Stratifikasi Sosial - Pengertian, Dasar, Sifat, Bentuk dan Makna Keragaman


PENGERTIAN STRATIFIKASI SOSIAL 

Stratifikasi sosial adalah pembedaan masyarakat/penduduk kedalam kelas-kelas secara bertingkat-tingkat (hierarkis). Pelapisan sosial merupakan terjemahan dari Sosial Stratification. Kata stratification berasal dari kata stratum yang artinya tingkatan. Para ahli yang memberikan pengertian tentang stratifikasi sosial antara lain :

a. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt
Stratifikasi sosial berarti sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat.

b. Pitirim A. Sorokin
Stratifikasi sosial merupakan ciri yang tetap pada setiap kelompok sosial yang teratur. Lebih lanjut beliau mengatakan stratifikasi sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat.

c. Robert MZ. Lawang
Stratifikasi sosial adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarkis menurut dimensi kekuasaan, previlese dan prestise.

d. Bruce J. Cohen
Stratifikasi sosial adalah sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas sosial yang sesuai.

DASAR-DASAR STRATIFIKASI DALAM MASYARAKAT 

Dasar stratifikasi dalam masyarakat disebabkan oleh adanya sesuatu yang dihargai lebih. Dasar atau ukuran yang umumnya dipakai untuk menggolongkan anggota masyarakat kedalam suatu pelapisan sosial adalah sebagai berikut :

a. Ukuran Kekayaan
Barang siapa yang memiliki kekayaan paling banyak, termasuk dalam lapisan teratas. Kekayaan tersebut, misalnya,  dapat dilihat pada bentuk rumah yang bersangkutan, mobil pribadinya, cara menggunakan pakaian, kebiasaan berbelanja dan lain-lain.

b. Ukuran Kekuasaan
Barang siapa yang memiliki kekuasaan atau yang mempunyai wewenang terbesar, menempati lapisan atas. Dalam hal ini dapat dicontohkan dengan kehidupan para raja, dimana mereka memiliki kekuasaan yang absolut, sehingga raja dan keluarga atau keturunannya selalu berada pada lapisan atas, dalam kehidupannya. Di samping raja dapat juga diambil contoh para kepala negara, yang meskipun mereka dipilih oleh rakyatnya secara demokratais, tetapi kekuasaan itu akan melekat secara otomatis pada diri para pemimpin negara.

c. Ukuran Kehormatan
Orang yang paling disegani atau dihormati , mendapat tempat yang teratas. Ukuran semacam ini banyak dijumpai pada masyarakat-masyarakat tradisional. Biasanya yang mendapat tempat diatas adalah golongan tua atau mereka yang pernah berjasa. Demikian juga para pemimpin agama, mereka sangat dihormati oleh umatnya, bahkan perilakunya dijadikan sebagai suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian para rohaniawan secara umum berada pada lapisan atas karena kehormatan.

d. Ukuran Ilmu Pengetahuan/Pendidikan
Ilmu pengetahuan sebagai ukuran dipakai oleh masyarakat yang meng-hargai ilmu pengetahuan. Tetapi kadang kadang-kadang ukuran tersebut menyebabkan terjadinya hal-hal yang negatif. Karena ternyata yang dijadikan ukuran bukan ilmu pengetahuannya melainkan gelar kesarja-nannya. Dampaknya ada-lah segala macam cara akan ditempuh untuk mengejar gelar tersebut walau dengan cara-cara yang tidak benar.

Ukuran-ukuran di atas tidaklah bersifat Terbatas (limitatif), karena masih banyak ukuran-ukuran lain yang dapat digunakan, Tetapi ukuran-ukuran di atas sangat menentukan sebagai dasar timbulnya sistem lapisan dalam masyarakat. 
 

SIFAT – SIFAT STRATIFIKASI SOSIAL

Secara umum sifat yang ada dalam stratifikasi sosial adalah sebagai berikut :

a. Bersifat tertutup
Startifikasi dengan sifat yang tertutup membatasi seseorang untuk berpindah dari satu lapisan  ke lapisan yang lain, baik pindah ke atas maupun ke bawah. Satu-satunya jalan untuk menduduki lapisan tersebut hanya melalui kelahiran. Contohnya pada masyarakat yang menganut sistem kasta, masyarakat feodal dan masyarakat yang menggunakan ciri-ciri fisik sebagai ukuran lapisan seorang individu.

b. Bersifat terbuka
Dalam sistem pelapisan yang bersifat terbuka, setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan untuk menduduki lapisan yang paling atas. Dalam lapisan yang demikian setiap individu termotivasi untuk mencapai keinginannya sesuai dengan kemampuan dirinya. Dengan demikian kompetisi akan terjadi dan pembangunan lebih cepat berjalan.

c. Bersifat campuran
Dalam sistem yang bersifat campuran akan kita jumpai dalam masyarakat bahwa untuk hal-hal tertentu menggunakan sistem tertutup sementara pada hal yang lain menggunakan sistem terbuka. Contoh sederhana adalah masyarakat Bali yang masih menganut sistem kasta dalam kehidupan sosial budayanya, namun dalam bidang ekonomi siapa saja boleh berkompetisi. Artinya di sini terjadi keterbukaan dalam bidang ekonomi tanpa memandang seseorang berasal dari kasta apa.

  

BENTUK – BENTUK STARTIFIKASI SOSIAL

Ada dua bentuk stratifikasi sosial dalam masyarakat yang dapat kita lihat yaitu :

a. Sistem Kasta
Menurut Lumberg kasta adalah suatu kategori di mana para anggotanya ditunjuk dan ditetapkan pada status yang permanen dalam hierarki sosial yang diberkan, serta hubungan-hubungannya dibatatsi sesuai dengan statusnya. Sistem kasta adalah bentuk stratifikasi sosial yang memberikan garis secara jelas antara satu lapisan dengan lapisan yang lain dan sifatnya sangat kaku. Dalam pelapisan dengan menggunakan sistem kasta mutu pribadi sama sekali tidak diperhitungkan. Seseorang menduduku lapisan tertentu sematamata hanya karena ia memiliki orang tua yang telah berada pada lapisan yang tertentu tersebut. Salah satu masyarakat yang masih menganut sistem kasta adalah India. Dalam bentuk aslinya, kasta di India terdiri atas empat kategori yaitu seperti berikut : 
1. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.
2. Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
3. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor. 
4. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
 
Selain empat kelompok kasta di atas masih ada lagi yang disebut dengan “harijans”.  Mereka yang termasuk dalam kelompok ini adalah individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin. Dalam setiap kasta ada lagi subkasta yang jumlahnya sangat banyak.

b. Sistem Kelas
Dalam startifikasi dengan sistem kelas lebih berifat dinamis dan fleksibel. Kelas sosial bukanlah warisan dari keluarga, karena  setiap individu dapat memperolehnya dengan suatu usaha yang benar-benar. Dalam sistem kelas perubahan lapisan antara satu orang dengan orang lain sangat bervariasi dan bersifat terbuka. Seseorang yang pada waktu tertentu dalam posisi di atas mungkin suatu saat dia akan menempati urutan yang paling bawah akibat kepandaian dan kecerdasan orang lain yang mampu menyaingi dirinya. Pembagian kelas pada umumnya di dasarkan pada kriteria ekonomi, sosial maupun politik.

MAKNA KERAGAMAN

Bagaimana keragaman manusia yang merupakan kenyataan yang tidak perlu dipermasalahkan, sehingga kesetaraan antar manusia akan mengantarkan hidup manusia menjadi enak (tentram, senang hati). Persatuan dan kesatuan bangsa yang terwujud dari sejumlah suku bangsa yang semula merupakan masyarakat yang berdiri sendiri dan mendukung kebudayaan yang beraneka ragam itu perlu diperkokoh dengan kerangka acuan yang bersifat nasional, yaitu kebudayaan nasional.  Suatu kebudayaan yang memberikan makna bagi kehidupan berbangsa dan berkepribadian, akan dapat dibanggakan sebagai identitas nasional. Akan tetapi dalam masyarakat majemuk dengan keragaman latar belakang kebudayaan seperti yang terjadi di Indonesia tidaklah mudah untuk mengembangkan suatu kebudayaan nasional hanya dengan mengandalkan pada kemampuan dan kemapanan masyarakat semata.

Meskipun menurut sejarah, masyarakat Indonesia relatif berasal dari nenek moyang yang sama, tetapi karena keadaan geografiknya, akhirnya masyarakat Indonesia bersifat majemuk. Kondisi geografis yang menjadi penyebab kemajemukan masyarakat, adalah:

1. Bentuk wilayah yang berupa kepulauan. Kondisi ini mengakibatkan, meskipun berasal dari nenek moyang yang sama, tetapi akhirnya mereka terpisah-pisah di berbagai pulau yang saling berbeda, sehingga masing-masing terisolasi dan mengembangkan kebudayaan sendiri. Jadilah masyarakat Indonesia mengalami kemajemukan ethnik atau suku bangsa.

2. Letak wilayah yang strategis, di antara dua benua dan dua samudera, kondisi ini mengakibatkan Indonesia banyak didatangi oleh orang-orang asing yang membawa pengaruh unsur kebudayaan, antara lain yang paling menonjol adalah agama. Kondisi ini mengakibatkan masyarakat Indonesia majemuk dalam hal agama. Lima agama besar dunia ada di Indonesia ditambah dengan agama lainnya.

3. Variasi iklim, jenis serta kesuburan tanah yang berbeda di antara beberapa tempat, misalnya daerah Indonesia bagian Timur yang lebih kering, tumbuh menjadi suku bangsa peternak, daerah Jawa dan Sumatra yang dipengaruhi vulkanisme tumbuh menjadi daerah dengan masyarakat yang hidup dari bercocok tanam. Variasi iklim dan jenis serta kesuburan tanah ini mengakibatkan masyarakat Indonesia majemuk dalam hal kultur, antara lain cara hidup.

Seperti yang kita tahu ananda, di Indonesia terdapat berbagai macam kebudayaan yang berasal dari hampir seluruh suku bangsa. Coba ananda renungkan, hal ini apakah memungkinkan terwujud sebagai masyarakat multikultural? Syarat terwujudnya masyarakat multikultural adalah apabila warganya dapat hidup berdampingan, toleransi dan saling menghargai. Nilai-nilai tersebut harus dijadikan pedoman untuk bertindak, baik dalam bidang sosial, ekonomi, politik maupun tindakan individual. Seluruh kebudayaan lokal yang berasal dari kebudayaan beraneka ragam suku-suku di Indonesia adalah merupakan bagian integral daripada kebudayaan Indonesia.

RANGKUMAN 

Stratifikasi sosial adalah penggolongan atau pembedaan masyarakat secara vertikal, yaitu penggolongan masyarakat kedalam kelas-kelas secara bertingkat-tingkat (hierarkis) dari status yang di sandangnya. Dasar stratifikasi dalam masyarakat disebabkan oleh adanya sesuatu yang dihargai lebih. Dasar atau ukuran yang umumnya dipakai untuk menggolongkan anggota masyarakat kedalam suatu pelapisan sosial adalah ukuran kekayaan, ukuran kekuasaan, ukuran kehormatan, dan ukuran ilmu pengatahuan/pendidikan.

Secara umum sifat yang ada dalam stratifikasi sosial adalah sebagai berikut : 
a. Bersifat tertutup, Startifikasi dengan sifat yang tertutup membatasi seseorang untuk berpindah dari satu lapisan ke lapisan yang lain, baik pindah ke atas maupun ke bawah. 
b. Bersifat terbuka, Dalam sistem pelapisan yang bersifat terbuka, setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan untuk menduduki lapisan yang paling atas. 
c. Bersifat campuran, Dalam sistem yang bersifat campuran akan kita jumpai dalam masyarakat bahwa untuk hal-hal tertentu menggunakan sistem tertutup sementara pada hal yang lain menggunakan sistem terbuka.

Ada dua bentuk stratifikasi sosial dalam masyarakat yang dapat kita lihat yaitu : 
1. Sistem Kasta. Sistem kasta adalah bentuk stratifikasi sosial yang memberikan garis secara jelas antara satu lapisan dengan lapisan yang lain dan sifatnya sangat kaku.  Salah satu masyarakat yang masih menganut sistem kasta adalah India.

Dalam bentuk aslinya, kasta di India terdiri atas empat kategori yaitu seperti berikut :
a. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.
b. Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
c. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja cantor. 
d. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

2. Sistem kelas. Dalam stratifikasi dengan sistem kelas lebih berifat dinamis dan fleksibel. Kelas sosial bukanlah warisan dari keluarga, karena setiap individu dapat memperolehnya dengan suatu usaha yang benar-benar. Dalam sistem kelas perubahan lapisan antara satu orang dengan orang lain sangat bervariasi dan berisfat terbuka.

Makna Keragaman 
Persatuan dan kesatuan bangsa yang terwujud dari sejumlah suku bangsa yang semula merupakan masyarakat yang berdiri sendiri dan mendukung kebudayaan yang beraneka ragam itu perlu diperkokoh dengan kerangka acuan yang bersifat nasional, yaitu kebudayaan nasional. Kondisi geografik yang menjadi penyebab kemajemukan masyarakat, adalah: 
a. Bentuk wilayah yang berupa kepulauan.
b. Letak wilayah yang strategis.
c. Variasi iklim, jenis serta kesuburan tanah yang berbeda di antara beberapa tempat.

Referensi: Tri Ady Indrawan. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Stratifikasi Sosial - Pengertian, Dasar, Sifat, Bentuk dan Makna Keragaman Stratifikasi Sosial - Pengertian, Dasar, Sifat, Bentuk dan Makna Keragaman Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Oktober 20, 2021 Rating: 5

92 komentar:

  1. NAMA : ROFICHO TULLAILIYAH
    KELAS : XI IPS 1
    NO ABSEN: 27

    1. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    2. Waisya, yaitu kastanya para pedagang,petani, dan pekerja kantor.
    3. Ksatria, yaitu kastanya para militer atau tentara serta pejuang.
    4. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  2. Nama : Maeva Putri Ana
    No : 19
    Kelas : XI IPS 4


    Urutan kasta dalam agama Hindu adalah
    1) Brahmana (Pendet), bertugas dalam kehidupan keagamaan.
    2) Ksatria (raja, bangsawan, dan prajurit), berkewajiban menjalankan pemerintahan termasuk mempertahankan negara.
    3) Waisya (pedagang, petani, dan pertenak) .
    4) sudra (pekerja pekerja kasar dan budak).

    BalasHapus
  3. Nama: Alfia Rahmawati
    No: 03
    Kelas: X IPS 2

    Kasta Brahmana
    Kasta Brahmana merupakan kasta yang terdiri dari para pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.

    Kasta Ksatria
    Sistem Kasta Dalam Agama Hindu yang Perlu Diketahui
    Kasta Ksatria merupakan kasta kedua tertinggi yang golongannya terdiri dari raja, prajurit, dan bangsawan. Umumnya, anggota kasta Ksatria yang menyelenggarakan pemerintahan.

    Kasta Waisya
    Anggota Kasta Waisya merupakan para pedagang, pengrajin, dan buruh kelas menengah.

    Kasta Sudra
    Sistem Kasta Dalam Agama Hindu yang Perlu Diketahui
    Kasta Sudra ini merupakan kasta terendah dalam agama Hindu. Anggotanya terdiri dari para petani, pembantu, kuli, dan buruh kecil

    Kasta Paria
    Namun, selain empat kasta di atas, masih ada Kasta Paria yang merupakan kasta paling rendah. Kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.

    BalasHapus
  4. Nama : Fatma Dwi Nuraini
    No : 13
    Kelas : XI - IPS 3
    1. jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu di mulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi ?
    • [ Harijans ]
    Mereka yang termasuk dalam kelompok ini adalah individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin.
    • [ Sudra ]
    yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    • [ Waisya ]
    yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    • [ Ksatria ]
    yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
    • [ Brahmana ]
    yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus


  5. Nama:Zahra Kusuma Rajendra
    No:31
    kelas:XI ips 3
    kasta Brahmana. Brahmana adalah kasta para pendeta, pemuka agama, dan guru. ...
    kasta Ksatria. Kasta ini adalah para prajurit, para raja dan bangsawan. ...
    kasta Waisya. Kasta ini adalah para pedagang, perajin dan pengusaha. ...
    4. kasta Sudra.

    BalasHapus
  6. 1)Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.

    2)Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.

    3)Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.

    4)Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  7. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmansyah
    Kelas : XI IPS 1
    No Absen : 3

    1. Sudra : Kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    2. Waisya : Kastanya para pedagang,petani dan pekerja kantor
    3. ksatria : Kastanya para militer / tentara serta pejuang
    4. Brahmana : Kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  8. Nama:Nito Yudha Nugraha
    No:23
    Kelas:XI ips 1

    1. kasta brahmana itu kasta paling tinggi dan diisi oleh bangsawan.

    2. kasta Ksatria itu kasta yang berisi prajurit/para kepala dan anggota lembaga pemerintahan. Seseorang yang menyandang gelar ini tidak memiliki harta pribadi semua harta milik negara.

    3. kasta Waisya itu kasta yang terdiri atas petani, nelayan, pedagang, dan lain-lain.

    4. kasta Sudra itu merupakan pelayan bagi ketiga kasta diatas, contohnya: budak/rakyat biasa.

    5. kasta Paria itu merupakan kasta bagi orang2 yang sudah dibuang dari ke 4 kasta diatas karena melakukan suatu perbuatan yang dilarang kasta. (contoh: pernikahan antar kasta seperti kaum sudra dan kaum ksatria.

    BalasHapus
  9. Aisyah alfiaturrohmah (2) XI MIA 427 Oktober 2021 12.21

    Nama : Aisyah alfiaturrohmah
    Kelas. : XI MIPA 4
    No absen : 2


    1. Brahmana

    Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    2. Ksatria

    Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.

    3. Waisya

    Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.

    4. Sudra

    Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa

    BalasHapus
  10. Dewi Sayekti Sutrisni27 Oktober 2021 12.23

    Nama : Dewi Sayekti Sutrisni
    Kelas : X1 MIPA 2
    No. Absen : 11


    1. Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi?

    •[HARIJANS]
    Mereka yang termasuk kelompok ini adalah individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin

    •[SUDRA]
    yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

    •[WAISYA]
    Yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.

    •[KSATRIA ]
    yaitu kastanya para militer/tentara dan juga para pejuang.

    •[BRAHMANA]
    yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  11. Nama:Else Duwi Lestari
    No:14
    Kls:XI MIPA 1

    1. jelaskan urutan kasta masyarakat Hindu di kasta terendah hingga kasta tertinggi ?
    • [ Harijans ] Mereka yang termasuk dalam kelompok ini adalah individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin.
    •[Sudra ] yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani. • [ Waisya ] yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor. • [ Ksatria ] yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang. • [ Brahmana ] yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  12. Nama:Elsa aprilia m
    Kls : XI MIPA 4
    No: 13

    1. jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu di mulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi ?
    • [ Harijans ]
    Mereka yang termasuk dalam kelompok ini adalah individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin.
    • [ Sudra ]
    yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    • [ Waisya ]
    yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    • [ Ksatria ]
    yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
    • [ Brahmana ]
    yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  13. NAMA : KHOIRUN NISA IZZATI
    NO : 20
    KELAS: XI MIPA 1

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!
    (A).Kasta Brahmana
    merupakan kasta yang terdiri dari para pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.
    (B).Kasta Ksatria
    merupakan kasta kedua tertinggi yang golongannya terdiri dari raja, prajurit, dan bangsawan. Umumnya, anggota kasta Ksatria yang menyelenggarakan pemerintahan.
    (C).Kasta Waisya
    merupakan para pedagang, pengrajin, dan buruh kelas menengah.
    (D).Kasta Sudra
    merupakan kasta terendah dalam agama Hindu. Anggotanya terdiri dari para petani, pembantu, kuli, dan buruh kecil.
    (E).Kasta Paria
    merupakan kasta paling rendah. Kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.

    BalasHapus
  14. NAMA : Yahya Yulia Putra
    NO : 32
    KELAS: XI MIPA 3

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!


    (A).Kasta Brahmana
    merupakan kasta yang terdiri dari para pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.
    (B).Kasta Ksatria
    merupakan kasta kedua tertinggi yang golongannya terdiri dari raja, prajurit, dan bangsawan. Umumnya, anggota kasta Ksatria yang menyelenggarakan pemerintahan.
    (C).Kasta Waisya
    merupakan para pedagang, pengrajin, dan buruh kelas menengah.
    (D).Kasta Sudra
    merupakan kasta terendah dalam agama Hindu. Anggotanya terdiri dari para petani, pembantu, kuli, dan buruh kecil.
    (E).Kasta Paria
    merupakan kasta paling rendah. Kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.

    BalasHapus
  15. kasta dalam masyarakat hindu terdiri atas empat kategori yaitu seperti berikut : 
    1. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.
    2. Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
    3. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor. 
    4. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    5.harijans,yaitu individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin.
    6.subkasta, yang jumlahnya sangat banyak.

    BalasHapus
  16. NAMA : KHOIRUN NISA IZZATI
    NO : 20
    KELAS : XI MIPA 1

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!
    A.Kasta Paria
    Kasta yang paling rendah, kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.
    B.Kasta Sudra
    Kasta terendah dalam agama Hindu anggotanya terdiri dari para petani, pembantu, kuli, dan buruh kecil.
    C.Kasta Waisya
    Merupakan para pedagang, pengrajian, dan buruh kelas menengah.
    D.Kasta Ksatria
    Kasta kedua tertinggi dari raja, prajurit,dan bangsawan.Anggota kasta ksatria menyelenggarakan pemerintahan.
    E.Kasta Brahmana
    Kasta yang terdiri dari pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.

    BalasHapus
  17. Nama: Kurnia Arnit Sambodho
    No:22
    Kelas:XI MIPA 4

    1.Kasta Brahmana
    Kasta Brahmana merupakan kasta yang terdiri dari para pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.
    2.Kasta Ksatria
    Kasta Ksatria merupakan kasta kedua tertinggi yang golongannya terdiri dari raja, prajurit, dan bangsawan. Umumnya, anggota kasta Ksatria yang menyelenggarakan pemerintahan.
    3.Kasta Waisya
    Anggota Kasta Waisya merupakan para pedagang, pengrajin, dan buruh kelas menengah.
    4.Kasta Sudra
    Kasta Sudra ini merupakan kasta terendah dalam agama Hindu. Anggotanya terdiri dari para petani, pembantu, kuli, dan buruh kecil.
    5.Kasta Paria
    Namun, selain empat kasta di atas, masih ada Kasta Paria yang merupakan kasta paling rendah. Kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.

    BalasHapus
  18. FRISCA APRIANISYAH IZZATY XI MIPA 427 Oktober 2021 15.28

    Nama FRISCA APRIANISYAH IZZATY
    Kelas XI MIPA 4
    Absen 17


    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu di mulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi ?
    Jawab:
    1. Harijans, yaitu individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin.
    2. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    3. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    4. Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang
    5. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  19. Nama: Landhung Budi Wardono
    Absen:21
    Kelas: XI MIPA 1

    JAWAB:
    1.Harjians yaitu individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin
    2.sudda yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    3. waisya yaitu kastanya para pedagang,petani,dan pekerja kantor
    4. Ksatria yaitu kastanya para militer/tentara serta para pejuang
    5. Brahmana yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  20. Nama:Febiana Istiyaningsih
    Nomer:15
    Kelas:XI IPS 4


    1.Brahmana kasta tertinggi,Fungsinya sebagai pemimpin upacara keagamaan.
    2.Ksatria terdiri dari golongan raja dan keluarganya,bangsawan,prajurit negara yang berfungsi dalam pemerintahan kenegaraan.
    3.Waisya terdiri dari rakyat jelata, biasanya petani, pedagang,dll.
    4.Sudra ialah budak atau pelayan merupakan kasta yang paling rendah.

    BalasHapus
  21. NAMA : ADHE ARIFIN
    KELAS : XI MIPA 2
    NO. : 1


    (1.)Sudra - petani, berjumlah sekitar 90 prosen dari populasi Bali.

    (2.)Wesias (Waisya) - kasta pedagang dan pegawai pemerintahan.

    (3.)Satria (Kshatriya) - kasta prajurit, juga mencakup bangsawan dan raja.

    (4.)Brahmana - pendeta.

    BalasHapus
  22. Nama: Dewi dianingsih
    Kls:xl MIPA
    No:11
    Seperti diketahui ,diindia terdapat 4 kasta yang resmi.
    1. Brahmana
    Adalah kasta para pendeta , pemeluk agama, dan guru .orang dari kasta brahmana diberi hak untuk memimpin upacara keagamaan , memberi pemberkatan dan mengelola kuli .
    2. Kasta kesatria
    Merupakan kasta yang bertugas menjalankan pemerintahan.golongan kasta ksatria seperti raja, bangsawan dan prajurit masuk dalam kelompok tersebut.
    3. Kasta waisya
    Merupakan kasta dari biayayaitu petani dan pedagang.
    Kasta sundra
    Adalah kasta dari golongan hamba sahaya dan para budak.

    BalasHapus
  23. Nama: Tri Nur Hayat Tuti
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 31

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu di mulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi ?

    1. Harijans, yaitu individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin.
    2. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    3. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    4. Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang
    5. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  24. Nama : Supra Wibowo
    No : 34
    Kelas : XI MIPA 2

    1.) Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    2.) Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani, dan pekerja kantor.
    3.) Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
    4.) Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  25. Nama:Desi Fitriayani
    No:10
    Kls:XI Mipa 1

    1.Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.

    2.Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.

    3.Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.

    4.Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  26. Nama : Candra Dwi Cahyono
    Kelas : XI IPS 1
    Absesn : 10

    1) Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dari kasta tertinggi ke terendah ?
    1) Brahman :mereka yang mengabdikan diri pada agama, adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita dan rohaniawan.
    2) ksatria : orang orang yang mengabdikan diri pada pemerintahan, misalnya sebagai tentara, pengawal kerajaan.
    3) Waisya : mereka yang berperofesi sebagai pedagang.
    4) sudra :kasta terenda,seperti pembantu dan buruh tani.

    BalasHapus
  27. Nama : Zaskia Raisa Rahmawati
    No : 31
    Kelas : XI IPS 4


    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!

    Jawab...

    Istilah kasta adalah susunan kelas-kelas sosial yang berada pada sistem stratifikasi sosial tertutup, yang bisa diartikan terjadi jika masyarakat tidak dapat beralih dari satu strata ke strata lain. Pada stratifikasi tersebuta biasanya terjadi dalam lingkungan masyarakat yang menetapkan sistem kasta maupun feodal. Dalam sistem ini masyarakat yang menduduki kasta-kasta tertentu tidak akan pernah bisa naik atau turun kekasta yang lain. Pada sistem kasta ini biasanya ada pada masyarakat yang beragama hindu, dan di Indonesia masyarakat yang menggunakan sistem ini adalah masyarakat yang ada di Bali. Mereka menerapkan sistem kasta. adapun susunan kasta dalam masyarakat yang diurutkan dari kasta terendah adalah sebagai berikut :

    1.Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.

    2.Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.

    3.Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.

    4.Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  28. Nama : Oktavia Dwi Astuti
    Kelas: Xl IPS 1
    No : 24


    Urutan Kasta Masyarakat Hindu dari Kasta Terendah hingga Kasta Tertinggi:


    1. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani

    2. Waisya,yaitu kastanya para pedagang,petani dan pekerja kantor

    3. Ksatria, yaitu kastanya para militer/tentara serta para pejuang

    4. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  29. Nama :Faroja Mutia Sari
    No:16
    Kelas:XI MIPA 1

    a.Sudra=>kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    b.waisya=>kastanya para pedagang,petani dan pekerja kantor.
    c.ksatria=> kastanya para militer/tentara serta para pejuang.
    d.Brahmana=> kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  30. Nama: Syakira luvita sari
    No:29
    Kelas: Xl MIPA 01

    Kasta adalah jenis tingkatan kelas sosial di masyarakat yang digunakan dalam kehidupan bermasyarakat budaya Hindu.kasta dalam masyarakat Hindu dari kasta yang terendah hingga kasta tertinggi di mulai dari:

    1. Harijans, yaitu individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin.
    2. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    3. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    4. Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang
    5. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  31. GALIH SETIA PURBANINGRUM28 Oktober 2021 09.42

    NAMA : GALIH SETIA PURBANINGRUM
    KELAS : XI MIPA 1
    NO : 18

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu di mulai dari kasta tertinggi ?
    JAWAB:
    1. Harijans, yaitu individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin.

    2. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

    3. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani, dan pekerja kantor.

    4. Ksatria, yaitu kastanya para militer/tentara serta para pejuang.

    5. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  32. Nama: Muhammad Abdul Rosyid
    Kelas: XI MIPA 2
    No : 25

    Urutan masta agama Hindu


    KASTA BRAHMANA
    Kasta Brahmana merupakan kasta yang terdiri dari para pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.

    KASTA KSATRIA
    Kasta Ksatria merupakan kasta kedua tertinggi yang golongannya terdiri dari raja, prajurit, dan bangsawan. Umumnya, anggota kasta Ksatria yang menyelenggarakan pemerintahan.

    KASTA WAIYSA
    Anggota Kasta Waisya merupakan para pedagang, pengrajin, dan buruh kelas menengah.

    KASTA SUDRA
    Kasta Sudra ini merupakan kasta terendah dalam agama Hindu. Anggotanya terdiri dari para petani, pembantu, kuli, dan buruh kecil.

    Kasta paria

    Namun, selain empat kasta di atas, masih ada Kasta Paria yang merupakan kasta paling rendah. Kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.

    BalasHapus
  33. Nama: Angger Luthfian Budi
    Kelas: XI MIPA 4
    Absen: 4

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!
    Jawab:
    -Kasta Paria.
    merupakan kasta paling rendah. Kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.

    -Kasta Sudra.
    merupakan kasta terendah dalam agama Hindu. Anggotanya terdiri dari para petani, pembantu, kuli, dan buruh kecil.

    -Kasta Waisya.
    Anggota Kasta Waisya merupakan para pedagang, pengrajin, dan buruh kelas menengah.

    -Kasta Ksatria.
    merupakan kasta kedua tertinggi yang golongannya terdiri dari raja, prajurit, dan bangsawan. Umumnya, anggota kasta Ksatria yang menyelenggarakan pemerintahan.

    -Kasta Brahmana.
    merupakan kasta yang terdiri dari para pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.

    BalasHapus
  34. ENNOU HAPPY FINIARIE28 Oktober 2021 12.46

    Nama : Ennou Happy Finiarie
    No. : 14
    Kelas: X MIPA 2

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!

    1. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    2. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    3. Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
    4. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  35. NAMA : ZAKY AMMAR AN NAUFAL
    NO : 35
    KELAS: XI MIPA 1

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat
    Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi !

    Dalam agama buddha tidak mengenal kasta. namun agama hindu mengenalnya. kasta - kasta agama hindu:
    1. Brahmana. kasta tertinggi. fungsinya sebagai pemimpin upacara keagamaan
    2. Ksatria. terdiri dari golongan raja dan keluarganya, bangsawan, prajurit negara yg berfungsi dalam pemerintahan kenegaraan
    3. Waisya. terdiri dari rakyat jelata, biasanya petani, pedagang dll
    4. Sudra. ialah budak atau pelayan. merupakan kasta yang paling rendah.

    BalasHapus
  36. Nama:Dinda Fathira Anindita
    No:12
    Kelas:XI MIPA 2

    jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi?

    1.sudra ialah budak atau pelayan
    2.waisya,terdiri dari rakyat jelata,biasanya petani,pedagang dll
    3.ksatria,terdiri dari golongan raja dan keluarganya,bangsawan,prajurit negara
    4.Brahmana,kasta tertinggi,fungsinya sbg pemimpin upacara keagamaan.

    BalasHapus
  37. jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi?

    1.sundra, ialah budak atau pelayan
    2.waisya, terdiri dari rakyat jelata, biasanya petani, pedagang, dll
    3.ksatria, terdiri dari golongan raja dan keluarganya, bangsawan, prajurit negara
    4.brahmana, kasta tertinggi, fungsinya sebagai pemimpin upacara keagamaan

    BalasHapus
  38. Intan addawiyah29 Oktober 2021 06.55

    Nama: intan addawiyah
    No: 20
    Kelas: xi mipa 2

    1)Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh: petani, buruh dan rakyat biasa.

    2)Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.

    3)Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan.
    contoh:tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.

    4)Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama. Contoh: pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  39. nama : niken octavia
    kelas : XI MIPA 2
    no : 28

    jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinngi

    1. sudra ialqh budak atau pelayan
    2. wisya. terdiri dari rakyat jelata , biasanya petani pedagang dll
    3. ksatria,terdiri dari golongan raja dan keluarganya,, bangsawan,prajurit negara
    4.brahman, kasta tertinggi,fungsinya sbg pemimpin upacara keagamaan

    BalasHapus
  40. Nama:Eva Miftakhul Jannah
    Kelas:Xl Ips 1
    No:13

    1.Sudra,yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    2.Waisya,yaitu kastanya para pedagang,petani dan pekerja kantor.
    3.Ksatria,yaitu kastanya para militer/tentara serta para pejuang.
    4.Brahmana,yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  41. Nama:Miftha Rosyida Ilmawati
    No:24
    Kelas:XI Mipa 3

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!

    Jawab:
    1)sudra:kasta ini dimiliki oleh orang orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu.
    Contoh:profesinya antara lain petani,buruh,dan rakyat biasa.
    2)waisya:kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.
    3)ksatria:kasta ini merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan.
    Misalnya:mereka yang berprofesi sebagai tentara,pengawal kerajaan,dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.
    4)brahmana:kasta ini merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama hindu.keturunan ini adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta,sulinggih,pandita,dan rohaniawan.

    BalasHapus


  42. 1.Sudra=>kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

    2.waisya=>kastanya para pedagang,petani dan pekerja kantor.

    3.ksatria=> kastanya para militer/tentara serta para pejuang.

    4.Brahmana=> kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  43. Nama: DIANA FEBRIAN INTIAS
    Kelas: XI MIPA 4
    Absen: 11
    kasta tertinggi hingga terendah

    Kasta Brahmana

    Kasta Brahmana merupakan kasta yang terdiri dari para pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.

    Kasta Ksatria

    Kasta Ksatria merupakan kasta kedua tertinggi yang golongannya terdiri dari raja, prajurit, dan bangsawan. Umumnya, anggota kasta Ksatria yang menyelenggarakan pemerintahan.

    Kasta Waisya

    Anggota Kasta Waisya merupakan para pedagang, pengrajin, dan buruh kelas menengah.

    Kasta Sudra

    Kasta Sudra ini merupakan kasta terendah dalam agama Hindu. Anggotanya terdiri dari para petani, pembantu, kuli, dan buruh kecil.



    Kasta Paria

    Namun, selain empat kasta di atas, masih ada Kasta Paria yang merupakan kasta paling rendah. Kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.

    BalasHapus
  44. Nama : Rasya Ali Canacun
    Kelas : XI IPS 3
    No : 23
    1. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.
    2. Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
    3. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    4. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

    BalasHapus
  45. Nama : Rasya Ali Canacun
    Kelas : XI IPS 3
    No : 23

    1. Sudra, yaitu kastanya pembantu rumah tangga dan para buruh tani.
    2. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    3. Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
    4. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  46. Nama : Tinton Jaya Kurniawan
    No : 35
    Kelas : X1 MIPA 2

    1.Harjians yaitu individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin
    2.sudda yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    3. waisya yaitu kastanya pedagang,petani,dan para pekerja kantor
    4. Ksatria yaitu kastanya para militer/tentara serta para pejuang 5. Brahmana yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  47. Ummi Nur Khasanah29 Oktober 2021 09.20

    Nama : Ummi Nur Khasanah
    Kelas : XI MIPA 1
    No Absen : 32

    1. Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi?

    [HARIJANS]
    Mereka yang termasuk kelompok ini adalah individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin

    .[SUDRA]
    yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

    [WAISYA]
    Yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.

    •[KSATRIA]
    yaitu kastanya para militer/tentara dan juga para pejuang.

    [BRAHMANA]
    yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  48. NAMA : SIFA ARYUNIA PUTRI
    NO : 33
    KELAS : XI MIPA 2

    1. Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi?

    •HARIJANS
    Mereka yang termasuk kelompok ini adalah individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin
    •SUDRA
    yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    •WAISYA
    Yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    •KSATRIA
    yaitu kastanya para militer/tentara dan juga para pejuang.
    •BRAHMANA
    yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  49. Nama : EILITA YUYUN TRI CAHYANI
    No. :13
    Kelas. : X MIPA 2

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!

    1. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    2. Waisya, yaitu kastanya para pekerja pedagang, petani dan kantor.
    3. Ksatria, yaitu militer/ tentara serta para pejuang.
    4. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama. kastanya para

    BalasHapus
  50. NAMA : RIRIN RANA BILA
    KELAS : XI MIPA 3
    NO : 30

    •JELASKAN URUTAN KASTA DALAM MASYARAKAT HINDU DIMULAI DARI KASTA TERENDAH HINGGA KASTA TERTINGGI!
    JAWAB :

    Terdiri atas 4 kategori yaitu:
    a. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    b. Waisya, yaitu kastanya para pedagang dan pekerja kantor
    c. Ksatria, yaitu kastanya para militer/tentara serta para pejuang
    d. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  51. Nama : Clarisa Titania Pangestika
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :8

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!

    Jawaban:
    ▪︎Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin negara.
    ▪︎Ksatria, yaitu kastanya para militer atau tentara serta para pejuang.
    ▪︎Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani, dan pekerja kantor.
    ▪︎Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

    BalasHapus
  52. NAMA: KHOFIFAH INDRIYANI
    NO: 21
    KELAS: XI MIPA 4

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!

    Jawaban:
    •Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin negara.
    •Ksatria, yaitu kastanya para militer atau tentara serta para pejuang.
    •Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani, dan pekerja kantor.•▪︎Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    •Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

    BalasHapus
  53. Nama: Imelda Rahmawati
    Kelas: X1 MIPA 2
    No:19

    1. Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi?

    •[HARIJANS]
    Mereka yang termasuk kelompok ini adalah individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin

    •[SUDRA]
    yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

    •[WAISYA]
    Yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.

    •[KSATRIA ]
    yaitu kastanya para militer/tentara dan juga para pejuang.

    •[BRAHMANA]
    yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  54. Nama:Alvi nur hidayah
    No:3
    Kelas:XI MIPA 4

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi?

    1.Brahmana
    kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan sastra sosial yang tertinggi dalam agama Hindu keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama Adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta,sulinggih,Pandita dan rohaniawan.
    2.ksatria
    kasta ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan,dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.
    3. Waisya
    kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.
    4. Sudra
    kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat Hindu contoh profesi ini antara lain petani,buruh ,dan rakyat biasa.

    BalasHapus
  55. Nama : Bima Adi Dharma
    No : 7
    Kelas: XIMIPA1

    Jawab :
    1. Hairjian yaitu individu yang berada di luar kasta atau kaum miskin.
    2. Sudda yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani/petani
    3.waisya yaitu kastanya para pedagang,petani dan pekerja kantor.
    4.ksatria yaitu kastanya para militer/tentara serta para pejuang.
    5.brahmana yaitu kastanya para pendeta pemimpin agama.

    BalasHapus
  56. Nama : Mia Oktaviana
    Kelas: XI IPS
    NO. : 18


    susunan kasta dalam masyarakat yang diurutkan dari kasta terendah adalah sebagai berikut :

    1.Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.
    2.Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.
    3.Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.
    4. Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  57. Nama : Sinta Intan Kusuma
    No. Absen : 31
    Kelas : XI IPA 3

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu, dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!

    Kasta di India terdiri atas empat kategori, yaitu :
    1) Brahmana :
    Kastanya para pendeta dan pemimpin agama.
    2) Ksatria :
    Kastanya para militer/tentara serta para pejuang.
    3) Waisya :
    Kastanua para pedagang, peran dan pekerja kantor.
    4) Sudra :
    Kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

    BalasHapus
  58. Nama : Nachwa Dewi Sekar Arij
    Kelas : XI IPS 1

    susunan kasta dalam masyarakat yang diurutkan dari kasta terendah adalah sebagai berikut :

    1. Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.
    2. Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.
    3. Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.
    4. Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  59. Wahyu Handayani2 November 2021 04.27

    Nama:Wahyu Handayani
    Kelas:XI IPS 3
    No:29

    susunan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari yang terendah hingga tertinggi:
    1. Sudra, Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.
    2. Waisya, Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.
    3. Kesatria, Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.
    4. Brahmana, Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  60. NAMA:RIZKY FINANDA.P
    NO. :26
    KLS :XI IPS4


    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!


    (A).Kasta Brahmana
    merupakan kasta yang terdiri dari para pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.
    (B).Kasta Ksatria
    merupakan kasta kedua tertinggi yang golongannya terdiri dari raja, prajurit, dan bangsawan. Umumnya, anggota kasta Ksatria yang menyelenggarakan pemerintahan.
    (C).Kasta Waisya
    merupakan para pedagang, pengrajin, dan buruh kelas menengah.
    (D).Kasta Sudra
    merupakan kasta terendah dalam agama Hindu. Anggotanya terdiri dari para petani, pembantu, kuli, dan buruh kecil.
    (E).Kasta Paria
    merupakan kasta paling rendah. Kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.

    BalasHapus
  61. Nama:Auliya Qaida Hadiningsih
    No.Absen:07
    Kelas:XI MIPA 2

    1) Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dari kasta tertinggi ke terendah ?
    1) Brahman :mereka yang mengabdikan diri pada agama, adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita dan rohaniawan.
    2) ksatria : orang orang yang mengabdikan diri pada pemerintahan, misalnya sebagai tentara, pengawal kerajaan.
    3) Waisya : mereka yang berperofesi sebagai pedagang.
    4) sudra :kasta terenda,seperti pembantu dan buruh tani.

    BalasHapus
  62. Shela Putri Nabila2 November 2021 14.44

    Nama : Shela Putri Nabila
    Kelas :XI MIPA 1
    No : 27


    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi


    1.Kasta Paria
    yang merupakan kasta paling rendah. Kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.

    2.Sudra.
    Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.

    3.Waisya.
    Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.

    4.Ksatria.
    Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.

    5.Brahmana.
    Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  63. Nama : Nadia Laili Cahyaningtyas
    Kelas : XI MIPA 3
    No. : 25

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga tertinggi!

    Jawab:
    1. Kasta paria.
    Merupakan kasta paling rendah, kasta ini terdiri dari orang yang dianggap rendahan.

    2. Kasta sudra.
    Merupakan kasta terendah dalam agama hindu. Aanggotanya terdiri dari para petani, pembantu, kuli, dan buruh kecil.

    3. Kasta waisya.
    Anggota kasta waisya merupakan pedagang, pengrajin, dan buruh kelas menengah.

    4. Kasta ksatria.
    Merupakan kasta kedua tertinggi yang golongannya terdiri dari raja, prajurit, dan bangsawan. Umumnya, anggota kasta ksatria yang menyelenggarakan pemerintahan.

    5. Kasta brahmana.
    Meruakn kasta yang terdiri dari para pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.

    BalasHapus
  64. Nama : Diazvika Ayu Yudhistiana
    No : 12
    Kelas : XI MIPA 1

    a. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    b. Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja cantor.
    c. Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
    d. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  65. Nama :Ardiyana nur mukaromah
    Kelas :XI mipa 2
    No:06

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah sampai kasta tertinggi !

    Jawaban :

    Salah satu masyarakat
    yang masih menganut sistem kasta
    adalah India. Dalam bentuk aslinya,
    kasta di India terdiri atas empat
    kategori yaitu seperti berikut :
    1. Brahmana, yaitu kastanya para
    pendeta dan pemimpin agama.
    2. Ksatria, yaitu kastanya para
    militer/ tentara serta para pejuang.
    3. Waisya, yaitu kastanya para
    pedagang, petani dan pekerja
    kantor.
    4. Sudra, yaitu kastanya para
    pembantu rumah tangga dan
    buruh tani

    BalasHapus
  66. Nama:Alvyana Ajira Putri
    Kelas:XI MIPA 1
    Absen :03
    1. Sudra:Kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    2. Waisya: Kastanya para pedagang dan pekerja kantoran
    3. Ksatria: Kastanya para militer/tentara serta pejuang
    4. Brahmana: Kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  67. Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.
    Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.
    Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.
    Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  68. Nama : Gema Kumala
    Kelas : XI MIPA 2
    No. : 18

    1). Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    2). Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani, dan pekerja kantor
    3). Ksatria, yaitu kastanya para militer / tentara serta para pejuang
    4). Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  69. Nama:Afifah Rahmawati
    Kelas:XI MIPA 4
    No. :1

    1.Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.

    2.Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.

    3.Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.

    4.Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  70. Nama : Desi Lutfiana W
    No. : 10
    Kelas. : XI MIPA 2


    -Sudra,yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    -Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor
    -Ksatria,yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang
    -Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  71. Nama : Arfie Prasticia Agitha
    kelas : XI MIPA 3
    No : 6
    1. Sudra, yaitu kastanya
    para pembantu rumah tangga
    dan buruh tani kantor.
    2. Waisya, yaitu kastanya para
    pedagang,petani, dan pekerja
    3. Ksatria, yaitu kastanya para militer atau tentara serta pejuang.
    4. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  72. Nama : Nokhaita
    Kelas : XI MIPA 3
    No : 26

    1. Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    2. Wisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    3. Ksatria, yaitu kastanya para militer/tentara serta para pejuang.
    4. Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  73. Nama : Lisa Eka Rahmawati
    No : 23
    Kelas : XI MIPA 3

    1. Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi?

    ~ Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.
    ~ Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
    ~ Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    ~ Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    ~ harijans ,yaitu individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin.

    BalasHapus
  74. Nama : Fauziah Martshafa Ayu
    No./Kelas : 16/XI IPA 2
    Kasta masyarakat Hindu:
    1.Sudra, yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    2.Waisya, yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.
    3.Ksatria, yaitu kastanya para militer/ tentara serta para pejuang.
    4.Brahmana, yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  75. Nama:Dyah Nawang Wulan
    Kelas:XI Mipa 4
    No:12

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi?

    1.Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.
    Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.
    2.Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.
    3.Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  76. Nama: Rizky Muhammad
    No :33
    Kelas: XI MIPA 4





    Brahmana. kasta tertinggi. ...
    Ksatria. terdiri dari golongan raja dan keluarganya, bangsawan, prajurit negara yg berfungsi dalam pemerintahan kenegaraan.
    Waisya. terdiri dari rakyat jelata, biasanya petani, pedagang dll.
    Sudra. ialah budak atau pelayan

    BalasHapus
  77. Nama : Annisah Fitriyana
    Kelas : XI mipa 2
    absen : 5


    jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinngi

    1. sudra ialah budak atau pelayan

    2. wisya. terdiri dari rakyat jelata, biasanya

    petani pedagang dll 3. ksatria,terdiri dari golongan raja dan keluarganya,, bangsawan,prajurit negara 4.brahman, kasta tertinggi,fungsinya sbg pemimpin upacara keagamaan

    BalasHapus
  78. Nama : Nian Puspita Permatasari
    No : 24
    Kelas : XI MIPA 1

    1. Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!

    Jawab: - Sudra. Ialah Budak atau pelayan. Merupakan kasta yang paling rendah
    - Waisya, Terdiri dari rakyat jelata, biasanya petani pedagang dll
    - Ksatria, terdiri dari golongan raja dan keluarganya, bangsawan, prajurit negara yang berfungsi dalam pemerintahan kenegaraan
    - Brahmana, Kasta tertinggi fungsinya sebagai pemimpin upacara keagamaan

    BalasHapus
  79. Nama:Natassya Laili Fatikha Agustina
    Kelas:XI MIPA 2
    No:27

    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi
    -sudra adalah budak atau pelayan
    -waisya adalah terdiri dari rakyat jelata biasanya petani pedagang dll
    -ksatria terdiri dari golongan raha dan keluarganya,bangsawan,prajurit negara yang berfungsi dalam pemerintahan negaraan
    -brahmana kasta tertinggi fungsinya sebagai pemimpin upacara keaagamaan

    BalasHapus
  80. Nama: FIQIH MA'ARIF RUWANDA
    No: 17
    Kelas: XI MIPA 2

    JAWAB:

    1.Harjians yaitu individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin rumah tangga dan buruh tani

    2.sudda yaitu kastanya para pembantu

    3. waisya yaitu
    kastanya para
    pedagang,petani,dan pekerja kantor

    4. Ksatria yaitu kastanya para militer/tentara serta para pejuang

    5. Brahmana yaitu kastanya para pendeta
    dan pemimpin agama

    BalasHapus
  81. 1. kasta brahmana merupakan kasta tertinggi bertugas menjalankan upacara keagamaan. yang termasuk kasta ini adalah para brahmana
    2. kasta ksatria yang bertuas menjalankan pemerintahan. yang termasuk kasta ini adalah para raja,bangsawan, dan prajurit
    3. kasta waisya merupakan kasta dari golongan rakyat jelata, seperti para petani dan pedagang
    4. kasta sudra merupakan kasta yang paling rendah seperti para budak

    BalasHapus
  82. Nama : letifa purwaningtyas
    Kelas : XI Ipa2
    No : 23

    •kasta brahmana merupakan kasta tertinggi bertugas menjalankan upacara keagamaan. yang termasuk kasta ini adalah para brahmana
    • kasta ksatria yang bertuas menjalankan pemerintahan. yang termasuk kasta ini adalah para raja,bangsawan, dan prajurit
    • kasta waisya merupakan kasta dari golongan rakyat jelata, seperti para petani dan pedagang
    •kasta sudra merupakan kasta yang paling rendah seperti para budak

    BalasHapus
  83. Nama : Nana Resky Aprilliana
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 24








    Pertanyaan
    Urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah:


    Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.

    Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.

    Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.

    Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  84. Edi Nugroho(13) XI MIPA 1

    Urutan kasta dalam masyarakat Hindu :

    Sudra.
    Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.

    Waisya.
    Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.

    Ksatria.
    Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.

    Brahmana.
    Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  85. NAMA: Aldo Febriyan
    Kls : XI MIPA 2
    No :03


    Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi!
    (A).Kasta Brahmana
    merupakan kasta yang terdiri dari para pendeta, pemuka agama, dan guru. Anggota kasta inilah yang memimpin upacara keagamaan dan mengelola kuil.
    (B).Kasta Ksatria
    merupakan kasta kedua tertinggi yang golongannya terdiri dari raja, prajurit, dan bangsawan. Umumnya, anggota kasta Ksatria yang menyelenggarakan pemerintahan.
    (C).Kasta Waisya
    merupakan para pedagang, pengrajin, dan buruh kelas menengah.

    BalasHapus
  86. Nama: putri kurnianingsih
    No: 23
    Kelas: XI IPS 2

    Kasta masyarakat Hindu dari yang terendah hingga tertinggi yaitu:
    1. Harijans: individu diluar kasta atau kaum orang miskin
    2. Audra: kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani
    3. Waisya: kastanya para pedagang,petani,dan pekerja kantor
    4. Ksatria: kastanya para militer atau tentara serta pejuang
    5. Brahmana: kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus
  87. Kofifah Amanda Putri7 November 2021 13.45

    Nama : Kofifah Amanda Putri
    Kelas : XI MIPA 2
    No Absen : 22

    1. Jelaskan urutan kasta dalam masyarakat hindu dimulai dari kasta terendah hingga kasta tertinggi?

    [HARIJANS]
    Mereka yang termasuk kelompok ini adalah individu yang berada di luar kasta atau kaum orang miskin

    .[SUDRA]
    yaitu kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.

    [WAISYA]
    Yaitu kastanya para pedagang, petani dan pekerja kantor.

    •[KSATRIA]
    yaitu kastanya para militer/tentara dan juga para pejuang.

    [BRAHMANA]
    yaitu kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  88. Nama: Rizka R.
    Kelas: XI MIPA 4
    No: 32

    Harijans, Sudra, waisya, ksatria, Brahmana

    BalasHapus
  89. KIARA MAWAR SARON11 November 2021 10.03

    nama: Kiara mawar saron
    kelas: XI IPS 1
    ABSEN:17
    susunan kasta dalam masyarakat yang diurutkan dari kasta terendah adalah sebagai berikut : 

    Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

    BalasHapus
  90. Nama : Naufal Abiyyin
    No : 21
    Kelas : XI IPS 1

    1. Sudra : Kastanya para pembantu rumah tangga dan buruh tani.
    2. Waisya : Kastanya para pedagang,petani dan pekerja kantor.
    3. ksatria : Kastanya para militer / tentara serta pejuang.
    4. Brahmana : Kastanya para pendeta dan pemimpin agama.

    BalasHapus
  91. Nama : Renata Febrianti
    No : 24
    Kelas : XI IPS 3


    1. harijans
    2. sudra
    3. Waisya
    4. Ksatria
    5. Brahmana

    BalasHapus
  92. Nama : Renata Febrianti
    No : 24
    Kelas : XI IPS 3


    1. Harijans : kelompok di luar kasta
    2. Sudra : kasta para pembantu rumah tangga, kuli
    3. Waisya : kastanya pedagang,petani.
    4. Ksatria : kasta nya para militer atau tentara
    5. Brahmana : kastanya para pendeta dan pemimpin agama

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.