Bentuk-bentuk Masalah Sosial

Pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, Ananda telah memahami tentang pengertian masalah sosial, eksklusi sosial dan faktor penyebab masalah sosial. Nah pada kegiatan pembelajaran ini, akan membahas tentang berbagai bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat. Ananda dapat mencermati beberapa masalah sosial di bawah ini :

KEMISKINAN

Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya. Kondisi ketidakmampuan ini ditandai dengan rendahnya kemampuan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pokok baik berupa pangan, sandang, maupun papan. Kemampuan pendapatan yang rendah ini juga akan berdampak berkurangnya kemampuan untuk memenuhi standar hidup rata-rata seperti standar kesehatan masyarakat dan standar pendidikan.

Bentuk-bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :  
a. Kemiskinan absolut, merupakan tahap dimana individu sulit atau bahkan tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sekaligus mendasar agar dapat menyambung hidup. Contohnya, apabila ada seorang yang mengalami disabilitas (lumpuh) maka ia tidak sanggup untuk mencari pekerjaan yang upahnya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan dan minum, apalagi ia hidup sebatang kara sehingga ia terjebak dalam lingkaran kemiskinan (tidak dapat merubah nasib).

b. Kemiskinan relatif, merupakan kemiskinan yang melanda seseorang namun masih mampu untuk memenuhi kebutuhan mendasarnya. Misalnya, seorang buruh yang selalu berangkat ke pabrik menggunakan sepeda, tetapi ia menyadari bahwa teman-temannya telah mempunyai sepeda motor, ketika itu pun ia merasa kurang mampu dibandingkan rekan-rekannya. Ketidakmampuan seseorang dalam hal ini kemiskinan relatif sebagian besar ditentukan oleh individu sendiri.

c. Kemiskinan Kultural, merupakan bentuk kemiskinan yang terjadi akibat adanya sikap dan unsur budaya masyarakat yang cenderung santai dan tidak memiliki motivasi  untuk memperbaiki taraf hidupnya menjadi lebih baik.

PENGANGGURAN

Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja. Orang yang sedang mencari pekerjaan dan orang yang bekerja namun perkerjaannya tidak produktif pun dapat dikategorikan sebagai pengangguran.

Jenis-Jenis Pengangguran
a. Pengangguran Terbuka
Pengangguran yang tidak memiliki pekerjaan. Karena belum mendapat pekerjaan atau memang tidak mau bekerja. Pengangguran terbuka disebabkan oleh lapangan kerja yang tidak tersedia, atau tidak adanya kecocokan antara lowongan kerja dan latar belakang pendidikan.

b. Pengangguran Siklikal
Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan dalam kegiatan perekonomian negara. Mundurnya perekonomian akan mengakibatkan daya beli masyarakat yang juga menurun, sehingga perusahaan akan mengurangi produksi dan memberhentikan karyawannya.

c. Pengangguran Musiman
Kondisi ini disebabkan oleh siklus ekonomi yang berfluktuasi karena adanya pergantian musim sehingga pekerja harus menghentikan aktivitas produksi untuk sementara. Biasanya terjadi pada bidang pertanian dan perikanan, seperti petani dan nelayan.

d. Setengah Pengangguran
Kondisi ini merupakan pekerja yang mempunyai pekerjaan, namum jam kerjanya sedikit, biasanya kurang dari 35 jam dalam seminggu.

KRIMINALITAS

Kriminalitas berasal dari kata crime yang artinya kejahatan. Kriminalitas adalah semua perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma hukum pidana. Kriminalitas yang terjadi di lingkungan masyarakat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun luar individu. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Tindakan kriminalitas yang terjadi di masyarakat harus menjadi perhatian aparat polisi dan masyarakat sekitar.

Dampak tindakan kriminal seperti :  
a. Merugikan pihak lain baik material maupun non material  
b. Merugikan masyarakat secara keseluruhan  
c. Merugikan Negara  
d. Menggangu stabilitas keamanan masyarakat  
e. Mangakibatkan trauma kepada para korban.

Dengan kata lain dampak dari fenomena tindakan kriminal dan kekerasan ini adalah mengakibatkan keresahan dimasyarakat dan peran penegak hukum seperti polisi akan sangat diandalkan untuk menanggulanginya, namun peran masyarakat juga akan sangat membantu para polisi dalam menangulangi seperti memberikan informasi dan pengamanan lingkungan sekitarnya dengan melakukan siskamling (sistem keamanan lingkungan) yang terintregasi dengan tokoh masyarakat dan polisi.

KESENJANGAN SOSIAL

Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain. Faktor-faktor yang mendorong terjadinya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat, antara lain:
a. Menurunnya pendapatan per kapita. 
b. Ketidakmerataan pembangunan di daerah-daerah. 
c. Rendahnya mobilitas sosial. 
d. Adanya pencemaran lingkungan alam. 
e. Kesenjangan sosial ekonomi dapat menimbulkan masalah di masyarakat, seperti munculnya tindakan kriminal, adanya kecemburuan sosial, dan lain sebagainya.

PENYAKIT MENULAR

Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. Disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme patogenik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit. Keberadaan mereka ada di dalam atau permukaan tubuh, sehingga dapat menyebabkan infeksi.

Terdapat tiga kelompok utama penyakit menular, yaitu:  
a. Penyakit sangat berbahaya karena angka kematian cukup tinggi.  
b. Penyakit menular tertentu yang menimbulkan kematian dan cacat, walaupun akibatnya lebih ringan dari yang pertama.  
c. Penyakit menular yang jarang menimbulkan kematian dan cacat tetapi dapat mewabah yang menimbulkan kerugian materi dan kesehatan.

Virus bukanlah organisme hidup, sebaliknya mereka adalah fragmen asam nukleat yang dikemas dalam mantel protein yang membutuhkan sel hidup untuk bereplikasi. Ada banyak virus lain yang ditransmisikan antara manusia dan yang secara signifikan menyebabkan penyakit dan kematian. Salah satunya yang barubaru ini muncul menjadi masalah global yaitu virus corona atau COVID-19.

Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius MERS atau SARS. Virus ini menyebabkan penyakit Covid-19. Gejala-gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan rasa lelah. Gejala lainnya yang lebih jarang dan mungkin dialami beberapa pasien meliputi rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, sakit kepala, konjungtivitis, sakit tenggorokan, diare, kehilangan indera rasa atau penciuman, ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki. Gejala-gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan muncul secara bertahap. Beberapa orang menjadi terinfeksi tetapi hanya memiliki gejala ringan. Jika Anda mengalami gejala ringan, seperti batuk ringan atau demam ringan. secara umum tidak perlu mencari pertolongan medis. Tetap di rumah, isolasi diri, dan pantau gejala Anda. Ikuti panduan nasional tentang isolasi mandiri.

Namun, jika Anda tinggal di daerah dengan malaria atau demam berdarah, Anda tidak boleh mengabaikan gejala demam. Segera cari pertolongan medis. Saat Anda pergi ke fasilitas kesehatan, kenakan masker jika memungkinkan, jaga jarak setidaknya satu meter dari orang lain, dan jangan menyentuh permukaan benda dengan tangan Anda. Jika yang sakit adalah anak, bantu anak untuk mematuhi nasihat ini. Segera cari perawatan medis jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau nyeri/tekanan di dada. Jika memungkinkan, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu, sehingga Anda dapat diarahkan ke fasilitas kesehatan yang tepat.

KENAKALAN REMAJA

Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Dengan demikian kenakalan remaja merupakan perbuatan yang melanggar hukum yang dapat dikenai sanksi pidana bagi yang melanggar larangan tersebut. Masa remaja dikenal dengan masa Storm dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi, membuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif.

Secara garis besar kenakalan remaja dapat disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. 
a. Faktor Internal
1) Krisis identitas
Hal ini dapat terjadi sebab pada masa remaja kondisi kejiwaan yang labil remaja masih sangat menonjol. Remaja sedang dalam kondisi untuk mencari identitas diri, dimana kesulitan ini sering tanpa disadari oleh para remaja. Remaja tidak mau lagi dianggap sebagai anak kecil, tetapi pada sisi yang lain kematangan untuk menjadi dewasa juga belum terpenuhi. Dalam kondisi ini sering remaja juga terjerumus ke dalam hal – hal yang negatif, sebagai akibat dari ketidaktahuannya.

2) Kontrol diri yang lemah
Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya. Kontrol diri yang lemah ini menyebabkan remaja mudah terbawa arus kehidupan yang sering hanya untuk menunjukkan identitas dirinya agar diakui, tanpa berpikir lebih jauh apakah yang dia lakukan itu benar atau salah.

b. Faktor Eksternal
1) Keluarga dan perceraian orang tua
Keluarga merupakan lembaga yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian seorang anak. Dalam keluarga pertamakali seorang anak akan dikenalkan dengan nilai dan norma yang berlaku, baik dalam keluarga sendiri maupun dalam masyarakat yang lebih luas. Keluarga menjadi pusat komunikasi yang baik bagi seluruh anggotanya, sehingga jika tidak ada komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja. Perceraian keluarga seringkali membawa efek yang buruk terhadap perkembangan kepribadian seorang anak. Anak yang menjadi korban perceraian akan mencari sosoak panutan di luar keluarganya. Jika dia menemukan atau bergaul dengan orang dan lingkungan yang salah, tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut akan mendorong perilaku yang nakal dari anak tersebut.

2) Teman dan lingkungan yang kurang baik
Dalam masa ini pola pergaulan harus menjadi perhatian semua pihak agar perilaku yang tidak baik dari remaja tidak muncul. Dalam tata pergaulan remaja seringkali menemukan situasi yang tidak baik dari teman-teman sebayanya. Pola pergaulan dengan teman sebaya sangat besar pengaruhnya, sebab di tengah-tengah teman sebaya eksistensi seorang remaja mendapat pengakuan. Jika para remaja menenmukan lingkungan pergaulan dengan perilaku yang salah maka hal ini akan membawa kepada mereka untuk berperilaku nakal.

3) Pengaruh budaya asing yang cenderung negatif
Seringkali remaja beranggapan bahwa semua yang berasal dari luar negeri itu baik, keren, dan kekinian. Tetapi tidak semua budaya barat meberikan manfaat yang baik dan bahkan tidak cocok dengan budaya masyarakat kita, remaja sebagai individu yang ingin diakui keberadaannya oleh orang lain seringkali terpengaruh dengan budaya asing yang hanya dirasa enak, mudah, glamor dll.

ALIRAN SESAT

Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin teologis atau keagamaan yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengan keyakinan, atau sistem keagamaan manapun. Dalam pengertian ini, ajaran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll, yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

Beberapa aliran sesat atau manyimpang  yang pernah ada di Indonesia adalah:
a. Komunitas Eden atau Salamullah. Ajaran ini didirikan oleh Lia Aminuddin atau Lia Eden dengan jemaat yang disebut Salamullah. Dia mengaku Imam Mahdi sebagai penyebar wahyu Tuhan. Dia juga menyatakan dirinya reinkarnasi Bunda Maria, sedangkan anaknya, Ahmad Mukti, adalah jelmaan Yesus Kristus.

b. Gafatar. Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) didirikan oleh Ahmad Musadeq, yang menyatakan dirinya sebagai nabi. Dia meneruskan ajaran Al-Qiyadah AlIslamiyah yang pernah dinyatakan sesat oleh MUI pada tahun 2007. Gerakan ini bersifat sinkretik, yang menggabungkan ajaran Islam, Kristen, dan Yahudi.

c. Dimas kanjeng Taat Pribadi. Pada tahun 2016, MUI Jawa Timur mengeluarkan fatwa sesat terhadap ajaran sesat Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Pria itu dianggap melakukan sejumlah kegiatan menyimpang, menyesatkan, dan melecehkan agama. Dimas Kanjeng, antara lain mendoktrin pengikutnya dapat menggandakan uang lewat praktik ‘kun fayakun’. Dimas Kanjeng turut mendoktrin keyakinan kufarat kepada pengikutnya bahwa ada bank gaib.

d. Munculnya kerajaan kerajaan palsu atau raja-raja palsu. Contohnya munculnya Raja dan Ratu Agung Sejagat dari Purworejo, yang mengaku raja dan ratu. Keduanya menjadi tersangka menyebar berita bohong yang menimbulkan keonaran dengan mengaku sebagai raja dan ratu Keraton Agung Sejagat (KAS) awal tahun 2020. Dan divonis 4 tahun dan 1,5 tahun penjara oleh Putusan Pengadilan Negeri (PN) Purworejo pada 15 September 2020. 
 

RANGKUMAN

Berbagai bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat : 
1. Kemiskinan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya. 
Bentuk-bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :  
a. Kemiskinan absolut 
b. Kemiskinan relatif 
c. Kemiskinan kultural 

2. Pengangguran. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja. 

3. Kriminalitas. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. 

4. Kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain. 

5. Penyakit menular. Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit. 

6. Kenakalan remaja. Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi, membuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif. 

7. Aliran sesat.  Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll, yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

Referensi: Tri Ady Indrawan. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Bentuk-bentuk Masalah Sosial Bentuk-bentuk Masalah Sosial Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Agustus 25, 2021 Rating: 5

92 komentar:

  1. KIARA MAWAR SARON7 September 2021 18.35

    Masalah sosial merupakan masalah yang timbul akibat dari interaksi sosial antara individu, antara individu dengan kelompok, antara kelompok dengan kelompok.

    bentuk bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat:
    1. PENCURIAN.
    Penyebab = Kurangnya tingkat keamanan serta kesadaran diri pelaku.
    Akibat = Hilangnya rasa nyaman, aman, dan tentram.
    Usaha untuk mengatasi = Meningkatkan faktor keamanan dan nilai-nilai keagamaan terhadap masyarakat.

    2. PENGANGGURAN.
    Penyebab = Kurangnya lapangan kerja serta adanya sifat malas.
    Akibat = Melahirkan berbagai tindak kriminal di lingkungan masyarakat.
    Usaha untuk mengatasi = Memberikan pelatihan sebagai pengusaha serta membuka lowongan kerja seluas-luasnya.

    3. KEMACETAN.
    Penyebab = Banyaknya kendaraan-kendaraan pribadi yang tidak sebanding dengan lebar jalan.
    Akibat = Meningkatkan pencemaran udara, kemacetan semakin parah, memperlama waktu tempuh perjalanan.
    Usaha untuk mengatasi = Beralih ke layanan transportasi publik.
    4.Kemiskinan.
    Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan. 
    5.Kriminalitas.
    Istilah kriminalitas berasal dari bahasa Inggris crime yakni kejahatan. Kejahatan secara formal dapat diartikan sebagai suatu tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial dan undang-undang pidana, bertentangan dengan moral kemanusiaan, bersifat merugikan, sehingga ditentang oleh masyarakat.
    6.Ketidakharmonisan Keluarga.
    Keluarga merupakan tempat sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak, dan satu-satunya media sosialisasi primer. Oleh karena itu keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak. 
    7.Kesenjangan Sosial.
    Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok
    8.Peperangan.
    Sosiologi menganggap peperangan sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai faktor. Peperangan merupakan satu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan. 
    9.Kependudukan.
    Penduduk suatu Negara, pada hakikatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan, sebab penduduk merupakan subyek sertaobyek pembangunan
    10.Kebodohan.
    Salah satu dampak negatif dari kebodohan adalah orang akan mudah untuk diperalat oleh orang lain. Selain itu kebodohan akan membawa orang sulit meraih cita-cita yang tinggi. 

    nama: kiara mawar saron
    kelas: XI IPS 1
    ABSEN:17

    BalasHapus
  2. Nama : GEMA KUMALA
    Kelas.: XI MIPA 2
    No. : 18

    1) kemiskinan adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf dan standar kehidupan pada umumnya. Bentuk bentuk kemiskinan:
    a) kemiskinan absolut
    b) kemiskinan relatif
    c) kemiskinan kultural

    2) pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang.

    3) kriminalitas dimasyarakat seperti pencurian, perampokan, dan pembunuhan

    4) kesenjangan sosial adalah perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain

    5) penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti jamur, bakteri, dan parasit

    6) kenakalan remaja atau juveline delinguency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja.

    7) aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam falsafah, ilmu, politik, seni berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  3. NAMA : KHOIRUN NISA IZZATI
    NO : 20
    KELAS : XI MIPA 1

    Sebutkan bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul dimasyarakat
    1.KEMISKINAN
    2.PENGANGGURAN
    3.KRIMINALITAS
    4.KESENJANGAN SOSIAL
    5.PENYAKIT MENULAR
    6.KENAKALAN REMAJA
    7.ALIRAN SESAT

    BalasHapus
  4. Nama FRISCA APRIANISYAH IZZATY
    Kelas XI MIPA 4
    Absen 17

    Sebutkan bentuk-bentuk masalah sosial yg muncul di masyarakat

    Jawaban:
    Berbagai bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat :
    1. Kemiskinan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.
    Bentuk-bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan kultural

    2. Pengangguran. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.

    3. Kriminalitas. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya.

    4. Kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    5. Penyakit menular. Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit.

    6. Kenakalan remaja. Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi, membuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif.

    7. Aliran sesat. Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll, yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  5. NAMA: ROFICHO TULLAILIYAH
    KELAS : XI IPS 1
    NO ABSEN : 27

    SEBUTKAN BENTUK-BENTUK MASALAH SOSIAL YANG MUNCUL DI MASYARAKAT!

    Jawaban:

    Berbagai bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat :
    1. Kemiskinan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.
    Bentuk-bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan kultural

    2. Pengangguran. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.

    3. Kriminalitas. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya.

    4. Kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    5. Penyakit menular. Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit.

    6. Kenakalan remaja. Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi, membuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif.

    7. Aliran sesat. Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll, yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  6. Nama : Clarisa Titania Pangestika
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :8

    1. Kemiskinan adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup sesuai dengan standar kehidupan pada umumnya. Kemiskinan dibagi menjadi beberapa bentuk yakni:
    ▪︎Kemiskinan Absolut
    ▪︎Kemiskinan Relatif
    ▪︎Kemiskinan Kultural

    2. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan kegiatan yang menghasilkan uang.

    3. Kriminalitas dimasyarakat misalnya seperti pencurian, perampokan, dan pembunuhan.

    4. Kesenjangan sosial adalah perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan lainnya.

    5. Penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti jamur, bakteri dan parasit.

    6. Kenakalan remaja (Juvenile Delinquency) memiliki arti kejahataan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa strom dan stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan psikis yang bervariasi.

    7. Aliran sesat adalah pandangan dalam falsafah, ilmu, politik, seni yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  7. Nama : Fatma Dwi Nuraini
    No : 13
    Kelas : XI-IPS 3

    Sebutkan bentuk bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat ?

    •Kemiskinan
    •Pengangguran
    •Kriminalitas
    •Kesenjangan Sosial
    •Penyakit Menular
    •Kenakalan Remaja
    •Alisan sesat

    BalasHapus
  8. Nama : Anisa Putri jaya wardani
    Nomer : 04
    kelas : XI MIPA 1

    BENTUK BENTUK MASALAH SOSIAL YANG MUNCUL DI MASYARAKAT

    -KEMISKINAN
    -KRIMIMINALITAS
    -KESENJANGAN SOSIAL
    -PENGANGGURAN
    -KENAKALAN REMAJA
    -PENYAKIT MENULAR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Desi Fitriayani
      No:10
      Kls:XI Mipa 1

      -Kemiskinan. Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan.
      -Kriminalitas.
      -KetidakharmonisanKeluarga
      -Kesenjangan Sosial
      -Peperangan
      -Kependudukan
      -Kebodohan.

      Hapus
  9. Nama: Landhung Budi Wardono
    Absen: 21
    Kelas: XI MIPA 1

    BENTUK BENTUK MASALAH SOSIAL YANG MUNCUL DI MASYARAKAT;
    -KRIMINALTIAS
    -KEMISKINAN
    -PENGANGGURAN
    -KESENJANGAN SOSIAL
    -KENAKALAN REMAJA
    -PENYAKIT MENULAR

    BalasHapus
  10. Nama: Putri Kurnianingsih
    No: 23
    Kelas: XI IPS 2



    Bentuk bentuk masalah sosial terdiri atas:
    1.Kemiskinan
    Bentuk Kemiskinan dibagi menjadi 3 yaitu:
    a.kemiskinan absolut
    b.kemiskinan relatif
    c.kemiskinan kultural
    2.Pengangguran
    Bentuk pengangguran dibagi menjadi 4 yaitu:
    a.pengangguran terbuka
    b.pengangguran siklikal
    c.pengangguran musiman
    d.setengah pengangguran
    3.Kriminalitas
    4.Kesenjangan sosial
    5.Penyakit menular
    6.Kenakalan remaja
    7.Aliran sesat

    BalasHapus
  11. Nama : Bima Adi Dharma
    No : 07
    Kelas: XIMIPA1

    BENTUK BENTUK MASALAH SOSIAL TERDIRI ATAS :
    - KEMISKINAN
    - ALIRAN SESAT
    - KRIMINALITAS
    - KENAKALAN REMAJA
    - PENYAKIT MENULAR
    - KESANJANGAN SOSIAL
    - PENGANGGURAN
    - MASALAH DALAM KELUARGA

    BalasHapus
  12. Aisyah alfiaturrohmah (2) XI MIA 49 September 2021 11.54

    Nama. : Aisyah alfiaturrohmah
    Kelas. : XI MIPA 4
    No absen : 2

    bentuk-bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat :
    1. Kemiskinan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.
    Bentuk-bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan kultural

    2. Pengangguran. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.

    3. Kriminalitas. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya.

    4. Kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    5. Penyakit menular. Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit.

    6. Kenakalan remaja. Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi, membuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif.

    7. Aliran sesat. Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll, yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  13. Nama : Rasya Ali Canacun
    Kelas : XI - IPS 3
    No : 23

    Sebutkan bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat!


    Bentuk-bentuk masalah sosial terdiri atas:
    ~KEMISKINAN
    ~PENGANGGURAN
    ~KRIMINALITAS
    ~KESENJANGAN SOSIAL
    ~PENYAKIT MENULAR
    ~KENAKALAN REMAJA
    ~ALIRAN SESAT

    BalasHapus
  14. Nama : ADHE ARIFIN
    Kelas : XI MIPA 2
    Absen :1

    1. Kemiskinan adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup sesuai dengan standar kehidupan pada umumnya. Kemiskinan dibagi menjadi beberapa bentuk yakni:
    -Kemiskinan Absolut
    -Kemiskinan Relatif
    -Kemiskinan Kultural

    2. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan kegiatan yang menghasilkan uang.

    3. Kriminalitas dimasyarakat misalnya seperti pencurian, perampokan, dan pembunuhan.

    4. Kesenjangan sosial adalah perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan lainnya.

    5. Penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti jamur, bakteri dan parasit.

    6. Kenakalan remaja (Juvenile Delinquency) memiliki arti kejahataan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa strom dan stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan psikis yang bervariasi.

    7. Aliran sesat adalah pandangan dalam falsafah, ilmu, politik, seni yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  15. Nama : Nachwa Dewi Sekar Arij
    Kelas : XI IPS 1

    Sebutkan bentuk bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat.
    1. Kemiskinan.
    2. Pengangguran.
    3. Kriminalitas.
    4. Kesenjangan sosial.
    5. Penyakit menular.
    6. Kanakalan remaja.
    7. Aliran sesat.

    BalasHapus
  16. Nama.: AFIFAH RAHMAWATI
    Kelas: XI MIPA 4
    No. : 1


    Bentuk-bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat antara lain :
    1.) KEMISKINAN
    Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.

    Bentuk-bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan Kultural

    2.) PENGANGGURAN
    Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang.
    Jenis-Jenis Pengangguran :
    a. Pengangguran Terbuka
    b. Pengangguran Siklikal
    c. Pengangguran Musiman
    d. Setengah Pengangguran

    3.) KRIMINALITAS
    Kriminalitas berasal dari kata crime yang artinya kejahatan. Kriminalitas adalah semua perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma hukum pidana.
    Dampak tindakan kriminal seperti :
    a. Merugikan pihak lain baik material maupun non material
    b. Merugikan masyarakat secara keseluruhan
    c. Merugikan Negara
    d. Menggangu stabilitas keamanan masyarakat
    e. Mangakibatkan trauma kepada para korban.

    4.) KESENJANGAN SOSIAL
    Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain. Faktor-faktor yang mendorong terjadinya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat, antara lain:
    a. Menurunnya pendapatan per kapita.
    b. Ketidakmerataan pembangunan di daerah-daerah.
    c. Rendahnya mobilitas sosial.
    d. Adanya pencemaran lingkungan alam.
    e. Kesenjangan sosial ekonomi dapat menimbulkan masalah di masyarakat, seperti munculnya tindakan kriminal, adanya kecemburuan sosial, dan lain sebagainya.

    5.) PENYAKIT MENULAR
    Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. Disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme patogenik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit. Keberadaan mereka ada di dalam atau permukaan tubuh, sehingga dapat menyebabkan infeksi.

    Terdapat tiga kelompok utama penyakit menular, yaitu:
    a. Penyakit sangat berbahaya karena angka kematian cukup tinggi.
    b. Penyakit menular tertentu yang menimbulkan kematian dan cacat.
    c. Penyakit menular yang jarang menimbulkan kematian dan cacat.

    6.) KENAKALAN REMAJA
    Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Dengan demikian kenakalan remaja merupakan perbuatan yang melanggar hukum yang dapat dikenai sanksi pidana bagi yang melanggar larangan tersebut.
    Secara garis besar kenakalan remaja dapat disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.
    a. Faktor Internal
    1) Krisis identitas
    2) Kontrol diri yang lemah
    b. Faktor Eksternal
    1) Keluarga dan perceraian orang tua
    2) Teman dan lingkungan yang kurang baik
    3) Pengaruh budaya asing yang cenderung negatif

    7.) ALIRAN SESAT
    Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin teologis atau keagamaan yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengan keyakinan, atau sistem keagamaan manapun. Dalam pengertian ini, ajaran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll.

    Beberapa aliran sesat atau manyimpang yang pernah ada di Indonesia adalah:
    a. Komunitas Eden atau Salamullah.
    b. Gafatar
    c. Dimas kanjeng Taat Pribadi.
    d. Munculnya kerajaan kerajaan palsu atau raja-raja palsu.

    BalasHapus
  17. Nama : Raihan Wahyu Pradika
    No : 33
    Kelas : XI MIPA 3
    Berbagai bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat :
    1. Kemiskinan adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.
    Bentuk – bentuk kemiskinan ada tiga yaitu :
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan kultural
    2. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.
    3. Kriminalitas adalah tindakan yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya.
    4. Kesenjangan sosial adalah perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.
    5. Penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik serta parasit.
    6. Kenakalan remaja atau juvenile delingquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa strom dan stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi.
    7. Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  18. Nama : Shela Putri Nabila
    Kelas: XI MIPA 1
    No : 27

    Sebutkan bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat?


    1.Kemiskinan
    2.Pengangguran
    3.Kriminalitas
    4.Kesengajaan sosial
    5.Penyakit menular
    6.Kenakalan Remaja
    7.Aliran sesat

    BalasHapus
  19. Dewi Sayekti Sutrisni11 September 2021 11.05

    Nama : Dewi Sayekti Sutrisni
    Kelas : X1 MIPA 2
    No.absen : 11


    Masalah sosial merupakan masalah yang timbul akibat dari interaksi sosial antara individu ,antara individu dengan kelompok, antara kelompok dengan kelompok.

    Bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat :

    1. PENCURIAN
    Penyebab = Kurangnya tingkat keamanan serta kesadaran diri pelaku.
    Akibat = Hilangnya rasa nyaman,aman dan tentram.
    Usaha untuk mengatasi = meningkatkan faktor keamanan dan nilai-nilai keagamaan terhadap masyarakat.

    2. PENGANGGURAN
    Penyebab = kurangnya lapangan kerja serta adanya sifat malas.
    Akibat = melahirkan berbagai tindak kriminal di lingkungan masyarakat.
    Usaha untuk mengatasi =
    Memberikan pelatihan sebagai pengusaha serta membuka lowongan kerja seluas-luasnya.

    3. KEMACETAN
    Penyebab = Banyaknya kendaraan kendaraan pribadi yang tidak sebanding dengan lebar jalan.
    Akibat = Meningkatkan pencemaran udara, kemacetan semakin parah, memperlama waktu tempuh perjalanan.
    Usaha untuk mengatasi = Beralih ke layanan transportasi publik.

    4. KEMISKINAN
    Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan,pakaian, tempat berlindung, pendidikan,dan kesehatan.

    5. KRIMINALITAS
    Istilah kriminalitas berasal dari bahasa Inggris _crime_ yakni kejahatan. Kejahatan secara formal dapat diartikan sebagai suatu tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial dan undang-undang pidana,bertentangan dengan moral kemanusiaan bersifat merugikan, sehingga ditentang oleh masyarakat

    6. KETIDAKHARMONISAN KELUARGA
    Keluarga merupakan tempat sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak,dan satu-satunya media sosialisasi primer. Oleh karena itu,keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak.

    7. KESENJANGAN SOSIAL Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok.

    8. PEPERANGAN
    Sosiologi menganggap peperangan sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai faktor. Peperangan merupakan satu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan.

    9. KEPENDUDUKAN Penduduk suatu Negara, pada hakekatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan,sebab penduduk merupakan penyakit serta objek pembangunan.

    10. KEBODOHAN
    Salah satu dampak negatif dari kebodohan adalah orang akan mudah untuk diperalat oleh orang lain. Selain itu kebodohan akan membawa orang sulit meraih cita-cita yang tinggi.

    BalasHapus
  20. Nama : Nian Puspita Permatasari
    No : 24
    Kelas : XI MIPA 1

    Bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul di Masyarakat :
    1. Kemiskinan
    2. Pengangguran
    3. Kriminalitas
    4. Kesenjangan Sosial
    5. Penyakit Menular
    6. Kenakalan Remaja
    7. Aliran Sesat

    BalasHapus
  21. Nama : Maeva Putri Ana
    No : 19
    Kelas : XI IPS 4

    1. Kemiskinan.
    Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan.
    2.Kriminalitas.
    Istilah kriminalitas berasal dari bahasa Inggris crime yakni kejahatan. Kejahatan secara formal dapat diartikan sebagai suatu tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial dan undang-undang pidana, bertentangan dengan moral kemanusiaan, bersifat merugikan, sehingga ditentang oleh masyarakat.
    3. Ketidakharmonisan Keluarga.
    Keluarga merupakan tempat sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak, dan satu-satunya media sosialisasi primer.
    4. Kesenjangan Sosial.
    Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok.
    5. Peperangan.
    Sosiologi menganggap peperangan sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai faktor. Peperangan merupakan satu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan.
    6. Kependudukan.
    Penduduk suatu Negara, pada hakikatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan, sebab penduduk merupakan subyek sertaobyek pembangunan.
    7.Kebodohan.
    Salah satu dampak negatif dari kebodohan adalah orang akan mudah untuk diperalat oleh orang lain. Selain itu kebodohan akan membawa orang sulit meraih cita-cita yang tinggi.

    BalasHapus
  22. Nama : SUPRA WIBOWO
    No : 34
    Kelas : XI MIPA 2

    Bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat:

    1. Kemiskinan
    2. Pengangguran
    3. Kriminalitas
    4. Kesenjangan sosial
    5. Penyakit menular
    6. Kenakalan remaja
    7. Aliran sesat

    BalasHapus
  23. Nama : Arfie Prasticia Agitha
    kelas XI MIPA 3

    1. Kemiskinan.
    Kemiskinan adalah suatu keadaan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan
    dimana terjadi ketidakmampuan
    dan
    kesehatan.
    2.Kriminalitas.
    Istilah kriminalitas berasal dari
    bahasa Inggris crime yakni
    kejahatan. Kejahatan secara formal
    dapat diartikan sebagai suatu tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial dan undang
    undang pidana, bertentangan
    dengan moral kemanusiaan,
    bersifat merugikan, sehingga
    ditentang oleh masyarakat.
    3. Ketidakharmonisan Keluarga.
    Keluarga merupakan tempat
    sosialisasi
    yang pertama
    dan utama bagi seorang anak, dan
    satu-satunya media sosialisasi
    primer.
    4. Kesenjangan Sosial. Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok.
    5. Peperangan.
    Sosiologi menganggap peperangan sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh berbagaifaktor. Peperangan merupakan
    satu bentuk pertentangan dan
    juga suatu lembaga
    kemasyarakatan.
    6. Kependudukan.
    Penduduk suatu Negara, pada hakikatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan, sebab penduduk merupakan subyek sertaobyek

    pembangunan. 7.Kebodohan.

    Salah satu dampak negatif dari kebodohan adalah orang akan mudah untuk diperalat oleh orang lain. Selain itu kebodohan akan membawa orang sulit meraih cita cita yang tinggi.

    BalasHapus
  24. Nama:Else Duwi Lestari
    No:14
    Kelas:XI MIPA1

    Sebutkan bentuk bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat ? •Kemiskinan Pengangguran •Kriminalitas Kesenjangan Sosial •Penyakit Menular
    •Kenakalan Remaja
    •Alisan sesat

    BalasHapus
  25. Nama :Alicya Pebriyanti
    No :04
    Kelas:XI IPS 3




    Sebutkan bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat?
    1.Kemiskinan
    2.pengangguran
    3.kriminalitas
    4.Kesenjangan sosial
    5.penyakit menular
    6.kenakalan remaja
    7.Aliran sesat

    BalasHapus
  26. Nama : Fadila Kusnia
    No : 12
    Kelas : XI IPS 3


    1. Kemiskinan Merupakan kondisi seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.

    Bentuk Kemiskinan:
    Kemiskinan Absolut merupakan tahap individu sulit atau bahkan tidak sanggup memenuhi kenbutuhan pokoknya sekaligus mendasar agar dapat menyambung hidup. Contohnya : saat seseorang mengalami disabilitas (lumpuh) maka ia tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan dan minum.
    Kemiskinan Relative merupakan kemiskinan yang melandan seseorang namun masih mampu untuk memenuhi kebutuhan mendasarnya. Misalnya; seseorang yang menyadari temannya memiliki sepeda motor, tetapi ia menyadari temannya telah memiliki, ketika ia sadar kurang mampu dibandingkan teman-temannya.
    Kemiskinan Kultural merupakan bentuk kemiskinan yang terjadi akibat adanya sikap dan unsur budaya masyarakat yang cenderung santai dan tidak memiliki motivasi untuk memperbaiki taraf hidupnya menjadi lebih baik.
    2. Pengangguran merupakan sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.

    3. Kriminalitas merupakan tindakan yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya.

    4. Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    5.Penyakit menular merupakan gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. Disebabkan oleh mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungsi) serta parasit.

    6. Kenakalan remaja merupakan kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Pada masa remaja dikenal dengan Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuha fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi.

    7. Aliran sesat merupakan pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, dan seni.

    BalasHapus
  27. Nama : Asy syfa zahra suasana
    No : 8
    Kelas: XI Ips 1


    Sebutkan bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul dalam masyarakat!

    1. Kemiskinan
    Kemiskinan yaitu merupakan suatu keadaan yang dimana terjadi ketidak mampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar dalam kehidupan, diantaranya seperti: sandang, pangan dan papan. Kemiskinan bukan hanya terjadi di daerah-daerah plosok saja akan tetapi dapat terjadi juga di daerah perkotaan.

    2. Pengangguran
    Pengangguran merupakan salah satu contoh dari permasalahan sosial saat ini, meningkatnya jumlah penagguran biasanya disebabkan oleh jumlah penduduk yang semakin meningkat sedangkan jumlah lapangan kerja yang masih terbatas atau masih sedikit, hal seperti ini harus segera di atasi oleh pemerintah dengan cara menyediakan lapangan kerja yang banyak supaya dapat mengurangi jumlah pengangguran.

    3. Kriminalitas adalah segala sesuatu yang dilakukan individu, kelompok, ataupun komunitas yang melanggar hukum atau suatu tindakan rilakunya dengan mengambil apa yang bukan menjadi haknya, sehingga realitas sosial ini tentusaja mengganggu keseimbangan atau stabilitas sosial dalam masyarakat.

    4. Kesenjangan Sosial adalah suatu keadaan/ kondisi yang tidak seimbang dalam kehidupan sosial masyarakat, baik individu maupun kelompok, dimana terjadi ketidakadilan/ ketidaksetaraan distribusi hal-hal yang dianggap penting dalam suatu masyarakat.

    5. penyakit menular adalah infeksi yang disebabkan mikroorganisme virus, bakteri, jamur, dan parasit. Ciri penyakit menular adalah dapat berpindah ke orang lain yang sehat sehingga menyebabkan orang yang tadinya sehat menjadi sakit.

    6. kenakalan remaja adalah segala perbuatan melanggar aturan dalam masyarakat yang dilakukan oleh remaja. Fenomena sosial ini kerap ditemukan di kalangan pelajar. Tawuran menjadi salah satu contoh kenakalan remaja yang sering terjadi.

    7. Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dan lain-lainlain-lain yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus




  28. Nama =Lutfi Magfiroh
    Kelas =XI IPS 3
    NO.absen =






    FAKTOR MASALAH SOSIAL

    1.Faktor biologis merupakan penyebab masalah sosial yang berkaitan dengan gangguan fisik seperti penyakit dan gangguan kesehatan.

    2.Faktor psikologis merupakan penyebab masalah sosial yang berkaitan dengan gangguan kejiwaan seseorang.

    3.Faktor ekonomi merupakan penyebab masalah sosial yang berkaitan dengan pendapatan, kekayaan, dan upaya pemenuhan kebutuhan hidup.

    4.Faktor budaya menunjukkan latar belakang terjadinya masalah sosial berkaitan unsur-unsur nilai dan norma sosial seperti adat istiadat dan kebiasaan.







    DAMPAK MASALAH SOSIAL


    1.Meningkatnya Angka Kriminalitas
    Contoh kasus kriminalitas seperti begal, jambret, dan pencurian yang tidak segera ditangani dapat meningkatkan angka kriminalitas. Meningkatnya angka kriminalitas ini juga banyak menimbulkan keresahan dan menjadi ancaman bagi masyarakat.

    2.Konflik Sosial
    Masalah sosial dapat menimbulkan konflik sosial apabila tidak segera diatasi secara optimal. Masalah yang menimbulkan konflik sosial antara lain tawuran pelajar, demo buruh menuntut kenaikan UMR, dan tuntutan warga terhadap pemerintah mengenai kenaikan BBM.

    3.Kenyamanan dan Keamanan Terganggu
    Masalah sosial seperti tawuran pelajar, begal, geng motor, masalah sampah, hingga banjir dapat mengganggu kehidupan masyarakat. Masyarakat tidak dapat hidup tenang karena merasa terancam dan terganggu akibat masalah tersebut.

    4.Menimbulkan Kerusakan Fisik
    Beberapa masalah sosial seperti tawuran pelajar yang biasanya menjadi salah satu bentuk kenakalan remaja dan vandalisme menyebabkan rusaknya fasilitas umum yang berguna bagi masyarakat. Selain itu, masalah sampah dapat menimbulkan kerusakan fisik berupa pencemaran lingkungan.


    CONTOH MASALAH SOSIAL

    1.Tindak Kriminal
    Tindak kriminal merupakan perilaku yang melanggar norma hukum. Pelaku tindak kriminal akan mendapat hukuman berupa denda dan pidana. Contoh tindak kriminal yang seringa terjadi dalam masyarakat dan tergolong sebagai permasahalan sosial yaitu pencurian, pembunuhan, pemerkosaan, dan kasus korupsi.

    2.Kemiskinan
    Kemiskinan menjadi masalah sosial karena kemiskinan ini sangat merujuk pada ketidak mampuan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencukupi kebutuhan primer. Kebutuhan primer yang ada dalam kehidupan misalnya saja meliputi pangan, sandang, dan papan.

    3.Kenakalan Remaja
    Kenakalan remaja merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja pada saat ini, terutama pada zaman globalisiasi. Yang mana batas antara satu wilayah ke wilayah lain seperti sudah tiasa sekat laki. Contoh kenakalan remaja sebagai bentuk penyimpangan sosial antara lain yaitu perkelahian, tawuran, serta mengonsumsi narkoba dan miras.

    4.Kesenjangan Sosial
    Kesenjangan sosial merupakan salah satu permsalahan sosial, jika ditinjau dan teori sistem sosial Talcott Parsons mendefinisikan bahwa kesenjangan sosial merupakan ketidaksesuaian antara realitas sosial dan fungsi dalam sistem sosial. Kesenjangan sosial dapat muncul akibat terganggunya keseimbangan sistem sosial.

    5.Cyber Crime
    Cyber crime merupakan tindak kejahatan yang terjadi di dunia maya melalui koneksi internet. Kejahatan di dunia maya dapat berbentuk penipuan online, penipuan kartu kredit, pornografi, atau peretasan situs-situs penting milik pemerintah, dan lain sebaginya.

    6.Penyimpangan Seksual
    Penyimpangan seksual merupakan salah satu permsalahan sosial yag dianggap melanggar nilai dan norma sosial serta dapat menimbulkan masalah. Adapun bentuk-bentuk perwujudan penyimpangan seksual di antaranya pedofilia, lesbian, dan homoseksual.

    BalasHapus
  29. Nama:Alvi nur hidayah
    No:3
    Kelas:XI mipa 4

    Bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat:
    1.Kemiskinan
    Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

    Bentuk bentuk kemiskinan yaitu sebagai berikut:
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan kultural

    2.pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang.
    Jenis jenis pengangguran:
    a. Pengangguran terbuka
    b. Pengangguran siklikal
    c. Pengangguran musiman
    d. Setengah pengangguran

    3.kriminalitas
    Dampak tindakan kriminal seperti:
    a. Merugikan negara
    b. Mengganggu stabilitas keamanan masyarakat
    c. Merugikan masyarakat secara keseluruhan

    4.kesenjangan sosial
    Faktor-faktor yang mendorong terjadinya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat, antara lain:
    a. rendah nya mobilitas sosial
    b. Adanya pencemaran lingkungan alam
    c. Menurunnya pendapatan per kapita

    5.penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti baakteri, virus, jamur, atau Atau parasit.

    6.kenakalan remaja
    Secara garis besar kenakalan remaja dapat di sebabkan oleh faktor internal dan eksternal
    a. Faktor internal
    1.ktisis identitas
    2.kontrol diri yang lemah
    b. Faktor eksternal
    1.keluarga dan perceraian orang tua
    2.teman dan lingkungan yang kurang baik

    7.aliran sesat adalah pandangan atau doktrin teologis atau keagamaan yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengan keyakinan atau sistem keagamaan manapun.

    BalasHapus
  30. Nama : Desi Lutfiana W
    No. : 10
    Kelas. : XI MIPA 2

    Bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat;

    1. Kemiskinan :
    Merupakan kondisi seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.
    2.Pengangguran :
    merupakan sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.
    3. Kriminalitas :
    merupakan tindakan yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya.
    4. Kesenjangan sosial :
    merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.
    5.Penyakit menular :
    merupakan gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. Disebabkan oleh mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungsi) serta parasit.
    6. Kenakalan remaja :
    merupakan kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Pada masa remaja dikenal dengan Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuha fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi.
    7. Aliran sesat :
    merupakan pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, dan seni. 

    BalasHapus
  31. Nama:Febiana Istiyaningsih
    Nomer:15
    Kelas:XI IPS 4



    Jenis-jenis masalah sosial:

    1. Kemiskinan
    Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan.

    2. Kriminalitas
    Istilah kriminalitas berasal dari bahasa Inggris crime yakni kejahatan. Kejahatan secara formal dapat diartikan sebagai suatu tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial dan undang-undang pidana, bertentangan dengan moral kemanusiaan, bersifat merugikan, sehingga ditentang oleh masyarakat.

    3.Ketidakharmonisan Keluarga
    Keluarga merupakan tempat sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak, dan satu-satunya media sosialisasi primer.

    4. Kesenjangan Sosial
    Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok.

    5. Peperangan
    Sosiologi menganggap peperangan sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai faktor. Peperangan merupakan satu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan.

    6. Kependudukan
    Penduduk suatu Negara, pada hakikatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan, sebab penduduk merupakan subyek sertaobyek pembangunan.

    7. Kebodohan
    Salah satu dampak negatif dari kebodohan adalah orang akan mudah untuk diperalat oleh orang lain. Selain itu kebodohan akan membawa orang sulit meraih cita-cita yang tinggi. Kebodohan bisa disebabkan oleh pendidikan yang rendah ataupun kurangnya pemerataan pendidikan.

    BalasHapus
  32. nama:Faroja Mutia Sari
    no:16
    kelas XI MIPA 1
    kemiskinan
    merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.
    pengangguran
    sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang.
    kriminalitas
    semua perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma norma hukum pidana.
    kesenjangan sosial
    perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.
    penyakit menular
    gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri,virus,jamur,atau parasit.
    kenakalan remaja
    perbuatan yang melanggar hukum yang dapat dikenai sanksi pidana bagi yang melanggar larangan tersebut.
    aliran sesat
    pandangan atau doktrin teologis atau agama yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengan keyakinan atau sistem keagamaan maupun.

    BalasHapus
  33. Diazvika Ayu Yudhistiana14 September 2021 14.23

    Nama:Diazvika Ayu Yudhistiana
    No:12
    Kelas:XI MIPA 1

    Bentuk bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat :

    1. Kemiskinan
    Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk
    memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan
    pada umumnya.
    Bentuk-bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan kultural

    2. Pengangguran
    Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan
    suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada
    orang yang belum bekerja.

    3. Kriminalitas
    Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya,
    seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya.

    4. Kesenjangan sosial
    Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu
    dengan kelompok yang lain.

    5. Penyakit menular
    Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme
    seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. disebabkan oleh agen biologi seperti
    mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit.

    6. Kenakalan remaja
    Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang
    dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres
    dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan
    pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan
    sosial tempat berinteraksi, membuat mereka dituntut untuk dapat
    menyesuaikan diri secara efektif.

    7. Aliran sesat.
    Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll,
    yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  34. Nama : Nadia Laili Cahyaningtyas
    Kelas. : XI MIPA 3
    No. : 25

    Sebutkan bentuk bentuk masalah sosial Yang muncul di masyarakat?
    Jawab: Masalah sosial merupakan masalah yang timbul akibat dari interaksi sosial antara individu, antara individu dengan kelompok, antara kelompok dengan kelompok.
    1. Kemiskinan.

    Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan juga merupakan masalah global.
    2.Kriminalitas.

    Istilah kriminalitas berasal dari bahasa Inggris crime yakni kejahatan. Kejahatan secara formal dapat diartikan sebagai suatu tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial dan undang-undang pidana, bertentangan dengan moral kemanusiaan, bersifat merugikan, sehingga ditentang oleh masyarakat.
    3. Ketidakharmonisan Keluarga.

    Keluarga merupakan tempat sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak, dan satu-satunya media sosialisasi primer. Oleh karena itu keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak. Di dalam keluargalah anak akan mendapatkan dasar-dasar penanaman nilai dan norma sosial. Serta di dalam keluarga seharusnya anak mendapatkan pendidikan dan pengawasan yang lebih baik.
    4. Kesenjangan Sosial.

    Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok. Fenomena ini terjadi hampir disemua negara di dunia termasuk Indonesia. Kesenjangan sosial di Indonesia sangatlah terlihat antara yang kaya dan miskin, maupun antara pejabat dengan rakyat.
    5. Peperangan.

    Sosiologi menganggap peperangan sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai faktor. Peperangan merupakan satu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan. Peperangan mengakibatkan disorganisasi sosial dalam berbagai aspek kemasyarakatan, baik bagi negara yang ke luar sebagai pemenang, apalagi bagi negara yang kalah.

    BalasHapus
  35. Nama : Sinta Intan Kusuma
    No. Absen : 31
    Kelas : XI MIPA 3

    Sebutkan bentuk-bentuk Masalah sosial yang muncul di masyarakat!

    Bentuk-bentuk masalah sosial terdiri atas:
    • KEMISKINAN
    • PENGANGGURAN
    • KRIMINALITAS
    • KESENJANGAN SOSIAL
    • PENYAKIT MENULAR
    • KENAKALAN REMAJA
    • ALIRAN SESAT

    BalasHapus
  36. Ardiyana nur mukaromah14 September 2021 19.49

    Berbagai bentuk masalah
    sosial yang ada di masyarakat:
    1. Kemiskinan. Kemiskinan
    merupakan kondisi dimana
    seseorang tidak mampu untuk
    memenuhi kebutuhan
    hidupnya sesuai dengan taraf
    atau standar kehidupan pada
    umumnya.
    Bentuk-bentuk kemiskinan,
    yaitu sebagai berikut :
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    C. Kemiskinan kultural
    2. Pengangguran.
    Pengangguran adalah sebuah
    golongan angkatan kerja yang
    belum melakukan suatu
    kegiatan yang menghasilkan
    uang. Pengangguran tidak
    terbatas pada orang yang
    belum bekerja.
    3. Kriminalitas. Tindakan
    kriminalitas yang ada di
    masyarakat sangat beragam
    bentuknya, seperti pencurian,
    perampokan, pembunuhan,
    dan lain sebagainya.
    4. Kesenjangan sosial.
    Kesenjangan sosial
    merupakan perbedaan jarak
    ekonomi antara kelompok
    satu dengan kelompok yang
    lain.
    5. Penyakit menular. Penyakit
    menular adalah adalah
    gangguan yang disebabkan
    oleh organisme seperti bakteri,
    virus, jamur, atau parasit.
    disebabkan oleh agen biologi
    seperti mikroorganisme
    pategonik (virus, bakteri, dan
    fungi) serta parasit.
    6. Kenakalan remaja.
    Kenakalan remaja atau
    juvenile delinquency memiliki
    arti kejahatan yang dilakukan
    oleh anak remaja. Masa remaja
    dikenal dengan masa Strom
    dan Stres dimana terjadi
    pergolakan emosi yang diiringi
    dengan pertumbuhan fisik
    dan pertumbuhan psikis yang
    bervariasi. Masa remaja identik
    dengan lingkungan sosial
    tempat berinteraksi, membuat
    mereka dituntut untuk dapat
    menyesuaikan diri secara
    efektif.
    7. Aliran sesat. Aliran sesat
    adalah pandangan atau
    doktrin dalam filsafat, politik,
    ilmu, seni, dll, yang berbeda
    dengan apa yang umumnya
    diakui sebagai yang
    berwibawa.

    BalasHapus
  37. Nama: Syakira luvita sari
    Kls: Xl MIPA 1
    No:29




    Sebutkan bentuk-bentuk Masalah sosial yang muncul di masyarakat!
    Yaitu ada:
    1. Kemiskinan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.
    Bentuk-bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan kultural

    2. Pengangguran. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.

    3. Kriminalitas. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya.

    4. Kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    5. Penyakit menular. Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit.

    6. Kenakalan remaja. Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi, membuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif.

    7. Aliran sesat. Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll, yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  38. Nama:Miftha Rosyida Ilmawati
    No:24
    Kelas:XI Mipa 3

    Bentuk Bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat:

    1.Kemiskinan:kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan tarif atau standar kehidupan pada umumnya.
    Bentuk bentuk kemiskinan yaitu:
    A.kemiskinan absolut
    B.kemiskinan relatif
    C.kemiskinan Kultural

    2.Pengangguran:sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilksn usng.penggangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.
    3.kriminalitas: tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya,seperti:pencurian,pembunuhan,dsb
    4.kesenjangan sosial:perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok lain
    5.penyakit menular:gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti:bakteri,virus,jamur,atau parasit.disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik(virus,bakteri,dan fungi)serta parasit.
    6.aliran sesat:pandangan atau doktrin dalam filsafat,politik,ilmu,seni,dll.
    7.kenakalan remaja:kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja.pada masa remaja dikenal dengan storm dan stres dimana terjadi pergolakan menjadi emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi

    BalasHapus
  39. NAMA :CHEVA GARNIDA
    NO. :8
    KELAS :XI MIPA 1



    Bentuk bentuk Masalah Sosial Di Masyarakat:


    1.Kemiskinan
    2.Pengangguran
    3.Kriminalitas
    4.Kesenjangan
    5.Penyakit
    6.Aliran sesat
    7.Kenakalan Remaja

    BalasHapus
  40. Nama: Dewi dianingsih
    Kls:xl MIPA 3
    No:11
    Bentuk 2 Maslaah sosial masyarakat Indonesia:
    1.penganggguran
    2.kemiskinan
    3.kriminalitas
    4.kesenjangan
    5. Penyakit
    6. Aliran sesat
    7. Kenakalan remaja

    BalasHapus
  41. Nama: DIANA FEBRIAN INTIAS
    Kelas: XI mipa 4
    No : 11


    Bentuk-bentuk masalah sosial dimasyarakat:

    1.Kenakalan remaja.
    2.Kemiskinan.
    3.Pengangguran.
    4.Kesehatan.
    5.Aliran sesat.
    6.Berita hoax.

    BalasHapus
  42. Nama: Auliya Qaida Hadiningsih
    No.Absen: 07
    Kelas: XI MIPA 2

    Sebutkan bentuk-bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat
    Jawab=

    1.Kemiskinan

    Kemiskinan yaitu merupakan suatu keadaan yang dimana terjadi ketidak mampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar dalam kehidupan, diantaranya seperti: sandang, pangan dan papan. Kemiskinan bukan hanya terjadi di daerah-daerah plosok saja akan tetapi dapat terjadi juga di daerah perkotaan.

    2. Pengangguran

    Pengangguran merupakan salah satu contoh dari permasalahan sosial saat ini, meningkatnya jumlah penagguran biasanya disebabkan oleh jumlah penduduk yang semakin meningkat sedangkan jumlah lapangan kerja yang masih terbatas atau masih sedikit, hal seperti ini harus segera di atasi oleh pemerintah dengan cara menyediakan lapangan kerja yang banyak supaya dapat mengurangi jumlah pengangguran.

    3. Masalah Pada Pendidikan

    Kurangnya pendidikan merupakan salah satu masalah sosial yang terjadi dalam masyarakan, misalnya seperti banyak anak-anak membantu orang tuanya untuk mencari nafkah, hal ini disebabkan karena ketidak mampuan mereka dalam membiayai sekolah.

    BalasHapus
  43. NAMA: RIRIN RANA BILA
    KELAS: XI MIPA 3
    NO: 30

    *SEBUTKAN BENTUK BENTUK MASALAH SOSIAL YANG MUNCUL DI MASYARAKAT??*

    JAWAB:
    1.KEMISKINAN:
    -KEMISKINAN ABSOLUT
    -KEMISKINAN RELATIF
    -KEMISKINAN KULTURAL
    2.PENGANGGURAN:
    -PENGANGGURAN TERBUKA
    -PENGANGGURAN SIKLIKAL
    -PENGANGGURAN MUSIMAN
    -SETENGAH PENGANGGURAN
    3.KRIMINALITAS
    4.KESENJANGAN SOSIAL
    5.PENYAKIT MENULAR
    6.KENAKALAN REMAJA
    7.ALIRAN SESAT

    BalasHapus
  44. Nama : Rizka rahmawardani
    Kelas : XI MIPA 4
    No : 32

    Kemiskinan
    Kriminalitas
    Ketidakharmonisan keluarga
    Kesenjangan sosial
    Peperangan
    Kependudukan
    Kebodohan

    BalasHapus
  45. NAMA : ELSA APRILIA M
    KELAS : XI MIPA 4
    NO :13


    Bentuk-bentuk masalah sosial dimasyarakat:

    1.Kenakalan remaja.
    2.Kemiskinan.
    3.Pengangguran.
    4.Kesehatan.
    5.Aliran sesat.
    6.Berita hoax.

    BalasHapus
  46. GALIH SETIA PURBANINGRUM15 September 2021 06.54

    Nama : Galih Setia Purbaningrum
    Kelas : XI MIPA 1
    No.abs : 18

    Sebutkan bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat

    Jawaban :
    Berbagai bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat :
    1. Kemiskinan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya,
    Bentuk-bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan kultural

    2. Pengangguran. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan sesuatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.

    3. Kriminalitas. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya.

    4. Kesenjangan Sosial. Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    5. Penyakit Menular. Penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. Disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit.

    6. Kenakalan Remaja. Kenakalan Remaja atau Juvenile Delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi, mambuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif.

    7. Aliran Sesat. Aliran Sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll, yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  47. Nama: Tri Nur Hayat Tuti
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 31

    1) Kemiskinan adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf dan standar kehidupan pada umumnya. Bentuk-bentuk kemiskinan:
    a. kemiskinan absolut
    b. kemiskinan relatif
    c. kemiskinan kultural

    2) Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang.

    3) kriminalitas dimasyarakat seperti pencurian, perampokan, dan pembunuhan.

    4) kesenjangan sosial adalah perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    5) penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti jamur, bakteri, dan parasit.

    6) kenakalan remaja atau juvenaline delinguency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja.

    7) aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam falsafah, ilmu, politik, seni berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  48. Nama: intan addawiyah
    No: 20
    Kelas: XI MIPA 2

    Bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat:

    1.KEMISKINAN
    2.PENGANGGURAN
    3.KRIMINALITAS
    4.KESENJANGAN SOSIAL
    5.PENYAKIT MENULAR
    6.KENAKALAN REMAJA
    7.ALIRAN SESAT

    BalasHapus
  49. Nama : Nokhaita
    No : 26
    Kelas : XI MIPA 3

    Bentuk-bentuk masalah sosial yg muncul di masyarakat.

    1. Kemiskinan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya. Bentuk-bentuk kemiskinan, sebagai berikut :

    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan kultural

    2. Pengangguran. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.

    3. Kriminalitas. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan,pembunuhan, dan lain sebagainya.

    4. Kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    5. Penyakit menular. Penyakit menular adalah adalah gangguan organisme yang disebabkan oleh seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit.

    6. Kenakalan remaja. Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi, membuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif.

    7. Aliran sesat. Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll, yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  50. Nama : ESA NUR SABILLA
    Kelas: XI MIPA 4
    No. : 14

    Contoh permasalahan sosial; kenakalan remaja, kemiskinan, pengangguran, dll. Dampaknya; perpecahan kelompok, perilaku menyimpang, dan meningkatknya kriminalitas.

    ...

    Seperti Apa Contoh Permasalahan Sosial dalam Masyarakat?

    Kenakalan remaja.
    Kemiskinan.
    Pengangguran.
    Kesehatan.
    Aliran sesat.
    Berita hoax.

    BalasHapus
  51. Nama : YAHYA YULIA PUTRA
    No : 32
    Kelas : XI MIPA 3

    Bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat:

    1. Kemiskinan
    2. Pengangguran
    3. Kriminalitas
    4. Kesenjangan sosial
    5. Penyakit menular
    6. Kenakalan remaja
    7. Aliran sesat

    BalasHapus
  52. Nama : Ahmad Nur Mujahid
    No : 2
    Kelas: XI MIPA 3


    Berbagai bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat:

    1. Kemiskinan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar

    kehidupan pada umumnya.

    Bentuk-bentuk kemiskinan, a. Kemiskinan absolut

    b. Kemiskinan relatif c. Kemiskinan kultural

    2. Pengangguran. Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.

    3. Kriminalitas. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya.

    4. Kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    5. Penyakit menular. Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit.

    6. Kenakalan remaja. Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi, membuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif.

    7. Aliran sesat. Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll, yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  53. Nama : Ummi Nur Khasanah
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 32
    Jenis-jenis masalah sosial

    1. Kemiskinan.

    Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan juga merupakan masalah global.

    2.Pendidikan yang Rendah
    Pendidikan yang rendah merupakan permasalahan di Indonesia yang sudah mengakar. Dengan adanya pendidikan yang rendah ini, bisa timbul berbagai masalah sosial lain seperti kemiskinan dan kurangnya daya saing masyarakat Indonesia dengan masyarakat di luar negeri.

    3.Pengangguran
    Seperti yang sempat disinggung pada bagian modernisasi, kalahnya SDM lokal dengan SDM dari asing membuat angka pengangguran tumbuh subur di Indonesia. Hal ini memicu banyaknya penduduk Indonesia yang tidak produktif. Karena tidak produktif tetapi memiliki kebutuhan hidup sehari-hari, tidak sedikit masyarakat yang menimbulkan masalah sosial baru, yakni kriminalitas.

    BalasHapus
  54. Nama : Delphina ayu zahrawati
    No : 9
    Kelas: XI MIPA 3

    Bentuk-bentuk Masalah Sosial

    •KEMISKINAN
    Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.

    Bentuk-bentuk kemiskinan:
    a. Kemiskinan absolut, merupakan tahap dimana individu sulit atau bahkan tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sekaligus mendasar agar dapat menyambung hidup.
    b. Kemiskinan relatif, merupakan kemiskinan yang melanda seseorang namun masih mampu untuk memenuhi kebutuhan mendasarnya.
    c. Kemiskinan Kultural, merupakan bentuk kemiskinan yang terjadi akibat adanya sikap dan unsur budaya masyarakat yang cenderung santai dan tidak memiliki motivasi untuk memperbaiki taraf hidupnya menjadi lebih baik.

    •PENGANGGURAN
    Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang.

    Jenis-Jenis Pengangguran
    a. Pengangguran Terbuka
    b. Pengangguran Siklikal
    c. Pengangguran Musiman
    d. Setengah Pengangguran

    •KRIMINALITAS
    Kriminalitas berasal dari kata crime yang artinya kejahatan. Kriminalitas adalah semua perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma hukum pidana.

    Dampak tindakan kriminal seperti :
    a. Merugikan pihak lain baik material maupun non material
    b. Merugikan masyarakat secara keseluruhan
    c. Merugikan Negara
    d. Menggangu stabilitas keamanan masyarakat
    e. Mangakibatkan trauma kepada para korban.

    •KESENJANGAN SOSIAL
    Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    Faktor-faktor yang mendorong terjadinya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat, antara lain:
    a. Menurunnya pendapatan per kapita.
    b. Ketidakmerataan pembangunan di daerah-daerah.
    c. Rendahnya mobilitas sosial.
    d. Adanya pencemaran lingkungan alam.
    e. Kesenjangan sosial ekonomi dapat menimbulkan masalah di masyarakat, seperti munculnya tindakan kriminal, adanya kecemburuan sosial, dan lain sebagainya.

    •PENYAKIT MENULAR
    Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit.

    Terdapat tiga kelompok utama penyakit menular, yaitu:
    a. Penyakit sangat berbahaya karena angka kematian cukup tinggi.
    b. Penyakit menular tertentu yang menimbulkan kematian dan cacat, walaupun akibatnya lebih ringan dari yang pertama.
    c. Penyakit menular yang jarang menimbulkan kematian dan cacat tetapi dapat mewabah yang menimbulkan kerugian materi dan kesehatan.

    •KENAKALAN REMAJA
    a. Faktor Internal
    1) Krisis identitas
    2) Kontrol diri yang lemah

    b. Faktor Eksternal
    1) Keluarga dan perceraian orang tua
    2) Teman dan lingkungan yang kurang baik
    3) Pengaruh budaya asing yang cenderung negatif

    •ALIRAN SESAT
    Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin teologis atau keagamaan yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengan keyakinan, atau sistem keagamaan manapun.

    BalasHapus
  55. Nama : Ummi Nur Khasanah
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 32

    Bentuk bentuk masalah sosial
    1.Pendidikan yang Rendah
    Pendidikan yang rendah merupakan permasalahan di Indonesia yang sudah mengakar. Dengan adanya pendidikan yang rendah ini, bisa timbul berbagai masalah sosial lain seperti kemiskinan dan kurangnya daya saing masyarakat Indonesia dengan masyarakat di luar negeri.

    2 Kemiskinan
    Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan juga merupakan masalah global.

    3.Ketidakharmonisan Keluarga.

    Keluarga merupakan tempat sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak, dan satu-satunya media sosialisasi primer. Oleh karena itu keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak. Di dalam keluargalah anak akan mendapatkan dasar-dasar penanaman nilai dan norma sosial. Serta di dalam keluarga seharusnya anak mendapatkan pendidikan dan pengawasan yang lebih baik.

    BalasHapus
  56. Nama: Lisa Eka Rahmawati
    No : 23
    Kelas: XI MIPA 3

    1.KEMISKINAN
    Bentuk-bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :
    a. Kemiskinan absolut
    b. kemiskinan relatif
    c. kemiskinan kultural

    2.PENGANGGURAN
    Jenis-Jenis Pengangguran:
    a. Pengangguran Terbuka
    b. Pengangguran Siklikal
    c. Pengangguran Musiman
    d. Setengah Pengangguran

    3.KRIMINALITAS
    4.KESENJANGAN SOSIAL
    5.PENYAKIT MENULAR
    6.KENAKALAN REMAJA
    7.ALIRAN SESAT

    BalasHapus
  57. Nama;Natassya Laili Fatikha A.
    Kelas:XI MIPA 2
    No:27

    Bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat
    1.kemiskinan,merupakan kondisi seseorang yang tidak mampu mememenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya
    2.pengangguran,adalah sebuah angkatan golongan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang
    3.kriminalitas,tindakan ini sangat beragam di masyarakat misalnya pembunuhan,perampokan,pencurian
    4.kesenjangan sosial, merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain
    5.penyakit menular,adalah gangguan yang disebabkan oleh virus organisme seperti bakteri,jamur,virus,atau parasit
    6.kenakalan remaja,atau yang disebut juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja masa remaja dikenal dengan masa strom atau stress dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi
    7.Aliran sesat, adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat,ilmu,politik,ilmu seni dll yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa

    BalasHapus
  58. Annisah Fitriyana15 September 2021 08.20

    Nama : Annisah Fitriyana
    kelas : IX MIPA 2
    NO : 5

    Bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat
    1.kemiskinan
    2.pengangguran
    3.kriminalitas
    4.kesenjagan sosial
    5.kenakalan remaja
    6.Aliran sesat
    7.penyakit menular

    BalasHapus
  59. WAHYU HANDAYANI XI IPS 315 September 2021 08.38

    Nama:Wahyu Handayani
    Kelas:XI IPS 3
    No:29

    Permasalahan sosial adalah ketidaksesuaian unsur-unsur kebudayaan yang bisa membahayakan kehidupan suatu kelompok sosial.

    Berikut beberapa contoh permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat antara lain:

    1.Kenakalan remaja
    2.Kemiskinan
    3.Pengangguran
    4.Penyakit menular
    5.Aliran sesat
    6.Berita hoax

    BalasHapus
  60. nama: Fiqhi Faya Lutfiyani
    kelas: XI MIPA 1
    no. absen: 17



    jenis jenis masalah sosial yang terjadi di masyarakat :

    1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
    2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
    3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
    4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.

    1. Faktor Ekonomi, faktor ini merupakan faktor terbesar terjadinya masalah sosial. Apalagi setelah terjadinya krisis global PHK mulai terjadi di mana-mana dan bisa memicu tindak kriminal karena orang sudah sulit mencari pekerjaan.

    2.Faktor Budaya, Kenakalan remaja menjadi masalah sosial yang sampai saat ini sulit dihilangkan karena remaja sekarang suka mencoba hal-hal baru yang berdampak negatif seperti narkoba,

    3.Faktor Biologis, Penyakit menular bisa menimbulkan masalah sosial bila penyakit tersebut sudah menyebar disuatu wilayah atau menjadi pandemik.

    4.Faktor Psikologis, Aliran sesat sudah banyak terjadi di Indonesia dan meresahkan masyarakat walaupun sudah banyak yang ditangkap dan dibubarkan.

    BalasHapus
  61. NAMA : NIA ASTURI A
    KELAS : XI MIPA 4
    NO : 26

    - jawab -

    1. Kemiskinan
    2. pengangguran
    3. kriminalitas
    4. kesenjangan sosial
    5. penyakit menular
    6. kenakalam remaja
    7. aliran sesat

    BalasHapus
  62. Nama : Inez novilia purwati
    Kelas : XI MIPA 4
    No : 19


    Jenis jenis masalah sosial yang terjadi dimasyarakat:

    1. Faktor ekonomi : kemiskinan, pengangguran dan dll.
    2. Faktor budaya : perceraian, kenalan remaja dan dll.
    3. Faktor biologis : penyakit menular, keracunan dan dsb.
    4. Faktor psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat dan dsb.

    BalasHapus
  63. NAMA : SIFA ARYUNIA PUTRI
    NO : 33
    KELAS : XI MIPA 2


    1) kemiskinan adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf dan standar kehidupan pada umumnya. Bentuk bentuk kemiskinan:
    a) kemiskinan absolut
    b) kemiskinan relatif
    c) kemiskinan kultural

    2) pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang.
    3) kriminalitas dimasyarakat seperti pencurian, perampokan, dan pembunuhan
    4) kesenjangan sosial adalah perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain
    5) penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti jamur, bakteri, dan parasit
    6) kenakalan remaja atau juveline delinguency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja.
    7) aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam falsafah, ilmu, politik, seni berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  64. Nama: Imelda Rahmawati
    Kelas: X1 MIPA 2
    No: 19

    Jenis-jenis masalah sosial

    1. Kemiskinan.

    Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan juga merupakan masalah global.
    2.Kriminalitas.

    Istilah kriminalitas berasal dari bahasa Inggris crime yakni kejahatan. Kejahatan secara formal dapat diartikan sebagai suatu tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial dan undang-undang pidana, bertentangan dengan moral kemanusiaan, bersifat merugikan, sehingga ditentang oleh masyarakat.

    Dalam pandangan sosiologis, kejahatan diartikan sebagai semua bentuk ucapan dan tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial, serta merugikan dan mengganggu keselamatan masyarakat, baik secara ekonomis, politis maupun sosial psikologis.
    . Ketidakharmonisan Keluarga.

    Keluarga merupakan tempat sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak, dan satu-satunya media sosialisasi primer. Oleh karena itu keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak. Di dalam keluargalah anak akan mendapatkan dasar-dasar penanaman nilai dan norma sosial. Serta di dalam keluarga seharusnya anak mendapatkan pendidikan dan pengawasan yang lebih baik
    4. Kesenjangan Sosial.

    Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok. Fenomena ini terjadi hampir disemua negara di dunia termasuk Indonesia. Kesenjangan sosial di Indonesia sangatlah terlihat antara yang kaya dan miskin, maupun antara pejabat dengan rakyat. Yang menjadi faktor penyebab terjadinya kesenjangan sosial diantaranya adalah kemiskinan dan kurangnya lapangan pekerjaan
    5. Peperangan.

    Sosiologi menganggap peperangan sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai faktor. Peperangan merupakan satu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan. Peperangan mengakibatkan disorganisasi sosial dalam berbagai aspek kemasyarakatan, baik bagi negara yang ke luar sebagai pemenang, apalagi bagi negara yang kalah.
    6. Kependudukan.

    Penduduk suatu Negara, pada hakikatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan, sebab penduduk merupakan subyek sertaobyek pembangunan. Salah satu tanggung jawab utama negara adalah meningkatkan kesejahteraan penduduk serta mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap gangguan memperoleh kesejahteraan. Karena Kesejahteraan penduduk mengalami gangguan oleh perubahan-perubahan demografis yang seringkali tidak dirasakan. Di Indonesia masalah kependudukan yang masih membelit adalah persebaran penduduk, meskipun tingkat kelahiran mulai bisa dikendalikan, dan yang masih sering disebut-sebut adalah kualitas SDM yang rendah
    7.Kebodohan.

    Salah satu dampak negatif dari kebodohan adalah orang akan mudah untuk diperalat oleh orang lain. Selain itu kebodohan akan membawa orang sulit meraih cita-cita yang tinggi. Kebodohan bisa disebabkan oleh pendidikan yang rendah ataupun kurangnya pemerataan pendidikan.

    Meskipun tidak bisa dibilang masyarakat Indonesia masih terbelenggu kebodohan, namun dari hasil survey yang dilakukan oleh beberapa lembaga survey menempatkan kualitas SDM Indonesia masih rendah. Masyarakat kurang mampu, serta masyarakat yang terisolir secara geografis merupakan anggota masyarakat yang rentan terhadap masalah ini. Karena sulitnya memperoleh akses pendidikan yang layak.

    BalasHapus
  65. Nama : Tinton Jaya Kurniawan
    No : 35
    Kelas : X1 MIPA 2

    Bentuk/jenis masalah sosial di masyarakat

    1. Kemiskinan
    2. Pengangguran
    3. Kriminalitas
    4. Kesenjangan sosial
    5. Penyakit menular
    6. Kenakalan remaja
    7. Aliran sesat

    BalasHapus
  66. Nama:Andika Tama
    No:04
    Kelas:XI MIPA 3

    Bentuk bentuk maslah sosial
    1. Kemiskinan.

    Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan
    2.Kriminalitas.
    Istilah kriminalitas berasal dari bahasa Inggris crime yakni kejahatan
    3.Kesenjangan Sosial.
    Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok
    4.Kebodohan.
    Salah satu dampak negatif dari kebodohan adalah orang akan mudah untuk diperalat oleh orang lain
    5. Peperangan.
    Sosiologi menganggap peperangan sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai faktor.

    BalasHapus
  67. Bentuk bentuk masalah sosial yang sering terjadi di lingkungan masyarakat adalah:
    1. Kemiskinan
    2. Pengangguran
    3. Kesenjangan sosial
    4. Kenakalan remaja
    5. Penyakit menular
    6. Aliran sesat




    -Nana Resky Aprilliana
    -XI MIPA 1 (23)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmansyah
      Kelas : XI IPS 1
      No Absen : 3

      1. Kemiskinan.

      Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan juga merupakan masalah global

      2.Kriminalitas.

      Istilah kriminalitas berasal dari bahasa Inggris crime yakni kejahatan. Kejahatan secara formal dapat diartikan sebagai suatu tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial dan undang-undang pidana, bertentangan dengan moral kemanusiaan, bersifat merugikan, sehingga ditentang oleh masyarakat

      3. Ketidakharmonisan Keluarga.

      Keluarga merupakan tempat sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak, dan satu-satunya media sosialisasi primer. Oleh karena itu keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak. Di dalam keluargalah anak akan mendapatkan dasar-dasar penanaman nilai dan norma sosial. Serta di dalam keluarga seharusnya anak mendapatkan pendidikan dan pengawasan yang lebih baik.

      4. Kesenjangan Sosial.

      Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok. Fenomena ini terjadi hampir disemua negara di dunia termasuk Indonesia. Kesenjangan sosial di Indonesia sangatlah terlihat antara yang kaya dan miskin, maupun antara pejabat dengan rakyat. Yang menjadi faktor penyebab terjadinya kesenjangan sosial diantaranya adalah kemiskinan dan kurangnya lapangan pekerjaan

      5. Peperangan.

      Sosiologi menganggap peperangan sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai faktor. Peperangan merupakan satu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan. Peperangan mengakibatkan disorganisasi sosial dalam berbagai aspek kemasyarakatan, baik bagi negara yang ke luar sebagai pemenang, apalagi bagi negara yang kalah.

      6. Kependudukan.

      Penduduk suatu Negara, pada hakikatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan, sebab penduduk merupakan subyek sertaobyek pembangunan. Salah satu tanggung jawab utama negara adalah meningkatkan kesejahteraan penduduk serta mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap gangguan memperoleh kesejahteraan. Karena Kesejahteraan penduduk mengalami gangguan oleh perubahan-perubahan demografis yang seringkali tidak dirasakan. Di Indonesia masalah kependudukan yang masih membelit adalah persebaran penduduk, meskipun tingkat kelahiran mulai bisa dikendalikan, dan yang masih sering disebut-sebut adalah kualitas SDM yang rendah

      7.Kebodohan.

      Salah satu dampak negatif dari kebodohan adalah orang akan mudah untuk diperalat oleh orang lain. Selain itu kebodohan akan membawa orang sulit meraih cita-cita yang tinggi. Kebodohan bisa disebabkan oleh pendidikan yang rendah ataupun kurangnya pemerataan pendidikan.

      Hapus
  68. Nama: Marsella Nur Apriliana
    Kelas: Xl Mipa 2
    No: 24






    1. Kemiskinan

    Kemiskinan yaitu merupakan suatu keadaan yang dimana terjadi ketidak mampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar dalam kehidupan, diantaranya seperti: sandang, pangan dan papan. Kemiskinan bukan hanya terjadi di daerah-daerah plosok saja akan tetapi dapat terjadi juga di daerah perkotaan.

    2. Pengangguran

    Pengangguran merupakan salah satu contoh dari permasalahan sosial saat ini, meningkatnya jumlah penagguran biasanya disebabkan oleh jumlah penduduk yang semakin meningkat sedangkan jumlah lapangan kerja yang masih terbatas atau masih sedikit, hal seperti ini harus segera di atasi oleh pemerintah dengan cara menyediakan lapangan kerja yang banyak supaya dapat mengurangi jumlah pengangguran.

    3. Masalah Pada Pendidikan

    Kurangnya pendidikan merupakan salah satu masalah sosial yang terjadi dalam masyarakan, misalnya seperti banyak anak-anak membantu orang tuanya untuk mencari nafkah, hal ini disebabkan karena ketidak mampuan mereka dalam membiayai sekolah.

    BalasHapus
  69. Nama : Fiqih Ma'arif Ruwanda
    No : 17
    Kelas: XI MIPA 2

    Sebutkan bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul dimasyarakat!
    :
    1.Kemiskinan
    2.Pengangguran
    3.Kriminalitas
    4.Kesenjangan sosial
    5.Penyakit menular
    6.Kenakalan remaja
    7.Aliran sesat

    BalasHapus
  70. Bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat
    1.kemiskinan
    2.pengangguran
    3.kriminalitas
    4.kesenjagan sosial
    5.kenakalan remaja
    6.Aliran sesat
    7.penyakit menular

    BalasHapus
  71. Nama : EILITA YUYUN TRI CAHYANI
    Kelas: XI MIPA 2
    No. : 13


    Bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat
    1.kemiskinan
    2.pengangguran
    3.kriminalitas
    4.kesenjagan sosial
    5.kenakalan remaja
    6.Aliran sesat
    7.penyakit menular

    BalasHapus
  72. Nama:Kurnia Arnit Sambodho
    No:22
    Kelas:XI MIPA 4
    1.Kemiskinan
    Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.
    2.pengangguran
    Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang.
    3.Kriminalitas
    Kriminalitas berasal dari kata crime yang artinya kejahatan. Kriminalitas adalah semua perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma hukum pidana.
    4.Kesenjangan sosial
    Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.
    5.Penyakit menular
    Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit.
    6.Kenakalan remaja
    Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja.kenakalan remaja merupakan perbuatan yang melanggar hukum yang dapat dikenai sanksi pidana bagi yang melanggar larangan tersebut.
    7.Aliran sesat
    Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin teologis atau keagamaan yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengan keyakinan, atau sistem keagamaan manapun.

    BalasHapus
  73. NAMA:Risma nur Inayah
    Kelas:XI IPS 2
    NO:19
    1.kemiskinan
    2.kriminalitas
    3.kesenjangan sosial

    BalasHapus
  74. Nama : Erlina Supartini
    No : 15
    Kelas : XI IPA 3

    Bentuk masalah sosial yg ada di masyarakat adalah..

    1. Kemiskinan
    2. Pengangguran
    3. Kesenjangan sosial
    4. Kenakalan remaja
    5. Kriminalitas
    6. Aliran sesat

    BalasHapus
  75. Nama : Oktavia Dwi Astuti
    Kelas : Xl IPS 1
    No : 24

    Masalah Sosial Yang Terjadi Di Masyarakat Yaitu :
    1.Kemiskinan
    2.Pengangguran
    3.Kenakalan Remaja
    4. Kriminalitas

    BalasHapus
  76. Fauziah Martshafa Ayu 16/XI IPA 2
    Berbagai bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat:
    1. Kemiskinan.
    Kemiskinan merupakan kondisidimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya. Bentuk-bentuk kemiskinan,yaitu sebagai berikut :
    a. Kemiskinan absolut
    b. Kemiskinan relatif
    c. Kemiskinan kultural
    2. Pengangguran.
    Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja.
    3. Kriminalitas.
    Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan,dan lain sebagainya.
    4. Kesenjangan sosial.
    Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.
    5. Penyakit menular.
    Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus,jamur, atau parasit.disebabkan oleh agen biologi seperti mikroorganisme pategonik (virus, bakteri, dan fungi) serta parasit.
    6. Kenakalan remaja.
    Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi, membuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif.
    7. Aliran sesat.
    Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll, ya ng berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa.

    BalasHapus
  77. Nama : Novita Naya Ramadhani
    Kelas : XI MIPA 4
    No Abs : 27

    BalasHapus
  78. Nama : NOVITA NAYA RAMADHANI
    Kelas : XI MIPA 4
    No Abs 27.


    Kriminalitas.

    Istilah kriminalitas berasal dari bahasa Inggris crime yakni kejahatan. Kejahatan secara formal dapat diartikan sebagai suatu tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial dan undang-undang pidana, bertentangan dengan moral kemanusiaan, bersifat merugikan, sehingga ditentang oleh masyarakat.

    Dalam pandangan sosiologis, kejahatan diartikan sebagai semua bentuk ucapan dan tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial, serta merugikan dan mengganggu keselamatan masyarakat, baik secara ekonomis, politis maupun sosial psikologis.

    Sesuai dengan pandangan teori faktor sosial, lingkungan sosial dan kekuatan-kekuatan sosial sebagai faktor penyebab munculnya kejahatan. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan meningkatnya pertumbuhan suatu negara, pemerintah berusaha keras untuk membentuk kekuatan baru dalam meningkatkan taraf keamanan. Namun di satu sisi, tingkat kejahatan pun semakin berkembang dengan kualitas perbuatan yang semakin berat pula. Bahkan terkadang kejahatan justru dapat menandingi atau bahkan lebih kuat dari kekuatan hukum.Pada masa modern seperti sekarang ini, tingkah laku kriminal bisa saja tidak lagi dianggap sebagai suatu bentuk kriminalitas sebab hal itu telah membudaya dan sudah menjadi rahasia umum yang dapat ditebak. Biasa terdapat pada praktik-praktik korup, uang pelican/suap untuk mempercepat penyelesaian masalah, bulu bekti/tanda bakti (gratifikasi) kepada atasan demi menutupi perbuatan kriminal.

    BalasHapus


  79. NAMA=Rani dwi cahya kusuma
    No. =25
    Kelas=XI IPS 4


    Kriminalitas.Istilah kriminalitas berasaldaribahasa Inggris crime yaknidapat diartikan sebagai suatukejahatan. Kejahatan secara formalnorma-norma sosial dan undang-tingkah laku yang melanggarundang pidana, bertentangandengan moral kemanusiaan,bersifat merugikan, sehinggaditentang oleh masyarakat.Dalam pandangan sosiologis,bentuk ucapan dan tingkah lakuyang melanggar norma-normasosial, serta merugikan dankejahatan diartikan sebagai semuakeselamatanmasyarakat, baik secara ekonomis,politis maupun sosial psikologis.mengganggu>berkembang dengan kualitasperbuatan yang semakin beratpula. Bahkan terkadang kejahatanjustru dapat menandingi ataubahkan lebih kuat dari kekuatanhukum.Pada masa modern sepertisekarang ini, tingkah laku kriminalbisa saja tidak lagi dianggapsebagai suatu bentuk kriminalitassebab hal itu telah membudayadan sudah menjadi rahasia umumyang dapat ditebak. Biasa terdapatpada praktik-praktik korup, uangpelican/suap untuk mempercepatpenyelesaian masalah, bulubekti/tandabakti(gratifikasi)kepada atasan demi menutupiperbuatan kriminal.

    BalasHapus
  80. Jenis-jenis bentuk Masalah Sosial :

    Kemiskinan. Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan.
    Kriminalitas.
    Ketidakharmonisan Keluarga.
    Kesenjangan Sosial.
    Peperangan.
    Kependudukan.
    Kebodohan.



    Nama : Zaskia Raisa Rahmawati
    No : 31
    Kelas : XI IPS 4

    BalasHapus
  81. Nama : Renata Febrianti
    No : 24
    Kelas : XI IPS 3



    Bentuk masalah sosial yang ada di masyarakat :
    1. Kemiskinan
    2. Pengangguran
    3. Kriminalitas
    4. Kesenjangan sosial
    5. Kenakalan remaja
    6. Aliran sesat

    BalasHapus
  82. Nama Caecilia Dhefvi Septia Putri
    No 09
    Kelas XI ips 4


    Kriminalitas.Istilah kriminalitas berasaldaribahasa Inggris crime yaknidapat diartikan sebagai suatukejahatan. Kejahatan secara formalnorma-norma sosial dan undang-tingkah laku yang melanggarundang pidana, bertentangandengan moral kemanusiaan,bersifat merugikan, sehinggaditentang oleh masyarakat.Dalam pandangan sosiologis,bentuk ucapan dan tingkah lakuyang melanggar norma-normasosial, serta merugikan dankejahatan diartikan sebagai semuakeselamatanmasyarakat, baik secara ekonomis,politis maupun sosial psikologis.mengganggu>berkembang dengan kualitasperbuatan yang semakin beratpula. Bahkan terkadang kejahatanjustru dapat menandingi ataubahkan lebih kuat dari kekuatanhukum.Pada masa modern sepertisekarang ini, tingkah laku kriminalbisa saja tidak lagi dianggapsebagai suatu bentuk kriminalitassebab hal itu telah membudayadan sudah menjadi rahasia umumyang dapat ditebak. Biasa terdapatpada praktik-praktik korup, uangpelican/suap untuk mempercepatpenyelesaian masalah, bulubekti/tandabakti(gratifikasi)kepada atasan demi menutupiperbuatan kriminal.

    BalasHapus
  83. EDI NUGROHO(13) XI MIPA 1

    Bentuk bentuk permasalahan sosial.
    1.Kemiskinan
    2.Kriminalitas
    3.Pengangguran
    4.pergaulan bebas
    5.pernikahan dini
    6.kenakalan remaja
    7.kualitas pendidikan yang rendah

    BalasHapus
  84. Nama:Arnita Fitriyanti
    No:7
    Kelas:XI IPS 1
    1.Kemiskinan
    Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan taraf atau standar kehidupan pada umumnya.
    Bentuk-bentuk kemisikinan :
    a)kemiskinan absolut
    b)kemiskinan relatif
    c)kemiskinan kultural

    2.pengangguran
    Pengangguran adalah sebuah golongan angkatan kerja yang belum melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan uang.

    3.Kriminalitas
    Kriminalitas berasal dari kata crime yang artinya kejahatan. Kriminalitas adalah semua perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma hukum pidana.

    4.Kesenjangan sosial
    Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

    5.Penyakit menular
    Penyakit menular adalah adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit.

    6.Kenakalan remaja
    Kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja.kenakalan remaja merupakan perbuatan yang melanggar hukum yang dapat dikenai sanksi pidana bagi yang melanggar larangan tersebut.

    7.Aliran sesat
    Aliran sesat adalah pandangan atau doktrin teologis atau keagamaan yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengan keyakinan, atau sistem keagamaan manapun

    BalasHapus
  85. Nama : Muhammad Abdul Rosyid
    Kelas: XI MIPA 2
    No : 25



    Bentuk-bentuk masalah sosial yang muncul dimasyarakat:

    1. Kemiskinan
    2. Kriminalitas
    3. Kesenjangan sosial
    4. Pengangguran
    5. Kenakalan remaja
    6. Penyakit menular
    7. Aliran sesat

    BalasHapus
  86. NAMA : ARIN FAUZAN AZARIA
    NO : 06
    KELAS : XI MIPA 4

    Bentuk bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat
    1.kemiskinan
    2.kriminalitas
    3.kesenjangan sosial
    4.pengangguran
    5.kenakalan remaja
    6.penyakit menular
    7.aliran sesat

    BalasHapus
  87. Nama : niken octavia
    kelas : XI MIPA 2
    no : 28


    1. kemiskinan
    2. kriminalitas
    3. kesenjangan sosial
    4. pengangguran
    5.kenakalan remaja
    6. penyakit menular
    7. aliran sesat

    BalasHapus
  88. Nama: Aldo Febriyan
    Kls : XI MIPA 2
    NO :03

    bentuk bentuk masalah sosial yang muncul di masyarakat:
    1. PENCURIAN.
    Penyebab = Kurangnya tingkat keamanan serta kesadaran diri pelaku.
    Akibat = Hilangnya rasa nyaman, aman, dan tentram.
    Usaha untuk mengatasi = Meningkatkan faktor keamanan dan nilai-nilai keagamaan terhadap masyarakat.

    2. PENGANGGURAN.
    Penyebab = Kurangnya lapangan kerja serta adanya sifat malas.
    Akibat = Melahirkan berbagai tindak kriminal di lingkungan masyarakat.
    Usaha untuk mengatasi = Memberikan pelatihan sebagai pengusaha serta membuka lowongan kerja seluas-luasnya.

    3. KEMACETAN.
    Penyebab = Banyaknya kendaraan-kendaraan pribadi yang tidak sebanding dengan lebar jalan.
    Akibat = Meningkatkan pencemaran udara, kemacetan semakin parah, memperlama waktu tempuh perjalanan.
    Usaha untuk mengatasi = Beralih ke layanan transportasi publik.
    4.Kemiskinan.
    Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan.
    5.Kriminalitas.
    Istilah kriminalitas berasal dari bahasa Inggris crime yakni kejahatan. Kejahatan secara formal dapat diartikan sebagai suatu tingkah laku yang melanggar norma-norma sosial dan undang-undang pidana, bertentangan dengan moral kemanusiaan, bersifat merugikan, sehingga ditentang oleh masyarakat.
    6.Ketidakharmonisan Keluarga.
    Keluarga merupakan tempat sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak, dan satu-satunya media sosialisasi primer. Oleh karena itu keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak.
    7.Kesenjangan Sosial.
    Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok
    8.Peperangan.
    Sosiologi menganggap peperangan sebagai suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai faktor. Peperangan merupakan satu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan.
    9.Kependudukan.
    Penduduk suatu Negara, pada hakikatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan, sebab penduduk merupakan subyek sertaobyek pembangunan
    10.Kebodohan.
    Salah satu dampak negatif dari kebodohan adalah orang akan mudah untuk diperalat oleh orang lain. Selain itu kebodohan akan membawa orang sulit meraih cita-cita yang tinggi.

    BalasHapus
  89. Nama : Naufal Abiyyin
    No : 21
    Kelas : X IPS 1

    Bentuk-bentuk masalah sosial di masyarakat :
    -Kriminalitas
    -Ketidakharmonisan Keluarga
    -Kesenjangan Sosial
    -Peperangan
    -Kenakalan remaja

    BalasHapus
  90. Nama : Naufal Abiyyin
    No : 21
    Kelas : XI IPS 1

    Bentuk-bentuk masalah sosial di masyarakat :
    -Kriminalitas
    -Ketidakharmonisan Keluarga
    -Kesenjangan Sosial
    -Peperangan
    -Kenakalan remaja

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.