Kejar Stratamu !


Stratifikasi Sosial - Ragam Sistem Stratifkasi di Masyarakat

Materi
  • Kasta Masyarakat Hindu
  • Strata Sosial Masyarakat Jaman Jepang
  • Strata Masyarakat Pertanian Jawa
  • Strata Lembaga Militer
  • Strata Pendidikan Formal
  • Strata Jabatan Lembaga Eksekutif
  • Strata Golongan PNS
  • Strata Sosial Perusahaan

Metode & Model
Pendekatan : Contexstual Teaching and Learning (CTL)
Model : Teams Games Tournament (TGT)
Metode : Demonstrasi

Assasment
Pengetahuan : Penugasan
Sikap : Observasi (Sikap Disiplin, Tanggung Jawab)
Keterampilan : Kinerja

Skenario Pembelajaran
  1. Guru menyampaikan tujuan kompetensi yang hendak dicapai.
  2. Guru menjelaskan skenario pembelajaran yang akan dilalui.
  3. Guru menjelaskan pengantar materi “Ragam Jenis Stratifikasi Sosial di Masyarakat”.
  4. Siswa kelas dibagi menjadi empat kelompok/tim. Pengelompokkan siswa mempertimbangkan heterogenitas siswa. (Jenis kelamin, terpintar, tercepat dan sebagainya
  5. Asumsi jumlah siswa 30 orang. Masing-masing tim beranggotakan lima orang sebagai pemain. Sisanya sebagai supporter yang meneriakan yel-yel penyemangat timnya.
  6. Guru memberikan dua kartu soal kepada masing-masing tim. Kartu tersebut berisi petunjuk jenis stratifikasi apa yang harus dikumpulkan.
  7. Melalui berbagai sumber, siswa mengeksplorasi dan mempersiapkan materi sesuai kartu soal yang didapat.
  8. Sementara itu, Guru mempersiapkan segala properti yang diperlukan, seperti pengaturan tempat turnamen, kartu puzzle (jawaban) dan kartu pengecoh. Disarankan turnamen dilakukan di luar kelas supaya ruang gerak lebih leluasa.
  9. Empat meja dipersiapkan sebagai tempat masing-masing tim menyusun kartu puzzle dan satu meja target sebagai tempat kartu-kartu puzzle. Jarak antara meja tim dan meja target sekitar 10 meter.
  10. Guru menyampaikan petunjuk teknis pelaksanaan turnamen. Setelah semua persiapan siap, maka turnamen bisa dimulai. Masing-masing tim berlomba mencari kartu puzzle yang sesuai dengan kartu soal yang diterima.
  11. Satu kartu puzzle diambil secara bergantian oleh masing-masing anggota tim. Satu peserta berlari ke arah meja target untuk mengambil kartu puzzle kemudian meletakkannya di meja tim. Begitu seterusnya dilakukan secara estafet.
  12. Turnamen berakhir jika: (a) Waktu yang ditentukan berakhir (Ex: 10 menit). (b) Salah satu tim menyatakan telah menyelesaikan turnamen.
  13. Selanjutnya Guru mulai mengecek kebenaran kartu-kartu puzzle yang dikumpulkan oleh masing-masing tim.
  14. Skor diperoleh jika kartu yang dikumpulkan adalah benar. Jika salah, maka kartu tersebut menjadi pengurang skor dari kartu yang benar.
  15. Guru memberikan apresiasi (award) kepada tim pemenang yang memperoleh skor tertinggi.
  16. Semua siswa tanpa terkecuali, mencermati hasil susunan puzzle yang benar dari meja masing-masing anggota tim.
  17. Guru menyampaikan refleksi pembelajaran sebagai penguatan kompetensi yang yang telah dicapai.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.