Sosiologi - Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya


Adalah Auguste Comte, merupakan tokoh yang mempelopori lahirnya sosiologi sebagai ilmu yang secara khusus membahas tentang masyarakat. Oleh karena itu, beliau disebut sebagai Bapak Sosiologi. Dalam perkembangannya kemudian Emile Durkheim memperkenalkan metodologi sosiologi dan istilah sosiologi semakin populer dan diakui sebagai ilmu dalam bukunya Priciples of Sociology.

Pengertian Sosiologi

Istilah sosiologi, berakar dari kata socius yang berarti teman / kawan. Dan kata logos yang artinya kata / berbicara. Jadi secara harfiah, sosiologi berarti ilmu yang membahas tentang masyarakat. Masyarakat merupakan objek dari kajian ilmu sosiologi. Akar kata masyarakat diambil dari bahasa Arab yaitu “musyarak” yang berarti bersama-sama. Karena itu sosiologi terfokus pada hubungan atau relasi antar manusia dan mempelajari proses atau dinamika yang terjadi dalam hubungan tersebut.

Ada beberapa unsur yang terkandung dalam istilah masyarakat yaitu:
1. Sekolompok manusia yang hidup bersama dalam tempat yang sama dan waktu yang relatf lama dan kemudian membentuk suatu kesatuan.
2. Mereka memiliki hubungan antar manusia yang saling mengerti, saling memahami, merasakan dan memiliki harapan yang sama.
3. Terdapat sistem komunikasi dan adanya peraturan yang mengatur hubungan antar manusia sehingga tercipta suatu sistem kehidupan bersama.

Ciri-ciri Sosiologi

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan memliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Sosiologi bersifat empiris. Artinya sosiologi mempelajari masyarakat berdasarkan fakta yang ada. Berdasarkan hasil observasi, tidak spekilatif dan menggunakan akal sehat.
2. Sosiologi bersifat teoritis. Artinya sosiologi berusaha menyusun penjelasan atau abstraksi dari hasil observasi dan fakta yang ada.
3. Sosiologi bersifat kumulatif. Artinya teori-teori yang ada merupakan bentuk pembaruan atau revitalisasi teori-teori sebelumnya untuk memperbaiki, menyempurnakan dan memperluas kajian teori-teori lama.
4. Sosiologi bersifat nonetis. Artinya kajian sosiologi bukan ditujukan untuk melihat dan menilai baik buruknya suatu fenomena. Akan tetapi menganalisa fenomena tersebut secara objektif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Manfaat Mempelajari Ilmu Sosiologi

1. Pembangunan. Sosiologi berguna untuk memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, mauun penilaian dalam pembangunan.
2. Penelitian. Dengan sosiologi akan diperoleh suatu rencana penyelesaian masalah sosial yang baik.

Sosiologi - Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya Sosiologi - Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya Reviewed by Fakhrudin Sujarwo on Agustus 01, 2020 Rating: 5

3 komentar:

  1. Ilmu sosiologi sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan adaptasi dalam lingkungan, budaya, dan kebiasaan masyarakat yang beraneka ragam.

    BalasHapus
  2. Menurut saya mempelajari ilmu sosiologi itu sangat penting, supaya kita mengetahui pentingnya sosialisasi di kehidupan kita, jika sosialisasi kita tidak sempurna itu akan membuat masa depan kita berantakan karena adanya pengaruh dari luar keluarga kita.

    BalasHapus
  3. Saya M.Zaky Syaputra kels X IPS 4
    Menurut saya belajar sosiologi adalah ilmu yang bermanfaat dan penting, sebab ilmu sosiologi adalah ilmu yg berkaitan hubungan bermasyarakat,dan sebab ilmu sosiologi dapat tercipta hubungan antar manusia/ Masyarakat yang baik
    Sekian dari saya terima kasih

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.