Perubahan Sosial


Pada jaman dulu, masyarakat melakukan transaksi jual beli secara langsung. Tapi sekarang, melalui kecanggihan teknologi transaksi jual beli dapat dilakukan secara daring. Kira-kira fenomena apa yang terjadi? Menurut Emile Durkheim perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.
Sedangkan menurut Kingsley Davis, perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Struktur adalah susunan sosial dalam masyarakat. Sedangkan fungsi sosial berkenaan dengan status dan peran. Dijaman modern saat ini, kedudukan laki-laki dan perempuan sama dimata masyarakat. Dimana perempuan memiliki kesempatan karir yang sama dengan laki-laki. Hal ini berarti, telah terjadi perubahan status dan peran dalam masyarakat, dimana telah terjadi kesetaraan antara laki-laki dengan perempuan.

Setelah kita memahami pengertian apa itu perubahan sosial berikutnya kita akan mempelajari seperti apa saja sih bentuk-bentuk perubahan sosial. Menurut Robert H. Laurer, bentuk perubahan sosial bisa dilihat melalui dua teori, yaitu teori siklus dan teori perkembangan. Dalam teori siklus, perubahan yang terjadi menyerupai spiral yang berarti berulang-ulang. Menurut teori siklus, apa yang terjadi sekarang pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan apa yang telah terjadi sebelumnya. Adapun teori perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan linear yang berkembang menuju satu titik tertentu, seperti pola perubahan dari masyarakat tradisional yang sederhana menjadi masyarakat modern yang lebih kompleks.

Jadi, Perubahan sosial memberikan dampak positif sekaligus negatif pada masyarakat. Dampak positifnya dapat berupa berkembangnya demokratisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan globalisasi. Akan tetapi disisi lain perubahan sosial juga memberikan dampak negatif seperti munculnya perilaku konsumtif, hedonis, sekulerisme bahkan westernisasi atau perilaku gaya hidup kebarat-baratan.

Referensi:
Fakhrudin Sujarwo. 2018. Perubahan Sosial - Pengertian, Teori, Bentuk, Pendorong, Penghambat, Dampak.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.