Diferensiasi Sosial - Jenis-jenis dan Bentuknya


PENGERTIAN DIFERENSIASI SOSIAL 

Diferensiasi adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat). Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat. Hal tersebut mencakup ras, etnis, klen, agama, pekerjaan, jenis kelamin dll. 

JENIS-JENIS DIFERENSIASI SOSIAL

Dilihat dari jenisnya diferensiasi sosial terdiri dari :
a. Diferensiasi tingkatan (rank diferentiation)
Diferensiasi ini muncul karena adanya ketimpangan distribusi barang  atau sesuatu yang dibutuhkan namun jumlahnya sangat terbatas. Minyak tanah menjadi barang yang tidak semua orang dapat memilikinya. Hal ini menyebabkan perbedaan-perbedaan yang diakibatkan oleh kemampuan individu untuk memilikinya. Demikian juga dengan kepemilikan logam mulia seperti emas, hanya orang – orang yang secara ekonomi berada pada posisi di ataslah yang dapat memperolehnya dengan cara membeli.

b. Diferensiasi fungsional (functional diferentiation)
Diferensiasi yang muncul karena setiap orang melakukan pekerjaan yang berbeda. Hal ini menjadi suatu kenyataan dalam kehidupan kita. Dengan pekerjaan yang saling berbeda maka manusia lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tidak ada  profesi yang paling penting dan tidak ada profesi yang tidak penting. Semua memberi sumbangan masing-masing sesuai kemampuan dan keilmuanya.  Diantara profesi yang berbeda dapat saling melengkapi dan menciptakan keharmonisan, sebab setiap individu pasti memerlukan keterampilan dari orang lain dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

c. Diferensiasi adat (custom diferentiation)
Diferensiasi ini muncul karena adanya aturan berperilaku yang berbeda menurut situasi tertentu.  Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi yang berbeda-beda. Dalam hal menyajikan makanan misalnya, ada yang dengan cara dihidangkan di atas meja lengkap dengan peralatannya, tetapi ada juga yang dihidangkan di atas tikar dengan duduk bersila. Bagaimana tradisi yang ada di daerah kalian? Mungkin saja ada perbedaan satu dengan tempat yang lain tetapi itu merupakan keberagaman yang memperkaya budaya luhur bangsa Indonesia.

BENTUK-BENTUK DIFERENSIASI SOSIAL 

a. Jenis Kelamin (Gender)
Manusia diciptakan oleh Tuhan menjadi dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan dan dimata Tuhan keduanya memiliki derajat yang sama, walalupun secara fisik antara laki-laki dengan wanita itu berbeda, namun perbedaan itu bukan suatu pertanda bahwa yang satu lebih mulia atau lebih baik daripada yang lain.

b. Usia
Manusia sebagai makhluk yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan pastilah satu dengan yang lain mempunyai perbedaan umur, tetapi umur tidak melambangkan jenis pekerjaan atau aktifitas yang harus dilakukan oleh setiap individu. Usia merupakan ukuran lamanya setiap individu menjalani kehidupannya. Perlu diingat juga bahwa usia juga dapat menjadi pengingat bahwa kita harus juga memegang teguh ajaran bahwa yang lebih muda harus menghormati yang lebih tua.

c. Ras
Ras merupakan penggolongan manusia berdasarkan ciri-ciri fisiknya. Ciri fisik yang dimaksud dapat berupa warna kulit, bentuk rambut, warna mata, tinggi badan serta warna rambut.


d. Suku Bangsa
Suku bangsa merupakan golongan sosial yang dibedakan dari golongangolongan sosial lainnya karena mempunyai ciri-ciri yang paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal usul serta kebudayaannya. Menurut Koentjoroningrat Suku bangsa adalah suatu golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas atas kesatuan kebudayaan. Setiap suku bangsa mempunyai keunikan dan kebudayaan masing-masing, semuanya mempunyai makna dalam kehidupan masyarakatnya. Jadi tidak ada suku yang paling baik atau suku yang paling buruk. Semuanya sama satu bangsa yaitu Indonesia Raya. Coba cermati di lingkungan kalian, mungkin terdapat tidak hanya satu suku dalam suatu wilayah dan tentunya hal itu menjadikan keragaman tersebut menjadi penguat dalam menjalin keharmonisan masyarakat.

e. Diferensiasi Agama
Adanya berbagai macam agama yang berkembang dan saling menghormati antara yang satu dengan yang lain dapat memberi bukti adanya diferensiasi dalam hal agama. Menurut Emile Durkheim, Agama adalah suatu sistem kepercayaan beserta praktiknya, berkenaan dengan hal-hal yang sakral yang menyatukan pengikutnya dalam suatu komunitas moral. Agama dapat mengikat secara rohani kepada setiap warga tanpa memandang suku atau asal-usul seseorang,  sebab nilai-nilai setiap agama pasti mengajarkan tentang kebaikan disamping mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan dan juga hubungan antara manusia dengan manusia.  Agama mengajarkan kepada kita semua untuk hidup secara teratur tanpa memandang pangkat, jabatan ras dan lain-lain perbedaan yang melekat pada manusia.


f. Diferensiasi Pekerjaan
Setiap orang memiliki profesi sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan kemauannya. Perbedaan pekerjaan atau profesi merupakan hal yang wajar bahkan sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat, sebab dengan perbedaan itu kebutuhan manusia justru dapat dipenuhi. Kita tidak akan dapat memenuhi kebutuhan hidup bila kita secara keseluruhan memiliki pekerjaan yang sama.
 

RANGKUMAN 

Pengertian Deferensiasi sosial
Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

Jenis-jenis Deferensiasi sosial  
Jenis-jenis deferensisasi sosial dibagi atas :  
1. Diferensiasi tingkatan ( rank diferentiation) 
2. Diferensiasi fungsional (funsctional diferentiation) 
3. Diferensiasi adat (custom diferentiation)

Bentuk-bentuk Deferensiasi Sosial
1. Jenis kelamin 
2. Usia 
3. Ras 
4. Suku Bangsa 
5. Deferensiasi agama 
6. Deferensiasi pekerjaan

Referensi: Tri Ady Indrawan. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Diferensiasi Sosial - Jenis-jenis dan Bentuknya Diferensiasi Sosial - Jenis-jenis dan Bentuknya Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Oktober 13, 2021 Rating: 5

45 komentar:

  1. Nama : Maeva Putri Ana
    No : 19
    Kelas : XI IPS 4


    Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmansyah
      Kelas : XI IPS 1
      No Absen : 3

      Jelaskan yang dimaksud Diferensiasi Sosial! Diferensiasi sosial merupakan Penggolongan pembedaan masyarakat horizontal, artinya pembedaan ini anggota secara tetap memiliki derajat atau tingkat yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan etnis suku bangsa,agama, ras, pekerjaan,gender,dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

      Hapus
  2. Zahra Kusuma Rajendra20 Oktober 2021 09.26

    Nama:Zahra Kusuma Rajendra
    No:31
    Kelas:XI IPS 3
    Menurut sosiolog Kaare Svalastoga, dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

    1. Diferensiasi tingkatan (rank differentiation) muncul karena ketimpangan penyaluran barang atau jasa di suatu daerah. Hal ini menyebabkan barang atau jasa memiliki perbedaan harga. Perbedaan harga itu terjadi karena penyalurannya harus melalui berbagai tangan untuk sampai ke tujuan.

    2. Diferensiasi fungsional (functional differentiation) atau pembagian kerja yang muncul karena orang melakukan pekerjaan yang berlainan. Hal ini bisa dilihat di suatu lembaga sosial. Ada perbedaan pembagian kerja yang menyebabkan setiap orang harus melaksanakan kewajiban sesuai fungsi masing-masing.

    3. Diferensiasi kultural (cultural differentiation) muncul karena aturan berperilaku yang tepat berbeda menurut situasi tertentu. Hal ini juga disebut dengan norma yang bertujuan mengatur ketertiban masyarakat, yang mungkin berbeda di setiap daerah

    BalasHapus
  3. Nama : ZAKY AMMAR AN NAUFAL
    No : 35
    Kelas: XI MIPA 1


    Diferensiasi sosial berasal dari bahasa Inggris
    yaitu difference, yang berarti perbedaan. Secara
    istilah pengertian diferensiasi sosial adalah
    pembedaan anggota masyarakat ke dalam
    golongan secara horizontal, mendatar, dan
    sejajar atau tidak memandang perbedaan
    lapisan. Asumsinya adalah tidak ada golongan
    dari pembagian tersebut yang lebih tinggi
    daripada golongan lainnya.

    BalasHapus
  4. Nama: FRISCA APRIANISYAH IZZATY
    Kelas: XI MIPA 4
    Absen: 17



    Pengertian Deferensiasi sosial
    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  5. NAMA : KHOIRUN NISA IZZATI
    NO : 20
    KELAS : XI MIPA 1

    Jelaskan yang dimaksud Diferensiasi Sosial!
    Diferensiasi sosial merupakan Penggolongan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa,agama, pekerjaan,gender,dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  6. Aisyah alfiaturrohmah (2) XI MIA 420 Oktober 2021 13.09

    Nama : Aisyah alfiaturrohmah
    Kelas. : XI MIPA 4
    No absen :2



    Kata diferensiasi berasal dari bahasa Inggris, different, yang artinya "berbeda".Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  7. Nama: Yahya Yulia Putra
    Kelas: XI MIPA 3
    Absen: 32


    Jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial?




    Pengertian Deferensiasi sosial
    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  8. Nama : Letifa purwaningtyas
    Kelas : XI MIPA 2
    NO : 23


    Kata diferensiasi berasal dari bahasa Inggris, different, yang artinya "berbeda". Perbedaan ini tidak menunjukkan tinggi rendahnya sesuatu secara vertikal, tetapi dalam dimensi horizontal dengan tingkatan yang sama.

    Sosiolog UGM, Nasikun, menyampaikan bahwa struktur masyarakat dapat dilihat secara vertikal maupun horizontal. Dimensi horizontal membentuk ketidaksamaan sosial, sedangkan dimensi vertikal membentuk stratifikasi sosial.

    Perbedaan masyarakat secara horizontal dapat dilihat dari beberapa hal. Misalnya berdasarkan perbedaan suku bangsa, agama, jenis kelamin, ras, dan lain-lain. Perbedaan ini tidak ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah.


    BalasHapus
  9. Nama : Faroja Mutia Sari
    no:16
    kelas:XI MIPA 1

    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  10. Nama : Ahmad Nur Mujahid
    Kelas: XI MIPA 3
    Absen: 2

    Jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial?


    Pengertian Deferensiasi sosial

    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu. namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  11. NAMA : ADHE ARIFIN
    KELAS: XI MIPA 2
    NO. : 1




    Diferensi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (dimensi horizontal).
    Wujud dari diferensi sosial adalah penggolongan masyarakat ke dalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (bertingkat).
    Diferensi sosial menunjukan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.Hal tersebut mencakup ras ,etnis,klen ,agam,pekerjaan,jenis kelamin dan lain-lain

    BalasHapus
  12. Nama: DIANA FEBRIAN INTIAS
    Kelas: XI MIPA 4
    No : 11

    Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  13. Nama: TRI NUR HAYAT TUTI
    Kelas: XI IPA 1
    Absen: 31

    Pengertian Deferensiasi sosial

    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  14. NAMA : ROFICHO TULLAILIYAH
    KELAS : XI IPS 1
    NO ABSEN : 27

    *Pengertian Diferensiasi

    Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  15. Nama:Natassya Laili Fatikha A.
    Kelas:XI MIPA 2
    No:27

    Pengertian diferensiasi sosial

    Diferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok kelompok sosial secara horizontal(dimensi horizontal).wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (bertingkat) menunjukan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat

    BalasHapus
  16. Intan addawiyah20 Oktober 2021 18.07

    Nama: intan addawiyah
    No: 20
    Kelas: XI MIPA 2

    Pengertian diferensiasi sosial:

    Diferensiasi adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat). Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat. Hal tersebut mencakup ras, etnis, klen, agama, pekerjaan, jenis kelamin dll.

    BalasHapus
  17. GALIH SETIA PURBANINGRUM20 Oktober 2021 18.14

    Nama : Galih Setia Purbaningrum
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 18

    Pengertian Deferensiasi sosial
    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  18. Nama : Nokhaita
    Kelas : XI MIPA 3
    No. : 26

    Jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial?

    Pengertian deferensiasi sosial deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (dimensi horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah pengolahan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (bertingkat) diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  19. deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (demensi horizontal). wujud dari deferensiasi sosial adalah pengolahan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (bertingkat) diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  20. Nama : Fatma Dwi Nuraini
    No : 13
    Kelas : XI IPS 3
    1. Jelaskan yg di maksud dengan diferensisasi sosial ?
    Pembedaan masyarakat dalam kelompok kelompok sosial.
    ��

    BalasHapus
  21. Nama:Alvi nur hidayah
    No:3
    Kelas:XI MIPA 4

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan diferensiasi sosial?

    Kata diferensiasi berasal dari bahasa Inggris ,different, yang artinya "berbeda". diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal,artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa,agama, pekerjaan ,dan jenis kelamin Tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  22. NAMA : Muhammad Abdul Rosyid
    Kelas: XI MIPA 2
    No : 25

    Jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial?
    Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  23. Nama:Else Duwi Lestari
    Kelas:XI MIPA1
    No:14

    Diferensiasi merupakan pembedaan anggota masyarakat artinya secara sosial secara horizontal, pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkat yang sama. Sebagai masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, contoh, pembedaan agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  24. Nama: Angger Luthfian Budi
    Kelas: XI MIPA 4
    Absen: 4

    Jelaskan yg dimaksud dengan deferensiasi sosial!

    Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  25. Nama : gema kumala
    Kelas.: XI MIPA 2
    No. : 18


    Diferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok kelompok sosial secara horizontal (dimensi horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (bertingkat). Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat. Hal tersebut mencakup ras, etnis, klen, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin

    BalasHapus
  26. Nama: Syakira luvita sari
    No:29
    Kelas:Xl MIPA 01

    jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial

    Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    Menurut Soerjono Soekanto, hal ini merupakan bentuk dari variasi pekerjaan, prestise, dan kekuasaan kelompok dalam masyarakat. Artinya, diferensiasi itu bisa menunjukkan keragaman yang dimiliki suatu bangsa.


    Jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial

    BalasHapus
  27. Nama:Desi Fitriayani
    No:10
    Kls:XI Mipa 1

    Diferensiasi adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat). Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat. Hal tersebut mencakup ras, etnis, klen, agama, pekerjaan, jenis kelamin dll.

    BalasHapus
  28. ARNITA FITRIYANTI
    XI IPS 1
    NO ABSEN 07

    •Jelaskan yang dimaksud dengan deferensi !

    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  29. ENNOU HAPPY FINIARIE21 Oktober 2021 08.14

    Nama : Ennou Happy Finiarie
    No. : 14
    Kelas: XI MIPA 2

    Jelaskan yang di maksud deferensiasi sosial!

    Diferensiasi adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujudnya adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat).

    BalasHapus
  30. Nama :Rizky Muhammad
    No :33
    Kelas: XI MIPA 4


    istilah pengertian diferensiasi sosial adalah
    pembedaan anggota masyarakat ke dalam
    golongan secara horizontal, mendatar, dan
    sejajar atau tidak memandang perbedaan
    lapisan.

    BalasHapus
  31. Nama:Putri Kurnianingsih
    No:23
    Kelas: XI ips 2

    Yang dimaksud diferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat. Hal tersebut mencakup ras, etnis, klen, agama, pekerjaan,dan jenis kelamin.

    BalasHapus
  32. Nama:Nito Yudha Nugraha
    No:23
    Kelas:XI ips 1

    Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  33. Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok horizontal sosial (dimensi secara Horizontal). Diferensiasi dari diferensiasi sosial penggolongan ke dalam kelompok-kelompok tertentu adalah masyarakat namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial sosial masyarakat.

    BalasHapus
  34. Nama: Imelda Rahmawati
    Kelas: X1 MIPA 2
    No: 19

    Jelaskan yang dimaksud dengan deferensiasi sosial!

    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  35. Nama : Sinta Intan Kusuma
    No. Absen : 31
    Kelas : XI IPA 3

    Jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial?

    Diferensiasi adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat). Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  36. Nama : Ummi Nur Khasanah
    Kelas: XI MIPA 1
    No : 32

    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok horizontal sosial (dimensi secara Horizontal). Diferensiasi dari diferensiasi sosial penggolongan ke dalam kelompok-kelompok tertentu adalah masyarakat namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial sosial masyarakat.

    BalasHapus
  37. Nama : Clarisa Titania Pangestika
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :8

    Jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial!
    Jawaban:

    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (Dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat). Diferensiasi sosial menunjukkan kemajuan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  38. NAMA:Dyah Nawang Wulan
    KELAS:X Mipa 4
    NO:12


    Diferensiasi adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat). Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat. Hal tersebut mencakup ras, etnis, klen, agama, pekerjaan, jenis kelamin,dan lainnya.

    BalasHapus
  39. ALFARIZI DIMAS SAPUTRA22 Oktober 2021 07.12

    Nama : ALFARIZI DIMAS SAPUTRA
    No :4
    Kelas:XI IPS 1



    Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  40. Nama: Auliya Qaida Hadiningsih
    No.Absen: 07
    Kelas: XI MIPA 2

    Jelaskan yang dimaksud dengan Diferensiasi Sosial!
    Jawab=
    •Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok -kelompok sosial secara horizontal (dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok- kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat) Diferensiasi sosial menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  41. Nama : EILITA YUYUN TRI CAHYANI
    No Absen : 13
    Kelas : XI IPA 2

    Jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial?


    pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok (dimensi Diferensiasi adalah sosial secara horizontal Horizontal). VWujud dari sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu diferensiasi namun tidak secara hierarkis sosial (Bertingkat). menunjukkan heterogenitas sosial masyarakat. Diferensiasi kemajemukan dan

    BalasHapus
  42. Nama : Annisah Fitriyana
    No Absen : 13
    Kelas : XI IPA 2

    Jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial?


    pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok (dimensi Diferensiasi adalah sosial secara horizontal Horizontal). VWujud dari sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu diferensiasi namun tidak secara hierarkis sosial (Bertingkat). menunjukkan heterogenitas sosial masyarakat. Diferensiasi kemajemukan dan

    BalasHapus
  43. Nama : Delphina ayu zahrawati
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :9

    Jelaskan yang dimaksud dengan diferensiasi sosial!
    Jawaban:

    Deferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial secara horizontal (Dimensi Horizontal). Wujud dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu namun tidak secara hierarkis (Bertingkat). Diferensiasi sosial menunjukkan kemajuan dan heterogenitas sosial masyarakat.

    BalasHapus
  44. Nama:Febiana Istiyaningsih
    Homer:15
    Kelas:XI IPS 4


    Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.