Status, Peran, dan Mobilitas Sosial

KEDUDUKAN (STATUS)

Menurut Roucek dan Warren kedudukan adalah tempat atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial. Apabila dikaitkan dengan stratifikasi sosial, maka kedudukan (status) dapat dimaknai sebagai tempat seseorang secara umum dalam (lapisan) masyarakat sehubungan dengan keberadaan orang lain, meliputi lingkungan pergaulan, harga diri, hak, dan kewajiban.

Pada prinsipnya setiap individu dalam pergaulan hidupnya memiliki beberapa status sosial pokok (key status), yaitu sebagai berikut: 
a. Status dalam lingkungan kerja atau pekerjaan seseorang.
b. Status dalam sistem kekerabatan.
c. Status religius dan status politik.


Status menurut cara memperolehnya terbagi atas tiga macam, yaitu sebagai berikut :

1. Ascribed Status
Status atau Kedudukan tersebut diperoleh secara turun temurun, melalui kelahiran. Status ini diartikan sebagai kedudukan seseorang dalam masyarakat yang diberikan tanpa memandang kemampuan atau perbedaan antar individu. Contohnya adalah status sebagai keturunan bangsawan. 

2. Achieved Status
Achieved status adalah kedudukan yang dicapai seseorang dengan usaha usaha yang sengaja dilakukan, bukan diperoleh melalui kelahiran. Kedudukan ini bersifa terbuka bagi siapa saja, tergantung kemampuan dari masing-masing individu dalam mengejar dan mencapai tujuannya. Contohnya adalah, seorang dokter spesialis, pilot dan akuntan. 

3.  Assigned Status
Assigned status adalah status yang diperoleh melalui penghargaan atau pemberian dari pihak lain atas jasa-jasa tertentu. Contohnya adalah para pahlawan dan peraih nobel. 
 

PERAN (ROLE)  

Peran (Role) merupakan aspek yang dinamis dari kedudukan (status). Apabila seseorang telah menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan kedudukannya, maka ia telah melaksanakan suatu peran. Suatu status pasti memiliki sejumlah peran yang melekat padanya, sedangkan peran tidak mungkin ada tanpa status. Jadi dapat disimpulkan bahwa status dan peran tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

MOBILITAS SOSIAL

Secara etimologis, mobilitas berasal dari kata mobilitas yang artinya mudah dipindahkan. Secara umum, mobilitas sosial berarti perpindahan posisi seseorang atu kelompok dari lapisan satu ke lapisan yang lainnya. Masyarakat terbagi ke dalam lapisan-lapisan, baik secara vertikal maupun horizontal. Gerak masyarakat sangat bergantung pada struktur sosial masyarakat yang bersangkutan. Apabila masyarakat tersebut berada dalam struktur sosial yang kaku (misalnya, pada masyarakat kasta, kerajaan, atau suku pedalaman), maka gerak sosial masyarakat relatif lebih sempit karena terbatas oleh aturan serta nilai-nilai sosial yang tidak memungkinkan seseorang untuk berpindah lapisan. Sebaliknya, pada masyarakat dengan struktur sosial terbuka, peluang untuk bermobilitas sangat terbuka karena masyarakat bebas untuk mengembangkan potensi dan kemampuannya untuk bisa berpindah dari lapisan satu ke lapisan yang lainnya, terutama perpindahan secara vertikal.

Secara prinsip terdapat tiga jenis mobilitas yang utama, yaitu :

1. Mobilitas horizontal
Yaitu perpindahan seseorang atau kelompok dalam lapisan sosial yang sama. Ciri utama mobilitas horizontal adalah lapisan sosial yang ditempati orang tersebut tidak mengalami perubahan. Contoh: Seorang guru SMK yang berpindah menjadi guru SMA, seorang tukang batu berganti pekerjaan menjadi tukang kayu.

2. Mobilitas vertikal
Yaitu perpindahan status sosial seseorang atau kelompok pada lapisan sosial yang berbeda. Dalam mobilitas sosial vertikal terjadi perpindahan lapisan yang tidak sederajat, bisa berupa kenaikan lapisan dan bisa juga karena penurunan lapisan/kedudukan. Mobilitas sosial tersebut terbagi menjadi dua:

a. Social climbing. Social climbing adalah peningkatan status/kedudukan seseorang ke dalam lapisan yang lebih tinggi. Social climbing memiliki dua bentuk, yaitu: 
(1) Kenaikan pangkat seseorang ke golongan yang lebih tinggi. Misalnya: seorang walikota yang kemudian menjadi gubernur. 
(2) Terbentuknya suatu kelompok baru yang lebih tinggi dari lapisan yang sudah ada. Misalnya: dalam pemilihan pengurus kelas, Andre terpilih sebagai ketua kelas yang berhak mengatur seluruh siswa di kelas itu.

b. Social sinking. Social sinking merupakan penurunan status/kedudukan seseorang ke dalam lapisan sosial yang lebih rendah. Social sinking juga memiliki dua bentuk, yaitu: 
(1) Turunnya kedudukan seseorang ke golongan yang lebih rendah Misalnya: seorang karyawan yang di-PHK, seorang pejabat yang pensiun. 
(2) Tidak dihargainya lagi kedudukan sebagai lapisan sosial atas Misalnya: tidak berlakunya lagi gelar kebangsawanan seseorang. 

3. Mobilitas intra-generasi, antar-generasi, dan antar-wilayah. 
a. Mobilitas intra-generasi. Yaitu perpindahan kedudukan sosial seseorang/ anggota masyarakat yang terjadi dalam satu generasi yang sama. Misalnya: Alumni SMA Unggul angkatan 2020 ( ada yang menjadi pengusaha, sopir, mahasiswa, tentara, dll).

b. Mobilitas antar-generasi. Yaitu perpindahan kedudukan sosial seseorang/ anggota masyarakat yang terjadi di antara beberapa generasi dalam satu keturunan. Mobilitas sosial antar-generasi bisa berbentuk vertikal naik atau vertikal turun. 
(1) Mobilitas antar-generasi naik. Misalnya: Atep adalah seorang PNS, padahal ayahnya hanya seorang petani dan kakeknya seorang buruh tani. 
(2) Mobilitas antar-generasi turun. Misalnya: Unang adalah seorang kuli bangunan, padahal ayahnya seorang pedagang, dan kakeknya seorang kepala desa.

c. Mobilitas antar-wilayah. Yaitu perpindahan seseorang/ kelompok dari suatu tempat ke tempat lain. Bentuk-bentuk migrasi antar-wilayah adalah migrasi, urbanisasi, dan transmigrasi, mobilitas ini juga dissebut mobilitas gerak sosial geografis. 

RANGKUMAN 

1. Status Sosial. Status sosial adalah kedudukan  atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial atau masyarakat. Status menurut cara memperolehnya terbagi atas tiga macam, yaitu sebagai berikut : (a) Ascribed Status (b) Achieved Status (c) Assigned Status.

2. Peran sosial. Peran (Role) merupakan aspek yang dinamis dari kedudukan (status).

3. Mobilitas sosial. Secara prinsip terdapat tiga jenis mobilitas yang utama, yaitu : (a) Mobilitas horizontal. (b) Mobilitas vertikal. (c) Mobilitas intra-generasi, antar-generasi, dan antar-wilayah.

Referensi: Tri Ady Indrawan. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Status, Peran, dan Mobilitas Sosial Status, Peran, dan Mobilitas Sosial Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Oktober 06, 2021 Rating: 5

74 komentar:

  1. WAHYU HANDAYANI XI IPS 312 Oktober 2021 12.17

    nama: Wahyu Handayani
    Kelas: XI IPS 3
    No : 29

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  2. Nama : Rasya Ali Canacun
    Kelas : XI IPS 3
    No : 23

    mobilitas sosial lebih mudah terjadi masyarakat modern cenderung dinamis karna lebih memungkinkan untuk berpindah strata sebaliknya,pada masyarakat yang sifatnya tertutun kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit.
    contohnya:pada masyarakat yang menganut sistem kasta

    BalasHapus
  3. Nama: putri kurnianingsih
    No:23
    Kelas: XI IPS 2

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah.dan karena masyarakat dituntut untuk memiliki keahlian

    BalasHapus
  4. Nama : Maeva Putri Ana
    No : 19
    Kelas : XI IPS 4


    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak merasa pula sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mengurangi statusnya di masyarakat. Akhirnya mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  5. ALFARIZI DIMAS SAPUTRA12 Oktober 2021 19.02

    Nama :ALFARIZI DIMAS SAPUTRA
    No :04
    Kelas:XI IPS 1


    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmansyah
      Kelas : XI IPS 1
      No Absen : 3

      Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan dapat yang memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah.dan karena dituntut masyarakat untuk memiliki keahlian

      Hapus
  6. Nama : Fatma Dwi Nuraini
    No : 13
    Kelas : XI IPS 3
    1. Jelaskan mengapa mobilitas Sosial pada Masyarakat Moderen cenderung dinamis ?
    Karena tidak terikat struktur sosial (misalnya, pada masyarakat kasta, kerajaan, atau suku pedalaman) dan aturan serta nilai nilai sosial , membuat gerak sosial masyarakat menjadi dinamis serta memungkinkan untuk berpindah lapisan dan mengembangkam potensi.

    BalasHapus
  7. Nama:Febiana Istiyaningsih
    Nomer:15
    Kelas:XI IPS 4


    Mobilitas sosial lebih mudah terjadi pada masyarakat modern cenderung dinamis karena lebih memungkinkan untuk berpindah strata. Sebaliknya, pada masyarakat yang sifatnya tertutup kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit.

    BalasHapus
  8. ARNITA FITRIYANTI
    XI IPS 1
    NO ABSEN 7

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Karena masyarakat bebas untuk mengembangkan potensi dan kemampuannya untuk bisa berpindah dari lapisan satu ke lapisan yang lainnya. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  9. NAMA:MUHAMMAD KAFAABILLAH
    KELAS:XI IPS 1
    NO.ABSEN:19


    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  10. Nama:Elsa aprilia m
    Kls:XI MIPA 4
    No:13

    1. Jelaskan mengapa mobilitas Sosial pada Masyarakat Moderen cenderung dinamis ?
    Karena tidak terikat struktur sosial (misalnya, pada masyarakat kasta, kerajaan, atau suku pedalaman) dan aturan serta nilai nilai sosial , membuat gerak sosial masyarakat menjadi dinamis serta memungkinkan untuk berpindah lapisan dan mengembangkam potensi.

    BalasHapus
  11. GALIH SETIA PURBANINGRUM13 Oktober 2021 07.36

    NAMA : GALIH SETIA PURBANINGRUM
    KELAS : XI MIPA 1
    NO : 18

    Jelaskan mengapa Mobilitas Sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  12. Nama : Erlina Supartini
    No. : 15
    Kelas : XI IPA 3



    Pada masyarakat kota tidak terdapat kelas sosial yang tertutup sehingga setiap orang dapat dengan bebas melakukan mobilitas sosial, Penduduk kota selalu terbuka dengan sesuatu yang baru sehingga tingkat kesempatan melakukan mobilitas sosial lebih besar dari penduduk desa, Senang menemukan inovasi baru, Adanya keinginan dari masin masing individu masyarakat kota yang ingin maju.

    BalasHapus
  13. Nama : Annisah Fitriyana
    Kelas : XI ipa 2
    absen : 5


    Jelaskan mengapa Mobilitas Sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  14. Nama : Syakira luvita sari
    Kelas : XI ipa 1
    absen : 29


    Jelaskan mengapa Mobilitas Sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  15. Intan addawiyah13 Oktober 2021 10.31

    Nama: intan addawiyah
    No: 20
    kelas: XI MIPA 2

    karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  16. Nama:Fadillah Muhammad aziz
    Kelas:X1mipa1
    Absen:15

    mobilitas sosial lebih mudah terjadi masyarakat modern cenderung dinamis karna lebih memungkinkan untuk berpindah strata sebaliknya,pada masyarakat yang sifatnya tertutun kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit.
    contohnya:pada masyarakat yang menganut sistem kasta

    BalasHapus
  17. Nama:Desi Fitriayani
    No:10
    Kls:XI Mipa 1

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  18. Aisyah alfiaturrohmah (2) XI MIA 413 Oktober 2021 12.20

    Nama. : Aisyah alfiaturrohmah
    Kelas.: XI MIPA 4
    No. :2




    Pada masyarakat modern mobilitas menjadi lebih dinamis karena tersedia berbagai macam jenis pekerjaan dan masyarakatnya mempunyai berbagai keahlian yang dibutuhkan untuk membuat hidup jadi lebih baik. Oleh karena itu, mobilitas sosial lebih cepat terjadi pada masyarakat modern karena persaingan yang ketat antaranggota masyarakat di dalam lapisan sosial tertentu.

    BalasHapus
  19. Nama: nia asturi a
    No: 26
    kelas: XI MIPA 4

    -jawab-
    karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  20. NAMA :KHOIRUN NISA IZZATI
    NO :20
    KELAS :XI MIPA 1

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat cenderung dinamis?
    Karena tidak terikat struktur sosial(misalnya, pada masyarakat kasta, kerajaan, atau suku pedalaman) aturan dan nilai sosial membuat gerak sosial masyarakat menjadi dinamis serta memungkinkan untuk berpindah lapisan dan mengembangkan potensi/keahlian. Pola pikir yang tidak cepat puas memengaruhi statusnya dimasyarakat. Akhirnya mobilitas sosial dimasyarakat modern lebih cepat dan mudah.

    BalasHapus
  21. 1. Jelaskan mengapa mobilitas Sosial pada Masyarakat Moderen cenderung ? Karena tidak dapat bergerak struktur sosial (misalnya, pada masyarakat kasta, kerajaan, atau suku pedalaman) dan aturan serta nilai-nilai sosial , membuat sosial masyarakat menjadi dinamis serta memungkinkan untuk berpindah-pindah dan mengembangkan potensi.

    BalasHapus
  22. NAMA: RIRIN RANA BILA
    KELAS : XI MIPA 3
    NO: 30

    1.JELASKAN MENGAPA MOBILITAS SOSIAL PADA MASYARAKAT MODERN CENDERUNG BERSIFAT DINAMIS?

    Karena tidak terkait struktur sosial(misalnya, pada masyarakat kasta, kerajaan, atau suku pedalaman) dan aturan serta nilai-nilai sosial membuat gerak sosial masyarakat menjadi dinamis serta memungkinkan untuk berpindah lapisan dan mengembangkan potensi

    BalasHapus
  23. Nama : Yahya Yulia Putra
    No : 32
    Kelas : XI IPA 3

    1. Jelaskan mengapa mobilitas Sosial pada Masyarakat Moderen cenderung dinamis ?
    Karena tidak terikat struktur sosial (misalnya, pada masyarakat kasta, kerajaan, atau suku pedalaman) dan aturan serta nilai nilai sosial , membuat gerak sosial masyarakat menjadi dinamis serta memungkinkan untuk berpindah lapisan dan mengembangkam potensi.

    BalasHapus
  24. Nama:Auliya Qaida Hadiningsih
    Kelas: Xl MIPA 2
    No.Absen:07

    1. Jelaskan mengapa mobilitas Sosial pada Masyarakat Moderen cenderung dinamis?

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.
    Mobilitas sosial. Secara prinsip terdapat tiga jenis mobilitas yang utama, yaitu : (a) Mobilitas horizontal. (b) Mobilitas vertikal. (c) Mobilitas intra-generasi, antar-generasi, dan antar-wilayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA:DYAH NAWANG WULAN
      KELAS:XI MIPA 4
      NO:12


      1. Jelaskan mengapa mobilitas Sosial pada Masyarakat Moderen cenderung dinamis ?
      Karena tidak terikat struktur sosial (misalnya, pada masyarakat kasta, kerajaan, atau suku pedalaman) dan aturan serta nilai nilai sosial , membuat gerak sosial masyarakat menjadi dinamis serta memungkinkan untuk berpindah lapisan dan mengembangkam potensi.

      Hapus
  25. Nama:Dewi dianingsih
    Kls:xl MIPA 3
    No:11
    Mobilitas sosial lebih mudah terjadi pada masyarakat modern cenderung dinamis karena lebih memungkinkan untuk perpindahan strata.begitu pun sebaliknya Pada masyarakat yang sifatnya tertutup kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit

    BalasHapus
  26. FRISCA APRIANISYAH IZZATY13 Oktober 2021 13.40

    Nama FRISCA APRIANISYAH IZZATY
    Kelas XI MIPA 4
    Absen 17


    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  27. NAMA : ADHE ARIFIN
    KELAS : XI MIPA 2
    NO. : 1

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  28. Dewi Sayekti Sutrisni13 Oktober 2021 13.46

    Nama : Dewi Sayekti Sutrisni
    No. Absen : 11
    Kelas : X1 MIPA 2

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis ?

    Karena tidak terikat struktur sosial (misalnya pada masyarakat, kasta, kerajaan, atau suku pedalaman) dan aturan serta nilai-nilai sosial, membuat gerak sosial di masyarakat menjadi dinamis serta memungkinkan untuk berpindah lapisan dan mengembangkan potensi

    BalasHapus
  29. Nama : Gema Kumala
    Kelas.: XI MIPA 2
    No. : 18

    1). Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    Mobilitas sosial pada masyarakat Modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya dimasyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi dimasyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan Masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  30. Nama : Nokhaita
    No : 26
    Kelas : XI MIPA 3

    1.Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat moderen cenderung dinamis?

    Karena tidak terikat struktur sosial (misalnya, pada masyarakat kasta, kerajaan, atau suku pedalaman) dan aturan serta nilai-nilai sosial, membuat gerak sosial masyarakat menjadi dinamis serta memungkinkan untuk berpindah lapisan dan mengembangkan potensi.

    BalasHapus
  31. Nama:Else Duwi Lestari
    Kelas:XI MIPA1
    NO:14

    Jelaskan mengapa Mobilitas Sosial cenderung dinamis?

    pada modern Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  32. Nama: Tri Nur Hayat Tuti
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 31

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  33. Nama: DIANA FEBRIAN INTIAS
    Kelas: XI MIPA 4
    No : 11


    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.




    BalasHapus
  34. Nama: Landhung Budi Wardono
    Absen: 21
    Kelas: XI MIPA 1

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat.akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah di bandingkan masyarakat yang masih tradisional

    BalasHapus
  35. Nama : ALDO FEBRIYAN
    Kls : XI MIPA 2
    NO:03


    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan dapat yang memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah.dan karena dituntut masyarakat untuk memiliki keahlian

    BalasHapus
  36. Nama : Bima Adi Dharma
    No : 07
    Kelas: XIMIPA1

    Mobilitas sosial yang dilakukan oleh tiap individu di muka bumi ini memiliki sederet dampak yang ditimbulkan dan menyebarkan dampak yang beragam pada banyak pihak. Sebelum mengetahui apa saja dampak mobilitas sosial, mari kita mengetahui lebih dalam apa itu mobilitas sosial dalam masyarakat.

    Mobilitas sosial menurut Pitirim. A. Sorokin terbagi menjadi dua jenis yaitu mobilitas sosial horizontal dan mobilitas sosial vertikal. Mobilitas sosial yang merupakan perpindahan status atau posisi sosial individu atau kelompok ini adalah wujud gerak sosial yang dapat mengubah status sosial seseorang atau kelompok yang melakukan mobilitas sosial.

    Mobilitas Sosial dan Peran serta Dampak dalam Kehidupan (1)
    Kehidupan Bersosial Sehari-hari Foto: dok Ask an Academic
    Jenis mobilitas sosial yang pertama adalah mobilitas sosial vertikal. Dalam mobilitas sosial ini, seseorang individu melakukan beberapa usaha untuk dapat berpindah kedudukan sosial yang lebih rendah atau kedudukan sosial yang lebih tinggi. Berbeda dengan mobiliats sosial vertikal, mobilitas sosial horizontal atau mobilitas antargenerasi merupakan perubahan sosial yang dialami dalam suatu garis keturunan.

    BalasHapus
  37. Nama : Letifa purwaningtyas
    Kelas : XI MIPA 2
    No : 23

    1. Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    Jawab:
    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir terbuka , tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya dimasyarakat. Akibatnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat tradisional.

    BalasHapus
  38. NAMA : TIARA SETIANI
    KELAS : XI MIPA 1
    NO. : 30


    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?
    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  39. Nama : Fauziah Martshafa Ayu
    No./Kelas : 16/XI IPA 2
    Mobilitas masyarakat modern lebih dinamis karena :
    1) Kenaikan pangkat seseorang ke golongan yang lebih tinggi. Misalnya: seorang walikota yang kemudian menjadi gubernur.
    (2) Terbentuknya suatu kelompok baru yang lebih tinggi dari lapisan yang sudah ada. Misalnya: dalam pemilihan pengurus kelas,Andre terpilih sebagai ketua kelas yang berhak mengatur seluruh siswa di kelas itu.

    BalasHapus
  40. 1.Jelaskan mengapa
    mobilitas
    Sosial pada Masyarakat Moderen
    cenderung dinamis ?
    Karena tidak terikat struktur sosial
    (misalnya, pada masyarakat kasta,
    kerajaan, atau suku pedalaman)
    dan aturan serta nilai nilai sosial,
    membuat gerak sosial masyarakat
    menjadi dinamis serta
    memungkinkan untuk berpindah
    lapisan potensi dan
    mengembangkan

    BalasHapus
  41. Nama :Ardiyana nur mukaromah
    kelas :XI mipa 2
    No :06

    1.Jelaskan mengapa
    mobilitas
    Sosial pada Masyarakat Moderen
    cenderung dinamis ?
    Karena tidak terikat struktur sosial
    (misalnya, pada masyarakat kasta,
    kerajaan, atau suku pedalaman)
    dan aturan serta nilai nilai sosial,
    membuat gerak sosial masyarakat
    menjadi dinamis
    serta memungkinkan untuk berpindah
    lapisan potensi
    dan mengembangkam

    BalasHapus
  42. NAMA : SIFA ARYUNIA PUTRI
    NO : 33
    KELAS : XI MIPA 2


    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak merasa pula sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mengurangi statusnya di masyarakat. Akhirnya mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  43. Nama : Muhammad Abdul Rosyid
    Kelas: XI MIPA 2
    No : 25

    Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi individu atau kelompok dari lapisan sosial yang satu ke lapisan sosial yang lain. Individu yang berpindah tersebut bisa mengalami kenaikan kelas dalam suatu struktur sosial, atau bisa juga mengalami penurunan strata ke kelas yang lebih rendah dalam struktur sosial. Pada masyarakat modern mobilitas menjadi lebih dinamis karena tersedia berbagai macam jenis pekerjaan dan masyarakatnya mempunyai berbagai keahlian yang dibutuhkan untuk membuat hidup jadi lebih baik. Oleh karena itu, mobilitas sosial lebih cepat terjadi pada masyarakat modern karena persaingan yang ketat antaranggota masyarakat di dalam lapisan sosial tertentu

    BalasHapus
  44. nama : Arfie Prasticia Agitha
    kelas : XI MIPA 3

    Mobilitas sosial pada masyarakat karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat masyarakat yang masih tradisional. modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional

    BalasHapus
  45. Nama : Tinton Jaya Kurniawan
    No : 35
    Kelas : X1 IPA 2

    mobilitas sosial lebih mudah terjadi cenderung dinamis karna lebih memungkinkan untuk berpindah strata sebaliknya,pada masyarakat masyarakat modern yang sifatnya tertutun kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit. contohnya:pada masyarakat yang menganut sistem kasta

    BalasHapus
  46. Nama : Zaky Ammar An Naufal
    No : 35
    Kelas : XI Mipa 1


    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  47. Nama : EILITA YUYUN TRI CAHYANI
    Kelas : XI ipa 2
    Absen : 13

    Jelaskan mengapa Mobilitas Sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih dibandingkan masyarakat yang masih tradisional. Mobilitas sosial pada cepat dan mudah Balas

    BalasHapus
  48. Nama : Zaskia Raisa Rahmawati
    No : 31
    Kelas : XI IPS 4


    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  49. Nama: Angger Luthfian Budi
    Kelas: XI MIPA 4
    Absen: 4

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat cenderung dinamis?

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  50. Nama : Clarisa Titania Pangestika
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :8

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?
    Jawab: Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya dimasyarakat. Akibatnya, mobilitas sosial yang terjadi dimasyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat tradisional.

    BalasHapus
  51. Nama : Sinta Intan Kusuma
    No. Absen : 31
    Kelas : XI IPA 3

    Jelaskan mengapa Mobilitas Sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    Mobilitas masyarakat modern lebih dinamis karena :
    - Kenaikan pangkat seseorang ke golongan yang lebih tinggi. Misalnya : seorang walikota yang kemudian menjadi gubernur.

    - Terbentuknya suatu kelompok baru yang lebih tinggi dari lapisan yang sudah ada. Misalnya : dalam pemilihan pengurus kelas, Andre terpilih sebagai ketua kelas yang berhak mengatur seluruh siswa di kelas itu.

    BalasHapus
  52. Nama : Shela Putri Nabila
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 27

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?
    Jawab: Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya dimasyarakat. Akibatnya, mobilitas. sosial yang terjadi dimasyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat tradisional.

    BalasHapus
  53. Nama : Nana Resky Aprilliana
    Kelas : XI MIPA 1
    No.Absen: 23



    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  54. Nama : Supra Wibowo
    No : 34
    Kelas : XI MIPA 2

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?
    Jawaban:
    Karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya dimasyarakat.

    BalasHapus
  55. ENNOU HAPPY FINIARIE18 Oktober 2021 14.32

    Nama : Ennou Happy Finiarie
    No. : 14
    Kelas: XI MIPA 2

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis??

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  56. Nama:Miftha Rosyida I
    No:24
    Kelas:XI Mipa 3

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    Jawab:mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir terbuka,tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya dimasyarakat.Akibatnya mobilitas sosial yang terjadi dimasyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat tradisional

    BalasHapus
  57. Nama:Diazvika Ayu Yudhistiana
    No:12
    Kelas:XI MIPA 1

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  58. Nama : Imelda Rahmawati
    Kelas: X1 MIPA 2
    No : 19

    Jelaskan mengapa Mobilitas Sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    Mobilitas masyarakat modern lebih dinamis karena :
    - Kenaikan pangkat seseorang ke golongan yang lebih tinggi. Misalnya : seorang walikota yang kemudian menjadi gubernur.

    - Terbentuknya suatu kelompok baru yang lebih tinggi dari lapisan yang sudah ada. Misalnya : dalam pemilihan pengurus kelas, Andre terpilih sebagai ketua kelas yang berhak mengatur seluruh siswa di kelas itu.

    BalasHapus
  59. Nama : Desi Lutfiana W
    No. : 10
    Kelas. : XI MIPA 2

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka,tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya dimasyarakat. akhirnya, mobilitas sosial terjadi dimasyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  60. Nama : Nadia Laili Cahyaningtyas
    Kelas : XI MIPA 3
    No. : 25


    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?
    Jawab: mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  61. Nama : Rizky Muhammad
    Kelas : XI IPA 4
    NO: 33

    Mobilitas sosial lebih mudah terjadi pada masyarakat modern cenderung dinamis karena lebih memungkinkan untuk berpindah strata. Sebaliknya, pada masyarakat yang sifatnya tertutup kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit.

    BalasHapus
  62. Nama: FIQIH MA'ARIF RUWANDA
    No.absen : 17
    Kelas : XI MIPA 2

    JELASKAN MENGAPA MOBILITAS SOSIAL PADA MASYARAKAT MODERN CENDERUNG DINAMIS?
    :
    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan memengaruhi statusnya masyarakat. Karena dapat di masyarakat bebas untuk mengembangkan potensi dan kemampuannya untuk bisa berpindah dari lapisan satu ke lapisan yang lainnya. Akhirnya, masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  63. Nama: Alvyana Ajira Putri
    Kelas: XI MIPA 1
    Absen: 3



    Pengertian Deferensiasi sosial
    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  64. Nama:FAROJA MUTIA SARI
    No:16
    Kelas:XI MIPA 1

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. sehingga,mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  65. Nama : Ahmad Nur Mujahid
    Kelas: XI MIPA 3
    No :27

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    Jawab: Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya dimasyarakat. Akibatnya, mobilitas sosial yang terjadi dimasyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat tradisional.

    BalasHapus
  66. Nama:Natassya Laili Fatikha A.
    Kelas:XI MIPA 2
    No:27

    Jawab:mobilitas sosial pada masyarakat cenderung dinamis karena pola pikir yang terbuka,tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya masyarakat akibatnya,mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan masyarakat tradisional

    BalasHapus
  67. Della Sekar Melati20 Oktober 2021 19.30

    mobilitas sosial pada masyarakat cenderung dinamis karena pola pikir yang terbuka tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya masyarakat akibatnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan masyarakat tradisional

    BalasHapus
  68. Nama: Lisa Eka Rahmawati
    No : 23
    Kelas: XI MIPA 3

    JAWABAN : Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya dimasyarakat. Akibatnya, mobilitas sosial yang terjadi dimasyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat tradisional.

    BalasHapus
  69. Nama:Alvi nur hidayah
    No:3
    Kelas:XI mipa 4

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?

    jawab:
    mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya di masyarakat. akhirnya,mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dan karena masyarakat dituntut untuk memiliki keahlian.

    BalasHapus
  70. Nama:Afifah Rahmawati
    Kelas:XI MIPA 4
    No:1

    Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir masyarakat yang terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat memengaruhi statusnya di masyarakat. Akhirnya, mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat yang masih tradisional.

    BalasHapus
  71. Nama : Ummi Nur Khasanah
    Kelas : XI MIPA 1
    Absen :32

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?
    Jawab: Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya dimasyarakat. Akibatnya, mobilitas sosial yang terjadi dimasyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat tradisional

    BalasHapus
  72. Nama : Delphina ayu zahrawati
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :9

    Jelaskan mengapa mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis?
    Jawab: Mobilitas sosial pada masyarakat modern cenderung dinamis karena pola pikir terbuka, tidak cepat merasa puas sehingga selalu ingin melakukan perubahan yang dapat mempengaruhi statusnya dimasyarakat. Akibatnya, mobilitas sosial yang terjadi dimasyarakat modern cenderung lebih cepat dan mudah dibandingkan masyarakat tradisional

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.