Konflik Sosial - Dampak Positif dan Negatif

Konflik yang ada di masyarakat dapat memberikan dampak bagi warga masyarakat.  Apa saja dampak konflik sosial bagi masyarakat? Supaya kalian mengerti tentang dampak konflik, ayo baca dengan seksama semua materinya.

DAMPAK POSITIF 

Konflik sosial yang kalian temui di lingkungan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Menurut Harskamp (2005), dijelaskan bahwa konflik yang ada di masyarakat dianggap sebagai perjuangan dari nilai-nilai atau status, kekuasaan, dan sumber daya yang dapat memenuhi fungsi-fungsi positif, antara lain:
a. Konflik dapat mendamaikan kelompok-kelompok yang saling bersaing 
b. Mengarahkan pihak-pihak yang sedang berjuang untuk mengekspresikan identitas mereka sendiri. 
b. Mengurangi ketidakpastian dengan menjaga batas-batas kelompok. 
c. Mendorong suatu kelompok untuk mencari nilai-nilai dasar. 
 
Darwin, Freud, dan Mark yang dikutip dari Pruitt (2011), menguraikan fungsi positif dari adanya konflik adalah sebagai berikut:

a. Memfasilitasi Tercapainya Rekonsiliasi dari Berbagai Kepentingan
Konflik yang terjadi di masyarakat tidak selalu berakhir dengan kemenangan di salah satu pihak yang sedang berkonflik. Namun, konflik dapat berakhir dengan kesepakatan yang menguntungkan dan memberikan manfaat kolektif kepada dua belah pihak yang berkonflik. Sebagai contohnya, masalah antara Mesir dan Israel, konflik antara pihak penjual dan pihak produksi, dan lain sebagainya.

b. Sebagai Tempat Awal Terjadinya Perubahan Sosial
Individu yang menganggap situasi yang dihadapi tidak adil dan menganggap bahwa kebijakan yang berlaku saat ini tidak sesuai biasanya akan mengalami pertentangan dengan aturan yang berlaku sebelumnya. Individu tersebut akan me;lakukan perubahan sosial.

c. Konflik Dapat Mempererat Persatuan Kelompok
Menurut Coser dikutip dari Pruitt (2011) menujelaskan bahwa solidaritas kelompok akan menurun jika tidak ada kapasitas perubahan sosial dan rekonsiliasi atas kepentingan individu yang berbeda. Oleh karena itu, adanya konflik dapat mendorong rasa solidaritas suatu kelompok.

Secara umum dampak positif dari adanya konflik di masyarakat antara lain: 
a. Konflik dapat membantu menghidupkan kembali norma-norma lama dan menciptakan norma baru. 
b. Konflik merupakan jalan untuk mengurangi ketergantungan antarindividu dan kelompok. 
c. Konflik meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok yang sedang mengalami konflik dengan kelompok lain. Konflik memunculkan sebuah kompromi baru apabila pihak yang berkonflik berada dalam kekuatan seimbang. 
d. Konflik dapat memperjelas aspek-aspek kehidupan yang belum jelas atau masih belum tuntas ditelaah. 
e. Konflik memungkinkan adanya penyesuaian kembali norma-norma, nilai-nilai, serta  
f. hubungan-hubungan sosial dalam kelompok bersangkutan dengan kebutuhan individu atau kelompok. 
g. Konflik dapat berfungsi sebagai sarana untuk mencapai keseimbangan antara kekuatan-kekuatan yang ada di dalam masyarakat. 
 

DAMPAK NEGATIF

Konflik sosial selain memiliki dampak positif juga ada dampak negatif. Adapun dampak negatif adanya konflik sosial adalah:

a. Perpecahan
Adanya konflik sosial di masyarakat dapat menimbulkan perpecahan di lingkungan masyarakat. Sebagai contohnya, konflik antarkelompok dalam pembagian hasil. Salah satu individu memperoleh hasil yang lebih besar dibandingkan individu lainnya sehingga muncul konflik. Konflik dalam kelompok tersebut dapat mempengaruhi kerukunan dan kenyamanan anggota kelompok, bahkan menimbulkan perpecahan antaranggota kelompok. Konflik tersebut muncul karena adanya ketidakadilan dalam pembagian hasil.

b. Permusuhan
Permusuhan dapat terjadi jika konflik tidak dapat diselesaikan dengan baik. Konflik tersebut dapat terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Begitu juga dengan permusuhan dapat terjadi pada individu satu dengan individu yang lain. Sebagai contohnya, konflik antarkelompok dalam memperebutkan tanah. Konflik sengketa tanah seperti pada gambar di bawah, dapat menimbulkan permusuhan antarkelompok. Hal ini dikarenakan, antarkelompok saling memperjuangkan hak untuk memperoleh tanah mereka. Oleh karena itu perlu ada pihak ketiga untuk memberi solusi dan mendamaikan konflik tersebut.

c. Kekerasan
Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok, dimana secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.

d. Perubahan Kepribadian
Perubahan kepribadian dalam diri seseorang dapat terjadi akibat adanya konflik. Hal ini dikarenakan adanya gangguan dalam hubungan sosial maupun adanya rasa kekecewaan dalam diri seseorang. Oleh karena itu, individu yang mengalami tekanan secara psikologis dapat melakukan perubahan kepribadiannya. Sebagai contohnya, seorang anak yang kedua orangtuanya bercerai.

e. Jatuhnya Korban
Konflik sosial yang terjadi di masyarakat dapat menjatuhkan korban. Jatuhnya korban dapat berupa harta benda, berbagai sarana dan prasarana, bahkan nyawa seseorang. Konflik yang ada di masyarakat sangat beragam, seperti konflik terbuka, konflik individual, konflik tertutup, dan sebagainya, yang sudah kalian pelajari pada kegiatankegiatan pembelajaran sebelumnya Seperti yang telah diuraikan pada pertemuan sebelumnya, pihak-pihak yang berkonflik akan melakukan berbagai cara untuk saling mengalahkan. Bahkan, suatu individua tau kelompok dapat melukai dan menyerang pihak lawan dengan menggunakan tindakan kekerasan. Supaya kalian mengerti tentang perbedaan konflik dan kekerasan, ayo baca dengan seksama semua materinya.
 

KEKERASAN SEBAGAI DAMPAK KONFLIK SOSIAL 

Definisi Kekerasan 

Kekerasan berasal dari Bahasa Inggris, yaitu violence yang artinya kekuasaan atau berkuasa. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat. Pada umumnya, kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain, seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, dan sebagainya. Pada dasarnya, kekerasan diartikan sebagai perilaku, baik disengaja atau tidak disengaja yang ditunjukkan untuk melukai atau mencederai orang lain, baik serangan fisik, mental, maupun sosial. Tindakan kekerasan tersebut tentu bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Macam-macam Kekerasan 

Dalam kehidupan masyarakat, sering dijumpai adanya Tindakan kekerasan. Tindakan kekerasan sepertinya telah melekat dalam kehidupan masyarakat. Tahukah kalian macam-macam kekerasan yang ada di masyarakat? Adapun macam-macam kekerasan adalah sebagai berikut:
 

Perbedaan antara Kekerasan dan Konflik Sosial 

Dilihat dari bentuknya, kekerasan dapat dibedakan menjadi:

1) Kekerasan Fisik
Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan Kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa. Sebagai contohnya, penganiayaan, pemukulan, pembunuhan, dan sebagainya.

2) Kekerasan Struktural
Kekerasan struktural dilakukan oleh individu atau kelompok dengan menggunakan sistem, hukum, ekonomi, dan tata kebiasaan yang ada di masyarakat. Kekerasan yang sifatnya struktural sulit untuk dikenali karena menimbulkan ketimpangan-ketimpangan pada sumber daya, Pendidikan, pendapatan, kepandaian, keadilan, serta wewenang untuk mengambil keputusan. Adapun pihak yang bertanggung jawab atas adanya kekerasan struktural ialah negara, karena negara memiliki wewenang untuk melakukan perubahan struktural dalam masyarakat. Sebagai contohnya, hilangnya rumah warga karena lumpur panas Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur.

3) Kekerasan Psikologis
Kekerasan psikologis merupakan kekerasan yang ditujukan pada rohani atau jiwa, sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan kemampuan jiwa seseorang. Sebagai contohnya, kebohongan, ancaman, tekanan, dan lain sebagainya.

Berdasarkan Pelakunya 

Berdasarkan pelakunya, kekerasan dapat dibedakan sebagai berikut: 
1) Kekerasan Individual. Kekerasan individual dilakukan oleh individu kepada individu lainnya. Sebagai contohnya, kasus pencurian, penjambretan, pemukulan, dan penganiayaan. 
2) Kekerasan Kolektif. Berbeda dengan kekerasan individual, kekerasan kolektif dilakukan oleh kelompok atau massa atau sekelompok individu. Sebagai contohnya, tawuran pelajar, kasus Sampit, Poso, serta contoh-contoh yang lainnya.

Perbedaan antara Kekerasan dan Konflik 

Kekerasan yang ada di masyarakat dapat terjadi beriringan dengan adanya konflik. Di lingkungan masyarakat, selalu dijumpai adanya konflik. Dengan demikian, kamu harus dapat membedakan antara konflik dengan kekerasan. Untuk lebih jelasnya, pahami dan cermati tabel di bawah ini! 


RANGKUMAN

Kekerasan berasal dari Bahasa Inggris, yaitu violence yang artinya kekuasaan atau berkuasa. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat. Pada umumnya, kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain, seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan, dan sebagainya. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa.

Kekerasan struktural dilakukan oleh individu atau kelompok dengan menggunakan sistem, hukum, ekonomi, dan tata kebiasaan yang ada di masyarakat. Kekerasan yang sifatnya struktural sulit untuk dikenali karena menimbulkan ketimpangan-ketimpangan pada sumber daya, Pendidikan, pendapatan, kepandaian, keadilan, serta wewenang untuk mengambil keputusan. Kekerasan psikologis merupakan kekerasan yang ditujukan pada rohani atau jiwa, sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan kemampuan jiwa seseorang. Kekerasan kolektif dilakukan oleh kelompok atau massa atau sekelompok individu. Kekerasan yang ada di masyarakat dapat terjadi beriringan dengan adanya konflik. Di lingkungan masyarakat, selalu dijumpai adanya konflik. Dengan demikian, kamu harus dapat membedakan antara konflik dengan kekerasan.

Referensi: Irin Veronica Sepang, S. Pd., M. Pd. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Konflik Sosial - Dampak Positif dan Negatif Konflik Sosial - Dampak Positif dan Negatif Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Januari 26, 2022 Rating: 5

114 komentar:

  1. NAMA : KHOIRUN NISA IZZATI
    NO : 20
    KELAS : XI MIPA 1

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    Jawab=
    1.KONFLIK memiliki tujuan untuk peroleh kemenangan dan untuk menaklukan pesaing" nya.SEDANGKAN KEKERASAN tidak memiliki tujuan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan semata atau sesaat.
    2.KONFLIK memiliki dampak positif untuk mendorong suatu perubahan. SEDANGKAN KEKERASAN Kedestruktifannya meningkat seiring perkembangan peradaban.
    3.KONFLIK hasil proses nya interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.SEDANGKAN KEKERASAN memiliki agresi yang jahat tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4.KONFLIK merupakan fakta sosial yang tidak dapat dihindari. SEDANGKAN KEKERASAN bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedustriktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  2. Nama:Desi Fitriayani
    No:10
    Kls:XI Mipa 1

    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  3. Nama : Anisa Putri Jaya Wardani
    kelas : XI MIPA 1
    absen : 04


    Konflik merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya.
    Sedangkan kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan maupun martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dengan kata lain, kekerasan merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. 

    Jadi perberbedaan dari konflik dan kekerasan :

    Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan.Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik yang menyebabkan cidera.

    BalasHapus

  4. Nama = Edi Nugroho
    No = 13
    Kelas= XI MIPA 1


    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik.Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmansyah
      Kelas : XI IPS 1
      No Absen : 3

      Konflik merupakan salah satu bentuk interaksi sosial dalam proses disosiatif untuk mendapatkan apa yang dinginkan secara bersama atau secara individu. Namun, konflik akan disertai dengan jalan memberikan perlawanan pada pihak lain yang disertai kekerasan dan ancaman.

      Menurut dampak yang ditimbulkan, ada dua jenis konflik, yaitu :

      ▪︎Konflik Fungsional yang menghasilkan keuntungan jika dapat diarahkan dan dikontrol. Contoh : persaingan sehat antar karyawan untuk mendapat reward dari perusahaan.

      ▪︎Konflik Disfungsional yang tidak akan menguntungkan dalam bentuk apapun. Contoh : tawuran antar sekolah hanya karena kalah dalam pertandingan olahraga tertentu.

      Nah, KEKERASAN termasuk dalam konflik disfungsional ini.

      Sudut pandang sosiologis melihat bahwa kekerasan merupakan perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang menyebabkan cedera atau hilangnya nyawa seseorang atau dapat menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain yang terjadi saat individu atau kelompok melakukan interaksi sosial, menimbulkan konflik karena gesekan, lalu mengabaikan norma dan nilai sosial yang berlaku sehingga menimbulkan tindakan - tindakan tidak rasional yang merugikan pihak lain guna menguntungkan diri sendiri.

      Hapus
  5. Nama : Isti'ana Widawati
    Kelas : XI MIPA 4
    No : 20

    Konflik adalah suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    Kekerasan adalah sebuah kekerasan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap suatu kebebasan

    BalasHapus
  6. Nama: Khofifah Indriyani
    No.abs: 21
    Kelas: XI MIPA 4




    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik. ... Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    BalasHapus
  7. Nama : muhamad noval juanda
    No 24
    Kelas XI MIPA 4
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik. ... Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum

    BalasHapus
  8. Nama :Valentino Dwi Priatama
    No :36
    Kelas:XI Mipa 4

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik. ... Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    BalasHapus
  9. ARNITA FITRIYANTI
    XI IPS 1
    NO ABSEN 7


    •>KEKERASAN
    1)Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat(keinginan sesaat)
    2)Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban
    3)Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4)Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda


    •>KONFLIK
    1)Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukan pesaingnya
    2)Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3)Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4)Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  10. Nama : Gema Kumala
    Kelas. : XI MIPA 2
    No. : 18

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    * KEKERASAN

    1). Tidak memiliki tujuan dan hanya didodrong oleh hasrat ( keinginan sesaat)
    2). Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban
    3). Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4). Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda beda


    * KONFLIK

    1). memiliki untuk tujuan memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya
    2). Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3). Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4). Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  11. Nama:Adi Putro R
    No:02
    Kls:XI IPS 1

    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  12. ALFARIZI DIMAS SAPUTRA10 Februari 2022 07.54

    Konflik
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh
    kemenangan dan menaklukkan
    pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk
    mendorong adanya suatu perubahan.
    -Hasil proses interaksi sosial yang
    bersifat negatif atau disosiatif.
    -Sebagai fakta sosial yang tidak
    dapat dihindari.
    Kekerasan
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya
    didorong hasrat atau keinginan
    sesaat.
    -kedestrutifannya meningkatkan
    seiring dengan perkembangan
    peradapan.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram
    filogenetik dan tidak adaptif
    biologis.
    -Bukan pembawaan manusiamanusia,
    memiliki tingkat kedestrutifan yang
    berbeda-beda.

    BalasHapus
  13. NAMA : AVRILIA BETRIK AGMAONA
    KELAS: XI IPS 1 (09)

    JELASKAN PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK

    KONFLIK :
    1. MEMILIKI TUJUAN UNTUK MEMPEROLEH KEMENANGAN DAN MENAKLUKKAN PESAINGNNYA.
    2. MEMILIKI DAMPAK POSITIF UNTUK MENDORONG ADANYA SUATU PERUBAHAAN.
    3. HASIL PROSES INTERAKSI SOSIAL YANG BERSIFAT NEGATIF ATAU DISOSIATIF.
    4. SEBAGAI FAKTA SOSIAL YANG TIDAK DAPAT DI HINDARI.


    KEKERASAN :
    1. TIDAK MEMILIKI TUJUAN DAN HANYA DI DORONG OLEH HASRAT ATAU KEINGINAN SESAAT.
    2. KEDESTRUKTIFANNYA MENINGKATKAN SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN PERADABAN.
    3. AGRESI JAHAT YANG TIDAK TERPROGRAM SECARA FILOGENETIK DAN TIDAK ADAPTIF BIOLOGIS.
    4. BUKAN PEMBAWAAN MANUSIA MEMILIKI TINGKAT KEDESTRUKTIFAN YANG BERBEDA - BEDA.

    BalasHapus
  14. Nama:Miftha Rosyida Ilmawati
    No:24
    Kelas:XI Mipa 3

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    Jawab:
    Konflik:
    1.Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2.Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3.Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    4.Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    Kekerasan:
    1.Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2.Kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3.Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4.Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  15. Shela Putri Nabila11 Februari 2022 08.05

    Nama : Shela Putri Nabila
    Kelas: XI MIPA 1
    No:27

    Jelaskan perbedaan konflik dan kekerasan!

    Konflik merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya. Sedangkan kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan maupun martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dengan kata lain, kekerasan merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis.undefined

    Jadi perberbedaan dari konflik dan kekerasan :

    Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan.
    Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik yang menyebabkan cidera.


    Ada juga perbedaan konflik dan kekerasan antara lain

    1.Waktu

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik terjadi dalam waktu yang panjang, sementara kekerasan terjadi dalam waktu yang singkat.

    2. Proses
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dalam proses terjadinya diketahui oleh kedua pihak yang melakukan pertikaian, sementara kekerasan dalam proses terjadinya umumnya tidak diketahui oleh pihak yang lemah.

    3. Niat
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik pada praktiknya tidak disertai niat menjatuhkan lawan dalam pertikaian, sementara kekerasan pada praktiknya memang diniatkan untuk menjatuhkan lawan yang lemah.

    4. Reaksi
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik.

    5. Penyebab
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik penyebabnya bisa karena persaingan antara dua belah pihak yang melakukan pertikaian, sementara kekerasan penyebabnya bisa karena kesalahpahaman kedua pihak yang melakukan pertikaian.

    6. Perlakuan
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dilakukan secara nyata untuk mencapai tujuan yang diinginkan kedua belah pihak, sementara kekerasan dilakukan penuh prasangka buruk dan berakibat merugikan pihak yang lemah.

    7. Pelanggaran
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    8. Pengaruh
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dipengaruhi oleh keinginan untuk menghancurkan pihak lain, sementara kekerasan dipengaruhi oleh dorongan nafsu saja.

    9. Penyelesaian
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bentuk penyelesaiannya dapat dilakukan dengan akomodasi dan peradilan antara kedua belah pihak, sementara kekerasan bentuk penyelesaiannya hanya bisa diselesaikan dengan peradilan.

    10. Dampak
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dapat memberikan dampak positif berupa perubahan dalam proses penyelesaiannya, sementara kekerasan justru berisiko meningkatkan kedestruktifan di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  16. NAMA : RIRIN RANA BILA
    KELAS : XI MIPA 3
    NO : 30

    1.JELASKAN PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK!
    JAWABAN:

    KEKERASAN:
    1.Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atu keinginan sesaat
    2.kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3.agensi jahat yang tidak terprogram secara filogentik dan tidak adaptif biologis
    4.bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    KONFLIK:
    1.memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan persaingannya
    2.memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3.hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4.sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  17. Dewi Sayekti Sutrisni11 Februari 2022 11.08

    Nama : Dewi Sayekti Sutrisni
    No.absen : 11
    Kelas : X1 MIPA 2


    Jelaskan perbedaan konflik dan kekerasan

    * KEKERASAN

    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Destruktif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda

    * KONFLIK

    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan yang melakukan pesaingnya
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4. Sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  18. Nama : Andika Tama
    Noabsen : 4
    Kelas : X1 MIPA 3

    JELASKAN PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK

    *KEKERASAN

    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Destruktif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda

    * KONFLIK

    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan yang melakukan pesaingnya
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4. Sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari


    BalasHapus
  19. Nama: Auliya Qaida Hadiningsih
    No: 07
    Kelas: XI MIPA 2

    Jelaskan Perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    Jawab
    Kekerasan
    Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok, dimana secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.
    Perbedaan antara Kekerasan dan Konflik Sosial
    Dilihat dari bentuknya, kekerasan dapat dibedakan menjadi:

    1) Kekerasan Fisik
    Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kekerasan fisik merupakan kekerasan nyata yang dapat dilihat dan dirasakan oleh tubuh. Wujud dari kekerasan fisik berupa kehilangan Kesehatan, cedera, bahkan sampai kehilangan nyawa. Sebagai contohnya, penganiayaan, pemukulan, pembunuhan, dan sebagainya.

    2) Kekerasan Struktural
    Kekerasan struktural dilakukan oleh individu atau kelompok dengan menggunakan sistem, hukum, ekonomi, dan tata kebiasaan yang ada di masyarakat. Kekerasan yang sifatnya struktural sulit untuk dikenali karena menimbulkan ketimpangan-ketimpangan pada sumber daya, Pendidikan, pendapatan, kepandaian, keadilan, serta wewenang untuk mengambil keputusan. Adapun pihak yang bertanggung jawab atas adanya kekerasan struktural ialah negara, karena negara memiliki wewenang untuk melakukan perubahan struktural dalam masyarakat. Sebagai contohnya, hilangnya rumah warga karena lumpur panas Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur.

    3) Kekerasan Psikologis
    Kekerasan psikologis merupakan kekerasan yang ditujukan pada rohani atau jiwa, sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan kemampuan jiwa seseorang. Sebagai contohnya, kebohongan, ancaman, tekanan, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  20. Nama : Sinta Intan Kusuma
    Kelas : XI IPA 3
    No. Absen : 31
    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik?
    = A. Konflik :
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau positif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.
    Sedangkan
    B. Kekerasan :
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  21. Nama : Lisa Eka Rahmawati
    No : 23
    Kelas : XI MIPA 3

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan
    konflik?
    JAWAB :
    ~Konflik
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau positif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.
    Sedangkan

    ~kekerasan
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  22. Nama:Ardiyana nur mukaromah
    Kelaa :XI mipa 2
    No :06

    * KEKERASAN

    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Destruktif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda

    * KONFLIK

    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan yang melakukan pesaingnya
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4. Sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  23. Nama: Dewi dianingsih
    Kls:xl MIPA 3
    No:11

    Perbedaaan antara kekerasan dan konflik
    Perbedaaan antara kekerasan dan konflik adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    Konflik : dipengaruhi oleh keinginan
    Untuk menghancurkan pihak lain sementara kekerasan dipengaruhi oleh dorongan nafsu saja

    BalasHapus
  24. Nama FRISCA APRIANISYAH IZZATY
    Kelas XI MIPA 4
    Absen 17

    •KEKERASAN

    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    2. Destruktif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4. Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedekstruktifan berbeda beda

    •KONFLIK
    1. Memiliki tujuan untuk menang dari lawannya
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong suatu perubahan
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4. Sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  25. Nama:Natassya Laili Fatikha A
    Kelas:XI MIPA 2
    No:27

    *KEKERASAN
    1.tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    2.destruktif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3.agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4.bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedekstruktifan berbeda beda

    *Konflik
    1.memiliki tujuan untuk menang dari lawanya
    2.memiliki dampak positif untuk mendorong suatu perubahan
    3.hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4.sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  26. Nama : Clarisa Titania Pangestika
    Absen : 8
    Kelas : XI MIPA 3

    Jelaskan Perbedaan Antara *Kekerasan* Dan *Konflik* !
    Jawaban:

    *Konflik* adalah suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    *Biasanya Konflik :*
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial bersifat negatif atau disosiatif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    *Kekerasan* adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan.
    *Biasanya Kekerasan :*
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agensi jahat yang tidak terprogram secara filogentik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawa manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  27. Nama : Fauziah Martshafa Ayu
    No./Kelas : 16/XI IPA 2
    A. Konflik :
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau positif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.
    Sedangkan
    B. Kekerasan :
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  28. Nama : Nadia Laili Cahyaningtyas
    No : 25
    Kelas : XI MIPA 3


    JELASKAN PERBEDAAN ANTARA KEKERASAN DAN KONFLIK!

    JAWAB:
    Konflik merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya.
    Konflik:
    1. memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    4. sebagai fakta sosial yang tidak dihindari.

    Kekerasan:
    1. tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradapan.
    3. agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  29. Nama : Arfie Prasticia Agitha
    Kelas : XI MIPA 3
    No : 06

    jelaskan perbedaan kekerasan dan konflik

    KEKERASAN

    1). Tidak memiliki tujuan dan hanya didodrong oleh hasrat (keinginan sesaat)
    2). Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban
    3). Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4). Bukan pembawaan manusia,memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda beda

    * KONFLIK

    1).memiliki untuk tujuan memperoleh kemenangan menaklukkan pesaingnya
    dan
    2). Memiliki dampak positif untuk
    mendorong adanya suatu perubahan
    3). Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4). Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  30. Tri Nur Hayat Tuti14 Februari 2022 07.14

    Nama: Tri Nur Hayat Tuti
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 31

    Jelaskan perbedaan antara konflik dan kekerasan!

    Konflik merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya. Sedangkan kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan maupun martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dengan kata lain, kekerasan merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis undefined.

    Jadi perbedaan dari konflik dan kekerasan:

    Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan.
    Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik yang menyebabkan cidera.

    BalasHapus
  31. Nama : Nana Resky Aprilliana
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 23




    Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan.
    Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik yang menyebabkan cidera.

    BalasHapus
  32. Nama: Risma nur Inayah
    Kelas:XI IPS 2
    NO:25


    KEKERASAN
    •Kekerasan adalah bentuk konflik secara fisik yang mengabaikan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat

    KONFLIK
    •Konflik merupakan salah satu bentuk interaksi sosial dalam proses disosiatif untuk mendapatkan apa yang diinginkan secara bersama atau secara individu.

    BalasHapus
  33. -Kekerasan yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan,kekerasan tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh keinginan sesaat.
    - Sedangkan konflik adalah suatu proses individu atau kelompok manusia berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang di sertai ancaman,konflik memiliki tujuan memperoleh kemenangan dan memiliki dampak positif mendorong adanya suatu perubahan.

    BalasHapus
  34. Konflik merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya. Sedangkan kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan maupun martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan.

    BalasHapus
  35. Nama : Neiva Farren Daviansyah
    Kelas: XI IPS 2
    No : 21


    jelaskan perbedaan antara konflik dan kekerasan!

    Konflik merupakan salah satu bentuk interaksi sosial dalam proses disosiatif untuk mendapatkan apa yang di ingin kan secara bersama atau secara individu. Namun konflik akan disertai dengan jalan memberikan perlawanan pada pihak lain yang disertai kekerasan dan ancaman. Sedangkan kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok dimana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat. Pada umumnya,kekerasan dianggap sebagai tindakan yang merugikan orang lain seperti pembunuhan, pemukulan, perampokan dan sebagainya.

    BalasHapus
  36. Nama: Muhammad Luthfi Ridwan
    Absen:18
    Kls: XI IPS 2
    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik
    -kekerasan merupakan suatu ekspresi yg dilakukan oleh individu maupun kelompok,dimana secara fisik maupun verbal menunjukkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat
    -konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yg berlebihan
    Perbedaan nyata
    - konflik bukan pelanggaran hukum
    - kekerasan termasuk pelanggaran hukum

    BalasHapus
  37. Nama: Muhammad Surya Sejati
    Kelas:XI IOS2
    NO:19

    Kekerasan merupakan suatu akspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok dimana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.sedangkan Konflik adalah suatu proses sosial sebagai kelompok/perorangan yang berjuang untuk mendapatkan status,nilai,dan kekuasaan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dan membuat saingan dalam konflik manjadi tunduk.

    BalasHapus
  38. Yahya Yulia Putra14 Februari 2022 08.49

    Nama: Yahya Yulia Putra
    No:32
    Kelas:XI Mipa 3

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    Jawab:
    Konflik:
    1.Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2.Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3.Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    4.Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    Kekerasan:
    1.Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2.Kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3.Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4.Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  39. Nama : binti latifatul hidayah
    Absen : 7
    Kelas : XI MIPA 3

    Jelaskan Perbedaan Antara *Kekerasan* Dan *Konflik* !
    Jawaban:

    *Konflik* adalah suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    *Biasanya Konflik :*
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial bersifat negatif atau disosiatif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    *Kekerasan* adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan.
    *Biasanya Kekerasan :*
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agensi jahat yang tidak terprogram secara filogentik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawa manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  40. Nama : Ela Tri Oktara
    Absen : 14
    Kelas : XI MIPA 3

    Jelaskan Perbedaan Antara *Kekerasan* Dan *Konflik* !
    Jawaban:

    *Konflik* adalah suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    *Biasanya Konflik :*
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial bersifat negatif atau disosiatif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    *Kekerasan* adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan.
    *Biasanya Kekerasan :*
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agensi jahat yang tidak terprogram secara filogentik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawa manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus

  41. Nama:Alfi sukma ramadhani
    Kelas:XIMIPA3
    No:3


    Jelaskan Perbedaan Antara *Kekerasan* Dan *Konflik* !
    Jawaban:

    *Konflik* adalah suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    *Biasanya Konflik :*
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial bersifat negatif atau disosiatif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    *Kekerasan* adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan.
    *Biasanya Kekerasan :*
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agensi jahat yang tidak terprogram secara filogentik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawa manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  42. Nama : Dhika pramasta
    Absen : 12
    Kelas : XI MIPA 3

    Jelaskan Perbedaan Antara *Kekerasan* Dan *Konflik* !
    Jawaban:

    *Konflik* adalah suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    *Biasanya Konflik :*
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial bersifat negatif atau disosiatif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    *Kekerasan* adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan.
    *Biasanya Kekerasan :*
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agensi jahat yang tidak terprogram secara filogentik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawa manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  43. Nova Dwi Prasetyo14 Februari 2022 10.48

    Nama:Nova Dwi Prasetyo
    No:22
    Kelas:XI ips 2

    Jelaskan perbedaan antara konflik dan kekerasan!
    Jawaban:Konflik merupakan interaksi atau kontak yang dilakukan masyarakat yang bersifat disosiatif atau negatif. Sedangkan
    Kekerasan merupakan suatu ekspesi secara fisik dari seseorang yang dilakukan untuk melakukan tindakan penyerangan kepada individu atau kelompok lain.

    BalasHapus
  44. Nama : Erlina Supartini
    No. : 15
    Kelas: XI IPA 3


    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik. ... Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    BalasHapus

  45. Nama:devi aulia mutiara nabila
    kelas:XI Mipa 3
    no:10

    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  46. Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik. ... Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    BalasHapus
  47. Nama:Djil Jian Khusnul Khotimah
    Kelas:XI MIPA 3
    No:13

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    Konflik adalah Suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    Sedangkan kekerasan merupakan suatu ekspresi secara fisik dari seseorang yang di lakukan untuk melakukan tindakan penyerangan kepada individu atau kelompok lain.

    BalasHapus
  48. Nama : Adisti Citra Rahmawati
    Kelas : XI MIPA 3
    No.absn : 1



    KEKERASAN

    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan

    sesaat.

    2. Destruktif hanya

    peradaban

    meningkatkan seiring dengan perkembangan

    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.

    4. Bukan pembawaan manusia

    memiliki tingkat kedestruktifan yang

    berbeda-beda

    * KONFLIK

    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh

    kemenangan yang

    melakukan

    pesaingnya

    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan

    3. Hasil proses interaksi sosial yang

    bersifat negatif atau disosiatif 4. Sebagai faktor sosial yang tidak

    dapat dihindari

    BalasHapus
  49. Nama : Anthonius Widiatmaka
    Kelas: XI MIPA 3
    NO. : 5


    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik. ... Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    BalasHapus
  50. Konflik
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaing nya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    Kekerasan
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agresif jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adoptif biologi.
    4. Bukan bawaan manusia, memiliki tingkat kedekstrutifan yang berbeda beda.

    BalasHapus
  51. Nama: Imelda Rahmawati
    No:19
    Kelas: X1 MIPA 2

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik

    * Kekerasan
    1.Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    2.Destukrif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3.Agresi jahat yang tidak terprogram secara Filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4.Bukan pembawaan manusia Memiliki tingkat Kedestruktifan yang berbeda beda

    * Konflik
    1.Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan Yang melakukan persaingan
    2.Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya Suatu perubahan
    3.Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4.Sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  52. Nama : Adhe Arifin
    Kelas : XI MIPA 2
    No. : 01


    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah Konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik. Jadi perbedaan konflik dan kekerasan adalah Konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum

    BalasHapus
  53. Nama : Candra Dwi Cahyono
    Kelas : XI IPS 1
    Absen : 10

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup jelas karena berhubungan dengan fisik. Jadi perbedaan kekerasan dan konflik bukan termasuk pelanggaran hukum sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum

    BalasHapus
  54. NAMA : FAROJA MUTIA SARI
    NO:16
    KELAS: XI MIPA 1
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah
    konflik memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukan pesaingnya,memiliki dampak positif mendorong adanya suatu perubahan,hasil proses interaksi bersifat negatif/disosiatif,sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari. sedangkan, kekerasan tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat/keinginan sesaat,destruktifnya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban,agresi jahat yang terprogram secara filogenentik dan tidak adaptif biologis, bukan pembawaan manusia.

    BalasHapus
  55. NAMA : TIARA SETIANI
    KELAS : XI MIPA 1
    NO. : 30

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    Jawab:

    1. Konflik memiliki tujuan untuk peroleh kemenangan dan untuk menaklukkan pesaing-pesaing nya.Sedangkan kekerasan tidak memiliki tujuan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan semata atau sesaat.
    2. Konflik memiliki dampak positif untuk mendorong suatu perubahan.Sedangkan kekerasan kedestruktifannya meningkat seiring perkembangan peradaban.
    3. Konflik hasil prosesnya interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.Sedangkan kekerasan memiliki agresi yang jahat tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Konflik merupakan fakta sosial yang tidak dapat dihindari.Sedangkan kekerasan bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedustriktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  56. Nama : Diazvika Ayu Yudhistiana
    No : 12
    Kelas : XI MIPA 1

    Perbedaan antar kekerasan dan konflik!

    KONFLIK
    • memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukan persaingannya
    • memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    • Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    • sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    KEKERASAN
    • Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    • kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban
    • Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    • Bukan pembawaan manusia,memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda

    BalasHapus
  57. Nama : Dahlia Indah Damayanti
    Nomer absen : 8
    Krlas : XI mipa 4



    Pengertian Konflik

    konflik adalah sebuah kondisi saat ada dua atau lebih pandangan, keinginan, kepercayaan, kepentingan, nilai, atau kebutuhan yang berbeda, berseberangan, tidak sejalan, atau tidak selaras.

    Konflik biasanya timbul dari adanya perbedaan-perbedaan dalam kehidupan, seperti perbedaan fisik, kebudayaan, nilai, kepentingan, emosi, kebutuhan, atau pola-pola perilaku antarindividu atau kelompok dalam masyarakat. Perbedaan-perbedaan dalam tersebut dapat memuncak menjadi konflik sosial saat sistem sosial masyarakatnya tidak dapat mengakomodasi perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat tersebut.


    Pengertian Kekerasan

    Dalam KBBI, entri “kekerasan” didefinisikan sebagai perbuatan seseorang atau kelompok yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain atau menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain.
    Bentuk kekerasan meliputi perkataan, tindakan, sikap, dan berbagai struktur atau sistem yang dapat menyebabkan kerusakan pada diri seseorang (baik secara fisik atau mental) dan lingkungan. Segala bentuk tindakan atau perkataan yang dapat menghalangi seseorang menggali potensinya pun dapat disebut sebagai kekerasan.



    Konflik :

    1. Aktivitas yang dilakukan tidak menimbulkan reaksi yang berarti

    2. Tidak berniat menjatuhkan lawan

    3. Dapat menjadi motivasi untuk meraih prestasi

    4. Dilakukan dengan langkah-langkah nyata untuk mencapai tujuan

    Kekerasan :

    1. Aktivitas yang dilakukan menimbulkan reaksi keras, bahkan benturan fisik

    2. Ada rencana atau niat mencelakakan pihak lain

    3. Biasanya muncul karena kesalahpahaman kedua belah pihak

    4. Dilakukan dengan penuh prasangka sehingga merugikan pihak lain

    BalasHapus
  58. Nama:Alvi nur hidayah
    No:3
    Kelas:XI mipa 4

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    jawaban:
    konflik adalah suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    biasanya konflik :
    1.memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pasiennya
    2.memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3.hasil proses interaksi sosial bersifat negatif atau disosiatif
    4.sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    kekerasan adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan.
    biasanya kekerasan:
    1.tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    2. kedestruktifannya ia meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3.teknisi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4.bukan pembawa manusia memiliki tingkat kedestruktifannya yang berbeda beda.

    BalasHapus
  59. Nama : Desi Lutfiana W
    No. : 10
    Kelas. : XI MIPA 2

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    Jawab :
    - konflik bertujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya sedangkan kekerasan tidak memiliki tujuan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    - konflik memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan sedangkan kekerasan kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    - konflik sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari sedangkan kekerasan bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda

    BalasHapus
  60. Nama : Tinton Jaya Kurniawan
    No : 35
    Kelas : 35

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik. . Perbedaan konflik ... dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum

    BalasHapus
  61. Nama : Roficho Tullailiyah
    Kelas. : XI IPS 1
    No absen : 27

    Perbedaan kekerasan dan konflik :

    •>KEKERASAN
    1)Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat(keinginan sesaat)
    2)Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban
    3)Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4)Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda


    •>KONFLIK
    1)Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukan pesaingnya
    2)Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3)Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4)Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  62. Nama : Tania Kartika Bazighoh
    Kelas : XI IPS 1
    No : 30
    Perbedaan antara konflik dan kekerasan adalah

    Konflik merupakan proses seorang individu maupun kelompok memperjuangkan tujuannya dengan menentang pendapat lawan yang disebabkan berbeda pendapat atau berselisih paham.
    Sedangkan Kekerasan adalah tindakan atau ekspresi secara fisik maupun verbal yang mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau mertabat

    BalasHapus
  63. Nama:Nito Yudha Nugraha
    No:23
    Kelas:XI ips 1

    Konflik merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya. Sedangkan kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan maupun martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dengan kata lain, kekerasan merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis.

    BalasHapus
  64. Nama : Naufal Abiyyin
    No : 21
    Kelas : XI IPS 1

    kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.

    KONFLIK :
    1. memiliki untuk tujuan memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya
    2). Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3). Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4). Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari


    BalasHapus
  65. KIARA MAWAR SARON15 Februari 2022 09.46

    jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik?
    KEKERASAN: 1.Tidak memiliki tujuan hanya didorong oleh hasrat atu keinginan sesaat 2.kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3.agensi jahat yang tidak terprogram secara filogentik dan tidak adaptif biologis 4.bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda- beda.
    KONFLIK: 1.memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan persaingannya
    2.memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3.hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4.sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    nama:kiara mawar saron
    kelas: xi ips 1

    BalasHapus
  66. Nama: Setyo Aji Wibowo
    No: 29
    Kls: XI IPS 1


    Jelaskan perbedaan konflik dan kekerasan!

    -konflik
    Konflik adalah perjuangan yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk memperoleh hal-hal yang langka seperti nilai, status, kekuasaan, otoritas, dan lain sebagainya, dimana tujuan dari mereka bertikai itu tidak hanya untuk memperoleh keuntungan, tetapi juga untuk menundukkan saingannya dengan kekerasan atau ancaman

    -kekerasan
    Kekerasan atau adalah dalam prinsip dasar dalam hukum publik dan privat Romawi yang merupakan sebuah ekspresi baik yang dilakukan secara fisik ataupun secara verbal yang mencerminkan pada tindakan agresi

    BalasHapus
  67. Nama :fiya Sri lestari
    Kelas:XI ips1
    No:15
    Jelaskan perbedaan konflik dan kekerasan?
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dilakukan secara nyata untuk mencapai tujuan yang diinginkan kedua belah pihak, sementara kekerasan dilakukan penuh prasangka buruk dan berakibat merugikan pihak yang lemah

    BalasHapus
  68. NAMA : FARANETA TARLENA ADA
    NO : 14
    KELAS : XI IPA 1


    JELASKAN PERBEDAAN ANTARA KONFLIK DAN KEKERASAN!

    KONFLIK
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan persaingannya
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    KEKERASAN
    1. Tidak memiliki tujuan hanya didorong oleh hasrat dan keinginan sesaat
    2. Agensi jahat yang tidak terprogram secara filogentik dan tidak adaptif biologi
    3. Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda

    BalasHapus
  69. Nama : aprilia ziti zakiyah
    No. : 6
    Kls. : XI ips 1

    Konflik
    - memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan persaingannya
    - memiliki dampak positif untuk mendorong suatu perubahan
    - sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    Kekerasan
    - tidak memiliki tujuan hanya didorong oleh hasrat dan keinginan
    - kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan
    - bukan pembawaan manusia

    BalasHapus
  70. Nama : Asy Syfa Zahra Sausa
    No : 8
    Kelas : XI Ips 1

    Jelaskan perdedaan antara kekerasan dan konflik!

    Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.

    Konflik
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh
    kemenangan persaingan
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong
    adamya suatu perubahan
    3. Hasil proses interaksi sosial yang
    bersifat negatif atau disosiatif
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat
    dihindati

    BalasHapus
  71. Nama=Dira Bakti
    No=12
    Kelas=XI IPS 1

    Perbedaan konflik dan kekerasan
    *KONFLIK
    - memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan yang melakukan persaingan
    -memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    -hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    -sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari

    *KEKERASAN
    -tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    -destruktif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban biologis
    -bukan pembawa manusia
    -agresi jahat yang tidak terpmemiliki tingkat rogram secara filogenetik dan tidak adaptif kedestruktifan yang berbeda-beda

    BalasHapus
  72. Konflik adalah perjuangan yang di lakukan oleh berbagai pihak untuk memeper oleh hal hal yang langka seperti nilai ,status,kekuasaan,otoritas,dan lain sebagainya.Dimana tujuan dari mereka beretika itu tidak hanya untuk memperoleh keuntungan,tapi juga untuk menunduk kan saingan nya dengan kekerasan atau ancaman. -kekerasan atau adalah dalam prinsip dasar dalam hukum publik dan privat Romawi yang merupakan sebuah ekspresi baik yang di lakukan secara fisik atau pun secara verbal yang mencerminkan pada tindakan agresi

    Nama:ABI KURNIYAWAN ADIPUTRA
    Kelas:XI IPS 1
    No. :1

    BalasHapus
  73. Nama:Eva Miftakhul Jannah
    Kelas:Xl ips 1
    No:13

    Kekerasan
    1.Tidak memiliki tujuan dan hanya di dorong oleh hasrat(keinginan sesaat).
    2.Kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3.Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4.Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    Konflik
    1.Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2.Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    4.Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    BalasHapus
  74. NAMA:RIFDAH ROSYIIDAH HAFIZHAH
    NO ABSEN:26
    KELAS:Xl IPS 1

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    -KEKERASAN
    1.tidak memiliki tujuan dan hanya di dorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2.kadestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradapan
    3.agensi jahat yg tidak terprogram secara filogentik dan tidak adaptif biologis.

    -KONFLIK
    1.memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukan persaiganya.
    2.memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.

    BalasHapus
    Balasan

    1. Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik. Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran termasuk pelanggaran hukum

      hukum, sementara kekerasan

      Hapus
  75. ENNOU HAPPY FINIARIE15 Februari 2022 11.07

    Nama : Ennou Happy Finiarie
    No. : 14
    Kelas: XI MIPA 2


    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik?

    A. Konflik :

    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau positif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.
    Sedangkan

    B. Kekerasan :

    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  76. Annisah Fitriyana15 Februari 2022 11.08

    Nama :Annisah Fitriyana
    Kelas: XI mipa 2
    Absen: 5

    Jelaskan perbedaan konflik dan kekerasan!

    Konflik merupakan suatu proses sosial. antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya. Sedangkan kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dengan kata lain, kekerasan psikis.undefined maupun merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun Jadi perberbedaan dari konflik dan

    kekerasan:

    Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan. Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan. dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik menyebabkan cidera. yang Ada juga perbedaan konflik dan kekerasan antara lain

    1.Waktu

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik terjadi dalam waktu yang panjang, sementara kekerasan terjadi dalam waktu yang singkat. konflik dalam proses terjadinya diketahuil

    2. Proses Perbedaan konflik dan kekerasan adalah oleh kedua pihak yang melakukan pertikaian, sementara kekerasan dalam proses terjadinya umumnya tidak diketahui oleh pihak yang lemah.

    3. Niat

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik pada praktiknya tidak disertai niat menjatuhkan lawan dalam pertikaian, memang diniatkan untuk menjatuhkan lawan yang lemah. sementara kekerasan pada praktiknya

    4. Reaksi

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan. fisik.reaksi konflik kekerasan penyebabnya hisa karena

    5. Penyebab Perbedaan konflik dan kekerasan adalah penyebabnya bisa karena persaingan antara dua belah pihak yang melakukan pertikaian, sementara kekerasan penyebabnya bisa karena melakukan pertikaian. kesalahpahaman kedua pihak yang

    6. Perlakuan

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dilakukan secara nyata untuk mencapai tujuan yang diinginkan kedua dilakukan penuh prasangka buruk dan berakibat merugikan pihak yang lemah.belah pihak, sementara kekerasan

    7. Pelanggaran

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    8. Pengaruh

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dipengaruhi oleh keinginan untuk menghancurkan pihak lain, sementara kekerasan dipengaruhi oleh dorongan nafsu saja.

    9. Penyelesaian

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bentuk penyelesaiannya dapat dilakukan dengan akomodasi dan peradilan antara kedua belah pihak, sementara kekerasan bentuk penyelesaiannya hanya bisa diselesaikan. dengan peradilan.

    10. Dampak

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dapat memberikan dampak positif berupa perubahan dalam proses penyelesaiannya, sementara kekerasan. meningkatkan justru berisiko kedestruktifan di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  77. Nama : Cikha Novia Zalzabilla
    No : 08
    Kelas : XI Mipa 2


    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    Jawaban:
    KEKERASAN

    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Destruktif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda

    KONFLIK

    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan yang melakukan pesaingnya
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4. Sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  78. Nama : Fadillah Vio Hidayah
    No. : 15
    Kls. : XI MIPA 2

    Jelaskan perbedaan konflik dan kekerasan!

    Konflik merupakan suatu proses sosial. antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya. Sedangkan kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dengan kata lain, kekerasan psikis.undefined maupun merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun Jadi perberbedaan dari konflik dan

    kekerasan:

    Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan. Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan. dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik menyebabkan cidera. yang Ada juga perbedaan konflik dan kekerasan antara lain

    1.Waktu

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik terjadi dalam waktu yang panjang, sementara kekerasan terjadi dalam waktu yang singkat. konflik dalam proses terjadinya diketahuil

    2. Proses Perbedaan konflik dan kekerasan adalah oleh kedua pihak yang melakukan pertikaian, sementara kekerasan dalam proses terjadinya umumnya tidak diketahui oleh pihak yang lemah.

    3. Niat

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik pada praktiknya tidak disertai niat menjatuhkan lawan dalam pertikaian, memang diniatkan untuk menjatuhkan lawan yang lemah. sementara kekerasan pada praktiknya

    4. Reaksi

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan. fisik.reaksi konflik kekerasan penyebabnya hisa karena

    5. Penyebab Perbedaan konflik dan kekerasan adalah penyebabnya bisa karena persaingan antara dua belah pihak yang melakukan pertikaian, sementara kekerasan penyebabnya bisa karena melakukan pertikaian. kesalahpahaman kedua pihak yang

    6. Perlakuan

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dilakukan secara nyata untuk mencapai tujuan yang diinginkan kedua dilakukan penuh prasangka buruk dan berakibat merugikan pihak yang lemah.belah pihak, sementara kekerasan

    7. Pelanggaran

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    8. Pengaruh

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dipengaruhi oleh keinginan untuk menghancurkan pihak lain, sementara kekerasan dipengaruhi oleh dorongan nafsu saja.

    9. Penyelesaian

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bentuk penyelesaiannya dapat dilakukan dengan akomodasi dan peradilan antara kedua belah pihak, sementara kekerasan bentuk penyelesaiannya hanya bisa diselesaikan. dengan peradilan.

    10. Dampak

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dapat memberikan dampak positif berupa perubahan dalam proses penyelesaiannya, sementara kekerasan. meningkatkan justru berisiko kedestruktifan di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  79. Nama : ALDO FEBRIYAN
    Kls : XI mipa 2
    No :03

    KONFLIK
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    -Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.

    BalasHapus
  80. Nama: Della Sekar Melati
    No: 9
    Kelas: XI Mipa 2

    * KEKERASAN

    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Destruktif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda

    * KONFLIK

    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan yang melakukan pesaingnya
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4. Sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  81. Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    Jawab=
    1.KONFLIK memiliki tujuan untuk peroleh kemenangan dan untuk menaklukan pesaing" nya.SEDANGKAN KEKERASAN tidak memiliki tujuan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan semata atau sesaat.
    2.KONFLIK memiliki dampak positif untuk mendorong suatu perubahan. SEDANGKAN KEKERASAN Kedestruktifannya meningkat seiring perkembangan peradaban.
    3.KONFLIK hasil proses nya interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.SEDANGKAN KEKERASAN memiliki agresi yang jahat tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4.KONFLIK merupakan fakta sosial yang tidak dapat dihindari. SEDANGKAN KEKERASAN bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedustriktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  82. Nama : EILITA YUYUN TRI CAHYANI
    No. : 13
    Kelas :XI MIPA 2

    *KEKERASAN
    1.tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    2.destruktif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3.agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4.bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedekstruktifan berbeda beda

    *Konflik
    1.memiliki tujuan untuk menang dari lawanya
    2.memiliki dampak positif untuk mendorong suatu perubahan
    3.hasil proses interaksi sosial yang
    4.sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari bersifat negatif atau disosiatif

    BalasHapus
  83. Nama : Fiqih Ma'arif Ruwanda
    No : 17
    Kelas : XI MIPA 2

    KONFLIK
    •Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    •Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    •Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    •Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    KEKERASAN
    •Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    •Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    •Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.

    BalasHapus
  84. Jelaskan perbedaan konflik dan kekerasan!

    Konflik merupakan suatu proses sosial. antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya. Sedangkan kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dengan kata lain, kekerasan psikis.undefined maupun merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun Jadi perberbedaan dari konflik dan

    kekerasan:

    Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan. Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan. dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik menyebabkan cidera. yang Ada juga perbedaan konflik dan kekerasan antara lain

    1.Waktu

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik terjadi dalam waktu yang panjang, sementara kekerasan terjadi dalam waktu yang singkat. konflik dalam proses terjadinya diketahuil

    2. Proses Perbedaan konflik dan kekerasan adalah oleh kedua pihak yang melakukan pertikaian, sementara kekerasan dalam proses terjadinya umumnya tidak diketahui oleh pihak yang lemah.

    3. Niat

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik pada praktiknya tidak disertai niat menjatuhkan lawan dalam pertikaian, memang diniatkan untuk menjatuhkan lawan yang lemah. sementara kekerasan pada praktiknya

    4. Reaksi

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan. fisik.reaksi konflik kekerasan penyebabnya hisa karena

    5. Penyebab Perbedaan konflik dan kekerasan adalah penyebabnya bisa karena persaingan antara dua belah pihak yang melakukan pertikaian, sementara kekerasan penyebabnya bisa karena melakukan pertikaian. kesalahpahaman kedua pihak yang

    6. Perlakuan

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dilakukan secara nyata untuk mencapai tujuan yang diinginkan kedua dilakukan penuh prasangka buruk dan berakibat merugikan pihak yang lemah.belah pihak, sementara kekerasan

    7. Pelanggaran

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    8. Pengaruh

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dipengaruhi oleh keinginan untuk menghancurkan pihak lain, sementara kekerasan dipengaruhi oleh dorongan nafsu saja.

    9. Penyelesaian

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bentuk penyelesaiannya dapat dilakukan dengan akomodasi dan peradilan antara kedua belah pihak, sementara kekerasan bentuk penyelesaiannya hanya bisa diselesaikan. dengan peradilan.

    10. Dampak

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dapat memberikan dampak positif berupa perubahan dalam proses penyelesaiannya, sementara kekerasan. meningkatkan justru berisiko kedestruktifan di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  85. Jelaskan perbedaan konflik dan kekerasan!

    Konflik merupakan suatu proses sosial. antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya. Sedangkan kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dengan kata lain, kekerasan psikis.undefined maupun merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun Jadi perberbedaan dari konflik dan

    kekerasan:

    Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan. Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan. dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik menyebabkan cidera. yang Ada juga perbedaan konflik dan kekerasan antara lain

    1.Waktu

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik terjadi dalam waktu yang panjang, sementara kekerasan terjadi dalam waktu yang singkat. konflik dalam proses terjadinya diketahuil

    2. Proses Perbedaan konflik dan kekerasan adalah oleh kedua pihak yang melakukan pertikaian, sementara kekerasan dalam proses terjadinya umumnya tidak diketahui oleh pihak yang lemah.

    3. Niat

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik pada praktiknya tidak disertai niat menjatuhkan lawan dalam pertikaian, memang diniatkan untuk menjatuhkan lawan yang lemah. sementara kekerasan pada praktiknya

    4. Reaksi

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik umumnya tidak menimbulkan yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan. fisik.reaksi konflik kekerasan penyebabnya hisa karena

    5. Penyebab Perbedaan konflik dan kekerasan adalah penyebabnya bisa karena persaingan antara dua belah pihak yang melakukan pertikaian, sementara kekerasan penyebabnya bisa karena melakukan pertikaian. kesalahpahaman kedua pihak yang

    6. Perlakuan

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dilakukan secara nyata untuk mencapai tujuan yang diinginkan kedua dilakukan penuh prasangka buruk dan berakibat merugikan pihak yang lemah.belah pihak, sementara kekerasan

    7. Pelanggaran

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    8. Pengaruh

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dipengaruhi oleh keinginan untuk menghancurkan pihak lain, sementara kekerasan dipengaruhi oleh dorongan nafsu saja.

    9. Penyelesaian

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bentuk penyelesaiannya dapat dilakukan dengan akomodasi dan peradilan antara kedua belah pihak, sementara kekerasan bentuk penyelesaiannya hanya bisa diselesaikan. dengan peradilan.

    10. Dampak

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dapat memberikan dampak positif berupa perubahan dalam proses penyelesaiannya, sementara kekerasan. meningkatkan justru berisiko kedestruktifan di masa yang akan datang.

    Nama : Dinda Fathira Anindita
    No : 12
    Kelas : XI MIPA 2

    BalasHapus
  86. Nama:Eva Miftakhul Jannah
    Kelas:Xl ips 1
    No:13

    -KEKERASAN
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya di dorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kadestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agensi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptis biologis.

    KONFLIK
    1.memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan melakukan persaingan nya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.

    BalasHapus
  87. Nama: Ahmad Nur Mujahid
    NO: 2
    Kls XI Mipa 3

    KONFLIK

    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan seiring pesaingnya.
    -Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan. -Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    -Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.


    KEKERASAN
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    -Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban. -Agresi jahat yang tidak terprogram seca filogenetik dan tidak adaptif biologis
    -Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda beda,

    BalasHapus
  88. Nama: Rayhanda galih syah putra
    No:24
    Kelas: XI IPS2

    •Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan.

    •Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik yang menyebabkan cidera.

    BalasHapus
  89. Nama: Romeo Gionino
    No. : 26
    Kls : XI IPS 2

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!
    Konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan, sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup keras karena berhubungan dengan fisik.perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum

    BalasHapus
  90. Nama: Oktavia Dwi Astuti
    Kelas : Xl IPS 1
    No : 24

    Perbedaan konflik dan kekerasan

    Konflik bertujuan untuk menentang pendapat lawan dan memperoleh kemenangan.
    Sedangkan Kekerasan adalah tindakan atau ekspresi secara fisik maupun verbal yang mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan.

    BalasHapus
  91. Nama : Mia Oktaviana
    Kelas: XI IPS 1
    NO. : 18

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    ~KEKERASAN
    •Tidak memiliki tujuan dan hanya did orong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    •Kedestruktifannya meningkat sering dengan perkembangan peradaban
    •Agresi jahat yang tidak terpogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    •Bukan pembawaan manusia,memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda

    ~KONFLIK
    •Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya
    •Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    •Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    •Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  92. NAZAI RHODIATUL ANNISA16 Februari 2022 07.06

    NAMA : NAZAI RHODIATUL ANNISA
    KELAS : XI IPS 1
    NO. : 22

    *PERBEDAAN KONFLIK DAN KEMERASAN

    • Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan.

    • Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik yang menyebabkan cidera.

    BalasHapus
  93. Nama:Afifah Rahmawati
    Kelas:XI Mipa 4
    No:1

    Konflik adalah suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salahsatu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya
    biasanya konflik:
    1.memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pasiennya
    2.memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan
    3.hasil proses interaksi sosial bersifat negatif atau disosiatif
    4.sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari

    Kekerasan adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan
    biasanya kekerasan:
    1.tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    2 kedestruktifannya ia meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3.teknisi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4.bukan pembawa manusia memiliki tingkatan kedestruktifannya yang berbeda-beda

    BalasHapus
  94. Nama: Kurnia Arnit Sambodho
    Kelas:XI MIPA 4
    No:22

    Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan.
    Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik yang menyebabkan cidera.

    BalasHapus
  95. Nama:Else Duwi Lestari
    No:14
    Kls:XI MIPA1

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik tidak ehuunun yang menimbulkan reaksi berlebihan, sementara kekerasan menimbulkan reaksi ehuunun cukup keras karena berhubungan dengan fisik. . Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum, sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    BalasHapus
  96. NAMA: ELSA APRILIA MAHARANI
    KLS:XI MIPA 4
    NO:13

    KEKERASAN:
    -Agensi jahat yg tidak terprogam secara filogenetik dan tidak adaptif biologis
    KONFLIK:
    -Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya
    KEKERASAN:
    -Tidak memiliki tujuan dan hanya did orong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    KONFLIK:
    -Hasil proses interaksi sosial yg bersifat negatif atau disosiatif

    BalasHapus
  97. Aisyah alfiaturrohmah (2) XI MIA 423 Februari 2022 19.27

    Nama : Aisyah alfiaturrohmah
    Kelas:XI MIPA 4
    No : 2




    Konflik merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau suatu kelompok di mana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya atau bahkan menentang dan menghancurkannya. Sedangkan kekerasan diartikan sebagai sebuah ekspresi yang dilakukan secara verbal maupun fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan maupun martabat seseorang yang dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dengan kata lain, kekerasan merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis.undefined

    Jadi perberbedaan dari konflik dan kekerasan :

    •Konflik sosial. Suatu proses menyingkirkan pihak lawan sebagai suatu tujuan untuk memperoleh suatu kemenangan.
    •Kekerasan. Dikatakan sebagai konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Di dalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan dapat menimbulkan reaksi yang keras dan bahkan terjadi benturan fisik yang menyebabkan cidera.

    BalasHapus
  98. Nama : Delphina Ayu Zahrawati
    No : 9
    Kelas :XI MIPA 3

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    Jawab:

    1.konflik memiliki dampak positif untuk mendorong suatu perubahan, sedangkan kekerasan kedestruktifannya meningkat seiring perkembangan peradaban.

    2.konflik memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan untuk menaklukkan pesaing' nya , sedangkan kekerasan tidak memiliki tujuan hanya di dorong oleh hasrat atau keinginan semata untuk sesaat.

    3.konflik merupakan fakta sosial yang tidak dapat dihindari, sedangkan kekerasan bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda beda.

    4.konflik hasil prosesnya interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif, sedangkan kekerasan memiliki agresi yang jahat tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.

    BalasHapus
  99. Nama: Angger Luthfian Budi
    Kelas: XI MIPA 4
    Absen: 4

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik!

    Jawab:
    Konflik:
    1.Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2.Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3.Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif.
    4.Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    Kekerasan:
    1.Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2.Kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3.Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4.Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  100. Nama : Nian Puspita Permatasari
    No : 24
    Kelas : XI MIPA 1

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik dilakukan secara nyata untuk mencapai tujuan yang diinginkan kedua belah pihak, sementara kekerasan dilakukan penuh prasangka buruk dan berakibat merugikan pihak yang lemah

    BalasHapus
  101. Nama: SYAKIRA lUVITA SARI
    No :29
    Kelas: Xl MIPA 01


    Konflik merupakan salah satu bentuk interaksi sosial dalam proses disosiatif untuk mendapatkan apa yang dinginkan secara bersama atau secara individu. Namun, konflik akan disertai dengan jalan memberikan perlawanan pada pihak lain yang disertai kekerasan dan ancaman.

    Menurut dampak yang ditimbulkan, ada dua jenis konflik, yaitu :

    ▪︎Konflik Fungsional yang menghasilkan keuntungan jika dapat diarahkan dan dikontrol. Contoh : persaingan sehat antar karyawan untuk mendapat reward dari perusahaan.

    ▪︎Konflik Disfungsional yang tidak akan menguntungkan dalam bentuk apapun. Contoh : tawuran antar sekolah hanya karena kalah dalam pertandingan olahraga tertentu.

    Nah, KEKERASAN termasuk dalam konflik disfungsional ini.

    Sudut pandang sosiologis melihat bahwa kekerasan merupakan perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang menyebabkan cedera atau hilangnya nyawa seseorang atau dapat menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain yang terjadi saat individu atau kelompok melakukan interaksi sosial, menimbulkan konflik karena gesekan, lalu mengabaikan norma dan nilai sosial yang berlaku sehingga menimbulkan tindakan - tindakan tidak rasional yang merugikan pihak lain guna menguntungkan diri sendiri.

    BalasHapus
  102. Nama :Alvyana Ajira Putri
    Kelas :XI MIPA 1
    Abs: 02
    Konflik adalah suatu proses Anatara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya ,tidak berdaya
    Kekerasan adalah sebuah kekerasan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap suatu kebebasan

    BalasHapus
  103. Nama : Auliya Qaida Hadiningsih
    No : 07
    Kelas : XI MIPA 2

    Jelaskan perdedaan antara kekerasan dan konflik!

    Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat.

    Konflik
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh
    kemenangan persaingan
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong
    adamya suatu perubahan
    3. Hasil proses interaksi sosial yang
    bersifat negatif atau disosiatif
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat
    dihindati

    BalasHapus
  104. NAMA : SITA RAHMAWATI
    KELAS : XI MIPA 4
    NO. : 34

    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah
    konflik umumnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan sementara kekerasan umumnya menimbulkan reaksi cukup besar karena berhubungan dengan fisik .
    Perbedaan konflik dan kekerasan adalah konflik bukan termasuk pelanggaran hukum sementara kekerasan termasuk pelanggaran hukum.

    BalasHapus
  105. Nama:Alfi sukma ramadhani
    Kelas:xmipa3
    No:3

    Konflik adalah suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    Kekerasan adalah sebuah kekerasan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap suatu kebebasan

    BalasHapus
  106. Nama:Djil Jian Khusnul Khotimah
    Kelas:XI MIPA 3
    No:13

    Konflik adalah Suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    Kekerasan adalah sebuah kekerasan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap suatu kebebasan.

    BalasHapus
  107. NAMA:MUHAMMAD KAFAABILLAH
    KELAS:XI IPS 1
    NO:19


    Jelaskan Perbedaan Antara Kekerasan Dan Konflik !
    Jawaban:

    Konflik adalah suatu proses antara dua orang atau suatu kelompok dimana salah satu pihak ingin menyingkirkan pihak lawan dengan membuatnya tidak berdaya.
    Biasanya Konflik :
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial bersifat negatif atau disosiatif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.

    Kekerasan adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan tindakan menyerang terhadap kebebasan.
    Biasanya Kekerasan :
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agensi jahat yang tidak terprogram secara filogentik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawa manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  108. Nama : Adisti Citra Rahmawati
    Kelas : XI MIPA 3
    No.absn :1

    JELASKAN PERBEDAAN KEKERASAN DAN KONFLIK

    ANTARA

    *KEKERASAN

    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.

    2. Destruktif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan

    peradaban

    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.

    4. Bukan pembawaan manusia memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda

    * KONFLIK

    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh

    kemenangan yang

    pesaingnya

    melakukan

    2. Memiliki dampak positif untuk

    3. Hasil proses interaksi sosial yang

    mendorong adanya suatu perubahan bersifat negatif atau disosiatif 4. Sebagai faktor sosial yang tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  109. Nama : nia asturi a
    No : 26
    Kelas : xi mipa 4

    .jawab.

    -kekerasan-
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat/keinginan sesaat
    2. Agresi jahat yg tidak terprogam secara filogenetik dan tidak adaptif biologis

    -konflik-
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan yang melakukan pesaingnya
    2. Sebagai faktor sosial yg tidak dapat dihindari

    BalasHapus
  110. Nama : Chesa Amanda Setya Putri
    No : 09
    Kelas : XI IPS 2

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik?
    = A. Konflik :
    1. Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan dan menaklukkan pesaingnya.
    2. Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya suatu perubahan.
    3. Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau positif.
    4. Sebagai fakta sosial yang tidak dapat dihindari.
    Sedangkan
    B. Kekerasan :
    1. Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat.
    2. Kedestruktifannya meningkat seiring dengan perkembangan peradaban.
    3. Agresi jahat yang tidak terprogram secara filogenetik dan tidak adaptif biologis.
    4. Bukan pembawaan manusia, memiliki tingkat kedestruktifan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  111. Nama: Sifa aryunia putri
    No : 33
    Kelas : XI MIPA 2

    Jelaskan perbedaan antara kekerasan dan konflik
    * Kekerasan
    1.Tidak memiliki tujuan dan hanya didorong oleh hasrat atau keinginan sesaat
    2.Destukrif hanya meningkatkan seiring dengan perkembangan peradaban
    3.Agresi jahat yang tidak terprogram secara Filogenetik dan tidak adaptif biologis
    4.Bukan pembawaan manusia Memiliki tingkat Kedestruktifan yang berbeda beda

    * Konflik
    1.Memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan Yang melakukan persaingan
    2.Memiliki dampak positif untuk mendorong adanya Suatu perubahan
    3.Hasil proses interaksi sosial yang bersifat negatif atau disosiatif
    4.Sebagai faktor sosial yang tidak

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.