Piramida Stratifikasi Sosial 3D

Stratifikasi sosial merupakan sistem pembedaan status anggota masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas yang tersusun secara bertingkat (hirarkies). Perwujudan stratifikasi sosial pada masyarakat dikenal dengan istilah kelas sosial. Kelas sosial terdiri atas kelas sosial tinggi (upper class), kelas sosial menengah (middle class) dan kelas sosial rendah (lower class). Stratifikasi sosial didasarkan oleh sesuatu yang dianggap bernilai dan berharga pada masyarakat, seperti keturunan, pendidikan kekayaan, dan kekuasaan.

Dalam sistem kehidupan sosial Hindu Bali, masyarakat dibedakan berdasarkan kastanya, yaitu kasta Brahmana, ksatria, waisya dan sudra. Keturunan Brahmana lah yang paling dihormati. Dalam sistem kenegaraan presidensial, secara ekskutif presiden adalah orang nomor satu yang berkuasa dalam suatu negara. Kekuasaan berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam menentukan kehendaknya terhadap orang lain. Kekuasaan didukung oleh unsur lain seperti kedudukan atau posisi dalam masyarakat. Dalam masyarakat yang menghargai ilmu pengetahuan, orang yang memiliki tingkat pendidikan tinggi akan lebih mendapatkan penghargaan yang lebih besar. Kita juga mengenal klasifikasi yang mencerminkan stratifikasi atau pangkat dalam suatu lembaga. Seperti yang ada dalam institusi militer. Prajurit terklasifikasi ke dalam beberapa strata yaitu perwira, bintara dan tamtama.

Jadi stratifikasi sosial memiliki fungsi sebagai alat bagi masyarakat untuk mendorong individu agar menjalankan tugas dan peran sosialnya dengan baik dengan cara mendistribusikan previlage dan prestis seperti  tingkat penghasilan kekayaan maupun wewenang. Selain dari itu, stratifikasi berfungsi mengatur partisipasi individu dalam kehidupan secara menyeluruh dalam suatu masyarakat. Stratifikasi sosial akan menyusun, membagi, mengatur dan mengawasi individu ke dalam strata yang ada. Setiap individu diberikan kesempatan mengisi strata dan peran sosial tertentu dan menjalankannya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku sehingga tercipta kehidupan sosial yang baik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.