan struktural ialah negara, karena negara memiliki wewenang untuk melakukan perubahan struktural dalam masyarakat. Sebagai contohnya, hilangnya rumah warga karena lumpur panas Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur.

3) Kekerasan Psikologis
Kekerasan psikologis merupakan kekerasan yang ditujukan pada rohani atau jiwa, sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan kemampuan jiwa seseorang. Sebagai contohnya, kebohongan, ancaman, tekanan, dan lain sebagainya.

Berdasarkan Pelakunya 

Berdasarkan pelakunya, kekerasan dapat dibedakan sebagai berikut: 
1) Kekerasan Individual. Kekerasan individual dilakukan oleh individu kepada individu lainnya. Sebagai contohnya, kasus pencurian, penjambretan, pemukulan, dan penganiayaan. 
2) Kekerasan Kolektif. Berbeda dengan kekerasan individual, kekerasan kolektif dilakukan oleh kelompok atau massa atau sekelompok individu. Sebagai contohnya, tawuran pelajar, kasus Sampit, Poso, serta contoh-contoh yang lainnya.

Perbedaan antara Kekerasan dan Konflik 

Kekerasan yang ada di masyarakat dapat terjadi beriringan dengan adanya konflik. Di lingkungan masyarakat, selalu dijumpai adanya konflik. Dengan demikian, kamu harus dapat membedakan antara konflik dengan kekerasan. Untuk lebih jelasnya, pahami dan cermati tabel di bawah ini! 


RANGKUMAN

Kekerasan berasal dari Bahasa Inggris, yaitu violence yang artinya kekuasaan atau berkuasa. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat. Pada umumnya, kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain, seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, dan sebagainya. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa.

Kekerasan struktural dilakukan oleh individu atau kelompok dengan menggunakan sistem, hukum, ekonomi, dan tata kebiasaan yang ada di masyarakat. Kekerasan yang sifatnya struktural sulit untuk dikenali karena menimbulkan ketimpangan-ketimpangan pada sumber daya, Pendidikan, pendapatan, kepandaian, keadilan, serta wewenang untuk mengambil keputusan. Kekerasan psikologis merupakan kekerasan yang ditujukan pada rohani atau jiwa, sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan kemampuan jiwa seseorang. Kekerasan kolektif dilakukan oleh kelompok atau massa atau sekelompok individu. Kekerasan yang ada di masyarakat dapat terjadi beriringan dengan adanya konflik. Di lingkungan masyarakat, selalu dijumpai adanya konflik. Dengan demikian, kamu harus dapat membedakan antara konflik dengan kekerasan.

Referensi: Irin Veronica Sepang, S. Pd., M. Pd. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Konflik Sosial - Dampak Positif dan Negatif Konflik Sosial - Dampak Positif dan Negatif Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Januari 26, 2022 Rating: 5

82 komentar:

  1. Aisyah Kusuma Dewi
    XI C/01

    Jelaskan perbedaan kekerasan dengan konflik!
    Kekerasan dan konflik adalah dua hal yang berbeda namun sering kali terkait dalam konteks hubungan sosial atau politik, perbedaan kekerasan dengan konflik sebagai berikut:
    - Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.
    - Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  2. Nama : Desty eka pratiwi
    Kelas : XI C
    No : 15


    Perbedaan antara Konflik dan Kekerasan yaitu :

    *Konflik*
    • Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    • Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan..
    • Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,
    • Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    *kekerasan*
    • Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    • Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    • Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    • Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  3. nama :Annas Rafidah Mufiz
    no:6
    kelas: XI C

    Jelaskan perbedaan kekerasan dengan konflik! Kekerasan dan konflik adalah dua hal yang berbeda namun sering kali terkait dalam konteks hubungan sosial atau politik, perbedaan kekerasan dengan konflik sebagai berikut:

    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda

    BalasHapus
  4. Agita Khoirina Satiti5 Februari 2024 pukul 09.20

    Nama : Agita Khoirina Satiti
    Absen : 02
    Kelas : XI D

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    KONFLIK
    Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.
    KEKERASAN
    Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    Perbedaan antara Konflik dan Kekerasan
    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari
    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  5. Nama: NUR MILLAH
    Nomor absen: 22
    Kelas: XI D

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    Jawab:
    KEKERASAN
    Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    KONFLIK
    Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK:

    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.

    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.

    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.

    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan penaklukan pesaingnya.

    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan

    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,

    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  6. Nama: Salsabila Nur Hasanah
    No: 21
    Kelas: XI B

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik

    Kekerasan
    Kekerasan berasal dari Bahasa Inggris, yaitu violence yang artinya kekuasaan atau berkuasa. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat. Pada umumnya, kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain, seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, dan sebagainya. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa. Kekerasan tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesat, kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban, agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis, bukan pembawaan manusia memiliki tingkat destruktifan yang berbeda-beda.

    Konflik
    Konflik sosial yang terjadi di masyarakat sangat beragam, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Konflik berasal dari Bahasa Latin, yaitu configure yang artinya saling memukul. Konflik biasanya memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya, memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan, hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif, sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  7. Nama: Kayla Nazwa Aurani
    No: 13
    Kelas: XI D

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    Jawab:
    KONFLIK
    Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.
    KEKERASAN
    Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK:
    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan penaklukan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  8. Novita Putri Ningrum5 Februari 2024 pukul 11.15

    Nama: Novita Putri Ningrum
    No: 20
    Kelas: XI D

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    JAWABAN

    Konflik : Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    Kekerasan : Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK:
    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan penaklukan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  9. Nama: Citra Anggraini
    No: 13
    Kelas: XI C

    Jelaskan perbedaan kekerasan dengan konflik! Kekerasan dan konflik adalah dua hal yang berbeda namun sering kali terkait dalam konteks hubungan sosial atau politik, perbedaan kekerasan dengan konflik sebagai berikut:

    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda

    BalasHapus
  10. Nama : Fira Ariska
    Kelas : XI.E
    No :17


    Jelaskan perbedaan antara kekesaran dan konflik :
    -Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok, dimana secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.
    -Sedangkan konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidak sepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    Contoh perbedaan kekerasan dan konflik:
    1. Konflik memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya, sedangkan kekerasan tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Konflik memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan, sedangkan kekerasan kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Konflik adalah hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif, sedangkan kekerasan adalah agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Konflik sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari, sedangkan kekerasan bukan pembawaan manusia tingkat kedestruktifannya yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  11. Nama : Takia putri ramadhani
    Kelas : XI B
    JELASKAN PERBEDAAN ANTARA KONFLIK DENGAN KEKERASAN!
    Jawab:
    A. Konflik
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi yang bersifat negatif / disosiatif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.
    Sedangkan

    B. Kekerasan
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya menigkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agresi jahat yang tidak terpogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifannya yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  12. Nama : Azmi Nuriani
    No absen: 09
    Kelas : Xl.C

    perbedaan antara kekerasan dan konflik

    -kekerasan
    Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat

    -konflik
    konflik adalah percekcokan, perselisihan, dan pertentangan. Konflik sosial adalah pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan.

    BalasHapus
  13. NAMA : PUTRI SHOLEKHAH
    KELAS : XI-D
    NO ABSEN : 24

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    Konflik sosial adalah pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan. Konflik berasal dari kata kerja latin "configere" yang artinya saling memukul.
    Sedangkan kekerasan adalah perbuatan seseorang atau kelompok orang yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain atau menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain.
    Perbedaan konflik dan kekerasan :
    1. Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum. Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dipengaruhi oleh keinginan untuk menghancurkan pihak lain, sementara kekerasan dipengaruhi oleh dorongan nafsu saja.
    2. Jika ditelaah, perbedaan konflik dan kekerasan sangat jelas, cara penanganan yang tidak sama. Konflik lebih berorientasi pada perselisihan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Sedangkan kekerasan berorientasi pada hasrat untuk menghancurkan pihak yang lebih lemah.
    3. Konflik bertujuan memperoleh kemenangan dan menghancurkan pesaingnya, sedangkan kekerasan tidak memiliki tujuan dan muncul karena dorongan nafsu.

    BalasHapus
  14. Nama : Adelia Bunga Salsabella
    No : 01
    Kelas : XI D
    Jelaskan perbedaan kekerasan dengan konflik!
    Kekerasan dan konflik adalah dua hal yang berbeda namun sering kali terkait dalam konteks hubungan sosial atau politik, perbedaan kekerasan dengan konflik sebagai berikut:
    - Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.
    - Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda

    BalasHapus
  15. Nama : Aprilia Devi Lestari
    Absen : 07
    Kelas : XI D

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    KONFLIK
    Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.
    KEKERASAN
    Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    Perbedaan antara Konflik dan Kekerasan
    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari
    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  16. Jelaskan perbedaan kekerasan dengan konflik!

    Nama=Erinda Naila
    No=18
    Kls=Xl C

    Kekerasan dan konflik adalah dua hal yang berbeda namun sering kali terkait dalam konteks hubungan sosial atau politik, perbedaan kekerasan dengan konflik sebagai berikut:

    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    - Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  17. Nama: Angella Citra Ramadhani
    Kelas : XI C
    No: 05

    Perbedaan antara Konflik dan Kekerasan yaitu:

    *Konflik*
    • Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan pesaingnya. dan menaklukkan
    • Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan..
    • Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,
    • Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    *kekerasan*
    • Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    • Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    • Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    • Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  18. Nama: Ananda Della Dwi Novitasari
    Nomor: 04
    Kelas: XI C

    perbedaan konflik dan kekerasan sangat jelas, cara penanganan yang tidak sama. Konflik lebih berorientasi pada perselisihan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Sedangkan kekerasan berorientasi pada hasrat untuk menghancurkan pihak yang lebih lemah

    BalasHapus
  19. Nama : Amanda Divania Nariswari
    No : 4
    Kelas : XI A

    Konflik : Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.
    Kekerasan : Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK:
    • KEKERASAN :
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.
    • KONFLIK :
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan penaklukan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  20. Nama : Hanifah Rohadatul Aisy
    No : 26
    Kelas : XI A

    Perbedaan konflik dan kekerasan sangat jelas, cara penanganan yang tidak sama.
    Konflik lebih berorientasi pada perselisihan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
    Sedangkan kekerasan berorientasi pada hasrat untuk menghancurkan pihak yang lebih lemah.

    PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK:
    • KEKERASAN :
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.
    • KONFLIK :
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan penaklukan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  21. Nama: Rachelina Agustin
    Nomor absen: 25
    Kelas: XID


    KONFLIK
    Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    KEKERASAN
    Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK:

    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan penaklukan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  22. Nama : Salma Aulia
    No. : 32
    Kelas.:XI D

    Jelaskan perbedaan kekerasan dengan konflik! Kekerasan dan konflik adalah dua hal yang berbeda namun sering kali terkait dalam konteks hubungan sosial atau politik, perbedaan kekerasan dengan sebagai berikut: konflik

    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda

    BalasHapus
  23. NAMA :Wanda Dwi A
    Kelas:XID
    Nmr absen:36

    Jelaskan perbedaan kekerasan dengan konflik!

    Kekerasan dan konflik adalah dua hal yang berbeda namun sering kali terkait dalam konteks hubungan sosial atau politik, perbedaan kekerasan dengan konflik sebagai berikut:

    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    - Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  24. Nama =MAWAR AYU ASSYIFA
    No AB = 18
    Kelas = XI D

    PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK:

    • KEKERASAN:

    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.

    -Kedestruktifannya meningkat seiring

    dengan perkembangan peradaban.

    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.

    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    • KONFLIK:

    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan penaklukan pesaingnya.

    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan

    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,

    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  25. Nama: Nafisa Mufidzati
    No: 13
    Kelas: XI B

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    Kekerasan:
    kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresif dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain, seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, dan sebagainya.kekerasan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa.

    Konflik:
    Konflik sosial yang terjadi di masyarakat sangat beragam, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Konflik memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.

    BalasHapus
  26. Nama:Fauziyyah Zulfaa Aidah
    No:20
    Kelas:XI.A

    Jelaskan perbedaan kekerasan dengan konflik!
    Kekerasan dan konflik adalah dua hal yang berbeda namun sering kali terkait dalam konteks hubungan sosial atau politik, perbedaan kekerasan dengan konflik sebagai berikut:

    •Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    •Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  27. Nama: Lintang raras Anindita

    Kelas : XIC

    JELASKAN PERBEDAAN ANTARA KONFLIK DENGAN KEKERASAN!

    Jawab:

    A. Konflik

    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.

    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong perubahan. adanya suatu

    3. Hasil proses interaksi yang bersifat negatif/disosiatif.

    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari. Sedangkan

    B. Kekerasan

    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat keinginan sesaat. atau

    2. Kedestruktifannya menigkat seiring dengan perkembangan peradaban.

    3. Agresi jahat yang tidak terpogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.

    4. Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifannya yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  28. Nama: Lucky Dermawan
    No: 24
    Kelas:XI E

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    Kekerasan:
    kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresif dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain, seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, sebagainya.kekerasan dan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa.

    Konflik:
    Konflik sosial yang terjadi di masyarakat sangat beragam, baik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Konflik memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.

    BalasHapus
  29. Nama : Salma Aulia
    No : 32
    Kelas : XI D

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik

    Kekerasan

    Kekerasan berasal dari Bahasa Inggris, yaitu violence yang artinya kekuasaan atau berkuasa. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat. Pada umumnya, kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain, seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, dan sebagainya. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa. Kekerasan tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesat, kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban, agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis, bukan pembawaan manusia memiliki tingkat destruktifan yang berbeda-beda.

    Konflik

    Konflik sosial yang terjadi di masyarakat sangat beragam, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Konflik berasal dari Bahasa Latin, yaitu configure yang artinya saling memukul. Konflik biasanya memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya, memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan, hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif, sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  30. Nama : Cinta Fajar Dwi Maryani
    Nomer : 12
    Kelas: XIC
    • Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    • Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  31. Kelas:XI C
    No.absen:03
    Perbedaan antara konflik dan kekerasan
    KEKERASAN

    Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.

    Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.

    Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.

    Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    KONFLIK

    Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.

    Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.

    Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.

    Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  32. Nama: Dedi Kurniawan
    Nomer: 12
    Kelas: XIE

    • Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    •Konflik: Konflik merujuk perbedaan pendapat pada atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  33. Nama:Elwiyar Maia Alifa
    Kelas:XI D
    No. Absen:08

    •Kekerasan: kekerasan merujuk pada penggunaan kekuasaan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau pun secara mental
    •Konflik: konflik merujuk perbedaan pendapat pada atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda

    BalasHapus
  34. Nama : Alya Putri S
    No : 04
    Kelas : XI D

    • Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.
    • Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  35. NAMA :cindi aprian bakdania permata sari
    KELAS: XI C
    NO ABSEN :11
    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    •konflik
    Konflik adalah ketidaksepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan ,tujuan,atau pandangan yang berbeda.dan biasanya terjadinya konflik akibat perbedaan pandangan,tujuan atau kepentingan yang ingin di capai.
    -contohnya :pemilihan presiden sering terjadi konflik antara pendukung 01,02,dan 03

    •kekerasan
    Kekerasan adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari atau menyakiti orang lain secara fisik dan emosional .
    -contohnya:kekerasan dalam rumah tangga ,kekerasan di sekolah ,dan penganiayaan.

    BalasHapus
  36. Nama: Dita Nur Pratiwi
    Kelas :XI C
    No absn: 17


    *Kekerasan:*
    Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau kekuatan fisik untuk menyakiti, merugikan, atau membahayakan orang atau properti. Ini bisa terjadi dalam berbagai konteks, termasuk antara individu, kelompok, atau negara. Kekerasan dapat bersifat fisik, verbal, atau psikologis, dan seringkali merupakan cara yang tidak efektif untuk menyelesaikan konflik.

    *Konflik:*
    Konflik, di sisi lain, merujuk pada perbedaan pendapat, nilai, atau kepentingan antara individu atau kelompok. Konflik tidak selalu melibatkan kekerasan; sebaliknya, itu bisa diatasi melalui dialog, negosiasi, atau proses penyelesaian sengketa. Konflik dapat muncul di berbagai tingkat, mulai dari konflik interpersonal hingga konflik antar-negara.

    BalasHapus
  37. Nama : Ririn Anggar Wati
    Kls : XID
    No.abs : 30

    Kekerasan:
    kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresif dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain, seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, sebagainya.kekerasan dan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa.

    Konflik:
    Konflik sosial yang terjadi di masyarakat sangat beragam, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Konflik memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan pesaingnya.Memiliki menaklukkan dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.

    BalasHapus
  38. Nama:sinta oktavia rahmawati
    Kelas:XIB

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    •konflik adalah ketidaksepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan tujuan,atau pandangan yang berbeda.dan biasanya terjadinya konflik akibat perbedaan pandangan,tujuan atau kepentingan yang ingin di capai.
    -contohnya pemilihan presiden sering terjadi konflik antara pendukung 01,02,dan 03


    Kekerasan adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari atau menyakiti orang lain secara fisik dan emosional.

    -contohnya:kekerasan dalam rumah tangga kekerasan di sekolah,dan penganiayaan.

    BalasHapus
  39. Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik

    -konflik adalah ketidaksepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan tujuan atau pandangan yang berbeda dan biasanya terjadi konflik akibat perbedaan pandangan tujuan atau kepentingan yang ingin dicapai
    -contohnya pemilihan presiden sering terjadi konflik antar pendukung 01,02 dan 03

    -kekerasan adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu menyakiti orang lain secara fisik dan emosional
    -contohnya kekerasan dalam rumah tangga kekerasan di sekolah dan penganiayaan

    BalasHapus
  40. nama: Kevin aditya pratama
    no: 8
    kelas: xi b

    •Kekerasan:
    Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau kekuatan fisik untuk menyakiti, merugikan, atau membahayakan orang atau properti. Ini bisa terjadi dalam berbagai konteks, termasuk antara individu, kelompok, atau negara. Kekerasan dapat bersifat fisik, verbal, atau psikologis, dan seringkali merupakan cara yang tidak efektif untuk menyelesaikan konflik.

    •Konflik:
    Konflik, di sisi lain, merujuk pada perbedaan pendapat, nilai, atau kepentingan antara individu atau kelompok. Konflik tidak selalu melibatkan kekerasan; sebaliknya, itu bisa diatasi melalui dialog, negosiasi, atau proses penyelesaian sengketa. Konflik dapat muncul di berbagai tingkat, mulai dari konflik interpersonal hingga konflik antar-negara.

    BalasHapus
  41. Nama: Vika Nur hayati
    No: 30
    Kelas : XIB
    •konflik adalah ketidaksepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan tujuan, atau pandangan yang berbeda.dan biasanya terjadinya konflik akibat perbedaan pandangan,tujuan atau kepentingan yang ingin di capai.

    -contohnya pemilihan presiden sering terjadi konflik 01,02,dan 03 antara pendukung

    Kekerasan adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari atau menyakiti orang lain secara fisik dan emosional.

    -contohnya:kekerasan tangga kekerasan penganiayaan. dalam rumah di sekolah,dan penganiayaan

    BalasHapus
  42. Nama: Kayla nur
    Absen: 14
    Kelas : XID
    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    konflik adalah ketidaksepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan tujuan,atau pandangan yang berbeda.dan biasanya terjadinya konflik akibat perbedaan pandangan,tujuan atau kepentingan yang ingin di capai.

    -contohnya pemilihan presiden sering terjadi konflik antara pendukung 01,02,dan 03

    Kekerasan adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari atau menyakiti orang lain secara fisik dan emosional.

    -contohnya:kekerasan rumah tangga dalam kekerasan sekolah, dan penganiayaan.

    BalasHapus
  43. Nama: Ratna Dwi Yunitasari
    Kelas : XI D

    Kekerasan:
    kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresif dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain, seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, sebagainya.kekerasan dan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa.

    Konflik:
    Konflik sosial yang terjadi di masyarakat sangat beragam, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Konflik memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan pesaingnya.Memiliki menaklukkan dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.

    BalasHapus
  44. Nama : KAYLA INDIRASHYA
    Kelas : XID
    NO : 12

    Perbedaan antara konflik dan kekerasan

    KEKERASAN
    Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    KONFLIK
    Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan pesaingnya. dan menaklukkan
    Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  45. NAMA: YASINTA MS
    KELAS: XIB/32

    Konflik: Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    Kekerasan: Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.

    BalasHapus
  46. Nama : Kesya Centifolia
    Kelas : XI D
    No. Absen : 15

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    konflik adalah ketidaksepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan tujuan,atau pandangan yang berbeda.dan biasanya terjadinya konflik akibat perbedaan pandangan,tujuan atau kepentingan yang ingin di capai.
    -contohnya pemilihan presiden sering terjadi konflik antara pendukung 01,02,dan 03

    Kekerasan adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari atau menyakiti orang lain secara fisik dan emosional.
    -contohnya:kekerasan rumah tangga dalam kekerasan sekolah, dan penganiayaan.

    BalasHapus
  47. Nama : aryaputri syafira m
    Kelas : XIB

    Kekerasan:
    Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau kekuatan fisik untuk menyakiti, merugikan, atau membahayakan orang atau properti. Ini bisa terjadi dalam berbagai konteks, termasuk antara individu, kelompok, atau negara. Kekerasan dapat bersifat fisik, verbal, atau psikologis, dan seringkali merupakan cara yang tidak efektif untuk menyelesaikan konflik.

    Konflik:
    Konflik, di sisi lain, merujuk pada perbedaan pendapat, nilai, atau kepentingan antara individu atau kelompok. Konflik tidak selalu melibatkan kekerasan; sebaliknya, itu bisa diatasi melalui dialog, negosiasi, atau proses penyelesaian sengketa. Konflik dapat muncul di berbagai tingkat, mulai dari konflik interpersonal hingga konflik antar- negara.

    BalasHapus
  48. Nama: Febrina Oceanda
    No: 09

    Kekerasan:

    • Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat

    Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban. • Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif

    biologis Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-

    beda.

    Konflik:

    • Memiliki tujuan untuk memperoleh

    BalasHapus
  49. Nama: Sabrina Citra Aulia
    Kelas: XIE
    Nomer: 33

    Jelaskan perbedaan kekerasan dan konflik! antara

    konflik adalah ketidaksepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan tujuan, atau pandangan yang berbeda.dan biasanya terjadinya konflik akibat perbedaan pandangan, tujuan atau kepentingan yang ingin di capai.

    -contohnya pemilihan presiden sering terjadi konflik antara pendukung 01,02,dan 03

    Kekerasan adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari atau menyakiti orang lain secara fisik dan emosional.

    -contohnya:kekerasan dalam rumah tangga kekerasan sekolah,dan penganiayaan.

    BalasHapus
  50. Nama: sally ardian ramadhani
    Nomor absen: 31
    Kelas: XID

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    Jawab:
    KONFLIK
    Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    KEKERASAN
    Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK:

    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.

    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.

    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.

    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan penaklukan pesaingnya.

    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan

    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,

    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  51. Nama: Monika Della P.
    Kelas: XI A
    No.Absen: 34
    Konflik adalah suatu proses sosial individu atau kelompok manusia berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan yang disertai ancaman dan/atau kekerasan. Sedangkan kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.

    BalasHapus
  52. Nama: Cindy Rizki Yanawati
    No : 12
    Kelas : XI A

    perbedaan antara konflik dan kekerasan

    • konflik
    - Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    - Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan..
    - Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif,
    - Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    • kekerasan
    - Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    - Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    - Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    - Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  53. Nama; Bagas Aditya Widiyanto
    Absen; 7
    Kelas; XIE

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    •konflik

    Konflik adalah ketidaksepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan tujuan,atau pandangan yang berbeda.dan biasanya terjadinya konflik akibat perbedaan pandangan, tujuan atau kepentingan yang ingin di capai.

    -contohnya pemilihan presiden sering terjadi konflik antara pendukung 01,02,dan 03

    .kekerasan

    Kekerasan adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari atau menyakiti orang lain secara fisik dan emosional.

    -contohnya:kekerasan dalam rumah tangga ,kekerasan di sekolah,dan penganiayaan.

    BalasHapus
  54. Nama:tania oktafia marselina
    Kls:XI E
    No:34

    Perbedaan antara konflik dan kekerasan
    Kekerasan:

    -Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau kekuatan fisik untuk menyakiti, merugikan, atau membahayakan orang atau properti. Ini bisa terjadi dalam berbagai konteks, termasuk antara individu, kelompok, atau negara. Kekerasan dapat bersifat fisik, verbal, atau psikologis, dan seringkali merupakan cara yang tidak efektif untuk menyelesaikan konflik.

    -Konflik:Konflik, di sisi lain, merujuk pada perbedaan pendapat, nilai, atau kepentingan antara individu atau kelompok. Konflik tidak selalu melibatkan kekerasan; sebaliknya, itu bisa diatasi melalui dialog, negosiasi, atau proses penyelesaian sengketa. Konflik dapat muncul di berbagai tingkat, mulai dari konflik interpersonal hingga konflik antar- negara.

    BalasHapus
  55. Amiira Filza Labiba15 Februari 2024 pukul 11.33

    Nama: Amiira
    Absen:05
    Kelas:XI D

    1. Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok, dimana secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.

    2. Konflik yaitu suatu kegiatan yang melibatkan individu atau kelompok yang memiliki perbedaan pendapat atau gagasan sehingga terjadi sebuah konflik.

    BalasHapus
  56. Nama : Indri Risnawati Dewi
    No : 29
    Kelas : XIA
    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  57. Nama:Heni Puspitasari
    No:27
    Kelas:XIA

    Kekerasan diartikan sebagai perilaku, baik disengaja atau tidak disengaja yang ditunjukkan untuk melukai atau mencederai orang lain, baik serangan fisik, mental, maupun sosial. Tindakan kekerasan tersebut tentu bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

    Secara umum konflik sosial dapat menyebabkan disintegrasi atau renggangnya hubungan antar individu/kelompok. Akibatnya, terjadi perubahan dalam berbagai aspek kehidupan dan tatanan sosial dalam masyarakat.

    BalasHapus
  58. Nama:Angelina eka d
    Kelas:xi a
    No:06
    Konflik:merujuk pada situasi dimana ada perbedaan antara pihak 2 atau lebi
    Kekerasan:suatu tindakan yang menggunakan kekeran fisik

    BalasHapus
  59. Nama : Tri Mariyani
    No.abs : 35
    Kelas : XI D

    1. Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok, dimana secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan / martabat.

    2. Konflik yaitu suatu kegiatan yang melibatkan individu / kelompok yang memiliki perbedaan pendapat / gagasan sehingga terjadi sebuah konflik.

    BalasHapus
  60. Nama : Pingky Aulia Dewi
    No : 23
    Kelas : XI D
    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  61. Bagastya Z.S
    10
    XI-A

    •Kekerasan:

    Kekerasan penggunaan merujuk kekuatan pada atau kekuatan fisik untuk menyakiti, merugikan, atau membahayakan orang atau properti. Ini bisa terjadi dalam berbagai konteks, termasuk antara individu, kelompok, atau negara. Kekerasan dapat bersifat fisik, verbal, atau psikologis, dan seringkali merupakan cara yang tidak efektif untuk menyelesaikan konflik.

    •Konflik:

    Konflik, di sisi lain, merujuk pada perbedaan pendapat, nilai, atau kepentingan antara individu atau kelompok. Konflik tidak selalu melibatkan kekerasan; sebaliknya, itu bisa diatasi melalui dialog, negosiasi, atau proses penyelesaian sengketa. Konflik dapat muncul di berbagai tingkat, mulai dari konflik interpersonal hingga konflik antar- negara.

    BalasHapus
  62. Nama:Anggun trias nurjanah
    Kelas:XI D
    No:06

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dant konflik!

    konflik adalah ketidaksepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan tujuan,atau pandangan yang berbeda.dan biasanya terjadinya konflik akibat perbedaan pandangan,tujuan atau kepentingan yang ingin di capai.
    -contohnya pemilihan presiden sering terjadi konflik antara pendukung 01,02,dan 03
    Kekerasan adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari atau menyakiti orang lain secara fisik dan emosional.
    -contohnya:kekerasan dalam kekerasan penganiayaan. rumah tangga sekolah, dan penganiayaan

    BalasHapus
  63. nama: Ana Nova Hartanti
    kelas: XI A
    no. absen: 05

    - Konflik adalah ketidaksepakatan atau perbedaan pendapat antara dua pihak atau lebih yang dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti konflik politik, sosial, ekonomi, atau budaya.

    - Kekerasan adalah tindakan fisik atau verbal yang merugikan, menyakiti, atau membahayakan orang lain.

    BalasHapus
  64. nama: sarah arfina putri
    absen: 22
    kelas: XIB

    Konflik adalah suatu proses sosial individu atau kelompok manusia berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan yang disertai ancaman dan/atau kekerasan.
    Sedangkan kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.

    BalasHapus
  65. Nama : Najib Fazlur Hakim
    No : 27
    Kelas : XIE

    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik, mental maupun psikologi

    Konflik: Konflik merujuk perbedaan pendapat pada atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  66. Nama:Dion Pratama
    No:13
    Kelas:XIE

    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik, mental maupun psikologi

    Konflik: Konflik merujuk perbedaan pendapat pada atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda

    BalasHapus
  67. Nama :Anggik Tahapsari
    No:05
    Kelas:XlE


    Kekerasan:Kekerasan dalam Kamus Bahasa Indonesia diartikan sebagai perihal (yang bersifat,berciri) keras, perbuatan seseorang atau kelompok orang yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain atau menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain.

    Konflik:Fuad dan Maskanah, konflik adalah benturan yang terjadi antara dua pihak atau lebih yang disebabkan karena adanya perbedaan kondisi sosial budaya, nilai, status, dan kekuasaan, dimana masing-masing pihak memiliki kepentingan terhadap sumberdaya alam

    BalasHapus
  68. Nama : Michael Ganarado
    No : 10
    Kelas : XI B

    Kekerasan
    Merupakan suatu ekspresi yang dilakukan individu maupun kelompok, dimana secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi atau penyerangan pada kebebasan atau martabat

    Konflik merujuk pada perbedaan pendapat/ ketidak kesepakatan antara kedua belah pihak / lebih yang timbul akibat kepentingan,nilai, tujuan yang berbeda

    BalasHapus
  69. Nama: Stevano erlangga putra
    Absen:27
    Kelas:XI B

    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  70. Nama : Aura rimba savana
    Nomer:4
    Kelas:XI B

    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    Konflik: Konflik merujuk pada perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  71. nama : abi bagas swara
    no : 1
    kelas : XIA


    perbedaan konflik dan kekerasan sangat jelas, cara penanganan yang tidak sama. Konflik lebih berorientasi pada perselisihan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Sedangkan kekerasan berorientasi pada hasrat untuk menghancurkan pihak yang lebih lemah

    BalasHapus
  72. Nama : Frestia Septian S.
    Kelas : XI-A
    NO : 23

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    1. Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok, dimana secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi dan atau kebebasan pada penyerangan martabat.

    2. Konflik yaitu suatu kegiatan yang melibatkan individu atau kelompok yang memiliki perbedaan pendapat atau gagasan sehingga terjadi sebuah konflik

    BalasHapus
  73. Nama: Apriyana Kharisma Dewi
    No. 9
    Kelas XI-A

    •Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    •Konflik: Konflik merujuk perbedaan pendapat pada atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  74. Nama: Dewi Anisa
    kelas: XI A
    No. abs: 15

    Kekerasan adalah tindakan agresif yang bertujuan untuk menyakiti atau merugikan orang lain, sementara konflik adalah perbedaan pendapat atau kepentingan yang dapat menghasilkan ketegangan tanpa melibatkan tindakan fisik atau verbal yang merugikan. Kekerasan bersifat destruktif dan tidak etis, sementara konflik dapat menjadi peluang untuk pertumbuhan dan perubahan positif jika dielola dengan baik.

    BalasHapus
  75. Nama : Anisa Wardani
    Absen : 08
    Kelas : XIA

    Kekerasan merujuk pada tindakan atau perilaku yang melibatkan penggunaan kekuatan fisik atau kekuatan yang tidak adil untuk menyakiti, melukai, atau merugikan orang lain. Kekerasan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti kekerasan fisik, kekerasan verbal, kekerasan seksual, atau kekerasan emosional.

    Sedangkan itu, konflik merujuk pada situasi di mana terdapat perbedaan pendapat, kepentingan, atau tujuan antara dua atau lebih pihak. Konflik dapat terjadi di berbagai tingkatan, mulai dari konflik interpersonal hingga konflik antar negara. Konflik dapat bersifat fisik, seperti perang atau pertempuran, atau bersifat non-fisik, seperti konflik politik atau konflik dalam hubungan pribadi.

    BalasHapus
  76. Nama : Denta Ismoyo jati
    No ab : 13
    Kelas : XI A

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik

    1. Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok, dimana secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi dan atau kebebasan pada penyerangan martabat.

    2. Konflik yaitu suatu kegiatan yang melibatkan individu atau kelompok yang memiliki perbedaan pendapat atau gagasan sehingga terjadi sebuah konflik

    BalasHapus
  77. Nama: fajar jaya mulia
    no abs: 19
    Kelas:XI-A

    perbedaan konflik dan kekerasan sangat jelas, cara penanganan yang tidak sama. Konflik lebih berorientasi pada perselisihan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Sedangkan kekerasan berorientasi pada hasrat untuk menghancurkan pihak yang lebih lemah

    BalasHapus
  78. Nama : Fifin Muhajirin
    No : 21
    Kelas : XI-A

    KEKERASAN
    • Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    • Kedestruktifanya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    • Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    • Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kesestruktifan yang berbeda-beda.

    KONFLIK
    • Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukan pesaingnya.
    • Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    • Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    • Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  79. •Konflik merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya. •Sedangkan Kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan maupun martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dengan kata lain, kekerasan merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis.

    BalasHapus
  80. Nama : Salsabilla Yulia Diah Puspit
    No absen : 21
    Kelas : Xl B
    Perbedaan konflik dan kekerasan
    Konflik Menurut KKBBI adalah percekcokan, perselisihan, dan pertentangan. Konflik sosial adalah pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan , sedangkan Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat. Pada umumnya, kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, dan sebagainya. Pada dasarnya, kekerasan diartikan sebagai perilaku, baik disengaja atau tidak disengaja yang ditunjukkan untuk melukai atau mencederai orang lain, baik serangan fisik, mental, maupun sosial. Tindakan kekerasan tersebut tentu bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

    BalasHapus
  81. Nama : mutiara Dinda Prayitno
    No. :12
    Kelas :Xl B

    Kekerasan: Kekerasan merujuk pada penggunaan kekuatan atau ancaman untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik atau mental.

    •Konflik: Konflik merujuk perbedaan pendapat pada atau ketidaksepakatan antara dua pihak atau lebih yang timbul akibat kepentingan, nilai, atau tujuan yang berbeda.

    BalasHapus
  82. Nama: Mella Lusita Wulan Ningrum
    No:19
    Kelas:XlD

    Kekerasan adalah tindakan merugikan atau memaksa yang melibatkan penggunaan kekuatan fisik atau ancaman untuk menyebabkan cedera atau kerusakan. Kekerasan dapat menjadi aspek dari konflik, tetapi konflik sendiri dapat melibatkan berbagai tingkat intensitas tanpa selalu mencakup kekerasan.

    Konflik, di sisi lain, adalah situasi di mana terdapat perbedaan, ketidaksepakatan, atau perselisihan antara individu, kelompok, atau negara. Konflik dapat mencakup berbagai bentuk, mulai dari konflik verbal dan perbedaan pendapat hingga konflik bersenjata. Tidak semua konflik mengarah pada kekerasan, karena beberapa dapat diselesaikan melalui dialog, negosiasi, atau mediasi tanpa penggunaan kekuatan fisik.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.