Kelompok Sosial - Klasifikasi dan Jenis-Jenisnya

KLASIFIKASI KELOMPOK SOSIAL

Kelompok Tidak Teratur

a. Kerumunan (Crowd)
Kerumunan merupakan suatu kelompok sosial yang bersifat temporer, artinya kerumunan itu akan tetap ada selama orang-perorangan secara fisik hadir dalam suatu tempat yang sama. Apabila orang-orang tersebut bubar maka secara otomatis kerumunan tidak ada lagi. Kerumunan tidak terorganisasi, tidak mempunyai pimpinan dan tidak ada pembagian kerja maupun pelapisan sosial. Artinya kedudukan tiap orang dalam suatu kerumunan adalah sama. Identitas pribadi akan tenggelam dengan sendirinya. Seorang pengacara, guru, militer atau mahasiswa, yang samasama menunggu angkutan umum dalam sebuah halte memiliki status dan kedudukan yang sama. Suatu kerumunan mudah sekali bereaksi karena individu yang berkumpul mempunyai satu pusat perhatian. Keinginan mereka akan tersalurkan dengan mengadakan suatu aksi.


Ananda yang berbahagia, suatu kerumunan mempunyai bentuk-bentuk yang umum yaitu sebagai berikut : 

1) Formal audience atau khalayak penonton yang formal. Kerumunan yang mempunyai suatu pusat perhatian dan persamaan tujuan, tetapi sifatnya sangat pasif. Contohnya adalah penonton film, pendengar khotbah dan lain-lain.

2) Planned expressive group atau kelompok ekpresif yang telah direncanakan. Merupakan kerumunan yang pusat perhatiannya tidak begitu penting, tetapi mempunyai persamaan tujuan yang tersimpul dalam aktifitas kerumunan tersebut serta kepuasan yang dihasilkannya. Fungsinya adalah penyalur ketegangan yang dialami orang karena pekerjaannya sehari-hari. Contohnya orang-orang yang berpesta, rekreasi, atau berdansa.

3) Casual crowds atau kerumunan yang bersifat sementara. Kerumunan yang bersifat sementara yang ingin menggunakan fasilitas-fasilitas yang sama. Misalnya orang yang sedang antri karcis, orang yang antri di depan kamar mandi umum dan lain-lain.  Dalam kerumunan ini kehadiran orang lain merupakan penghalang bagi tercapainya suatu tujuan seseorang.

4) Panic crowds atau kerumunan orang yang sedang dalam keadaan panik. Kerumunan orang-orang yang secara bersama-sama dalam keadaan panik dan sedang berusaha menyelamatkan diri dari suatu bahaya. Dorongan dalam diri individu  dalam kerumunan tersebut cenderung mempertinggi rasa panik.

5) Spectator crowds atau kerumunan penonton. Merupakan sekumpulan orang yang ingin melihat suatu kejadian atau peristiwa tertentu. Kerumunan jenis ini hampir sama dengan khalayak penonton, perbedaannya adalah kerumunan penonton tidak direncanakan dan aktivitas kegiatannya juga tidak direncanakan.

6) Lawless crowds (kerumunan yang berlawanan dengan norma hukum). Ananda, kedua bentuk kerumunan ini harus dihindari. Ini hanya sebagai pengetahuan saja supaya ananda mawas diri.
a. acting crowds (kerumunan yang bertindak emosional) yaitu kerumunan yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu dengan menggunakan kekuatan fisik yang berlawanan dengan normanorma yang berlaku dalam masyarakat.
b. immoral crowds (kerumunan yang bersifat immoral) yaitu segala tindakan yang berlawanan dengan norma-norma dalam masyarakat atau norma-norma pergaulan hidup, tetapi tanpa tujuan yang tertentu. Contohnya adalah sekelompok orang yang sedang mabuk. 
 
b. Massa (Mass)
Kelompok tidak teratur yang ke dua yaitu massa. Pengertian massa sebenarnya hampir sama dengan kerumunan, namun pada umumnya massa terbentuk dengan adanya suatu perencanaan dan memiliki pemimpin yang menggerakkan, sehingga proses terjadinya bukan merupakan sesuatu yang spontan. Contoh dari massa adalah sekumpulan orang-orang yang digerakkan untuk melakukan suatu demonstrasi terhadap kebijakan yang diambil oleh pimpinan atau pemerintah.

c. Publik
Yang ketiga yaitu publik. Publik merupakan kelompok semu dan proses terjadinya hampir sama dengan massa. Interaksi yang telah terjadi dalam publik dinamakan khalayak umum atau khalayak ramai. Proses pembentukan publik melalui alat-alat komunikasi seperti surat kabar, radio, telepon, televisi, dan film. Contoh kumpulan orang orang pelamar kerja di suatu instansi, dan lain-lain. 
 

Kelompok Teratur

Nah ananda, sekarang kita akan menyimak tentang kelompok teratur. Apa itu kelompok teratur? Kelompok teratur adalah kelompok sosial yang setiap anggota di dalamnya sadar bahwa ia adalah bagian dari kelompok tersebut. Terdapat hubungan timbal balik di antar anggota kelompok. Kelompok teratur dapat dipilah menjadi beberapa bagian, antara lain :

a. Kelompok dasar
Kelompok dasar adalah kelompok yang dibentuk secara spontan dari bawah untuk melindungi anggota-anggotanya terhadap tekanan negatif dari masyarakat besar dan sekaligus berfungsi sebagai sumber kegiatan bagi pembaruan masyarakat besar (induk) itu sendiri.  Contoh kelompok dasar yang terdapat di masyarakat di antaranya kelompok yang berlandaskan agama. Kelompok agama muncul karena unsur-unsur penting telah kehilangan fungsinya bagi masyarakat.

b. Kelompok besar dan kecil
Besar kecilnya suatu kelompok ditentukan oleh kriteria tugas-tugas sosial dan jumlah anggotanya. Suatu kelompok disebut besar apabila bobot tugas yang ditangani atau tugas-tugas sosial yang dilaksanakan nya penting dan universal. Tugas-tugas tersebut mencakup pemenuhan kebutuhan dasar guna mempertahankan kehidupan masyarakat. Kelompok besar adalah kelompok yang memiliki jumlah anggota relatif besar dan biasanya terbentuk dari beberapa kelompok kecil yang masing-masing kelompok menangani tugas tertentu. Kebutuhan sosial yang dinilai umum sebagai kebutuhan dasar harus selalu ada dalam setiap masyarakat, yaitu ekonomi, politik, pendidikan, keagamaan, kesenian, dan sebagainya.  Kelompok kecil adalah kelompok yang jumlah anggotanya relatif kecil (paling sedikit dua orang) dan dibentuk atas dasar kebutuhan atau kepentingan kecil dan spesifik. Kelompok-kelompok kecil selalu timbul atau pasti akan timbul di dalam kelompok yang lebih besar dan luas. Hal ini terjadi karena manusia mempunyai kepentingan yang berbeda. Manusia memerlukan bantuan dan perlindungan dari sesamanya. Manusia mempunyai kemampuan yang terbatas dan sebagainya. Keadaan yang demikian menyebabkan timbulnya kelompok kecil (small group). Contohnya, kelompok belajar dan kelompok diskusi merupakan kelompok kecil dari suatu kelompok pendidikan (sekolah).

c. Kelompok primer dan kelompok sekunder
Menurut C.H Cooley kelompok primer adalah kelompok-kelompok yang ditandai dengan ciri-ciri saling mengenal diantara anggota-anggotanya dan bekerja sama yang erat yang bersifat pribadi. Hubungan sosial dalam kelompok primer bersifat informal (tidak resmi), akrab, dan personal. Contohnya keluarga, klan, dan lain-lain. Kelompok sekunder adalah kelompok yang tidak didasarkan pada hubungan pribadi bersifat sementara. Hubungan sosial bersifat formal, impersonal, dan segmental didasarkan pada manfaat (utilitarian). Manusia sebagai pribadi dalam kelompok sekunder kurang mendapat perhatian sebab yang menjadi pusat perhatian adalah tugas dan prestasi kerja. Contohnya ananda, dalam sebuah perusahaan, aspek yang dihargai dari seseorang adalah kepandaian, keterampilan, keluwesan bekerja sama, dan kepemimpinannya.

d. Kelompok dalam dan kelompok luar
In-group atau kelompok dalam muncul ketika para anggota suatu kelompok merasa bahwa mereka mempunyai suatu tujuan dan cita-cita yang sama, menaati norma-norma yang sama, nasib yang sama. Contohnya anada masuk sebagai warga RT 01, Peserta didik kelas XI IPS 1, dan lain-lain. Out-group atau kelompok luar kelompok yang oleh individu diartikan sebagai kelompok lain diluar kelompoknya. Contohnya kelompok diluar warga RT 01, Peserta didik diluar kelas XI IPS 1, dan lain-lain.

e. Kelompok keanggotaan dan Kelompok Acuan
Merton mengemukakan pembagian kelompok dengan sebutan kelompok keanggotaan (membership Group ) dan kelompok acuan (reference group). Kelompok keanggotaan merupakan kelompok dimana seseorang secara resmi dan secara fisik menjadi anggota. Kelompok acuan ialah kelompk yang dengannya seseorang memiliki ikatan batin. Seseorang menerima pengaruh dari suatu kelompok dan mau menyesuaikan hidupnya dengan kelompok itu karena dinilai bermanfaat bagi kehidupannya.

f. Kelompok formal dan informal
Kelompok formal adalah Kelompok yang memiliki peraturan-peraturan yang tegas dan dengan sengaja dibuat oleh anggota-anggotanya untuk mengatur hubungan antar anggotanya. Contohnya : Partai politik. Dalam partai politik terdapat hierarki kepemimpinan yang jelas, dan seseorang harus berusaha atau menunjukkan kemampuanya untuk menduduki jabatan terhormat dalam partainya. 
Kelompok Informal merupakan kelompok sosial yang terbentuk karena pertemuan-pertemuan yang berulang dan merasa memiliki kepentingan dan pengalaman yang sama. Contoh dari kelompok ini adalah kelompok kecil atau persahabatan atau kelompok pemain musik di sekolah.

g. Kelompok okupasional dan kelompok volunter
Kelompok okupasional muncul setelah kelompok kekerabatan memudar fungsinya. Kelompok terdiri dari orang-orang yang melakukan pekerjaan sejenis. Contohnya Ikatan Bidan Indonesia, PGRI, dan lain-lain. Kelompok volunter muncul akibat tidak terpenuhinya kepentingankepentingan masyarakat. Kelompok ini mencakup orang-orang yang mempunyai kepentingan sama tetapi tidak mendapatkan perhatian dari masyarakat tanpa mengganggu kepentingan masyarakat luas. Contoh Relawan bencana alam, relawan penanggulangan pandemi covid-19, dan lain-lain.
 
Kelompok Teritorial
Kelompok teritorial adalah suatu kelompok teritorial daerah tertentu yang membina hubungan para anggotanya dengan sarana-sarana yang sama untuk mencapai suatu hal atau tujuan tertentu. Ciri-ciri kelompok teritorial yaitu :
a. Kesatuan hidup yang tetap dan teratur yang berarti hubungan antar anggotanya teratur, akrab, kekeluargaan, saling mengenal, dan saling menolong.
b. Bersifat teritorial yang berarti ciri khas suatu kelompok sosial sebagai komunitas adalah daerah tempatnya berada. Contoh: Desa, Kota, Kabupaten dan lain-lain. 

JENIS-JENIS KELOMPOK SOSIAL

Setelah menyimak materi tentang klasifikasi kelompok sosial kemudian ananda juga harus memahami tentang jenis-jenis kelompok sosial. Jenis-jenis kelompok sosial yang juga di kemukakan oleh para ahli antara lain : 

Menurut Emile Durkheim.
Menurut Durkheim kelompok dapat dibagi menjadi dua yaitu :

a. kelompok yang didasarkan pada solidaritas mekanis
Solidaritas mekanis merupakan ciri yang menandai masyarakat yang masih sederhana (oleh Durkheim dinamakan segmental). Peranan semua anggota sama sehingga ketidakhadiran satu anggota kelompok dapat dengan segera digantikan anggota yang lain. Dalam kelompok ini yang diutamakan adalah persamaan perilaku dan sikap, sehingga perbedaan tidak dibenarkan. Seluruh warga masyarakat diikat oleh apa yang dinamakan collective conscience yaitu suatu kesadaran bersama yang mencakup keseluruhan kepercayaan dan perasaan kelompok, bersifat eksterm serta memaksa. Contohnya Ananda bisa melihat masyarakat tradisinal yang masih memegang teguh budaya leluhur.

b. kelompok yang didasarkan pada solidaritas organis
Solidaritas organis merupakan bentuk solidaritas yang mengikat masyarakat kompleks yaitu masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja yang rinci dan dipersatukan oleh kesaling tergantungan antar bagian. Tiap anggota menjalankan peranan yang berbeda, dan diantara berbagai peranan yang ada terdapat kesaling tergantungan laksana kesalingtergantungan antara bagian-bagian suatu organisasi biologis. Ikatan utama yang mempersatukan masyarakat adalah kesepakatan-kesepakatan yang terjalin diantara berbagai kelompok profesi.

Menurut Ferdinand Tonnies 
Menurut Tonnies kelompok dapat dibagi berdasarkan sifat ikatan antar anggota,  pengelompokannya menjadi dua yaitu : 

a. Paguyuban atau juga disebut Gemeinschaft
Pola kehidupan bersama yang intim, pribadi dan eksklusif, suatu keterikatan yang dibawa sejak lahir. Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal. Contohnya adalah paguyuban yang terbentuk karena ikatan darah dan paguyuban yang terbentuk karena ideologi. Menurut Tonnies ada tiga jenis gemeinschaft, Pertama, gemeinschaft by blood mengacu pada ikatan-ikatan kekerabatan. Kedua, gemeinschaft of place merupakan ikatan yang berlandaskan kedekatan letak tempat tinggal serta tempat bekerja yang mendorong orang untuk berhubungan secara intim satu dengan yang lain, dan mengacu kehidupan bersama di daerah pedesaan. Ketiga, gemeinschaft of mind mengacu pada hubungan persahabatan, yang disebabkan karena persamaan keahlian atau pekerjaan serta pandangan yang mendorong orang untuk saling berhubungan secara teratur.

b. Patembayan atau juga disebut Gesellschaft
Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi. Contohnya Asosialsi Pengusaha Muda Indonesia, dan lain-lain.

Menurut Charles H. Cooley  
Cooley mengklasifikasikan kelompok berdasarkan makna kelompok bagi anggotanya, yaitu  
a. Kelompok primer (primary group)
Kelompok primer adalah satuan hidup yang ditandai dengan hubungan yang akrab dan mesra di antara anggota-anggotanya. Orang-orang dalam kelompok primer biasanya bersama-sama dalam jangka waktu yang lama Hubungan antar anggota bersifat informal, mesra dan akrab. Ananda pasti dapat menebak contoh dari kelompok primer ini? Ya keluarga, keluarga termasuk kelompok primer yang mana di dalamnya terdapat hubungan yang mesra dan akrab.

b. Kelompok sekunder (secondary group)
Kelompok sekunder adalah kelompok yang hubungan antar anggotanya tidak akrab. Batas keanggotaan dalam kelompok sekunder tidak terlalu tegas. Anggota kelompok sekunder tidak mempunyai kesetiaan dan perasaan yang kuat karena masing-masing anggota melihat anggota lain dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang terbatas. 
 
Menurut Sumner  
Sumner memperkenalkan kategori kelompok dengan dua kelompok yaitu ingroup dan out-group. Summer mengklasifikasikan kelompok berdasarkan sikap anggota terhadap kelompoknya dan kelompok lain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ada klasifikasi kelompok teratur. 
 

RANGKUMAN 

Klasifikasi Kelompok Sosial 
a. Kelompok Tidak Teratur 
1) Kerumunan (Crowd). Kerumunan merupakan suatu kelompok sosial yang bersifat temporer, artinya kerumunan itu akan tetap ada selama orang–perorangan  secara fisik hadir dalam suatu tempat yang sama. Apabila orang-orang tersebut bubar maka secara otomatis kerumunan tidak ada lagi. 
2) Massa (Mass). Pada umumnya massa terbentuk dengan adanya suatu perencanaan dan memiliki pemimpin yang menggerakkan sehingga proses terjadinya bukan merupakan sesuatu yang spontan. 
3) Publik. Publik merupakan kelompok semu dan proses terjadinya hampir sama dengan massa. Interaksi yang telah terjadi dalam publik dinamakan khalayak umum atau khalayak ramai. 

b. Kelompok Teratur 
1) Kelompok dasar.
2) Kelompok besar dan kecil.
3) Kelompok formal dan informal.
4) Kelompok primer dan sekunder.
5) Kelompok keanggotaan dan Kelompok acuan.
6) Kelompok okupasional dan kelompok volunter.
c. Kelompok Teritorial 

Kelompok teritorial adalah suatu kelompok teritorial daerah tertentu yang membina hubungan para anggotanya dengan sarana-sarana yang sama untuk mencapai suatu hal atau tujuan tertentu. 
 
Jenis-Jenis Kelompok Sosial 
Jenis-jenis kelompok sosial yang juga di kemukakan oleh para ahli antara lain : 
a. Menurut Emile Durkheim : Solidaritas mekanis dan solidaritas organis.
b. Menurut Ferdinand Toennies : Paguyuban dan Petembayan.
c. Menurut Cooley : Kelompok Primer dan kelompok Sekunder.
d. Menurut Summer : Kelompok luar (out-group) dan Kelompok dalam (ingroup).

Referensi: Tri Ady Indrawan. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Kelompok Sosial - Klasifikasi dan Jenis-Jenisnya Kelompok Sosial - Klasifikasi dan Jenis-Jenisnya Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on Juli 21, 2021 Rating: 5

96 komentar:

  1. Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antara anggotanya merupak ikatan batin murni, alami, kekal dan sangat kokoh sedangkan ada 3 tipe ikatan yaitu ikatan darah atau masih saudara, ikatan letak tempat tinggal yang sama, ikatan persamaan dalam bidang pekerjan ataupun keahlian
    Sedangkan Patembayan ialah kelompok sosial yang ikatanya antar anggotanya tidak terlaku kokoh karena berlangsung unutuk waktu yang pendek, bersifat resmi.
    Nama : Fatma Dwi Nuraini
    No : 13
    Kelas : XI - IPS 3

    BalasHapus
  2. Paguyuban merupakan kumpulan dari individu yang hidup bersama dalam ikatan batin yang murni dan bersifat kekal.

    Sedangkan patembayang merupakan kumpulan individu yang terikat secara lahir untuk tujuan tertentu dalam jangka waktu terbatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Maeva Putri Ana
      No : 19
      Kelas : XI IPS 4

      Hapus
  3. Solidaritas mekanis
    merupakan ciri yang menandai masyarakat yang masih sederhana (oleh Durkheim dinamakan segmental). Peranan semua anggota sama sehingga ketidakhadiran satu anggota kelompok dapat dengan segera digantikan
    anggota yang lain.
    Sedangkan Solidaritas organis
    merupakan bentuk solidaritas yang mengikat masyarakat kompleks yaitu
    masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja yang rinci dan
    dipersatukan oleh kesaling tergantungan antar bagian. Tiap anggota
    menjalankan peranan yang berbeda, dan diantara berbagai peranan yang
    ada terdapat kesaling tergantungan laksana kesalingtergantungan antara
    bagian-bagian suatu organisasi biologis.

    Nama : Zaskia Raisa Rahmawati
    No : 31
    Kelas : XI IPS 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paguyupan (gemeinschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal.
      Sedangkan Patembayan (gesellschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.

      Hapus
    2. Nama : Zaskia Raisa Rahmawati
      No : 31
      Kelas : XI IPS 4

      Hapus
  4. Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal. Terdapat 3 jenis ikatan yaitu, ikatan darah atau kekerabatan, ikatan berlandaskan kedekatan tempat tinggal, dan ikatan persamaan pekerjaan atau keahlian.

    Sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar angotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi.
    Nama : Rasya Ali Canacun
    Kelas : XI - IPS 3
    No : 23

    BalasHapus
  5. Paguyuban atau juga disebut Gemeinschaft
    Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.

    sedangkan patembayan atau juga disebut GESELLSCHAFT Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Hubungan antar anggota biasanya bersifat formal.

    Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada
    diantara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih kasayang. Akan tetapi Patembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.

    nama:kiara mawar saron
    kelas: XI IPS 1
    no: 16

    BalasHapus
  6. Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada diantara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih kasayng. Akan tetapi Patembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.

    Nama : Nachwa Dewi Sekar Arij
    Kelas : XI IPS 1

    BalasHapus
  7. Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada diantara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih kasayng. Akan tetapi Patembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.




    Nama : Bromo Gandi Waskitho
    Kelas: XI IPS 3

    BalasHapus
  8. Paguyupan (gemeinschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal
    Contoh:
    1. Berdasarkan ikatan darah (keluarga)
    2. Brdsrkan tempat (RT, RW)
    3. berdasarkan ideologi (parpol berdasar agama)

    Patembayan (gesellschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.
    Contohnya: ikatan dagang, organisasi pada industri/instansi

    Nama:Zahra Kusuma Rajendra
    No:31
    Kelas:XI IPS 3

    BalasHapus
  9. ALFARIZI DIMAS SAPUTRA27 Juli 2021 14.37

    Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal, dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.

    Sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dengan interaksi dan komunikasi yang terjadi.

    BalasHapus
  10. Nama :ALFARIZI DIMAS SAPUTRA
    No absen:04
    Kelas :XI IPS 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Afnan Fauzani Ilham Firmansyah
      Kelas : XI IPS 1
      No Absen : 3

      paguyuban. Gemeinschaft adalah asosiasi sosial di mana individu- individu cenderung ke arah daripada keinginan dan kebutuhan individu mereka. Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama, anggotanya adalah hubungan batin yang komunitas sosial murni, bersifat alami dan kekal. merupakan Merujuk Dan Patembayan konsep hubungan anggota masyarakat yang memiliki yang memiliki kelemahan. Patembayan merupakan hubungan yang memiliki hubungan yang sifatnya sementara dan disatukan oleh pemikiran yang anggotanya sama.

      Hapus
  11. Nama:bintang ariesta anggoro
    No:08
    Kelas:XI IPS 2

    paguyuban. Gemeinschaft adalah asosiasi sosial di mana individu-individu cenderung ke arah komunitas sosial daripada keinginan dan kebutuhan individu mereka. Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama, anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni, bersifat alami dan kekal.

    Dan Patembayan merupakan konsep yang merujuk pada hubungan anggota masyarakat yang memiliki ikatan yang lemah. ... Patembayan merupakan bentuk kehidupan bersama di mana anggotanya mempunyai hubungan yang sifatnya sementara dan disatukan oleh pemikiran yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paguyuban merupakan kelompok sosial yang memiliki ikatan batin murni, kekal , alamiah dan kuat.

      Patembayan merupakan Kelompok sosial yang memiliki ikatan batin yang tidak terlalu kuat karena berlangsung dalam waktu yang pendek.

      Hapus
  12. Nama : Oktavia Dwi Astuti
    Kelas : Xl IPS 1
    No : 23


    Paguyuban merupakan kelompok sosial yang memiliki ikatan batin murni, kekal, alamiah dan kuat

    Patembayan merupakan kelompok sosial yang memiliki ikatan batin yang tidak terlalu kuat karena berlangsung dalam waktu yang pendek

    BalasHapus
  13. Nama :Jelita Mudaningrum
    Kelas :XI IPS 4
    No :18


    Paguyuban adalah salah satu bentuk kehidupan kolektif dimana anggota-anggotanya memiliki hubungan kedekatan batin yang kuat, bersifat alamiah, dan kekal.Ada yang mengatakan paguyuban adalah sekelompok individu dengan sikap yang sama dan sentimen serupa, ditandai oleh hubungan pribadi yang akrab, akal sehat bersama, dan kepedulian sentimental tradisional yang serupa.Paguyuban ditemukan dalam struktur sosial kecil di mana hubungan manusia dihargai dan bahwa kesejahteraan masyarakat diperhatikan oleh individu. Dalam masyarakat paguyuban ini, orang-orang memiliki naluri untuk melayani orang lain dalam masyarakat sehingga mereka sukarela waktu mereka keluar dari kehendak bebas.Prinsip paguyuban atau gemeinschaft dikonseptualisasikan oleh Ferdinand Tonnies.

    BalasHapus
  14. ARNITA FITRIYANTI
    XI IPS 1

    Paguyuban (Gemeinschaft) merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal. Contohnya adalah paguyuban yang terbentuk karena ikatan darah dan paguyuban yang terbentuk karena ideologi.

    Patembayan (Gesellschaft) merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi. Contohnya Asosialsi Pengusaha Muda Indonesia, dan lain-lain.

    BalasHapus
  15. Nama:Nito Yudha Nugraha
    No:22
    Kelas:XI ips 1

    Paguyuban merupakan sebuah perkumpulan bersifat kekeluargaan, yang didirikan oleh orang - orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya.

    BalasHapus
  16. Paguyuban merupakan sebuah perkumpulan bersifat kekeluargaan, yang didirikan oleh orang - orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya.Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antara anggotanya merupak ikatan batin murni, alami, kekal dan sangat kokoh sedangkan ada 3 tipe ikatan yaitu ikatan darah atau masih saudara, ikatan letak tempat tinggal yang sama, ikatan persamaan dalam bidang pekerjan ataupun keahlian Sedangkan Patembayan ialah kelompok sosial yang ikatanya. antar anggotanya tidak terlaku kokoh karena berlangsung unutuk waktu yang pendek, bersifat resm

    BalasHapus
  17. Nama:Rani dwi cahya kusuma
    No. :25
    Kelas :XI IPS 4


    Paguyuban merupakan sebuah perkumpulan bersifat kekeluargaan, yang didirikan oleh orang - orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya.Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antara anggotanya merupak ikatan batin murni, alami, kekal dan sangat kokoh sedangkan ada 3 tipe ikatan yaitu ikatan darah atau masih saudara, ikatan letak tempat tinggal yang sama, ikatan persamaan dalam bidang pekerjan ataupun keahlian Sedangkan Patembayan ialah kelompok sosial yang ikatanya. antar anggotanya tidak terlaku kokoh karena berlangsung unutuk waktu yang pendek, bersifat resmi.

    BalasHapus
  18. Nama : Renata Febrianti
    No : 24
    Kelas : XI IPS 3


    Paguyuban (gemeinschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal
    Contoh:
    1. Berdasarkan ikatan darah (keluarga)
    2. Berdasarkan tempat (RT, RW)
    3. berdasarkan ideologi (parpol berdasar agama)

    Patembayan (gesellschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.
    Contohnya: ikatan dagang, organisasi pada industri/instansi

    BalasHapus
  19. Paguyuban atau juga disebut Gemeinschaft
    Pola kehidupan bersama yang intim, pribadi dan eksklusif, suatu keterikatan yang dibawa sejak lahir. Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.


    Patembayan atau juga disebut Gesellschaft
    Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : AISYAH ALFIATURROHMAH
      Kelas : XI MIPA 4
      No. :2

      Hapus
  20. Paguyuban (gemeinschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal
    Contoh: Berdasarkan ikatan darah (keluarga), Berdasarkan tempat tinggal dan berdasarkan ideologi

    Patembayan (gesellschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.
    Contohnya: ikatan dagang, organisasi pada industri atau instansi

    Nama: INTAN ADDAWIYAH
    No:20
    Kelas:XI MIPA 2

    BalasHapus
  21. Paguyuban(Gemeinschaft) merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah,kekal dan sangat kuat. Hubungan antara anggotanya biasanya bersifat informal. Terdapat 3 jenis:
    1. Ikatan kekerabatan : Keluarga
    2. Ikatan berlandaskan kedekatan letak tempat tinggal :RT RW
    3. Ikatan berdasarkan ideologi : Partai Politik

    Sedangkan Patembayan(Gesellschaft) merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi. Contohnya Asosialsi Pengusaha Muda Indonesia.

    Nama :Sinta Intan Kusuma
    No. Absen :31
    Kelas :XI MIPA 3

    BalasHapus
  22. Nama: Auliya Qaida Hadiningsih
    No.Absen:7
    Kelas: Xl MIPA 2

    Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada di antara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih sayang.Sedangkan Patembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.

    BalasHapus
  23. paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan batin murni, alamiah,kekal. dasar hubungan adalah rasa cinta dan rasa persatuan yang dikodratkan sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.

    NAMA : ANISA PUTRI JAYA WARDANI
    NOMER : 04
    KELAS : XI MIPA 1

    BalasHapus
  24. nama:fadillah Muhammad aziz
    kelas:X1mipa1
    absent:15

    Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal, dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.

    Sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dengan interaksi dan komunikasi yang terjadi.

    terima kasih.

    BalasHapus
  25. Nama:Yahya Yulia Putra
    Kelas:XI IPA 3
    No:32

    Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal, dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.

    Sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dengan interaksi dan komunikasi yang terjadi.

    BalasHapus
  26. Nama : GEMA KUMALA
    Kelas.: XI MIPA 2
    No. : 18


    A. Paguyuban atau disebut gemeinschaft pola kehidupan bersama yang intim, pribadi, dan eksklusif suatu keterikatan yang dibawa sejak lahir. Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal, dan sangat kuat.

    B.patembayan atau juga disebut gesellscaft patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek

    BalasHapus
  27. Nama: Niken Octavia
    No : 28
    Kelas : XI MIPA 2





    Paguyupan (gemeinschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal
    Contoh:
    1. Berdasarkan ikatan darah (keluarga)
    2. Brdsrkan tempat (RT, RW)
    3. berdasarkan ideologi (parpol berdasar agama)

    Patembayan (gesellschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.
    Contohnya: ikatan dagang, organisasi pada industri/instansi

    BalasHapus
  28. Nama: Tri Nur Hayat Tuti
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 31

    Paguyuban (Gemeinschaft) merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamial, kekal, dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal. Contohnya adalah paguyuban yang terbentuk karena ikatan darah dan paguyuban yang terbentuk karena ideologi.

    Patembayan (Gesellschaft) merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi.

    BalasHapus
  29. paguyuban. Gemeinschaft adalah asosiasi sosial di mana individu-individu cenderung ke arah komunitas sosial daripada keinginan dan kebutuhan individu mereka. Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama, anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni, bersifat alami dan kekal.

    Nama: Aldo Febriyan
    Kls : x1 mipa 2
    No : 3

    BalasHapus
  30. Nama : ADHE ARIFIN
    Kelas : XI MIPA 2
    No. : 1
    paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan batin murni, alamiah,kekal. dasar hubungan adalah rasa cinta dan rasa persatuan yang dikodratkan sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.

    BalasHapus
  31. Nama:Natassya Laili Fatikha Agustina
    Kelas: XI MIPA 2
    No:27

    Perbedaan paguyuban dan patembangan

    •Paguyuban merupakan sebuah perkumpulan bersifat kekeluargaan, yang didirikan oleh orang - orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya.

    •Patembayan merupakan konsep yang merujuk pada hubungan anggota masyarakat yang memiliki ikatan yang lemah. Kadangkala individu tidak saling mengenal, nilai, norma dan sikap menjadi kurang berperan dengan baik

    BalasHapus
  32. Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antar anggotanya merupakan ikatan batin murni alami,kekal dan sangat kokoh.Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.

    Sedangkan Pantembayan ialah kelompok sosial yang ikatannya antar anggotanya tidak terlalu kokoh karna berlangsung untuk waktu yang pendek,bersifat resmi.

    Nama :Dewi Sayekti Sutrisni
    Kelas : X1 MIPA 2
    No. Absen:11

    BalasHapus
  33. Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antar anggota nya merupakan ikatan batin murni alami, kekal, dan sangat kokoh.

    Sedangkan patembayan ialah kelompok sosial yang ikatannya antar anggotanya tidak terlalu kokoh kerna berlangsung untuk waktu yang pendek, bersifat resmi.


    Nama:Rizky Muhammad
    Kelas:XI MIPA 4
    No Absen:33

    BalasHapus
  34. DAMAR GALIH ABDURRAHMAN28 Juli 2021 13.52

    paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan batin murni, alamiah,kekal. dasar hubungan adalah rasa cinta dan rasa persatuan yang dikodratkan sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.


    Nama : DAMAR GALIH ABDURRAHMAN
    Nomer : 09
    Kelas : XI MIPA 1

    BalasHapus
  35. Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antar anggotanya merupakan ikatan batin murni,alami,kekal,dan sangat kokoh.
    Contohnya yaitu:berdasarkan ikatan darah(keluarga),berdasakan tempat (rw,rt),ikatan berdasarkan ideologi(partai politik)
    Patembayan adalah kelompok sosial yang ikatannya antar anggota tidak terlalu kokoh karna berlangsung untuk waktu yang pendek,bersifat resmi
    Contoh:asosiasi pengusaha muda indonesia


    Nama:Miftha Rosyida Ilmawati
    No:24
    Kelas:XI Mipa 3

    BalasHapus
  36. Nama: Nadia Laili Cahyaningtyas
    Kelas: XI MIPA 3
    No:25

    Paguyupan (gemeinschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal
    Contoh:
    1. Berdasarkan ikatan darah (keluarga)
    2. Berdasarkan tempat (RT, RW)
    3. berdasarkan ideologi (parpol berdasar agama)

    Patembayan (gesellschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.
    Contohnya: ikatan dagang, organisasi pada industri/instansi

    BalasHapus

  37. Nama:febri wulandari
    No:17
    Kelas:Xl mipa 3


    Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada diantara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih kasayng. Akan tetapi Patembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.

    BalasHapus
  38. Nama : Tinton Jaya Kurniawan
    No : 35
    Kelas : X1 MIPA 2

    -Paguyuban gemeinschaft bersama yang intim, pribadi, dan eksklusif disebut suatu keterikatan yang atau pola kehidupan dibawa sejak lahir. Paguyuban merupakan kelompok sosial yang antara anggotanya merupakan hubungan batin murni, natural, kekal, dan sangat kuat.
    -patembayan atau juga disebut gesellscaft merupakan kelompok sosial yang patembayan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsungnya waktu yang pendek

    BalasHapus
  39. Nama : Ahmad Nur Mujahid
    No : 2
    Kelas: XI MIPA 3

    Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antar anggotanya merupakan ikatan batin murni alami,kekal dan sangat kokoh. Sedangkan Pantembayan ialah kelompok sosial yang ikatannya antar anggotanya tidak terlalu kokoh karna berlangsung untuk waktu yang pendek.

    BalasHapus
  40. Nama : KHOIRUN NISA IZZATI
    No : 20
    Kelas : Xl MIPA 1

    Perbedaan nya:

    A.Paguyuban
    Pola kehidupan bersama intim, pribadi dan eksklusif, suatu keterikatan yang dibawa sejak lahir. Memiliki ikatan batin murni, alamiah,kekal dan sangat kuat. Hubungannya bersifat Informal.

    B.Patembayan
    Kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek, bersifat mekanis bentuk pikiran belaka,hubungannya bersifat Formal.

    BalasHapus
  41. Nama: Khofifah Indriyani
    No.abs: 21
    Kelas: XI MIPA 4

    Pada paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berbeda di antara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih sayang. Akan tetapi patembayan hanya6sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.

    BalasHapus
  42. NAMA : KHOIRUN NISA IZZATI
    NO : 20
    KELAS : XI MIPA 1

    Perbedaan nya:

    A.Paguyuban
    Pola kehidupan bersama intim pribadi dan eksklusif, suatu keterikatan yang dibawa sejak lahir. Memiliki ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungannya bersifat Informal.

    B.Patembayan
    Kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek,Hubungan bersifat Formal.

    BalasHapus
  43. Nama : SUPRA WIBOWO
    No : 34
    Kelas : XI MILA 2

    Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alami, kekal dan sangat kokoh sedangkan ada 3 tipe ikatan yaitu ikatan darah atau masih saudara, ikatan letak tempat tinggal yang sama, ikatan persamaan dalam bidang pekerjaan ataupun keahlian dan bersifat informal.
    Sedangkan patembayan ialah kelompok sosial yang ikatannya antar anggotanya tidak terlaku kokoh karena berlangsung untuk waktu yang pendek, bersifat resmi.

    BalasHapus
  44. Nama : SUPRA WIBOWO
    No : 34
    Kelas :XI MIPA 2

    Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alami, kekal dan sangat kokoh sedangkan ada 3 tipe ikatan yaitu ikatan darah atau masih saudara, ikatan letak tempat tinggal yang sama, ikatan persamaan dalam bidang pekerjaan ataupun keahlian dan bersifat informal.
    Sedangkan patembayan ialah kelompok sosial yang ikatannya antar anggotanya tidak terlaku kokoh karena berlangsung untuk waktu yang pendek, bersifat resmi.

    BalasHapus
  45. Nama : SUPRA WIBOWO
    No : 34
    Kelas : X MIPA 2

    Perbedaan Paguyuban dengan Patembayan

    Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alami, kekal dan sangat kokoh sedangkan ada 3 tipe ikatan yaitu ikatan darah atau masih saudara, ikatan letak tempat tinggal yang sama, ikatan persamaan dalam bidang pekerjaan ataupun keahlian dan bersifat informal.
    Sedangkan patembayan ialah kelompok sosial yang ikatannya antar anggotanya tidak terlaku kokoh karena berlangsung untuk waktu yang pendek, bersifat resmi.

    BalasHapus
  46. paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan batin murni, alamiah,kekal dan sangat kuat. sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.

    NAMA : FAROJA MUTIA SARI
    KELAS: XI MIPA 1
    NO :16

    BalasHapus
  47. paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan batin murni, alamiah,kekal dan sangat kuat. sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.

    NAMA :FAROJA MUTIA SARI
    NO : 16 (XI MIPA 1)

    BalasHapus
  48. NAMA : RIRIN RANA BILA
    Kelas: XI MIPA 3
    No : 30

    •perbedaan paguyuban dan patembayan??

    -PAGUYUBAN merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat hubungan antara anggotanya bersifat informal.

    -Sedangkan PATEMBAYAN merupakan kelompokelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.strukturnya bersifat mekanis dan sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka.

    BalasHapus
  49. Ummi Nur Khasanah

    paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan batin murni, alamiah,kekal dan sangat kuat. sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.

    Nama : Ummi Nur Khasanah
    Kelas : X Mipa 1
    NO Absen : 32

    BalasHapus
  50. Paguyuban merupakan bentuk kehidupan bersama dimana anggota-anggotanya memiliki hubungan batin yang kuat,sedangkan

    Patembayan merupakan bentuk kehidupan bersama dimana di antara anggotanya terdapat ikatan lahir yang bersifat pokok, dalam jangka waktu relatif pendek

    Nama:Andika T
    No : 04
    Kelas : XI MIPA 3

    BalasHapus
  51. Paguyuban merupakan bentuk kehidupan bersama dimana anggota-anggotanya memiliki hubungan batin Yaang kuat , sedangkan pertembaya merupakan Bentuk kehidupan bersama dimana diantara anggotanya terdapat ikatan lahir yang bersifat pokok, dalam jangka waktu relatif pendek

    Nama: Muhamad Noval Juanda
    No :24
    Kelas ;XI MIPA 4

    BalasHapus
  52. Perbedaan yang berada diantara Paguyuban dan Patembayan adalah

    Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada diantara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih kasayng. Akan tetapi Patembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.
    Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari keinginan untuk melakukan peningkatan dari Paguyuban itu sendiri. Akan tetapi Patembayan hanyalah berbentuk seperti sebuah orientasi ke dalam ekonomi.
    Pada Paguyuban tidak melakukan sebuah bentuk penonjolan diri. Akan tetapi pada Patembayan hanya akan melakukan perhitungan dari sebuah bentuk dari nilai guna.
    Pada Paguyuban akan memiliki sifat yang dimana masih hanya konservatif dan juga akan melakukan penjunjungan dari sebuah teguh adat lama. Akan tetapi Patembayan hanyalah akan didasari seperti sosial yang berada di wilayah kita.

    Nama : Candra Dwi Cahyono
    kelas: XI IPS 1
    NO :9

    BalasHapus
  53. Nama : Nian Puspita Permatasari
    No : 24
    Kelas : XI MIPA 1

    Paguyuban merupakan sebuah perkumpulan bersifat kekeluargaan, yang didirikan oleh orang - orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya.Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada diantara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih sayang.
    Akan tetapi Patembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.Patembayan merupakan konsep yang merujuk pada hubungan anggota masyarakat yang memiliki ikatan yang lemah. Kadangkala individu tidak saling mengenal, nilai, norma dan sikap menjadi kurang berperan dengan baik.

    BalasHapus
  54. Nama:else duwi lestari
    Kelas:XI MIPA1
    NO:15

    paguyuban merupakan kelompok sosial yang batin murni, alami,kekal dan sangat kuat. merupakan kelompok sosial yang patembayan tidak terlalu kuat karena berlangsungnya antar waktu yang pendek.

    BalasHapus
  55. PAGUYUBAN dikenal juga dengan nama Gemeinschaft, merupakan kelompok sosial yang memiliki hubungan yang erat, biasanya paguyuban hanya memiliki anggota orang-orang tertentu, dan memiliki hubungan yang lebih privat atau rahasia.
    Selain itu ada juga yang mendefinisikan paguyuban sebagai kelompok sosial yang didalamnya terdapat orang-orang yang memiliki kesadaran dan interaksi untuk hidup bersama.
    Sedangkan lawan kata dari Paguyuban adalah Patembayan, dikenal juga dengan nama Gesselchaft, merupakan kelompok sosial yang memiliki keterikatan dalam jangka waktu yang lebih sedikit, memiliki struktur yang bersifat mekanis. Untuk contoh dari patembayan adalah misal saja A sebagai penjual yang menjalin hubungan dengan B sebagai pembeli.

    Nama : Sifa aryunia putri
    No : 33
    Kelas : XI MIPA 2

    BalasHapus
  56. Nama : AFIFAH RAHMAWATI
    Kelas: XI MIPA 4
    No. : 1


    Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal. Contohnya adalah paguyuban yang terbentuk karena ikatan darah dan paguyuban yang terbentuk karena ideologi.Sedangkan
    Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi. Contohnya Asosialsi Pengusaha Muda Indonesia, dan lain-lain.

    BalasHapus
  57. Nama : Desi Lutfiana .W.
    No. : 10
    Kelas. : XI MIPA 2



    Paguyupan (gemeinschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal
    Contoh: 
    1. Berdasarkan ikatan darah (keluarga)
    2. Berdasarkan tempat (RT, RW)
    3. berdasarkan ideologi (parpol berdasar agama)
    Sedangkan
    Patembayan (gesellschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.
    Contohnya: ikatan dagang, organisasi pada industri/instansi

    BalasHapus
  58. Nama : Clarisa Titania Pangestika
    Kelas :XI MIPA 3
    Absen :8
    ■Paguyuban adalah kelompok yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal, dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya bersifat informal. Contoh paguyuban yang terbentuk karena ikatan darah dan karena ideologi.
    ■Patembayan adalah kelompok sosial yang anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek. Struktur bersifat mekanis. Contoh Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia

    Nb. Maaf pak saya terlambat

    BalasHapus
  59. Nama :Ardiyana nur mukaromah
    Kelas :XI mipa 2
    No:06

    Paguyuban adalah kelompok sosial
    yang hubungan antara anggotanya
    merupak ikatan batin murni, alami,
    kekal dan sangat kokoh sedangkan
    ada 3 tipe ikatan yaitu ikatan darah
    atau masih saudara, ikatan letak
    tempat tinggal yang sama, ikatan
    persamaan dalam bidang pekerjan
    ataupun keahlian.

    Sedangkankelompok sosial yang ikatanya
    Patembayan
    ialah
    antar anggotanya tidak terlaku
    kokoh karena berlangsung unutuk
    waktu yang pendek, bersifat resmi.

    BalasHapus
  60. Nama: Syakira luvita sari
    Kelas: Xl MIPA 1
    No : 29

    a. Paguyuban atau juga disebut Gemeinschaft
    Pola kehidupan bersama yang intim, pribadi dan eksklusif, suatu keterikatan yang dibawa sejak lahir. Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.
    Sedangkan patembayan yaitu:
    b. Patembayan atau juga disebut Gesellschaft
    Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan sebagai suatu bentuk dalam pikiran belakang

    BalasHapus
  61. Paguyuban atau juga disebut Gemeinschaft adalah kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.

    Sedangkan Patembayan atau juga disebut Gesellschaft adalah kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Hubungan antar anggota biasanya bersifat formal saja.

    Nama : Lisa Eka Rahmawati
    No : 23
    Kelas : XI MIPA 3

    BalasHapus
  62. Nama: Delphina ayu zahrawati
    No:9
    Kelas:XI MIPA 3

    Paguyuban adalah kelompok sosial yang hubungan antara anggotanya merupak ikatan batin murni, alami, kekal dan sangat kokoh sedangkan ada 3 tipe ikatan yaitu ikatan darah atau masih saudara, ikatan letak tempat tinggal yang sama, ikatan persamaan dalam bidang pekerjan ataupun keahlian
    Sedangkan Patembayan ialah kelompok sosial yang ikatanya antar anggotanya tidak terlaku kokoh karena berlangsung unutuk waktu yang pendek, bersifat resmi.

    Solidaritas mekanis
    merupakan ciri yang menandai masyarakat yang masih sederhana (oleh Durkheim dinamakan segmental). Peranan semua anggota sama sehingga ketidakhadiran satu anggota kelompok dapat dengan segera digantikan
    anggota yang lain.
    Sedangkan Solidaritas organis
    merupakan bentuk solidaritas yang mengikat masyarakat kompleks yaitu
    masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja yang rinci dan
    dipersatukan oleh kesaling tergantungan antar bagian. Tiap anggota
    menjalankan peranan yang berbeda, dan diantara berbagai peranan yang
    ada terdapat kesaling tergantungan laksana kesalingtergantungan antara
    bagian-bagian suatu organisasi biologis.

    BalasHapus
  63. Nama: Wahyu Handayani
    Kelas : XI IPS 3
    No:29

    Paguyuban adalah kelompok sosial yang memiliki keanggotaan dalam jumlah yang relatif banyak dan bersifat saling mendukung satu sama lain dengan ikatan batin yang bisa dirasakan secara langsung, sehingga proses hubungan yang dimaksud dengan istilah paguyupan mempunyai ikatan yang sangat kuat dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang begitu panjang hingga kekal.

    Patembayan adalah hubungan sosial antar manusia dengan ikatan yang bersifat formal dan mekanis pada jangka waktu yang relatif pendek, sehingga dalam ikatan yang terjalin didalamnya relatif longgar dan bisa berhenti setiap saat.

    BalasHapus
  64. Nama : FIQIH MA'ARIF RUWANDA
    No : 17
    Kelas : XI IPA 2

    Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.

    Sedangkan Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.

    BalasHapus
  65. Nama : Nana Resky Aprilliana
    Kelas : XI MIPA 1
    Absen : 23


    Pmerupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin nurani, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.


    Patembayen merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Hubungan. Anyar anggotanya biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi.

    BalasHapus
  66. Nama : BIMA ADI DHARMA
    No. : 7
    Kelas: XIMIPA1
    Paguyuban atau di sebut dengan gameinschaft memiliki pola kehidupan bersama yang intim, pribadi dan ekslusif, suatu keterikatan yang di bawa sejak lahir, paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan anggotanya merupakan batin murni,alamiah,kekal dan sangat kuat.hubungan anyar anggota biasanya bersifat informal, sedangkan patembayan atau di sebut gesselschaft merupakan kelompok sosial yang ikatan anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung suatu waktu yang pendek, strukturnya bersifat mekanis dan hubungan antar anggota biasanya bersifat formal.

    BalasHapus
  67. paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan batin murni, alamiah,kekal dan sangat kuat. sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.

    Nama:Shela Putri Nabila
    No : 27
    Kelas : XI MIPA 1

    BalasHapus
  68. Eva miftakhul jannah3 Agustus 2021 09.22

    ●Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan batin murni,alamiah,kekal dan sangat kuat.
    ●Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek

    Nama:Eva miftakhul jannah
    Kelas:Xl ips 1
    No:12

    BalasHapus
  69. Nama : Asy Syfa Zahra Sausa
    No : 8
    Kelas: XI Ips1

    Paguyuban adalah salah satu bentuk kehidupan kolektif dimana anggota-anggotanya memiliki hubungan kedekatan batin yang kuat, bersifat alamiah, dan kekal.

    paguyuban didefinisikan sebagai perkumpulan yang bersifat kekeluargaan, didirikan oleh orang-orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya.

    BalasHapus
  70. Paguyuban adalah kelompok yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal, dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya bersifat informal. Contoh paguyuban yang terbentuk karena ikatan darah dan karena ideologi.
    Patembayan adalah kelompok sosial yang anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek. Struktur bersifat mekanis. Contoh Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia.

    NAMA : TIARA SETIANI
    KELAS: XI MIPA 1
    NO. : 30

    BalasHapus
  71. Nama:Kurnia Arnit Sambodho
    No:22
    Kelas:XI MIPA 4
    Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Sedangkan patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.

    BalasHapus
  72. TIARA SETIANI

    Paguyuban adalah kelompok yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal, dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya bersifat informal. Contoh paguyuban yang terbentuk karena ikatan darah dan karena ideologi.
    Patembayan adalah kelompok sosial yang anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek. Struktur bersifat mekanis. Contoh Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia.

    NAMA : TIARA SETIANI
    KELAS: X1 MIPA 1
    NO. : 30

    BalasHapus
  73. NAMA : FADILA KUSNIA
    KELAS : XI IPS 3
    NO : 12

    Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada diantara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih kasayng.
    Patembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.

    BalasHapus
  74. Nama:Fsbuana Istiyaningsih
    Nomer:15
    Kelas:XI IPS 4



    Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada diantara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih kasayng. Akan tetapi Patembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.

    BalasHapus
  75. Nama:Febiana Istiyaningsih
    Nomer:15
    Kelas:XI IPS 4


    Pada Paguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada diantara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih kasayng. Akan tetapi Patembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.

    BalasHapus
  76. Nama:Alvi nur hidayah
    Kelas:XI MIPA 4
    No:3

    paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni alamiah kekal dan kuat hubungan antar anggotanya Biasanya bersifat informal.
    Sedangkan
    patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi.

    BalasHapus
  77. Destyan Abiyyu3 Agustus 2021 23.02

    Nama: Destyan Abiyyu Ghani Setyoko
    Kelas: XI IPS 2
    No: 10

    Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama dimana anggota anggotanya diikat hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta bersifat kekal sedangkan patembayan adaalh ikatan lahir yang bersifat pokok untuk jangka yang pendek bersifat sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka serta strukturnya bersifat mekanis.

    BalasHapus
  78. Nama:Djil Jian Khusnul Khotimah
    Kelas:XI MIPA 3
    No:13

    Paguyuban merupakan sebuah perkumpulan bersifat kekeluargaan,yang didirikan oleh orang-orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya.

    Sedangkan patembayan merupakan konsep yang merujuk pada hubungan anggota masyarakat yang memiliki ikatan yang lemah.kadangkala individu tidak saling mengenal,nilai,norma, dan sikap menjadi kurang berperan dengan baik.

    BalasHapus
  79. Nama: Imelda Rahmawati
    Kelas: X1 MIPA 2
    No:19

    Paguyuban dikenal juga dengan nama Gemeinschaft, merupakan kelompok sosial yang memiliki hubungan yang erat, biasanya paguyuban hanya memiliki anggota orang-orang tertentu, dan memiliki hubungan yang lebih privat atau rahasia.

    Sedangkan lawan kata dari Paguyuban adalah Patembayan, dikenal juga dengan nama Gesselchaft, merupakan kelompok sosial yang memiliki keterikatan dalam jangka waktu yang lebih sedikit, memiliki struktur yang bersifat mekanis.

    BalasHapus
  80. NAMA: ESA NUR SABILLA
    NO: 14
    KELAS XI MIPA 4
    1. Apakah perbedaan antara paguyuban dan patembayan? => Panguyuban terdapat sebuah bentuk dari hubungan yang berada diantara anggota yang dimana kemudian penuh dengan sebuah kasih kasayangg. Sedangkan, petembayan hanyalah sebuah hubungan yang dimana masih ke dalam tahap formal.

    BalasHapus
  81. Nama : Inez novilia purwati
    Kelas : XI MIPA 4
    No : 19


    Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni alamiah kekal dan sangat kuat. Hubungan antara anggotanya biasanya bersifat informal. Contohnya adalah paguyuban yang terbentuk karena ikatan darah dan paguyuban yang terbentuk karena ideologi.
    Sedangkan Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Strukturnya bersifat mekanis dan sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Hubungan antara anggotanya biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna antara interaksi dan komunikasi yang terjadi. Contohnya asosiasi pengusaha muda Indonesia dan lain lain.

    BalasHapus
  82. Nama : Mia Oktaviana
    Kelas : XI IPS 1
    No. : 17

    •Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal. Contohnya adalah paguyuban yang terbentuk karena ikatan darah dan paguyuban yang terbentuk karena ideologi.

    •Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Contohnya Asosialsi Pengusaha Muda Indonesia, dan lain-lain.

    BalasHapus
  83. Nama:Prima Radhita
    Kelas:XI MIPA 3
    Absen:28
    — PAGUYUBAN (GEMEINSCHAFT)
    Gemeinschaft adalah bentuk kehidupan bersama di mana anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni serta bersifat nyata dan organis. Kelompok paguyuban sering dikaitkan dengan masyarakat desa atau komunal dengan ciri-ciri adanya ikatan kebersamaan (kolektif) yang sangat kuat.

    — PATEMBAYAN (GESELLSCHAFT)
    Gesellschaft adalah ikatan Untuk jangka waktu yang pendek, bersifat formal dan mekanis. Keanggotaan kelompok patembayan didasari oleh perhitungan yang bersifat rasional. Misalnya, untung rugi, peningkatan karier, prestasi, dan status sosial. Ikatan dalam kelompok relatif Ionggar, tetapi serba kompetitif atau bersaing dan sewaktu-waktu bias berhenti sebagai anggota kelompok.

    BalasHapus
  84. Nama: Alvyana Ajira Putri
    Kelas: Xl IPA 1
    No.abs: 03

    Paguyuban (Gemeinschaft) merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamial, kekal, dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal. Contohnya adalah paguyuban yang terbentuk karena ikatan darah dan paguyuban yang terbentuk karena ideologi.

    Patembayan (Gesellschaft) merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi.

    BalasHapus
  85. Nama : Jevita Selfiana
    Kelas : XI MIPA 2
    No.absen : 21

    Paguyupan (gemeinschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal
    Contoh:
    1. Berdasarkan ikatan darah (keluarga)
    2. Brdsrkan tempat (RT, RW)
    3. berdasarkan ideologi (parpol berdasar agama)

    Patembayan (gesellschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.
    Contohnya: ikatan dagang, organisasi pada industri/instansi

    BalasHapus
  86. NAMA : MARSELLA NUR APRILIANA
    KELAS : XI MIPA 2
    ABSEN : 24

    Fungsi kelompok sosial bagi masyarakat adalah..

    Fungsi kelompok sosial bagi masyarakat adalah untuk memberikan norma serta adat bagi masyarakat Dan dapat membangun struktur sosial di dalam masyarakat. Selain itu, kelompok sosial juga memiliki fungsi sebagai rumah untuk mengawasi semua anggotanya.

    BalasHapus
  87. Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat, sedangkan Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek


    Nama : Shela Putri Nabila
    Kelas : XI MIPA 1
    No : 27

    BalasHapus
  88. Nama:Putri Kurnianingsih
    No:23
    Kelas:X IPS 2

    >Paguyuban merupakan kelompok sosial yang ikatan antara anggotanya merupakan ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan antar anggotanya biasanya bersifat informal.

    >Patembayan merupakan kelompok sosial yang ikatan antar anggotanya tidak terlalu kuat karena berlangsung untuk waktu yang pendek.Hubungan antar anggota biasanya bersifat formal dengan memperhitungkan nilai guna dari interaksi dan komunikasi yang terjadi.

    BalasHapus
  89. Nama : Nokhaita
    Kelas : XI MIPA 3
    No : 26

    Paguyuban merupakan sebuah perkumpulan bersifat kekeluargaan, yang didirikan oleh orang - orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya.

    Sedangkan Patembayan atau gesellschaft yaitu kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok bagi jangka waktu yang pendek. Ciri-ciri kelompok patembayan : hubungan antaranggota bersifat resmi. memiliki orientasi ekonomi dan tidak abadi.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.