Proses Integrasi Sosial

Integrasi sosial melalui beberapa proses atau tahapan yang harus dilalui yaitu, akomodasi, kerja sama, koordinasi, dan asimilasi. Untuk lebih jelasnya, ayo kita pelajari pembahasan berikut. 
 

AKOMODASI

Akomodasi merupakan salah satu proses integrasi sosial. Apa definisi akomodasi itu? Definisi akomodasi yang dikemukakan oleh para ahli adalah sebagai berikut.

a. Soerjono Soekanto
Akomodasi memiliki dua arti, yaitu menunjuk suatu keadaan dan menunjuk suatu proses. Akomodasi yang menunjuk pada suatu keadaan berarti adanya keseimbangan dalam interaksi antara individu atau kelompok sosial yang berkaitan dengan nilai dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Sementara itu, akomodasi yang menunjuk suatu proses diartikan sebagai usaha manusia untuk meredakan pertentangan dalam mencapai kestabilan (Soekanto, 2012).

b. J. Dwi Norwako dan Bagong Suyanto
Akomodasi merupakan suatu proses kea rah tercapainya kesepakatan sementara yang dapat diterima oleh kedua belah pihak yang bersengketa (Narwako, 2010).

c. Gilin dan Gilin
Akomodasi merupakan suatu pengertian yang digunakan oleh para sosiolog untuk menggambarkan suatu proses dalam hubungan sosial (Soekanto, 2012).

Akomodasi sering terjadi di masyarakat, karena individu atau kelompok tidak mau melakukan Kerjasama. Adanya akomodasi diharapkan dapat menyelesaikan pertentangan atau konflik tanpa menghancurkan pihak lawan. Akomodasi tersebut akan meredakan konflik dan mengganti proses sosial yang sifatnya disosiatif dengan interaksi yang lebih bersifat damai.

Menurut Haryanto (2011), beberapa tujuan akomodasi adalah sebagai berikut: 
a. Untuk mengurangi pertentangan yang terjadi pada individu maupun kelompok.
b. Sebagai tempat untuk meleburkan antara kelompok-kelompok yang terpisah.
c. Digunakan untuk meningkatkan Kerjasama antar individu maupun kelompok.
d. Untuk mencegah munculnya pertentangan dalam masyarakat.

Adanya akomodasi dalam masyarakat multikultural seperti masyarakat Indonesia, dapat menciptakan masyarakat masyarakat yang hidup secara damai tanpa menimbulkan perpecahan. Selain itu, masyarakat juga dapat bekerjasama dengan kelompok-kelompok sosial lainnya. Hal ini dikarenakan diantara kelompok sosial yang berbeda dapat saling menyesuaikan diri antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan demikian akan medorong lahirnya integrasi dalam masyarakat.

KERJA SAMA

Selain melakukan akomodasi, proses integrasi sosial juga dalam bentuk kerja sama. Istilah kerja sama tentunya sudah tidak asing bagi kalian. Apa saja contoh kerja sama yang ada di lingkungan sekitarmu? Untuk menjawabnya, ayo pelajari uraian berikut. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kerja sama merupakan bentuk integrasi yang terjalin antara individua tau kelompok yang berusaha untuk mencapai tujuan Bersama. Kerja sama berawal dari kesamaan orientasi dan kesadaran dari setiap anggota masyarakat.

Menurut Charles H. Cooley dikutip dari Soekanto (2012), kerja sama muncul apabila seseorang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama. Selain itu, pada saat bersamaan mereka memiliki pengetahuan dan pengendalian terhadap diri sendiri untuk memenuhi kepentingan-kepentingan tersebut.

Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat. Kelompok sosial yang berbeda tersebut melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai bersama. 

KOORDINASI

Dalam masyarakat majemuk sering terjadi kerja sama antar individu maupun kelompok sosial. Kerja sama yang dilakukan oleh masyarakat majemuk tersebut harus dikoordinasi agar lebih terarah dan dapat mencapai tujuan bersama. Koordinasi menurut Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), merupakan pengaturan secara sentral untuk mencapai integrasi dengan mempersatukan individu maupun kelompok agar tercapai keseimbangan dan keselarasan dalam hubungan di masyarakat.

Dalam organisasi masyarakat, koordinasi merupakan faktor yang dominan. Tanpa adanya koordinasi, suatu organisasi tidak dapat berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan dalam kelompok terdiri atas orang-orang dengan sifat dan kepribadian yang berbeda. Proses koordinasi mencakup berbagai aspek kemasyarakatan, seperti aspek ekonomi, politik, sosial budaya, pendidikan, dan lain sebagainya. 

ASIMILASI 

Asimilasi merupakan sebuah proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha dalam mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara individu maupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Proses asimilasi tidak akan terjadi apabila antar individu atau kelompok tidak tumbuh sikap toleransi dan saling berempati. Menurut Narwako (2010), proses-proses asimilasi akan tumbuh apabila. 
a. adanya perbedaan kebudayaan antara kelompok manusia yang berada pada waktu dan tempat yang sama; 
b. adanya pergaulan secara intensif dalam jangka waktu yang lama; 
c. adanya penyesuaian kebudayaan di antara kelompok-kelompok tersebut.

Sementara itu menurut Soekanto (2012), ada beberapa faktor yang dapat mempermudah terjadinya asimilasi di masyarakat, antara lain:
a. toleransi; 
b. adanya kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi; 
c. sikap menghargai orang asing dan kebudayaannya; 
d. sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat; 
e. adanya persamaan dalam usur-unsur kebudayaan; 
f. adanya perkawinan campur (amalgamasi) 
g. adanya musuh bersama dari luar.

Selain adanya faktor yang mendorong asimilasi, ada pula beberapa faktor yang menghambat terjadinya asimilasi. Menurut Narwako (2010), menyebutkan faktor-faktor penghambat asimilasi adalah sebagai berikut. 
a. Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan kelompok lain dalam masyarakat
b. Terisolasinya kebudayaan oleh kelompok sosial.
c. Adanya rasa takit terhadap kebudayaan lain. 
d. Perasaan in-group yang kuat. 
e. Adanya diskriminasi antara kelompok yang berkuasa dengan kelompok minoritas. 
f. Adanya perbedaan kepentingan yang dapat menimbulkan pertentangan antarkelompok.

Asimilasi sebagai proses sosial yang ditandai oleh semakin berkurangnya perbedaan antar individu dan antar-kelompok. Melalui asimilasi, kelompok sosial yang berbeda dalam masyarakat majemuk saling berinteraksi secara intensif dalam waktu yang lama. Hal ini yang menyebabkan kelompok sosial tersebut berubah dan saling menyesuaikan diri. Dengan demikian integrasi dalam masyarakat akan tercipta.

RANGKUMAN 

Akomodasi merupakan salah satu proses integrasi sosial. Definisi akomodasi yang dikemukakan oleh para ahli adalah sebagai berikut:
a. Soerjono Soekanto. Akomodasi memiliki dua arti, yaitu menunjuk suatu keadaan dan menunjuk suatu proses. Akomodasi yang menunjuk pada suatu keadaan berarti adanya keseimbangan dalam interaksi antara individua tau kelompok sosial yang berkaitan dengan nilai dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Sementara itu, akomodasi yang menunjuk suatu proses diartikan sebagai usaha manusia untuk meredakan pertentangan dalam mencapai kestabilan (Soekanto, 2012).

b. J. Dwi Norwako dan Bagong Suyanto. Akomodasi merupakan suatu proses kea rah tercapainya kesepakatan sementara yang dapat diterima oleh kedua belah pihak yang bersengketa (Narwako, 2010).

c. Gilin dan Gilin. Akomodasi merupakan suatu pengertian yang digunakan oleh para sosiolog untuk menggambarkan suatu proses dalam hubungan sosial (Soekanto, 2012). 
Menurut Haryanto (2011), beberapa tujuan akomodasi adalah sebagai berikut: 
a. Untuk mengurangi pertentangan yang terjadi pada individu maupun kelompok. 
b. Sebagai tempat untuk meleburkan antara kelompok-kelompok yang terpisah. 
c. Digunakan untuk meningkatkan Kerjasama antar individu maupun kelompok. 
d. Untuk mencegah munculnya pertentangan dalam masyarakat.

Adanya akomodasi dalam masyarakat multikultural seperti masyarakat Indonesia, dapat menciptakan masyarakat masyarakat yang hidup secara damai tanpa menimbulkan perpecahan. Selain melakukan akomodasi, proses integrasi sosial juga dalam bentuk kerja sama. Dalam Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), kerja sama merupakan bentuk integrasi yang terjalin antara individua tau kelompok yang berusaha untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Charles H. Cooley dikutip dari Soekanto (2012), kerja sama muncul apabila seseorang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama. Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. 

Dalam masyarakat majemuk sering terjadi kerja sama antar individu maupun kelompok sosial. Kerja sama yang dilakukan oleh masyarakat majemuk tersebut harus dikoordinasi agar lebih terarah dan dapat mencapai tujuan bersama.

Koordinasi menurut Kamus Sosiologi (Haryanta, 2012), merupakan pengaturan secara sentral untuk mencapai integrasi dengan mempersatukan individu maupun kelompok agar tercapai keseimbangan dan keselarasan dalam hubungan di masyarakat. Proses koordinasi mencakup berbagai aspek kemasyarakatan, seperti aspek ekonomi, politik, sosial budaya, Pendidikan, dan lain sebagainya.

Asimilasi merupakan sebuah proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha dalam mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara individu maupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Proses asimilasi tidak akan terjadi apabila antar individu atau kelompok tidak tumbuh sikap toleransi dan saling berempati. Menurut Narwako (2010), prosesproses asimilasi akan tumbuh apabila. 
a. adanya perbedaan kebudayaan antara kelompok manusia yang berada pada waktu dan tempat yang sama; 
b. adanya pergaulan secara intensif dalam jangka waktu yang lama; 
c. adanya penyesuaian kebudayaan di antara kelompok-kelompok tersebut. 
Sementara itu menurut Soekanto (2012), ada beberapa faktor yang dapat mempermudah terjadinya asimilasi di masyarakat, antara lain:
a. toleransi; 
b. adanya kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi; 
c. sikap menghargai orang asing dan kebudayaannya; 
d. sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat; 
e. adanya persamaan dalam usur-unsur kebudayaan; 
f. adanya perkawinan campur (amalgamasi);
g. adanya musuh bersama dari luar.

Selain adanya faktor yang mendorong asimilasi, ada pula beberapa faktor yang menghambat terjadinya asimilasi. Menurut Narwako (2010), menyebutkan faktor-faktor penghambat asimilasi adalah sebagai berikut. 
a. Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan kelompok lain dalam masyarakat.
b. Terisolasinya kebudayaan oleh kelompok sosial. 
c. Adanya rasa takit terhadap kebudayaan lain. 
d. perasaan in-group yang kuat. 
e. Adanya diskriminasi antara kelompok yang berkuasa dengan kelompok minoritas. 
f. Adanya perbedaan kepentingan yang dapat menimbulkan pertentangan antarkelompok.

Referensi: Irin Veronica Sepang, S. Pd., M. Pd. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Proses Integrasi Sosial Proses Integrasi Sosial Reviewed by MGMP SOSIOLOGI on April 13, 2022 Rating: 5

47 komentar:

  1. Nama : Hanifah Rohadatul Aisy
    No : 26
    Kelas : XI A

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat?
    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  2. Agita Khoirina Satiti29 April 2024 pukul 11.32

    Nama : Agita Khoirina Satiti
    Absen : 2
    Kelas : XI D

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!
    Contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat : kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, bakti sosial, kegiatan amal dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  3. Febrina Oceanda1 Mei 2024 pukul 20.20

    Nama: Febrina Oceanda
    No: 09
    Kelas: XID

    Bentuk kerjasama dalam masyarakat antara lain adalah;
    1. Membantu tetangga yang hajatan
    2. Membersihkan lingkungan dn Got
    3.Ronda malam bersama sama
    4. Membangun masjid
    5. Membantu tetangga yang sedang berduka

    BalasHapus
  4. Nama : aryaputri syafira maharani
    No : 01
    Kelas : XIB

    Bentuk kerjasama masyarakat yaitu: dalam

    1. Membantu tetangga yang hajatan.
    2. Membersihkan lingkungan dan Got.
    3. Ronda malam bersama-sama.
    4. Membangun masjid.
    5. Membantu tetangga yang sedang berduka.

    BalasHapus
  5. Nama : Aulia Nur Rohma
    Kelas : XII C
    No : 08

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  6. NAMA:CINDI APRIAN BAKDANIA PERMATA SARI
    KELAS:XI C
    NO ABSEN :11
    bentuk bentuk kerjasama dalam masyarakat:
    1.toleransi antar umat yang berbeda agama
    2.membantu tetangga yang sedang membangun rumah
    3.bergantian ronda malam
    4.ikut serta dalam melaksanakan gotong royong
    5.bersama sama menjenguk tetangga yang sakit

    BalasHapus
  7. Nama: Azmi Nuriani
    Kelas: Xl.C
    No Absen: 09

    Sebutkan contoh bentuk bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat?
    - Contoh:
    Turut serta dalam kerja bakti atau gotong royong.
    Bersama memberikan bantuan bagi pihak yang membutuhkan.
    Menciptakan lingkungan yang bersih dan aman.
    Ikut rapat dan menciptakan musyawarah dalam lingkungan masyarakat, misalnya di RT atau RW.

    BalasHapus
  8. Nama: Takia Putri Ramadhani
    No : 27
    Kelas : Xi b
    Sebutkan contoh bentuk kerjasma yang ada dalam masyarakat!
    Jawab:
    1. Gotong royong Membangun rumah warga.
    2. Kerjabakti membersihkan sekitar jalan.
    3. Membatu dalam acara hajatan (Karang Taruna).
    4. Membersihkan lingkungan masjid.
    5. Membagun Masjid.
    6. Mengikuti Pos Kamling/Ronda malam.

    BalasHapus
  9. Nama : aulia nara mukti
    No : 07
    Kelas : XI C

    1.Turut serta dalam kerja bakti atau gotong royong
    2.Bakti sosial
    3.Membangun rumah ibadah
    4.Renovasi rumah warga
    5.Mendirikan gardu ronda
    6.Program kali bersih (Prokasih)
    7.Bersama memberikan bantuan bagi pihak yang membutuhkan
    8.Menciptakan lingkungan yang bersih dan aman

    BalasHapus
  10. Nama: Aisyah Kusuma Dewi
    No: 1
    Kelas: XIC

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat.

    Contoh kerjasama di dalam masyarakat seperti:
    1. Kerja Bakti
    2. Gotong Royong Membangun Rumah
    3. Menaman Pohon Bersama
    4. Bekerja Sama Membangun Jalan
    5. Membersihkan Lingkungan dan Jalan

    BalasHapus
  11. nama : fitri puji lestari
    kls : 11C
    no. abs : 20

    sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!
    jawab :
    -kerja bakti
    -gotong royong membangun jalan
    -menanam pohon bersama
    -gotong royong membangun rumah
    -membersihkan lingkungan dan jalan

    BalasHapus
  12. nama CLARA BELLA DAMA PUTRI
    kelas XIC
    absen 14

    1.Kerja Bakti
    2. Gotong Royong Membangun Rumah
    3.Menaman Pohon Bersama.
    4. Bekerja Sama Membangun Jalan.
    5.Membersihkan Lingkungan

    BalasHapus
  13. Nama : Tri Mariyani
    Kelas : XI D

    bentuk kerjasama dalam masyarakat :
    1. kerja bakti membersihkan lingkungan
    2. menjaga keamanan lingkungan
    3. saling membantu saat tertimpa musibah
    4. bakti sosial
    5. musyawarah rt dan rw

    BalasHapus
  14. Nama: Aprilia Devi Lestari
    No: 07
    Kelas: XI(D)

    Sebutkan contoh bentuk kerjasma yang ada dalam masyarakat!
    Jawab:
    1. Gotong royong Membangun rumah warga.
    2. Kerjabakti membersihkan sekitar jalan.
    3. Membatu dalam acara hajatan (Karang Taruna).
    4. Membersihkan masjid. lingkungan
    5. Membagun Masjid.
    6. Mengikuti Pos Kamling/Ronda malam.

    BalasHapus
  15. NAMA:SINTA OKTAVIA RAHMAWATI
    KELAS:XIB

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat !
    1. Kerja Bakti membersihkan lingkungan
    2. Gotong Royong Membangun Rumah
    3. Menaman Pohon Bersama
    4. Bekerja Sama Membangun Jalan
    5. Membersihkan Lingkungan dan JalanUntuk menjaga kesehatan

    BalasHapus
  16. Nama:Anggun trias nurjanah
    Kelas:XI D
    No:06

    Sebutkan contoh bentuk kerjasma yang ada dalam masyarakat!

    Jawab:

    1. Gotong royong Membangun rumah warga.

    2. Kerjabakti membersihkan sekitar jalan.

    3. Membatu dalam acara hajatan (Karang Taruna).

    4. Membersihkan lingkungan masjid.

    5. Membagun Masjid.

    6. Mengikuti Pos Kamling/Ronda malam.

    BalasHapus
  17. NAMA: Rheina Elvilia Mustika Pin Gut
    KELAS: XID
    NO: 28

    Bentuk kerjasama dalam masyarakat yaitu:

    1. Membantu tetangga yang hajatan.

    2. Membersihkan lingkungan dan Got.

    3. Ronda malam bersama-sama.

    4. Membangun masjid.

    5. Membantu tetangga yang sedang berduka.

    BalasHapus
  18. PUTRI SHOLEKHAH6 Mei 2024 pukul 10.36

    NAMA : PUTRI SHOLEKHAH
    KELAS : XI D
    NO : 24
    sebutkan contoh bentuk bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat?
    JAWAB: Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial.

    BalasHapus
  19. Nama: Kayla Nur
    Absen: 14
    Kelas : XI D

    Bentuk kerjasama masyarakat yaitu:

    1. Membantu hajatan. tetangga yang
    2. Membersihkan lingkungan dan Got.
    3. Ronda malam bersama-sama.
    4. Membangun masjid.
    5. Membantu tetangga yang sedang berduka

    BalasHapus
  20. Koyimah Nur Sholekhah6 Mei 2024 pukul 10.47

    Nama: Koyimah Nur Sholekhah
    No.abs: XI D
    Kelas: 17

    Bentuk kerjasama masyarakat yaitu: dalam
    1. Membantu tetangga yang hajatan.
    2. Membersihkan lingkungan dan Got.
    3. Ronda malam bersama-sama.
    4. Membangun masjid.
    5. Membantu tetangga yang sedang berduka.

    BalasHapus
  21. Nama: MAWAR AYU ASSYIFA

    Absen: 18

    Kelas : XI D

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    Contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, bakti sosial, kegiatan amal dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  22. nama:ridho tri sevchenko
    no:29

    1.Kerja Bakti. Kerja bakti merupakan kegiatan yang sering dilakukan saat hari libur di sekitar tempat tinggal. ...
    2. Gotong Royong Membangun Rumah. ...
    Menaman Pohon Bersama. ...
    3.Bekerja Sama Membangun Jalan. ...
    4.Membersihkan Lingkungan dan Jalan.

    BalasHapus
  23. Nama: Salma Aulia
    No: 32
    Kelas: XI D

    bentuk kerjasama dalam masyarakat :
    1. kerja bakti membersihkan lingkungan
    2. menjaga keamanan lingkungan
    3. saling membantu saat tertimpa musibah
    4. bakti sosial
    5. musyawarah rt dan rw

    BalasHapus
  24. NAMA : NOVITA PUTRI NINGRUM
    KELAS : XI D
    NO ABSEN : 20

    SOAL : SEBUTKAN CONTOH BENTUK-BENTUK KERJASAMA YANG ADA DALAM MASYARAKAT!!

    JAWABAN :

    1. turut serta dalam kerja bakti atau gotong royong
    2. membantu dalam acara hajatan (karang taruna)
    3. membagun tempat ibadah
    4. merenovasi rumah warga
    5. progam kali bersih (prokasih)
    6. bersama sama memberikan bantuan bagi pihak yang membutuhkan
    7. menciptakan lingkungan yang bersih dan aman.
    8. Bakri sosial
    9. mendirikan gardu ronda.

    BalasHapus
  25. NAMA : KAYLA NAZWA AURANI
    KELAS : XI D
    NO ABSEN : 13

    SOAL : SEBUTKAN CONTOH BENTUK-BENTUK KERJASAMA YANG ADA DALAM MASYARAKAT!!

    JAWABAN :

    1. turut serta dalam kerja bakti atau gotong royong
    2. membantu dalam acara hajatan (karang taruna)
    3. membagun tempat ibadah
    4. merenovasi rumah warga
    5. progam kali bersih (prokasih)
    6. bersama sama memberikan bantuan bagi pihak yang membutuhkan
    7. menciptakan lingkungan yang bersih dan aman.
    8. Bakri sosial
    9. mendirikan gardu ronda.

    BalasHapus
  26. NAMA : REVALITA SEPTIANTI
    KELAS : XI D
    NO ABSEN : 27

    SOAL : SEBUTKAN CONTOH BENTUK-BENTUK KERJASAMA YANG ADA DALAM MASYARAKAT!!

    JAWABAN :

    1. turut serta dalam kerja bakti atau gotong royong
    2. membantu dalam acara hajatan (karang taruna)
    3. membagun tempat ibadah
    4. merenovasi rumah warga
    5. progam kali bersih (prokasih)
    6. bersama sama memberikan bantuan bagi pihak yang membutuhkan
    7. menciptakan lingkungan yang bersih dan aman.
    8. Bakri sosial
    9. mendirikan gardu ronda.

    BalasHapus
  27. Nama: Jihan Adila
    kelas : XIB
    No: 07
    Sebutkan contoh bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!
    Jawab
    1. Gotong royong membangun rumah warga.
    2. Kerjabakti membersihkan sekitar jalan.
    3. Membantu dalam acara hajatan.
    (Karang taruna).
    4. Membersihkan lingkungan masjid.
    5. Mengikuti pos kamling/Ronda malam.

    BalasHapus
  28. Nama: Aura rimba savana
    Nomer: 04
    Kelas : XI B

    bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat:
    1. Gotong royong
    2. Koperasi
    3. Kelompok Tani
    4. Arisan:
    5. Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW)
    6. Kegiatan Sosial
    7. Kegiatan Budaya dan Seni

    BalasHapus
  29. Indri Risnawati Dewi10 Mei 2024 pukul 19.39

    Nama: Indri Risnawati Dewi
    No Absen: 29
    Kelas: XIA

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    Contoh bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat : kerukunan, gotong royong, tolong- menolong, bakti sosial, kegiatan amal dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  30. nama: Ana Nova Hartanti
    kelas: XI A
    no: 05

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat !

    •Turut serta dalam kerja bakti atau gotong royong.
    •Bakti sosial.
    •Membangun rumah ibadah.
    •Renovasi rumah warga.
    •Mendirikan gardu ronda.
    •Program kali bersih (Prokasih)
    •Bersama memberikan bantuan bagi pihak yang membutuhkan.

    BalasHapus
  31. aulia diva pualam sakti13 Mei 2024 pukul 09.37

    nama : aulia diva pualam sakti
    absen : 03
    kelas : XI B

    1. Gotong royong membangun rumah warga.

    2. Kerjabakti membersihkan sekitar jalan.

    3. Membantu dalam acara hajatan. (Karang taruna).

    4. Membersihkan lingkungan masjid.

    5. Mengikuti pos kamling/Ronda malam.

    BalasHapus
  32. Salsabila Nur Hasanah15 Mei 2024 pukul 10.35

    Nama: Salsabila Nur Hasanah
    No: 20
    Kelas: XI B

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada di dalam masyarakat!

    Bentuk-bentuk kerja sama dapat dijumpai dalam kelompok dan masyarakat, seperti kerukunan, gotong royong, tolong-menolong, dan lain sebagainya. Kerja sama yang terjalin antar kelompok sosial dalam masyarakat multikultural memiliki pengaruh yang besar dalam integrasi sosial. Hal ini dikarenakan dalam kelompok sosial yang berbeda saling menyesuaikan diri, melengkapi, membutuhkan, dan tidak memaksakan kehendak yang dapat dapat memicu timbulnya konflik dalam masyarakat. Kelompok sosial yang berbeda tersebut melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai bersama.

    BalasHapus
  33. Nama : SalsaBilla Yulia Diah Puspita
    No.Absen : 21
    Kelas :Xl B

    Bentuk-Bentuk kerjasama dalam masyarakat:
    1.Kerja bakti membersihkan lingkungan setempat.
    2.Gotong royong membangun masjid/ jalan
    3.Membantu tetangga yang sedang terkena musibah.
    4.Mengikuti kegiatan ronda malam.

    BalasHapus
  34. Nama: Pika Silvia Septiani
    Kelas XIB
    Absen:15

    sebutkan contoh bentuk bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat

    1. Membantu tetangga yang hajatan.
    2. Bersama sama pohon/tanaman setempat menanam
    3. Ronda malam bersama-sama.
    4. Kerja bakti lingkungan setempat. membersihkan
    5. Membantu tetangga yang sedang berduka

    BalasHapus
  35. Nama : Rizki Tito Pratama
    No : 32
    Kelas : XI E

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat.

    Contoh kerjasama di dalam masyarakat seperti:

    1. Kerja Bakti
    2. Gotong Royong Membangun Rumah
    3. Menaman Pohon Bersama
    4. Bekerja Sama Membangun Jalan
    5. Membersihkan Lingkungan dan Jalan

    BalasHapus
  36. Nama: Bintang Andara putra
    Kelas:XI E
    NO.ABSEN:9

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat.

    Contoh kerjasama di dalam masyarakat seperti:

    1. Kerja Bakti
    2. Gotong Royong Membangun Rumah
    3. Menaman Pohon Bersama
    4. Bekerja Sama Membangun Jalan
    5. Membersihkan Lingkungan dan Jalan

    BalasHapus
  37. Nama: Dedi Kurniawan
    No: 12
    Kelas: XIE

    Bentuk kerjasama dalam masyarakat antara lain adalah;
    1. Membantu tetangga yang hajatan
    2. Membersihkan lingkungan dn Got 3.Ronda malam bersama sama
    4. Membangun masjid
    5. Membantu tetangga yang sedang berduka

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA:CAROLINE NESYA FEBRIANY
      NO:10
      KELAS:XI E

      Bentuk-bentuk kerjasama dalam masyarakat:
      1. Membantu tetangga yang hajatan.
      2. Ronda malam bersama-sama.
      3. Kerja bakti membersihkan lingkungan setempat.
      4. Membantu tetangga yang sedang berduka

      Hapus
  38. Nama:Radhafa Keysa Agdista
    No:31
    Kelas :XI E.

    Bagaimana menjaga integrasi masyarakat Indonesia yang multikultur? Jelaskan menurut argumentasimu pribadi!
    :Menjaga integrasi masyarakat multikultur Indonesia memerlukan pendekatan inklusif dan penghargaan terhadap keberagaman budaya, agama, dan tradisi. Beberapa langkah yang dapat diambil termasuk mempromosikan dialog antarbudaya, menggalakkan pendidikan multikultural di sekolah, memperkuat kebijakan anti diskriminasi, serta membangun kesadaran akan pentingnya toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan.

    BalasHapus
  39. Nama : Nayla Nur Hidayah
    No. : 28
    Kelas : XI E

    Bentuk-bentuk kerjasama dalam masyarakat :
    1. Gotong royong membangun rumah warga.
    2. Kerjabakti membersihkan sekitar jalan.
    3. Membantu dalam acara hajatan. (Karang taruna).
    4. Membersihkan lingkungan masjid.
    5. Mengikuti pos kamling/Ronda malam.

    BalasHapus
  40. Nama : Qonita Rezki Amaliah
    No : 16
    Kelas : XIB
    Bentuk-Bentuk kerjasama dalam masyarakat:
    1.Kerja bakti membersihkan lingkungan setempat.
    2.Gotong royong membangun masjid.
    3.Membantu tetangga yang sedang terkena musibah.
    4.Mengikuti kegiatan ronda malam.
    5.Bersama sama pohon/tanaman setempat. menanam dilingkungan

    BalasHapus
  41. NAMA: YASINTA MS
    KELAS/NO: XIB/32

    Bentuk-bentuk kerjasama dalam masyarakat
    1. Mengikuti kegiatan membersihkan lingkungan setempat.
    2. Mengikuti kegiatan ronda malam.
    3. Membantu tetangga yang sedang ada hajatan.
    4. Bersama-sama menanam pohon/tanaman di lingkungan setempat.
    5. Gotong royong membersihkan masjid.

    BalasHapus
  42. Nama : Najib Fazlur H
    No : 27
    Kelas : XIE

    Kerja sama dalam masyarakat dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti:

    •Kerja bakti: Kegiatan sukarela yang dilakukan secara bersama-sama untuk kepentingan bersama, seperti membersihkan lingkungan

    •Musyawarah: Berembuk bersama dalam rapat RT/RW untuk kepentingan bersama

    •Bantuan: Membantu warga yang terkena musibah, seperti banjir atau tanah longsor

    •Perayaan: Menghias lingkungan untuk perayaan 17 Agustus atau halal bihalal

    BalasHapus
  43. Nama: Vandradhitya Pratista
    Nomer: 36
    Kelas: XIE
    Bentuk kerjasama di masyarakat antara lain;
    1. Membantu tetangga yang hajatan
    2. Membersihkan lingkungan dn Got
    3. Ronda malam bersama sama
    4. Membangun masjid
    5. Membantu tetangga yang sedang berduka

    BalasHapus
  44. Nama: Cindy Rizki Yanawati
    No : 12
    Kelas : XI A


    Sebutkan contoh bentuk bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    1. Kerja bakti
    2. Gotong royong membangun jembatan
    3. Ronda malam
    4. Membantu warga yang terkena musibah
    5. Membersihkan lingkungan dan jalan
    6. Bakti sosial
    7. program kali bersih

    BalasHapus
  45. Nama: Galih putra utama
    No: 24
    Kls: XI

    1.Kerja Bakti

    2. Gotong Royong Membangun Rumah

    3. Menaman Pohon Bersama.

    4. Bekerja Sama Membangun Jalan. 5.Membersihkan Lingkungan

    BalasHapus
  46. Nama : Monika Della P.
    No.Absen : 34
    Kelas: XI A

    Sebutkan contoh bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat!

    1. Kerja bakti membersihkan lingkungan setempat
    2. Gotong royong membangun balai desa misalnya
    3. Musyawarah untuk mengambil keputusan bagi kepentingan bersama
    4. Bersama-sama menghias lingkungan jelang perayaan 17 Agustus
    5. Ikut berpartisipasi membantu warga yang mengadakan hajatan.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.