Masalah Sosial - Definisi dan Faktor Penyebabnya

Ananda sekalian, kalian sering mendengar kata “masalah”. Ananda pasti juga pernah mengalami masalah. Ketika kalian mendapatkan masalah, sesegera mungkin kalian akan mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut karena pada hakekatnya masalah adalah sesuatu yang tidak kita inginkan dan harus di selesaikan.  Masalah sosial ialah sesuatu hal yang timbul di masyarakat dan harus dicari solusi permasalahannya. Permasalahan yang timbul di masyarakat begitu kompleks dan muncul di berbagai sektor kehidupan bermasyarakat. Apa sih permasalahan sosial dan eksklusi sosial itu? Kita lihat definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli di bawah ini.

DEFINISI MASALAH SOSIAL

Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Vincent Parillo Parillo dalam Soetomo (2013), menyatakan bahwa pengertian masalah sosial mengandung empat komponen sebagai berikut:  
1. Kondisi tersebut merupakan masalah yang bertahan untuk suatu periode waktu tertentu. Suatu kondisi yang dianggap sebagai masalah sosial, namun hanya terjadi dalam waktu singkat dan menghilangkan bukan termasuk masalah sosial.
2. Apabila dirasakan dapat menyebabkan kerugian fisik atau nonfisik, baik pada individu maupun masyarakat.  
3. Merupakan suatu pelanggaran terhadap nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat.
4. Dapat menimbulkan kebutuhan akan pemecahan.

Menurut Soetomo masalah sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat. Menurut Lesli, masalah sosial sebagai suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan karena perlunya untuk diatasi atau diperbaiki. Jadi ananda bisa menyimpulkan pengertian dari masalah sosial yaitu suatu kondisi yang tidak diinginkan yang tidak sesuai dengan unsur-unsur budaya serta membahayakan kehidupan kelompok sosial sehingga perlu diatasi.  

Nah kemudian apa sih pengertian dari eksklusi sosial? Eksklusi sosial juga disebut marginalisasi sosial yaitu tindakan penyingkiran atau pengucilan ke pinggiran masyarakat. Eksklusi sosial mengacu pada cara-cara di mana individu dapat terputus dari keterlibatan penuh dalam masyarakat yang lebih luas. Misalnya, orang-orang yang tinggal di perumahan yang bobrok, dengan sekolah-sekolah miskin dan sedikit kesempatan bekerja di daerah itu, dapat secara efektif mengalami penolakan dari kesempatan untuk memperbaiki diri yang dimiliki kebanyakan orang di masyarakat.

FAKTOR PENYEBAB MASALAH SOSIAL

Nah Ananda, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya masalah sosial di masyarakat antara lain : 

Faktor Ekonomi
Faktor ekonomi merupakan faktor terbesar penyebab masalah sosial, ketidak mampuan individu atau kelompok untuk mencukupi kebutuhan hidupnya secara layak khususnya secara materi.  Masalah ekonomi adalah masalah serius yang dihadapi oleh masyarakat. Dalam hal ini kehadiran pemerintah untuk mengatasi masalah ekonomi sangat diharapkan. Sebenarnya masalah ekonomi tidak hanya dipandang suatu kondisi kekurangan dalam mencukupi kebutuhan secara ekonomi tetapi juga dalam pengaturan, distribusi dan produksi mempengaruhi kondisi ekonomi bangsa yang pada akhirnya akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata. Contoh faktor ekonomi menjadi masalah sosial yaitu kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial, pengangguran, dan lain-lain.

Faktor Budaya
Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor budaya dipicu karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial pada pola masyarakat yang heterogen atau multikultural. Contoh kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, dan Perceraian, eksploitasi lingkungan dan lain-lain. Kebudayaan yang semakin berkembang akan mempunyai peran terhadap timbulnya masalah sosial. Kebiasaan  suka menerabas, tidak berperilaku disiplin dan tidak taat aturan menjadikan tumbuhnya kebiasaan yang mendarah daging dan pada akhirnya akan menjadi budaya yang tidak kita harapkan. Lunturnya rasa menghargai, menghormati orang lain , kepekaan lingkungan menjadikan masyarakat cenderung apatis atau tidak peduli dengan keadaan lingkungan sekitar. Dalam mengurus sesuatu misalnya, akan lebih suka potong kompas dan mengabaikan proses/prosedur yang seharusnya. Maka merebaklah praktik-praktik percaloan, suap, dan rendahnya budaya antre. Kemudian kebiasaan membuang sampah misalnya, kita sering melihat di jalan, di angkutan umum atau kendaraan pribadi, pengendara membuang sampah sembarangan dengan melempar sampah dari kendaraan mereka. Sekecil apapun sampah ketika terakumulasi dengan jangka waktu yang panjang maka akan menimbulkan maslah besar. Selokan akan tersumbat, pendangkalan sungai, polusi tanah,  dsb. Hal itu menyebabkan efek yang akan menyebabkan bencana seperti banjir, polusi, dan juga kerusakan ekosistem alam.

Faktor Biologis
Penyebab masalah sosial yang selanjutnya adalah faktor biologis. Masalah ini dapat timbul akibat adanya ketidaksesuain keadaan lingkungan yang berpotensi menimbulkan ketidakstabilan kondisi biologis masyarakat, seperti adanya wabah penyakit menular, virus penyakit baru (HIV-AIDS, COVID-19), dan makanan beracun. Penyakit menular dapat menimbulkan masalah sosial jika penyakit tersebut sudah menyebar disuatu wilayah. Kurang gizi juga merupakan masalah sosial yang disebabkan oleh faktor ini.

Faktor Psikologis
Faktor ini berhubungan dengan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial yang ada. Seperti aliran sesat dan pemahaman lainnya yang menyimpang dari ajaran agama yang jika diamati secara detail sangat tidak masuk akal. Misalnya aliran Ahmadyiah, aliran yang menyimpang dari ajaran agama, munculnya raja-raja palsu, dll. Masalah sosial yang satu ini tidak mudah menanganinya karena menyangkut soal keyakinan, sehingga butuh penanganan secara berkesinambungan dengan pendekatanpendekatan yang bijak. Contoh lain yang termasuk masalah faktor psikologis yaitu gerakan separatis anti pemerintah, penyimpangan seksual adanya LGBT.
 

RANGKUMAN 

Definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli :  
Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Menurut Soetomo masalah sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat.

Eksklusi sosial juga disebut marginalisasi sosial yaitu tindakan penyingkiran atau pengucilan ke pinggiran masyarakat.

Faktor yang menyebabkan terjadinya masalah sosial di masyarakat antara lain: 
1. Faktor ekonomi. Misalnya kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial, pengangguran, dll 
2. Faktor budaya. Misalnya kenakalan remaja, perceraian, masalah sampah, dll. 
3. Faktor biologis. Misalnya wabah penyakit menular, virus penyakit baru (HIV-AIDS, COVID-19), dan makanan beracun, gizi buruk, dll. 
4. Faktor psikologis. Misalnya aliran sesat, gerakan sparatis anti pemerintah, penyimpangan seksual adanya LGBT, dll.

Referensi: Tri Ady Indrawan. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Masalah Sosial - Definisi dan Faktor Penyebabnya Masalah Sosial - Definisi dan Faktor Penyebabnya Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Agustus 18, 2021 Rating: 5

103 komentar:

  1. Nama : Septian Damar Pamudya
    No : 28
    Kelas : XI IPS 1
    menurutku kita harus menjaga kesehatan dalam menghadapi pandemi ini dan tetap berada di rumah kita juga harus hindari keramaian agar rantai penyebaran virus corona dapat putus
    kita juga harus sering mencuci tangan,makan buah buahan,dan tetap berpikir positif

    BalasHapus
  2. Pandemi adalah penyakit yang menyebar di seluruh dunia, pandemi covid-19 atau corona adalah penyakit menular yang di sebab kan oleh hewan seperti kelelawar. Pandemi ini menyebabkan melemahnya sektor ekonomi maupun sosial, banyak karyawan terkena PHK sehingga menimbulkan banyak pengangguran dan itu menyebabkan seseorang berbuat kejahatan.

    Pandemi ini dapat kita sikapi dengan menerapkan protokol kesehatan. Di masa sekarang ini kita perlu pandai pandai menjaga diri kita sendiri, dengan cara membatasi untuk keluar rumah, selalu mencuci tangan sebelum makan dan menyentuh perumukaan muka, selalu memakai masker, jaga jarak dan minum vitamin untuk menambah daya tahan tubuh kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Maeva Putri Ana
      No : 19
      Kelas : XI IPS 4

      Hapus
    2. Nama : Roficho Tullailiyah
      Kelas : XI IPS 1
      No absen : 27

      Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

      Cara menghadapi pandemi covid-19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.
      -mencuci tangan
      -menjaga jarak
      -memakai masker
      Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

      Hapus
    3. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmansyah
      Kelasn: XI IPS 1
      No Absen : 3

      pendapat saya adalah :

      adanya corona virus menyebar di penjuru dunia membuat resah semua oarang dan tidak bisa bertemu keluarga perekonomian pun mulai menurun,uang mulai menipis

      Sikap saya menghadapinya :

      Saya tetap taat peraturan pemerintah,menjaga protokol kesehatan,dirumah saja tidak keluar keluar kalau tidak penting,dan selalu cuci tangan,pakai masker jika bepergian

      Hapus
  3. Nama : Asy syfa zahra suasana
    No : 8
    Kelas : XI Ips1


    Dengan adanya pandemi covid-19 ini, ada sisi positif dan sisi negatifnya. Sisi positifnya komunikasi dengan keluarga semakin terjalin erat. Sedangkan sisi negatifnya, komunikasi antar sesama makhluk sosial lainnya semakin renggang, pelajar tidak dapat memahami materi dengan baik karena sekolah dilakukan dari rumah/darring, tidak mengenal siapa teman sekelasnya, dan siaap gurunya. Dengan adanya pandemi seperti sekarang ini, menyebabkan miskin mendadak, siswa jadi tidak ada pemasukan yang biasanya pemasukan dari uang saku sekolah sekarang tidak diberi uang saku karena sekolahnya di rumah.

    BalasHapus
  4. Pandemi covid 19 memang menyulitkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Bahkan sekolah" Banyak di liburkan/pelajaran jarak jauh, bagi siswa-siswi pandemi sangat menyusahkan mereka untuk mengikuti pelajaran, dikarenakan butuh akses internet dan sinyal yang memadai, karena di mana pandemi covid 19 merebak di mana-mana bahkan dunia aktivitas terhenti berlangsung lama, sudah banyak menelan korban, dari pejabat" , kaum anak muda, semoga di tahun ini pandemi covid 19 segera usai dan dapat melakukan aktivitas seperti semula





    Perlu diketahui pandemi covid 19 dapat kita atasi dengn cara 5M, yaitu : 1. Memakai masker
    2. Menjaga jarak
    3.menjauhi kerumunan
    4.mencuci tangan dengan sabun
    5.menyemprotkan hand sanitizer

    Stay at home
    Stay health




    Nama : Bromo Gandi Waskitho
    Kls : XI IPS 3
    No : 8

    BalasHapus
  5. Nama : Roficho Tullailiyah
    Kelas : XI IPS 1
    No absen : 27

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid-19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.
    -mencuci tangan
    -menjaga jarak
    -memakai masker
    Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  6. Menurut saya, sikap cerdas menghadapi Covid-19 adalah dengan membangun kesadaran personal. Bila setiap orang dengan kesadaran sendiri mentaati prokes, merawat stamina, dan bersedia menerima divaksin, maka tidak ada yang perlu ditakuti dari Covid-19. Perlakukan virus sebagai sesama makluk, namun dengan sikap cerdas menjalankan prokes kita tidak perlu lagi khawatir terinfeksi. Jalani prokes bukan karena takut ada pengawasan dan sanksi pemerintah, melainkan karena kita cerdas, yaitu memiliki pengetahuan tentang sifat dan karakter virus corona.

    Nama:Zahra Kusuma Rajendra
    No:31
    Kelas:XI IPS 3

    BalasHapus
  7. Nama: Putri Kurnianingsih
    No:23
    Kelas: XI IPS 2

    Adanya virus covid-19 menyebabkan banyak dampak yang dialami masyarakat,misalnya seorang kehilangan pekerjaan karna adanya penerapan lockdown.karna semua aktivitas sangat dibatasi. Dampak bagi siswa yaitu dengan adanya sistem Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ). Banyak siswa yang mengeluh dengan adanya sistem PJJ,karna kurangnya penjelasan yang seharusnya dijelaskan oleh guru,banyak juga yang mengeluh masalah data internet yang digunakan untuk PJJ.tetapi dengan demikian kita dapat belajar dengan lebih mandiri.

    Untuk mengatasi virus covid-19,kita dapat melakukan dengan cara:
    -Menjaga jarak,agar tidak terjadi kerumunan dan memperlambat penyebaran covid-19.
    -Memakai masker jika keluar rumah,agar virus tidak menyerang kita
    -Mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktivitas.

    BalasHapus
  8. Nama : Fatma Dwi Nuraini
    Kelas : XI IPS 3

    Pendapat saya tentang pandemi covid 19, sangat menyusahkan berbagai pihak dari yang penjual di pasar sampai pemerintah, hutang negara semakin banyak dan di larangnya masuk sekolah membuat anak sekolah tidak bisa bersosialisasi dengan teman hanya bisa melalui daring, sektor ekonomi yang biasanya bisa stabil dengan adanya lockdown daerah dan ppkm membuat terhambat, tekanan biologis dari dalam diri karena di rumah saja banyak membuat orang bosan, kesepian, stres dan putus asa akan ketidak pastian pandemi corona selesai, namun ada sisi positif banyak orang jadi sadar teknologi yang dulunya kelas online sangat jarang di dengar kini sudah menjadi hal bisa kita jadi terupdet tekonologi, serta banyak orang memiliki peluang bisnis karena di rumah saja, memiliki hobi baru akibat pendemi kita harus vaksin covid 19 membuat imum kita semakin kuat.

    Sikap saya dalam menghadapi corona, saya sering membagi waktu untuk keluarga, bermain game, mengerjakan tugas, menonton hiburan agar betah di rumah saja, jarang keluar rumah bila tidak ada keperluan, memakai masker bila keluar rumah dan rajin mencuci tangan serta menggunakan handsanitaizer, dan pasrah kepada tuhan serta selalu berusaha

    BalasHapus
  9. KIARA MAWAR SARON24 Agustus 2021 19.01

    pandemi covid 19 di indonesia merupakan bagian dari penyakit koronavirus 2019 (covid 19) yang sedang berlangsung di seluruh dunia.
    penyakit ini disebabkan oleh koronavirus sindrom pernapasan akut berat 2 (sars-cov-2).
    corona virus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan,mulai dari flu biasa hingga penyakit yang serius seperti middle east respiratory syndrome(mers) dan sindrom pernafasan akut berat/severe acute respiratory syndrome(sars)

    nah jadi sikap yang harus dihadapi di masa pandemi ini di rumah saja agar mata rantai virus covid 19 dapat terputus.Jangan lupa memakai masker,mencici tangan,menjaga jarak,dirumah saja,makan makanan yang bergizi,dan jangan lupa olahraga.
    Dan kegiatan lainnya seperti menonton tv,sekolah daring,bersepeda,membaca majalah dan masih banyak lagi.


    nama:kiara mawar saron
    kelas: xi ips 1
    no:17

    BalasHapus
  10. Nama :Jelita Mudaningrum
    No :18
    Kelas :XI IPS 4


    Akhir-akhir ini berbagai negara di dunia, tengah dikejutkan dengan wabah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus bernama corona atau lebih dikenal dengan istilah Covid-19 (Corona Virus Disease-19). Wabah virus ini memang penularannya sangat cepat menyebar ke berbagai negara di dunia. Sehingga oleh World Health Organization (WHO), menyatakan wabah penyebaran virus covid-19 sebagai pandemi dunia.

    Lalu cara untuk mpengadapinya yaitu selalu ingat pesan ibu, keluar rumah kalau penting saja. Dan ingat untuk selalu 3M. 3M sangat mudah untuk dilakukan dan bisa memutus rantai penyebaran virus Corona. Yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak.

    BalasHapus
  11. Nama : Candra Dwi Cahyono
    Kelas: XI IPS 1
    Absen: 10

    Pendapat saya adalah adanya covid-19 membuat kita sadar akan hal hal yang mungkin kita abaikan ketika keadaan normal, yaitu kesehatan.
    Sikap saya menghadapinya adalah dengan patuh terhadap peraturan pemerintah dan protokol kesehatan covid-19.

    BalasHapus
  12. Nama: ESA NUR SABILLA
    Kelas: XI MIPA 4
    No: 14

    *Masalah sosial adalah sesatu hal yang timbul di masyarakat dan harus dicari solusi permasalahannya. Permasalahan yang timbul di masyarakat begitu kompleks dan muncul di berbagai sektor kehidupan bermasyarakat, demikian sebagaimana dikutip dari.

    *Eksklusi Sosial merupakan marginalisasi sosial berupa tindakan penyingkiran atau pengucilan ke pinggiran masyarakat. Eksklusi sosial mengacu pada cara individu dapat terputus dari keterlibatan penuh dalam masyarakat yang lebih luas.

    *Faktor Penyebab Masalah Sosial 1. Faktor Ekonomi Faktor Ekonomi merupakan faktor ketidakmampuan individu atau kelompok untuk mencukupi kebutuhan hidupnya secara layak khususnya secara materi. Masalah ekonomi ini tidak hanya dipandang suatu kondisi kekurangan dalam mencukupi kebutuhan secara ekonomi tetapi juga dalam pengaturan, distribusi dan produksi yang mempengaruhi kondisi ekonomi bangsa yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata. Contoh masalah sosial faktor ekonomi; kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial, dan pengangguran. 2. Faktor Budaya Faktor budaya disebabkan karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial pada pola masyarakat yang heterogen atau multikultural. Contoh masalah sosial faktor budaya: kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, perceraian, dan eksploitasi lingkungan. Budaya sangat berperan dari faktor masalah sosial karena kebudayaan semakin berkembang dan menimbulkan peran terhadap masalah sosial. Munculnya budaya yang salah seperti menerabas dan perilaku tidak disiplin akhirnya memunculkan budaya yang tidak diharapkan. 3. Faktor Biologis Faktor biologis merupakan masalah yang timbul akibat adanya ketidaksesuain keadaan lingkungan yang berpotensi menimbulkan ketidakstabilan kondisi biologis masyarakat. Contoh faktor biologis ini biasanya seperti penyakit wabah yang menular, virus penyakit baru yang disebut HIV-AIDS, COVID-19), serta makanan beracun. 4. Faktor Psikologis Faktor psikologis merupakan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial. Contoh faktor psikologis ini biasanya pemahaman penyimpangan dari ajaran agama yang jika diamati secara detail yang tidak masuk akal, serta munculnya raja-raja palsu dan gerakan separatis anti pemerintah.

    BalasHapus
  13. Nama : Niken Octavia
    Kelas : XI MIPA 2
    No absen : 28

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid-19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.
    -mencuci tangan
    -menjaga jarak
    -memakai masker
    Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  14. Nama : Khofifah Indriyani
    Kelas : XI MIPA 4
    No absen : 21

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid-19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.
    -mencuci tangan
    -menjaga jarak
    -memakai masker
    Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  15. Nama;Bintang ariesta anggoro
    Kelas:XI IPS 2
    No:8
    Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.
    Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis

    BalasHapus
  16. Nama=Rani dwi cahya kusuma
    Ni =25
    Kelas=XI IPS4

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid 19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan. •mencuci tangan

    •Jaga jarak

    •memakai masker Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  17. Nama =Rani dwi cahya kusuma
    No=25
    Kelas= XI IPS4

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid 19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan. •mencuci tangan

    •Jaga jarak

    •memakai masker Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  18. Nama : Marsella Nur Apriliana
    Kelas : XI Mipa 2
    No absen : 24

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid-19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.
    -mencuci tangan
    -menjaga jarak
    -memakai masker
    Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  19. Nama : Ummi Nur Khasanah
    Kelas : XI Mipa 1
    No absen : 32

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid-19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.
    -mencuci tangan
    -menjaga jarak
    -memakai masker
    Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  20. Nama : Arfie Prasticia Agitha
    kelas : XI MIPA 3
    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid 19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan. -mencuci tangan -menjaga jarak -memakai masker Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  21. Nama : Anisa Putri jaya wardani
    No : 04
    kelas : XI mipa 1

    Menurut pendapat saya tentang pandemi Covid 19,
    sangat menyusahkan berbagai pihak dari pedagang sampai pemerintah dan di larangnya masuk sekolah membuat anak sekolah tidak bisa bersosialisasi dengan teman hanya bisa melalui daring, sektor ekonomi yang biasanya bisa stabil dengan adanya lockdown daerah membuat terhambat, tekanan biologis dari dalam diri karena di rumah saja dan ppkm banyak membuat orang bosan, kesepian, stres dan putus asa akan ketidak pastian pandemi corona selesai, namun ada sisi positif banyak orang jadi sadar teknologi yang dulunya kelas online sangat jarang di dengar kini sudah menjadi hal bisa kita jadi terupdet tekonologi, serta banyak orang memiliki peluang bisnis karena di rumah saja, memiliki hobi baru akibat pendemi kita harus vaksin covid 19 membuat imum kita semakin kuat. Sikap saya dalam menghadapi corona, sering membagi waktu keluarga, bermain game, mengerjakan saya untuk tugas, menonton hiburan agar betah di rumah saja, jarang keluar rumah bila tidak ada keperluan, memakai masker keluar rumah dan rajin mencuci tangan dan jangan lupa membawa handsanitaizer.

    BalasHapus
  22. Nama :Clarisa Titania Pangestika
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :8

    COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis Virus ini adalah virus baru dan penyakit yang tidak dikenal sebelum terjadinya wabah di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019.
    Telah mengidentifikasi virus baru, yaitu virus Corona, yang merupakan famili virus flu, seperti virus SARS dan MERS.

    Pencegahan Penularan Covid-19
    1. Cuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir sesuai dengan standar WHO
    2. Hindari kerumunan/keramaian
    3. Jaga posisi jarak dengan orang lain
    4. Hindari melakukan kontak langsung dengan orang yang sakit
    5. Konsumsi secara rutin vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh saat sehat dan mempercepat penyembuhan saat sedang sakit
    6. Gunakan masker saat keluar rumah
    7. Membersihkan dan mendisinfeksi secara berkala barang-barang yang sering disentuh

    BalasHapus
  23. Nama: Tri Nur Hayat Tuti
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 31

    Menurut saya, yang paling penting adalah memahami cara virus corona memasuki tubuh dan menginfeksi organ. Sudah umum diketahui Covid-19 masuk melalui air ludah (droplet) saat berbicara, bersin, atau batuk. Bila berkomunikasi dengan orang yang terinfeksi, lalu terkena percikan, kita berpotensi segera terinfeksi juga. Bahkan, bila menyentuh benda-benda di tempat umum, seperti kursi, meja, pegangan tangga, ATM, kendaraan di tempat parkir, waktu bersalaman tanpa diketahui telah terpercik ludah seorang yang terpapar, kita juga berpotensi terjangkit.
    sikap cerdas menghadapi Covid-19 adalah dengan membangun kesadaran personal. Bila setiap orang dengan kesadaran sendiri mentaati prokes, merawat stamina, dan bersedia menerima divaksin, maka tidak ada yang perlu ditakuti dari Covid-19. Perlakukan virus sebagai sesama makluk, namun dengan sikap cerdas menjalankan prokes kita tidak perlu lagi khawatir terinfeksi. Jalani prokes bukan karena takut ada pengawasan dan sanksi pemerintah, melainkan karena kita cerdas, yaitu memiliki pengetahuan tentang sifat dan karakter virus corona. Pengetahuan itu membuat kita paham cara mengakrabinya.

    BalasHapus
  24. Nama:Else Duwi Lestari
    Kelas:XI MIPA 1
    No:14

    Dengan adanya pandemi covid-19 ini, negatifnya. ada sisi positif dan sisi positifnya keluarga semakin terjalin erat. Sedangkan sisi negatifnya, komunikasi antar makhluk sosial lainnya Sisi komunikasi dengan sesama semakin renggang, pelajar tidak dapat memahami materi dengan baik karena sekolah dilakukan dari rumah/kekasih, tidak ada siapa pun dengan teman sekelasnya, dan siaap mengenal gurunya. Dengan adanya pandemi seperti sekarang ini, menyebabkan miskin, siswa, sehingga tidak ada pendapatan yang biasanya berasal dari uang saku sekolah sekarang tidak ada uang saku sekolahnya di rumah.

    BalasHapus
  25. Nama Muhamad Noval Juanda
    No 24
    Kelas XI MIPA 4

    Dari pandangan saya , di pandemi covid ini sangat tidak ada yang diuntungkan , karena adanya lockdown , ppkm , psbb, mana orang yang sebelumnya ada pekerjaan yang layak namun kena PHK juga , trus adanya covid ini pedagang sangat kesusahan karena jam tutup di batasi , tetapi karena tersebut jangan sering keluar rumah tetap patuhi protokol , dan jangan lupa 3M wajib dilakukan.
    Stay healthy and stay a live.

    BalasHapus
  26. Nama :Khoirun Nisa Izzati
    No :20
    Kelas :Xl MIPA 1

    Adanya pandemi memiliki sisi negatif dan positif.Sisi Negatif Saya sebagai pelajar melakukan PJJ kadang kurang mengerti/kesulitan dalam hal belajar karna lebih efektif jika belajar bertemu langsung dengan bu guru /pak guru, sinyal kadang jelek kalau ingin sinyal bagus harus memiliki paket internet yg bagus(mahal). Kurangnya bersosialisasi dengan teman-teman atau guru disekolah hanya menggunakan handphone.Adanya lockdown atau ppkm membuat kegiatan diluar rumah terhambat, kadang dirumah terasa sepi butuh hiburan dll.
    Sisi positif semua serba online teknologi semakin canggih belajar daring/online, jika ingin membeli sesuatu bisa lewat online, bisa berkumpul bersama keluarga,melakukan olahraga.

    Untuk menghadapinya kita perlu patuhi protokol kesehatan 3M menjaga jarak, mencuci tangan,, memakai masker.makan-makanan yang sehat, Mengikuti aturan pemerintah dengan taat, jangan lupa vaksin.

    BalasHapus
  27. Dewi Sayekti Sutrisni25 Agustus 2021 12.21

    Nama : Dewi Sayekti Sutrisni
    No. Absen : 11
    Kelas : X1 MIPA 2

    Menurut ku,Pandemi covid 19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit coronavirus 2019 (bahasa Inggris coronavirus disease 2019,disingkat covid-19)di seluruh dunia untuk semua negara.
    Penyakit ini disebabkan oleh coronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah covid-19 pertama kali di deteksi di Kota Wuhan,Hubei,Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019 dan ditetapkan sebagai Pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020

    Cara menghadapi pandemi covid-19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan,mencuci tangan,menjaga jarak, memakai masker dan selalu berpikir positif serta banyak mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

    BalasHapus
  28. Aisyah alfiaturrohmah (2) XI MIA 425 Agustus 2021 12.24

    Nama : Aisyah alfiaturrohmah
    Kelas: XI MIPA 4
    No. :2


    Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.
    Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis.
    CARA PENYEBARAN VIRUS INI
    Virus dapat menyebar dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi melalui partikel cairan kecil ketika orang tersebut batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau bernapas. Partikel ini dapat berupa droplet yang lebih besar dari saluran pernapasan hingga aerosol yang lebih kecil.
    Anda dapat tertular saat menghirup udara yang mengandung virus jika berada di dekat orang yang sudah terinfeksi COVID-19. Anda juga dapat tertular jika menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi. Virus lebih mudah menyebar di dalam ruangan dan di tempat ramai.

    Sikap untuk menghadapi covid adalah
    kita harus menjaga kesehatan dalam menghadapi pandemi ini dan tetap berada di rumah kita juga harus hindari keramaian agar rantai penyebaran virus corona dapat putus
    kita juga harus sering mencuci tangan,makan buah buahan,dan tetap berpikir positif

    BalasHapus
  29. Nama : Erlina Supartini
    No : 15
    Kelas : XI IPA 3

    Covid-19 adalah Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.
    Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis.

    Bagaimana kita mengatasi nya? Dengan cara keluar pakai masker dan sehabis keluar mencuci tangan dan jangan lupa pakai handzanitaizer.


    BalasHapus
  30. Nama: DIANA FEBRIAN INTIAS
    Kelas: XI MIPA 4
    NO : 11
    Pandemi virus corona adalah masalah kesehatan, komando ada pada Menkes. Tapi karena ini juga penyakit zoonomic, yang berasal dari binatang, maka juga perlu lintas sektor," ujar Nafsiah dalam diskusi bertajuk Menghadapi Covid-19 Coronavirus di Indonesia, Sabtu (14/3/2020).

    Ketika H1N1 dinyatakan sebagai pandemi, Menkes saat itu langsung melakukan pendekatan public health, sehingga standar operasional penanganan wabah ini dapat segera tersusun.

    Baca juga: Wabah Virus Corona, Ini 10 Alasan Anda Tidak Perlu Panik

    Nafsiah memaparkan saat itu, Indonesia dinilai langsung tanggap dengan menjaga semua pintu masuk, sekitar 100 rumah sakit dengan tenaga medis dan fasilitas dipersiapkan dengan baik.


    Para tenaga medis di rumah sakit tersebut dilatih untuk menangani karantina dan pasien. Laboratorium dipersiapkan dengan standar kualitas WHO.


    "Jadi Indonesia (saat itu) bisa menunjukkan (penanganan pandemi flu burung) di tingkat global," jelas Nafsiah.

    Nafsiah menilai upaya Indonesia menghadapi pandemi virus corona dengan menunjuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menjadi langkah yang cukup tepat.

    Baca juga: WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global

    "Tetapi (wabah Covid-19) dianggap sebagai bencana seluruh Indonesia, harus dipersiapkan dengan baik, seperti saat menghadapi pandemi flu burung," jelas dia.

    Intinya, kata alumni Public Health Harvard University ini, untuk menghadapi pandemi virus corona yang sebabkan penyakit Covid-19 adalah dengan pendekatan kesehatan masyarakat terpusat.

    BalasHapus
  31. FRISCA APRIANISYAH IZZATY XI MIPA 425 Agustus 2021 12.33

    Nama FRISCA APRIANISYAH IZZATY
    Kelas XI MIPA 4
    Absen 17

    Menurut saya, COVID19 adalah pandemi yg menyerang seluruh dunia, dan jika tidak ditangani dengan benar bisa menjadi penyakit endemi. Penyakit ini menyerang organ pernapasan. Bisa menular dari percikan air liur saat berbicara, batuk, atau bersin.

    Ketika kita pernah terkena penyakit ini, walaupun sudah sembuh belum tentu sistem pernafasan kita sebaik sebelum terkena covid. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan kita

    Untuk menghindarinya kita bisa dengan menjaga kebersihan, taat prokes, selalu mencuci tangan, dan juga vaksinasi.

    BalasHapus
  32. Nama : Rizka Rahmawardani
    Kelas : 11 MIPA 4
    No : 32

    Menurut saya tentang covid 19 adalah virus berbahaya dan nyata ada di sekitar kita.

    Solusi untuk menghindari agar tidak terjangkit virus ini adalah :

    1. Rajin cuci tangan
    2. Pakai masker saat keluar rumah
    3. Makan makanan yang sehat dan bergizi
    4. Rajin berolahraga, pastikan tubuh selalu fit, dll

    BalasHapus
  33. Nama : Damar Galih Abdurrahman
    Kelas : XI IPA 1
    NO : 9

    Menurut pendapat saya tentang pandemi Covid 19,
    sangat menyusahkan berbagai pihak dari pedagang sampai pemerintah dan di larangnya masuk sekolah membuat anak sekolah tidak bisa bersosialisasi dengan teman hanya bisa melalui daring, sektor ekonomi yang biasanya bisa stabil dengan adanya lockdown daerah membuat terhambat, tekanan biologis dari dalam diri karena di rumah saja dan ppkm banyak membuat orang bosan, kesepian, stres dan putus asa akan ketidak pastian pandemi corona selesai, namun ada sisi positif banyak orang jadi sadar teknologi yang dulunya kelas online sangat jarang di dengar kini sudah menjadi hal bisa kita jadi terupdet tekonologi, serta banyak orang memiliki peluang bisnis karena di rumah saja, memiliki hobi baru akibat pendemi kita harus vaksin covid 19 membuat imum kita semakin kuat. Sikap saya dalam menghadapi corona, sering membagi waktu keluarga, bermain game, mengerjakan saya untuk tugas, menonton hiburan agar betah di rumah saja, jarang keluar rumah bila tidak ada keperluan, memakai masker keluar rumah dan rajin mencuci tangan dan jangan lupa membawa handsanitaizer.

    BalasHapus
  34. NAMA : ZAKY AMMAR AN NAUFAL
    NO : 35
    KELAS : XI MIPA 1
    Menurut saya, sikap cerdas menghadapi Covid-19 adalah dengan membangun kesadaran personal. Bila setiap orang dengan kesadaran sendiri mentaati prokes, merawat stamina, dan bersedia menerima divaksin, maka tidak ada yang perlu ditakuti dari Covid-19. Perlakukan virus sebagai sesama makluk, namun dengan sikap cerdas menjalankan prokes kita tidak perlu lagi khawatir terinfeksi. Jalani prokes bukan karena takut ada pengawasan dan sanksi pemerintah, melainkan karena kita cerdas, yaitu memiliki pengetahuan tentang sifat dan karakter virus corona. Pengetahuan itu membuat kita paham cara mengakrabinya.

    Virus corona memang cerdas. Tetapi, manusia lebih cerdas, bukan?

    BalasHapus
  35. NAMA : RIRIN RANA BILA
    KELAS: XI MIPA 3
    NO : 30
    -Pendapat saya tentang Pandemi Covid-19:
    Penyakit virus corona sangat menyusahkan semua kalangan masyarakat.(COVID-19)adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.
    Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis.

    -Cara menghadapi covid-19:
    Dimasa New Normal seperti ini ingat selalu pesan ibu, keluar rumah kalau penting saja. Dan ingat untuk selalu 5M

    BalasHapus
  36. Nama: Fiqhi Faya Lutfiyani
    kelas: XI MIPA 1
    No Absen: 17

    Pandemi adalah epidemi penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, misalnya beberapa benua, atau di seluruh dunia. Penyakit endemik yang meluas dengan jumlah orang yang terinfeksi yang stabil bukan merupakan pandemi. Kejadian pandemi flu pada umumnya mengecualikan kasus flu musiman.

    Dengan adanya pandemi kali ini, kita dapat mempelajari hal baru seperti menjaga kebersihan, selalu mengikuti protokol kesehatan, lebih rajin olahraga, makan makanan yang sehat, menghargai hal hal kecil yang sepele, dan masih banyak lagi hal positif yang kita dapatkan selama pandemi ini.

    BalasHapus
  37. Nama: Angger Luthfian Budi
    Kelas: XI MIPA 4
    Absen: 4

    COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru, seperti pneumonia.

    COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus, yaitu SARS-CoV-2 yang juga sering disebut virus Corona.

    Sikap menghadapinya yaitu dengan; menjaga kebersihan diri maupun barang-barang yang ada disekitar kita,mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat berpergian, menggunakan handsanitizer bila ingin/setelah memegang sesuatu, sering berolahraga,dan banyak lagi. Intinya tetap mematuhi protokol kesehatan dan hindari berita hoax...

    BalasHapus
  38. Intan addawiyah25 Agustus 2021 13.53

    Covid-19 adalah Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.
    Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis.

    Cara mengatasi covid-19 yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan, memakai masker jika keluar rumah, cuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer, melakukan vaksinasi.

    BalasHapus
  39. Nama :Yahya Yulia Putra
    NOk:32
    KELAS:XI IPA 3


    Pandemi covid 19 memang menyulitkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Bahkan sekolah" Banyak di liburkan/pelajaran jarak jauh, bagi siswa-siswi pandemi sangat menyusahkan mereka untuk mengikuti pelajaran, dikarenakan butuh akses internet dan sinyal yang memadai, karena di mana pandemi covid 19 merebak di mana-mana bahkan dunia aktivitas terhenti berlangsung lama, sudah banyak menelan korban, dari pejabat" , kaum anak muda, semoga di tahun ini pandemi covid 19 segera usai dan dapat melakukan aktivitas seperti semula





    Perlu diketahui pandemi covid 19 dapat kita atasi dengn cara 5M, yaitu : 1. Memakai masker
    2. Menjaga jarak
    3.menjauhi kerumunan
    4.mencuci tangan dengan sabun
    5.menyemprotkan hand sanitizer

    Stay at home
    Stay health



    BalasHapus
  40. Nama : Gema kumala
    Kelas. : XI MIPA 2
    No. : 18


    1) Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.
    Pemerintah menganjurkan segala aktivitas dilakukan dari rumah. Pandemi saat ini menjadi tantangan dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam pemanfaatan teknologi, khususnya di bidang pendidikan.

    2) sebagai warga masyarakat harus patuh terhadap aturan yang berlakuSaat ini, Indonesia sedang melakukan vaksinasi COVID-19 secara berkala ke masyarakat Indonesia agar covid 19 bisa terkendali.
    Terapkan physical distancing, menggunakan masker, mencuci tangan, jangan menyentuh mata, mulut , hidung, jaga kebersihan benda yang sering disentuh. Waspada boleh, panik jangan.

    BalasHapus
  41. Virus Corona adalah suatu wabah penyakit yang mematukan dan belum ditemukan obatnya. Virus ini berasal dari Wuhan China. Penyebarannnya sangant cepat terjadi, bahkan setiap hari lebih dari 1000 orang telah terkonfirmasi penyakit ini. Dan karena virus ini sebagian masyarakat telah kehilangan pekerjaan mereka.



    Untuk meredakan pandemi vovid-19 ini kita harus mematuhi protokol kesehatan. Seperti, memakai masker,mecuci tangan,menerapkan jaga jarang,mengurangi mobilitas, tidak berkerumun, dan sebagainya.

    BalasHapus
  42. GALIH SETIA PURBANINGRUM25 Agustus 2021 19.36

    Nama:Galih Setia Purbaningrum
    Kelas:XI MIPA 1
    No.abs:18



    Menurut saya, COVID-19 adalah pandemi yang menyerang seluruh dunia, dan jika tidak ditangani dengan benar bisa menjadi penyakit endemi. Penyakit ini menyerang organ pernafasan. Bisa menular dari percikan air liur saat berbicara, batuk, atau bersin.

    Ketika kita pernah terkena penyakit ini, walaupun sudah sembuh belum tentu sistem pernafasan kita sebaik sebelum terkena covid. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan.

    Untuk menghindarinya kita bisa dengan menjaga kebersihan, taat prokes, selalu mencuci tangan, dan juga vaksin.

    BalasHapus
  43. Nama : Shela Putri Nabila
    Kelas : XI Mipa 1
    No absen : 27

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid-19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.dengan 3M
    -mencuci tangan
    -menjaga jarak
    -memakai masker
    Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  44. Nama:Alvi nur hidayah
    No:3
    Kelas:XI MIPA 4

    penyakit virus Corona atau covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-cov-2. Sebagian besar orang yang tertular covid-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang,dan akan pulih tanpa penanganan khusus.namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis berikut ini dapat menyebar dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi melalui partikel cairan kecil ketika orang tersebut batuk ,bersin, berbicara, bernyanyi, atau bernapas

    dampak bagi siswa yaitu dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh atau pjj banyak siswa yang mengeluh dengan adanya sistem PJJ karena kurangnya penjelasan yang seharusnya dijelaskan oleh guru banyak juga yang mengalami masalah data internet yang digunakan untuk PJJ tetapi dengan demikian kita dapat belajar dan lebih Mandiri.

    Untuk mengatasi virus covid-19 kita dapat melakukan dengan cara:
    - menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan dan memperlambat penyebaran covid-19
    -memakai masker jika keluar rumah agar virus tidak menyerang kita
    - mencuci tangan
    -membawa hand sanitizer
    - rajin cuci tangan
    - rajin berolahraga

    BalasHapus
  45. Nama :AFIFAH RAHMAWATI
    kelas:XI MIPA 4
    No. : 1

    Virus Corona atau COVID-19 (CoronaVirus Disease 2019) merupakan pandemi yang pertama kali ditemukan di daerah kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019 lalu. Virus ini menyebar dengan sangat cepat dan menyebar ke berbagai wilayah .Virus Corona sendiri sudah masuk ke Indonesia pada awal bulan Maret 2020 dan hingga kini masih terus menyebar. Virus ini mampu menginfeksi sistem pernafasan manusia. Kemudian virus ini akan terus menginfeksi jika imun tubuh lemah dapat berujung pada kematian.
    Oleh karena itu sikap yang harus kita lakukan untuk menghadapi penyebaran COVID-19 adalah dengan :
    1. Menerapakan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, .
    2. Menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
    3. Mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
    4Meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, dan mencegah stres.
    5. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah.

    BalasHapus
  46. Nama: Inez novilia purwati
    Kelas: XI MIPA 4
    No : 19

    penyakit virus Corona atau covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-cov-2. Sebagian besar orang yang tertular covid-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang,dan akan pulih tanpa penanganan khusus.namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis berikut ini dapat menyebar dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi melalui partikel cairan kecil ketika orang tersebut batuk ,bersin, berbicara, bernyanyi, atau bernapas

    dampak bagi siswa yaitu dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh atau pjj banyak siswa yang mengeluh dengan adanya sistem PJJ karena kurangnya penjelasan yang seharusnya dijelaskan oleh guru banyak juga yang mengalami masalah data internet yang digunakan untuk PJJ tetapi dengan demikian kita dapat belajar dan lebih Mandiri.

    Untuk mengatasi virus covid-19 kita dapat melakukan dengan cara:
    - menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan dan memperlambat penyebaran covid-19
    -memakai masker jika keluar rumah agar virus tidak menyerang kita
    - mencuci tangan
    -membawa hand sanitizer
    - rajin cuci tangan
    - rajin berolahraga

    BalasHapus
  47. Nama:suryanti anggraini
    Kls:XI MIPA 4
    NO:35

    Virus Corona atau COVID-19 (CoronaVirus Disease 2019) merupakan pandemi yang pertama kali ditemukan di daerah kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019 lalu. Virus ini menyebar dengan sangat cepat dan menyebar ke berbagai wilayah .Virus Corona sendiri sudah masuk ke Indonesia pada awal bulan Maret 2020 dan hingga kini masih terus menyebar. Virus ini mampu menginfeksi sistem pernafasan manusia. Kemudian virus ini akan terus menginfeksi jika imun tubuh lemah dapat berujung pada kematian.
    Oleh karena itu sikap yang harus kita lakukan untuk menghadapi penyebaran COVID-19 adalah dengan :
    1. Menerapakan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, .
    2. Menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
    3. Mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
    4Meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, dan mencegah stres.
    5. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah.

    BalasHapus
  48. Nama : Sinta Intan Kusuma
    No. Absen : 31
    Kelas : XI MIPA 3
    - Bagaimana pendapat kalian tentang pandemi covid-19?
    Pandemi covid-19 adalah virus yang tersebar di seluruh dunia yang di sebabkan oleh hewan kelelawar. Pandemi ini memiliki dampak negatif, yaitu tidak bisa bertemu dengan teman, saudara, dan guru di sekolah, selain itu pandemi ini mengakibatkan kurangnya ekonomi karena orang-orang harus berhenti atau libur bekerja. Sementara itu pandemi ini memiliki dampak positif, yaitu banyak waktu untuk keluarga.

    - Bagaimana sikap kalian menghadapinya?
    Dengan cara, yaitu selalu mematuhi protokol kesehatan :
    - mencuci tangan
    - menjaga jarak
    - memakai masker
    Dan selalu berpikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan usahakan berjemur selama ± 15menit.

    BalasHapus
  49. NAMA : NIA ASTURI A.
    NO : 26
    KELAS : XI MIPA 4

    - JAWAB -
    Virus Corona atau COVID-19 (CoronaVirus Disease 2019) merupakan pandemi yang pertama kali ditemukan di daerah kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019 lalu. Virus ini menyebar dengan sangat cepat dan menyebar ke berbagai wilayah .Virus Corona sendiri sudah masuk ke Indonesia pada awal bulan Maret 2020 dan hingga kini masih terus menyebar. Virus ini mampu menginfeksi sistem pernafasan manusia. Kemudian virus ini akan terus menginfeksi jika imun tubuh lemah dapat berujung pada kematian.
    Oleh karena itu sikap yang harus kita lakukan untuk menghadapi penyebaran COVID-19 adalah dengan :
    1. Menerapakan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, .
    2. Menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
    3. Mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
    4Meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, dan mencegah stres.
    5. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah.

    BalasHapus
  50. NAMA : RAIHAN WAHYU PRADIKA
    NO : 33
    KELAS : XI MIPA 3
    Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis. Virus dapat menyebar dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi melalui partikel cairan kecil ketika orang tersebut batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau bernapas. Partikel ini dapat berupa droplet yang lebih besar dari saluran pernapasan hingga aerosol yang lebih kecil.
    Oleh karena itu sikap yang harus kita lakukan dalam menghadapi pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut :
    1. Menerapkan Physical Distancing yaitu menjaga jarak minim 1 meter dengan orang lain
    2. Tidak panik akan COVID-19
    3. Mencari sumber dan informasi terpercaya mengenai informasi jumlah COVID-19
    4. Mencegah penularan penyakit salah satunya mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer
    5. Mempersiapkan kebutuhan penting seperti obat,vitamin, dan makanan yang diperlukan bila mengalami gejala COVID-19

    BalasHapus
  51. Nama: Auliya Qaida Hadiningsih
    No.Absen: 07
    Kelas: XI MIPA 2

    do not panic!
    Berawal dari munculnya suatu wabah penyakit yang disebabkan oleh virus, yaitu virus corona yang akrab disebut Covid 19, hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan-perubahan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, mendebarkan seluruh isi dunia.
    Dunia perekonomian semakin lemah, hubungan sosial semakin menurun yang menyebabkan kurangnya interaksi dan kepedulian terhadap sesama,
    Semuanya telah merasakan dampak dari virus covid 19 ini, terutama pada dunia pendidikan. Kita harus siap menghadapi perubahan ini, karena cepat atau lambat pendidikan akan mengalami perubahan drastis akibat pandemi covid 19.
    Saat ini pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan, salah satunya meliburkan aktivitas (tatap muka) seluruh lembaga-lembaga pendidikan, hal ini dilakukan sebagai upaya-upaya pencegahan penularan virus corona atau covid 19 ini. Hal ini tentunya berdampak besar pada perkembangan pendidikan anak termasuk diri saya yang saat ini dituntut untuk belajar mandiri, belajar secara daring (dalam jaringan).
    Bukan hanya itu saja, dalam penerapan belajar online ini, saya mengalami kesulitan belajar bukan hanya saya tapi ada banyak anak yang mengalami kesulitan.ada beberapa faktor:
    Pertama, siswa yang belum memiliki gadget, siswa yang belum mengetahui banyak tentang penggunaan teknologi, kasus ini banyak terjadi pada siswa tingkat TK dan SD (Sekolah Dasar). Selain itu, masalah utama yang dialami siswa adalah jaringan yang tidak memadai. Hal ini merupakan tantangan besar bagi siswa dan tak terkecuali bagi orang tua karena orang tualah yang dituntut untuk mendampingi siswa dalam proses belajar online tersebut, realita yang ada juga tidak sedikit orang tua yang tidak paham mengenai penggunaan teknologi, jelas hal ini akan menghambat keaktifan siswa atau anak dalam proses belajar daring.
    Kedua, kurangnya interaksi fisik antara guru dan siswa karena dalam pembelajaran online siswa hanya diberikan tugas melaui whatsapp/Google Clasroom.Kebanyakan siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas dikarenakan tidak ada penjelasan-penjelasan awal dari guru tentang tugas yang dibebankan tersebut.
    Peserta didik hanya dituntut untuk mengerjakan tanpa mendapatkan penjelasan terlebih dahulu, akibatnya banyak siswa yang mengeluh dan tidak bersemangat lagi dalam mengerjakan tugas.
    Ketiga, tugas yang diberikan guru banyak, sementara waktu yang diberikan sangat singkat. Bagaimana saya & anak² lain bisa belajar dengan baik dalam kondisi yang seperti ini.
    Di balik kesedihan seluruh belahan dunia ini, kita harus mampu mengambil hikmah dari pandemi covid 19 ini. Pandemi covid 19 ini mungkin saja datang sebagai ujian untuk kita semua, apakah kita mampu mencerdaskan kehidupan bangsa walau dalam kondisi seperti ini. Semoga goresan sederhana ini bermanfaat. Aamiin.
    •Sikap dalam mengahadapi covid-19
    1.Physical Distancing | Social Distancing
    2.Work From Home (WHO)
    Kebijakan ini
    3.Memakai masker
    4.Mencuci Tangan dengan air mengalir
    5.Menggunakan Handsanitizer
    6.Menghindari Kerumunan

    BalasHapus
  52. Nama : Fauziah Martshafa Ayu
    No/Kelas : 16/XI IPA 2

    •Menurut saya, Pandemi merupakan penyebaran wabah penyakit menular yang menyebar luas ke seluruh wilayah,benua,bahkan sampai ke seluruh dunia. Penyakit ini biasanya dikarenakan virus. Cara penyebaran wabah tersebut ialah,orang yang terinfeksi virus tersebut dapat menular ke orang lain jika saling berinteraksi. Selama 1 tahun lebih ini kita mengalami pandemi virus covid-19,dan belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Cara satu-satunya untuk mencegah penularan wabah ini adalah mengurangi interaksi dengan orang lain dan selau memakai masker.
    •Cara saya menghadapi Wabah Covid-19 ini adalahTetap melakukan protokol kesehatan,mematuhi aturan dari pemerintah,selalu tabah,dan berdoa agar pandemi ini sudah selesai.

    BalasHapus
  53. NAMA : ADHE ARIFIN
    KELAS: XI MIPA 2
    NO. : 1

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020. Hingga 14 November 2020, lebih dari 53.281.350 orang kasus telah dilaporkan lebih dari 219 negara dan wilayah seluruh dunia, mengakibatkan lebih dari 1.301.021 orang meninggal dunia dan lebih dari 34.394.214 orang sembuh.
    Virus SARS-CoV-2 diduga menyebar di antara orang-orang terutama melalui percikan pernapasan (droplet) yang dihasilkan selama batuk. Percikan ini juga dapat dihasilkan dari bersin dan pernapasan normal. Selain itu, virus dapat menyebar akibat menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh wajah seseorang. Penyakit Covid-19 paling menular saat orang yang menderitanya memiliki gejala, meskipun penyebaran mungkin saja terjadi sebelum gejala muncul.Periode waktu antara paparan virus dan munculnya gejala biasanya sekitar lima hari, tetapi dapat berkisar dari dua hingga empat belas hari. Gejala umum di antaranya demam, batuk, dan sesak napas. Komplikasi dapat berupa pneumonia dan penyakit pernapasan akut berat. Tidak ada vaksin atau pengobatan antivirus khusus untuk penyakit ini. Pengobatan primer yang diberikan berupa terapi simtomatik dan suportif. Langkah-langkah pencegahan yang direkomendasikan di antaranya mencuci tangan, menutup mulut saat batuk, menjaga jarak dari orang lain, serta pemantauan dan isolasi diri untuk orang yang mencurigai bahwa mereka terinfeksi.

    Upaya untuk mencegah penyebaran virus corona termasuk pembatasan perjalanan, karantina, pemberlakuan jam malam, penundaan dan pembatalan acara, serta penutupan fasilitas. Upaya ini termasuk karantina Hubei, karantina nasional di Italia dan di tempat lain di Eropa, serta pemberlakuan jam malam di Tiongkok dan Korea Selatan,berbagai penutupan perbatasan negara atau pembatasan penumpang yang masuk, penapisan di bandara dan stasiun kereta, serta informasi perjalanan mengenai daerah dengan transmisi lokal. Sekolah dan universitas telah ditutup baik secara nasional atau lokal di lebih dari 124 negara dan memengaruhi lebih dari 1,2 miliar siswa.

    Sikap saya ialah tetap menjalani kehidupan dengan seperti biasa tetapi selalu menjaga kesehatan & mematuhi protokol kesehatan ,serta mengikuti himbauan pemerintah..

    Untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    -Selalu jaga jarak aman dari orang lain, meskipun mereka tidak tampak sakit.
    -Kenakan masker di ruang publik, terutama di dalam ruangan atau jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan.
    -Sebaiknya pilih ruang terbuka dan berventilasi baik.
    -Buka jendela jika berada di dalam ruangan.
    -Cuci tangan secara rutin.
    -Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol.
    -Ikuti vaksinasi ketika giliran Anda. -Ikuti panduan setempat terkait vaksinasi.
    -Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu.
    -Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.

    BalasHapus
  54. NAMA : ARIN FAUZAN AZARIA
    KELAS : XI MIPA 4
    NO : 06

    -Menurut saya,Pandemi merupakan penyebaran wabah penyakit menular yang menyebar luas ke seluruh wilayah, benua,bahkan sampai ke seluruh dunia.Penyakit ini biasanya dikarenakan virus.cara penyebaran wabah tersebut adalah,orang yg terinfeksi virus tersebut dapat menular ke orang lain jika saling berinteraksi.selama 1 tahun lebih ini kita mengalami pandemi virus Covid-19,dan belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya.Cara satu"nya untuk mencegah penularan wabah ini adalah mengurangi interaksi dengan orang lain dan selalu memakai masker.
    -Cara saya menghadapi wabah Covid-19 ini adalah tetap melakukan protokol kesehatan, mematuhi peraturan dari pemerintah,selalu tabah,dan berdoa agar pandemi ini selesai.

    BalasHapus
  55. Nama:Desi Fitriayani
    No:10
    Kls:XI Mipa 1

    Menurutku kita harus menjaga kesehatan dalam menghadapi pandemi ini dan tetap berada di rumah kita juga harus hindari keramaian agar rantai penyebaran virus corona dapat putus
    kita juga harus sering mencuci tangan,makan buah buahan,dan tetap berpikir positif

    BalasHapus
  56. Nama : Rasya Ali Canacun
    No : 23
    Kelas : X IPS 3

    Pandemi Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona, dapat ditularkan melalui droplet (percikan ludah) dan penyebarannya bisa melalui airborne (udara). Gejala Covid-19 pun beragam, mulai dari panas lebih dari 38 derajat, flu, batuk hingga sesak napas. Meskipun ada pula yg terserang virus tersebut tanpa gejala sama sekali. Selain itu,memberikan dampak negatif yaitu :
    - Populasi manusia semakin lama semakin berkurang karena banyaknya korban covid-19 yang meninggal.

    - Pertumbuhan ekonomi individu maupun negara semakin menurun, karena banyaknya toko-toko, para pedangang serta mall-mall yang tutup

    - Banyaknya para pekerja yang di phk, tidak jarang yang di phk adalah keluarga yang ekonominya sulit sehingga banyaknya masyarakat yang luntang-lantung kelaparan.

    - Dampak negatif pula bagi tenaga medis, yang senantiasa masuk kerja (memang kewajiban nya) tapi mereka akan semakin sedikit waktu untuk dirumah, merasa cemas jika pulang kerumah karena takut menulari virus bagi keluarga nya. Dicemooh masyarakat karena dianggap takut membawa virus. Mereka akan rentan terkena virus covid-19.



    Cara saya menghadapinya:
    - menerapkan physical distancing
    - memakai masker saat beraktivitas di tempat umum,
    -rutin mencuci tangan dan berolahraga
    - menjaga kebersihan
    - menghindari kontak langsung dengan penderita covid 19

    BalasHapus
  57. Nama:Miftha Rosyida Ilmawati
    No:24
    Kelas:XI Mipa 3
    Pandemi covid 19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona,dapat ditularkan melalui droplrt(percikan ludah),dan penyebarannya bisa melalui air,borne(udara).gejala covid 19 pun beragam,mulai dari panas lebih dari 38 derajat,flu,batuk hingga sesak napas.meskipun adapula yang terserang virus tersebut tanpa gejala sama sekali.selain itu memberikan dampak negatif yaitu:
    -banyaknya para pekerja yang di PHK,tidak jarang yang di PHK adalah keluarga yang ekonominya sulit sehingga banyaknya masyarakat yang luntang-lantung kelaparan.
    -dampak negatif pula bagi tenaga medis,yang senantisa masuk kerja(memang kewajibannya)tapi mereka akan semakin sedikit waktu untuk dirumah,merasa cemas jika pulang kerumah karena takut menulari virus bagi keluarganya.dicemooh masyarakat/tetangganya karna dianggap takut membawa virus tersebut.
    -pertumbuhan ekonomi individu maupun negara semakin menurun,karena banyaknya toko toko,para pedagang serta mall-mall yang banyak ditutup.
    -populasi manusia semakin lama semakin berkurang karena banyak nya korban covid 19 yang meninggal.

    *Sikap dalam menghadapi covid 19*
    1.Physical Distancing(social distancing)
    2.Memakai masker
    3.Work From Home(WHO)kebijakan ini
    4.Menggunakan handsanitizer
    5.Mencuci tangan dengan air mengalir
    6.Menghindari kerumunan

    BalasHapus
  58. Nama :Nadia Laili Cahyaningtyas
    Kelas: XI MIPA 3
    No. : 25
    Bagaimana pendapat kalian tentang pandemi Covid-19 ini?
    Bagaimana sikap kalian menanggapinya?

    1,Pada saat ini, dunia sedang menghadapi masalah besar. Berawal dari munculnya suatu wabah penyakit yang disebabkan oleh virus, yaitu virus corona yang akrab disebut Covid 19, hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan-perubahan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, mendebarkan seluruh isi dunia.

    Dunia perekonomian semakin lemah, hubungan sosial semakin menurun yang menyebabkan kurangnya interaksi dan kepedulian terhadap sesama,
    Semuanya telah merasakan dampak dari virus covid 19 ini, terutama pada dunia pendidikan. Kita harus siap menghadapi perubahan ini, karena cepat atau lambat pendidikan akan mengalami perubahan drastis akibat pandemi covid 19.

    Saat ini pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan, salah satunya meliburkan aktivitas (tatap muka) seluruh lembaga-lembaga pendidikan, hal ini dilakukan sebagai upaya-upaya pencegahan penularan virus corona atau covid 19 ini. Hal ini tentunya berdampak besar pada perkembangan pendidikan anak, yang saat ini dituntut untuk belajar mandiri, belajar secara daring (dalam jaringan).

    Pembelajaran daring atau online merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi pembelajaran dilakukan melalui jaringan internet. Hal ini merupakan tantangan besar bagi seorang guru, karena dalam kondisi seperti ini guru pun dituntut untuk bisa mengelolah, mendesain media pembelajaran (media online) sedemikian rupa guna untuk mencapai tujuan pembelajaran dan untuk mencegah atau mengantisipasi kebosanan siswa dalam pembelajaran model daring tersebut.

    2,- menjaga jarak dengan orang lain
    - work from home
    - mencuci tangan dengan air mengalir
    - menghindari kerumunan
    - memakai handsanitizer
    - berdo'a agar tidak terkena covid
    - memakai masker
    - menjaga imun tubuh agar tetap sehat

    BalasHapus
  59. Nama : Ennou Happy Finiarie
    No. : 14
    Kelas : XI MIPA 2

    Virus corona yang popular sebagai Covid-19 juga sejenis makhluk sebagaimana cobra, kuda, tikus, kecoak, dan semut. Bedanya, lantaran ukurannya superkecil, virus tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, melainkan mikroskop. Kita tidak bisa melihatnya menendang, menyengat, mematuk, atau sejenisnya ketika akan menyerang --tahu-tahu sudah kolaps karena ia menggerogoti dari dalam

    Menurut saya, yang paling penting adalah memahami cara virus corona memasuki tubuh dan menginfeksi organ. Sudah umum diketahui Covid-19 masuk melalui air ludah (droplet) saat berbicara, bersin, atau batuk. Bila berkomunikasi dengan orang yang terinfeksi, lalu terkena percikan, kita berpotensi segera terinfeksi juga. Bahkan, bila menyentuh benda-benda di tempat umum, seperti kursi, meja, pegangan tangga, ATM, kendaraan di tempat parkir, waktu bersalaman tanpa diketahui telah terpercik ludah seorang yang terpapar, kita juga berpotensi terjangkit.

    Setelah mengetahui cara masuknya virus kedalam tubuh, langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah mematuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan setiap keluar atau setelah menyentuh sesuatu, berjaga jarak dengan orang orang terutama saat berada di tempat umum. Selalu memakai masker saat keluar rumah, jika bisa dobel masker!! Meminum vitamin agar imun tubuh tetap terjaga, dan ingat jangan sampai kita takut atau malah menjadi parno terhadap covid. Virus ini bukan menjadikan kita takut, tapi kita harus melawan yaitu dengan cara mematuhi protokol kesehatan dan kebijakan ppkm.

    BalasHapus
  60. Nama:fadillah muhammad aziz
    Kelas: X1mipa1
    Absen:15


    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid-19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.
    -mencuci tangan
    -menjaga jarak
    -memakai masker
    Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dan sekolah pjj sangat efrktif untuk menghindari virus covid19

    BalasHapus
  61. Nama : Tinton Jaya Kurniawan
    No : 35
    Kelas : X1 IPA 2


    Covid 19/corona virus dapat menyebar dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi melalui partikel cairan kecil ketika orang tersebut batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau bernapas. Partikel ini dapat berupa droplet yang lebih besar dari saluran pernapasan hingga aerosol yang lebih kecil.
    Anda dapat tertular saat menghirup udara yang mengandung virus jika berada di dekat orang yang sudah terinfeksi COVID-19. Anda juga dapat tertular jika menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi. Virus lebih mudah menyebar di dalam ruangan dan di tempat ramai.

    Dari bacaan tersebut kita mengetahui bahwa covid sangatlah berbaya. Jadi kita jangan lupa Mematuhi protokol kesehatan

    BalasHapus
  62. Nama : Novita Naya Ramadhani
    Kelas : XI MIPA 4
    No : 27


    BERBAGAI TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG COVID19 DALAM 3 BULAN TERAKHIR

    Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona, dapat ditularkan melalui droplet (percikan ludah) dan penyebarannya bisa melalui airborne (udara). Gejala Covid-19 pun beragam, mulai dari panas lebih dari 38 derajat, flu, batuk hingga sesak napas. Meskipun ada pula yg terserang virus tersebut tanpa gejala sama sekali.

    Meski begitu, ada banyak upaya untuk menanggulangi dan menghindari diri dari terpaparnya Covid-19, yaitu dengan menjaga kebersihan. Mulai dari Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS), menggunakan masker, hingga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti berolahraga, makan makanan bergizi, menghindari rokok dan faktor yang mendatangkan stress.

    Mari kita lebih peduli lagi terhadap kesehatan dan kebersihan diri dan sekitar, agar tidak terpapar Covid-19.

    BalasHapus
  63. Nama:Ardiyana nur mukaronah
    Kelas :XI mipa 2
    No:06

    Menurut saya, yang paling penting adalah memahami cara virus corona memasuki tubuh dan menginfeksi organ. Sudah umum diketahui Covid-19 masuk melalui air ludah (droplet) saat berbicara, bersin, atau batuk. Bila berkomunikasi dengan orang yang terinfeksi, lalu terkena percikan, kita berpotensi segera terinfeksi juga. Bahkan, bila menyentuh benda-benda di tempat umum, seperti kursi, meja, pegangan tangga, ATM, kendaraan di tempat parkir, waktu bersalaman tanpa diketahui telah terpercik ludah seorang yang terpapar, kita juga berpotensi terjangkit.
    Virus menumpang di pakaian, rambut, sepatu, apa saja, dan bertahan beberapa jam sebelum menemukan tubuh manusia untuk dimasuki. Begitu bagian tubuh, umumnya tangan, yang telah bersentuhan dengan droplet, lalu mengucek mata, melap bibir atau hidung, saat itulah virus mendapatkan pintu untuk masuk.

    Menurut saya, sikap cerdas menghadapi Covid-19 adalah dengan membangun kesadaran personal. Bila setiap orang dengan kesadaran sendiri mentaati prokes, merawat stamina, dan bersedia menerima divaksin, maka tidak ada yang perlu ditakuti dari Covid-19. Perlakukan virus sebagai sesama makluk, namun dengan sikap cerdas menjalankan prokes kita tidak perlu lagi khawatir terinfeksi. Jalani prokes bukan karena takut ada pengawasan dan sanksi pemerintah, melainkan karena kita cerdas, yaitu memiliki pengetahuan tentang sifat dan karakter virus corona. Pengetahuan itu membuat kita paham cara mengakrabinya.

    BalasHapus
  64. Nama:Natassya Laili Fatikha Agustina
    Kelas: XI MIPA 2
    No:27

    Menurut pemahaman saya, Virus Corona atau COVID-19 ini merupakan jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

    Cara untuk mencegah penyebaran pandemi virus covid-19;
    1.jaga jarak
    2.rajin cuci tangan
    3.menghindari kerumunan
    4.jika tidak ada kepentingan yang penting jangan keluar rumah
    5.selalu pakai masker
    6.rajin olahraga di rumah dan juga minum vitamin supaya kondisi kekebalan tubuh tetap terjaga

    BalasHapus
  65. Nama:Dewi dianingsih
    Kls:xl MIPA 3
    No:11
    Pendemi covid 19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Corona dapat ditularkan melalui percikan ludah dan penyebaran virus Corona bisa melalui udara, air Borne , gejala covid 19 pun beragam mulai dari flu,panas lebih dari 36°c sesak ,dan batuk ,dan ada juga seseorang terkena virus covid 19 tanpa gejala sama sekali .Selain itu virus Corona juga memberi dampak negatif seperti:
    1.populasi manusia semakin menurun,karena banyak korban virus covid yang meninggal
    2.banyaknya para pekerja yang di PHK , BANYAK nya para pekerja yang PHK KEBUTUHAN ekonominya sulit,sehingga banyak masyarakat yang kelaparan
    3. Para pelajar sulit memahami pelajaran,karena belajar daring

    Sikap dalam menyikapi covid 19
    .sosial distancing
    .mencuci tangan dengan air mengalir,sabun
    . memakai masker
    Hindari kerumunan

    BalasHapus
  66. Nama:Lisa Eka Rahmawati
    No :23
    Kelas: XI MIPA 3


    • COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis Virus ini adalah virus baru dan penyakit yang tidak dikenal sebelum terjadinya wabah di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019.Pendapat saya tentang pandemi covid 19, sangat menyusahkan berbagai pihak dari masyarakat biasa sampai lembaga pemerintahan karena keadaan ini membuat hutang negara menjadi bertambah banyak dan di larangnya masuk sekolah membuat anak sekolah tidak bisa bersosialisasi dengan teman hanya bisa melalui daring, sektor ekonomi yang biasanya bisa stabil dengan adanya lockdown daerah dan ppkm membuat terhambat, tekanan biologis dari dalam diri karena di rumah saja banyak membuat orang bosan, kesepian, stres dan putus asa akan ketidak pastian pandemi corona selesai, namun ada sisi positif banyak orang jadi lebih paham akan teknologi karena lebih banyak sekolah daring dan pada massa ini lebih banyak orang yang belajar tentang teknologi, serta banyak orang memiliki peluang bisnis karena di rumah saja, memiliki hobi baru akibat pendemi kita harus vaksin covid 19 membuat imum kita semakin kuat.

    • Sikap saya dalam menghadapi corona, saya sering membagi waktu untuk keluarga,melakukan hal yang saya sukai di rumah, mengerjakan tugas, menonton hiburan agar betah di rumah saja, jarang keluar rumah bila tidak ada keperluan, memakai masker bila keluar rumah dan rajin mencuci tangan serta menggunakan handsanitaizer,selalu mengikuti anjuran dan aturan dari pemerintah,dan selalu berdoa dan berserah kepada Tuhan.

    BalasHapus
  67. Nama : Nian Puspita Permatasari
    NO : 24
    Kelas : XI MIPA 1

    Covid 19 adalah virus yang mematikan dan dapat menular, virus ini pertama kali muncul di kota Wuhan, China dan menyebar dengan cepat ke negara" lain termasuk indonesia. Virus ini dapat menyebar melalui sentuhan tangan dan percikan air liur. Gejala jika terkena virus ini adalah batuk, sesak nafas, dan demam, tapi ada juga yang terkena virus ini tanpa gejala apapun. Menurut saya, virus ini sangat berbahaya, karena bisa mematikan, virus ini membuat semua sekolah ditutup, semua toko ditutup, kita jadi susah bersosialisasi dengan orang"

    Sikap dalam menghadapi covid 19
    Keluar rumah jika ada kepentingan
    Jika keluar rumah, menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan
    Menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri
    Selalu mencuci tangan dengan air mengalir atau handsanitaizer
    Selalu mematuhi protokol kesehatan

    BalasHapus
  68. Nama:Prima Radhita
    Kelas :XI MIPA 3
    Absen :28

    Pandemi virus Corona sampai saat ini telah menyebar di 210 negara termasuk Indonesia. Bagi Indonesia, ini menjadi tantangan multidimensi. Pemerintah dan masyarakat dihadapkan pada berbagai keputusan sulit baik itu di sektor kesehatan, sosial, ekonomi, maupun politik.

    Upaya untuk menghadapi virus covid-19 sbg berikut
    -menjaga imun dengan baik dengan cara makan makanan yang bergizi dan sehat lalu tidak berfikiran berlebihan tentang virus ini, staysafe and kepphealthy

    BalasHapus
  69. Nama : SUPRA WIBOWO
    No : 34
    Kelas : XI MIPA 2

    Covid 19 atau Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia.
    Upaya untuk menghadapinya adlh:
    -Dengan menggunakan masker.
    -Sering mencuci tangan.
    -Menjaga jarak.
    -Dan menjauhi kerumunan.

    BalasHapus
  70. Nama: Della sekar melati
    No: 9
    Kelas: XI Mipa 2
    Penyakit Virus Corona merupakan penyakit yang menimbulkan gejala berupa gangguan pernapasan. Penyakit ini menjadi sorotan karena kemunculannya di akhir tahun 2019 pertama kali di Wuhan, China. Lokasi kemunculannya pertama kali ini, membuat coronavirus juga dikenal dengan sebutan Wuhan Virus.

    Upaya menghadapi covid-19
    -selalu mematuhi prokes
    -menjaga jarak
    -menjauhi kerumunan
    -selalu mencuci tangan
    -memakai masker
    -menjada imun dengan cara berolahraga

    BalasHapus
  71. Covid-19 merupakan virus yang mematikan saat ini di dunia.Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona yang berasal dari kelelawar,virus corona dapat ditularkan melalui droplet (percikan ludah) dan penyebarannya bisa melalui airborne (udara). Gejala Covid-19 pun beragam, mulai dari panas lebih dari 38 derajat, flu, batuk hingga sesak napas. Meskipun ada pula yg terserang virus tersebut tanpa gejala sama sekali.
    upaya untuk menanggulangi dan menghindari diri dari terpaparnya Covid-19, yaitu dengan menjaga kebersihan. Mulai dari Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS), menggunakan masker, hingga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti berolahraga, makan makanan bergizi, menghindari rokok dan faktor yang mendatangkan stress.jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan

    BalasHapus
  72. Nama : Faroja Mutia Sari
    No: 16
    kelas : XI MIPA 1

    virus Corona adalah penyakit yang menimbulkan gejala berupap gangguankgangguan pernapasan. virus ini pertamatpertama kali muncul tahun 2019 di Wuhan,China. virus ini dapat menular melalui percikan air liur dan sentuhan tangan.

    upaya
    _sesering mungkin mencuci tangan
    -menjaga kebersihan
    -menjaga imun tubuh
    -menjaga jarak
    -memakai masker
    -menjaga pola makan

    BalasHapus
  73. Nama : Fadila Kusnia
    No : 12
    Kelas : XI IPS 3

    Menurut saya, sikap cerdas menghadapi Covid-19 adalah dengan membangun kesadaran personal. Bila setiap orang dengan kesadaran sendiri mentaati prokes, merawat stamina, dan bersedia menerima divaksin, maka tidak ada yang perlu ditakuti dari Covid-19. Perlakukan virus sebagai sesama makluk, namun dengan sikap cerdas menjalankan prokes kita tidak perlu lagi khawatir terinfeksi. Jalani prokes bukan karena takut ada pengawasan dan sanksi pemerintah, melainkan karena kita cerdas, yaitu memiliki pengetahuan tentang sifat dan karakter virus corona. Pengetahuan itu membuat kita paham cara mengakrabinya.

    BalasHapus
  74. Nama: Amanda Amelia Soraya
    No :5
    Kelas : XI Ips 1






    Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.
    Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis.



    Mencuci tangan dengan air sabun atau alkohol
    Mengurangi kontak dengan orang sakit
    Melakukan etika batuk dan pakai masker saat sakit
    Memasak daging dan telur hingga matang
    Menjaga daya tahan tubuh

    BalasHapus
  75. Nama: Amanda Amelia Soraya
    No :5
    Kelas :XI Ips 1





    Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.
    Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis.



    Mencuci tangan dengan air sabun atau alkohol. ...
    Mengurangi kontak dengan orang sakit. ...
    Melakukan etika batuk dan pakai masker saat sakit. ...
    Memasak daging dan telur hingga matang. ...
    Menjaga daya tahan tubuh.

    BalasHapus
  76. Nama :Mia Oktaviana
    kelas:XI IPS 1
    NO. :18


    pandemi covid-19 adalah sebuah epidemi yang telah menyebar ke berbagai benua dan negara, umumnya menyerang banyak orang. Sementara epidemi sendiri adalah sebuah istilah yang telah digunakan untuk mengetahui peningkatan jumlah kasus penyakit secara tiba-tiba pada suatu populasi area tertentu.


    Menurut saya, sikap cerdas menghadapi Covid-19 adalah dengan membangun kesadaran personal. Bila setiap orang dengan kesadaran sendiri mentaati prokes, merawat stamina, dan bersedia menerima divaksin, maka tidak ada yang perlu ditakuti dari Covid-19. Perlakukan virus sebagai sesama makluk, namun dengan sikap cerdas menjalankan prokes kita tidak perlu lagi khawatir terinfeksi. Jalani prokes bukan karena takut ada pengawasan dan sanksi pemerintah, melainkan karena kita cerdas, yaitu memiliki pengetahuan tentang sifat dan karakter virus corona. Pengetahuan itu membuat kita paham cara mengakrabinya.

    BalasHapus
  77. Nama : Nazai Rhodiatul Annisa
    Kelas : X 1 ips 1
    No. : 22

    Menurut saya pendemi covit_19 ini adalah virus yang tapat membuat seseorang jatuh sakit,dan mengakibatkan kematian dengan jumlah yang banyak.selain itu,pandemi covit_19 ini mengakibatkan perekonomuan negara menurun,dan terjadi banyak nya pengangguran karna ter PHK,menurut saya pendemi covit_19 ini sangat meresah kan semua urang,mengakibatkan sekolah di tutup,dan toko toko lain nya di batasi jam kerja.

    Siap yg harus di ambil adalah,kita harus senantiasa mematuhu protokol kesehatan dengan 3M.mencuci tangan dengan air mengalir,dan berjaga jarak,dan tak lupa selalu memakai masker di saat akan keluar rumah,pastikan masker mu tudak kendor.

    BalasHapus
  78. Pandemi adalah penyakit yang menyebar di seluruh dunia. Covid-19 adalah penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja.

    Cara menghadapi pandemi covid-19 dengan cara 5M:
    1. Memakai masker
    2. Menjaga jarak
    3. Menjauhi kerumunan
    4. Mencuci tangan dengan sabun
    5. Menyemprotkan hand sanitizer

    BalasHapus
  79. ALFARIZI DIMAS SAPUTRA31 Agustus 2021 09.55

    Nama : ALFARIZI DIMAS SAPUTRA
    No : 4
    Kelas: XI IPS 1

    Menurut pendapat saya mengenai pandemi Covid-19 adalah penyebaran virus di seluruh dunia termasuk di Indonesia, yang penyebaran nya dari aktivitas yang harus bersentuhan langsung serta dari udara sekitar. Sikap saya mengenai pandemi Covid-19 adalah mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kermunan, menjaga jarak, serta minum vitamin.

    BalasHapus
  80. Nama : Renata Febrianti
    No : 24
    Kelas : XI IPS 3


    Pandemi adalah penyakit yang menyebar di seluruh dunia. Covid-19 adalah penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja.

    Cara menghadapi pandemi covid-19 dengan cara 5M:
    1. Memakai masker
    2. Menjaga jarak
    3. Menjauhi kerumunan
    4. Mencuci tangan dengan sabun
    5. Menyemprotkan hand sanitizer

    BalasHapus
  81. Nama :Hendrian Galih Permana
    No :16
    Kelas :XI IPS 2


    pandemi adalah suatu wabah penyakit yang menyebabkan berbagai negara terkena dampaknya seperti sekarang ini pandemi covid-19 masih ada dan tak lupa bahwa kita sedang dimasa PPKM yang dari dulu sudah dilaksanakan.PPKM ini bertujuan untuk mengurangi kegiatan kita diluar rumah agar tidak terkena virus covid-19.

    Maka dari itu kita tidak lupa akan hal 3M
    -memakai masker
    -menjaga jarak
    -mencuci tangan



    BalasHapus
  82. WAHYU HANDAYANI XI IPS 331 Agustus 2021 10.36

    Nama: Wahyu Handayani
    Kelas : XI IPS 3
    No : 29

    Menurut saya, virus corona atau disebut juga dengan covid-19 merupakan virus yang mengakibatkan terjadinya infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu.

    Caranya menghadapi Cukup menaati protokol kesehatan yang berlaku seperti berdisiplin memakai masker, jaga jarak, jauhi kerumunan, sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand-sanitizer setiap bersentuhan dengan orang lain atau benda-benda publik, sudah akan mencegah kita dari kemungkinan tertular.

    BalasHapus
  83. Nama : Diazvika Ayu Yudhistiana
    No : 12
    Kelas : XI MIPA 1

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.
    Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis.

    Upaya untuk menghindari covid-19
    • Terapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain.
    • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
    • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.
    • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi ,berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, dan mencegah stres.
    • Hindari kontak dengan penderita COVID-19.
    • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.

    BalasHapus

  84. Nama:Febiana Istiyaningsih
    Nomer:15
    Kelas:XI IPS 4


    Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah kerendahhatian dari seluruh elemen masyarakat untuk menyerahkan penanganan pandemi Covid-19 kepada pihak-pihak yang memiliki otoritas terkait seperti WHO, Kemenkes dan pemerintah (via Satgas Pencegahan Covid-19). Selebihnya, lembaga-lembaga non-otoritatif harus “tahu diri” untuk tidak mengintervensi lembaga-lembaga otoritatif dan memperburuk situasi. Ada sebuah ungkapan populer, jika Anda tidak dapat membantu menyelesaikan masalah maka jangan menjadi bagian dari masalah tersebut.

    Sikap menghadapi virus covid-19:Kita harus mencuci tangan,menjaga kebersihan,Memakai masker,buang sampah pada tempatnya.

    BalasHapus
  85. Nama: Landhung Budi Wardono
    Absen:22
    Kelas:XI MIPA 1


    Pendapat saya tentang pandemi covid 19 ini sangat menganggu kepada semua masyarakat contohnya seperti warga warga yang ingin bekerja mencari nafkah Karena banyak warga kesulitan untuk mencari nafkah,sekolah menjadi online sehingga banyak anak anak tidak bisa untuk sekolah karena harga handphone pun juga mahal sehingga banyak anak putus sekolah

    Sikap untuk menghadapi virus covid 19 ini kita harus sering sering mencuci tangan setelah keluar dari rumah,saat keluar rumah harus menggunakan masker seperi yang di anjurkan oleh pemerintah,olahraga juga penting untuk menjaga imun tubuh dan makan makan yang bergizi

    BalasHapus
  86. Nama : Bima Adi Dharma
    No : 07
    Kelas: XIMPA1

    Pendapat saya tentang pandemi covid-19 ini sangat memperhatnkan untuk seluruh dunia , sebagaimana pandemi ini sudah berlangsung sangat lama , dan mengganggu ekonomi masyarakat untuk berkerja mencari nafkah untuk keluarganya, sekolah yang harus di tutup karena pandemi ini , banyak anak anak sekolah yang mengeluhkan hal ini karena sekolah terus daring tidak ada biaya buat beli kuota susah sinyal dll

    Sikap saya untuk menghadapi pandemi covid-19 ini adalah , sering kali mencuci tangan dengan sabun, pakai masker ketika keluar rumah , jaga jarak minimal 1 meter , tidak berkerumun , ikuti protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah , dan kita juga harus bisa menjaga imun tubuh diri kita sendiri makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup

    BalasHapus
  87. Nama : Imelda Rahmawati
    Kelas : X1 MIPA 2
    No : 19

    Wabah virus merupakan bahaya yang nyata dan dapat menginfeksi siapa saja dengan begitu cepat.Gejala yang ditimbulkan memang memiliki kemiripan dengan flu biasa tetapi akan sangat berbahaya dan mengancam. Jiwa jika menginfeksi orang orang yang memiliki masalah kesehatan lain.

    Cara menghadapi penyebaran covid adalah dengan bekerja sama memutus rantai penyebarannya dengan melakukan physical distancing, sosial distancing,sering mencuci tangan,dan selalu menjaga sistem imun tubuh.

    BalasHapus
  88. Fenomena wabah virus corona (covid-19) yang muncul di awal tahun 2020 ini semakin lama semakin membuat kekhawatiran di seluruh dunia. Bagaimana tidak, virus yang muncul pertama kali di kota Wuhan provinsi Hubei China ini telah memakan korban lebih dari 2600 nyawa dan menginfeksi sekitar 80.000 jiwa atau lebih.

    Virus yang sampai saat ini belum ditemukan penangkalnya telah merambah hampir ke seluruh negara-negara besar di dunia. Mulai dari China, Korea Selatan, Singapura dan lainnya di daratan Asia, hingga ke Italia,Prancis dan lainnya di daratan Eropa. Dan beberapa waktu lalu Presiden Jokowi mengumumkan bahwa kasus virus corona telah menjangkit dua warga Indonesia.

    Akibat virus ini, disamping korban yang terus berjatuhan yang mana angkanya telah mendekati hampir ratusan ribu jiwa baik yang meninggal ataupun yang terinfeksi, jutaan manusia lainnya terancam terkena wabah mematikan ini. Di samping itu, tercatat ratusan kota diisolasi, ribuan jalur penerbangan ditutup, bahkan secara khusus Negara Arab Saudi menghentikan sementara kedatangan jamaah umroh guna mengantisipasi tersebarnya wabah ini di dua tanah suci.

    Sebagai seorang muslim dalam menyikapi wabah virus corona yang sedang mewabah saat ini:

    1. Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah.
    2. Berikhtiar dengan melakukan pencegahan.
    3. Bertawakkal kepada Allah.
    4. Yakin kepada Allah akan kesembuhan.


    Nama : Zaskia Raisa Rahmawati
    No : 31
    Kelas : XI IPS 4

    BalasHapus
  89. Nama : Ahmad Nur Mujahid
    Kelas : XI IPA 3
    No absen : 2

    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020.

    Cara menghadapi pandemi covid-19 yang tepat yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.
    -mencuci tangan
    -menjaga jarak
    -memakai masker
    Dan selalu berfikir positif serta banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  90. Nama: Rizky Muhammad
    No: 33
    Kelas: XI MIPA 4


    Kita harus menjaga kesehatan diri sendiri dengan, muncuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, tidak keluar rumah kalo tidak penting, dan menjauhi kerumunan. Dengan cara itu kita dapat terhindar dari virus covid 19

    BalasHapus
  91. Nama : Desi Lutfiana W
    No. : 10
    Kelas. : XI MIPA 2


    Akhir-akhir ini berbagai negara di dunia, tengah dikejutkan dengan wabah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus bernama corona atau lebih dikenal dengan istilah Covid-19 (Corona Virus Disease-19). Wabah  virus ini memang penularannya sangat cepat menyebar ke berbagai negara di dunia. Sehingga oleh World Health Organization (WHO), menyatakan wabah penyebaran virus covid-19 sebagai pandemi dunia.

    Menurut saya, sikap cerdas menghadapi Covid-19 adalah dengan membangun kesadaran personal. Bila setiap orang dengan kesadaran sendiri mentaati prokes, merawat stamina, dan bersedia menerima divaksin, maka tidak ada yang perlu ditakuti dari Covid-19. Perlakukan virus sebagai sesama makluk, namun dengan sikap cerdas menjalankan prokes kita tidak perlu lagi khawatir terinfeksi. Jalani prokes bukan karena takut ada pengawasan dan sanksi pemerintah, melainkan karena kita cerdas, yaitu memiliki pengetahuan tentang sifat dan karakter virus corona. Pengetahuan itu membuat kita paham cara mengakrabinya.

    Virus corona memang cerdas. Tetapi, manusia lebih cerdas, bukan?

    BalasHapus
  92. Nama: Syakira luvita sari
    No:29
    Kls:Xl MIPA 1


    Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. virus ini memang penularannya sangat cepat menyebar ke berbagai negara di dunia. Sehingga oleh World Health Organization (WHO), menyatakan wabah penyebaran virus covid-19 sebagai pandemi duni yang ditularkan melalui droplet (percikan ludah) dan penyebarannya bisa melalui airborne (udara). Gejala Covid-19 pun beragam, mulai dari panas lebih dari 38 derajat, flu, batuk hingga sesak napas. Meskipun ada pula yg terserang virus tersebut tanpa gejala sama sekali.Meski begitu, ada banyak upaya untuk menanggulangi dan menghindari diri dari terpaparnya Covid-19.

    Dengan cara contohnya, menjaga kebersihan. Mulai dari Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS), menggunakan masker,menjaga jarak,perilaku hidup bersih dan sehat(PHBS),berolahraga,menghindari rokok dan faktor yang mendatangkan stress.

    Mari kita lebih peduli lagi terhadap kesehatan dan kebersihan diri dan sekitar, agar tidak terpapar Covid-19.

    BalasHapus
  93. Nama=ANDIKA TAMA
    No=4
    Kelas=XI MIPA 3

    PERTANYAAN
    Bagaimana pendapat kalian tentang pandemi covid-19 ini?Bagaimana sikap kalian menghadapinya?

    JAWABAN KU
    •pendapatku tentang covid- 19 Yaitu Pada saat ini, dunia sedang menghadapi masalah besar. Berawal dari munculnya suatu wabah penyakit yang disebabkan oleh virus, yaitu virus corona yang akrab disebut Covid 19, hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan-perubahan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan.

    Dunia perekonomian semakin lemah, hubungan sosial semakin menurun yang menyebabkan kurangnya interaksi dan kepedulian terhadap sesama,
    Semuanya telah merasakan dampak dari virus covid 19 ini, terutama pada dunia pendidikan.

    •Sikapku dalam menghadapi covid-19 yaitu mematuhi peraturan pemerintah yaitu jaga jarak ,selalu cuci tangan,dan melakukan isolasi mandiri dirumah,dan jangan berpergian

    BalasHapus
  94. Nama : Nokhaita
    Kelas : XI MIPA 3
    No : 26

    Menurut saya tentang Penyakit virus Corona (COVID-19) ialah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.
    Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis.

    Cara menghadapi :
    1.Mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 40-60 detik.
    2.Menggunakan hand sanitizer berbahan alkohol bila tidak tersedia air dan sabun.
    3.Menutup mulut dan hidung saat batuk serta bersin.
    4.Tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.
    5.Tetap di rumah saat merasa tidak enak badan.

    BalasHapus
  95. Nama : Tiara Setiani
    Kelas : XI MIPA 1
    No. : 30


    Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus ini adalah virus baru dan penyakit yang tidak dikenal sebelum terjadinya wabah di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019.
    Telah mengidentifikasi virus baru, yaitu virus Corona, yang merupakan famili virus flu, seperti virus SARS dan MERS.

    Pencegahan Penularan Covid-19
    1. Cuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir sesuai dengan standar WHO.
    2. Hindari kerumunan/keramaian .
    3. Jaga posisi jarak dengan orang lain.
    4. Hindari melakukan kontak langsung dengan orang yang sakit.
    5. Konsumsi secara rutin vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh saat sehat dan mempercepat penyembuhan saat sedang sakit.
    6. Gunakan masker saat keluar rumah.
    7. Membersihkan dan mendisinfeksi secara berkala barang-barang yang sering disentuh.

    BalasHapus
  96. Nama : Tiara Setiani
    Kelas: XI MIPA 1
    No. : 30


    Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus ini adalah virus baru dan penyakit yang tidak dikenal sebelum terjadinya wabah di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019.
    Telah mengidentifikasi virus baru, yaitu virus Corona, yang merupakan famili virus flu, seperti virus SARS dan MERS.

    Pencegahan Penularan Covid-19
    1. Cuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir sesuai dengan standar WHO.
    2. Hindari kerumunan/keramaian .
    3. Jaga posisi jarak dengan orang lain.
    4. Hindari melakukan kontak langsung dengan orang yang sakit.
    5. Konsumsi secara rutin vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh saat sehat dan mempercepat penyembuhan saat sedang sakit.
    6. Gunakan masker saat keluar rumah.
    7. Membersihkan dan mendisinfeksi secara berkala barang-barang yang sering disentuh.

    BalasHapus
  97. Nama: Djil Jian Khusnul Khotimah
    Kelas: XI MIPA 3
    No: 13

    Covid-19 adalah penyakit menular yang di sebabkan oleh virus SARS- COV-2.
    Sebagian besar orang yang tertular covid-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang dan akan pulih tanpa penanganan khusus.
    Namun sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis.

    Pencegahan covid-19 yaitu dengan cara rajin mencuci tangan, menggunakan masker setiap keluar rumah dan tidak berkerumun.

    BalasHapus
  98. NAMA : ZAKY AMMAR AN NAUFAL
    NO : 35
    KELAS : XI MIPA 1

    Akhir-akhir ini berbagai negara di dunia, tengah dikejutkan dengan wabah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus bernama corona atau lebih dikenal dengan istilah Covid-19 (Corona Virus Disease-19). Wabah virus ini memang penularannya sangat cepat menyebar ke berbagai negara di dunia. Sehingga oleh World Health Organization (WHO), menyatakan wabah penyebaran virus covid-19 sebagai pandemi dunia.

    Sebagai dampak dari pandemi covid-19 ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Upaya yang dilakukan pemerintah, adalah sebagai berikut :

    Physical Distancing | Social Distancing
    Yaitu himbauan untuk menjaga jarak diantara masyarakat, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang.

    Work From Home (WHO)
    Kebijakan ini merupakan upaya yang diterapkan kepada masyarakat agar dapat menyelesaikan segala pekerjaan dari rumah. Pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pandemi covid-19 tersebut.

    Dengan adanya pembatasan interaksi, Kemendikbud mengeluarkan kebijakan meliburkan sekolah dan mengganti Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

    Penerapan suatu kebijakan baru, tentu ada sisi negatif maupun sisi positifnya. Adapun permasalahan dari adanya sistem PJJ antara lain

    Akses informasi yang terkendala oleh jaringan yang menyebabkan lambatnya dalam mengakses informasi.
    Siswa mengeluh karena tugas yang diberikan oleh guru lebih banyak dari pembelajaran tatap muka.
    Penerapan pembelajaran online juga membuat pendidik berpikir kembali, mengenai model dan metode pembelajaran yang akan diterapkan.
    Dibalik masalah dan keluhan tersebut, tentunya juga terdapat hikmah pembelajaran jarak jauh yang diterapkan saat ini, antara lain

    Siswa maupun guru mendapatkan kuota internet gratis guna menunjang pembelaran sekolah.
    Siswa maupun guru dapat menguasai teknologi untuk menunjang pembelajaran daring. Di era disrupsi teknologi yang semakin canggih ini, guru maupun siswa dituntut agar memiliki kemampuan dalam bidang teknologi pembelajaran.
    Dengan adanya kebijakan WFH, maka mampu memaksa dan mempercepat mereka untuk menguasai teknologi pembelajaran secara digital sebagai kebutuhan bagi mereka.
    Walaupun pendidikan di Indonesia ikut terdampak adanya pandemi covid-19 ini, namun dibalik semua itu tentu terdapat pelajaran yang dapat diambil. Adanya kebijakan pemerintah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh melalui online, maka dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kesadaran dalam menguasai teknologi saat ini dan mengatasi permasalahan proses pendidikan di Indonesia. Semoga pandemi ini cepat berlalu.

    Dimasa New Normal seperti ini ingat selalu pesan ibu, keluar rumah kalau penting saja. Dan ingat untuk selalu 3M. 3M sangat mudah untuk dilakukan dan bisa memutus rantai penyebaran virus Corona. Yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak. Mudah kan…

    BalasHapus
  99. Nama:Alvyana Ajira Putri
    Absen:03
    Kelas:XI MIPA 1
    Adanya Corona virus yang menyebar dipenjuru dunia membuat resah semua orang dan tidak bisa bertemu keluarga perekonomian pun mulai menurun, uang mulai menipis.
    Sikap saya menghadapinya: saya tetap taat peraturan pemerintah, menjaga pratokol kesehatan, dirumah saja tidak keluar keluar kalau tidak penting dan selalu cuci tangan, pakai masker jika bepergian

    BalasHapus
  100. Nama : Nacgwa Dewi Sekar Arij
    Kelas XI IPS 1

    Virus corona atau COVID -19 merupakan pandemi yang pertama kali ditemukan didaerah Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019 lalu. Virus ini menyerang dengan cepat dan menyebar lewat berbagai wilayah. Virus ini mampu menginfeksi sistem pernapasan, kemudian virus ini mampu menginfeksi jika imun tubuh lemah dan dapat berujung pada kematian.

    Oleh karena itu, sikap harus dihadapi untuk penyebaran COVID -19 :
    1. Menerapkan jaga jarak minimal 1 meter.
    2. Menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
    3. Mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer setelah beraktifitas.
    4. Meningkat kan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat.
    5. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.