Masalah Sosial - Dampak dan Upaya Pemecahan Masalah


DAMPAK  MASALAH SOSIAL

Dalam lingkungan masyarakat pasti terdapat berbagai macam permasalahan sosial. Contoh masalah sosial di masyarakat, seperti kenakalan remaja, masalah kependudukan, masalah pencemaran lingkungan, masalah kesehatan masyarakat maupun masalah sosial lainnya. Adanya berbagai masalah sosial di lingkungan masyarakat dapat membawa dampak bagi masyarakat itu sendiri. Tidak hanya dampak yang bersifat negatif tetapi masalah sosial juga mempunyai dampak yang bersifat positif.

Adapun dampak yang bersifat negatif dari adanya permasalahan sosial di masyarakat, antara lain: 
a. Meningkatnya tingkat kriminalitas. 
b. Adanya kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin. 
c. Adanya perpecahan kelompok. 
d. Munculnya perilaku menyimpang. 
e. Meningkatkan pengangguran. 
f. Banyak terjadinya Bencana akibat kerusakan lingkungan, dll.

Dampak positif adanya masalah sosial antara lain :
a. Potensi Munculnya Nilai dan Norma Baru
Gejala sosial bisa menjadi penanda bahwa ada nilai dan norma masyarakat yang sudah ketinggalan zaman. Sehingga munculnya gejala sosial diharapkan dapat memunculkan nilai dan norma baru yang sesuai dengan perkembangan zaman.

b. Adanya Upaya Mewujudkan Kesetaraan Gender
Perkembangan zaman di masyarakat akan meningkatkan kesadaran bahwa laki-laki dan perempuan memiliki hak asasi yang sama sebagai manusia. Ini jelas merupakan pertanda yang baik karena dengan adanya kesetaraan gender, tidak ada lagi ketimpangan atau judgement dari lingkungan terhadap suatu gender.

c. Adanya Diferensiasi Struktural
Diferensiasi struktural ini mengacu kepada berkembangnya lembagalembaga sosial baru. Berbagai macam kebutuhan di masyarakat yang semakin kompleks membutuhkan wadah dan lembaga baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

d. Tingkat Pendidikan Formal Semakin Tinggi dan Merata
Gejala sosial yang berhasil diatasi akan membawa pemahaman bahwa “pendidikan itu penting”. Akibatnya, masyarakat akan lebih aware terhadap pendidikan dan berusaha untuk mendapatkan akses pendidikan, khususnya pendidikan formal, yang lebih baik lagi.

e. Meningkatnya Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pendidikan, munculnya berbagai penelitian ilmiah terkait gejala sosial yang telah terjadi semakin menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf hidup.

f. Berkembangnya Industrialisasi
Ketika masyarakat sudah mendapatkan pendidikan yang baik, produktivitas masyarakat pun akan meningkat dengan sendirinya. Hal ini mengakibatkan industri-industri semakin berkembang menjadi lebih baik.

g. Kesadaran Politik Semakin Tinggi
Masyarakat yang terdidik umumnya akan menyadari pentingnya kontribusi setiap individu dalam praktek politik. Tingginya kesadaran politik ini ditandai dengan meningkatnya partisipasi dalam politik praktis.

h. Perlindungan terhadap Kebebasan dalam Kehidupan Beragama
Gejala sosial memberi pelajaran pada masyarakat akan pentingnya hidup berdampingan dan menghormati keanekaragaman. Dengan begitu, diharapkan akan munculnya kerukunan antar umat beragama yang berujung pada terwujudnya kebebasan beragama secara hakiki.

PEMECAHAN MASALAH SOSIAL 

Dalam ilmu sosial pada umumnya pemecahan masalah sosial dilakukan dengan dua pendekatan yaitu dengan prefentif dan represif. Pendekatan represif lebih banyak digunakan yaitu setelah suatu gejala dapat dipastikan sebagai masalah sosial, barulah diambil tindakan-tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Sedangkan pendekatan preventif merupakan tindakan-tindakan upaya pencegahan agar gejala dan penyebab masalah sosial tidak terjadi. Dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial tidak bisa hanya dilihat dari satu aspek saja tetapi harus juga melihat aspek lain yang mempengaruhinya.

a. Upaya mengatasi kenakalan Remaja
Usaha-usaha pencegahan kenakalan remaja dapat dilakukan dengan cara moralitas maupun abolisionalistis. Cara moralistis menekankan pada upaya pembentukan dan pembinaan moral dan mental remaja, yang dapat dilakukan melalui penyuluhan kesadaran hukum bagi anak dan remaja, penanaman rasa tanggungjawab sosial, penanaman kesadaran beragama dan penyuluhan tentang sebab-musabab kenakalan remaja. Cara abolisionalitis dalam pencegahan kenakalan remaja dilakukan dengan mengurangi sebabsebab yang mendorong anak remaja melakukan perbuatan delinkuen. Selain itu upaya pencegahan kenakalan remaja juga dapat dilakukan dengan cara berusaha mengerti pribadi anak dan minatnya serta memberikan cinta kasih yang simpatik.

Langkah-langkah lain yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengatasi terjadinya kenakalan remaja adalah :

1) Mengedepankan Keteladanan. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini. Untuk itu diperlukan perilaku-perilaku keteladanan dari orang dewasa atau para orang tua. Keteladanan dapat mendorong remaja untuk meniru atau mengadaptasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 

2) Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang positif dan membawa kepada kebaikan baik untuk saat sekarang maupun untuk menyongsong masa depannya. 

3) Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja. 

4) Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul. 

5) Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.

b. Upaya Dalam Mengatasi Kesenjangan Sosial  
Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada di masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok. Dalam hal kesenjangan sosial sangatlah mencolok dari berbagai aspek misalnya dalam aspek keadilanpun bisa terjadi. Antara orang kaya dan miskin sangatlah dibedakan dalam aspek apapun, orang desa yang merantau dikotapun ikut terkena dampak dari hal ini, memang benar kalau dikatakan bahwa “ Orang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin”. Adanya ketidak pedulian terhadap sesama ini dikarenakan adanya kesenjangan yang terlalu mencolok antara yang “kaya” dan yang “miskin”. Banyak orang kaya yang memandang rendah kepada golongan bawah, apalagi jika ia miskin dan juga kotor, jangankan menolong, sekedar melihatpun mereka tidak mau.

Solusi yang dapat ditempuh menitikberatkan kepada hal-hal berikut : 
1) Kebijakan pemerintah harus menekankan kepada peningkatan/perbaikan infrastruktur desa terutama pada desa-desa yang kondisi geografisnya tidak menguntungkan. 

2) Akses terhadap pendidikan, informasi dan kesehatan gratis harus menjadi prioritas bagi pemerintah sehingga akselerasi pembangunan dapat terwujud dengan efektif. 

3) Pemerintah perlu memberikan bantuan modal bagi masyarakat. 

4) Segregasi atau eksklusi terhadap masyarakat pedesaan baik dari aspek etnik, suku, agama, gender dan sejenisnya harus dihapuskan. 

c. Upaya Mengurangi Pengangguran
Pengangguran bukan lagi masalah pribadi, namun menjadi masalah bersama yang harus diatasi baik pemerintah, perusahaan, organisasi, dan masyarakat sekitar. Menurunkan angka pengangguran menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama untuk meningkatkan kinerja ekonomi negara. Karena pengangguran merupakan kondisi yang memprihatinkan dan dapat membahayakan perekonomian suatu negara, maka harus dilakukan pencegahan atau paling tidak mengurangi angka pengangguran yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan kerjasama pemerintah, lembaga terkait, pengusaha, instansi dan masyarakat.

Solusi yang dilakukan agar dapat mengurangi angka pengangguran ini setiap tahunnya akan semakin sulit seiring meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan mempengaruhi besarnya angka pengangguran. Setiap waktu harus diperbaharui agar selalu update dengan keadaan kenyataan yang ada. 

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada, yaitu : 
1) Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya 
2) Meningkatkan peredaran modal usaha 
3) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan  
4) Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri 
5) Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian 
6) Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja. 
Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan kerjasama dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah tetapi juga dari pengusaha, masyarakat. 

d. Upaya Penanggulangan Virus (Covid-19) 
Pemeritah secara resmi menetapkan wabah virus corona (Covid-19) sebagai Bencana Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Covid-19 Sebagai Bencana Nasional.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19 : 
1) Cuci tangan Anda secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol. 
2) Selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin. 
3) Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan. 
4) Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda. 
5) Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu. 
6) Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan. 
7) Jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis. 

Guna memastikan apakah gejala-gejala tersebut merupakan gejala dari virus Corona, diperlukan rapid test atau PCR. Untuk dapat melakukan rapid test atau PCR, Ananda dapat pergi ke lab. Rumah Sakit atau laboratorium resmi di daerah Ananda. 

RANGKUMAN 

Dampak Masalah Sosial
Dampak yang bersifat negatif dari adanya permasalahan sosial di masyarakat, antara lain: 
1. Meningkatnya tingkat kriminalitas. 
2. Adanya kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin. 
3. Adanya perpecahan kelompok. 
4. Munculnya perilaku menyimpang. 
5. Meningkatkan pengangguran. 
6. Banyak terjadinya bencana akibat kerusakan lingkungan.

Dampak positif adanya masalah sosial antara lain :  
1. Potensi Munculnya Nilai dan Norma Baru 
2. Adanya Upaya Mewujudkan Kesetaraan Gender 
3. Adanya Diferensiasi Struktural 
4. Tingkat Pendidikan Formal Semakin Tinggi dan Merata 
5. Meningkatnya Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 
6. Berkembangnya Industrialisasi 
7. Kesadaran Politik Semakin Tinggi 
8. Perlindungan terhadap Kebebasan dalam Kehidupan Beragama 
 
Pemecahan Masalah Sosial 
Upaya mengatasi kenakalan Remaja. Usaha-usaha pencegahan kenakalan remaja dapat dilakukan dengan cara moralitas maupun abolisionalistis. Cara moralistis menekankan pada upaya pembentukan dan pembinaan moral dan mental remaja, yang dapat dilakukan melalui penyuluhan kesadaran hukum bagi anak dan remaja. 

1. Upaya Dalam Mengatasi Kesenjangan Sosial. Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada di masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok. Dalam hal kesenjangan sosial sangatlah mencolok dari berbagai aspek misalnya dalam aspek keadilanpun bisa terjadi.

2. Upaya Mengurangi Pengangguran. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada, yaitu : 
a. Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. 
b. Meningkatkan peredaran modal usaha, 
c. Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan . 
d. Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri. 
e. Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian. 
f. Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.

3. Upaya Penanggulangan Virus (Covid-19)  Untuk mencegah penyebaran COVID-19 : 
a. Cuci tangan Anda secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol. 
b. Selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin. 
c. Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan. 
d. Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda. 
e. Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu. 
f. Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan. 
g. Jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis.

Referensi: Tri Ady Indrawan. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Masalah Sosial - Dampak dan Upaya Pemecahan Masalah Masalah Sosial - Dampak dan Upaya Pemecahan Masalah Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on September 15, 2021 Rating: 5

103 komentar:

  1. Nama : Fatma Dwi Nuraini
    No : 13
    Kelas : XI IPS 3
    1. Mengapa pengangguran hanya bisa di kurangi, tidak bisa di Selesaikan dengan tuntas ?
    Karena ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa di kurangi seperti meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih, oleh sebab itu pengangguran akan terus ada.
    Yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengangguran :

    a) Membuka lapangan kerja yang banyak
    b) Meningkatkan peredaran
    modal usaha
    c) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    d) Melatih para pencari kerja
    untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    e) Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian
    f) Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  2. 1.Mengapa pengangguran hanya di kurangi, tidak bisa di selesaikan dengan tuntas?

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.
    •beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran:
    1.Membuka Lapangan Kerja.
    2.Meningkatkan Peredaran Modal Usaha.
    3.Menempatkan Pencari Kerja di Tempat yang Tepat.
    4.Melatih Para Pencari Kerja untuk Membuat Usaha Sendiri.
    5.Memberikan Penyuluhan ke Masyarakat.
    6.Memberi pelatihan sertifikasi ke pencari kerja

    BalasHapus
  3. Nama: Marsella Nur Apriliana
    Kelas: Xl Mipa 2
    No:24



    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.



    BalasHapus
  4. Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    BalasHapus
  5. NAMA : ZAKY AMMAR AN NAUFAL
    NO : 35
    KELAS: XI MIPA 1


    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa diselesaikan tuntas?

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
    1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja.
    3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
    4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
    5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmansyah
      Kelas : XI IPS 1
      No Absen : 3

      Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa diselesaikan tuntas?

      Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.

      Hapus
  6. Nama : Maeva Putri Ana
    No : 19
    Kelas : XI IPS 4


    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi, tidak bisa di selesaikan dengan tuntas?


    Karena masih banyak pengangguran yang tidak memiliki keterampilan dalam bidang pekerjaan tertentu yang menyebabkan mereka tidak bisa berkerja. Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil.

    Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran:

    1) Membuka Lapangan Kerja.
    2) Meningkatkan Peredaran Modal Usaha.
    3) Menempatkan Pencari Kerja di Tempat yang Tepat.
    4) Melatih Para Pencari Kerja untuk Membuat 5) Usaha Sendiri.
    6) Memberikan Penyuluhan ke Masyarakat.

    BalasHapus
  7. Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
    1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja.
    3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
    4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
    5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang.

    BalasHapus
  8. Nama : Candra Dwi Cahyono
    Kelas : XI IPS 1
    Absen : 10

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
    1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja.
    3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
    4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
    5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang.

    BalasHapus
  9. KIARA MAWAR SARON22 September 2021 07.52

    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi,tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Pengangguran tidak dapat diselesaikan secara tuntas,tapi dapat diatasi sehingga keadaan perekonomian stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan oleh kurangnya lowongan pekerjaan,tapi disebabkan oleh :
    a.faktor pendidikan.
    b.kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.
    c.faktor kemiskinan.
    d.adanya keterbatasan lapangan kerja.
    nah upaya yang dapat mengurangi pengangguran seperti:
    1.membuka lapangan kerja sebanyak banyaknya
    2.meningkatkan peredaran usaha
    3.menempatkan para pencari kerja ketempat yang sesuai dengan kemampuan
    4. training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon kerja.


    nama:Kiara Mawar Saron
    kelas: XI IPS 1
    ABSEN: 17

    BalasHapus
  10. Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.

    BalasHapus
  11. Nama : Roficho Tullailiyah
    Kelas : XI IPS 1
    No absen : 27

    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi,tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Jawab :
    Pengangguran tidak dapat diselesaikan secara tuntas,tapi dapat diatasi sehingga keadaan perekonomian stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan oleh kurangnya lowongan pekerjaan,tapi disebabkan oleh :
    a.faktor pendidikan.
    b.kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.
    c.faktor kemiskinan.
    d.adanya keterbatasan lapangan kerja.
    nah upaya yang dapat mengurangi pengangguran seperti:
    1.membuka lapangan kerja sebanyak banyaknya
    2.meningkatkan peredaran usaha
    3.menempatkan para pencari kerja ketempat yang sesuai dengan kemampuan
    4. training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon kerja.

    BalasHapus
  12. NAMA : RIRIN RANA BILA
    KELAS: XI MIPA 3
    NO : 30

    -MENGAPA PENGANGGURAN HANYA BISA DIKURANGI, TETAPI TIDAK BISA DISELESAIKAN DENGAN TUNTAS??

    JAWAB:
    Karena ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa dikurangi seperti meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih, oleh sebab itu pengangguran akan terus ada.

    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada:
    a. Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya
    b. Meningkatkan peredaran modal usaha
    c. Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    d. Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    e. Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungan dengan perekonomian.

    BalasHapus
  13. Karena pengangguran merupakan kondisi yang memprihatinkan dan dapat membahayakan perekonomian suatu negara, maka harus dilakukan pencegahan atau paling tidak mengurangi angka pengangguran yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan kerjasama pemerintah, lembaga terkait, pengusaha, instansi dan masyarakat.

    BalasHapus
  14. Nama:Nurul Hidayatullah
    No :27
    Kelas:XI MIPA 3



    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa diselesaikan tuntas?

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
    1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja.
    3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
    4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
    5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang

    BalasHapus
  15. NAMA:ADITYA DWI SAPUTRA
    NO:01
    KELAS:XI IPS 2


    1.mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?


    Pengangguran tidak dapat diselesaikan secara. tuntas,tapi dapat diatasi sehingga keadaan perekonomian stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan oleh kurangnya lowongan pekerjaan,tapi disebabkan oleh :
    a.faktor pendidikan.
    b.kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.
    c.faktor kemiskinan.
    d.adanya keterbatasan lapangan kerja.
    nah upaya yang dapat megurangi pengangguran seperti:
    1.membuka lapangan kerja sebanyak banyaknya
    2.meningkatkan peredaran usaha
    3.menempatkan para pencari kerja ketempat yang sesuai dengan kemampuan
    4. training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon kerja.

    BalasHapus
  16. WAHYU HANDAYANI XI IPS 322 September 2021 09.21

    Nama:Wahyu Handayani
    Kelas:XI IPS 3
    No :29

    Pengangguran hanya dapat dikurangi seiring meningkatnya para pencari
    kerja dan jumlah angkatan kerja baru di setiap tahunnya, kebutuhan
    perusahaaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari
    tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan
    mempengaruhi besarnya angka pengangguran. Sedangkan lapangan kerja
    yang tersedia terbatas bahkan di masa tertentu seperti sekarang pandemi
    ini justru banyak perusahaan yang mengurangi jumlah karyawannya.

    BalasHapus
  17. Nama;bintang ariesta anggoro
    Kelas:XI IPS. 2
    No:8
    Pengangguran dapat di kurangiseiring meningkatnya para pencari kerja. Sedangkan lapangan kerja yang dapat tersedia tidak banyak di saat pandemi seperti sekarang

    BalasHapus
  18. Nama: Auliya Qaida Hadiningsih
    No.Absen: 07
    Kelas: XI MIPA 2

    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa di selesaikan dengan tuntas?
    Jawab= Upaya Mengurangi Pengangguran
    Pengangguran bukan lagi masalah pribadi, namun menjadi masalah bersama yang harus diatasi baik pemerintah, perusahaan, organisasi, dan masyarakat sekitar. Menurunkan angka pengangguran menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama untuk meningkatkan kinerja ekonomi negara. Karena pengangguran merupakan kondisi yang memprihatinkan dan dapat membahayakan perekonomian suatu negara, maka harus dilakukan pencegahan atau paling tidak mengurangi angka pengangguran yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan kerjasama pemerintah, lembaga terkait, pengusaha, instansi dan masyarakat.

    Solusi yang dilakukan agar dapat mengurangi angka pengangguran ini setiap tahunnya akan semakin sulit seiring meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan mempengaruhi besarnya angka pengangguran. Setiap waktu harus diperbaharui agar selalu update dengan keadaan kenyataan yang ada.

    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada, yaitu :
    1) Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya
    2) Meningkatkan peredaran modal usaha
    3) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    4) Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    5) Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian
    6) Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.
    Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan kerjasama dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah tetapi juga dari pengusaha, masyarakat.

    BalasHapus
  19. Nama :rani dwi cahya kusuma
    No. :25
    Kelas:XI IPS 4

    Karena Banyak faktoryangmendukungterhadappermasalahanpengangguran,antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaranseperti kurangnya lapangan kerjaPengangguran memang tidakdapat dihapuskan secara totaldalam waktu singkat, tetapisetidaknya dapat ditekan sehinggakeadaan perekonomian dapatstabil. Pengangguran tidak hanyadisebabkan karena kurangnyalowongan pekerjaan, tetapi jugadisebabkan oleh kurangnyaketerampilan yang dimiliki olehpencarikerja.Pertumbuhanyangcepatbanyakpendudukmenciptakanpengangguran dan meningkatkankerja yang tidak diimbangi denganperluasan kesempatan kerja.Untuk mengatasi masalahpengangguran pemerintah telahmembuat 5 kebijakan. Antara lain:ekonomi makro, agar merangsangyangkemudian bisa menciptakanlapangan kerja baru.1. Mengubah kebijakan politikpertumbuhan ekonomi2. Membuat kebijakan fiskal danmoneterterhadap tenaga kerja.yang juga ramah3.Kebijakanketiga,membangkitkan kembali kegiatandi sektor riil terutamayangbergerak di sektor usaha kecil danmenengah UKM) .4. Melakukan reformasi di bidang.pertanahan. Selama ini tanahuntuk kegiatan produksi, lebihbanyak dikuasai secara terbatasoleh kalangan terbatas pula.5. Kebijakan kelima yang secarakhusus sedang digarap Depnakermelipatgandakandilakukan m*epsilon kerja samadengan kelompok pengusaha kecildan menengah dari Jepang.sekarang, ujar Pasaribu,usahapeningkatan tenaga kerja dilingkungan keluarga yangberpendapatan kecil. Hal ituPengangguran hanya dapatdikurangi seiring meningkatnyapara pencarikerja dan jumlah angkatan kerjabaru di setiap tahunnya,kebutuhanperusahaaan, munculnya sumberdaya mesin yang semakin canggihdaritahun ke tahun, kebijakanpemerintah dan hal lain yang pastiakanmempengaruhi besarnya angkapengangguran

    BalasHapus
  20. Nama :Annisah Fitriyana
    Kelas : XI mipa 2
    absen : 5

    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain -Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor budaya-Dan faktor pasaran kurangnya lapangan kerja seperti

    keahlian-Faktor

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    BalasHapus
  21. Nama : Arfie Prasticia Agitha
    kelas :XI MIPA 3


    Mengapa pengangguran
    hanya
    bisa dikurangi,tidak diselesaikan dengan tuntas?

    bisa

    Pengangguran

    tidak dapat diselesaikan

    secara tuntas,tapi dapat diatasi sehingga keadaan

    perekonomian stabil. Penganggura n tidak hanya disebabkan oleh pekerjaan,tapi disebabkan oleh :

    kurangnya

    lowongan

    a.faktor pendidikan.

    b.kurangnya keterampilan

    yang

    dimiliki oleh pencari kerja.

    c.faktor kemiskinan.

    d.adanya keterbatasan lapangan

    kerja.

    nah upaya yang dapat mengurangi

    pengangguran seperti:

    1.membuka

    lapangan

    sebanyak banyaknya

    kerja

    2.meningkatkan peredaran usaha

    3.menempatkan para pencari kerja

    ketempat yang sesuai dengan

    kemampuan

    4. training dan pelatihan sertifikasi

    untuk para ca kerja.
    Mengapa pengangguran

    hanyal

    bisa dikurangi,tidak diselesaikan dengan tuntas?

    bisa

    Pengangguran

    tidak dapat diselesaikan

    secara tuntas,tapi dapat diatasi sehingga keadaan

    perekonomian stabil. Penganggura n tidak hanya disebabkan oleh pekerjaan,tapi disebabkan oleh :

    kurangnya

    lowongan

    a.faktor pendidikan.

    b.kurangnya keterampilan

    yang

    dimiliki oleh pencari kerja.

    c.faktor kemiskinan.

    d.adanya keterbatasan lapangan

    kerja.

    nah upaya yang dapat mengurangi

    pengangguran seperti:

    1.membuka

    lapangan

    sebanyak banyaknya

    kerja

    2.meningkatkan peredaran usaha

    3.menempatkan para pencari kerja

    ketempat yang sesuai dengan

    kemampuan

    4. training dan pelatihan sertifikasi

    untuk para calon

    BalasHapus
  22. 1. Mengapa pengangguran hanya
    bisa di kurangi, tidak bisa di
    Selesaikan dengan tuntas ?
    Karena ada banyak faktor yang
    menyebabkan
    hanya bisa
    meningkatnya para pencari kerja,
    pengangguran
    di kurangi seperti
    perusahaan,
    munculnya sumber daya mesin
    yang semakin canggih, oleh sebab
    kebutuhan
    itu pengangguran akan terus ada.
    Yang
    dapat
    dilakukan
    untuk
    mengurangi pengangguran :
    a) Membuka lapangan kerja yang
    banyak
    b) Meningkatkan peredaran
    modal usaha
    c) Menempatkan pencari kerja ke
    tempat yang sesuai kemampuan
    d) Melatih para pencari kerja
    untuk memiliki jiwa entrepreneur
    atau membuka usaha sendiri
    e)Penyuluhan dimasyarakat tentang
    teknologi dan hubungannya
    denganperekonomian
    f) Training dan pelatihan sertifikasi
    untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama :ardiyana nur mukaromah
      Kelas : XI mipa 2
      No:06

      1. Mengapa pengangguran hanya
      bisa di kurangi, tidak bisa di
      Selesaikan dengan tuntas ?
      Karena ada banyak faktor yang
      menyebabkan
      hanya bisa di kurangi seperti
      pengangguran
      meningkatnya para pencari kerja,
      kebutuhan
      perusahaan,
      munculnya sumber daya mesin
      yang semakin canggih, oleh sebab
      itu pengangguran akan terus ada.
      Yang
      dilakukan
      dapat
      mengurangi pengangguran:
      untuk
      a) Membuka lapangan kerja yang
      banyak
      b) Meningkatkan peredaran
      modal usaha
      c) Menempatkan pencari kerja ke
      tempat yang sesuai kemampuan
      d) Melatih para pencari kerja
      untuk memiliki jiwa entrepreneur
      atau membuka usaha sendiri
      e) Penyuluhan di
      teknologi
      masyarakat
      tentang
      dan
      hubungannya
      denganperekonomian
      f) Training dan pelatihan sertifikasi
      untuk para calon pekerja

      Hapus
  23. Nama :Aldo Febriyan
    Kls : XI MIPA 2
    NO :03
    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.

    BalasHapus
  24. Nama: Else Duwi Lestari
    No:14
    Kelas:XI MIPA1


    Mengapa pengangguran hanya dikurangi, selesaikan dengan tuntas? bisa tidak bisa di Karena masih banyak pengangguran yang tidak memiliki bidang keterampilan pekerjaan dalam tertentu yang menyebabkan mereka tidak bisa berkerja. Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga dapat dalam waktu singkat, keadaan perekonomian stabil. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran:
    1) Membuka Lapangan Kerja.
    2) Meningkatkan Peredaran Modal Usaha.
    3) Menempatkan Pencari Kerja di Tempat yang Tepat.
    4) Melatih Para Pencari Kerja untuk Membuat
    5) Usaha Sendiri.
    6) Memberikan Penyuluhan ke Masyarakat.

    BalasHapus
  25. Aisyah alfiaturrohmah (2) XI MIA 422 September 2021 12.26

    Nama :Aisyah alfiaturrohmah
    Kelas:XI MIPA 4
    No :2

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi,
    tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.
    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada, yaitu :
    a. Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya.
    b. Meningkatkan peredaran modal usaha,
    c. Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan .
    d. Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri.
    e. Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian.
    f. Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  26. Nama :ANISA PUTRI JAYA WARDANI
    Nomer :04
    kelas :XI MIPA 1

    1. Mengapa pengangguran hanya bisa di kurangi, tidak bisa di Selesaikan dengan tuntas ?
    Karena ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa di kurangi seperti meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang canggih, oleh sebab itu pengangguran akan terus ada. Yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengangguran yaitu:
    a) Membuka lapangan kerja yang banyak
    b) Meningkatkan peredaran modal usaha
    c) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    d) Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    e) Penyuluhan di masyarakat tentang dan hubungannya dengan teknologi perekonomian
    f) Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  27. NAMA : DIANA FEBRIAN INTIAS
    KELAS: XI MIPA 4
    NO : 11

    1. MENGAPA PENGANGGURAN HANYA BISA DIKURANGI,TIDAK BISA DISELESAIKAN DENGAN TUNTAS?

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.

    BalasHapus
  28. NAMA : ELSA APRILIA M
    KLS : XI MIPA 4
    NO : 13



    1. Mengapa pengangguran hanya bisa di kurangi, tidak bisa di Selesaikan dengan tuntas ?
    Karena ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa di kurangi seperti meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih, oleh sebab itu pengangguran akan terus ada.
    Yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengangguran :

    a) Membuka lapangan kerja yang banyak
    b) Meningkatkan peredaran
    modal usaha
    c) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    d) Melatih para pencari kerja
    untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    e) Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian
    f) Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  29. Landhung Budi Wardono22 September 2021 12.44

    Nama: Landhung Budi Wardono
    Absen: 21
    Kelas: XI MIPA 1

    1.pengangguran memang tidak dapat di hapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat di tekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil.

    Berikut cara untuk mengurangi pengangguran:
    1.membuka lapangan kerja yang banyak
    2.meningkatkan peredaran modal usaha
    3.menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai
    4.melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    5.penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungan dengan perekonomian
    6.training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja

    BalasHapus
  30. Nama : Gema Kumala
    Kelas : XI MIPA 2
    No. : 18


    1). Karena setiap tahunnya akan semakin sulit seiring meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan mempengaruhi besarnya angka pengangguran, setiap waktu harus diperbaharui agar selalu update dengan keadaan kenyataan yang ada.

    Cara untuk mengurangi pengangguran:
    - membuka lapangan pekerjaan sebanyak mungkin
    - meningkatkan peredaran modal usaha
    - menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai
    - training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja

    BalasHapus
  31. Nama :Bima Adi Dharma
    No :07
    Kelas:XIMIPA1

    1.karena kalau pengangguran gak ada atau tuntas negara tersebut bisa dikategorikan negara yang maju/berkecukupan.

    2.lapangan pekerjaan juga sedikit dan lagi berbagai program² pemerintah juga tidak bisa menuntaskan nya hanya bisa mengurangi nya.

    3.menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai

    4.melatih para pencari kerja untuk memilih jiwa enterpreneur atau membuka usaha sendiri

    5.penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungan Dengan perekonomian

    BalasHapus
  32. Nama : Erlina Supartini
    No : 15
    Kelas : XI IPA 3


    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.

    BalasHapus
  33. Nama:Putri Kurnianingsih
    No:23
    Kelas:XI IPS 2

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi,tidak dapat diselesaikan dengan tuntas?
    Karena disetiap tahun semakin meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, dan kebijakan pemerintah.
    Akan tetapi, hal tersebut tidak dapat tertampung secara maksimal dikarena banyak faktor. Seperti, kurangnya SDM, dan kurangnya lapangan pekerjaan

    BalasHapus
  34. Dewi Sayekti Sutrisni22 September 2021 15.59

    Nama : Dewi Sayekti Sutrisni
    No. Absen : 11
    Kelas : X1 MIPA 2
    Karena adabanyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa di kurangi seperti meningkatnya paea pencari kerja,kebutuhan perusahaan,munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih,oleh sebab itu pengangguran akan terus ada. Yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengangguran,antara lain :
    A. Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya
    B. meningkatkan peredaran modal usaha
    C. Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    D. Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    E. Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian
    F. Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja

    BalasHapus
  35. Frisca Aprianisyah Izzaty XI MIPA 422 September 2021 16.34

    Nama : FRISCA APRIANISYAH IZZATY
    Kelas : XI MIPA 4

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi, tidak dapat diselesaikan dengan tuntas?

    Karena angka pengangguran ini setiap tahunnya akan meningkat semakin meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, dan kurangnya keterampilan pencari kerja

    BalasHapus
  36. Ummi Nur Khasanah22 September 2021 16.48

    Nama : Ummi Nur Khasanah
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 32
    Mengapa pengangguran hanya

    dikurangi, selesaikan dengan

    tuntas? bisa tidak bisa di Karena

    masih banyak pengangguran yang cara yang bisa dilakukan untuk

    tidak

    memiliki

    bidang

    keterampilan pekerjaan dalam

    tertentu yang menyebabkan

    mereka tidak bisa berkerja.

    Pengangguran memang

    tidak

    dapat dihapuskan secara total

    tetapi setidaknya dapat ditekan

    sehingga dapat dalam waktu

    singkat, keadaan perekonomian

    stabil. Berikut adalah beberapa

    mengatasi pengangguran:
    1) Membuka Lapangan Kerja.

    2) Meningkatkan Peredaran Modal

    Usaha.

    3) Menempatkan Pencari Kerja di Tempat yang Tepat.

    4) Melatih Para Pencari Kerja untuk

    Membuat

    5) Usaha Sendiri.

    6) Memberikan Masyarakat Penyuluhan

    BalasHapus
  37. Ummi Nur Khasanah22 September 2021 16.54

    Nama : Ummi Nur Khasanah
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 32

    Mengapa pengangguran hanyadikurangi, selesaikan dengan tuntas? bisa tidak bisa di Karena masih banyak pengangguran yang cara yang bisa dilakukan untuk tidak memiliki bidang keterampilan pekerjaan dalam tertentu yang menyebabkan mereka tidak bisa berkerja.Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga dapat dalam waktu singkat, keadaan perekonomian stabil. Berikut adalah beberapamengatasi pengangguran:

    1) Membuka Lapangan Kerja.

    2) Meningkatkan Peredaran ModalUsaha.

    3) Menempatkan Pencari Kerja di Tempat yang Tepat.

    4) Melatih Para Pencari Kerja untuk Membuat

    5) Usaha Sendiri.

    6) Memberikan penyuluhan ke masyarakat


    BalasHapus
  38. Nama : Fauziah Martshafa Ayu
    No./Kelas : 16/ XI IPA 2

    Menurunkan angka pengangguran menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama untuk meningkatkan kinerja ekonomi negara. Karena pengangguran merupakan kondisi yang memprihatinkan dan dapat membahayakan perekonomian suatu negara, maka harus dilakukan pencegahan atau paling tidak mengurangi angka pengangguran yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan kerjasama pemerintah,lembaga terkait, pengusaha,instansi dan masyarakat. Solusi yang dilakukan agar dapat mengurangi angka pengangguran
    Solusi yang dilakukan agar dapat mengurangi angka pengangguran ini setiap tahunnya akan semakin sulit seiring meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan mempengaruhi besarnya angka pengangguran. Setiap waktu harus diperbaharui agar selalu update dengan keadaan kenyataan yang ada.
    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada,yaitu :
    1) Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya.
    2) Meningkatkan peredaran modal usaha.
    3) Menempatkan pencari kerja ke sesuai kemampuan.
    4) Melatih para pencari kerja untuk entrepreneur atau membuka usaha sendiri.
    5) Penyuluhan di masyarakat tentang hubungannya dengan perekonomian.
    6) Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.
    Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan kerjasama dari berbagai pihak,tidak hanya pemerintah tetapi juga dari pengusaha, masyarakat.

    BalasHapus
  39. NAMA : KHOIRUN NISA IZZATI
    NO : 20
    KELAS : XI MIPA 1

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi,tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena banyak faktor yang mendukung dan pengangguran tidak dihapuskan secara total dalam waktu singkat perlu perekonomian yang stabil,dan keterampilan pada seseorang. Pengangguran bisa dikurangi seperti kebutuhan perusahaan,meningkatnya para pencari kerja,sumber daya mesin yg canggih,oleh sebab itu pengangguran akan terus ada.
    Cara untuk mengurangi pengangguran :
    A).Meningkatkan peredaran modal usaha.
    B).Membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.
    C).Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur/membuka usaha sendiri.
    D).Menempatkan para pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan.
    E).Penyuluhan dimasyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian.
    F).Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  40. Nama : Raihan Wahyu Pradika
    No : 33
    Kelas : XI MIPA 3
    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    BalasHapus
  41. Nama:Desi Fitriayani
    No:10
    Kls:XI Mipa 1

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    BalasHapus
  42. Nama: RIZKY MUHAMMAD
    KELAS XI MIPA 4
    NO: 33


    Berbagai masalah sosial tersebut pada akhirnya membawa dampak bagi masyarakat itu sendiri. Dampak yang muncul juga sangat beragam, mulai dari dampak positif hingga negatif. Adapun dampak negatif dari adanya permasalahan sosial di masyarakat, yaitu meningkatnya jumlah kriminalitas, adanya kesenjangan antar kelas sosial, adanya perpecahan kelompok, munculnya perilaku menyimpang, dan meningkatnya pengangguran.

    BalasHapus
  43. Nama: Tri Nur Hayat Tuti
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 31

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi, tidak dapat diselesaikan dengan tuntas?

    Karena angka pengangguran ini setiap tahunnya akan meningkat semakin meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin dan semakin canggih dari tahun ke tahun, dan kurangnya keterampilan pencari kerja

    BalasHapus
  44. Nama : Rasya Ali Canacun
    No : 23
    Kelas : XI - IPS 3

    1. Mengapa pengangguran hanya bisa di kurangi, tidak bisa diselesaikan dengan tuntas ?
    Karena ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa dikurangi seperti meningkatnya para pencari kerja,kebutuhan terhadap kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih, oleh sebab itu pengangguran akan terus ada. Yang dilakukan untuk dapat mengurangi gerakan :
    a) Membuka lapangan kerja yang banyak
    b) meningkatkan peredaran modal usaha
    c) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    d) Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa wirausaha atau membuka sendiri
    e) Penyuluhan di masyarakat teknologi tentang hubungan dengan perekonomian
    f) Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  45. Nama : Fahma Hidhayatul Yunia
    Kelas : XI MIPA 3
    No absen: 16
    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain -Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor budaya-Dan faktor pasaran kurangnya lapangan kerja seperti

    keahlian-Faktor

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    BalasHapus
  46. Nama:Nito Yudha Nugraha
    No:23
    Kelas:XI ips 1

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    BalasHapus
  47. Nama :Oktavia Dwi Astuti
    Kelas:Xl IPS 1
    No: 24

    Mengapa pengangguran hanya bisa di kurangi, tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa dikurangi seperti meningkatnya para Pencari kerja,kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang canggih oleh sebab itu penggangguran terus ada.

    BalasHapus
  48. Nama :Intan addawiyah
    No :20
    Kelas :XI MIPA 2


    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi, tidak bisa di selesaikan dengan tuntas?


    Karena masih banyak pengangguran yang tidak memiliki keterampilan dalam bidang pekerjaan tertentu yang menyebabkan mereka tidak bisa berkerja. Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat.

    Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran:

    1) Membuka Lapangan Kerja.
    2) Meningkatkan Peredaran Modal Usaha.
    3) Menempatkan Pencari Kerja di Tempat yang Tepat.
    4) Melatih Para Pencari Kerja untuk Membuat 5) Usaha Sendiri.
    6) Memberikan Penyuluhan ke Masyarakat.

    BalasHapus
  49. ALFARIZI DIMAS SAPUTRA23 September 2021 09.08

    Nama : ALFARIZI DIMAS SAPUTRA
    No : 4
    Kelas: XI IPS 1

    pengangguran hanya dikurangi Mengapa bisa tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena Banyak faktor yang mendukung permasalahan antara lain:
    -Faktor kemiskinan
    -Faktor pendidikan
    -Faktor keahlian Faktor budaya
    -faktor pasaran
    Terhadap pengangguran,seperti kurangnya lapangan kerja tidak Pengangguran dapat dihapuskan memang secara total singkat, setidaknya dapat ditekan sehingga perekonomian dalam waktu tetapi keadaan dapat stabil. Pengangguran tidak hanya kurangnya disebabkan karena lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari penduduk menciptakan kerja. Pertumbuhan yang cepat banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    BalasHapus
  50. Nama : Lisa Eka Rahmawati
    No : 23
    Kelas : XI MIPA 3


    Karena ada beberapa faktor yang membuat pengangguran hanya dapat dikurangi seperti,semakin banyak para pencari kerja, kebutuhan perusahaaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan mempengaruhi jumlah angka pengangguran yang ada.


    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada, yaitu :
    1) Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya
    2) Meningkatkan peredaran modal usaha
    3) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    4) Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    5) Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian
    6) Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  51. Nama : Fadila Kusnia
    No : 12
    Kelas : XI IPS 3

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.

    BalasHapus
  52. Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
    1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja.
    3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
    4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
    5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang.

    BalasHapus
  53. Nama:Miftha Rosyida Ilmawati
    No:24
    Kelas:XI Mipa 3

    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi,tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Jawab: Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
    1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja.
    3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
    4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
    5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipat gandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang.

    BalasHapus
  54. Nama:Dewi dianingsih
    Kls:xl MIPA
    No:11
    Pengangguran memang tidak dapa tidak dapat dihapus secara total dalam waktu singkat tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil .


    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintahan telah membuat 5 kebijakan antara lain:
    1.mengubab kebijakan politik ekonomi makro .
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja
    3. Membangkitan kembali kegiatan disektor till utama yang bergerak disektor usaha kecil dan menengah
    4.melakukan reformasi di bidang pertanahan
    5. Kebijakan ke-5 yang secara khusus
    Sedang digarap Depnaker sekarang.

    BalasHapus
  55. Nama : Alicya Pebriyanti
    No : 04
    Kelas : XI IPS 3

    1.Mengapa pengangguran hanya bisa di kurangi , tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?
    Karena ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa dikurangi seperti meningkatkan para pencari kerja, kebutuhan perusahaan,oleh sebab itu pengangguran akan terus ada.
    Yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengangguran:

    a).Membuka lapangan kerja.
    b). Meningkatkan peredaran modal usaha.
    c). Menempatkan pencari kerja di tempat yang tepat.
    d). Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri.
    e). Memberikan penyuluhan di masyarakat.
    f). Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  56. Nama: Delphina ayu zahrawati
    No: 9
    Kelas: XI MIPA 03

    Masalah Sosial - Dampak dan Upaya Pemecahan Masalah

    DAMPAK MASALAH SOSIAL

    dampak yang bersifat negatif :
    a. Adanya perpecahan kelompok.
    b. Munculnya perilaku menyimpang.
    c. Meningkatkan pengangguran.

    dampak positif adanya masalah sosial :
    a. Potensi Munculnya Nilai dan Norma Baru
    b. Adanya Upaya Mewujudkan Kesetaraan Gender
    c. Adanya Diferensiasi Struktural

    PEMECAHAN MASALAH SOSIAL
    represif yaitu setelah suatu gejala dapat dipastikan sebagai masalah sosial, barulah diambil tindakan-tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.
    preventif yaitu tindakan-tindakan upaya pencegahan agar gejala dan penyebab masalah sosial tidak terjadi.
    a. Upaya mengatasi kenakalan Remaja
    Langkah-langkah lain yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengatasi terjadinya kenakalan remaja adalah :
    1) Mengedepankan Keteladanan.
    2) Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.
    b. Upaya Dalam Mengatasi Kesenjangan Sosial
    Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada di masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok.
    Solusi yang dapat ditempuh menitikberatkan kepada hal-hal berikut :
    1) Kebijakan pemerintah harus menekankan kepada peningkatan/perbaikan infrastruktur desa terutama pada desa-desa yang kondisi geografisnya tidak menguntungkan.
    2) Pemerintah perlu memberikan bantuan modal bagi masyarakat.
    c. Upaya Mengurangi Pengangguran
    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada, yaitu :
    1) Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya
    2) Meningkatkan peredaran modal usaha
    3) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    d. Upaya Penanggulangan Virus (Covid-19)
    1) Cuci tangan Anda secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol.
    2) Selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin.
    3) Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan.
    4) Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda.
    5) Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu.
    6) Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.
    7) Jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis.

    BalasHapus
  57. NAMA:EVA MIFTAKHUL JANNAH
    KELAS:Xl IPS 1
    NO:13

    Mengapa pengangguran hanya dikurangi,tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Pengangguran memang tidak dapat dihapus secara total dalam waktu singkat,tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil.pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan,tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.
    ●Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran:
    1. Membuka lapangan kerja.
    2. Meningkatkan peredaran modal usaha.
    3. Menempatkan pencari kerja di tempat yang tepat.
    4. Melatih para pencari kerja untuk membuat usaha sendiri.
    5. Memberikan penyuluhan ke masyarakat.
    6. Memberi pelatihan sertifikasi pencari kerja.

    BalasHapus
  58. nama: Fiqhi Faya Lutfiyani
    kelas: XI MIPA 1
    no absen: 17

    Berdasarkan fakta di lapangan, tingginya angka pengangguran di Indonesia disebabkan oleh kurangnya akses pendidikan, kurangnya kesempatan untuk berkembang, ketidakmampuan bersaing dan kurangnya keterampilan. Berdasarkan data UNESCO, terdapat 113 miliar anak dan remaja di seluruh dunia yang putus sekolah setiap tahun, dan 97% di antaranya berada di negara berkembang.

    Pengangguran bisa diselesaikan jika direncanakan dengan baik oleh masing- masing negara sejak awal. Beberapa cara yang mungkin dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk bekerja sama dalam mengatasi pengangguran jangka panjang adalah :

    -Menjamin stabilitas politik
    -Meningkatkan standar pendidikan
    -Pengendalian pertumbuhan penduduk di negara tersebut
    -Peluncuran program pemberdayaan baru
    -Mendorong wirausaha / kewirausahaan
    -Memastikan akses ke pendidikan dasar
    -Mengurangi usia pensiun
    -Hindari kemalasan
    -Menjadi kreatif, positif dan kompetitif
    -Bersikap positif untuk menghentikan pengangguran.

    BalasHapus
  59. Nama : Tinton Jaya Kurniawan
    No : 35
    Kelas : X1 IPA 2

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat , tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil . Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan , tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja . Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan . Antara lain : 1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro , agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru 2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja . 3 . Kebijakan ketiga , membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah ( UKM ) . 4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan . Selama ini tanah untuk kegiatan produksi , lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula . 5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang , ujar Pasaribu melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil . itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang

    BalasHapus
  60. Nama : Renata Febrianti
    No : 24
    Kelas : XI IPS 3


    Karena ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa dikurangi seperti meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan,munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih,oleh sebab itu pengangguran akan terus ada.

    BalasHapus
  61. Nama:Natassya Laili Fatikha A.
    Kelas:XI MIPA 2
    No:27

    Karena pengangguran tidak dapat diselesaikan dengan waktu yang singkat tetapi setidaknya dapat di tekan sehingga keadaan perekenomian dapat stabil pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan tetapi juga di sebabkan kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja
    Beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi pengangguran
    -membuka lapangan kerja
    -melakukan peredaran usaha modal usaha
    -menempatkan pencari kerja di tempat yang tepat

    BalasHapus
  62. ENNOU HAPPY FINIARIE24 September 2021 19.11

    Nama : Ennou Happy Finiarie
    No. : 14
    kelas: XI MIPA 2

    Mengapa pengangguran hanya bisa di kurangi, tidak bisa di selesaikan dengan tuntas?

    Karena setiap tahun angka pengangguran akan semakin meningkat, hal itu di sebabkan oleh meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih.

    BalasHapus
  63. Nama : Nadia Laili Cahyaningtyas
    No : 25
    Kelas : XI MIPA3

    mengapa pengangguran hanya dikurangi, tidak bisa di selesaikan dengan tuntas?

    karena masih banyak pengangguran yang tidak memiliki bidang keterampilan pekerjaan di bidang tertentu yg menyebabkan mereka tidak bisa bekerja.
    beberapa faktor yg mendukung terhadap permasalahan pengangguran antara lain:
    -faktor kemiskinan
    -faktor pendidikan
    -faktor keahlian
    -faktor budaya
    -faktor kurangnya lapangan pekerjaan

    beberapa cara yg bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada yaitu:
    1.membuka lapangan pekerjaan
    2.meningkatkan peredaran modal usaha
    3.menempatkan pencari kerja sesuai dengan bidangnya
    4.penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan perekonomian
    5.pelatihan untuk calon pekerja

    BalasHapus
  64. Nama : Supra Wibowo
    No : 34
    Kelas : XI MIPA 2

    Karna pengangguran merupakan kondisi yang memprihatinkan dan dapat membahayakan perekonomian suatu negara, maka harus dilakukan pencegahan atau paling tidak pengurangan angka pengangguran yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan kerjasama pemerintah, lembaga terkait, pengusaha, instansi, masyarakat.
    Solusi yang dapat dilakukan agar dapat mengurangi angka pengangguran ini setiap tahunya akan semakin sulit seiring meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan mempengaruhi besarnya angka pengangguran.

    BalasHapus
  65. Nama : Nachwa Dewi Sekar Arij
    Kelas : XI IPS 1

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi, tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    >> Karena banyak faktor mendukung terhadap permasalahan pengangguran antara lain :
    1. Faktor kemiskinan
    2. Faktor pendidikan
    3. Faktor keahlian
    4. Faktor budaya
    5. Faktor pasaran

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya ketrampilan yang dimiliki oleh pencari kerja. Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    BalasHapus
  66. Nama: Yahya Yulia Putra
    Kelas: Xl Mipa 3
    No:32



    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.


    BalasHapus
  67. Nama. : Desi Lutfiana W
    No. :10
    Kelas. : XI MIPA 2


    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi,tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena solusi yang dilakukan agar dapat mengurangi angka pengangguran ini setiap tahunnya akan semakin sulit seiring meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan memengaruhi besarnya angka pengangguran.

    BalasHapus
  68. FAROJA MUTIA SARI (16)
    XI MIPA 1

    karena masih banyak pengangguran yang tidak memiliki bidang keterampilan pekerjaan dibidang tertentu yang menyebabkan mereka tidak bisa berkeja
    Solusi yang dilakukan agar dapat mengurangi angka pengangguran ini setiap tahunnya akan semakin sulit seiring meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan mempengaruhi besarnya angka pengangguran.

    BalasHapus
  69. Nama : Sinta Intan Kusuma
    No. Absen : 31
    Kelas : XI MIPA 3

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi, tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Menurunkan angka pengangguran menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama untuk meningkatkan kinerja ekonomi negara. Karena pengangguran merupakan kondisi yang memprihatinkan dan dapat membahayakan perekonomian suatu negara, maka harus dilakukan pencegahan atau paling tidak mengurangi angka pengangguran yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan kerjasama pemerintah,lembaga terkait, pengusaha,instansi dan masyarakat. Solusi yang dilakukan agar dapat mengurangi angka pengangguran
    Solusi yang dilakukan agar dapat mengurangi angka pengangguran ini setiap tahunnya akan semakin sulit seiring meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan mempengaruhi besarnya angka pengangguran. Setiap waktu harus diperbaharui agar selalu update dengan keadaan kenyataan yang ada.
    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada,yaitu :
    1) Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya.
    2) Meningkatkan peredaran modal usaha.
    3) Menempatkan pencari kerja ke sesuai kemampuan.
    4) Melatih para pencari kerja untuk entrepreneur atau membuka usaha sendiri.
    5) Penyuluhan di masyarakat tentang hubungannya dengan perekonomian.
    6) Training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.
    Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan kerjasama dari berbagai pihak,tidak hanya pemerintah tetapi juga dari pengusaha, masyarakat.

    BalasHapus
  70. NAMA :YOLA AULIA W
    NO:36
    KELAS:XI MIPA 2

    Karena pengangguran adalah contoh masalah yang berat bagi suatu negara, tidak hanya pemerintah tapi juga faktor personal dari dirinya sendiri,faktor skill, pengalaman,pendidikan,dan kemauannya sendiri. Kesenjangan sosial juga dapat menjadi pengaruh itu semua
    Solusinya adalah:
    1) Kebijakan pemerintah harus menekankan kepada peningkatan/perbaikan infrastruktur desa terutama pada desa-desa yang kondisi geografisnya tidak menguntungkan.
    2) Pemerintah perlu memberikan bantuan modal bagi masyarakat.
    c. Upaya Mengurangi Pengangguran
    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada, yaitu :
    1) Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya
    2) Meningkatkan peredaran modal usaha
    3) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    4) Mengadakan training pelatihan kerja

    BalasHapus
  71. Nama: Shela Putri Nabila
    Kelas : XI MIPA 1
    No: 27

    Mengapa pengangguran
    hanya dikurangi, selesaikan dengan
    tuntas? bisa tidak bisa di Karena
    masih banyak pengangguran yang cara yang bisa dilakukan untuk
    tidak memiliki bidang dalam keterampilan pekerjaan menyebabkan tertentu yang tidak bisa mereka berkerja.Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total tetapi setidaknya
    dapat ditekan sehingga dapat dalam
    waktu singkat,keadaan.Berikut perekonomian stabil.adalah
    beberapamengatasi
    Pengangguran:
    1) Membuka Lapangan Kerja.
    2) Meningkatkan ModalUsaha.
    Peredaran
    3) Menempatkan Pencari Kerja di Tempat yang Tepat.
    4) Melatih Para Pencari Kerja untuk Membuat
    5) Usaha Sendiri.
    6) Memberikan penyuluhan ke masyarakat

    BalasHapus
  72. NAMA : NIA ASTURI ANDALANI
    NO : 26
    KELAS : XI MIPA 4

    - JAWAB -

    Karena ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa dikurangi seperti meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih, oleh sebab itu pengangguran akan terus ada.
    Yang dapat dilaksanakan untuk mengurangi pengangguran :
    a. membuka lapangan kerja yang banyak
    b. meningkatkan peredaran modal usha
    c. menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    d. melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa membuka usaha sendiri
    e. penyuluhan dimasyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian
    f. training dan pelatih sertifikasi untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  73. Nama : Clarisa Titania Pangestika
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :8

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi, tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?
    Jawab:
    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
    1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja.
    3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
    4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
    5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang.

    BalasHapus
  74. NAMA : ERYSA MEY RENSA
    NO :11
    KLS : XI IPS 3


    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
    1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja.
    3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
    4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
    5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang

    BalasHapus
  75. Nama : Diazvika Ayu Yudhistiana
    No : 12
    Kelas : XI MIPA 1

    Karena pengangguran merupakan kondisi yang memprihatinkan dan dapat
    membahayakan perekonomian suatu negara, maka harus dilakukan
    pencegahan atau paling tidak mengurangi angka pengangguran yang ada. Hal
    ini dapat dilakukan dengan kerjasama pemerintah, lembaga terkait,
    pengusaha, instansi dan masyarakat.
    Solusi yang dilakukan agar dapat mengurangi angka pengangguran ini setiap
    tahunnya akan semakin sulit seiring meningkatnya para pencari kerja,
    kebutuhan perusahaaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin
    canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti
    akan mempengaruhi besarnya angka pengangguran.

    BalasHapus
  76. GALIH SETIA PURBANINGRUM28 September 2021 15.02

    Nama: Galih Setia Purbaningrum
    Kelas: XI MIPA 1
    No.abs: 18

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi, tidak dapat diselesaikan dengan tuntas?

    Karena angka pengangguran ini setiap tahunnya akan meningkat semakin meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin dan semakin canggih dari tahun ke tahun, dan kurangnya keterampilan pencari kerja

    BalasHapus
  77. Nama : Nian Puspita Permatasari
    No : 24
    Kelas : XI MIPA 1

    Mengapa Pengangguran hanya dapat dikurangi, tidak dapat diselesaikan dengan tuntas?

    Jawaban : Karena Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja. Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil.

    BalasHapus
  78. Nama:Alvi nur hidayah
    No:3
    Kelas:XI mipa 4

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    karena banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran antara lain :-faktor kemiskinan faktor pendidikan-faktor keahlian faktor budaya dan faktor pemasaran seperti kurangnya lapangan kerja.
    pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat,tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil.pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja .
    berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada yaitu:
    a. membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya.
    b.meningkatkan peredaran modal usaha
    c.menempatkan pencarian kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    d.melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri.
    e.penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian.
    f. training dan pelatihan sertifikasi untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  79. Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    BalasHapus

  80. Nama :EILITA YUYUN TRI CAHYANI
    Kleas :XI MIPA 2
    NO. :13


    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain -Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor budaya-Dan faktor pasaran kurangnya lapangan kerja seperti

    keahlian-Faktor

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    BalasHapus
  81. Nama :Afifah Rahmawati
    Kelas:XI MIPA 4
    No. :1

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
    1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja.
    3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
    4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
    5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang.

    BalasHapus
  82. Nama:Andika Tama
    No:04
    Kelas:XI MIPA 3

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
    1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
    2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja.
    3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
    4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
    5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang

    BalasHapus
  83. Edi Nugroho(13) XI Mipa 1

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.

    BalasHapus
  84. Nama: Imelda Rahmawati
    Kelas: X1 MIPA 2
    No:19

    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi, tidak bisa di selesaikan dengan tuntas?


    Karena masih banyak pengangguran yang tidak memiliki keterampilan dalam bidang pekerjaan tertentu yang menyebabkan mereka tidak bisa berkerja. Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil.

    Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran:

    1) Membuka Lapangan Kerja.
    2) Meningkatkan Peredaran Modal Usaha.
    3) Menempatkan Pencari Kerja di Tempat yang Tepat.
    4) Melatih Para Pencari Kerja untuk Membuat 5) Usaha Sendiri.
    6) Memberikan Penyuluhan ke Masyarakat.

    BalasHapus
  85. Nama : ARIN FAUZAN AZARIA
    NO : 06
    KELAS : XI MIPA 4

    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi,tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

    Karena masih banyak pengangguran yang tidak memiliki ketrampilan dalam bidang pekerjaan tertentu yg menyebabkan mereka tdk bisa bekerja.pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian stabil.

    Berikut beberapa cara yg bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran:
    1).membuka lapangan kerja
    2). Meningkatkan peredaran modal usaha
    3). menempatkan pencari kerja di tempat yg tepat
    4).Melatih para pencari kerja untuk membuat usaha sendiri
    5).Memberikan penyuluhan ke masyarakat.

    BalasHapus
  86. Nama: Kurnia Arnit Sambodho
    No:22
    Kelas:XI MIPA 4

    Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

    Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil.

    BalasHapus
  87. Nama : niken octavia
    kelas : XI MIPA 2
    no : 28


    karena banyak faktor yg mendukug terhadap permasalahan pengangguran ,antara lain : -fakyor kemiskinan-faktor pendidikan-faktor keahlian-faktor budaya-dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja



    pengangguran memang tidak bisa di hapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat di tekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil

    BalasHapus
  88. NAMA : SIFA ARYUNIA PUTRI
    NO : 33
    KELAS : XI MIPA 2


    Karena ada beberapa faktor yang membuat pengangguran hanya dapat dikurangi seperti,semakin banyak para pencari kerja, kebutuhan perusahaaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih dari tahun ke tahun, kebijakan pemerintah dan hal lain yang pasti akan mempengaruhi jumlah angka pengangguran yang ada.


    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada, yaitu :
    1) Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya
    2) Meningkatkan peredaran modal usaha
    3) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    4) Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    5) Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian
    6) Training dan pelatihan

    BalasHapus
  89. Nama : Naufal Abiyyin
    No : 21
    Kelas : XI IPS 1

    Mengapa pengangguran hanya bisa di kurangi, tidak bisa di Selesaikan dengan tuntas ?
    Karena ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa di kurangi seperti meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih, oleh sebab itu pengangguran akan terus ada. Yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengangguran :

    a) Membuka lapangan kerja yang banyak
    b) Meningkatkan peredaran
    modal usaha
    c) Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan
    d) Melatih para pencari kerja
    untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    e) Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungannya dengan perekonomian
    f) Training dan pelatihan sertifikasi Untuk para calon pekerja.

    BalasHapus
  90. Nama : Fiqih Ma'arif Ruwanda
    No : 17
    Kelas : XI MIPA 2

    Karena ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran hanya bisa dikurangi seperti meningkatnya para pencari kerja, kebutuhan perusahaan, munculnya sumber daya mesin yang semakin canggih, oleh sebab itu pengangguran akan terus ada.

    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk permasalahan pengangguran yang ada:
    a. Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya
    b. Meningkatkan peredaran modal
    usaha
    c. Menempatkan pencari kerja ke tempat yang sesuai kemampuan d. Melatih para pencari kerja untuk memiliki jiwa entrepreneur atau membuka usaha sendiri
    e. Penyuluhan di masyarakat tentang teknologi dan hubungan dengan perekonomian.

    BalasHapus
  91. Nama : Reva Cenni Khoirunnisa
    No.abs : 24
    Kelas : Xl IPS 2
    karena semakin banyak jumlah penduduk maka kebutuhan hidup makin banyak, dan peluang pekerjaan semakin sedikit. maka pemerintah hanya bisa mengurangi tingkat pengangguran dengan cara membuka lapangan pekerjaan.

    BalasHapus
  92. Nama : Bayu Sigit Pranata
    No : 05
    Kelas : XI IPS 3
    karena semakin banyak jumlah penduduk maka kebutuhan hidup makin banyak, dan peluang pekerjaan semakin sedikit. maka pemerintah hanya bisa mengurangi tingkat pengangguran dengan cara membuka lapangan pekerjaan.Kesadaran masyarakat yang rendah juga menghambat penyelesaian masalah pengangguran secara tuntas. Hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah untuk mengatasi pengangguran tidak akan berjalan dengan baik tanpa partisipasi masyarakat. Seperti masyarakat yang tidak mau berpendidikan tinggi dan sebagainya

    BalasHapus
  93. karena semakin banyak jumlah penduduk maka kebutuhan hidup makin banyak, dan peluang pekerjaan semakin sedikit. maka pemerintah hanya bisa mengurangi tingkat pengangguran dengan cara membuka lapangan pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : ALSYA RIFA
      No: 4
      Kelas : XI IPS 2

      Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi, tidak dapat diselesaikan dengan tuntas?
      karena semakin banyak jumlah penduduk maka kebutuhan hidup makin banyak, dan peluang pekerjaan semakin sedikit. maka pemerintah hanya bisa mengurangi tingkat pengangguran dengan cara membuka lapangan pekerjaan.

      Hapus
  94. Teresia XI IPS 325 September 2022 22.44

    Sulitnya menuntaskan pengangguran, dikarena kurangnya kerjasama antar stake holder. Kesadaran masyarakat yang rendah juga menghambat penyelesaian masalah pengangguran secara tuntas. Hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah untuk mengatasi pengangguran tidak akan berjalan dengan baik tanpa partisipasi masyarakat. Seperti masyarakat yang tidak mau berpendidikan tinggi dan sebagainya.

    BalasHapus
  95. Regita Salsabila
    XI IPS 3
    No 22

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi, tidak bisa di selesaikan dengan tuntas?

    =karena semakin banyak jumlah penduduk maka kebutuhan hidup makin banyak, dan peluang pekerjaan semakin sedikit. maka pemerintah hanya bisa mengurangi tingkat pengangguran dengan cara membuka lapangan pekerjaan.

    BalasHapus
  96. SYERLY PRIBADI
    XI IPS 2
    karena semakin banyak jumlah penduduk maka kebutuhan hidup makin banyak, dan peluang pekerjaan semakin sedikit. maka pemerintah hanya bisa mengurangi tingkat pengangguran dengan cara membuka lapangan pekerjaan

    BalasHapus
  97. NAMA : DHEA SORAYA ZHAKA JUNIARTA
    KELAS : XI IPS 3
    ABSEN : 08

    Dikurangi, karena kalau pengangguran tidak ada atau tuntas, negara tersebut dikategorikan sebagai negara maju atau berkecukupan, dan lapangan pekerjaan juga sedikit dan lagi berbagai program-program pemerintah juga tidak bisa menuntaskan nya hanya bisa mengurangi nya.

    BalasHapus
  98. Nama: Syahrul Mubarok
    No:28
    Kelas:XI IPS2

    Mengapa pengangguran hanya bisa dikurangi tidak bisa diselesaikan dengan tuntas? Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan- Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

    BalasHapus
  99. Nama : Risma Alek Saputri Utami
    No : 25
    Kelas : 11 IPS 2

    Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi, tidak dapat diselesaikan dengan tuntas?
    Karena semakin banyak jumlah penduduk maka kebutuhan hidup makin banyak, dan peluang pekerjaan semakin sedikit. Maka pemerintah hanya bisa mengurangi tingkat pengangguran dengan cara membuka lapangan pekerjaan

    BalasHapus
  100. Nama: Nadia Kun Cahyani
    No : 20
    Kelas: XI IPS 2

    Pengguran dapat terjadi karena banyak hal yang memfaktorinya, bukan hanya karena kurangnya lowongan pekerjaan namun juga keterampilan, wawasan yang dimilikinya. Jika jumlah penduduk semakin banyak maka kebutuhan hidup penduduk jg semakin bertambah, sedangkan peluang untuk bekerja semakin berkurang.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.